Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
DOHC wrote: Sun Feb 14, 2021 1:16
Mbah masas, mbah garasi 69, mbah owner toptul indonesia berkedok jualan sambel, pa gentongz, mbah dosen yg mobilnya bersih bener, mbah mobil kinclong dan smua mbah2 smua
Nubie kenek delko mo nanya donk
Ini barusan buka bersih2 rem, mmg nya normal yah kl kampas pad rem yg sisi dalem ama luar bisa beda abisnya yah ? Yg saya perhatiin yg sisi luar lebi cepet abis nya, yg sisi dalem kena tonjok kaliper masi tebel, yg luar ud lmayan tipis
Kamsia
perlu pelumasan ulang pin calipernya x Pak..,biar bisa licin sliding dia.. ,dari teori yg saya liat di mbah YT dan google..,(edit) ,habis tidak ratanya bisa juga di lihat dari bahan kampas rem dan keadaan diskbrakenya..,kalo sisi luar lebih kasar dari dalam..,kemungkinan bagian luar cepat habis..,itu menurut pandangan teori saya loh Pak.. salah tolong di koreksi..
td kl saya liat kampas nya sehh kayanya sama om utk sisi luar dan dalem, pin sliding pun jg masi bsa dcabut pake tangan
cuman kl bener2 licin ga ad peret nya samsek, nah ini saya perna curhat ama mbah masas dan mbah distributor toptul nyamar dagang sambel, kata mereka emg normal koq pin sliding stelah dipake ga licin2 amat, yg penting masi bsa dicabut pake tangan
DOHC wrote: Sun Feb 14, 2021 7:20
pas saya cek sliding pin jg td vet nya masi basah koq dan ckup tacky , pin pun masi bsa dicabut pake tangan, ga pake kebon binatang samsek
coba pad clip (pada gambar di bawah) dicek kotor atau bahkan baret ngga. pas dibongkar coba jalanin brake pad gesek2in disitu ada nahan ngga. hrs pake grease. kl itu rusak (baret2) harus diganti baru krn kuping brake pad maju mundur lancar engga nya tergantung itu juga mbah. kl cuma kotor bersihin aja sampai kinclong trus regrease. kuping brake pads nya juga regrease.
*baret krn kerikil/pasir nyempil ikut bergesekan maju mundur. jd ganti 1 set sekalian bareng ganti brake pad.
DOHC wrote: Sun Feb 14, 2021 7:20
pas saya cek sliding pin jg td vet nya masi basah koq dan ckup tacky , pin pun masi bsa dicabut pake tangan, ga pake kebon binatang samsek
coba pad clip (pada gambar di bawah) dicek kotor atau bahkan baret ngga. pas dibongkar coba jalanin brake pad gesek2in disitu ada nahan ngga. hrs pake grease. kl itu rusak (baret2) harus diganti baru krn kuping brake pad maju mundur lancar engga nya tergantung itu juga mbah. kl cuma kotor bersihin aja sampai kinclong trus regrease. kuping brake pads nya juga regrease.
*baret krn kerikil/pasir nyempil ikut bergesekan maju mundur. jd ganti 1 set sekalian bareng ganti brake pad.
kuping dan pad clip aman mbah
td ud ta bersihin trus vet ulang, bsa ngesot2 aman jaya
DOHC wrote: Sun Feb 14, 2021 1:16
Mbah masas, mbah garasi 69, mbah owner toptul indonesia berkedok jualan sambel, pa gentongz, mbah dosen yg mobilnya bersih bener, mbah mobil kinclong dan smua mbah2 smua
Nubie kenek delko mo nanya donk
Ini barusan buka bersih2 rem, mmg nya normal yah kl kampas pad rem yg sisi dalem ama luar bisa beda abisnya yah ? Yg saya perhatiin yg sisi luar lebi cepet abis nya, yg sisi dalem kena tonjok kaliper masi tebel, yg luar ud lmayan tipis
Kamsia
perlu pelumasan ulang pin calipernya x Pak..,biar bisa licin sliding dia.. ,dari teori yg saya liat di mbah YT dan google..,(edit) ,habis tidak ratanya bisa juga di lihat dari bahan kampas rem dan keadaan diskbrakenya..,kalo sisi luar lebih kasar dari dalam..,kemungkinan bagian luar cepat habis..,itu menurut pandangan teori saya loh Pak.. salah tolong di koreksi..
