share captiva part 02

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

I-Com
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Fri Nov 23, 2007 9:18

Re: share captiva part 02

Post by I-Com »

esh wrote:@ I-Com: ada kemungkinan kualitas kabel yang kurang bagus. Sebab saya pernah dikasih tahu mengenai hal ini oleh karyawan ACE waktu beli kabel. Saya beli merek 'plugger'
ohh ada dijual di ACE ya bro?? ya tar sy beli disana deh, btw bro esh gimana review masalah nangizernya?? bagus dan aman gak??
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: share captiva part 02

Post by esh »

I-Com wrote:
esh wrote:@ I-Com: ada kemungkinan kualitas kabel yang kurang bagus. Sebab saya pernah dikasih tahu mengenai hal ini oleh karyawan ACE waktu beli kabel. Saya beli merek 'plugger'
ohh ada dijual di ACE ya bro?? ya tar sy beli disana deh, btw bro esh gimana review masalah nangizernya?? bagus dan aman gak??
Nano Energizernya saya cukup puas dan tidak ada masalah. :D
User avatar
penyubali
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Fri Jun 20, 2008 11:24

Re: share captiva part 02

Post by penyubali »

Update terbaru Headlight Angel eyes. Baru selesai dipasang and here it is...:)

Image
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: share captiva part 02

Post by Abu2 »

kereeen bosss :frm_tumbright: :frm_tumbright: :frm_tumbright: :frm_tumbright:
dkmobile
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Tue Dec 01, 2009 1:51

Re: share captiva part 02

Post by dkmobile »

Hansen wrote:
dkmobile wrote: thanks bro roadtrain and slover.. yang saya bensin.. pake shell standard. aneh juga yah...
untuk yang 13.8/100 consumptionnya, padahal saya dah jaga2 gak ngebejek gas gitu loh, maintain di rpm 2,000.. gak lebih 2,500.
Rata2 consumption ratio untuk bensin yang bagus berapa kira2?
Bro, coba di reset dulu MIDnya trus jalanin deh mobilnya.....:D
update..sudah direset, namun ujung2nya ke 13.8 lagi.. sekarang saya lagi itungin secara manual :)

btw, ada yang tau ga, kalo masang descent control system yang untuk kalo turun tanpa perlu banyak mainin rem ini berapa harganya kalo pasang di beres? or di mana yang ada? di AWD ini sudah ada yah.
stingray1
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Fri Dec 07, 2007 1:05

Re: share captiva part 02

Post by stingray1 »

[quote="dkmobile"][quote="Hansen"][quote="dkmobile"]
thanks bro roadtrain and slover.. yang saya bensin.. pake shell standard. aneh juga yah...
untuk yang 13.8/100 consumptionnya, padahal saya dah jaga2 gak ngebejek gas gitu loh, maintain di rpm 2,000.. gak lebih 2,500.
Rata2 consumption ratio untuk bensin yang bagus berapa kira2?[/quote]
Bro, coba di reset dulu MIDnya trus jalanin deh mobilnya.....:D[/quote]

update..sudah direset, namun ujung2nya ke 13.8 lagi.. sekarang saya lagi itungin secara manual :)

btw, ada yang tau ga, kalo masang descent control system yang untuk kalo turun tanpa perlu banyak mainin rem ini berapa harganya kalo pasang di beres? or di mana yang ada? di AWD ini sudah ada yah.[/quote]

Bro dkmobile itu FC bisa dapet segitu dgn bejekan 2000-2500rpm dgn kondisi jalan kek apa ya?? Saya pake bensin bio-premium aja, FC segitu didapet kalo macet stop n go (bukan yg macet total gitu). Kyknya MID ini hanya ngitung FC dari satu point ke point berikutnya.. jadi kita kudu nge-reset dulu Time, Average Speed dan Average Fuel Consumption.
Kalo mo liat FC, mungkin lbh baik manual aja, by ngitung odometer (reset dulu odo-nya) dg byknya pengisian bensin.
Udah pernah dibawa ke jalan yg bebas hambatan bro??..coba drive style spt itu apa ada bedanya dg me-reset semua indikator MID sebelom mobil bergerak.
dkmobile
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Tue Dec 01, 2009 1:51

