Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
azu wrote: Sun Jan 31, 2021 6:41
Dibahas disini juga ya yg cold start atau ngga
Akhirnya barusan saya isi sedikit oli juga ke filter olinya terus di "shake" ala2 cocktail seperti saran mbah omni. Paling tadi lampu tekanan oli cuma nyala 1 detik udah gitu mati.
Saya mau share bedanya Wix WL7131 made in Poland dengan WL7572 made in India. Selain lebih berat yg WL7131, saya lihat mekanisme penekan valvenya juga ada perbedaan, dimana yg WL7131 langsung terlihat pernya sedangkan yg WL7572 terlihat ada plat diatas pernya
679192969.jpg
WL7131 terlihat langsung pernya
IMG_20210131_120457.jpg
WL7572 terlihat ada plat yg menutupi pernya
IMG_20210131_120502.jpg
WL7572 di atas dan WL7131 di bawah
harusnya sih kualitas sama antara buatan poland dan india, walaupun yang 7572 sedikit lebih mahal.
dan kalaupun masih ada 7131 yang beredar, bisa jadi itu stok lama.
*sekedar informasi. bukan ngebelaian, bukan fans, bukan sales wix.
dan masalah cold start, jika mobil rutin setiap hari dipakai ngga usah terlalu dipusingin. karena saat mesin sudah mati pun, kondisi internal bagian atas masih dalam kondisi basah oli.
pun untuk bagian seperti cam lobe, di sekeliling tappet kan ada kolam oli kecil untuk cadangan pelumasan.
kecuali mobil yang dinyalakan seminggu sekali atau lebih dari seminggu sekali, alangkah baiknya pakai filter yang drain back valve-nya beneran berfungsi.
Mbah ini type lipindut saya jalan seminggu atau 2 minggu sekali sekitar 50-100 km.
Baru keluar kandang kl mudik bisa 2000 km.
Itu filter yg ada drain back valve u oli mesin, filter apaan ya mbah u lipindut?
Omnibus wrote: Sun May 16, 2021 13:26
yg 10 hp itu kl sticker tempel di body. kl filter oli apalagi ngadep bawah olinya lbh lancar krn gravitasi claimnya 25 hp mbah
wah Daihatsu Rocky tempel stiker TRD + filter TRD total output bisa 135 hp.. pocket rocket dong
Omnibus wrote: Sun May 16, 2021 13:26
yg 10 hp itu kl sticker tempel di body. kl filter oli apalagi ngadep bawah olinya lbh lancar krn gravitasi claimnya 25 hp mbah
wah Daihatsu Rocky tempel stiker TRD + filter TRD total output bisa 135 hp.. pocket rocket dong
Omnibus wrote: Sun May 16, 2021 13:26
yg 10 hp itu kl sticker tempel di body. kl filter oli apalagi ngadep bawah olinya lbh lancar krn gravitasi claimnya 25 hp mbah
wah Daihatsu Rocky tempel stiker TRD + filter TRD total output bisa 135 hp.. pocket rocket dong
well wrote: Thu May 20, 2021 10:14
Mau nanya dong, ini memang ngga lubang y? Inget sy lubang tp sy br beli tp tidak lubang?
itu yg namanya anti-drainback valve gunanya mencegah oli yg sdh didalam filter kembali ke karter ketika mesin mati. apalagi yg menghadap ke bawah oli filternya. kl lihat yg itunya lubang doang berarti ga ada anti-drainback valve nya, filter kelas ampas.
valve itu terbuat dr karet, dr hasil belah2an sy kemaren kualitas anti-drainback valve itu berbeda2. ada yg kuat ada yg letoy. ada yg rapat ada yg longgar.
(utk yg tau sy: jangan mesum, lg ngomongin valve nih )
valve itu terbuat dr karet, dr hasil belah2an sy kemaren kualitas anti-drainback valve itu berbeda2. ada yg kuat ada yg letoy. ada yg rapat ada yg longgar.
