Moonshade wrote:
Barusan saya iseng lihat linknya om kopat
Di bulan october waktu launching ya ?
ANPS Kalah 1000 unit pas launchingnya
Sebulan kemudian..
Tiba" ANPS menang 400 unit. Data penjualan itu termasuk penjualan mobil yang dijadiin taxi juga ( Fortuner )

Launching kedua kendaraan ini cuma selisih 2 minggu, di bulan juli keduanya. Mitsu melakukan phase out old new (kalau boleh saya bilang) dengan buruk.
Launch di July akhir untuk kejar fortuner launch yang jujur saja lbh efektif launch date nya, karena cuma 2 bulan dari launch hilux, dimana Pajero berjarak 8 bulan dengan launching Strada (dimana di duga balik ke meja planning karena kaget dengan improvement Hilux Revo)
Supply Pajero Old ke New sendiri bermasalah karena meski press launch di bulan july akhir, delivery kendaraan baru dimulai di bulan SEPTEMBER ( 2bulan delay, again ada gosip fiturnya - spek thailand - terutama yg last minit inclusion ada yang agak bermasalah)
Sedangkan Fortuner, phase out nya jauh lbh smooth, dimana penjualan yang model baru Juli, sedangkan yang model lama per agustus sudah habis.
Bandingkan dengan pajero, model lama sudah habis di bulan AGUSTUS, press launch yg New Pajero pun di bulan JULY, dan penjualan New Pajero baru di awal bulan SEPTEMBER (dan hanya sebanyak 8 unit SAJA).... someone di Mitsu Thailand, pasti ada yang kupingnya habis merah2 kena damprat Mitsu Jepang....
INTINYA
kalau mau lihat better pictures seperti apa jualan/market disana lbh baik lihat YTD saja....
FYI
ALL NEW PASPORT ALL TYPE - YTD 8.615 unit
ALL NEW FORTUNER ALL TYPE - YTD 18.658 unit
Launch di July, Fotuner jualan langsung dari JULY, pasport baru mulai di SEPTEMBER. Jadi pasti masih ada pemenuhan Kuota...

masih lumayan fluktuatif.
Kalau mau lihat gambaran forecast nya untuk market ini mungkin bisa lihat dari pergerakan penjualan old pajero dan old fortuner, dimana Fortuner lama yang selalu under power compare dari Pasport, tapi di 12 bulan terakhir jualannya 1.5-2x lipat dari model lama Pajero, yang DIMANA pas dulu Pajero Sport baru keluar di thailand yang generasi model lama itu sempet leading darii model lama Fortuner untuk lumayan lama, beberapa bulan.
Again, in the Old model competition, sepertinya Toyota played a better rally long duration game, sedangkan Mitsu selalu main bagus dengan total di babak pertama dengan spec lengkap, power gede, harga ekonomis (PERSIS DENGAN SEPERTI YG SEKARANG TERJADI DI INDO) tetapi di babak berikutnya kedodoran karena sudah tidak ada senjata lagi, diskon megap, dan facelift yang basa basi (seperti yang di indo)
IMHO saja.....
data from the same website