Re: share captiva part 02

Post by dkmobile »

stingray1 wrote:
dkmobile wrote:
Hansen wrote: update..sudah direset, namun ujung2nya ke 13.8 lagi.. sekarang saya lagi itungin secara manual :)

btw, ada yang tau ga, kalo masang descent control system yang untuk kalo turun tanpa perlu banyak mainin rem ini berapa harganya kalo pasang di beres? or di mana yang ada? di AWD ini sudah ada yah.
Bro dkmobile itu FC bisa dapet segitu dgn bejekan 2000-2500rpm dgn kondisi jalan kek apa ya?? Saya pake bensin bio-premium aja, FC segitu didapet kalo macet stop n go (bukan yg macet total gitu). Kyknya MID ini hanya ngitung FC dari satu point ke point berikutnya.. jadi kita kudu nge-reset dulu Time, Average Speed dan Average Fuel Consumption.
Kalo mo liat FC, mungkin lbh baik manual aja, by ngitung odometer (reset dulu odo-nya) dg byknya pengisian bensin.
Udah pernah dibawa ke jalan yg bebas hambatan bro??..coba drive style spt itu apa ada bedanya dg me-reset semua indikator MID sebelom mobil bergerak.
dalkot doang, dan emang kondisi jalan yah emang banyak belokan, naik turun parkiran building, and gak melalui tol kota..:)
tadi sempet ke airport, dari 13.8 lama2 turun ke 12-an gitu..but waktu dah di kota, naeklah dia perlahan2 ke 13.1.
so, kayaknya bener tergantung kondisi jalan, stop and go, naek turun parkiran, etc..
User avatar
kay
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Mon Jan 18, 2010 5:16
Location: Jakarta Timur

Re: share captiva part 02

Post by kay »

Numpang monitor aah... :big_smoking:
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: share captiva part 02

Post by roadtrain99 »

dkmobile wrote:
Hansen wrote:
dkmobile wrote: thanks bro roadtrain and slover.. yang saya bensin.. pake shell standard. aneh juga yah...
untuk yang 13.8/100 consumptionnya, padahal saya dah jaga2 gak ngebejek gas gitu loh, maintain di rpm 2,000.. gak lebih 2,500.
Rata2 consumption ratio untuk bensin yang bagus berapa kira2?
Bro, coba di reset dulu MIDnya trus jalanin deh mobilnya.....:D
update..sudah direset, namun ujung2nya ke 13.8 lagi.. sekarang saya lagi itungin secara manual :)

btw, ada yang tau ga, kalo masang descent control system yang untuk kalo turun tanpa perlu banyak mainin rem ini berapa harganya kalo pasang di beres? or di mana yang ada? di AWD ini sudah ada yah.
rata2 consumption mobil bensin sulit bro. mobil yg sama2 2.4 dohc pun bisa beda2 fc, kadang malah ada yg cc nya lebih gede malah jadi lebih irit.
kalo spt ctv bensin bro dk, rasanya agak lumayan boros kalo dibanding ke power nya, sekitar 1:7.
coba aja dihitung manual, misalnya hari senin isi full tank sampe bibir, trip nol in, lalu setelah 3 hari atau seminggu isi full tank, krn kan ada hari yg kena macet parah, ada yg biasa2, biar ketemu rata2. nyetir nya biasa aja bro, gak perlu jaga ga perlu ngebut jg.

setau gw, kalo hill descent ctrl berguna jika turunan curam yg pelan2 spt offroad *cmiiw*, jd kalo lebih sering di on road, buat apa jg gitu bro...imo aja lho. sebab kalo sering di on road, berhubung ctv ada tiptronic, kita masih bisa main engine brake spt manual.
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: share captiva part 02

Post by esh »

Btw, rekan2 yang pake type VCDI sudah ada yang pasang turbo timer? Apakah membatalkan garansi? :thanks:
User avatar
penyubali
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Fri Jun 20, 2008 11:24

Re: share captiva part 02

Post by penyubali »

Mungkin pake Eco Gauge dr K-Ins ini bisa membantu. Saya baru pasang dan alat ini bisa memantau FC real time sesuai dgn bejekan dan memberikan average km/l. Jarum gauge akan berubah warna sesuai dgn karakter mengemudi: merah: poor, kuning: normal, good: putih, best: hijau. Jadi kita bisa pantau konsumsi BBM lbh detail dr MID pabrik. Alat ini tinggal di colok ke OBD II dan kabel bisa disembunyikan lewat bawah dashboard sehingga rapi. Tampilan juga keren dgn style optitron.

Image

Image
stingray1
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Fri Dec 07, 2007 1:05

Re: share captiva part 02

Post by stingray1 »

Bro Penyu, itu K-Ins cuma buat ngitung FC aja via OBD II ato ada indikator lainnya yg bisa diliat? Ada deviasi gak bro dgn kalkulasi MID?

Nice tu bro..optitron dashboard + FC indikatornya, drpd MID asli, temen2 gw bilang kyk layar green screen komputer jadul...heheheee..:)
dkmobile
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Tue Dec 01, 2009 1:51

Re: share captiva part 02

Post by dkmobile »

roadtrain99 wrote:
dkmobile wrote:
update..sudah direset, namun ujung2nya ke 13.8 lagi.. sekarang saya lagi itungin secara manual :)

btw, ada yang tau ga, kalo masang descent control system yang untuk kalo turun tanpa perlu banyak mainin rem ini berapa harganya kalo pasang di beres? or di mana yang ada? di AWD ini sudah ada yah.
rata2 consumption mobil bensin sulit bro. mobil yg sama2 2.4 dohc pun bisa beda2 fc, kadang malah ada yg cc nya lebih gede malah jadi lebih irit.
kalo spt ctv bensin bro dk, rasanya agak lumayan boros kalo dibanding ke power nya, sekitar 1:7.
coba aja dihitung manual, misalnya hari senin isi full tank sampe bibir, trip nol in, lalu setelah 3 hari atau seminggu isi full tank, krn kan ada hari yg kena macet parah, ada yg biasa2, biar ketemu rata2. nyetir nya biasa aja bro, gak perlu jaga ga perlu ngebut jg.

setau gw, kalo hill descent ctrl berguna jika turunan curam yg pelan2 spt offroad *cmiiw*, jd kalo lebih sering di on road, buat apa jg gitu bro...imo aja lho. sebab kalo sering di on road, berhubung ctv ada tiptronic, kita masih bisa main engine brake spt manual.
siipp bro, sedang dilaksanakan manual calculationnya :)
untuk yang descent ctrl itu sih memang tidak terlalu berguna, saya semata2 menanyakan itu karena suka naik turun ITC yang sedikit curam parkirannya dan istri saya menanyakan ada feature seperti itu tidak, apalagi kalo dia yang nyetir. Kalo saya sih gak masalah:) berarti cuma ada dibawaannya AWD yah.
dkmobile
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Tue Dec 01, 2009 1:51

Re: share captiva part 02

Post by dkmobile »

stingray1 wrote:Bro Penyu, itu K-Ins cuma buat ngitung FC aja via OBD II ato ada indikator lainnya yg bisa diliat? Ada deviasi gak bro dgn kalkulasi MID?

Nice tu bro..optitron dashboard + FC indikatornya, drpd MID asli, temen2 gw bilang kyk layar green screen komputer jadul...heheheee..:)
keren abis bro.. berapa duit tuh? en pasangnya di beres?
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: share captiva part 02

Post by roadtrain99 »

esh wrote:Btw, rekan2 yang pake type VCDI sudah ada yang pasang turbo timer? Apakah membatalkan garansi? :thanks:
di share captiva part one pernah kebahas nih bro.

gw pernah pasang turbo timer, cuma gagal. sebab bermasalah dgn starter nya. gw udah lupa masalahnya gimana, cuma kata teknisi nya, electrical starter captiva agak beda dgn mobil2 lain. Kalo tidak salah, captiva pake satu wire atau apa gitu.
jd skrg timer nya manual, yaitu nunggu bentar sebelum ignition off hehehe.. :shrug:
I-Com
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Fri Nov 23, 2007 9:18

Re: share captiva part 02

Post by I-Com »

roadtrain99 wrote:
esh wrote:Btw, rekan2 yang pake type VCDI sudah ada yang pasang turbo timer? Apakah membatalkan garansi? :thanks:
di share captiva part one pernah kebahas nih bro.

