Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ecco wrote:Sekedar inpo aja, buat yg lagi nyari oli gardan 75-90 redline udah ada barang tuh di dtmf. 185rb sebotol
Klo di bandung nyari oli spek bgini dmana ya? Mggu lalu baru ganti oli gardan ma trans di toko tmpt biasa cm ganti dgn oli yg tersedia aja. Castrol Sae90 bwt gardan n stp 85-90 trans.
Mumpung ada om turbo, mau tnya donk. Sy agak kuatir kmrn ganti oli mesin dr fastron 10-40 ke kendall 5-30 untuk mobil km tinggi aman ga ya? (gegara abis baca2 oki ini sering jd rekomendasi) Mekaniknya smpt ngomong terlalu encer buat mobil saya. Tdnya mau yg 10-30 tp ga ada.
Thx sblmnya.
ecco wrote:Sekedar inpo aja, buat yg lagi nyari oli gardan 75-90 redline udah ada barang tuh di dtmf. 185rb sebotol
1. Klo di bandung nyari oli spek bgini dmana ya? Mggu lalu baru ganti oli gardan ma trans di toko tmpt biasa cm ganti dgn oli yg tersedia aja. Castrol Sae90 bwt gardan n stp 85-90 trans.
2. Mumpung ada om turbo, mau tnya donk. Sy agak kuatir kmrn ganti oli mesin dr fastron 10-40 ke kendall 5-30 untuk mobil km tinggi aman ga ya? (gegara abis baca2 oki ini sering jd rekomendasi) Mekaniknya smpt ngomong terlalu encer buat mobil saya. Tdnya mau yg 10-30 tp ga ada.
Thx sblmnya.
1. Sunda Motor ?
2. Mobilnya tahun brp / Odo brp Km ? Gasoline NA / turbo ?
Kalau Gasoline NA dan selama ini penguapan oli sangat kecil sekali ya gak masalah pake 5W30......malah skg Gasoline NA trend-nya udah 0W20
Toh oli 0w30 / 5W30 / 10W30 / 30 lurus kalo di 100 deg C kekentalananya semua masuk range SAE 30
rush '07 skrg km udah 280 rb om...
ganti oli di BSP pajajaran.
selama ini cek dari dipstick sih oli ga berkurang banyak.
lumayan dapat 95 rb/liter entah klo ada oli lain spek serupa harga mirip2.
iwanstarcom wrote:Minta bantu om, ane harrier baru 2014 nanti 1000km ganti oli..bingung mau ganti grade apa..dibuku manual tulisan kanji seh tulisannya 0w-20, tp apakah cocok di indonesia ?? Ane nanti service bakal di mazda, apa nanti dikasih golden eco mazda 0w-20. Minta pencerahan
Liat di buku manualnya baik2, jika utk ambient temp s/d 30 deg lebih diijinkan pakai 0W20 maka go ahead for 0w20
Um mau service dimana KITA LAH yang ngasih guideline........justru kita yang harus kasih arahan ke bengkel
makasih om turbo..justru petunjuknya tulisan kanji ane jd bingung, samar2 cuman ketahuan 0w-20. rencana mau tanya dulu sblm dibawa kesana.
Salam kenal, saya nubi yang sekitar 4 tahun menjadi silent reader forum SM.
Saya mau tanya, mobil saya mitsu kuda 2001 1600cc beli bekas sejak kilometer 230000, odometer sekarang 245000, oli terakhir TGMO 10w40, ganti tiap 5000km. Mesin masih kondisi sehat. Selama saya pakai, kondisi selalu luar kota, paling 20% aja yang kena macet. Mobil ini cuma cuma butuh SAE SE, 3 liter menurut owner manual. Pernah pakai Prima XP 20w50, tapi kurang enak.
Sejauh ini pakai TGMO SAE SM 10w40 aman-aman saja, sekarang lagi melirik ke fastron yang notabene masuk ke budget ganti oli mesin saya yang sekitar Rp200k.