td kl saya liat kampas nya sehh kayanya sama om utk sisi luar dan dalem, pin sliding pun jg masi bsa dcabut pake tangan
cuman kl bener2 licin ga ad peret nya samsek, nah ini saya perna curhat ama mbah masas dan mbah distributor toptul nyamar dagang sambel, kata mereka emg normal koq pin sliding stelah dipake ga licin2 amat, yg penting masi bsa dicabut pake tangan
Piringan cakramnya luar dalam masih mulus semua yha Pak..? pen caliper ok..,piston caliper tidak kesat,minyak rem tidak masuk angin/sudah di ganti baru,cakram disck tidak baret ,karet2 tidak rusak..,klip supprot kampas rem masih ok..(100% kalo masih kenak saya setuju dengan ide Pak Omni.. ..,ini mungkin pendapat org oot ..bisa jadikan housing pin slidingnya sdh oblak..?) ,krn kalo ada baret2/dalam , itu bisa buat kampas cepat abis juga yha..? tapi kalo selisih gak banyak x kemungkinan masih ok..?(tidak semua bisa 100% sesuai dengan teori ,apalagi di pakai terus..,kecuali tuh mobil di estalase pajang depan rumah kayak di showroom )
perlu pelumasan ulang pin calipernya x Pak..,biar bisa licin sliding dia.. ,dari teori yg saya liat di mbah YT dan google..,(edit) ,habis tidak ratanya bisa juga di lihat dari bahan kampas rem dan keadaan diskbrakenya..,kalo sisi luar lebih kasar dari dalam..,kemungkinan bagian luar cepat habis..,itu menurut pandangan teori saya loh Pak.. salah tolong di koreksi..
td kl saya liat kampas nya sehh kayanya sama om utk sisi luar dan dalem, pin sliding pun jg masi bsa dcabut pake tangan
cuman kl bener2 licin ga ad peret nya samsek, nah ini saya perna curhat ama mbah masas dan mbah distributor toptul nyamar dagang sambel, kata mereka emg normal koq pin sliding stelah dipake ga licin2 amat, yg penting masi bsa dicabut pake tangan
Piringan cakramnya luar dalam masih mulus semua yha Pak..? pen caliper ok..,piston caliper tidak kesat,minyak rem tidak masuk angin/sudah di ganti baru,cakram disck tidak baret ,karet2 tidak rusak..,klip supprot kampas rem masih ok..(100% kalo masih kenak saya setuju dengan ide Pak Omni.. ..,ini mungkin pendapat org oot ..bisa jadikan housing pin slidingnya sdh oblak..?) ,krn kalo ada baret2/dalam , itu bisa buat kampas cepat abis juga yha..? tapi kalo selisih gak banyak x kemungkinan masih ok..?(tidak semua bisa 100% sesuai dengan teori ,apalagi di pakai terus..,kecuali tuh mobil di estalase pajang depan rumah kayak di showroom )
.............. ..................
mungkin mmg cacat desain dr fabrikan kl pak
makum lah, namanya jg gerobag sayur, mass production
td kl saya liat kampas nya sehh kayanya sama om utk sisi luar dan dalem, pin sliding pun jg masi bsa dcabut pake tangan
cuman kl bener2 licin ga ad peret nya samsek, nah ini saya perna curhat ama mbah masas dan mbah distributor toptul nyamar dagang sambel, kata mereka emg normal koq pin sliding stelah dipake ga licin2 amat, yg penting masi bsa dicabut pake tangan
Piringan cakramnya luar dalam masih mulus semua yha Pak..? pen caliper ok..,piston caliper tidak kesat,minyak rem tidak masuk angin/sudah di ganti baru,cakram disck tidak baret ,karet2 tidak rusak..,klip supprot kampas rem masih ok..(100% kalo masih kenak saya setuju dengan ide Pak Omni.. ..,ini mungkin pendapat org oot ..bisa jadikan housing pin slidingnya sdh oblak..?) ,krn kalo ada baret2/dalam , itu bisa buat kampas cepat abis juga yha..? tapi kalo selisih gak banyak x kemungkinan masih ok..?(tidak semua bisa 100% sesuai dengan teori ,apalagi di pakai terus..,kecuali tuh mobil di estalase pajang depan rumah kayak di showroom )
.............. ..................
