Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 735
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by bensinsolar »

Jd apakah servis di Plaza Toyota bakal lebih murah dibanding A2K?
2 minggu lalu servis ANF di a2k ud gaq free jasa, total keseluruhan 3jtan (1.4jt utk service & oli TMO 5w-30), apakah mahal?
Last edited by bensinsolar on Wed Sep 25, 2019 7:42, edited 1 time in total.
devin96
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Sat Mar 05, 2016 19:00

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by devin96 »

mr_mytplx wrote: Wed Sep 25, 2019 1:26
devin96 wrote: Tue Sep 24, 2019 19:54
mr_mytplx wrote: Mon Sep 23, 2019 3:05

Ane pernah ngalamin ganti fan belt di bengkel binaan ast*a biaya jasanya lebih mahal daripada di nasmoco. :big_dunno:

Ketauannya gara2 setelah ganti fanbelt check engine nyala, dia ganti macam2 scanner ga bisa ngebaca. akhirnya saya bawa ke nasmoco. Sekalian tanya2 ongkos ganti fanbelt di sana. Eh ternyata lebih murah di nasmoco jasanya.

Harga ast*a, kualitas pinggir jalan. :big_dunno:
Sorry om ikt nimbrung, bengkel binaan ast*a yang om mksd apakah bengkel yang lokasinya di klp gdg?
di semarang koq om, di banyumanik.
oh oke om saya kira di daerah klp gading hehe, soalnya ada rencana mau masukin mobil ke bengkel tsb.
devin96
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Sat Mar 05, 2016 19:00

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by devin96 »

sandal wrote: Sat Sep 21, 2019 3:09 Beberapa hari yang lalu Brio 1.3 AT 2014 mbak ane servis 40k ke salah satu BeRes Honda

Dan berikut harga servis awal sebelum ada yg dicancel

Part:
- HAO 0W-20 4liter + Filter Oli : 650rb (jadi harga oli 1 ilter = 150rb + filter oli 50rb)
- Oli Transmisi ATF DW1 : 450rb (entah brp liter kok tiba2 langsung 450rb jebret)
- Filter Udara : 150rb
- Pembersih rem : 150rb
- Engine Cleaner : 250rb
TOTAL PART = 1.650.000

Jasa
- Ganti Oli Mesin + Filter oli = 110rb
- Ganti/Kuras Oli Transmisi = 55rb
- Tune Up + OH Throttle Body = 900rb
- Service Injektor = 750rb
- Rem 4 roda = 450rb
TOTAL JASA = 2.265.000

GRAND TOTAL = 3.915.000


Akhirnya beberapa ada yang dicancel seperti tuneup, service injektor, rem 4 roda, pembersih rem dan engine cleaner :frm_bang_head:
Wah parah sih ini om, general maintanance kok jasa-nya malah di keteng gitu. Biasanya kan harga jasa udh paket misalnya km 40k jasa 1 jt, udh termasuk tune up (setel klep, bersihkan throttle body include idle learning dll), cek ini itu, bersihkan rem, ganti oli mesin + filter oli dan lainnya. Harga jasa yang ditawarkan tidak masuk akal dan yang bikin males ada beberapa item yg ga perlu sebenernya seperti brake cleaner itu. Service rem mah cuma pake kompresor + amplas udh cukup menurut saya. Parahnya lagi ganti oli mesin + filter oli aja pake kena jasa, padahal belinya kan di bengkel tsb bukan kita bawa sendiri. Memang beda2 ya tiap bengkel resmi, biarpun sama2 honda tapi mereka punya SOP yg beda2.
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by sandal »

kingpower wrote: Sat Sep 21, 2019 5:28 Ini beres mana ya? Harga oli dan filter lebih mahal dari yang biasa saya bayar. Brake cleaner pun lebih mahal.
Berarti beres honda harga part bisa beda2 ya untuk masing2 beres
Ini beres di Honda Surabaya Center
Rasuano wrote: Mon Sep 23, 2019 9:31 Abis di email biaya servis berkala 70.000 km buat yaris:
TMO OW-20 4L 760.000
Liat no 1 udah males duluan
Ga scroll kebawah lagi
Gajadi servis ke beres :ngacir:
Ganti oli aja segitu wkwkwk
List2 lainnya om, penasaran hehe
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
henbob
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 342
Joined: Thu Sep 26, 2019 7:33
Location: BSD-SBY

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by henbob »

Pengalaman beres S pernah bikin gw ga pernah kesana lg.. wkwkkw wkt itu flush radiator n ganti isi radiator, pas sampe rumah habis airnya smua. Wkwkwkkw. Untung mobil gw ga overheat. Trs gw cek sendiri, ternyata kran radiatornya ga nutup dgn rapat, udah itu aja.