1. Apa saja kelas oli yang setara dengan kedua merk tersebut? (Fastron dan TGMO)
2. Apakah aman digunakan sampai 8000km? Karena oli ini bukan oli mahal seperti Mobil 1, quartz dll
3. Untuk oli gardan dan transmisi baiknya ganti tiap berapa ribu km ya?
4. Apakah aman untuk transmisi apabila memakai SAE 90? Ketentuannya 80/90 menurut owner manual. Saya biasa pakai SAE 90 biar sekalian ganti dengan oli gardan.
sabarmania wrote:Salam kenal, saya nubi yang sekitar 4 tahun menjadi silent reader forum SM.
Saya mau tanya, mobil saya mitsu kuda 2001 1600cc beli bekas sejak kilometer 230000, odometer sekarang 245000, oli terakhir TGMO 10w40, ganti tiap 5000km. Mesin masih kondisi sehat. Selama saya pakai, kondisi selalu luar kota, paling 20% aja yang kena macet. Mobil ini cuma cuma butuh SAE SE, 3 liter menurut owner manual. Pernah pakai Prima XP 20w50, tapi kurang enak.
Sejauh ini pakai TGMO SAE SM 10w40 aman-aman saja, sekarang lagi melirik ke fastron yang notabene masuk ke budget ganti oli mesin saya yang sekitar Rp200k.
1. Apa saja kelas oli yang setara dengan kedua merk tersebut? (Fastron dan TGMO)
2. Apakah aman digunakan sampai 8000km? Karena oli ini bukan oli mahal seperti Mobil 1, quartz dll
3. Untuk oli gardan dan transmisi baiknya ganti tiap berapa ribu km ya?
4. Apakah aman untuk transmisi apabila memakai SAE 90? Ketentuannya 80/90 menurut owner manual. Saya biasa pakai SAE 90 biar sekalian ganti dengan oli gardan.
15W40 buat pake jauh ya bisa consider :
- Fastron Diesel
- Mobil Delvac MX
- Kendall Super D-XA 15W40
Ganti oli s/d 8000 Km ya bisa aja jika 8000 Km ditempuh hanya dalam 6 bulan atau kurang misalnya
Ganti oli itu kan pertimbangannya either jarak tempuh atau durasi waktu
Kalo mobil sering keluar kota / tiap hari jalannya banyak bisa ganti jauh
Banyak user yg mobilnya sering keluar kota malah ganti oli-nya dipercepat itu justru SALAH KAPRAH
mumpung ada om klep. Sekalian tanya ah. Pios 2008 ane olinya ane kasih yg 10 W30 Fastron. Menurut om klep udah cukup atau harus dikasih yang lebih encer? mobil sih jarang ane pake. Paling 1 minggu sekali doang pas weekend . Buat kerja dari rumah ke MM2100. Cara nyupir ane juga ga ngebut. paling manteng di 100kpj doang. Sekali2 digeber sampe 140. Tapi itu juga jarang.
b8099ok wrote:Setelah searching di inet, motul ori ama motul fake kemasannya ada beda yak (tutup, segel, label).
Nekat cod ama yg jual murah, cek barang, bandingin ama yg kmrn sempet beli di toda serpong,... Ternyata dpt ori,... Bungkus sedus buat stock
Isi di miras, uenakkkkkk
tlg d share donk om beda nya apa aj...
Ori :
- bagian atas tutup mengkilat.
- sticker depan blakang tulisannya ga ada misstype ama gambarnya bersih bukan scan"an.
- Segel tutup model berrycap, ringnya langsung rusak klo dah kebuka.
- ada nomer deptamben.
Palsu:
- tutup merah butek, emboss motul kaga jelas.
- stiker hasil scan atau editan gajebo.
- segel tutup ala botol aer aki yg ringnya elastis dan gak rusak klo dibuka.
-no deptamben kadang ada kadang ngga.
Tp, kadang ada yg botol asli disuntik dr pantat pake oli palsu. Itu bisa dilihat dr hasil injectblow yg udah gak rapi. Plastik injectblow biasanya ada mould line, perhatiin itu mould line, asa bekas ditusbol ngga. Keliatan koq.
Trus isinya, warna oli tu gak gampang buat disamain kyk ori,...