mungkin mmg cacat desain dr fabrikan kl pak
makum lah, namanya jg gerobag sayur, mass production
bisa jadi pak..,karena ipah saya ini thn 2005 ,doeloe pernah terjadi pergantian gratis bagian gardan belakang..( masuk daftar sesuai no seri mesin dan tahun)..,alasan pergantian dikarenakan parts di gardan bagian belakang apabila terjadi beban bisa mengakibatkan patah ( ccd produksi parts) terus sama beres di ganti 1 set ama mereka gardan belakang ..,gak liat bagian mana yg di ganti katanya 1 set.. ..
yanuarra wrote: Sun Feb 14, 2021 9:01
nyimak suhu2 aj deh.. nubi ilmunya belom nyampe
saya mah masih belajar PAk.. ...,ibarat padi umur saya masih 2 minggu.. ..,Pak Yanuarra..,ada sell brand toptul juga..? ayo pajang di toped..,banyak yg mau discounnya...
Piringan cakramnya luar dalam masih mulus semua yha Pak..? pen caliper ok..,piston caliper tidak kesat,minyak rem tidak masuk angin/sudah di ganti baru,cakram disck tidak baret ,karet2 tidak rusak..,klip supprot kampas rem masih ok..(100% kalo masih kenak saya setuju dengan ide Pak Omni.. ..,ini mungkin pendapat org oot ..bisa jadikan housing pin slidingnya sdh oblak..?) ,krn kalo ada baret2/dalam , itu bisa buat kampas cepat abis juga yha..? tapi kalo selisih gak banyak x kemungkinan masih ok..?(tidak semua bisa 100% sesuai dengan teori ,apalagi di pakai terus..,kecuali tuh mobil di estalase pajang depan rumah kayak di showroom )
.............. ..................
mungkin mmg cacat desain dr fabrikan kl pak
makum lah, namanya jg gerobag sayur, mass production
bisa jadi pak..,karena ipah saya ini thn 2005 ,doeloe pernah terjadi pergantian gratis bagian gardan belakang..( masuk daftar sesuai no seri mesin dan tahun)..,alasan pergantian dikarenakan parts di gardan bagian belakang apabila terjadi beban bisa mengakibatkan patah ( ccd produksi parts) terus sama beres di ganti 1 set ama mereka gardan belakang ..,gak liat bagian mana yg di ganti katanya 1 set.. ..
Ahh dl inofa lama saya juga pak
Padahal rakitan 2006, tp waktu ke beres dikasi tau ad penggantian gardan, bedanya sehh yg diganti anteng bener, ga ad bunyi dengung
Saya malah ud sering naek inofa lama milik orang laen yg gardan nya dengung
gentongxz wrote: Sun Feb 14, 2021 8:13
Piringan cakramnya luar dalam masih mulus semua yha Pak..? pen caliper ok..,piston caliper tidak kesat,minyak rem tidak masuk angin/sudah di ganti baru,cakram disck tidak baret ,karet2 tidak rusak..,klip supprot kampas rem masih ok..(100% kalo masih kenak saya setuju dengan ide Pak Omni.. ..,ini mungkin pendapat org oot ..bisa jadikan housing pin slidingnya sdh oblak..?) ,krn kalo ada baret2/dalam , itu bisa buat kampas cepat abis juga yha..? tapi kalo selisih gak banyak x kemungkinan masih ok..?(tidak semua bisa 100% sesuai dengan teori ,apalagi di pakai terus..,kecuali tuh mobil di estalase pajang depan rumah kayak di showroom )
.............. ..................
setuju pak gentong ....
tp ada satu lagi yg msh tanda tanya. itu slide pins kan ada 2 atas bawah. ngencenginnya msh pake perasaan itu si mbah dohc, ga pake TW. apakah ngaruh sy ga tau, rasanya sih ngaruh ya. kl kencengnya sama kan tekanannya balance.
Padahal rakitan 2006, tp waktu ke beres dikasi tau ad penggantian gardan, bedanya sehh yg diganti anteng bener, ga ad bunyi dengung
Saya malah ud sering naek inofa lama milik orang laen yg gardan nya dengung
dulu yg di campaign bukan krn dengung mbah. kl dengung kan masalah crown gear vs pinion gear. tp dulu yg masalah drive shaft nya (As) yg ada notch baret jd bisa ada stress concentration disitu menyebabkan fracture n akhirnya patah. kl patah as di system rigid axle rodanya bisa lepas.
makum lah, namanya jg gerobag sayur, mass production
bisa jadi pak..,karena ipah saya ini thn 2005 ,doeloe pernah terjadi pergantian gratis bagian gardan belakang..( masuk daftar sesuai no seri mesin dan tahun)..,alasan pergantian dikarenakan parts di gardan bagian belakang apabila terjadi beban bisa mengakibatkan patah ( ccd produksi parts) terus sama beres di ganti 1 set ama mereka gardan belakang ..,gak liat bagian mana yg di ganti katanya 1 set.. ..