Bengkel umum jg pernah dikadalin gw, padahal pernah ngiklan bengkel spesialis S dan T. Gw kesitu awal2 baik2 aja, gw sih pura2 bego ga tau mesin.. gw liatin aja mereka kerja dan komen mobil gw. Ganti oli n ganti busi. Pernah mobil gw air radiatornya masuk dong ke oli dikit, gw cek bakal bahaya nih. Ya udah gw ke bengkel langganan, dibongkar deh. Bilangnya silinder head gw rusak nih karena umur, ya udah gw percaya aja hrs turun mesin 1/2 dan harus nginep. Selanjutnya dihari 3 udah selese, gw ambil deh mobil gw. Dipake beberapa hari, ban kiri dpn gw miring2, gw konsul lah dgn bokap. Bokap bilang cek kingpinnya. Ya udah gw bongkar sendiri, pas gw buka kingpinnya ternyata udah ditukar bro! Ada bekas getokan chisel ditengahnya. Selama ini gw udah percaya sih ama tuh bengkel, gw nyesel n bersyukur jg ga lepas ditengah jalan. Sampe skrng gw ga nuntut apa2 ama org bengkelnya, biar gusti Allah yg mbales deh.. hehehe. Akhirnya gw beli sendiri kingpin di toko onlen. Gw pasang sendiri, belajar liat youtube. Sukses akhirnya, sampe skrng udah ga ke bengkel lg.. mobil pun aman terkendali ditangan gw sendiri.

Bengkel resmi itu aman utk oli n record servicenya, utk mobil T tetep ganti oli disitu walopun agak mahal. Utk ganti sparepart lain, ya dipasang sendiri dirumah. Hehehe.

Kesimpulan mnrt gw ya smua tergantung kitanya aja sih, jgn terlalu manja apa2 hrs ke bengkel, justru kitanya yg hrs ditambah ilmu ttg otomotif. Ga susah kok wkt mbongkar2 mobil, basic handtool aja udah bnyk bgt gunanya. Sekian pengalaman saya.
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Jambangan »

henbob wrote: Thu Sep 26, 2019 8:46 Pengalaman beres S pernah bikin gw ga pernah kesana lg.. wkwkkw wkt itu flush radiator n ganti isi radiator, pas sampe rumah habis airnya smua. Wkwkwkkw. Untung mobil gw ga overheat. Trs gw cek sendiri, ternyata kran radiatornya ga nutup dgn rapat, udah itu aja.

Bengkel umum jg pernah dikadalin gw, padahal pernah ngiklan bengkel spesialis S dan T. Gw kesitu awal2 baik2 aja, gw sih pura2 bego ga tau mesin.. gw liatin aja mereka kerja dan komen mobil gw. Ganti oli n ganti busi. Pernah mobil gw air radiatornya masuk dong ke oli dikit, gw cek bakal bahaya nih. Ya udah gw ke bengkel langganan, dibongkar deh. Bilangnya silinder head gw rusak nih karena umur, ya udah gw percaya aja hrs turun mesin 1/2 dan harus nginep. Selanjutnya dihari 3 udah selese, gw ambil deh mobil gw. Dipake beberapa hari, ban kiri dpn gw miring2, gw konsul lah dgn bokap. Bokap bilang cek kingpinnya. Ya udah gw bongkar sendiri, pas gw buka kingpinnya ternyata udah ditukar bro! Ada bekas getokan chisel ditengahnya. Selama ini gw udah percaya sih ama tuh bengkel, gw nyesel n bersyukur jg ga lepas ditengah jalan. Sampe skrng gw ga nuntut apa2 ama org bengkelnya, biar gusti Allah yg mbales deh.. hehehe. Akhirnya gw beli sendiri kingpin di toko onlen. Gw pasang sendiri, belajar liat youtube. Sukses akhirnya, sampe skrng udah ga ke bengkel lg.. mobil pun aman terkendali ditangan gw sendiri.

Bengkel resmi itu aman utk oli n record servicenya, utk mobil T tetep ganti oli disitu walopun agak mahal. Utk ganti sparepart lain, ya dipasang sendiri dirumah. Hehehe.

Kesimpulan mnrt gw ya smua tergantung kitanya aja sih, jgn terlalu manja apa2 hrs ke bengkel, justru kitanya yg hrs ditambah ilmu ttg otomotif. Ga susah kok wkt mbongkar2 mobil, basic handtool aja udah bnyk bgt gunanya. Sekian pengalaman saya.
Pernah servis di beres S tahun 2012 pas liat faktur servis ada tulisan Engine Flush
Padahal mobil waktu itu baru 5000 KM
Lebih dongok lagi filter oli kaga diganti
Abis itu besoknya langsung ganti oli lagi di shop n drive
Sejak itu ga pernah lagi ke beres itu lagi
Permah jg ke beres S lain. Mau beli oli SGO 1 L doang buat top up
Eh dikasih pake kemasan botol oli bekas. Gelo
Mau top up gara2 abis ganti oli di beres S lainnya (yg sekarang udah tutup) cuma dikasih sampe batas tengah antara ADD & FULL dan dicharge 5 L yg seharusnya mobil ane cuma 4 L :big_dunno:
Mampus tuh sekarang bengkel tutup hahahaha..
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1422
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by iwing »

henbob wrote: Thu Sep 26, 2019 8:46 Pengalaman beres S pernah bikin gw ga pernah kesana lg.. wkwkkw wkt itu flush radiator n ganti isi radiator, pas sampe rumah habis airnya smua. Wkwkwkkw. Untung mobil gw ga overheat. Trs gw cek sendiri, ternyata kran radiatornya ga nutup dgn rapat, udah itu aja.

Bengkel umum jg pernah dikadalin gw, padahal pernah ngiklan bengkel spesialis S dan T. Gw kesitu awal2 baik2 aja, gw sih pura2 bego ga tau mesin.. gw liatin aja mereka kerja dan komen mobil gw. Ganti oli n ganti busi. Pernah mobil gw air radiatornya masuk dong ke oli dikit, gw cek bakal bahaya nih. Ya udah gw ke bengkel langganan, dibongkar deh. Bilangnya silinder head gw rusak nih karena umur, ya udah gw percaya aja hrs turun mesin 1/2 dan harus nginep. Selanjutnya dihari 3 udah selese, gw ambil deh mobil gw. Dipake beberapa hari, ban kiri dpn gw miring2, gw konsul lah dgn bokap. Bokap bilang cek kingpinnya. Ya udah gw bongkar sendiri, pas gw buka kingpinnya ternyata udah ditukar bro! Ada bekas getokan chisel ditengahnya. Selama ini gw udah percaya sih ama tuh bengkel, gw nyesel n bersyukur jg ga lepas ditengah jalan. Sampe skrng gw ga nuntut apa2 ama org bengkelnya, biar gusti Allah yg mbales deh.. hehehe. Akhirnya gw beli sendiri kingpin di toko onlen. Gw pasang sendiri, belajar liat youtube. Sukses akhirnya, sampe skrng udah ga ke bengkel lg.. mobil pun aman terkendali ditangan gw sendiri.

Bengkel resmi itu aman utk oli n record servicenya, utk mobil T tetep ganti oli disitu walopun agak mahal. Utk ganti sparepart lain, ya dipasang sendiri dirumah. Hehehe.

Kesimpulan mnrt gw ya smua tergantung kitanya aja sih, jgn terlalu manja apa2 hrs ke bengkel, justru kitanya yg hrs ditambah ilmu ttg otomotif. Ga susah kok wkt mbongkar2 mobil, basic handtool aja udah bnyk bgt gunanya. Sekian pengalaman saya.
saya juga ingin bongkar pasang sendiri terutama bagian kaki2 dan belajar dari internet. tapi lihat2 tool set nya kok lumayan :mky_01:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11855
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by marmut »

iwing wrote: Fri Sep 27, 2019 6:39
saya juga ingin bongkar pasang sendiri terutama bagian kaki2 dan belajar dari internet. tapi lihat2 tool set nya kok lumayan :mky_01:

perkakas dicicil saja, jangan sekaligus belinya. bisa bangkrut...
kalau niat bongkar sendiri seputaran suspensi, wajip punya treker per dan treker ball joint.
sedia sarung tangan selusin, plus safety glasses juga sebaiknya punya. bukan buat gegayaan, tapi kalau mata sampe buta kena sesuatu, sapa yang mau tanggung jawap?
bismo16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: Fri Jan 05, 2018 12:35

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by bismo16 »

marmut wrote:
iwing wrote: Fri Sep 27, 2019 6:39
saya juga ingin bongkar pasang sendiri terutama bagian kaki2 dan belajar dari internet. tapi lihat2 tool set nya kok lumayan :mky_01:

perkakas dicicil saja, jangan sekaligus belinya. bisa bangkrut...
kalau niat bongkar sendiri seputaran suspensi, wajip punya treker per dan treker ball joint.
sedia sarung tangan selusin, plus safety glasses juga sebaiknya punya. bukan buat gegayaan, tapi kalau mata sampe buta kena sesuatu, sapa yang mau tanggung jawap?
Betul itu oom marmut, trekker itu penting.. pernah nekat bongkar sendiri as kopel x over karena grease nya sudah netes ke lantai.. nyopot ball joint di ungkit pake linggis.. wkwkwkwkwkwk
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11855
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by marmut »

bismo16 wrote: Fri Sep 27, 2019 13:30

-

.. pernah nekat bongkar sendiri as kopel x over karena grease nya sudah netes ke lantai.. nyopot ball joint di ungkit pake linggis.. wkwkwkwkwkwk

as roda keleus..... X-over gaada koppelstang.
nyopot as roda bukannya cuma mur gede yg di tengah hub sama 2 baut shock bagian bawah?

nyopot ball joint daripada pake linggis, jauh lebih josss kalo digetok palu.
tapi musti palu yang setidaknya 1,5 kg. sukur-sukur palu yang lebih berat lagi.
jangan lupa sebelum digetok, semprot penetrant dulu, diemin beberapa menit, baru getok knuckle-nya, jangan ball joint-nya.
getoknya juga musti yakin sepenuh hati kaya yang di rambo last blood.
bismo16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: Fri Jan 05, 2018 12:35

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by bismo16 »

marmut wrote:
bismo16 wrote: Fri Sep 27, 2019 13:30

-

.. pernah nekat bongkar sendiri as kopel x over karena grease nya sudah netes ke lantai.. nyopot ball joint di ungkit pake linggis.. wkwkwkwkwkwk

as roda keleus..... X-over gaada koppelstang.
nyopot as roda bukannya cuma mur gede yg di tengah hub sama 2 baut shock bagian bawah?

nyopot ball joint daripada pake linggis, jauh lebih josss kalo digetok palu.
tapi musti palu yang setidaknya 1,5 kg. sukur-sukur palu yang lebih berat lagi.
jangan lupa sebelum digetok, semprot penetrant dulu, diemin beberapa menit, baru getok knuckle-nya, jangan ball joint-nya.
getoknya juga musti yakin sepenuh hati kaya yang di rambo last blood.
Ah, iya.. makasih koreksinya oom.. yang saya copot batang bulet yang bikin roda muter itu, nyambungnya ke transmisi.. [emoji120]
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by DOHC »

marmut wrote: Fri Sep 27, 2019 16:14
bismo16 wrote: Fri Sep 27, 2019 13:30

-

.. pernah nekat bongkar sendiri as kopel x over karena grease nya sudah netes ke lantai.. nyopot ball joint di ungkit pake linggis.. wkwkwkwkwkwk

as roda keleus..... X-over gaada koppelstang.
nyopot as roda bukannya cuma mur gede yg di tengah hub sama 2 baut shock bagian bawah?

nyopot ball joint daripada pake linggis, jauh lebih josss kalo digetok palu.
tapi musti palu yang setidaknya 1,5 kg. sukur-sukur palu yang lebih berat lagi.
jangan lupa sebelum digetok, semprot penetrant dulu, diemin beberapa menit, baru getok knuckle-nya, jangan ball joint-nya.
getoknya juga musti yakin sepenuh hati kaya yang di rambo last blood.
anu mbah,

nubie blm lama nyopotoin ball joint lancer CB pake cara diatas, copot sehh copot akhirnya, tp ntuh mur malah jd ga bsa dipake lg, drat ulir ball joint nya jg malah rusak kena getok palu, ujung2 nya malah jd ganti ball joint.

