Review Honda Mobilio E Prestige CVT
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT
barusan nyobain r3, terkejut jg ternyata nyaman, kedap dan empuk... beda banget ama mpv dr merk triple elipse
sekarang jd penasaran mobilio yg banyak dibilang orang lebih enak dr r3
sekarang jd penasaran mobilio yg banyak dibilang orang lebih enak dr r3
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Test(imony) Drive pakai Mobilio E CVT
Errr... pangsit?papa3r wrote:wehh....madcat015 wrote:
Ahhh... tidak perlu ada penyesalan om dogar...
Selama mobil idaman yang disanggupi dapat terbeli, sudah sepantasnya kita bersyukur.![]()
Yg menyesal, kalo uda nabung, begitu duid cukup, eh, harga mobil naik
sepertinye wangsit nech....
alert....alert...hAnDO price to low !!....pull up !...pull up !!!....tet...tet...tet....![]()
.............~~~~%
@ Om Dogar....selamat kite om...udech doloan pake Parasut.....

Harga Honda bisa2 naik lagi gegara Monyong laris manis...

@om dogar: nahhhh... bener om, satu huruf ilang, bisa lain konotasi

Obey the mahakitteh. 

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Tue Jun 05, 2012 8:37
- Location: Jakarta Selatan
Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT
Baru datang sekarang uda posisi ke 2 penjualan nasional. Info terbaru bentar lagi bakal keluar Mobilio RS
Beritanya http://www.hargaspesifikasihonda.com/ho ... ilio-rsmpv
Beritanya http://www.hargaspesifikasihonda.com/ho ... ilio-rsmpv
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Mon Mar 10, 2014 2:56
Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT
Update-update-update!
Dengan kursi ketiga dilipat, bagasi inyong hanya sekitar 3 cm lebih panjang dari papanjah lama (pake meteran bangunan yang suka pletat-pletot dan kunci meterannya sudah rusak).
Tapi lebarnya (di bagian yang ada tempat botol minumnya) lebih sempit sekitar 5 cm.
Cuma herannya, setelah sepedah MTB masuk, kok kursi roda masih masuk juga ya?
Maap, lupa moto... karena lebih fokus pada ortu yang harus naik-turun kursi roda.
Nilai plus-nya... karena tinggi bangku lebih rendah dibandingkan papanjah, tapi lebih tinggi dari jess... maka average sized manula akan lebih mudah naik turun inyong. Tinggal atret parkir bokong... geser dikit... masuk deh.
Selain itu, hari minggu kemarin sudah digeber di jalan tol.
Yang menarik, saat konsisten di 100kph (versi GPS - di dash sudah 105), RPM hanya 2000!
Dulu di jess, di 100kph, RPM paling tidak sudah mencapai 3000.
Yang berikut ini... mungkin hanya perasaan sy saja.
Sama seperti jess pitak-cvt dulu, rasanya kalau udah lama dibawa "kalem"... maka otak-nya si mesin seolah merekam gaya mengemudi seperti itu. Jadi begitu digeber... agak "mikir" dulu sebelum memberikan respon.
Nah, setelah seminggu pertama si inyong menghadapi lalin penuh kemacetan, pas pertama digeber hari Sabtu, rasanya lemot. Tapi setelah konsisten jalan cukup agresif... berhenti... overnight... pas hari minggu-nya digeber langsung responsif. Padahal isinya Mama, A'a, Eyang, mbak, pakDhe, dan si sopir gembul ini. Di bagasi: full barang belanjaan plus sepeda.
Note: gak pake mode "S".
Kalau ada yang pernah pakai jess-pitak-cvt atau inyong... apakah mengalami hal yang sama? ataukah ini hanya perasaan sy aja?
Dengan kursi ketiga dilipat, bagasi inyong hanya sekitar 3 cm lebih panjang dari papanjah lama (pake meteran bangunan yang suka pletat-pletot dan kunci meterannya sudah rusak).
Tapi lebarnya (di bagian yang ada tempat botol minumnya) lebih sempit sekitar 5 cm.
Cuma herannya, setelah sepedah MTB masuk, kok kursi roda masih masuk juga ya?
Maap, lupa moto... karena lebih fokus pada ortu yang harus naik-turun kursi roda.
Nilai plus-nya... karena tinggi bangku lebih rendah dibandingkan papanjah, tapi lebih tinggi dari jess... maka average sized manula akan lebih mudah naik turun inyong. Tinggal atret parkir bokong... geser dikit... masuk deh.
Selain itu, hari minggu kemarin sudah digeber di jalan tol.
Yang menarik, saat konsisten di 100kph (versi GPS - di dash sudah 105), RPM hanya 2000!
Dulu di jess, di 100kph, RPM paling tidak sudah mencapai 3000.
Yang berikut ini... mungkin hanya perasaan sy saja.
Sama seperti jess pitak-cvt dulu, rasanya kalau udah lama dibawa "kalem"... maka otak-nya si mesin seolah merekam gaya mengemudi seperti itu. Jadi begitu digeber... agak "mikir" dulu sebelum memberikan respon.
Nah, setelah seminggu pertama si inyong menghadapi lalin penuh kemacetan, pas pertama digeber hari Sabtu, rasanya lemot. Tapi setelah konsisten jalan cukup agresif... berhenti... overnight... pas hari minggu-nya digeber langsung responsif. Padahal isinya Mama, A'a, Eyang, mbak, pakDhe, dan si sopir gembul ini. Di bagasi: full barang belanjaan plus sepeda.
Note: gak pake mode "S".
Kalau ada yang pernah pakai jess-pitak-cvt atau inyong... apakah mengalami hal yang sama? ataukah ini hanya perasaan sy aja?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 561
- Joined: Sat May 11, 2013 12:01
Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT
Good review om,another testament of Monyong good capability 

