Serba Serbi Ban Part 3

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by indeskey »

marmut wrote:
Awan5588 wrote: Fri Oct 30, 2020 8:05


Owhhh inreyen bang,,kaya mobil baru pas <1000km

Saya langsung gas ajah bang,pake bawa penumpang jg 3 org,,ini udh jalan 250km an,,harusnya udh masuk inreyen ya

Pas pake di jalan basah,agak ngeri sih,mungkin karna ga inreyen,grip nya jadi kurang gigit ya

beberapa tahun lalu saya baca di artikel, butuh 600 KM buat membuang lapisannya.
dan menurut artikel ini, beberapa ratus mil di jalan kering.... entah berapa tepatnya.

https://www.continentaltire.com/news/pa ... broken-too
Mantabs infonya mbah suhu. Kayak mobil f1 atau motogp yak zig zag pas warm up lap.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by DOHC »

marmut wrote: Fri Oct 30, 2020 8:43
Awan5588 wrote: Fri Oct 30, 2020 8:05


Owhhh inreyen bang,,kaya mobil baru pas <1000km

Saya langsung gas ajah bang,pake bawa penumpang jg 3 org,,ini udh jalan 250km an,,harusnya udh masuk inreyen ya

Pas pake di jalan basah,agak ngeri sih,mungkin karna ga inreyen,grip nya jadi kurang gigit ya

beberapa tahun lalu saya baca di artikel, butuh 600 KM buat membuang lapisannya.
dan menurut artikel ini, beberapa ratus mil di jalan kering.... entah berapa tepatnya.

https://www.continentaltire.com/news/pa ... broken-too
600 km mah kelamaan mbah, lebaran kuda ud keburu jadi kebo ntar

burn out 15 menit ckup kl yah mbah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Fri Oct 30, 2020 12:21
marmut wrote: Fri Oct 30, 2020 8:43
beberapa tahun lalu saya baca di artikel, butuh 600 KM buat membuang lapisannya.
dan menurut artikel ini, beberapa ratus mil di jalan kering.... entah berapa tepatnya.

https://www.continentaltire.com/news/pa ... broken-too
600 km mah kelamaan mbah, lebaran kuda ud keburu jadi kebo ntar

burn out 15 menit ckup kl yah mbah
ya itu mbah tadi ane udah bilang "The Marmut Way"

- driving axle di dongkrak
- start engine
- masukkan gigi
- gas sampai speedo menunjukan 60 kph
- tempelkan amplas grit 500 (atau lebih kecil) di ban yg sedang berputar bebas selama 15 menit (wajib pakai sarung tangan yg hitam. sekali lagi ... yg hitam, spy kl kotor ga keliatan)
- rotasi ban depan ke belakang dan sebaliknya lalu lakukan hal yg sama dgn ban yg belum diamplas.
- pengecualian bagi mobil AWD/4WD bisa dilakukan secara bersamaan utk keempat rodanya sehingga mempersingkat waktu.










:big_weee:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by marmut »

wah rusak kabeh iki. suwi-suwi dibedil karo pak bos tomcat.......






:ngacir:
User avatar
chaprizone
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: Mon Feb 15, 2016 2:18
Location: Jawa Timur - Nusa Tenggara Timur

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by chaprizone »

afihashfi wrote: Wed Oct 28, 2020 4:16 Mau cerita sedikit..

Saat itu sedang nyetir kondisi setelah hujan. Perjalanan di jalan tol beton jombang-kertosono. Mobil Fortuner dengan ban BS dueler (ban OEM). Memang sih jalanan lagi basah tetapi kondisi jalan lengang dan beton lebih abrasif daripada aspal, saya pikir ngebut nggak bakalan slip [emoji16]. Kecepatan dah menyentuh 100 kpj bolak balik melibas genangan kecil kira2 < 1 cm. Di depan ada mobil pelan, sudah waktunya saya pindah ke jalur cepat kanan. Setir sudah dibelokkan, nah lo! Mobil masih melaju lurus [emoji85]. Wah pasti gejala aqua planning!! Tetapi harus tenang, lagian di sisi kiri ada bapak saya. Setir tetap belok.
3 detik kemudian...srettt!!! Mobil dapat grip. Mulai belok mendadak ke kanan. Se mobil terguncang kayak kapal kena ombak. Mulai deh diomel bapak karena ngebut, disuruh pelanin [emoji24][emoji28][emoji28]

Jd yang saya ingin tanyakan adalah Apakah memang ban SUV tidak dirancang untuk anti aqua planning?

