ALL about ALL New Jazz

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: ALL about ALL New Jazz

Post by aldy »

sepertinya bukan berdasarkan gaya menyetir anak muda yang menyebabkan honda memutuskan untuk menggunakan transmisi matic konvensiona.. ada alasan2 tertentu mungkin
Beneran om transmisi CVT jauh lebih ringkih dibandingin transmisi matic konvensional..Sekarang coba liat mobil2 sport malah larinya ke dual clutch ga ke CVT karena CVT ini rentan kalo dihajar "mesin" terus2an secara ekstrim (terutama jazz fanboy yg doyan makein turbo ke mobilnya) dan ga bisa digeber2 terus2an di rpm tinggi (bisa sih bisa tapi lifetimenya bakalan jauh berkurang terutama sabuk bajanya)..Kalo ngliat prospeknya CVT ini cuma di dominasi mobil2 jepun,, mobil europe rata2 udah pake dual clutch (selangkah lebih maju)..IMHO loh ini om.. mungkin ada yg bisa ngasih contoh mobil europe tahun 2009 keatas yg masih pake CVT?? :e-think: :e-think:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
bothyjames
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Wed Apr 06, 2011 13:47

Re: ALL about ALL New Jazz

Post by bothyjames »

aldy wrote:
sepertinya bukan berdasarkan gaya menyetir anak muda yang menyebabkan honda memutuskan untuk menggunakan transmisi matic konvensiona.. ada alasan2 tertentu mungkin
Beneran om transmisi CVT jauh lebih ringkih dibandingin transmisi matic konvensional..Sekarang coba liat mobil2 sport malah larinya ke dual clutch ga ke CVT karena CVT ini rentan kalo dihajar "mesin" terus2an secara ekstrim (terutama jazz fanboy yg doyan makein turbo ke mobilnya) dan ga bisa digeber2 terus2an di rpm tinggi (bisa sih bisa tapi lifetimenya bakalan jauh berkurang terutama sabuk bajanya)..Kalo ngliat prospeknya CVT ini cuma di dominasi mobil2 jepun,, mobil europe rata2 udah pake dual clutch (selangkah lebih maju)..IMHO loh ini om.. mungkin ada yg bisa ngasih contoh mobil europe tahun 2009 keatas yg masih pake CVT?? :e-think: :e-think:
Audi A4 di indo gan, masih pake 8 speed multi tronic CVT with sport mode kalo gasalah gan. Salam Kenal gan hehee
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: ALL about ALL New Jazz

Post by poeticmind »

CVT jelas lebih modern, dan itu diakui lebih bagus dibanding konvensional.. hanya tergantung mobilnya masing2... kan ada peruntukan nya. citycar bukan utk balap, mungkin jenis cvtnya bisa saja berbeda.

kalo diliat2 banyak kok yg upgrade performance, bahkan sampe pasang turbo dengan cvt standar masih oke2 aja... hanya sekarang driver nya gimana, kalo ga memahami cara nge-drive kendaraan nya yaaaaa pasti jebol. AT konvensional saja bisa jebol juga kan...
apalagi CVT itu tanpa batas... jelas lebih tinggi derajatnya.

meski saya sendiri, pilih AT konvensional.. mengapa? simple aja, suka dengan hentakan ganti giginya. hehe!
Image
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: ALL about ALL New Jazz

Post by Hansen »

yamaha mio aja udah CVT kok...... :ngacir:
Image
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: ALL about ALL New Jazz

Post by poeticmind »

honda scoopy juga lho.... :ngacir:
Image
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: ALL about ALL New Jazz

Post by imsus2c »

kayaknya, urusan transmisi lebih kearah torsi, dibanding tenaga, baik manual maupun otomatis (termasuk CVT)

makanya di kemasan plat kopling, biasanya ada yg kecetak tulisan spek torsi yg dia masih bisa tahan...

umumnya, setau saya dari baca-baca, teknologi CVT konvensional untuk saat ini, dia hanya bisa handling torsi sampe dengan 250Nm, meski ada yg sudah advance sampe 300Nm

Audi termasuk yang masih setia dengan CVT.

Sistem CVT Multitronic yg mereka kembangkan terakhir, bisa handling torsi sampe dengan 400Nm

Bagaimanapun juga, untuk saat ini, limit torsi yg bisa ditangani CVT memang masih kalah dengan yang sistem hidrolis

Sistem hidrolis, secara teori bisa handling torsi sebesar apapun, tergantung kekuatan koplingnya itu sendiri dan tekanan hidrolisnya

contohnya dipake buat beberapa model panser/tank, kebayang kan berapa torsi mesin ke penggeraknya, di situ pakenya transmisi dengan sistem Hydraulic Mechanical Transmission

Halah....malah OOT :mrgreen:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: ALL about ALL New Jazz

Post by poeticmind »

hehehehe thanks masukan nya :frm_tumbright:
Image
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: ALL about ALL New Jazz

Post by Hansen »

Bus aja udah pada pake matic kok... :upss:
Image
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: ALL about ALL New Jazz

Post by aldy »