Ahh dl inofa lama saya juga pak
Padahal rakitan 2006, tp waktu ke beres dikasi tau ad penggantian gardan, bedanya sehh yg diganti anteng bener, ga ad bunyi dengung
Saya malah ud sering naek inofa lama milik orang laen yg gardan nya dengung
mungkin di masa itu ipahnya masih dalam tahap perkembangan x yha..? saya punya juga gak dengung waktu itu.. di suruh ganti juga...,mungkin cacat di as roda gearnya..? pas pergantian itu.., waktu ipah sdh jam terbang jauh juga keluar kota di lintas timur doeloe yg jalannya macam offroad.. ..,bayangin aja saudara dari jakarta bawak mobil ..,masuk lubang di lintas timur ..,sangkut..,ampe patah thu belakangnya.. (supirnya blm tau jalur jalannya)
Padahal rakitan 2006, tp waktu ke beres dikasi tau ad penggantian gardan, bedanya sehh yg diganti anteng bener, ga ad bunyi dengung
Saya malah ud sering naek inofa lama milik orang laen yg gardan nya dengung
dulu yg di campaign bukan krn dengung mbah. kl dengung kan masalah crown gear vs pinion gear. tp dulu yg masalah drive shaft nya (As) yg ada notch baret jd bisa ada stress concentration disitu menyebabkan fracture n akhirnya patah. kl patah as di system rigid axle rodanya bisa lepas.
ipah ane jg kena diganti dulu.
Ohh ta kira gear nya beda
Maklum, jaman itu saya masi belom masup perguruan tinggi asemregez
gentongxz wrote: Sun Feb 14, 2021 8:13
Piringan cakramnya luar dalam masih mulus semua yha Pak..? pen caliper ok..,piston caliper tidak kesat,minyak rem tidak masuk angin/sudah di ganti baru,cakram disck tidak baret ,karet2 tidak rusak..,klip supprot kampas rem masih ok..(100% kalo masih kenak saya setuju dengan ide Pak Omni.. ..,ini mungkin pendapat org oot ..bisa jadikan housing pin slidingnya sdh oblak..?) ,krn kalo ada baret2/dalam , itu bisa buat kampas cepat abis juga yha..? tapi kalo selisih gak banyak x kemungkinan masih ok..?(tidak semua bisa 100% sesuai dengan teori ,apalagi di pakai terus..,kecuali tuh mobil di estalase pajang depan rumah kayak di showroom )
.............. ..................
setuju pak gentong ....
tp ada satu lagi yg msh tanda tanya. itu slide pins kan ada 2 atas bawah. ngencenginnya msh pake perasaan itu si mbah dohc, ga pake TW. apakah ngaruh sy ga tau, rasanya sih ngaruh ya. kl kencengnya sama kan tekanannya balance.
gentongxz wrote: Sun Feb 14, 2021 8:13
Piringan cakramnya luar dalam masih mulus semua yha Pak..? pen caliper ok..,piston caliper tidak kesat,minyak rem tidak masuk angin/sudah di ganti baru,cakram disck tidak baret ,karet2 tidak rusak..,klip supprot kampas rem masih ok..(100% kalo masih kenak saya setuju dengan ide Pak Omni.. ..,ini mungkin pendapat org oot ..bisa jadikan housing pin slidingnya sdh oblak..?) ,krn kalo ada baret2/dalam , itu bisa buat kampas cepat abis juga yha..? tapi kalo selisih gak banyak x kemungkinan masih ok..?(tidak semua bisa 100% sesuai dengan teori ,apalagi di pakai terus..,kecuali tuh mobil di estalase pajang depan rumah kayak di showroom )
.............. ..................
setuju pak gentong ....
tp ada satu lagi yg msh tanda tanya. itu slide pins kan ada 2 atas bawah. ngencenginnya msh pake perasaan itu si mbah dohc, ga pake TW. apakah ngaruh sy ga tau, rasanya sih ngaruh ya. kl kencengnya sama kan tekanannya balance.
