Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Wed Jan 30, 2008 9:03
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04
turbo gw jebol setelah 2 bln psg unichip. berarti ga bs pasang unichip dong
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1401
- Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04
Dari pertanyaannya sudah bisa diduga kalau yg tanya turbonya jebol. 

Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04
nah kalau jebol berarti ente termasuk orang yg kakinya berat, alias jalur panjang injek pol terus bukan?porsea wrote:turbo gw jebol setelah 2 bln psg unichip. berarti ga bs pasang unichip dong

anyway makanya ada di beberapa reply saya bilang, kalau dakar, jangan dipakein dastek, soalnya jujur aja ada beberapa kasus turbo jebol, bahkan ada yg head nya ngangkat. Tapi itu semua tergantung settingan tuner sih, boost dakar max +0.2 bar doang, jangan lebih.
Dan juga pake dastek dan monster max di dakar, berasa sekali beda, pake dastek, asap hitam banget, dan suara mesin kasar banget. Pake monsmax, setinggan halus pun torsi msh lbh gede drpd pake dastek, dan suara mesin halus, asap juga tipis.
untuk info, saya 6 bulan pake dastek, 6 bulan pake monsmax tandem unichip, 1 tahun 5 bulan pake monsmax doang, sampe skrg masih bagus turbonya dan saya juga termasuk sering mentokin speedo dan kasar nyetirnya, tapi kondisi gardan, turbo dll masih bagus
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Wed Jan 30, 2008 9:03
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04
oo gitu ya, jadi lbh baik pasang mons max ya?htannis wrote:nah kalau jebol berarti ente termasuk orang yg kakinya berat, alias jalur panjang injek pol terus bukan?porsea wrote:turbo gw jebol setelah 2 bln psg unichip. berarti ga bs pasang unichip dong
anyway makanya ada di beberapa reply saya bilang, kalau dakar, jangan dipakein dastek, soalnya jujur aja ada beberapa kasus turbo jebol, bahkan ada yg head nya ngangkat. Tapi itu semua tergantung settingan tuner sih, boost dakar max +0.2 bar doang, jangan lebih.
Dan juga pake dastek dan monster max di dakar, berasa sekali beda, pake dastek, asap hitam banget, dan suara mesin kasar banget. Pake monsmax, setinggan halus pun torsi msh lbh gede drpd pake dastek, dan suara mesin halus, asap juga tipis.
untuk info, saya 6 bulan pake dastek, 6 bulan pake monsmax tandem unichip, 1 tahun 5 bulan pake monsmax doang, sampe skrg masih bagus turbonya dan saya juga termasuk sering mentokin speedo dan kasar nyetirnya, tapi kondisi gardan, turbo dll masih bagus
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Sun Oct 14, 2012 11:53
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04
Master2...
Ane baru aja pake Q8 excel diesel 5-40 untuk dakkar ane... dah kbetulan km nya dah harus ganti juga atf nya... ada recomended utk atf? Aneliat q8 ada bbrp jenis atf juga.... mohon pencerahannya
Ane baru aja pake Q8 excel diesel 5-40 untuk dakkar ane... dah kbetulan km nya dah harus ganti juga atf nya... ada recomended utk atf? Aneliat q8 ada bbrp jenis atf juga.... mohon pencerahannya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04
Wah Dastek ngeri juga kalo sampai jebol gitu icicichtannis wrote:nah kalau jebol berarti ente termasuk orang yg kakinya berat, alias jalur panjang injek pol terus bukan?porsea wrote:turbo gw jebol setelah 2 bln psg unichip. berarti ga bs pasang unichip dong
anyway makanya ada di beberapa reply saya bilang, kalau dakar, jangan dipakein dastek, soalnya jujur aja ada beberapa kasus turbo jebol, bahkan ada yg head nya ngangkat. Tapi itu semua tergantung settingan tuner sih, boost dakar max +0.2 bar doang, jangan lebih.