Pesan saya ke anggota SM ini adalah jalan beton dan jalan aspal kalau basah sama bahayanya hehehe [emoji28][emoji16]
saya pernah waktu ngejar pesawat ke juanda lg ujan deres bgt, jalan sekitar 120kmh roda berasa goyang2 kiri kanan, langsung turunin gas lanjut jalan sekitar 80kmh, tp keknya bukan cm di mobil saya, soalnya beberapa mobil yg tadinya ngebut jd pada mulai pelan2, pake ban oem mobil dunlop grantrek :big_biglaugh: penasaran sih klo pake ban yg wet performancenya bagus bakal seberapa ngegrip. di tol kertosono-surabaya sering kasus aqua planning, klo saya perhatiin waktu ujan deres, itu beton kayak dialirin air sih, mungkin drainase yg kurang bagus saya gk paham
Last edited by chaprizone on Fri Oct 30, 2020 15:37, edited 1 time in total.
:big_okay:
User avatar
chaprizone
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: Mon Feb 15, 2016 2:18
Location: Jawa Timur - Nusa Tenggara Timur

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by chaprizone »

DOHC wrote: Wed Oct 28, 2020 15:26
erwinign wrote: Wed Oct 28, 2020 7:45
DOHC wrote: Wed Oct 28, 2020 7:34

Pengalaman saya, kl mobil2 kecil ber ABS, kaya ga perna aktip mbah.. mungkin krn bobot kecil atau apa gt, jd nya jarang selip

Laen crita kl sekelas inofa atau lebi berat.. itu abs pasti sering aktip, apalagi kl lg rute tol padalarang ujan2 an.. tiap nginjek rem drrdddt drrrdddtttt mulu pedalnya
Saya kejadian 2x di crv k24 om, yg udah ada vsa. Lg di turunan mayan kenceng tau2 ada embak2 bawa motor nyelonong, saya lsg banting setir ke kanan, untung jalur lawan lg kosong. Gerak body kekoreksi sempurna banget gr2 vsa sama mgkn absnya jg kerja.

Habis itu sy bbrp bulan lalu di turunan yg beda, turunan yg kali ini model di ujung yg ada bangjo arah ke kanan dan lurus jalan terus. Saya rutenya lurus, lg turun mayan kenceng tau2 ada avanza yg brenti di bangjo ke kanan itu mau pindah rute yg lurus kaya saya. ANKI depan saya dg arah sama kaget ngerem dadakan, saya yg jaraknya cukup dekat dg ANKI itu lsg injek rem sedalem2nya. Pas panic braking itu saya kerasa kaya ban depan kanan saya ampe bunyi "grokkkkkkk" kenceng banget tapi di pedal ga kerasa geter2 kaya sistem ABS itu. Jatuhnya wkt brenti cm nyundul bemper belakang ANKI dikit, itupun bagian yg cium bemper belakang cuma tatakan plat nomer di crv saya. Jd penasaran geter2 pedal di mobil ber abs itu gimana hahahaha
ohh ya ya, sama ama yg saya alamin di hrv, perna di parkiran taman anggrek, krn lg sepi dan abis ujan,iseng mo ngetes abs, di slammm the pedal, malah groooookkk

kayanya di honda abs nya kl aktif bukan nya drdddtt drrddt geter2 gt di pedal nya.. tp grooookkk kaya rem seakan mau rontok dr rumah nya
di strada jg kek gitu om, bunyi groook, pedal krasa geter dikit bgt (ban dueler a/t)
:big_okay:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Omnibus »

kl bunyi groookk gitu sptnya sih fungsi BA (brake assist) nya yg bekerja, artinya dia membantu menekan krn pijakan pedal kita belum sampai titik membuat ban skidding. cmiiw.

kl ABS nya bekerja pasti pulsating krn on off menekan piston rem spy ga skidding krn sdh over pressure. n pasti berasa di pedal ketika pulsating.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4359
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by kunaskun »