Masak dah beli TW gak di pakai sama Pak DOHC.. .., kalo orang yang sudah biasa kadang tangan bisa merasakan +- mendekati..,yha macam Pak marmut yang sering bongkar pasang..
gentongxz wrote: Sun Feb 14, 2021 10:02
Masak dah beli TW gak di pakai sama Pak DOHC.. .., kalo orang yang sudah biasa kadang tangan bisa merasakan +- mendekati..,yha macam Pak marmut yang sering bongkar pasang..
sering bongpas? betul.
bisa merasakan? tergantung pak...
kalau merasakan baut mau patah atau drat menjelang dol, iya.
tapi kalau tingkat kekencangan, indra perasa saya nggak bener samasekali. dan makin kesini, makin saya bergantung dengan torq wrench.
contoh soal masalah kabel rem kereta angin saya, sudah lebih dari 1 tahun ternyata under torq cukup jauh yang semestinya 7 n.m.
20210214_190128.jpg
masih untung selama ini nggak ada masalah. jelas kalau kurang kenceng dan hard braking, bisa lepas itu kabel.
kalau kendaraan bermotor bisa engine brake atau matikan mesin untuk menghentikan kendaraan. lha ini sepeda...... nyari got?
pun untuk ngencengin benda ini di sepatu, awal saya hanya pakai allen key + perasaan saja ngencenginnya.
20210214_190108.jpg
butuh 5~6 n.m menurut keterangan resminya. setelah pakai torq wrench, cukup jauh juga kekurangannya. mungkin hanya sekitar 3 n.m saat menggunakan tangan.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC wrote: Sun Feb 14, 2021 9:54
BENER JUGA !!!!!
Make sense sehh, coba ahh
coba tolong kasih liat lah torq wrench-nya saat lagi beraksi ngencengin baut kaliper. atau mau diiket di pohon trus kakinya dikelitikin pake bulu ayam?
gentongxz wrote: Sun Feb 14, 2021 10:02
Masak dah beli TW gak di pakai sama Pak DOHC.. .., kalo orang yang sudah biasa kadang tangan bisa merasakan +- mendekati..,yha macam Pak marmut yang sering bongkar pasang..
sering bongpas? betul.
bisa merasakan? tergantung pak...
kalau merasakan baut mau patah atau drat menjelang dol, iya.
tapi kalau tingkat kekencangan, indra perasa saya nggak bener samasekali. dan makin kesini, makin saya bergantung dengan torq wrench.
contoh soal masalah kabel rem kereta angin saya, sudah lebih dari 1 tahun ternyata under torq cukup jauh yang semestinya 7 n.m.
20210214_190128.jpg
masih untung selama ini nggak ada masalah. jelas kalau kurang kenceng dan hard braking, bisa lepas itu kabel.
kalau kendaraan bermotor bisa engine brake atau matikan mesin untuk menghentikan kendaraan. lha ini sepeda...... nyari got?
pun untuk ngencengin benda ini di sepatu, awal saya hanya pakai allen key + perasaan saja ngencenginnya.
20210214_190108.jpg
butuh 5~6 n.m menurut keterangan resminya. setelah pakai torq wrench, cukup jauh juga kekurangannya. mungkin hanya sekitar 3 n.m saat menggunakan tangan.
mantap sepedanya pak..,TW aja akurasi +-2 sampai +- 4..,yha dah bagus itu mendekati pak.. ..,saya dulu ngencengin baut L block (baut baja hitam) chainsaw pakai kunci L pun pakai perasaan..,setelah kunci mentok naikan 1/4 putaran..,itu kalo sudah di pakai hidup mesinnya buka bautnya ada bunyi Tek*..,tah sesuai atau tidak yang penting tidak bocor kompresi..
DOHC wrote: Mon Feb 15, 2021 1:56
Nahh ini artinya tralu bergantung ama alat mbah
Indera perasa nya musti lebi dilatih lg
sudah lewat masanya merasakan kekencangan mut dan baut. itu masa lalu 90an.
sekarang pilih yang lebih mudah saja. cepet selesai = cepet ngaso sambil ngunyah roti sumbu dan nyeruput kopi tubruk serta menikmati tembakau jember.
dan yang pasti, akurat.