Kijang Innova D-4D - PART 01

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

mandala1 wrote:Sekalian nanya ke om Jeremy dan om Turboman, pemasangan GC di gearbox fungsinya untuk lebih ke apa yah? Dan kalo ga salah kalo liat di photo om Jeremy malah jalur GC ke ECU gak ada yah?
1. GC di Gearbox AT : shifting lebih smooth & responsif

2. Titak GC ke ECU = sangat penting (ke bracket ECU). Lokasi ECU ada di balik laci dasbor.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

roadtrain99 wrote:@turboman

Bs diperjelas teknik hypermile nya?
Pulse & Glide

http://www.metrompg.com/posts/pulse-and-glide.htm
* Bukan ajakan Beli *
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Kijang Innova D-4D

Post by mandala1 »

Turboman wrote:
1. GC di Gearbox AT : shifting lebih smooth & responsif

2. Titak GC ke ECU = sangat penting (ke bracket ECU). Lokasi ECU ada di balik laci dasbor.
Oke, trims om...btw instalasinya dari gearbox kemana yah?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

mandala1 wrote:
Turboman wrote:
Oke, trims om...btw instalasinya dari gearbox kemana yah?
bisa langsung ke terminal - aki atau di seri ke titik lain dulu juga oke.

Utk lokasi pemasangan di girbok A/T : bisa lihat di mesin-diesel.dinogroups.com bagian Toyota Diesel & D4 D (tuning Ipah D4 D)
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
jeremyray
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 475
Joined: Sun Jul 10, 2005 16:36
Location: Cideng

Re: Kijang Innova D-4D

Post by jeremyray »

mandala1 wrote:Sekalian nanya ke om Jeremy dan om Turboman, pemasangan GC di gearbox fungsinya untuk lebih ke apa yah? Dan kalo ga salah kalo liat di photo om Jeremy malah jalur GC ke ECU gak ada yah? :e-think:
:thanks:
Bro Mandala, GC yang ke gearbox bisa bikin shifting lebih halus dan setelah saya pasang memang benar terasa bedanya, untuk GC yang ke ECU gak bisa soalnya dari Pivot hanya dikasih 5 kabel itupun ukurannya nanggung2 :(
Hansen wrote:@jeremyray : efek yg terasa setelah pemasangan GC ini apa yah? :e-think: :thanks:
Bro Hansen, efek yang saya rasain setelah pasang Pivot Raizin lag pada throtle berkurang, lampu lebih terang, getaran mesin juga berkurang :)
Turboman wrote: 1. Ga masalah

2. Alternator mah ga usah dikasih GC um, useless, mending titik GC yg ke alternator pindahin ke bracket pompa injeksi, lebih berguna.
Ok nanti saya coba pindahin ke pompa injeksi, untuk yang ke ECU saya belum pasang soalnya harus bikin kabel lagi dari Pivot hanya dapet 5 :(

Barusan saya panjangin selang wastegate 5 cm ternyata memang beda respon dari 1500 ke 3000nya :)
Image
Image
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Hansen »

jeremyray wrote:
Hansen wrote:@jeremyray : efek yg terasa setelah pemasangan GC ini apa yah? :e-think: :thanks:
Bro Hansen, efek yang saya rasain setelah pasang Pivot Raizin lag pada throtle berkurang, lampu lebih terang, getaran mesin juga berkurang :)
om jeremy pasang pivot yg biru atau ungu nih? :e-think:
Image
User avatar
jeremyray
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 475
Joined: Sun Jul 10, 2005 16:36
Location: Cideng

Re: Kijang Innova D-4D

Post by jeremyray »

Bro Hansen, saya pasang yg biru kalau yang ungu harganya hampir 2x lipat :)
Image
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Hansen »

jeremyray wrote:Bro Hansen, saya pasang yg biru kalau yang ungu harganya hampir 2x lipat :)
Ooh...begitu toh, thanks om....:thanks:

Kalau efeknya nyata saya jg tertarik utk pasang nih :D
Image
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Kijang Innova D-4D

Post by mandala1 »

@Om Turboman : thanks banget infonya :off_good_job:

@Om Jeremy : ane juga pengguna D4D A/T, mau sharing sedikit ttg pengalaman ane nge'dongkrak performa mesin D4D, sejauh ini yg udah ane pasang di mobil ane :
- HKS FCon D
- Ganti Down Pipe
- GC 3 titik
- Poles Throtle Body
- A/F K&N
Sejauh ini performa yg ane dapatkan sudah lebih dari memuaskan, tarikan tambah enteng dan berasa ngisi bgt...pokoknya serasa bawa mobil bensin 2500cc keatas deh, hehehe....

Oh iya, btw manjangin selang wastegate ngaruhnya ke apa yah om? lebih ke torsi kah? :thanks:
User avatar
jeremyray
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 475
Joined: Sun Jul 10, 2005 16:36
Location: Cideng

Re: Kijang Innova D-4D

Post by jeremyray »

mandala1 wrote:@Om Turboman : thanks banget infonya :off_good_job:

@Om Jeremy : ane juga pengguna D4D A/T, mau sharing sedikit ttg pengalaman ane nge'dongkrak performa mesin D4D, sejauh ini yg udah ane pasang di mobil ane :
- HKS FCon D
- Ganti Down Pipe
- GC 3 titik
- Poles Throtle Body
- A/F K&N
Sejauh ini performa yg ane dapatkan sudah lebih dari memuaskan, tarikan tambah enteng dan berasa ngisi bgt...pokoknya serasa bawa mobil bensin 2500cc keatas deh, hehehe....

Oh iya, btw manjangin selang wastegate ngaruhnya ke apa yah om? lebih ke torsi kah? :thanks:
Wow...ngeliat daftar listnya aja udah kebayang rasanya kaya apa kalo pedal gasnya ditoel dikit :mrgreen:

Saya pengen juga sih tapi satu2 deh soalnya budgetnya udah over kudu ngumpulin lagi hehehe.....langkah selanjutnya sih kalau dana udah terkumpul mau ganti DP sama Filter K&N :)

Untuk selang wastegate kayanya lebih ke torsi yah, respon dari rpm 1500 ke 3000 lebih berasa.....Bro Mandala total dandanin D4Dnya abis berapa duit tuh? Nambah berapa HP dan berapa NM torsinya?
Image
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Kijang Innova D-4D

Post by mandala1 »

Hmmm....waduh ane belom sempet ukur/test dyno om, tapi kalo pake feeling aja sih respon sentakan pedal gas skr ga kalah deh sama fortuner 2.7 (sebelumnya ane memang pake fortuner 2.7) gara2 penasaran sama racun2 D4D akhirnya tergoda juga ganti yg diesel :P
Kalo total budget racun sih masih dibawah 10jt'an deh om, tapi yg ane salut sama mesin D4D ini makin diracunin koq makin enak segala2nya, mulai dari suara mesin yg makin halus dan konsumsi bbm yg menjadi jauh lebih irit dari sebelumnya...skr di toll fc bisa 1:13 dalkot 1:10 pake velg 22" :frm_tumbright:
User avatar
jeremyray
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 475
Joined: Sun Jul 10, 2005 16:36
Location: Cideng

Re: Kijang Innova D-4D

Post by jeremyray »

Turboman wrote: 1. GC di Gearbox AT : shifting lebih smooth & responsif

2. Titak GC ke ECU = sangat penting (ke bracket ECU). Lokasi ECU ada di balik laci dasbor.
Bro Turboman, kalau sempet share donk foto titik GC yang ke ECU persisnya dimana, saya lagi mau bikin kabel buat pasang kesitu juga :)
Image
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Kijang Innova D-4D

Post by roadtrain99 »

Turboman wrote:
roadtrain99 wrote:@turboman

Bs diperjelas teknik hypermile nya?
Pulse & Glide

http://www.metrompg.com/posts/pulse-and-glide.htm
thanks utk link nya. o jadi gitu, semacam tarik dan release.

jika ingin steady di 60kmh, lari ke 70 dulu, lalu lepas gas sampe hit 50, dan kembali gas lagi hingga 70 supaya avg 60...

tapi, sewaktu narik dari 50 ke 70 kan ada pasokkan bbm lagi (walaupun kt nya engine shuts off waktu release dari 70 ke 50). nah narik ke 70 nya itu perlahan atau bejek langsung?
soalnya kalo kita coast ditahan di 60 @ highest gear kan berarti lower rpm,..avg nya bukannya sama gitu?
cmiiw
Prive
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Prive »

ngomong2 soal innova d4d, apakah ada rekan2 SM'ers yang sudah pasang intake ventilator simota, barang ini bentuknya baling2 dipasang di saluran udara masuk sebelum air filter, katanya bikin d4d makin irit dan tarikan makin bagus, jika ada yang punya pengalaman mohon sharingnya... trims b4
Prive
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Prive »

yg seperti di gambar ini nih barangnya, apakah ada rekan SM'ers yang pernah memakai utamanya di ipah D4D, kalau ada mohon reviewnya dong, soalnya browsing2 cuman dapet comment dari penjual doang, klo ada review dari sesama pengguna khan lebih fair infonya, thx before :thanks:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Hansen »

Saya ada pasang bro tapi di pajero sport....btw koreksi itu baling2nya dipasang di jalur setelah air filter sebelum TB, kalo dipasang sebelum air filter maka useless :D
Image
cvsmb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: Mon Jun 25, 2007 15:03
Location: SURABAIA

Re: Kijang Innova D-4D

Post by cvsmb »

kurpik wrote:@profith83 & turboman :
waduh..... pilh yg mana nich..... tambah bingung..... hehehehehe.... anyway thanks 4 the reply....

Btw, tadi sempet jalan2 ke AJBS baratajaya sby, nemu juga Liqui Moly, cuman tinggal nyari bengkel yg bs purging.... Mngkn bro2 skalian ad saran...?
Harga-nya lmyn y.... 150rb...kirain 70-80rb....... Sekali purging ngabisin brp kaleng nich....?

Image
kalo ga salah di jemursari arek suroboyo bengkel bisa.. atau di jalan semarang dekat perempatan arjuna ada bengkel.
cvsmb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: Mon Jun 25, 2007 15:03
Location: SURABAIA

Re: Kijang Innova D-4D

Post by cvsmb »

Barusan saya panjangin selang wastegate 5 cm ternyata memang beda respon dari 1500 ke 3000nya :)
Image[/quote]

yang di maksud wastegate 5 cm ini apa bro? diameter lubang atau panjang selang? tertarik untuk ganti...thanks
Prive
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Prive »

cvsmb wrote:Barusan saya panjangin selang wastegate 5 cm ternyata memang beda respon dari 1500 ke 3000nya :)
Image
yang di maksud wastegate 5 cm ini apa bro? diameter lubang atau panjang selang? tertarik untuk ganti...thanks[/quote]
ditambah 5 cm Om panjang selang waste gatenya
Prive
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Prive »

Hansen wrote:Saya ada pasang bro tapi di pajero sport....btw koreksi itu baling2nya dipasang di jalur setelah air filter sebelum TB, kalo dipasang sebelum air filter maka useless :D
oh iya betul Om setelah air filter :thanks: :frm_salut: :frm_salut:

btw gimana Om testinya, pasang di PS yg diesel juga ya, klo gak salah ada turbonya juga khan - cmiiw
apakah memang mesin jadi lebih responsif, ada penambahan daya/torsi gitu
apakah pengaruh juga ke fuel consumption
lalu maintenance bagaimana, absolutely free maintenance atau ada hal yg harus diperhatikan
btw kalo liat dari alatnya sih mestinya umur pakainya panjang yah, bisa seumur hidup secara cuma baling2 doang

thx before Om
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27644
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kijang Innova D-4D

Post by DOHC »

asal rajin dirawat aja om, tiap beberapa km di minyakin gt bearing baling2 nya.... scara benda gtuan kan kerja nya continuous... apalagi kena panas mesin....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Hansen »

DOHC wrote:asal rajin dirawat aja om, tiap beberapa km di minyakin gt bearing baling2 nya.... scara benda gtuan kan kerja nya continuous... apalagi kena panas mesin....
Betul chiong....asal ngasi minyaknya jgn kebanyakan yah, sebab ntar minyaknya bisa muncrat & mengotori TB.....:upss:
Image
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Kijang Innova D-4D

Post by zweifellos »

Hansen wrote:
Prive wrote:
Hansen wrote:Saya ada pasang bro tapi di pajero sport....btw koreksi itu baling2nya dipasang di jalur setelah air filter sebelum TB, kalo dipasang sebelum air filter maka useless :D
oh iya betul Om setelah air filter :thanks: :frm_salut: :frm_salut:

btw gimana Om testinya, pasang di PS yg diesel juga ya, klo gak salah ada turbonya juga khan - cmiiw
apakah memang mesin jadi lebih responsif, ada penambahan daya/torsi gitu
apakah pengaruh juga ke fuel consumption
lalu maintenance bagaimana, absolutely free maintenance atau ada hal yg harus diperhatikan
btw kalo liat dari alatnya sih mestinya umur pakainya panjang yah, bisa seumur hidup secara cuma baling2 doang

thx before Om
Betul om mesin PS common-rail diesel turbo intercooler...:D
Saya ngetes alat ini sewaktu air filter masih standar, jadi bisa tau perbandingannya.
Hasilnya mesin lebih ngacir tarikannya di rpm rendah sebelum turbonya nyala, seperti yg dijanjikan :D
Soal FC mirip2 saja, tidak berubah signifikan...hehehehe....

Btw, yg jual sendiri bilang kalo jam terbang mobilnya tinggi maka alat ini harus diganti 2 tahun sekali krn bearing itu ada umurnya bro....:upss:
ada efek negatifnya om?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Hansen »

zweifellos wrote:ada efek negatifnya om?
Efek negatif tidak ada om, hanya saja jgn sampai ada bagian dari benda tsb yg copot dan kesedot mesin....:e-pray: :ungg:
Image
Prive
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Prive »

Hansen wrote:
zweifellos wrote:ada efek negatifnya om?
Efek negatif tidak ada om, hanya saja jgn sampai ada bagian dari benda tsb yg copot dan kesedot mesin....:e-pray: :ungg:
lha ini yg mengerikan
barusan liat2 thread proxima jet accelerator
alatnya relatif sama ya
tp ada yg posting saduran dari detik yg bilang baling2 pecah kehisap ke dalam ruang bakar akhirnya harus oversize
hiiiii....