-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT
Honda: man maximum, machine minimum...
Tp tolong dashboardnya...
Tp tolong dashboardnya...

Obey the mahakitteh. 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 561
- Joined: Sat May 11, 2013 12:01
Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT
Ancur mana ama plastic Aria om Modcat?
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT
Ane lebih pilih Aria... di beberapa bagian, seperti center dash dan kolom setir dan knob AC, terlihat dan terasa lebih baik dari MonyongHouseOfDetailing wrote:Ancur mana ama plastic Aria om Modcat?
Hancur di door trim, faux wood panel, dan built quality. Gap di mana2. Monyong juga tidak lebih baik di poin ini.
Tapi Monyong bisa ane pastikan ASS nya lebih baik. Tata belum setaun nongol... dan issue ketahanan mobil benar2 harus diperhatikan, om HoD.
Obey the mahakitteh. 

-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Mon Mar 10, 2014 2:56
Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT
Yup... plastik di inyong OMG banget...
Kalau lagi ngelap atap mobil, gak berani injek plastik yang di sisi bawah pintu (gak tau namanya apa... floor trim?).
Pernah diinjek, langsung mblesek.
Selain itu, bahan jok. Kotornya gampang, bersihinnya susah. Baru seminggu, kursi tengah udah penuh jejak kaki anak TK.
Kalau soal dashboard...
Uhm... sy lebih ke fungsional. Nyoba pelototin dash bolak-balik, gak bisa identifikasi bedanya sama - misalnya - Batumakam Maret. Padahal mungkin orang lain lihatnya jauuuuuh banget! Lobang AC sama-sama mbulet.
Paling yang sampai sekarang selalu bikin ketawa yaaa cuma drop-jaw nya si glove compartment. Setiap isteri ngebuka, gw ketawa
(inget poto-poto yang pernah diposting di forum ini)
Kalau lagi ngelap atap mobil, gak berani injek plastik yang di sisi bawah pintu (gak tau namanya apa... floor trim?).
Pernah diinjek, langsung mblesek.
Selain itu, bahan jok. Kotornya gampang, bersihinnya susah. Baru seminggu, kursi tengah udah penuh jejak kaki anak TK.
Kalau soal dashboard...
Uhm... sy lebih ke fungsional. Nyoba pelototin dash bolak-balik, gak bisa identifikasi bedanya sama - misalnya - Batumakam Maret. Padahal mungkin orang lain lihatnya jauuuuuh banget! Lobang AC sama-sama mbulet.
Paling yang sampai sekarang selalu bikin ketawa yaaa cuma drop-jaw nya si glove compartment. Setiap isteri ngebuka, gw ketawa

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 741
- Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
- Location: Jakarta & Bekasi
Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT
Hehehehe ane demen sama sikap bro yang seperti ini... punya mobil nya tapi nggak mati matian ngebelain hehe... mantap bro... objektifitas user seperti ini yg dibutuhkan Indonesia hehe... sepaham sama ane... biarpun sekarang ane pake R3 tapi tetep aja kalau memang R3 ada kekurangan ya ane umbar aja deh... malah sebetulnya sih kalau ngomongin mesin sama handling, ane pilih Mobilio sebetulnya wkwkwkwk... tapi apa daya udah keburu ambil R3...Bodem wrote:Yup... plastik di inyong OMG banget...
Kalau lagi ngelap atap mobil, gak berani injek plastik yang di sisi bawah pintu (gak tau namanya apa... floor trim?).
Pernah diinjek, langsung mblesek.
Selain itu, bahan jok. Kotornya gampang, bersihinnya susah. Baru seminggu, kursi tengah udah penuh jejak kaki anak TK.
Kalau soal dashboard...
Uhm... sy lebih ke fungsional. Nyoba pelototin dash bolak-balik, gak bisa identifikasi bedanya sama - misalnya - Batumakam Maret. Padahal mungkin orang lain lihatnya jauuuuuh banget! Lobang AC sama-sama mbulet.
Paling yang sampai sekarang selalu bikin ketawa yaaa cuma drop-jaw nya si glove compartment. Setiap isteri ngebuka, gw ketawa(inget poto-poto yang pernah diposting di forum ini)

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 645
- Joined: Tue Dec 31, 2013 4:38
Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT
Kalo jok sih selama ini bokap ane begitu sampe di diler, lgsg dibekleed, jadi ane kagak pernah ngalami hal serumaBodem wrote:Yup... plastik di inyong OMG banget...
Kalau lagi ngelap atap mobil, gak berani injek plastik yang di sisi bawah pintu (gak tau namanya apa... floor trim?).
Pernah diinjek, langsung mblesek.
Selain itu, bahan jok. Kotornya gampang, bersihinnya susah. Baru seminggu, kursi tengah udah penuh jejak kaki anak TK.
Kalau soal dashboard...
Uhm... sy lebih ke fungsional. Nyoba pelototin dash bolak-balik, gak bisa identifikasi bedanya sama - misalnya - Batumakam Maret. Padahal mungkin orang lain lihatnya jauuuuuh banget! Lobang AC sama-sama mbulet.
Paling yang sampai sekarang selalu bikin ketawa yaaa cuma drop-jaw nya si glove compartment. Setiap isteri ngebuka, gw ketawa(inget poto-poto yang pernah diposting di forum ini)

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 202
- Joined: Thu Mar 13, 2008 3:19
Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT
slama kita mikir mobil itu buatan manusia..pasti sadar gk akan ada yg sempurna...makanya sy jg ambil mobilio
ato sempurna tp harga berlipat..ampun kalo ini..
ato sempurna tp harga berlipat..ampun kalo ini..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 832
- Joined: Sun May 19, 2013 10:00
Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT
Menyimak sambil memahami komparasi dengan KW kapal induk heheheh
Benernya g sreg dengan eps-nya hando, somehow feel ringkih, ada input mengenai eps-nya?
Benernya g sreg dengan eps-nya hando, somehow feel ringkih, ada input mengenai eps-nya?
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Mon Mar 10, 2014 2:56
Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT
Setuju!!bisti wrote:slama kita mikir mobil itu buatan manusia..pasti sadar gk akan ada yg sempurna...makanya sy jg ambil mobilio
ato sempurna tp harga berlipat..ampun kalo ini..
Dan pada akhirnya orang akan memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhannya. Baik itu kebutuhan space, kebutuhan power, kebutuhan estetika, or apapun. Kalau gak ada yang sempurna... kompromi terbaik dari rangkaian kebutuhan itu.
Sy sebenarnya paling suka sama ANGL... tapi herannya, setiap kali coba duduk di bangku kemudi... kok beruang madu ini merasa agak sempit. The big Eva... nice space, tapi (saat IIMS ya) gak ada glove compartment dan AC baris ke-3 "nyemprot-nya" dari samping. Iprit... very nice design... tapi kalau bawa barang banyak penumpang tinggal 4!
Buat saya yang cenderung fungsional, kompromi itu muncul pada inyong. Dan setelah masuk R3 untuk pertama kalinya sebagai penumpang jemputan sebulan yang lalu... jadi mikir... kenapa selama ini gak ngeliat R3? Dan baru inget... dulu awalnya gak ada matic