Omnibus wrote: Fri Oct 30, 2020 17:07 kl bunyi groookk gitu sptnya sih fungsi BA (brake assist) nya yg bekerja, artinya dia membantu menekan krn pijakan pedal kita belum sampai titik membuat ban skidding. cmiiw.

kl ABS nya bekerja pasti pulsating krn on off menekan piston rem spy ga skidding krn sdh over pressure. n pasti berasa di pedal ketika pulsating.
kayanya itu ABS d bang... ABS kan kerjanya geter2 karena memang pulsating tapi ngebut banget, puluhan kali per detik. di pedal si geter2, di steer juga.

kalau BA, gampang, bejek gas pol masuk cruising speed, terus langsung lepas gas langsung injek rem, tar berasa baru injek pedal rem sekian eh kok enteng karena udah dibantuin jin modul ABS buat rem pol dan seisi mobil jungkir balik duluan :big_slap:
Awan5588
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Fri Jun 22, 2018 2:40
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Jazz gk5

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Awan5588 »

Update pemakaian LM705 d gk5 2017 setelah 4 hari (+/- 600km),rute jakarta bogor,tangerang,bekasi, depok (keliling” masih seputaran jabodetabek)
+ setelah pemakaian 400-500 km ( di jalan basah udh mulai pas grip nya)
+ efek meredam noise nya meningkat dikitttttt
+ ban tetep nyaman seperti biasa dari pemakaian baru
+ terkait issue mobil ga lurus setelah ganti ban(info di page belakang),tidak terjadi pada mobil saya,,atau mungkin karna ganti 4 ban sekaligus ya? Ban hanyaa di balancing,mobil ga di spooring karna sebelumnya udh lurus,dan pas ganti ban masih tetep lurus.,so far puas bgt sama ban ini
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by josomba »

Awan5588 wrote: Sun Nov 01, 2020 0:33 Update pemakaian LM705 d gk5 2017 setelah 4 hari (+/- 600km),rute jakarta bogor,tangerang,bekasi, depok (keliling” masih seputaran jabodetabek)
+ setelah pemakaian 400-500 km ( di jalan basah udh mulai pas grip nya)
+ efek meredam noise nya meningkat dikitttttt
+ ban tetep nyaman seperti biasa dari pemakaian baru
+ terkait issue mobil ga lurus setelah ganti ban(info di page belakang),tidak terjadi pada mobil saya,,atau mungkin karna ganti 4 ban sekaligus ya? Ban hanyaa di balancing,mobil ga di spooring karna sebelumnya udh lurus,dan pas ganti ban masih tetep lurus.,so far puas bgt sama ban ini
Ntaps ...

Bisa jadi om karena ganti lgsg 4-4nya. Berarti ni ban sama kek Toyo Teo Plus jaman jebot. Kalau ga ganti semuanya, bakalan miring2 dah :ungg:
Image
donrichard
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Sat Aug 08, 2020 16:07
Location: Jakarta

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by donrichard »

Sedikit berbagi review untuk ban mobil perang ANGL L11 saya, jadi 2 bulan lalu ban depan bawaan SP300 sudah mulai bocel bahkan kemakan (efek ga pernah spooring) akhirnya mulai cari2 dan dapatlah antara T005A atau LM705 yg banyak jd pertimbangan suhu2 disini. Alhasil pilihan saya ngga jatuh ke keduanya, tapi ke Michelin PS3(mgkn bs jd referensi ban untuk yg hobi nyetir jg :big_grin: ) produksi 2018 195/55/15. Saya beli 4 ban di toko ijo dan bawa ke toko ban buat balancing biasa sekalian spooring dan sampe sekarang ga berasa miring2 sih. Soal biaya total kalo diitung2 lebih mahal dari LM705 tp lebih murah dari T005A. First impression, ngeliat bannya kok jd lebih pas ya untuk ukuran r15 gini. Feeling gasnya jg agak beda berasa kaya ban semi slick yg enteng di panas(siang) tp agak berat di dingin(malem/ujan), tapi akhir2 ini udah ga berasa entah karna udah kebiasa ato karna inreyen :big_think:

Sekarang pemakaian udah sekitar 2 bulan (+/-1500 km). Perbedaan yg terasa dibanding ban bawaan sih ini:
+ quite untuk sebuah UHP tyre(mungkin karna summer)
+ sedikit lebih stiff
+ road feedback lebih terasa
+ grip sangat berasa sekali terutama ketika cornering
dan pernah coba lari high speed waktu itu kaya ada suara karet yg saya jg bingung jelasinnya gimana entah karna ban baru ato jenis UHP

Soal cepet abis atau tidaknya, mungkin suatu hari nanti akan saya update lagi kalo udah 20k km :big_smile]
Last edited by donrichard on Sun Nov 01, 2020 3:33, edited 1 time in total.
maydhi09
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Mon Jan 25, 2016 2:11

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by maydhi09 »

donrichard wrote: Sun Nov 01, 2020 3:18 Sedikit berbagi review untuk ban mobil perang ANGL L11 saya, jadi 2 bulan lalu ban depan bawaan SP300 sudah mulai bocel bahkan kemakan (efek ga pernah spooring) akhirnya mulai cari2 dan dapatlah antara T005A atau LM705 yg banyak jd pertimbangan suhu2 disini. Alhasil pilihan saya ngga jatuh ke keduanya, tapi ke Michelin PS3(mgkn bs jd referensi ban untuk yg hobi nyetir jg :big_grin: ) produksi 2018 195/55/15. Saya beli 4 ban di toko ijo dan bawa ke toko ban buat balancing biasa sekalian spooring dan sampe sekarang ga berasa miring2 sih. Soal biaya total kalo diitung2 lebih mahal dari LM705 tp lebih murah dari T005A. First impression, ngeliat bannya kok jd lebih pas ya untuk ukuran r15 gini. Feeling gasnya jg agak beda berasa kaya ban semi slick yg enteng di panas(siang) tp agak berat di dingin(malem/ujan), tapi akhir2 ini udah ga berasa entah karna udah kebiasa ato karna inreyen :big_think:

Sekarang pemakaian udah sekitar 2 bulan (+/-1500 km). Perbedaan yg terasa dibanding ban bawaan sih ini:
+ quite untuk sebuah UHP tyre(mungkin karna summer)
+ sedikit lebih stiff
+ road feedback lebih terasa
+ grip sangat berasa sekali terutama ketika cornering
dan pernah coba lari high speed waktu itu kaya ada suara karet yg saya jg bingung jelasinnya gimana entah karna ban baru ato jenis UHP

Soal cepet abis atau tidaknya, mungkin suatu hari nanti akan saya update lagi kalo udah 20k km :big_smile]
Mirip om untuk suara, lagi coba gtx pro, klo di GT Radial sih kelas UHP, dan ga sebanding PS3 hehe, perbedaan sebelumnya dari michellin xm2, itu suara karet atau ban itu bunyi ngungg ngusshh atau plepek2 haha, impresi grip lebih lengket, lebih berisik dari xm2 sama entah koq lebih enteng ya bobot nya, sempet bandingin angkat tangan michellin xm2 lebih berat 1-2kg/ban nya, khawatir ga kuat hajar lubang
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Omnibus »

Awan5588 wrote: Sun Nov 01, 2020 0:33 Update pemakaian LM705 d gk5 2017 setelah 4 hari (+/- 600km),rute jakarta bogor,tangerang,bekasi, depok (keliling” masih seputaran jabodetabek)
+ setelah pemakaian 400-500 km ( di jalan basah udh mulai pas grip nya)
+ efek meredam noise nya meningkat dikitttttt
+ ban tetep nyaman seperti biasa dari pemakaian baru
+ terkait issue mobil ga lurus setelah ganti ban(info di page belakang),tidak terjadi pada mobil saya,,atau mungkin karna ganti 4 ban sekaligus ya? Ban hanyaa di balancing,mobil ga di spooring karna sebelumnya udh lurus,dan pas ganti ban masih tetep lurus.,so far puas bgt sama ban ini
mantafftt ....

posting fotonya dong om, tongkrongannya gimana di GK5 pakai LM705
Awan5588
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Fri Jun 22, 2018 2:40
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Jazz gk5

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Awan5588 »

Omnibus wrote: Sun Nov 01, 2020 5:40
Awan5588 wrote: Sun Nov 01, 2020 0:33 Update pemakaian LM705 d gk5 2017 setelah 4 hari (+/- 600km),rute jakarta bogor,tangerang,bekasi, depok (keliling” masih seputaran jabodetabek)
+ setelah pemakaian 400-500 km ( di jalan basah udh mulai pas grip nya)
+ efek meredam noise nya meningkat dikitttttt
+ ban tetep nyaman seperti biasa dari pemakaian baru
+ terkait issue mobil ga lurus setelah ganti ban(info di page belakang),tidak terjadi pada mobil saya,,atau mungkin karna ganti 4 ban sekaligus ya? Ban hanyaa di balancing,mobil ga di spooring karna sebelumnya udh lurus,dan pas ganti ban masih tetep lurus.,so far puas bgt sama ban ini
mantafftt ....

posting fotonya dong om, tongkrongannya gimana di GK5 pakai LM705
Ini om,,masih mau dipake jalan jalan lagi jd belum dicuci

Btw kemaren saya isi 33 psi di kedua ban pake nitrogen (pas di bengkel) kok sekilas kaya agak kempes ya

https://ibb.co/2SS0HJk
https://ibb.co/NVRr89J
Last edited by Awan5588 on Sun Nov 01, 2020 6:00, edited 1 time in total.
Awan5588
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Fri Jun 22, 2018 2:40
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Jazz gk5

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Awan5588 »

josomba wrote: Sun Nov 01, 2020 2:11
Awan5588 wrote: Sun Nov 01, 2020 0:33 Update pemakaian LM705 d gk5 2017 setelah 4 hari (+/- 600km),rute jakarta bogor,tangerang,bekasi, depok (keliling” masih seputaran jabodetabek)
+ setelah pemakaian 400-500 km ( di jalan basah udh mulai pas grip nya)
+ efek meredam noise nya meningkat dikitttttt
+ ban tetep nyaman seperti biasa dari pemakaian baru
+ terkait issue mobil ga lurus setelah ganti ban(info di page belakang),tidak terjadi pada mobil saya,,atau mungkin karna ganti 4 ban sekaligus ya? Ban hanyaa di balancing,mobil ga di spooring karna sebelumnya udh lurus,dan pas ganti ban masih tetep lurus.,so far puas bgt sama ban ini
Ntaps ...

Bisa jadi om karena ganti lgsg 4-4nya. Berarti ni ban sama kek Toyo Teo Plus jaman jebot. Kalau ga ganti semuanya, bakalan miring2 dah :ungg:
Btw kl miring miring gt trz ga di spooring,bakal bikin ban cepet abis kah?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Omnibus »

Awan5588 wrote: Sun Nov 01, 2020 5:59
Omnibus wrote: Sun Nov 01, 2020 5:40
Awan5588 wrote: Sun Nov 01, 2020 0:33 Update pemakaian LM705 d gk5 2017 setelah 4 hari (+/- 600km),rute jakarta bogor,tangerang,bekasi, depok (keliling” masih seputaran jabodetabek)
+ setelah pemakaian 400-500 km ( di jalan basah udh mulai pas grip nya)
+ efek meredam noise nya meningkat dikitttttt
+ ban tetep nyaman seperti biasa dari pemakaian baru
+ terkait issue mobil ga lurus setelah ganti ban(info di page belakang),tidak terjadi pada mobil saya,,atau mungkin karna ganti 4 ban sekaligus ya? Ban hanyaa di balancing,mobil ga di spooring karna sebelumnya udh lurus,dan pas ganti ban masih tetep lurus.,so far puas bgt sama ban ini
mantafftt ....

posting fotonya dong om, tongkrongannya gimana di GK5 pakai LM705
Ini om,,masih mau dipake jalan jalan lagi jd belum dicuci

Btw kemaren saya isi 33 psi di kedua ban pake nitrogen (pas di bengkel) kok sekilas kaya agak kempes ya

https://ibb.co/2SS0HJk
https://ibb.co/NVRr89J
wih liat juga LM705 yg femes itu di njess ....

iya om emang kelihatan agak kempes apalagi yg depan. sy pakai primacy 4 195/55/r16 tekanan 33 psi jg sama agak kempes.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sun Nov 01, 2020 10:01
Awan5588 wrote: Sun Nov 01, 2020 5:59
Omnibus wrote: Sun Nov 01, 2020 5:40

mantafftt ....

posting fotonya dong om, tongkrongannya gimana di GK5 pakai LM705
Ini om,,masih mau dipake jalan jalan lagi jd belum dicuci

Btw kemaren saya isi 33 psi di kedua ban pake nitrogen (pas di bengkel) kok sekilas kaya agak kempes ya

https://ibb.co/2SS0HJk
https://ibb.co/NVRr89J
wih liat juga LM705 yg femes itu di njess ....

iya om emang kelihatan agak kempes apalagi yg depan. sy pakai primacy 4 195/55/r16 tekanan 33 psi jg sama agak kempes.
Mbah kl gt musti liat inofa ribon pake ban ekopeyang

Angin 30 aj djamin sidewall ud nyentuh tanah

Itu baru the real definition of ban letoy
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Sun Nov 01, 2020 10:04
Omnibus wrote: Sun Nov 01, 2020 10:01
Awan5588 wrote: Sun Nov 01, 2020 5:59

Ini om,,masih mau dipake jalan jalan lagi jd belum dicuci

Btw kemaren saya isi 33 psi di kedua ban pake nitrogen (pas di bengkel) kok sekilas kaya agak kempes ya

https://ibb.co/2SS0HJk
https://ibb.co/NVRr89J
wih liat juga LM705 yg femes itu di njess ....

iya om emang kelihatan agak kempes apalagi yg depan. sy pakai primacy 4 195/55/r16 tekanan 33 psi jg sama agak kempes.
Mbah kl gt musti liat inofa ribon pake ban ekopeyang

Angin 30 aj djamin sidewall ud nyentuh tanah

Itu baru the real definition of ban letoy
tanya ramuan mbah marmut tuh yg diolesin pake minyak tanah .... konon nanti bannya bisa berdiri kuat lagi mbah :upss:
User avatar
riizv89
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Wed Apr 12, 2017 5:52
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Tokinov

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by riizv89 »


Omnibus wrote:
Awan5588 wrote: Sun Nov 01, 2020 5:59
Omnibus wrote: Sun Nov 01, 2020 5:40 mantafftt ....

posting fotonya dong om, tongkrongannya gimana di GK5 pakai LM705
Ini om,,masih mau dipake jalan jalan lagi jd belum dicuci

Btw kemaren saya isi 33 psi di kedua ban pake nitrogen (pas di bengkel) kok sekilas kaya agak kempes ya

https://ibb.co/2SS0HJk
https://ibb.co/NVRr89J
wih liat juga LM705 yg femes itu di njess ....

iya om emang kelihatan agak kempes apalagi yg depan. sy pakai primacy 4 195/55/r16 tekanan 33 psi jg sama agak kempes.
klo di njezz ge8 2014, pakai LM 704 rear kelihatan padat dengan tekanan yang sama di 32 psi, namun ban front barusan beli bridgestone techno sports agak kempes juga. Apa mungkin sidewall lembek? All 185/55/R16.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Omnibus »

riizv89 wrote: Sun Nov 01, 2020 11:20
Omnibus wrote:
Awan5588 wrote: Sun Nov 01, 2020 5:59

Ini om,,masih mau dipake jalan jalan lagi jd belum dicuci

Btw kemaren saya isi 33 psi di kedua ban pake nitrogen (pas di bengkel) kok sekilas kaya agak kempes ya

https://ibb.co/2SS0HJk
https://ibb.co/NVRr89J
wih liat juga LM705 yg femes itu di njess ....

iya om emang kelihatan agak kempes apalagi yg depan. sy pakai primacy 4 195/55/r16 tekanan 33 psi jg sama agak kempes.
klo di njezz ge8 2014, pakai LM 704 rear kelihatan padat dengan tekanan yang sama di 32 psi, namun ban front barusan beli bridgestone techno sports agak kempes juga. Apa mungkin sidewall lembek? All 185/55/R16.
berat di depan om mobilnya. udah ada mesin n transmisi, tanki bensin pun di tengah. belom aki, meskipun piyik tp kan ada mass nya jg. ban belakang malah ga nahan apa2 yg berat.

begitu dinaikin driver n front passenger tambah lagi beratnya di depan. kasian juga sih sm kaki2 depan.
htk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Tue Jun 26, 2018 4:56

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by htk »

kalo ganti ban, 2 biji dulu, apakah ada efeknya ? kerasa bawa mobilnya jadi lumayan kah ?
ban bawaan masih enasave, udah botak, kepengen coba LM705 seperti nya,
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by maastricht889 »

htk wrote: Sun Nov 01, 2020 13:26 kalo ganti ban, 2 biji dulu, apakah ada efeknya ? kerasa bawa mobilnya jadi lumayan kah ?
ban bawaan masih enasave, udah botak, kepengen coba LM705 seperti nya,
Kalo saya sendiri ga masalah om, sejauh 2 ban yg ditaruh (terutama) di depan itu diganti barengan dan tipenya sama (kembangannya jd sama juga). Tp kalo ban baru saya taruh di belakang, itung2 sekalian ban bawaan/ban lebih tua taruh depan biar segera habis apalg kalo bannya jelek
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12545
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Sun Nov 01, 2020 11:29
riizv89 wrote: Sun Nov 01, 2020 11:20
Omnibus wrote:
wih liat juga LM705 yg femes itu di njess ....

iya om emang kelihatan agak kempes apalagi yg depan. sy pakai primacy 4 195/55/r16 tekanan 33 psi jg sama agak kempes.
klo di njezz ge8 2014, pakai LM 704 rear kelihatan padat dengan tekanan yang sama di 32 psi, namun ban front barusan beli bridgestone techno sports agak kempes juga. Apa mungkin sidewall lembek? All 185/55/R16.
berat di depan om mobilnya. udah ada mesin n transmisi, tanki bensin pun di tengah. belom aki, meskipun piyik tp kan ada mass nya jg. ban belakang malah ga nahan apa2 yg berat.

begitu dinaikin driver n front passenger tambah lagi beratnya di depan. kasian juga sih sm kaki2 depan.
that's why, perlu rotasi ban (sepasang ban depan pindah ke belakang dan sebaliknya),
tiap interval 10rb Km ajah.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by marmut »

Omnibus wrote: Sun Nov 01, 2020 11:29

berat di depan om mobilnya. udah ada mesin n transmisi, tanki bensin pun di tengah. belom aki, meskipun piyik tp kan ada mass nya jg. ban belakang malah ga nahan apa2 yg berat.

begitu dinaikin driver n front passenger tambah lagi beratnya di depan. kasian juga sih sm kaki2 depan.

sedari dulu saya selalu set tekanan angin ban depan 5~7 psi lebih tinggi dari ban belakang, dengan kondisi maksimal 3 orang (1 driver 2 rider). muter setir juga lebih enteng.



htk wrote: Sun Nov 01, 2020 13:26 kalo ganti ban, 2 biji dulu, apakah ada efeknya ? kerasa bawa mobilnya jadi lumayan kah ?
ban bawaan masih enasave, udah botak, kepengen coba LM705 seperti nya,


imo, efek paling besar di dompet om. bisa bernapas dulu, apalagi situasi seperti sekarang.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12545
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Sun Nov 01, 2020 14:02
Omnibus wrote: Sun Nov 01, 2020 11:29

berat di depan om mobilnya. udah ada mesin n transmisi, tanki bensin pun di tengah. belom aki, meskipun piyik tp kan ada mass nya jg. ban belakang malah ga nahan apa2 yg berat.

begitu dinaikin driver n front passenger tambah lagi beratnya di depan. kasian juga sih sm kaki2 depan.

sedari dulu saya selalu set tekanan angin ban depan 5~7 psi lebih tinggi dari ban belakang, dengan kondisi maksimal 3 orang (1 driver 2 rider). muter setir juga lebih enteng.



htk wrote: Sun Nov 01, 2020 13:26 kalo ganti ban, 2 biji dulu, apakah ada efeknya ? kerasa bawa mobilnya jadi lumayan kah ?
ban bawaan masih enasave, udah botak, kepengen coba LM705 seperti nya,


imo, efek paling besar di dompet om. bisa bernapas dulu, apalagi situasi seperti sekarang.
om @htk

fwd kah ?
klo iya, ban baru (LM 705) taro belakang.

ban lama (yg blm botak) taro depan, biar lbh cepat habis duluan & gak expired :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri