pengendiesel wrote: Wed Jul 08, 2020 11:56
terakhir ganti minyak rem sienta. minyak remnya 100rebu, ongkos jasanya 350rebu kalo gak salah inget
terus pernah tanya ongkos bongkar pasang shockbreakernya vnt. di beres, depan belakang kena 1jtan, di spesialis kaki2 300rebu, entah apa yang bikin beda 700rebu itu....bisa dapet ongkos 2x lagi ganti shockbreaker depan belakang di bengkel luar
rate per work hour yg bikin beda. dan by system semua itu. keluar berapa dari system ya itu yg dikenakan ke konsumen.
dan memang suka aneh2, kadang kerjaan ganti kampas rem di mobil A disebut di system 0.5 work hour padahal realitanya 2 jam

kalau ini konsumen hepi, nah giliran kampas rem di mobil B disebut di system 1.5 work hour padahal realitanya 1 jam kurang

kalau ini konsumen tidak hepi tentunya
dan satu hal lagi: kerjaan beres itu ada garansi selain spare part juga di kualitas pengerjaannya. ini yg bikin mahal, macem asuransi

makanya mereka troubleshoot ga mau pusing, ganti part saja, less risk less future complain possibility

apalagi kalau beres yg mekanik dan kepala bengkel bener2 ngikutin SOP, semua difinishing dengan kunci torsi, bayar orang buat ngencengin baut dan biasanya mereka hapal itu rentang nilainya berapa

turun mesin ga ada ceritanya baut kurang atau malah lebih

sealant kalau memang butuh spek khusus biasanya akan digunakan tentu ga pake sealant merah andelan sejuta bengkel

tapi ini beres yang ngikut SOP tentunya, dan memang ada beberapa beres yang saya perhatikan ga ngikut dengan alasan biasanya harga part tsb mahal banget, dan konsumen biasanya ga mau karena ada beberapa konsumen ngomel2 dikenakan misalnya sealant khusus tsb.
cuma seumur2 saya service di beres, mau berapa buluk dsb dan macam2 merek, rata2 sekarang sudah ga ada yang outsource. dulu AC kan ada tuh rekanan Denso dan tetep masuk garansi kalau memang butuh klaim garansi, sekarang sudah ngga ya.