Andrian wrote:mumpung ada om klep. Sekalian tanya ah. Pios 2008 ane olinya ane kasih yg 10 W30 Fastron. Menurut om klep udah cukup atau harus dikasih yang lebih encer? mobil sih jarang ane pake. Paling 1 minggu sekali doang pas weekend . Buat kerja dari rumah ke MM2100. Cara nyupir ane juga ga ngebut. paling manteng di 100kpj doang. Sekali2 digeber sampe 140. Tapi itu juga jarang.
geser mic ke om turbo ahh... scara dia yg lebi ahli oli dr ane..
btw, sepengetahuan nubie ane... 1NZ-FE masi blom roller rocker... dan di forum2 luaran, rata2 nyaranin kepala 5W dgn buntut sperti si ipah, minimal 30... jadi yahhh cari oli nya yg kl bsa API SL atau API SN... tingkatan 5W-30...
fastron special genuine oil 10W-30 seinget ane masi api SM dehh dan datasheet nya ga beda jauh ama oli generik nya shell astra 10W-30 (TBN 6an, VI 160)...
kl ane pribadi sehh, utk mobil2 ane yg jarang dipake, ane kasi oli yg agak bagusan, cari yg TBN agak tinggi krn oli bakal ngedon lama di oil pan.. cari jg oli yg agak encer (5W-30 atau 0W-20) biar gampang pas d start up... utk mrek.. yg pasti2 aj yg ud perna dbahas ama rekan2 d tret ini...
*tambahan
ane perna ngubek2 forum luaran... seinget ane, perna ad yg bore up 1NZ-FE nya (dipake di toyota scion) gegara cylinder nya ada hooning... usut punya usut.. owner sblom nya doyan make oli2 wallmart atau sejenisnya...
Last edited by DOHC on Mon Jan 12, 2015 10:38, edited 1 time in total.
b8099ok wrote:Setelah searching di inet, motul ori ama motul fake kemasannya ada beda yak (tutup, segel, label).
Nekat cod ama yg jual murah, cek barang, bandingin ama yg kmrn sempet beli di toda serpong,... Ternyata dpt ori,... Bungkus sedus buat stock
Isi di miras, uenakkkkkk
tlg d share donk om beda nya apa aj...
Ori :
- bagian atas tutup mengkilat.
- sticker depan blakang tulisannya ga ada misstype ama gambarnya bersih bukan scan"an.
- Segel tutup model berrycap, ringnya langsung rusak klo dah kebuka.
- ada nomer deptamben.
Palsu:
- tutup merah butek, emboss motul kaga jelas.
- stiker hasil scan atau editan gajebo.
- segel tutup ala botol aer aki yg ringnya elastis dan gak rusak klo dibuka.
-no deptamben kadang ada kadang ngga.
Tp, kadang ada yg botol asli disuntik dr pantat pake oli palsu. Itu bisa dilihat dr hasil injectblow yg udah gak rapi. Plastik injectblow biasanya ada mould line, perhatiin itu mould line, asa bekas ditusbol ngga. Keliatan koq.
Trus isinya, warna oli tu gak gampang buat disamain kyk ori,...
Mesti cari oli yg merk ngga umum. Pasti jarang palsu-nya
Pengalaman tempohari pakai merk Unil-Opal, cari asli-nya saja susah apalagi KW-nya
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Andrian wrote:mumpung ada om klep. Sekalian tanya ah. Pios 2008 ane olinya ane kasih yg 10 W30 Fastron. Menurut om klep udah cukup atau harus dikasih yang lebih encer? mobil sih jarang ane pake. Paling 1 minggu sekali doang pas weekend . Buat kerja dari rumah ke MM2100. Cara nyupir ane juga ga ngebut. paling manteng di 100kpj doang. Sekali2 digeber sampe 140. Tapi itu juga jarang.
geser mic ke om turbo ahh... scara dia yg lebi ahli oli dr ane..
btw, sepengetahuan nubie ane... 1NZ-FE masi blom roller rocker... dan di forum2 luaran, rata2 nyaranin kepala 5W dgn buntut sperti si ipah, minimal 30... jadi yahhh cari oli nya yg kl bsa API SL atau API SN... tingkatan 5W-30...
fastron special genuine oil 10W-30 seinget ane masi api SM dehh dan datasheet nya ga beda jauh ama oli generik nya shell astra 10W-30 (TBN 6an, VI 160)...
kl ane pribadi sehh, utk mobil2 ane yg jarang dipake, ane kasi oli yg agak bagusan, cari yg TBN agak tinggi krn oli bakal ngedon lama di oil pan.. cari jg oli yg agak encer (5W-30 atau 0W-20) biar gampang pas d start up... utk mrek.. yg pasti2 aj yg ud perna dbahas ama rekan2 d tret ini...