(utk yg tau sy: jangan mesum, lg ngomongin valve nih )
si umkm punya karet valve
keras loh mbah.. ketat dan ga longgar pula..
#bukan pemegang saham aegis
# bukan kongsi dagang aegis
# bukan direksi aegis
valve itu terbuat dr karet, dr hasil belah2an sy kemaren kualitas anti-drainback valve itu berbeda2. ada yg kuat ada yg letoy. ada yg rapat ada yg longgar.
(utk yg tau sy: jangan mesum, lg ngomongin valve nih )
si umkm punya karet valve
keras loh mbah.. ketat dan ga longgar pula..
#bukan pemegang saham aegis
# bukan kongsi dagang aegis
# bukan direksi aegis
sintoni wrote: Thu May 20, 2021 11:18
Tapi kalau ada karet valve terus apa sirkulasi ga terganggu gitu? Jadi ga lancar dong.
Apa ada mekanisme kalau mesin nyala dia bisa terbuka sendiri jadi sirkulasi lancarr?
mekanisme nya kaya flap, buka cuma 1 arah ke arah dalam. kl mesin nyala sirkulasi oli masuk dr lubang kecil yg banyak itu (valve kebuka), setelah difilter keluar dr lubang gede yg tengah dan didistribusikan ke oil gallery.
ketika mesin dimatikan, ga ada tekanan oli ga ada sirkulasi, dan itu mekanisme flap (karet valve) nutup. dan oli yg ada didalam filter terperangkap ga bisa turun lg ke karter.
valve itu terbuat dr karet, dr hasil belah2an sy kemaren kualitas anti-drainback valve itu berbeda2. ada yg kuat ada yg letoy. ada yg rapat ada yg longgar.
(utk yg tau sy: jangan mesum, lg ngomongin valve nih )
si umkm punya karet valve
keras loh mbah.. ketat dan ga longgar pula..
#bukan pemegang saham aegis
# bukan kongsi dagang aegis
# bukan direksi aegis
sintoni wrote: Thu May 20, 2021 11:18
Tapi kalau ada karet valve terus apa sirkulasi ga terganggu gitu? Jadi ga lancar dong.
Apa ada mekanisme kalau mesin nyala dia bisa terbuka sendiri jadi sirkulasi lancarr?
mekanisme nya kaya flap, buka cuma 1 arah ke arah dalam. kl mesin nyala sirkulasi oli masuk dr lubang kecil yg banyak itu (valve kebuka), setelah difilter keluar dr lubang gede yg tengah dan didistribusikan ke oil gallery.
ketika mesin dimatikan, ga ada tekanan oli ga ada sirkulasi, dan itu mekanisme flap (karet valve) nutup. dan oli yg ada didalam filter terperangkap ga bisa turun lg ke karter.
spt ini:
Jadi mekanisme ini bisa main cuma dari tekanan oli aja ya mbah?
sintoni wrote: Thu May 20, 2021 12:14
Jadi mekanisme ini bisa main cuma dari tekanan oli aja ya mbah?
betul.
itulah kenapa kl yg aftermarket musti diperhatiin, kelenturan karetnya kl terlalu keras nah itu menghalangi debit oli. mendingan terlalu lentur sekalian krn ruginya cuma fungsi drainback nya berkurang (pas mesin dimatiin)
sintoni wrote: Thu May 20, 2021 12:14
Jadi mekanisme ini bisa main cuma dari tekanan oli aja ya mbah?
betul.
itulah kenapa kl yg aftermarket musti diperhatiin, kelenturan karetnya kl terlalu keras nah itu menghalangi debit oli. mendingan terlalu lentur sekalian krn ruginya cuma fungsi drainback nya berkurang (pas mesin dimatiin)
Biar aman beli yg bolong aja lah.
Paling cuma resiko sepersekin detik pas mesin baru dinyalain, oli belum terpompa sempurna.