Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
klaim nya sehh bisa tahan 100 rebu km meneer.... tapi masuk 70 rebu km uda bener2 pincang mesin nya... bensin sehhh selalu premium, ga pake aditif apa2..
DOHC wrote:klaim nya sehh bisa tahan 100 rebu km meneer.... tapi masuk 70 rebu km uda bener2 pincang mesin nya... bensin sehhh selalu premium, ga pake aditif apa2..
memang sih, klaimnya 100K
saya juga pakai iridium (denso IW16), tapi masuk 70K juga saya ganti meski belum pincang sih
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
DOHC wrote:sbenernya busi iridium gt diperuntukan utk constant high speed atau utk cruising doank sehh meneer ???
saya rasa (yg mungkin banyak salahnya), material iridium lebih kearah "optimized" aja dibanding material dibawahnya (misalnya platinum atau copper), jadi lebih efektif, efisien, awet, dsb...
mengenai peruntukannya (misalnya buat ngebut, nyantai, sinkronisasi spek mesin, dsb...) saya lebih melihatnya dari spek businya itu sendiri
misalnya dilihat dari nilai tahanan, heat range, gap elektroda, dsb...
silakan dikoreksi loh...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
iya siong... itu bawaan lipina... kalo dulu emang di bedain antara mesin 1500 (dipakein iridium) ama 1800 (dipakein platinum)... cuman skrg uda sama smua tuh... smua varian enjin HR ama MR bakal di kasi iridium...
DOHC wrote:sbenernya busi iridium gt diperuntukan utk constant high speed atau utk cruising doank sehh meneer ???
saya rasa (yg mungkin banyak salahnya), material iridium lebih kearah "optimized" aja dibanding material dibawahnya (misalnya platinum atau copper), jadi lebih efektif, efisien, awet, dsb...
mengenai peruntukannya (misalnya buat ngebut, nyantai, sinkronisasi spek mesin, dsb...) saya lebih melihatnya dari spek businya itu sendiri
misalnya dilihat dari nilai tahanan, heat range, gap elektroda, dsb...
silakan dikoreksi loh...
nimbrung dikit saya rasa juga (CMIIW) busi dengan electroda kecil maka api semakin fokus dan bagus.... tapi dengan permukaan yang semakin kecil maka membuat "erosi" semakin tinggi maka diberikan lapisan supaya lebih tahan "erosi". Nah lapisan ini ada yang pake platinum ada yang pake iridium
DOHC wrote:sbenernya busi iridium gt diperuntukan utk constant high speed atau utk cruising doank sehh meneer ???
saya rasa (yg mungkin banyak salahnya), material iridium lebih kearah "optimized" aja dibanding material dibawahnya (misalnya platinum atau copper), jadi lebih efektif, efisien, awet, dsb...
mengenai peruntukannya (misalnya buat ngebut, nyantai, sinkronisasi spek mesin, dsb...) saya lebih melihatnya dari spek businya itu sendiri
misalnya dilihat dari nilai tahanan, heat range, gap elektroda, dsb...
silakan dikoreksi loh...
nimbrung dikit saya rasa juga (CMIIW) busi dengan electroda kecil maka api semakin fokus dan bagus.... tapi dengan permukaan yang semakin kecil maka membuat "erosi" semakin tinggi maka diberikan lapisan supaya lebih tahan "erosi". Nah lapisan ini ada yang pake platinum ada yang pake iridium
regards,
singachu
nah iya..itu tuh
sering ditulis di brosur-nya busi iridium (segala merk), keunggulannya dengan ukuran elektroda kecil (kalo ngga salah 0.4 mm), pantikan api jadi lebih fokus
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Saya punya freed tahun 2010 akhir,baru jalan 24rb km. Sekitar bulan maret tiba2 akselerasi jadi lambat dan nyendal2 di 4rb rpm keatas. Awalnya saya menduga filter udara yang kotor karena udah 6 bulan belum service berkala. Kemudian saya bawa ke beres Honda semarang center. Setelah ngobrol ama SA nya, dia bilang akhir2 ini sudah ada beberapa honda freed yang ngalamin kejadian seperti saya. Dari hasil pengecekan freed yang sebelumnya mulai dari filter bensin, pompa, injector, filter udara, koil, engine scan semua normal. Pihak bengkel tidak menduga bahwa yang bermasalah businya karena busi yang dipakai freed tipe iridium yang umur pemakaiannya mencapai 100rb km(buku manual)
Berdasar pengalaman tsb beres langsung mengganti busi mobil saya dan memang benar akselerasi jadi normal dan tarikan jadi enteng. Selama ini saya memakai premium dan pernah sekali memakai octane booster yang di campur ke dalam tangki. Yang menjadi pertanyaan saya apakah umur busi yang pendek disebabkan pemakaian premium atau karena kesalahan desain mesin.
Rugi donk beli busi yang harganya mahal kalo umur pemakaiannya ga beda jauh ama busi biasa.
octane booster nya yg type gimana oom? tablet ya?
kalo betul type tablet, setau saya oom esh jg pernah mengalami hal serupa pada GL nya dulu.........inti nya memang type booster berbentuk tablet meman tidak cocok dg busi iridium cmiiw
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
om2, skarang sudah ada produk aditif herbal 100% utk membuat premium menjadi setara pertamax.. namanya Norival...
ada utk mesin bensin, ada juga utk mesin diesel. Yg utk diesel sudah mulai ditest oleh om esh di Captiva Diesel-nya, dan udah ada review-nya.. ini copy paste review itu :
" Lapor om JESKONENG
malam itu juga saya langsung teteskan norival diesel + isi biosolar sampai full tank. Hari berikutnya efek yang saya notice:
- getaran mesin berkurang
- tarikan berasa lebih ringan terutama saat lewat tanjakan keluar dari parkir basement.
- asap tidak lagi ngebul saat akselerasi full throttle, biasanya asap terlihat jelas di spion namun kali ini tidak.
- bau asap yang menyengat khas captiva diesel berkurang drastis, hal ini belum pernah saya dapatkan dari beberapa merk diesel additive yang sudah saya coba selama ini.
- untuk fuel consumption report menunggu sampai pengisian berikutnya "
premium jg bisa bikin iridium tewas prematur lohhh... ane punya di usia 70 rebu aja uda tewas... itupun waktu di usia 60 rebu uda perna di bersihin pake cairan carbon clean..
kl cuma nelen premium ga masalah deh om.... sepupu ane juga punya freed 2009.... AC nya masi kompor... tiap hari pake premium masi jalan sampe sekarang.....
ak4ng wrote:kl cuma nelen premium ga masalah deh om.... sepupu ane juga punya freed 2009.... AC nya masi kompor... tiap hari pake premium masi jalan sampe sekarang.....
Mungkin saya yang lagi sial ya dpt busi yang jelek.
Keunggulan busi iridium adalah keawetannya. Mungkin bisa dibuka busi yg sekarang kemudian dilihat warna pada elektrodanya. Dari endapan yg nempel di situ bisa diketahui apa penyebab busi cepat mati.
Jarang banget tuh busi salah produksi. Apalagi yg iridium. Apalagi keempatnya jelek.
Saya saat ini pakai Bosch Super Copper alias busi angkot, udah setahun ini. Kalau pakai iridium, apinya terlalu kecil.
Praduga saya sih, problemnya bukan di busi. Kebetulan aja montirnya sekalian ganti businya. Yah, curiga dikit hehehe
ak4ng wrote:kl cuma nelen premium ga masalah deh om.... sepupu ane juga punya freed 2009.... AC nya masi kompor... tiap hari pake premium masi jalan sampe sekarang.....
Mungkin saya yang lagi sial ya dpt busi yang jelek.
asudarsono wrote:Keunggulan busi iridium adalah keawetannya. Mungkin bisa dibuka busi yg sekarang kemudian dilihat warna pada elektrodanya. Dari endapan yg nempel di situ bisa diketahui apa penyebab busi cepat mati.
Jarang banget tuh busi salah produksi. Apalagi yg iridium. Apalagi keempatnya jelek.
Saya saat ini pakai Bosch Super Copper alias busi angkot, udah setahun ini. Kalau pakai iridium, apinya terlalu kecil.
Praduga saya sih, problemnya bukan di busi. Kebetulan aja montirnya sekalian ganti businya. Yah, curiga dikit hehehe
Warna di bagian ujung dan elektrodanya hitam, trud deket ulirnya agak kemerahan.
ak4ng wrote:kl cuma nelen premium ga masalah deh om.... sepupu ane juga punya freed 2009.... AC nya masi kompor... tiap hari pake premium masi jalan sampe sekarang.....
Mungkin saya yang lagi sial ya dpt busi yang jelek.
bisa jadi... yg matinya cuma satu atw empat??
Diganti semua. Apa harus dicoba satu2 buat ngecek masih bagus atau udah mati??
yg jelas, kalok pake aditif Ba*d*** sangat pasti kepala busi (termsk elektroda dan sekitar ring busi) akan berwarna pink (bukan karana pembakaran yg sempurna), dan banyak mruntus kayak kulit yg gudikan... dan lama2 busi akan mati...
Norival Fuel Enhancer Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999