*tambahan
ane perna ngubek2 forum luaran... seinget ane, perna ad yg bore up 1NZ-FE nya (dipake di toyota scion) gegara cylinder nya ada hooning... usut punya usut.. owner sblom nya doyan make oli2 wallmart atau sejenisnya...
makasih om klep atas infonya. Ane note yang ane bold diatas. Tar ane ganti deh pas ganti oli berikutnya.
Mesti cari oli yg merk ngga umum. Pasti jarang palsu-nya
Pengalaman tempohari pakai merk Unil-Opal, cari asli-nya saja susah apalagi KW-nya
Jumbo ama penzstar aja om, gak ada kw'nya wkwkwk
satu lg... merk WIN... murah nya saingan ama kelas pertamini
Ups jangan salah...
Tempohari saya pakai atf-nya win buat nge-flush saat overhaul matic-nya panther
Memang bener... murmer kalau ngga salah 35 atau 45ribuan per L
Tapi habis itu ya diisi Valvoline tapi yg Dex IIID
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Mesti cari oli yg merk ngga umum. Pasti jarang palsu-nya
Pengalaman tempohari pakai merk Unil-Opal, cari asli-nya saja susah apalagi KW-nya
di toko spare part peugeot pasti ada.
Tau aja nih si om
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
DOHC wrote:
satu lg... merk WIN... murah nya saingan ama kelas pertamini
Ups jangan salah...
Tempohari saya pakai atf-nya win buat nge-flush saat overhaul matic-nya panther
Memang bener... murmer kalau ngga salah 35 atau 45ribuan per L
Tapi habis itu ya diisi Valvoline tapi yg Dex IIID
pikir2... si WIN ini sebnernya ga murah2 amat yahh meneer...
buatan lokal, tp harga deket ama pertamini yg kelas nya ud worldwide... bahkan cuman beda tipis ama castrol buatan malon..
P1080657.JPG
P1080658.JPG
ini yg ane pake buat gardan panty ane... single grade... sliter 30an rebu... buatan pt apalah itu yg d jakarta...
Iya sih, harganya ngga beda jauh...
Sekarang ini yg lagi ramai dipromosikan di sekitaran sini, oli lokal Deltalube
Strategi-nya engga ke toko2 oli apalagi pakai iklan. Tapi langsung ke bengkel2 kecil skala semi rumahan.
Di beberapa bengke kecil saya lihat banyak yg dikasih spanduk deltalube, sekalian dibantu stock barangnya.
Ragam produknya lumayan, dari oli mesin (rata2 utk diesel) sampai oli transmisi.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Mesti cari oli yg merk ngga umum. Pasti jarang palsu-nya
Pengalaman tempohari pakai merk Unil-Opal, cari asli-nya saja susah apalagi KW-nya
di toko spare part peugeot pasti ada.
haha... tau aj om marmut... ini kayanya oli partner nya peugeot kali yah om...
d atrium aj yg jual cuman si toko peugeot, itu aj cuman satu toko... dl omega nyetok, tp trakir nanya ud ga ad...
Sepertinya bukan oli partner meneer...
Setau saya, dari dulu peugeot-citroen pakai Total, kalau Renault pakai Elf, tetap saja french-connection sih
Unil-Opal saya pakai Opaljet 24S 5w-40 dan malah saya cobanya ngga di mobil perancis loh,
Butt-o-meter sih puas, sebanding harganya. Sudah saya tulis di halaman/episode depan.
Sesama oli perancis. opaljet 24s saya rasakan lebih enak dari motul h-tech
Dan memang sepertinya iya, ngga disana maupun disini (surabaya), yg jual ya toko onderdil mobil perancis
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking