halo omHanggar wrote:Kalau soal ketinggian mobil bukannya ini urusan nya sama per ? S/A hanya untuk meredam goncangan, bukan bikin mobil jadi tinggi.aabx wrote:
Saya kebetulan baru ganti 4 shock pakai bilstein
Saya belom sempet tes di tol, tapi buat low speed, bantingan kerasa jauh lebih halus
tampilan jadi agak lebih tinggi buat yang depan, bagian belakang dengan kondisi ada barang2 yang gak seberapa udah amblas banget, sepertinya kurang cocok kalo sering full load

itu dari pengalaman saya yang terbatas, dulu waktu main civic ES pernah ganti SA belakang dari orinya Showa (semi gas kalo gak salah) ke KYB (gas).
kondisi per dan stopper std, shock KYB bikin lebih tinggi sekitar 2 jari alhasil nungging deh tuh civic hehe
kejadian serupa saya temuin waktu ganti SA innova bokap dari std nya ke Monroe
jadi ane berkesimpulan kalau beda shock jadi beda juga tingginya karena SA bawaan mobil biasanya lebih lembut dibanding aftermarket yang tipe gas (walaupun di kasus badak ane jadinya lebih lembut, mungkin juga karena SA aslinya udah jebol)
mohon dikoreksi
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)