Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3220
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012
mirage exceed uda ada KOS kaya yasir s limited...
magstab..
magstab..
[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012
transmisi setuju om... musti adaptasi... klw uda tw caranya bisa ngacir juga pke CVT... n klw tw caranya bisa jatuh cinta ama CVT trutama klw ketemu tanjakan wkwkwindrasir wrote:angkat lagi ah tritnya,
Akhirnya ane ambil mirage exceed 2013 warna hitam buat bini. Tiba dirumah dgn surat sudah lengkap baru 5 hari lalu. Coba beberapa hari, overall menurut ane mobil ini emang bener2 didisain citiycar, tenaga bawahnya ngisi banget, cocok buat stop and go. Butuh waktu beberapa saat juga sih untuk adaptasi dengan karakter mesin transmisinya. Selama ini pakenya ANJ yg cenderung rada galak dimana gasnya ditoel dikit udah berasa nyentak mau lari, nah pake mirage cenderung tarikannya lebih kalem dan butuh digas rada dalam agar mau lari. Kalau digas dikit doang berasa nggak ada larinya. Trus butuh adaptasi jg buat nariknya, karena transmisi cvt nggak berasa ada [cencored] kaya AT konvensional.
Yg rada mengganggu bagi gw dan nanti pas servis pertama mau ditanyain ke beres, masalah getaran pipa knalpot yg rada2 berisik. Trus juga sesekali pas distater, motor staternya suka bunyi mendesing kaya nggak nyantol ke flywheel. Klo gitu biasanya dimatiin dulu trus distater lagi, baru normal. Tapi untuk lainnya sih okelah, bantingan empuk, kestabilan cukup (tp jgn bandingin sama ANJ stabilnya)
respon stir bagus. Untuk bensin belum bisa komentar banyak karena baru pake beberapa hari. Tapi jalan 70 km, dengan rute harian melintas area fatmawati dsk yg macet, kira2 dapet 1:9. Bensin isi full pake kerang super 23 liter hari sabtu, meter bensin sampe hari ini masih 3/4. Mungkin karena belum disetel ulang sama beres makanya belum begitu irit. Nanti kalau udah servis pertama mungkin konsumsi bensinya akan lebih baik. (inget ANJ ane dulu waktu awal2 boros banget setelah distel ulang, jauh lebih irit)

tenaga <4000 memang tergolong halus n rada loyo.. harus di bejek >4000 bru ngacir. termasuk klw nanjak berat bejek >4000 bru enak, di bawah itu klw di kasih nanjak berat ngeden dan kadang ngelitik ...sekalipun pke pertamax. pke v power atw plus bru mantep di rpm bawahnya...
dan karna CVT rpm bisa diem di sweet spot misalnya d torsi maximal terus2an selama dalam range ratio CVTnya. sambil teru accel g abis2 nariknya. hal yg sulit di capai d geared gearbox.
minusnya, boring g ada shifting, g ada redline,g bisa ngerasain dynamika rpm mesin.. dan ada lag sebelum mulai lockup ini yg bikin kurang agresif... hrs bisa mancingnya.
fc sih relatif gmn traffic dan pemakaian, dan ada baiknya full to full jgn lihat mid.. dan ya saat pertama di pakai setelah ecu d reset /cabut accu fuzzy logic transmisi akan bljr ulang, nanti fc dan tarikan akan membaik.
suspensi n handling major drawbacknya di gw sih........ ga bisa dibandingin dengan mbl lain, karna di mira ga pakai swaybar atau stabillizer sama sekali....masih di tambah spring dgn rate rendah, shock yg lembek, dan eco tyre tipis jd wajar body roll tinggi dan handling krng baik....
di lain sisi, di jalan ancur jadi jauh lebih enak dari citycar lain, karna kaki2nya bisa bener2 independen ga di iket swaybar. ini bikin gw demen, bwat yg sering di jalan ancur.. syang shocknya aja klw extent ngejeblak gtu... ya di kelas harga sgni g bisa ngapep suspensi kls wahit sih.
mesti nabung upgred suspensi...