Cuma yang bikin penasaran ya itu... apalagi setelah beberapa bulan bawa Maret pinjeman... "Kenapa ya, ruang kemudi ANGL gak berasa seluas Maret?"
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13
Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT
Di majalah Autobild terbaru Lio diadu dgn GL X-Gear, R3 GX dan Spin LTZ, semuanya AT/CVT.sutan_bagindo wrote:dogar wrote:Lio unggul tipis.HouseOfDetailing wrote:Perbandingan akselerasi keduanya gimana om?
40-80kpj Lio =6s ; R3= 6,3s
0-100kpj Lio=14,9 ; R3=15,1
0-402m Lio19,5 ; R3=19,8
Yang menarik justru pada FC:
Dalkot Lio=1:12,8 ; R3=12,4
Lukot Lio=1: 15 ; R3=15,6
Konstan 100kpj Lio=1:20,5 ; R3=1:19
Menarik karena Lio 1500cc dan R3 1400cc.
Paling tidak hal ini cukup membuktikan bahwa teknologi mimpi buminya Honda tidak sekedar gimmick.
Powerful tapi irit, katanya.
Kenapa gak ditandinginnya sama GL yang sama2 1500cc yaak?
FC km/l :
Dalkot Lio 14,8 ; GL 13,2 ; R3 13,2 ; Spin 9,4
Tol Lio 18,9 ; GL 18,2 ; R3 19,2 ; Spin 15,7
Performance:
0-100 Lio 11,1 detik ; GL 13,1 ;R3 13,9 ; Spin 13,9
0-60 Lio 5,4 ; GL 5,8 ; R3 6,0 ; Spin 5,3
60-80 (kick down) Lio 2,6 ; GL 3,1 ; R3 3,1 ; Spin 3,8
80-100 (kick down) Lio 3,1 ; GL 4,2 ; R3 4,9 ; Spin 4,8
100-120 (kick down) Lio 4,4 ; GL 6,2 ; R3 7,3 ; Spin 7,2
Seperti pernah saya bilang di testi sebelumnya, kickdown Lio ini cukup mencengangkan, jauh lebih
responsif drpd Yaris yg geared AT. Membuat saya lebih pd waktu nyalip Huracan (yg lagi parkir

Overall Lio (still) jadi juara pertama, 2nd GL, 3rd R3 dan juru kunci Spin.
Dan perlu dicatat, GL yg sama2 pake CVT itu harganya 26,4 juta lebih mahal dari Lio, tapi performace dan FC kalah telak.
Avanza veloz tidak diikut sertakan karena dianggap sudah tidak sebanding lagi (overpriced, exterior tidak menarik dsb.) sehingga
Otobild menganggap yg mau beli veloz hanya para fanatikun Toyota saja.
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT
ngomong2... Mobilio sepertinya ada sedikit improvement di bagian build quality...
sealant terkutuk itu sudah dicat sewarna bodi sepertinya... ane ga menemukan itu di Mobilio temen ane yg barusan beli... padahal sealant terkutuk itu sangat gampang keliatan begitu kita melongok ke enjin bay...
sealant terkutuk itu sudah dicat sewarna bodi sepertinya... ane ga menemukan itu di Mobilio temen ane yg barusan beli... padahal sealant terkutuk itu sangat gampang keliatan begitu kita melongok ke enjin bay...

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT
ane kurang setuju poin ini om...dogar wrote: Avanza veloz tidak diikut sertakan karena dianggap sudah tidak sebanding lagi (overpriced, exterior tidak menarik dsb.) sehingga
Otobild menganggap yg mau beli veloz hanya para fanatikun Toyota saja.
IMHO, semua orang pny preferensi sendiri-sendiri om dogar....
Mobilio or Veloz? lihat kebutuhan om...
Kalo kenyamanan jadi pertimbangan, dan mobilnya buat segala kebutuhan (dalem kota-luar kota yang jalurnya nggak ekstrem), Mobilio jelas lebih baik... smooth drive, nice CVT, nice enjin...
tapi kalo mobilnya mau dipake untuk rusak-rusakan, mobil perang, jalurnya sedikit ekstrem, si duo avania tetep nggak tergantikan... 10 taun sudah reputasi duet maut ini terbukti sebagai ahlinya jalanan indonesia...

mmg di page awal ane akuin Mobilio punya banyak kelebihan dibanding avania... tapi as a people carrier and city cruiser yak.
kalo as a TANK / war machine? ane belum yakin

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Mon Jan 18, 2010 8:42
Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT
kalau dari penafsiran ane di review ab tsb (kebetulan ane beli), Veloz tdk diikutkan komparasi karena msuk ke kelas rwd, jadi sdh pasti beda peruntukan.
アイドリング!!!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT
iya veloz udah beda kelas, 1500cc nya rwd dan coba aja kalau full muatan, ketemu tanjakan, belum lagi kekuatan kaki2 nya. mobil2 1500cc fwd diatas mah harusnya dibandingin sama avanza yg 1300cc aja dah cukup
pembeli veloz hanya ingin beli mobil yg kuat dan jarang rusak, irit, nanjak kuat meskipun dengan yg mesin 1300cc, jaringan service banyak, dan resale value yg tinggi
bukan fanatik toyota


STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT
bah, pasti pemasang iklan di autobild edisi tersebut adalah HPM
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 202
- Joined: Thu Mar 13, 2008 3:19
Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT
hehehe....brarti sama kayak waktu ertiga ngiklan...waktu itu..komparasi ertiga yg menang
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 123
- Joined: Thu Mar 28, 2013 4:53
Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT
artoodetoo wrote:bah, pasti pemasang iklan di autobild edisi tersebut adalah HPM
Apakah om2 ada buktinya? Klo ada mngkin bs di laporkan ke pemilik franchise biar ditutup itu abbisti wrote:hehehe....brarti sama kayak waktu ertiga ngiklan...waktu itu..komparasi ertiga yg menang
Mngkn juga master2 sini ada yang mau buat komparasi head to head diantara lmpv. Pasti banyak yang pingin tuh

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 202
- Joined: Thu Mar 13, 2008 3:19
Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT
kalo sy cuma nanggepin tuduhan HPM ngiklan...
saya positif thinking aj..
mereka pasti berusaha seobyektif mungkin...soal ada tendensi dikit2...dikembalikan ke pembaca..
saya positif thinking aj..
mereka pasti berusaha seobyektif mungkin...soal ada tendensi dikit2...dikembalikan ke pembaca..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT
err maap 
ini bukan soal komparasi mesin dan transmisi krn sayapun memberi kesan baik untuk mesin dan cvt mobilio, tp kenapa avanza semena2 dicoret dan alasannyapun rada gimana gitu

ini bukan soal komparasi mesin dan transmisi krn sayapun memberi kesan baik untuk mesin dan cvt mobilio, tp kenapa avanza semena2 dicoret dan alasannyapun rada gimana gitu

Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 289
- Joined: Tue Jun 04, 2013 4:50
Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT
Seringkali kita terlalu keras mengkritik suatu majalah padahal ya mereka harus bertahan hidup..Tetep ada manfaatnya kok majalah2 itu kalo dibaca..ada artikel2 yg bermanfaat..
Kalo soal komparasi waktu itu ada media online yg melakukan komparasi persis dgn ab dan tdk menyertakan avanza..alasannya avanza sudah terlalu kuat jd mereka membandingkan kandidat terkuat yg jadi penantang avanza..Jd tujuan nya bkn mencari lmpv terbaik tp mencari kandidat terkuat utk menantang avanza..
Kalo soal komparasi waktu itu ada media online yg melakukan komparasi persis dgn ab dan tdk menyertakan avanza..alasannya avanza sudah terlalu kuat jd mereka membandingkan kandidat terkuat yg jadi penantang avanza..Jd tujuan nya bkn mencari lmpv terbaik tp mencari kandidat terkuat utk menantang avanza..