gw pernah pasang turbo timer, cuma gagal. sebab bermasalah dgn starter nya. gw udah lupa masalahnya gimana, cuma kata teknisi nya, electrical starter captiva agak beda dgn mobil2 lain. Kalo tidak salah, captiva pake satu wire atau apa gitu.
jd skrg timer nya manual, yaitu nunggu bentar sebelum ignition off hehehe.. :shrug:
bro itu setiap abis pake harus dibiarin 1 menit gitu ya?? maksudnya mungkin abis pake kebut2/ buat tarik2an atau meskipun pakai kondisi normal juga harus didiemin 1 menit??

btw mau numpang nanya sama master2 disini nih, kalo mobil baru sebaiknya ganti oli di 1000km pertama ga ya?? break in period gitu? trus mungkin bisa kasih saran sekalian pakai oli apa biasanya?? thanks
trique
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Thu Dec 03, 2009 4:18

Re: share captiva part 02

Post by trique »

dkmobile wrote:
Hansen wrote:
dkmobile wrote: thanks bro roadtrain and slover.. yang saya bensin.. pake shell standard. aneh juga yah...
untuk yang 13.8/100 consumptionnya, padahal saya dah jaga2 gak ngebejek gas gitu loh, maintain di rpm 2,000.. gak lebih 2,500.
Rata2 consumption ratio untuk bensin yang bagus berapa kira2?
Bro, coba di reset dulu MIDnya trus jalanin deh mobilnya.....:D
update..sudah direset, namun ujung2nya ke 13.8 lagi.. sekarang saya lagi itungin secara manual :)
saya pake 2.4 L jg Oom, rata2 mid 12 an lah.. tp rute saya campur toll, sehari PP rumah - kantor - rumah +/- 80Km. kalo pakainya jarak pendek2, FC nya jadi lebih boros. coba deh puter2 kompleks doang.. dijamin dibawah 1:7 tuh FC nya

Kalo dapet untuk pakai sehari-hari 1:7-8 saya pikir normal lah..

trus MID nya mnrt saya agak "ABS (Asal Bapak Senang)" hahahhaa, setiap isi dan saya compare dengan full to full pasti MID lebih menyenangkan hati hasilnya :D selisihnya saya perhatikan kurang lebih 0.5 - 1 km / ltr.
dugaan saya, si MID itu baru kerja kalo mobilnya jalan doang. kalo lagi panasin / macet, dia ga ngitung sepertinya, sekali lagi ini cuman nebak2 ya..
trique
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Thu Dec 03, 2009 4:18

Re: share captiva part 02

Post by trique »

penyubali wrote:Mungkin pake Eco Gauge dr K-Ins ini bisa membantu. Saya baru pasang dan alat ini bisa memantau FC real time sesuai dgn bejekan dan memberikan average km/l. Jarum gauge akan berubah warna sesuai dgn karakter mengemudi: merah: poor, kuning: normal, good: putih, best: hijau. Jadi kita bisa pantau konsumsi BBM lbh detail dr MID pabrik. Alat ini tinggal di colok ke OBD II dan kabel bisa disembunyikan lewat bawah dashboard sehingga rapi. Tampilan juga keren dgn style optitron.

Image

Image
Bro penyu,

saya mau pesen dong nih Eco Gauge nya.. ada ready stocknya?
ini mesti satu set dengan optitronnya atau bisa dengan speedo originalnya ya? kalo mesti dengan optitronnya, saya mesti bikin proposal dulu neh.. hehehehe...
adr889
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Wed Dec 20, 2006 12:17

Re: share captiva part 02

Post by adr889 »

udah ada yg tau lanjutan beritanya captiva yg kebakar belum ya ? kok udah nga ada kabar lanjutannya
User avatar
penyubali
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Fri Jun 20, 2008 11:24

Re: share captiva part 02

Post by penyubali »

dkmobile wrote:
stingray1 wrote:Bro Penyu, itu K-Ins cuma buat ngitung FC aja via OBD II ato ada indikator lainnya yg bisa diliat? Ada deviasi gak bro dgn kalkulasi MID?