Dan juga pake dastek dan monster max di dakar, berasa sekali beda, pake dastek, asap hitam banget, dan suara mesin kasar banget. Pake monsmax, setinggan halus pun torsi msh lbh gede drpd pake dastek, dan suara mesin halus, asap juga tipis.
untuk info, saya 6 bulan pake dastek, 6 bulan pake monsmax tandem unichip, 1 tahun 5 bulan pake monsmax doang, sampe skrg masih bagus turbonya dan saya juga termasuk sering mentokin speedo dan kasar nyetirnya, tapi kondisi gardan, turbo dll masih bagus
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04
kalo turbo jebol, gimana itu? apa kena mahal benerinnya?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04
beli baru lah mana bisa dibenerinmontirangin wrote:kalo turbo jebol, gimana itu? apa kena mahal benerinnya?
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Thu Jul 24, 2014 8:38
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04
Holla om2 sekalian.. salam kenal..Ane pajero sport user jg..Mohon dibimbing.. maklum masih newbie pake pajero Sport..
Trims,

Trims,


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04
nah ada user pjs lg, mantap, biar rame.adedegreen wrote:Holla om2 sekalian.. salam kenal..Ane pajero sport user jg..Mohon dibimbing.. maklum masih newbie pake pajero Sport..
Trims,
![]()
sama nih saya juga newbie
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1497
- Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04
ane juga pengguna pajero sport user newbie banget
tapi cuman yg exceed doang
mohon pencerahannya ya om tentang PS
soalnya baru pakek sekitar 2208 km om
tapi cuman yg exceed doang
mohon pencerahannya ya om tentang PS
soalnya baru pakek sekitar 2208 km om
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Wed Aug 22, 2012 15:06
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04
bisa lebih detail lg om, naik max +0.2 bar itu dari angka standard brp??? ada yg bilang standardnya boost dakar 1.8bar, bner g?? trus klo pemasangan piggyback, kan slalu ada gradasinya tuh..pny saya cube 1-2 tok,kira2 tiap settingan beda dmn aja yah??htannis wrote:nah kalau jebol berarti ente termasuk orang yg kakinya berat, alias jalur panjang injek pol terus bukan?porsea wrote:turbo gw jebol setelah 2 bln psg unichip. berarti ga bs pasang unichip dong
anyway makanya ada di beberapa reply saya bilang, kalau dakar, jangan dipakein dastek, soalnya jujur aja ada beberapa kasus turbo jebol, bahkan ada yg head nya ngangkat. Tapi itu semua tergantung settingan tuner sih, boost dakar max +0.2 bar doang, jangan lebih.
Dan juga pake dastek dan monster max di dakar, berasa sekali beda, pake dastek, asap hitam banget, dan suara mesin kasar banget. Pake monsmax, setinggan halus pun torsi msh lbh gede drpd pake dastek, dan suara mesin halus, asap juga tipis.
untuk info, saya 6 bulan pake dastek, 6 bulan pake monsmax tandem unichip, 1 tahun 5 bulan pake monsmax doang, sampe skrg masih bagus turbonya dan saya juga termasuk sering mentokin speedo dan kasar nyetirnya, tapi kondisi gardan, turbo dll masih bagus
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Wed Aug 22, 2012 15:06
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04
mau tanya lg nih masalah oli (mesin,transmisi,gardan), pertanyaan orang awam, seperti diketahui kan banyak tuh macam2 oli, saya ingin tanya klo dibandingkan dari kekentalanya, apakah oli yang semakin cair itu justru baik untuk hardware2 itu, klo saya sih mikirnya gini, semakin cair olinya maka semakin banyak pula tumbukan antar komponen itu, justru klo olinya sedikit kental (rata2 oli pabrikan lebih kental (menurut saya)) lebih aman mencegah tumbukan antar hardware (dengan kekentalanya itu sehingga punya daya "pemisah") antar komponen, sehingga tidak terjadi gesekan langsung besi ma besi, saya juga berasumsi demikian saat liat oli mesin FK massimo diesel dash itu justru tidak sintetis (mineral??) tapi harganya lebih mahal dari oli fk pulse diesel yang sintetis..apa benar asumsi saya, klo acuanya sesuai rekom pabrikan masing2 dari oli itu SAEnya brp tah??? thanks atas jawabanya...
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04
@onny :
Oli makin encer mmg benar HTHS nya juga makin kecil
Tapi utk oli2 super light weight spt 0W20 gitu umumnya kadar antiwear additive nya digeber lebih tinggi dr rata2
Juga biasanya kalo oli buntut 30 Full synth or lower, banyak yg base oilnya mengandung unsur PAO dan bahkan juga sedikit zat Group V (ester)
Oli makin encer mmg benar HTHS nya juga makin kecil
Tapi utk oli2 super light weight spt 0W20 gitu umumnya kadar antiwear additive nya digeber lebih tinggi dr rata2
Juga biasanya kalo oli buntut 30 Full synth or lower, banyak yg base oilnya mengandung unsur PAO dan bahkan juga sedikit zat Group V (ester)
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04
Turbocharger selalu bisa dibenerin (rebuilt) kalau rusaknya tidak parah. Biasanya hanya seals & bearings. Kalau sampai parah turbine-nya makan rumahnya atau shaft kemakan, ada kemungkinan mending ganti baru.
Yang jadi masalah, cari turbo rebuilder yang pekerjaannya bagus dan peralatan lengkap di Indo di mana? Onderdilnya cari di mana?
Yang jadi masalah, cari turbo rebuilder yang pekerjaannya bagus dan peralatan lengkap di Indo di mana? Onderdilnya cari di mana?
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04
std nya dakar gak segitu tinggi, gak kuat di boost tinggi, std dakar sekitar 1.3 bar, jadi kalau dinaikin sekitar 1.5-1.6 bar sajaonnynugros87 wrote: bisa lebih detail lg om, naik max +0.2 bar itu dari angka standard brp??? ada yg bilang standardnya boost dakar 1.8bar, bner g?? trus klo pemasangan piggyback, kan slalu ada gradasinya tuh..pny saya cube 1-2 tok,kira2 tiap settingan beda dmn aja yah??
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Wed Aug 22, 2012 15:06
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04
cuma bisaTurboman wrote:@onny :
Oli makin encer mmg benar HTHS nya juga makin kecil
Tapi utk oli2 super light weight spt 0W20 gitu umumnya kadar antiwear additive nya digeber lebih tinggi dr rata2
Juga biasanya kalo oli buntut 30 Full synth or lower, banyak yg base oilnya mengandung unsur PAO dan bahkan juga sedikit zat Group V (ester)

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04
Um Vett :POS VETT wrote:Turbocharger selalu bisa dibenerin (rebuilt) kalau rusaknya tidak parah. Biasanya hanya seals & bearings. Kalau sampai parah turbine-nya makan rumahnya atau shaft kemakan, ada kemungkinan mending ganti baru.
Yang jadi masalah, cari turbo rebuilder yang pekerjaannya bagus dan peralatan lengkap di Indo di mana? Onderdilnya cari di mana?
Kalau di US utk turbo VGT / VNT gitu banyak workshop yg bisa reparasi nggak ?
Btw kalo di Jkt yg spesialis servis / reparasi Turbo si Delta Tehnik di Klender, mereka punya mesin balancing tuk Turbo shaft hingga balancing Turbo shaft ukuran raksasa spt yg di mesin2 kapal
http://english.tehnikdelta.com/products/
Cuman kalo utk reparasi turbo VGT / VNT di Jkt masih sulit, menyangkut soal ketersediaan parts
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11867
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04
@ onny, daripada pusing mending nurut apa kata manual book harus pake oli dengan tingkat kekentalan yang mana....