kayanya mending invest beli treker aj deh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11855
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by marmut »

DOHC wrote: Sat Sep 28, 2019 4:29
anu mbah,

nubie blm lama nyopotoin ball joint lancer CB pake cara diatas, copot sehh copot akhirnya, tp ntuh mur malah jd ga bsa dipake lg, drat ulir ball joint nya jg malah rusak kena getok palu, ujung2 nya malah jd ganti ball joint.

kayanya mending invest beli treker aj deh

2019-09-28 12.56.51.jpg


mur ball joint jangan dilepas dulu saat proses buka, kendorin aja sampe maksimal.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by DOHC »

marmut wrote: Sat Sep 28, 2019 6:01
DOHC wrote: Sat Sep 28, 2019 4:29
anu mbah,

nubie blm lama nyopotoin ball joint lancer CB pake cara diatas, copot sehh copot akhirnya, tp ntuh mur malah jd ga bsa dipake lg, drat ulir ball joint nya jg malah rusak kena getok palu, ujung2 nya malah jd ganti ball joint.

kayanya mending invest beli treker aj deh


2019-09-28 12.56.51.jpg



mur ball joint jangan dilepas dulu saat proses buka, kendorin aja sampe maksimal.
Lanjut nanya mbah,

Kl ball joint tie rod gmana mbah, sama di getok bagian bonggol nya jg ?
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11855
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by marmut »

DOHC wrote: Sat Sep 28, 2019 21:37

Kl ball joint tie rod gmana mbah, sama di getok bagian bonggol nya jg ?

sama.
yang digetok knuckle-nya, bukan ball joint / tie rod-nya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by DOHC »

marmut wrote: Sun Sep 29, 2019 2:29
DOHC wrote: Sat Sep 28, 2019 21:37

Kl ball joint tie rod gmana mbah, sama di getok bagian bonggol nya jg ?

sama.
yang digetok knuckle-nya, bukan ball joint / tie rod-nya.
nahh kl di knuckle d getok2 gt pake palu, bsa ngerusak rack steer atau komponen steering nya ga mbah ? tiap kl mau getok rada takut2 gt
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11855
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by marmut »

DOHC wrote: Sun Sep 29, 2019 6:29

nahh kl di knuckle d getok2 gt pake palu, bsa ngerusak rack steer atau komponen steering nya ga mbah ? tiap kl mau getok rada takut2 gt

enggak.


2019-09-29 18.43.53.jpg

panah biru : knuckle. itu yang dipentung.
panah merah : rack steer. nda boleh dipentung.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by DOHC »

@ marmut : Makasi ilmu nya mbah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
babehgue708
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: Fri Jul 26, 2019 7:06
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2012 CRV RE1

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by babehgue708 »

Sy ada ANKI Diesel 2018 selalu service di Plaza Toyota Green Garden :big_peace: , sejauh ini selalu puas sih tidak ada masalah sama sekali, sudah hampir 8 tahun langganan ni bengkel, selalu dipermudah kalo ada apa2, tempatnya juga luas, waiting roomnya juga oke ada wifi, makanan dan minuman. :big_exellent:

Juga ada Honda CR-V RE 2012, selalu service di Honda IKM Daan Mogot, ruang tunggunya ya biasa aja, makan minum juga minim :big_think: , tp kualitas SAnya lumayanlah, pernah masuk ke working arenya dan diperbolehkan, sekalian mantau mobil dikerjakan. Next mau coba di Honda Jakarta Center sih, katanya disana bagus untuk bengkelnya :mky_08:
henbob
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 342
Joined: Thu Sep 26, 2019 7:33
Location: BSD-SBY

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by henbob »

iwing wrote: Fri Sep 27, 2019 6:39 saya juga ingin bongkar pasang sendiri terutama bagian kaki2 dan belajar dari internet. tapi lihat2 tool set nya kok lumayan :mky_01:
Beli yang penting dulu aja, yang penting itu kunci moment 1/2, cari yg ada converter 3/8. Beli yang standar aja ga usah yg digital dulu. Lalu beli service manual di internet aja , udah bnyk kok gw biasanya beli di emanualonline.com.

Gw dulu mulai utk ngebenerin torque dari nut2 roda dulu, sesuaikan dgn service manual. Setelah nut udah bener, baru melangkah ke bagian kaki2nya.

Pengalaman ngeliat bengkel2 (beres ato umum) tuh pake air impact utk ngencangin nut roda, padahal itu bisa ngerusak drat nut. Klo utk mbuka nut sih gpp. Torque dari air impact rata2 diatas 200nm, padahal spec torque nut gw cm 80nm.. biasanya sampe rumah gw benerin tuh torquenya pake kunci momen itu, gw kendorin lalu dikencangin lg.
zanira
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sat Oct 01, 2016 11:33

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by zanira »

Baru kemarin servis brio kutu di beres cimone tangerang, itu jg krn dpt penawaran promo merdeka, yg seharusny bayar 1jt lbh, hanya bayar 685rb, yg di dapat :

1.servis
2.oli e pro gold 4ltr
3.filter oli
4.washer drain
5.grease pad

Setelah mobil masuk ruang servis & di angkat, ke 4 ban langsung di buka, rem" di bersihkan, oli lama di ganti oli baru, setelah mobil di turunkan langsung di bawa ke bagian final inspection, setelah itu langsung di bawa ke bagian cuci, krn istirahat jam makan siang mobil tdk langsung di cuci.

Setelah menunggu agak lama, akhirnya selesai & mobil di serahkan ke sy.

#posisi mobil di servis terlihat dr tempat sy di ruang tunggu.
#start awal mobil di masukan ke bagian servis jam 11.51 WIB, masuk ke tempat cuci jam 12.40.
#jatah servis yg sy dapat & sy bayar 375.100 (by bill) ternyata TIDAK DI KERJAKAN.

sy ga mau komplain, krn sebenarny sdh kecewa dgn bengkel ini saat body repair, hrs 2 x balik krn ada panel yg tidak di cat, setelah di cat msh bintik.

Knp sy msh mau ke beres ini, di karenakan anak sy senang dgn ruang tunggunya, banyak mainan anak, snack & drink gratis (ruang tunggunya jg nyaman)

Waktu msh free servis biasa ke beres di modernland tng.

Ke depannya mungkin, sy akan mencari bengkel lain.
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1422
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by iwing »

marmut wrote: Sun Sep 29, 2019 11:46
DOHC wrote: Sun Sep 29, 2019 6:29

nahh kl di knuckle d getok2 gt pake palu, bsa ngerusak rack steer atau komponen steering nya ga mbah ? tiap kl mau getok rada takut2 gt

enggak.



2019-09-29 18.43.53.jpg


panah biru : knuckle. itu yang dipentung.
panah merah : rack steer. nda boleh dipentung.
om marmut, komponen yang terdapat karet seperti lower arm, tie rod end, dsb, apakah ada usia nya..?? barang baru original tapi bertahun2 gak pernah dipakai. btw merk 555 rekomen gak om karena katanya made in japan dan harga miring
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by evanbngdor »

iwing wrote: Tue Oct 01, 2019 3:52
marmut wrote: Sun Sep 29, 2019 11:46
enggak.



2019-09-29 18.43.53.jpg


panah biru : knuckle. itu yang dipentung.
panah merah : rack steer. nda boleh dipentung.
om marmut, komponen yang terdapat karet seperti lower arm, tie rod end, dsb, apakah ada usia nya..?? barang baru original tapi bertahun2 gak pernah dipakai. btw merk 555 rekomen gak om karena katanya made in japan dan harga miring
Di Innova dan Great Corolla sih saya komponen kaki2 kayak ball joint, tie rod, rack end itu pake 555 semua. Awet2 aja sih, harga setengahnya ori.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11855
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by marmut »

iwing wrote: Tue Oct 01, 2019 3:52

om marmut, komponen yang terdapat karet seperti lower arm, tie rod end, dsb, apakah ada usia nya..?? barang baru original tapi bertahun2 gak pernah dipakai. btw merk 555 rekomen gak om karena katanya made in japan dan harga miring

maksudnya bushing?
karena tie rod dan ball joint tidak pakai karet, biasanya pakai bahan plastik keras atau teflon buat bantalannya.

semua bahan karet pasti ada umur, seiring waktu bisa jadi getas atau makin lembek.

555 yang saya tau ada bikinan jepang, ada bikinan taiwan. kalau dapet yang asli, 555 bukan merk jelek.
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by coklatMetalik »

Bengkel kaki langganan sy sih lbh rekomen TRW daripada 555, walaupun 555 jg gk jelek
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82