stater itu ke beres aja om... gigi flywheelnya ada yg cacat dan rompal.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 944
- Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31
Re: CVT issue
billyd1773dz wrote:ada yg pernah masalah kya gini?
http://www.youtube.com/watch?feature=pl ... ySx86Uf1Ccgw uda 4x euy...the CVT mode Display of R N D and B is blinking, i heard whining noise, and it suddenly run very slow and heavy, and sometime the engine feels going to stall
it is happen randomly couple of time, when i'm driving around in my town.. in manual book it is said, the CVT is overheating.. i doubt mine does it, because i drove it slowly in relatively normal traffic, and just few minute after i start my daily trip.
just restart the engine and every thing back to normal.
i have used it to climb steep hill,push it hard high speed on highway and drive it on long trip, which should put high load and high temp on CVT. but all going well without triggering this issue.
so i thought it is not because of heat/cooling issue, or high load usage.waktu gw pke.. waktu ade gw pke ya mungkin lebih
Coba check level oli cvt bro
Caranya abis jalan (masih panas ya) berenti tempat rata, mesin hidup di posisi N/P
Tarik stik oli cvt, bersihin dulu pake lap bersih, masukin lagi ke tempatnya, cabut lagi & lihat, level oli cvt harus di posisi hot (atas)
Kalo level di posisi cool (bawah), tinggal minta tambah ke beres
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3220
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012
Nanya dong.. mirage ini tergolong mobil lelet ato agresif??


[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1292
- Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
- Location: mtg, jakarta
- Daily Vehicle: toyota fans boys
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: CVT issue
dulu sempet 3000an km waktu iseng aja pagi2 di cek *sblmnya karna ngerasa yakin mbl baru, n sebagian besar dpke adik juga jd ngerasa g perlu di cek satu2 sendiri* eh ternyata oli Mesin kurang cuma setengah di dipstickny... langsung komplain ke beres di tambah deh. oli CVT yg bening bngt rada susah ngeliatnya di dipstick, mesti di pegang d raba basahnya di mana, waktu itu di rasa kurang juga jadi di tambah, dgn CVTF fluid d beres dimana CVT ga boleh pakai ATF biasa. dan interval kurasnya jauh lebih cepet dari matic biasa 200rb vs 40rb. dgn kapasitas jauh lebih besar dari yg MT 3 vs 7ltr, mesin cuma 2.8ltrRVR wrote:billyd1773dz wrote:ada yg pernah masalah kya gini?
http://www.youtube.com/watch?feature=pl ... ySx86Uf1Ccgw uda 4x euy...the CVT mode Display of R N D and B is blinking, i heard whining noise, and it suddenly run very slow and heavy, and sometime the engine feels going to stall
it is happen randomly couple of time, when i'm driving around in my town.. in manual book it is said, the CVT is overheating.. i doubt mine does it, because i drove it slowly in relatively normal traffic, and just few minute after i start my daily trip.
just restart the engine and every thing back to normal.
i have used it to climb steep hill,push it hard high speed on highway and drive it on long trip, which should put high load and high temp on CVT. but all going well without triggering this issue.
so i thought it is not because of heat/cooling issue, or high load usage.waktu gw pke.. waktu ade gw pke ya mungkin lebih
Coba check level oli cvt bro
Caranya abis jalan (masih panas ya) berenti tempat rata, mesin hidup di posisi N/P
Tarik stik oli cvt, bersihin dulu pake lap bersih, masukin lagi ke tempatnya, cabut lagi & lihat, level oli cvt harus di posisi hot (atas)
Kalo level di posisi cool (bawah), tinggal minta tambah ke beres
ngecek oli matic hrs mesin hidup dan di transmisi N, agar torqueconverter hidup dan oli di putar. di P torqueconverter tidak hidup.
skrng mestinya oli sih uda ok itu juga jadi bahan curiga yg pertama... mungkin ntar mw gw minta kuras aja....
ntar ke beres mungkin minggu dpn.. sklian serpis 10K
y jrng sih kejadianya, dan cukup matiin mesin normal lagi.... pke OBD engga kebaca error dmn....
meski klw lg kejadiaan ga enak juga, apalagi klw d tol kan g enak berhenti dan matiin mesin dulu.
thx masukanya om


