ALX7 wrote:Thanks for share om anjas & billy ...
y_anjasrana wrote:ini hanya utk matic doank ya? klu mt ane sih tergantung bgt sama kaki. klu kaki lg pinter, bisa 23km/l, klu lg santai bisa 18km/l, klu lg ngejar
fd bisa 12-13km/l. semua pakai premium. yg jelas
fdnya kesusul donk....

btw, fd itu fortune diesel maksud nya..?
billyd1773dz wrote:
ane dalkot 1:9-11 wkwkw
pertamax only.. pke v-power juga sama sgtu2 juga.......... abis di pke macet stopan n stop n go

sekalipun klw lg lewat jalan layang MID bisa 1:18an... ujungnya full to full y sekitar 1:10 trus. lebih irit sampai 1:11 klw d tol/jalan layang.. klw dalkot stop n go kurang dri 1:10
cara nyupirnya......... dulu waktu rajin2nya ecodrive, rpm g pernah lebih dari 2000, stopan matiin d klaksonin orng cuek.... MID tembus 1:20 di jalan yg sama........... tp full to full tetep aja mentok 1:10-11 an.... jadi skrng.. cuek campur aduk aja, lg nyantai ecodrive.. lagi pingin gas y gas.... stopan klw g panas y dimatiin, klw panas y hidup engine nya... full to full segtu2 juga ternyata...
paling irit mira klw lukot, jalan datar apalagi turun, sering di glindingin... 1:28-30 tembus tuh tp by MID... full to full blm pernah pling banter 1:17-18 waktu ke jogja.
paling boros.. jkt bandung d atas 4000rpm trus gas nya, mid 1:7 habis 4 kotak sekitar 16ltr v-power. full to full g tw, g langsung d isi. jln kosong.... dan g pernah gw biarin dfco.... pingin tau aja ni mesin minum nya sgimana aslinya tampa trik dfco....
ini matic yah
dibanding ecoboost..........jgn lihat HP nya aja, lihat torque nya jauh lebih besar.. dan dari rpm 1400 uda flat 170nm sampai rpm 4500 dasyat tuh.. torque band nya lebih luas dari fiesta diesel 1.6 tdci sekalipun yg 200nm dari 1750rpm.........
bandingin mira 100nm tp harus dri 4000rpm.
d tambah yg AT fiesta pke DSG triptonik, lebih minim loss fun dan resposif dari cvt...
rasanya di jalan naik turun,atau nyupir agresif akan lebih irit ecoboost deh.... d rpm rendah aja uda narik dan ketemu torsinya.. mira harus 4000 baru narik.
y wajar harganya aja bisa sampai hampir 2x nya....
tp d kondisi low load sih berani di adu irit2 annya....
ngiler sih... coba rilis nya awal tahun td sblm minang mira.........

Yg saya tangkep sih Ecoboost itu cuma mesin 3 silinder 1000cc yg dikasi
turbocharger
makanya tenaga nya bisa menyamai mesin 1600cc non-turbo..
Nah klo miras dgn 1200cc nya jg dipasangin turbocharger+piggy(+lainnya) apakah bisa lebih baik drpd Ecoboost nanti nya..
Harga Ecoboost pastinya diatas FF terbaru versi paling mahal, jd mungkin bisa 240jt> IMHO
Dibandingkan Miras yg exceed yg harga nya sekarang 168jt blm termasuk disc trus dioprek..
(Mungkin yg ga bisa diganti transmisi shiftron vs cvt aja )
Lebih worth mana yah kira2...
Maaf bukannya adu domba mitsu sama ford..

fd kayanya civic om.......................
ecoboost...... yup twinscroll turbo with intercooler yg bikin karakter torsi nya khas flat dari rpm rendah bngt sampai rpm atas, which is sulit di saingin dgn gasoline n.a sih, jadi ini lebih baik dari 1600cc n.a yg biasanya baru sampai peak torque d 4000an.... gtw ada yg jual g dipasaran turbo model ini..... twinscroll beda dgn VGT/VNT
ecoboost juga gasoline direct injection GDI which is penerapan commonrail d gasoline, seharus nya dgn GDI bisa d mode lean-burn lebih lama.... dan kaya diesel commonrail, pke piggy naikin tenaganya signifikan dan mudah.
3cyld tapi ga pakai balancer shaft.... balancer shaft itu kya bandul pemberat yg berputar buat nge counter getaran dari mesin. namanya pemberat tentu nambah bobot mesin, dia muternya juga pke tenaga crankshaft which is ngambil tenaga dri mesin. d ecoboost g pke balancershaft klaim nya sih efisiensi mesin naik 17%. balancer shaft diganti oleh flywheel yg justru tidak balance, bwat ngecounter getaran mesin.
DSG juga bukan shiftronik sembarangan.... dia g pke torqueconverter kya matic biasa termasuk CVT.. tp pke dual clutch biasa kaya manual.... jadi power loss nya minim layaknya manual, dan bisa shift continous kaya CVT.
fiesta sendiri datang tampa downgrade, Electronic stability programs, Traction Control dll engga di sunat airbag 6 biji *klw g salah* ................
jd y mblnya memang g sebanding hehehe

dan lagi harganya jg nyaris 2x nya....... ecoboost mungkin 250jtan >...
imho uda beda angkatan teknologi 3A92 dgn ecoboost.....
bukan g mungkin klw di kasih turbo nyamain yah... cuma ada effortnya dan trial n error, klw uda pernah yg berhasil sih baru berani bilang worth tidaknya......
yang pasti jgn ngarep garansi.
dan CVT mau mesin di oprek gimana juga tetep g akan bisa memuaskan pecinta bejek2an.... pasti rindu dgn dinamika shifting.
klw niatnya bejek2an n modifikasi di kelas harga mira, mending ke brio 1.3 aftermarketnya lebih banyak turbo kit jazz juga plugnplay k brio dan uda banyak yg lakuin dan AT nya juga 5spd biasa, atw y ke kelas atasnya.
klw mira ambil yg MT, dan be the first yg nempelin turbo di indonesia, d thailand sih uda tp blm pernah d publish hasilnya naik brp hp or accel. yg pasti masang turbo engga murah deh.......
atw ngarep gosip mirage Turbo bener2 lagi di bikin

dan klw iya ngeluncurin KTB mau masukin.
soal irit.. mungkin jgn terlalu ngarep, teorinya more air saat turbo ngeboost harus di ikuti more fuel juga, bwat ngejaga AFR tetep d 14.7:1 kecuali dia bisa jalan di mode leanburn..... jadi y klw bejek2an pasti harus ngebakar lebih banyak fuel. paling bisa irit klw sedang gliding gas d angkat persis kya mira juga....... dan mungkin untuk berakselerasi atw d tanjakan berkat torsi d rpm rendahny jadi ga perlu naikin rpm terlalu tinggi, gas jg g perlu d teken terlalu dalam...

cmiiw
pling puas ngerasin sensasi adrenalin sih beli ipah d4d bekas atw hilux scab d4d <200jt modalin 20-30jt jadi 300hp 700nm wkwkwkw

ecoboost sih lewattt..............

RWD lg bisa drifting haha