Iy sih setuju ama om2 diatas bahkan lexus LS600H pake CVT..Tapi sekarang udah jelas CVT perlakuaanya harus halus ga bisa sembarangan..Makanya mobil2 sport ga ada yg pake CVT ini soalnya emang CVT ini karakternya smooth dan kalem (ga cocok ama jiwa muda :mrgreen: )..Dan setau ane om CVT ini ga bisa dipake hard start sering2..alias gas sampe rpm tertentu terus masukin gigi..bisa rontok tuh sabuk bajanya :mrgreen: Kalo matic konvensional ketahanannya ga usah diragukan dan ok2 aja dihajar power besar+hard driviing kayak mobil2 "american muscle" yg emang pake matic konvensional ini (contoh: di film "the expendable" keren tuh ford F150 50" maticnya di "kick down" terus :upss: :frm_tumbright: )..
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: ALL about ALL New Jazz

Post by AD74YA »

Seperti yang udah ane bilang di tret2 lain oom aldy... Honda lagi gak jelas jati dirinya... Entah mau kearah sport, atau ramah lingkungan, yang dikemas dalam produk bergaya sporty juga atau elegan... Bisa keliatan dari desain line up produk2nya yang bahasa desainnya mulai gak jelas.

Konsep Fit (Jazz) terbaru kan awalnya lebih ECO friendly.. Dengan desain bumper baru yang drag coef nya katanya lebih hemat bbm sampai 20%. Mesin terbaru yaitu hybrid dan 1300 cc. Hilangnya gear box pedal di belakang setir, disertai dengan kembalinya CVT. Itu rencana Honda Jepang untuk Fit, sehingga lebih eco friendly bukan untuk speed freak lagi.

Bukannya ente yg beri link ke honda jepang itu? Kan ada tulisannya CVT............ CMIIW :ungg:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: ALL about ALL New Jazz

Post by aldy »

Iya om setig..Maksud ane di indonesia jazz matic banyak dibuat "experimen" sama jazz fanboy..Makanya di indonesia ga berani makein CVT selain "isu" ketahanan CVT buat digeber2 high rpm + hard driving + penambahan forced induction (turbo)..selain itu CVT karakternya smooth sama sekali ga ada hentakan jadi kalo buat speed lover ga ada geregetnya gtu om..makanya CVT ini ga dipakein ke jazz di indonesia.. :frm_bang_head: :frm_bang_head: Ya mudah2an aja CVT terus berkembang dan akhirnya punya daya tahan menyamai matic konvensional..
Kalo speed lover sejati jelas pilih jazz RS manual 6 speed om setig.. :frm_tumbright: :frm_tumbright:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: ALL about ALL New Jazz

Post by AD74YA »

Di autobild terbaru juga tuh yang bangkok motor show ada jazz baru.. Urusan desain sama persis dengan gambar di web honda jepang tapi interior dan transmisinya nggak di foto...

Kayaknya kiblat nya kan ke bangkok ya?... Tinggal info2 aja.. Yang jelas bersyukur soalnya mesin tetep sama dengan jazz sekarang... 1500cc.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: ALL about ALL New Jazz

Post by nescafe »

aldy wrote:
sepertinya bukan berdasarkan gaya menyetir anak muda yang menyebabkan honda memutuskan untuk menggunakan transmisi matic konvensiona.. ada alasan2 tertentu mungkin
Beneran om transmisi CVT jauh lebih ringkih dibandingin transmisi matic konvensional..Sekarang coba liat mobil2 sport malah larinya ke dual clutch ga ke CVT karena CVT ini rentan kalo dihajar "mesin" terus2an secara ekstrim (terutama jazz fanboy yg doyan makein turbo ke mobilnya) dan ga bisa digeber2 terus2an di rpm tinggi (bisa sih bisa tapi lifetimenya bakalan jauh berkurang terutama sabuk bajanya)..Kalo ngliat prospeknya CVT ini cuma di dominasi mobil2 jepun,, mobil europe rata2 udah pake dual clutch (selangkah lebih maju)..IMHO loh ini om.. mungkin ada yg bisa ngasih contoh mobil europe tahun 2009 keatas yg masih pake CVT?? :e-think: :e-think:
hmm,, di luar tarikan2 dan geber2an.. saya kepikiran penerapan transmisi cvt pada mobil2 yang lebih berat drpada jazz, karena setahu saya di indonesia, transmisi cvt hanya diaplikasikan ke mobil yang notabene ukurannnya tak terlalu besar.. kita lihat saja bagaimana performa transmisi cvt pada mobil yang berbobot lebih berat drpada jazz, terutama pada line up nissan di indonesia.. seperti x-trail, murano, teana
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: ALL about ALL New Jazz

Post by nescafe »

Hansen wrote:yamaha mio aja udah CVT kok...... :ngacir:
poeticmind wrote:honda scoopy juga lho.... :ngacir:
suzuki skywave juga lho..... :ngacir:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: ALL about ALL New Jazz

Post by nugroho bagor »

halo broo,saya di arab saudi capitanio wkwk,eh tadi ada bbm dari kawan honda katannya anj face lift tgl 18 april meluncur,tolong2 selidiki,ambo di tanah sebrang,thanks best regards :e-clap: :thanks: :glodak:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: ALL about ALL New Jazz

