kayaknya, urusan transmisi lebih kearah torsi, dibanding tenaga, baik manual maupun otomatis (termasuk CVT)
makanya di kemasan plat kopling, biasanya ada yg kecetak tulisan spek torsi yg dia masih bisa tahan...
umumnya, setau saya dari baca-baca, teknologi CVT konvensional untuk saat ini, dia hanya bisa handling torsi sampe dengan 250Nm, meski ada yg sudah advance sampe 300Nm
Audi termasuk yang masih setia dengan CVT.
Sistem CVT Multitronic yg mereka kembangkan terakhir, bisa handling torsi sampe dengan 400Nm
Bagaimanapun juga, untuk saat ini, limit torsi yg bisa ditangani CVT memang masih kalah dengan yang sistem hidrolis
Sistem hidrolis, secara teori bisa handling torsi sebesar apapun, tergantung kekuatan koplingnya itu sendiri dan tekanan hidrolisnya
contohnya dipake buat beberapa model panser/tank, kebayang kan berapa torsi mesin ke penggeraknya, di situ pakenya transmisi dengan sistem Hydraulic Mechanical Transmission
Halah....malah OOT