Nice tu bro..optitron dashboard + FC indikatornya, drpd MID asli, temen2 gw bilang kyk layar green screen komputer jadul...heheheee..:)
keren abis bro.. berapa duit tuh? en pasangnya di beres?
Harga gaugenya 1.25 jt. Pasangnya seh gampang tinggal colokin kabel ke socket OBD II aja, tp untuk nyembunyiin kabel spy rapi perlu bongkar dashboard bawah setir jd dibantu Beres.
bivanos88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02

Re: share captiva part 02

Post by bivanos88 »

penyubali wrote: Harga gaugenya 1.25 jt. Pasangnya seh gampang tinggal colokin kabel ke socket OBD II aja, tp untuk nyembunyiin kabel spy rapi perlu bongkar dashboard bawah setir jd dibantu Beres.
bro, beli nya dimana ya?
tampaknya saya tertarik nih buat di mobil saya..
lalu pembacaan FC nya cukup akurat ga?
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: share captiva part 02

Post by roadtrain99 »

I-Com wrote: bro itu setiap abis pake harus dibiarin 1 menit gitu ya?? maksudnya mungkin abis pake kebut2/ buat tarik2an atau meskipun pakai kondisi normal juga harus didiemin 1 menit??

btw mau numpang nanya sama master2 disini nih, kalo mobil baru sebaiknya ganti oli di 1000km pertama ga ya?? break in period gitu? trus mungkin bisa kasih saran sekalian pakai oli apa biasanya?? thanks
kalo biasa2 aja, paling 30dtk. tp kalo misalnya keluar kota byk tanjakkan atau dibetot betot (walaupun dalkot)..yah biarin dululah 1-1,5min.

gw bukan master nih, tp share aja soal oli, imo rasanya mungkin ga perlu sebab itu kan mobil baru (kecuali kalo misalnya beli second hand dari org, kita ga tau). tp kalo bro tetep mau ganti oli di 1000km, ya gpp.
kalo gw sementara ini ctv diesel pk oli yg dr dealer aja, sebab kata mereka, kalo masa garansi gini jika pake oli merk lain kalo terjadi knp2, mereka ga bisa cover gitu. oli nya total 10w40 kalo ga salah, lupa total type nya.
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: share captiva part 02

Post by Captivated »

total quartz 5-40w klo ga salah..... harganya jg ajegile
Last edited by Captivated on Wed Apr 07, 2010 10:31, edited 1 time in total.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: share captiva part 02

Post by roadtrain99 »

trique wrote: saya pake 2.4 L jg Oom, rata2 mid 12 an lah.. tp rute saya campur toll, sehari PP rumah - kantor - rumah +/- 80Km. kalo pakainya jarak pendek2, FC nya jadi lebih boros. coba deh puter2 kompleks doang.. dijamin dibawah 1:7 tuh FC nya

Kalo dapet untuk pakai sehari-hari 1:7-8 saya pikir normal lah..

trus MID nya mnrt saya agak "ABS (Asal Bapak Senang)" hahahhaa, setiap isi dan saya compare dengan full to full pasti MID lebih menyenangkan hati hasilnya :D selisihnya saya perhatikan kurang lebih 0.5 - 1 km / ltr.
dugaan saya, si MID itu baru kerja kalo mobilnya jalan doang. kalo lagi panasin / macet, dia ga ngitung sepertinya, sekali lagi ini cuman nebak2 ya..
jika puter komplek, speed nya pelan dan jaraknya pendek, otomatis hitungan fc mid naik. tapi kalo jarak pendek misalnya 5km & jln lancar, pasti fc per trip bagus.
coba kalo di tol lagi lancar, lalu lari 100kmh constant pasti fc lebih baik.

gw ga tau kalo fc mid ctv gimana, hrsnya cr kerjanya sama dgn mobil2 lain. kalo liat2 dari bebrp mobil merk lain, fc nya menghitung avg dari total keseluruhan travelling nya, termasuk macet juga dihitung. sewaktu macet fc lebih boros, jika lancar kemudian fc nya membaik setelah bebrp saat.
kalo macet/panasin, pasti lebih boros krn bbm tetep dibakar sementara mobil banyak diemnya.
User avatar
penyubali
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Fri Jun 20, 2008 11:24

Re: share captiva part 02

Post by penyubali »

Latest Cockpit Pic

Image