Last edited by billyd1773dz on Sun Sep 08, 2013 13:32, edited 1 time in total.
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012
typical mesin sedan gasoline modern galak di RPM atas om... di bawah <2000 saat valve variable di mode eco, ya smooth aja g galak bwat dalkot enak bisa halus apalagi cvt ga ada shifting sama sekali, tp luar kota nanjak naik turun low speed d rpm sgtu y kedodoran mesti sering di 3000an biar g drop,dan utk overtaking sekalipun lg nanjak berat bisa kencang asal gaspol dan rpm naik d atas 4000-5000..... di 6000 malah asa kurang.Felixz_Yaris wrote:Nanya dong.. mirage ini tergolong mobil lelet ato agresif??
meski ni mivec bisa hidup mulai dari 1800 rpm kalau di kondisi engine load tertentu.. kerasa n kedenger bngt klw pke open filter suara mesin bisa langsung rubah tanda durasi camshaft valvenya geser..
klw geared bahasanya.. *di gigi 3 kenceng. gigi sekian gimana bla bla* klw cvt giginya di ganti RPM, hehehe

karakter dasar 3cyld potensinya memang galak di rpm atas,dan berat d rpm bawah. namun kebantu oleh longstroke enginenya yg bertorsi kuat. mivecnya juga ngebantu yg uda bisa kerja di rpm rendah.
CVT *hybrid* buatan jatco, karna di dalamnya pakai gigi juga 2speed bwat expand belt wide ratio jd cakupannya rationya lebih luas dari yg MT sekalipun... sodaraan dgn xtronic cvtnya juke dan livina
untungnya karakter ni mesin ga perlu setinggi mesin vtec yg butuh rpm lebih tinggi lagi untuk ngasilin tenaga besar.. y mungkin antara eco engine kaya idsi yg torsinya d rpm lebih rendah dan vtec yg lebih d highrpm.
al hasil klw d tanya galak engganya kembali ke expectasi dan pembanding aja sebelumnya pke mbl apa.. hehehe

klw bagi gw yg galak tu.. turbo diesel pke piggyback 200ps 450nm baru tu brutal dari rpm 1200 wkwkw

blm pernah nyupir jauh city car lain sih....

cuma imho di rpm atasnya mira memang layak dikasih jempol, uda cukup utk bikin senyum

cmiiw

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3220
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012
Makasih omm. Billy atas jawabannya..
Maklum nyubie ..
Maklum nyubie ..

[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012
tergantung ya nyetir om...Felixz_Yaris wrote:Nanya dong.. mirage ini tergolong mobil lelet ato agresif??

Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 944
- Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31
Re: CVT issue
Setau sy cvtf ga perlu ganti brobillyd1773dz wrote:dulu sempet 3000an km waktu iseng aja pagi2 di cek *sblmnya karna ngerasa yakin mbl baru, n sebagian besar dpke adik juga jd ngerasa g perlu di cek satu2 sendiri* eh ternyata oli Mesin kurang cuma setengah di dipstickny... langsung komplain ke beres di tambah deh. oli CVT yg bening bngt rada susah ngeliatnya di dipstick, mesti di pegang d raba basahnya di mana, waktu itu di rasa kurang juga jadi di tambah, dgn CVTF fluid d beres dimana CVT ga boleh pakai ATF biasa. dan interval kurasnya jauh lebih cepet dari matic biasa 200rb vs 40rb. dgn kapasitas jauh lebih besar dari yg MT 3 vs 7ltr, mesin cuma 2.8ltrRVR wrote:billyd1773dz wrote:ada yg pernah masalah kya gini?
http://www.youtube.com/watch?feature=pl ... ySx86Uf1Cc
gw uda 4x euy...waktu gw pke.. waktu ade gw pke ya mungkin lebih
Coba check level oli cvt bro
Caranya abis jalan (masih panas ya) berenti tempat rata, mesin hidup di posisi N/P
Tarik stik oli cvt, bersihin dulu pake lap bersih, masukin lagi ke tempatnya, cabut lagi & lihat, level oli cvt harus di posisi hot (atas)
Kalo level di posisi cool (bawah), tinggal minta tambah ke beres
ngecek oli matic hrs mesin hidup dan di transmisi N, agar torqueconverter hidup dan oli di putar. di P torqueconverter tidak hidup.
skrng mestinya oli sih uda ok itu juga jadi bahan curiga yg pertama... mungkin ntar mw gw minta kuras aja....
ntar ke beres mungkin minggu dpn.. sklian serpis 10K
y jrng sih kejadianya, dan cukup matiin mesin normal lagi.... pke OBD engga kebaca error dmn....
meski klw lg kejadiaan ga enak juga, apalagi klw d tol kan g enak berhenti dan matiin mesin dulu.
thx masukanya om
Hanya kalo pemakaian berat perlu ganti di 40,000km
Berat bisa dianalogikan kendaraan taxi
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: CVT issue
tkt om.............. ini juga 10k pingin minta di kuras.... moga2 ndut2an n blinking uda g pernah keluar lg..RVR wrote:
Setau sy cvtf ga perlu ganti bro
Hanya kalo pemakaian berat perlu ganti di 40,000km
Berat bisa dianalogikan kendaraan taxi
d buku manual mitsu di tulis 2 opsi biasanya bro.. klw normal dan klw pemakaian berat untuk penggantian oli mesin/filter dan perawatan lain. tp khusus CVT hanya 1 opsi 40K aja.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 944
- Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31
Re: CVT issue
Coba baca lagi bro owner manualnyabillyd1773dz wrote:tkt om.............. ini juga 10k pingin minta di kuras.... moga2 ndut2an n blinking uda g pernah keluar lg..RVR wrote:
Setau sy cvtf ga perlu ganti bro
Hanya kalo pemakaian berat perlu ganti di 40,000km
Berat bisa dianalogikan kendaraan taxi
d buku manual mitsu di tulis 2 opsi biasanya bro.. klw normal dan klw pemakaian berat untuk penggantian oli mesin/filter dan perawatan lain. tp khusus CVT hanya 1 opsi 40K aja.
Memang ga perlu ganti kok
Cuma periksa-periksa aja tiap 10K km
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: CVT issue
haha coba ntar di liat lagi...........RVR wrote:Coba baca lagi bro owner manualnyabillyd1773dz wrote:tkt om.............. ini juga 10k pingin minta di kuras.... moga2 ndut2an n blinking uda g pernah keluar lg..RVR wrote:
Setau sy cvtf ga perlu ganti bro
Hanya kalo pemakaian berat perlu ganti di 40,000km
Berat bisa dianalogikan kendaraan taxi
d buku manual mitsu di tulis 2 opsi biasanya bro.. klw normal dan klw pemakaian berat untuk penggantian oli mesin/filter dan perawatan lain. tp khusus CVT hanya 1 opsi 40K aja.
Memang ga perlu ganti kok
Cuma periksa-periksa aja tiap 10K km
trus kata suhu cvt blinking dan ndut2an klw engine brake d D.. ane mending di apain?

-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: CVT issue
engga broRVR wrote:Coba baca lagi bro owner manualnyabillyd1773dz wrote:tkt om.............. ini juga 10k pingin minta di kuras.... moga2 ndut2an n blinking uda g pernah keluar lg..RVR wrote:
Setau sy cvtf ga perlu ganti bro
Hanya kalo pemakaian berat perlu ganti di 40,000km
Berat bisa dianalogikan kendaraan taxi
d buku manual mitsu di tulis 2 opsi biasanya bro.. klw normal dan klw pemakaian berat untuk penggantian oli mesin/filter dan perawatan lain. tp khusus CVT hanya 1 opsi 40K aja.
Memang ga perlu ganti kok
Cuma periksa-periksa aja tiap 10K km



-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 223
- Joined: Fri Jun 08, 2012 4:22
- Location: South Jakarta
Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012
Sundul lagi ah trit ini.
Update pengalaman pake mirage exceed,
Setelah sekitar 2 bulanan pake ni mobil, akhirnya tercapai juga servis pertama 1000 km.
Pengalaman ane pake mirage, ni mobil termasuk sensitif juga sama jenis bensin yg dipake. Beda bensin, beda rasa sensasi yg dipake. Setelah coba-coba beberapa bensin (pertamax, shell super, v-power, perta plus blom coba), kesimpulan ane mesinnya paling optimal pake yg kelas oktan 95. Saat ini pake V-power, hasilnya enteng banget tarikannya, beberapa kali coba tarik2an, cukup mampu ngasepin grand livina metik (ini nggak tau deh faktor menangnya krn apa, apa krn miragenya pake bensin bagus dan lawannya pake premium doang jadinya bolot, soalnya tuh GL rada susah ngejarnya).
Kalau untuk urusan irit, terus terang pake oktan 92 atau 95 nggak gitu significan bedanya, berasanya di tenaga mesin yg dihasilkan. Kalau dibanding pertamax atau shell super, yg gw rasain kalau pake pertamax, emang direspon awal gw rasa emang lebih bagus, tapi di putaran atas biasa aja. Kalau pake shell super, tenaganya terasa rata dari putaran bawah ke atas.
Karena mirage bodyrollnya lumayan berasa, trus feedback setirnya kurang sensitif serta injekan remmya rada dalem , jadinya nggak berani ngebut terlalu agresif. Padahal mesinnya masih mau melayani. Mungkin kalau ban standarnya perlu diganti dengan profil yg lebih lebar, handlingnya akan terasa lebih baik.
Pas kemarin akhirnya masuk beres dan di mitsu mampang buat service pertama. Ajukan complain masalah stater yang suka selip dan bunyi menjerit dan setel rem. Diperiksa di beres emang staternya menjerit kemudian dicek emang bener stater dan flywheelnya bermasalah, ada giginya cacat. Saat ini partsnya lagi diorder dan ntar masuk rawat inap sekitar 3 hari buat penggantian stater dan flywheel.
Update pengalaman pake mirage exceed,
Setelah sekitar 2 bulanan pake ni mobil, akhirnya tercapai juga servis pertama 1000 km.
Pengalaman ane pake mirage, ni mobil termasuk sensitif juga sama jenis bensin yg dipake. Beda bensin, beda rasa sensasi yg dipake. Setelah coba-coba beberapa bensin (pertamax, shell super, v-power, perta plus blom coba), kesimpulan ane mesinnya paling optimal pake yg kelas oktan 95. Saat ini pake V-power, hasilnya enteng banget tarikannya, beberapa kali coba tarik2an, cukup mampu ngasepin grand livina metik (ini nggak tau deh faktor menangnya krn apa, apa krn miragenya pake bensin bagus dan lawannya pake premium doang jadinya bolot, soalnya tuh GL rada susah ngejarnya).