Post by Hansen »

nescafe wrote:
aldy wrote:
sepertinya bukan berdasarkan gaya menyetir anak muda yang menyebabkan honda memutuskan untuk menggunakan transmisi matic konvensiona.. ada alasan2 tertentu mungkin
Beneran om transmisi CVT jauh lebih ringkih dibandingin transmisi matic konvensional..Sekarang coba liat mobil2 sport malah larinya ke dual clutch ga ke CVT karena CVT ini rentan kalo dihajar "mesin" terus2an secara ekstrim (terutama jazz fanboy yg doyan makein turbo ke mobilnya) dan ga bisa digeber2 terus2an di rpm tinggi (bisa sih bisa tapi lifetimenya bakalan jauh berkurang terutama sabuk bajanya)..Kalo ngliat prospeknya CVT ini cuma di dominasi mobil2 jepun,, mobil europe rata2 udah pake dual clutch (selangkah lebih maju)..IMHO loh ini om.. mungkin ada yg bisa ngasih contoh mobil europe tahun 2009 keatas yg masih pake CVT?? :e-think: :e-think:
hmm,, di luar tarikan2 dan geber2an.. saya kepikiran penerapan transmisi cvt pada mobil2 yang lebih berat drpada jazz, karena setahu saya di indonesia, transmisi cvt hanya diaplikasikan ke mobil yang notabene ukurannnya tak terlalu besar.. kita lihat saja bagaimana performa transmisi cvt pada mobil yang berbobot lebih berat drpada jazz, terutama pada line up nissan di indonesia.. seperti x-trail, murano, teana
New Alphard 2.4 kalo gak salah CVT juga kan nes? :e-think: trus Grand New Altis juga pake CVT tuh... :e-whistle:
Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: ALL about ALL New Jazz

Post by ZombiEE »

Cvt....sensasi pengendaraannya agak kurang cmiiw
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: ALL about ALL New Jazz

Post by poeticmind »

ZombiEE wrote:Cvt....sensasi pengendaraannya agak kurang cmiiw
yaaaa spt xtrail lama dan baru lah... emang beda sih.. tapi ya jenis2 ane kalo ada yg ngasih mobil AT cvt ga nolak kok, jemb... apalagi yg ngasih ente.. :cupss:
Image
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: ALL about ALL New Jazz

Post by nugroho bagor »

gank bgm ttg tgl 18 april g ada link yaaa :big_weee:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: ALL about ALL New Jazz

Post by ZombiEE »

poeticmind wrote:
ZombiEE wrote:Cvt....sensasi pengendaraannya agak kurang cmiiw
yaaaa spt xtrail lama dan baru lah... emang beda sih.. tapi ya jenis2 ane kalo ada yg ngasih mobil AT cvt ga nolak kok, jemb... apalagi yg ngasih ente.. :cupss:
‎​ªkªkªkªkª =)) ªkªkªkªkª™ sabar yah bang putik.....:D
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: ALL about ALL New Jazz

Post by aldy »

RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
avalone
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: Mon Sep 22, 2008 6:45

Re: ALL about ALL New Jazz

Post by avalone »

ZombiEE wrote:Cvt....sensasi pengendaraannya agak kurang cmiiw
gak juga om ZombiEE, dulu ane pernah bawa jazz vtec 2006 matic CVT, sensasinya asik koq, apalagi pas pake steer matic 7 speed, bikin ketagihan..... Udah pernah cobain blm om? :big_peace:
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: ALL about ALL New Jazz

Post by aldy »

wah justru itu om kalo ada sensasinya berarti CVTnya nyentak ya om..ati2deh om tanda2 tuh kalo cvtnya bermasalah..
Soalnya cvt di rpm berapapun oper giginya ga ada hentakan yg ada mobil ngacir aja tambahan..tapi rpm konstan.. :frm_tumbright:
ini animasinya http://www.nissan.co.id/id/web/nscuploa ... .swf..jadi kalo CVTnya oke ga ada hentakan mestinya..kalo adapun halus sekali hampir ga kerasa..Nah kalo menurut ane ingin merasakan sensasi "sembalap" mobil harus ada hentakannya..IMHO :big_peace: :big_peace:
Note: emang CVT ini emang brilian bgt mempertahankan rpm pada torsi maks.. :frm_tumbright: :frm_tumbright: cuma sayang "isu" ketahanan sama "sensasinya" kurang.. :e-snooty:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: ALL about ALL New Jazz

Post by Abu2 »

kalo bukan all new jazz, boleh di bahas di sini ndak ya? :e-think: :roll:
avalone
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: Mon Sep 22, 2008 6:45

Re: ALL about ALL New Jazz

Post by avalone »

kalo hentakan IMHO memang harus ada pada saat kita pake fitur 7speed mode nya (CVT Model) CMIIW karena itulah yang 'dijual'. Walaupun pake matic CVT tetep bisa ngerasain 'sensasi manual'. Sampai pada akhirnya ane lego, Alhamdulillah gak masalah gan CVT nya :big_smoking: