ak4ng wrote:Ya kl sy masih mampu manual knp hrs metik???
Gini, k4ng, saya engga membela mati2an karena punya matik, engga gitu. Ini bukan masalah knapa harus metik sementara masih mampu manual, bukan begitu... Ini hanya memberi wawasan aja kok pada anda, bahwa anak muda membawa matik, bukan karena engga mampu mengoperasionalkan pedal kopling, jelas bukan. Ini lebih kepada kemudahan aja kok.! Ngga kurang, en ngga lebih.
Apalagi mesin2 mobil sekarang sudah computerized, jadi penggunaan persneling manual malah hanya menambah kelelahan mengemudi. Kalau beralasan bahwa mobil manual kan lebih mudah nyalain mobil kalo mogok. Nah, mogoknya karena accu drop, atau apa? Karena mesin sudah computerized semua, kalau mogok karena aki drop, mau dipaksain nyala dengan didorong en masuk gigi 2 juga percuma k4ng, ngga bakal nyala! Kenapa? Karena semua bekerja atas perintah ECU. Lah wong ECU nya pingsan karena accu drop, gimana ECU mau perintahkan fuel pump dan lain2nya spy nyala..?
BTT, kini antara manual dan matik juga paradigmanya sudah bergeser. Matik jauh sangat lebih mudah. Kalau pemakaian tidak kasar dan gedubrakan mengoperasikan tuas matik, biasanya awet. Matik itu yang agak menguras duit, hanyalah kalau kuras oli matik keseluruhan. Kita kudu jaga2 dengan membeli 10 liter ATF untuk pengurasan total, yaa sekira Rp 700rb-an lah untuk olinya doank. Belum jasa. Tapi, yaa itu hanya 40rb-an km sekali.