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Wed Aug 22, 2012 15:06
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04
konsul lagi nieh...bbrp waktu yang lalu saya lagi servis mobil d bengkel modif langganan, cerita2 ma mekaniknya, bilang klo banyak orang2 klub yang upgrade turbonya itu dengan ganti as turbo, ktanya sih boost bisa naik dan g bikin lag, cuma tadi g sempet nanya apa modifkasi turbonya pada turbo vgt(dakar) ato bukan, pertanyaanya.. 1.apa benar turbo vgt bisa d modif seperti itu?? apa untung dan ruginya dari ubah as turbo vgt?? thanks...
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04
jebol trus diapain benerinnya om?porsea wrote:turbo gw jebol setelah 2 bln psg unichip. berarti ga bs pasang unichip dong
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sat Sep 06, 2014 2:23
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04
Dear pajero lovers,
Kmrn saat pajero dakar dibawa ke luar kota, tiba2 lampu indikator check engine nyala, tenaga berkurang disertai suara berdesing. Krn posisi jauh dr bengkel, jd diterusin sampe ketemu bengkel Mitsubishi. Setelah dicek, ternyata selang output vgt turbo change lepas ( krn klem nya raib ). Yg saya mau tanyakan, apa ada akibat sampingan akibat selang turbo lepas dan mobil tetap dijalankan sekitar 1 jam? thx a lot
Kmrn saat pajero dakar dibawa ke luar kota, tiba2 lampu indikator check engine nyala, tenaga berkurang disertai suara berdesing. Krn posisi jauh dr bengkel, jd diterusin sampe ketemu bengkel Mitsubishi. Setelah dicek, ternyata selang output vgt turbo change lepas ( krn klem nya raib ). Yg saya mau tanyakan, apa ada akibat sampingan akibat selang turbo lepas dan mobil tetap dijalankan sekitar 1 jam? thx a lot
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 374
- Joined: Sun Sep 07, 2014 1:35
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04
Teman2 pengguna PJS,
Saya baru pake PJS Dakar ... kira2 jalan 1200 km.
Masalah dari awal adalah adanya bunyi nge-jedak kalo suspensi kanan depan masuk ke jalan yg lubangnya dalem.
Sudah pernah komplain waktu service 1000 ...tapi katanya normal, cuman dikencengin aja kata SA-nya, cuman masih ada gejala seperti itu.
Apakah ada yg mengalami hal yg sama dgn saya ? Jadi tau jadi masalahnya dimana
Saya udah telpon SA-nya lagi, dan udah disuruh dateng lg ke bengkel ... cuman krn plat nomor belum jadi, gak berani jalan dulu ke bengkel. Tadi waktu jalan2 di komplek, pas belok kanan dan jalannya agak mengayun ...nah bunyinya ada juga.
Mohon masukan dari pakar2 disini yak ...
Thanks.
Saya baru pake PJS Dakar ... kira2 jalan 1200 km.
Masalah dari awal adalah adanya bunyi nge-jedak kalo suspensi kanan depan masuk ke jalan yg lubangnya dalem.
Sudah pernah komplain waktu service 1000 ...tapi katanya normal, cuman dikencengin aja kata SA-nya, cuman masih ada gejala seperti itu.
Apakah ada yg mengalami hal yg sama dgn saya ? Jadi tau jadi masalahnya dimana
Saya udah telpon SA-nya lagi, dan udah disuruh dateng lg ke bengkel ... cuman krn plat nomor belum jadi, gak berani jalan dulu ke bengkel. Tadi waktu jalan2 di komplek, pas belok kanan dan jalannya agak mengayun ...nah bunyinya ada juga.
Mohon masukan dari pakar2 disini yak ...
Thanks.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1371
- Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04
Gan, numpang nanya nih, pajero sport exceed 2010 AT sekarang pasarannya berapa?