Kalau untuk urusan irit, terus terang pake oktan 92 atau 95 nggak gitu significan bedanya, berasanya di tenaga mesin yg dihasilkan. Kalau dibanding pertamax atau shell super, yg gw rasain kalau pake pertamax, emang direspon awal gw rasa emang lebih bagus, tapi di putaran atas biasa aja. Kalau pake shell super, tenaganya terasa rata dari putaran bawah ke atas.
Karena mirage bodyrollnya lumayan berasa, trus feedback setirnya kurang sensitif serta injekan remmya rada dalem , jadinya nggak berani ngebut terlalu agresif. Padahal mesinnya masih mau melayani. Mungkin kalau ban standarnya perlu diganti dengan profil yg lebih lebar, handlingnya akan terasa lebih baik.
Pas kemarin akhirnya masuk beres dan di mitsu mampang buat service pertama. Ajukan complain masalah stater yang suka selip dan bunyi menjerit dan setel rem. Diperiksa di beres emang staternya menjerit kemudian dicek emang bener stater dan flywheelnya bermasalah, ada giginya cacat. Saat ini partsnya lagi diorder dan ntar masuk rawat inap sekitar 3 hari buat penggantian stater dan flywheel.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2084
- Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16
Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012
Godd job mitsu..indrasir wrote:Sundul lagi ah trit ini.
Update pengalaman pake mirage exceed,
Setelah sekitar 2 bulanan pake ni mobil, akhirnya tercapai juga servis pertama 1000 km.
Pengalaman ane pake mirage, ni mobil termasuk sensitif juga sama jenis bensin yg dipake. Beda bensin, beda rasa sensasi yg dipake. Setelah coba-coba beberapa bensin (pertamax, shell super, v-power, perta plus blom coba), kesimpulan ane mesinnya paling optimal pake yg kelas oktan 95. Saat ini pake V-power, hasilnya enteng banget tarikannya, beberapa kali coba tarik2an, cukup mampu ngasepin grand livina metik (ini nggak tau deh faktor menangnya krn apa, apa krn miragenya pake bensin bagus dan lawannya pake premium doang jadinya bolot, soalnya tuh GL rada susah ngejarnya).![]()
Kalau untuk urusan irit, terus terang pake oktan 92 atau 95 nggak gitu significan bedanya, berasanya di tenaga mesin yg dihasilkan. Kalau dibanding pertamax atau shell super, yg gw rasain kalau pake pertamax, emang direspon awal gw rasa emang lebih bagus, tapi di putaran atas biasa aja. Kalau pake shell super, tenaganya terasa rata dari putaran bawah ke atas.
Karena mirage bodyrollnya lumayan berasa, trus feedback setirnya kurang sensitif serta injekan remmya rada dalem , jadinya nggak berani ngebut terlalu agresif. Padahal mesinnya masih mau melayani. Mungkin kalau ban standarnya perlu diganti dengan profil yg lebih lebar, handlingnya akan terasa lebih baik.
Pas kemarin akhirnya masuk beres dan di mitsu mampang buat service pertama. Ajukan complain masalah stater yang suka selip dan bunyi menjerit dan setel rem. Diperiksa di beres emang staternya menjerit kemudian dicek emang bener stater dan flywheelnya bermasalah, ada giginya cacat. Saat ini partsnya lagi diorder dan ntar masuk rawat inap sekitar 3 hari buat penggantian stater dan flywheel.
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012
setuju om..indrasir wrote:Sundul lagi ah trit ini.
Update pengalaman pake mirage exceed,
Setelah sekitar 2 bulanan pake ni mobil, akhirnya tercapai juga servis pertama 1000 km.
Pengalaman ane pake mirage, ni mobil termasuk sensitif juga sama jenis bensin yg dipake. Beda bensin, beda rasa sensasi yg dipake. Setelah coba-coba beberapa bensin (pertamax, shell super, v-power, perta plus blom coba), kesimpulan ane mesinnya paling optimal pake yg kelas oktan 95. Saat ini pake V-power, hasilnya enteng banget tarikannya, beberapa kali coba tarik2an, cukup mampu ngasepin grand livina metik (ini nggak tau deh faktor menangnya krn apa, apa krn miragenya pake bensin bagus dan lawannya pake premium doang jadinya bolot, soalnya tuh GL rada susah ngejarnya).![]()
Kalau untuk urusan irit, terus terang pake oktan 92 atau 95 nggak gitu significan bedanya, berasanya di tenaga mesin yg dihasilkan. Kalau dibanding pertamax atau shell super, yg gw rasain kalau pake pertamax, emang direspon awal gw rasa emang lebih bagus, tapi di putaran atas biasa aja. Kalau pake shell super, tenaganya terasa rata dari putaran bawah ke atas.
Karena mirage bodyrollnya lumayan berasa, trus feedback setirnya kurang sensitif serta injekan remmya rada dalem , jadinya nggak berani ngebut terlalu agresif. Padahal mesinnya masih mau melayani. Mungkin kalau ban standarnya perlu diganti dengan profil yg lebih lebar, handlingnya akan terasa lebih baik.
Pas kemarin akhirnya masuk beres dan di mitsu mampang buat service pertama. Ajukan complain masalah stater yang suka selip dan bunyi menjerit dan setel rem. Diperiksa di beres emang staternya menjerit kemudian dicek emang bener stater dan flywheelnya bermasalah, ada giginya cacat. Saat ini partsnya lagi diorder dan ntar masuk rawat inap sekitar 3 hari buat penggantian stater dan flywheel.


fc sih asa sama2 aja... tenaga lebih besar, cendrung lebih demen bejeknya haha

yup, handling ban mesti ganti yg karakter higrip tapak lebar velg besar dan profil tipis.. jauuh bedanya. termasuk ke pengereman juga lebih baik.
bantingan lucunya masih acceptable sekalipun gw pke 205/40r17 dan per uda lebih keras.
jeleknya pengaruh ke fc lumayan bedanya... dan ngejar topspeed juga lebih berat.

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Tue Apr 09, 2013 0:32
Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012
Sundul lagi deh trit nya hehe..
Om saya mau nanya, saya baru beli mirage yg exceed. Kenapa ya kl abis parkir and mulai jalan, kadang2 pas diinjek gas nya pertama kali suka ada bunyi 'duk!' gitu? Cuma sekali aj sih pas mulai jalan abis itu ga ada lagi. Apakah om2 yg punya mirage disini jg kaya gt? Atau ada yg rusak sama cvt saya?
Thanks.
Om saya mau nanya, saya baru beli mirage yg exceed. Kenapa ya kl abis parkir and mulai jalan, kadang2 pas diinjek gas nya pertama kali suka ada bunyi 'duk!' gitu? Cuma sekali aj sih pas mulai jalan abis itu ga ada lagi. Apakah om2 yg punya mirage disini jg kaya gt? Atau ada yg rusak sama cvt saya?
Thanks.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012
bunyi duk nya kira2 dari arah mana?
coba cek isi bagasi, bro
coba cek isi bagasi, bro

Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Tue Apr 09, 2013 0:32
Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012
Dateng nya dari pedal gas om. Kaya pas diinjek berasa duk! nya..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Tue Oct 16, 2012 16:17
- Location: PIK
Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012
buat poin 9 dan poin 11, kayanya bukan di mirage doank. di outlander sport type px produksi 2013 juga sama aja tuh.endrow82 wrote:Ini mirage calon mobil buat modif dan balapan liar, hehehehe...
Kekurangan mirage yang saya rasakan:
1. Kaca spion nya kaga auto lipat
2. Peredaman kurang (perlu extra peredaman)
3. Kaca mobil suka ngembun (ac nya terlalu dingin kayanya?)
4. Kaga auto lock door, jadi harus manual lock nya, dan posisi lock di driver nya sangat2 tidak ergonomic.
5. Saya waktu nyetir kalo saya amati waktu kecepatan di 40km/h dan posisi lepas gas, ini mobil ga tau kenapa susah turun gigi malah nge-gas sendiri berusaha pertahankan kecepatan 40. Jadi mau turun langsung auto gas, kerasa efek sodokan nya, makanya saya bilang ini mobil kaya kuda liar. Harus injak rem baru mau turun gigi. Mungkin ini yang namanya CVT? ato memang ciri kas mirage? Kalo sebelumnya saya pake matic innova yang masih pake trottle by wire jadi kalo pas gas nya di lepas, mobilnya bakal turun pelan-pelan kecepatannya.
6. Transmission nya yang ada tulisan P, D, R, dll kaga menyala, jadi kalo malam ya ga keliatan apa2. Jadi ya harus main feeling dan liat layar monitor di depan driver biar tahu posisi tuas sekarang.
7. Untuk tipe exceed, jika lupa kunci pintu mobil, dia kaga mau auto lock.
8. Pertama kali mo pake mobil, nungguin mesin sampe panas agak lama. Biasa saya pake innova 2 menit mesin udah siap, kalo mirage bisa 3-4 menit baru lampu peringatannya hilang.
9. Lampu dim biasanya kalo mo dim 1x saja cukup tarik tuas kearah driver dan lepas. Kalo mau dim agak lama tuas nya di dorong menjauhi driver dan di tarik ke arah driver untuk mematikannya. Tapi di mirage cuman bisa 1 mode aja, yaitu tarik tuas kearah driver, ga bisa menjauhi driver. Efeknya lampu dim akan menyala terus meskipun tuas nya di lepas. Untuk mematikan dim harus di dorong menjauhi driver.
10. Tempat penyimpanan barang-barang kecil cuman di depan penumpang depan saja. Pinginnya antara di driver dan penumpang depan ada glove box nya.
11. Kalo mau kasih lampu sign belok kanan/kiri, itu tuas kayanya perlu oli de, perlu tenaga extra buat tarik tuas kebawah/keatas buat nyalain lampu sign. Berasa kaya tuas nya truk tahun 80-an.
Semoga bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli.
lampu dimnya udah di tarik (tidak sampe bunyi klik yah) begitu di lepas kaga langsung mati, harus di dorong sedikit menjauhi arah driver baru mati. buat lampu jauhnya lebih parah lagi, susah banget dimatiin. udah di tarik sampe bunyi klik berkali kali masih kaga mati, yang ada kena damprat orang melulu.
kalo buat poin 11, tuas lampu sen nya ditarik sampe bunyi cetek. kayanya mitsubishi ini kebiasaan bikin mobil buat supir supir truk yang pakainya kasar kali yah. jadi kalo pemakainya alus yah kurang cocok. mobilnya harus dikasarin.
buat poin 9 yah, kalo mau lampu dim gitu di lepas langsung mati sih bisa, tarik dikit dan lepasnya agak kaya di bikin membal balik ke belakang, jadi pas mau dilepas musti dari ujung tuas langsung dilepas. agak susah ngejelasinnya. cuma agak kaget sih pas pakenya. ini mobil nga bisa di pake sama orang yang pemakainya halus. cocoknya di pake sama supir angkot dan supir bus.
bisa dimaklumin sih, pengalaman ktb selama puluhan taon yah bikinnya truk. bukan buat passenger car. hahaha...
sampe sekarang masih belom ketemu solusi buat matiin lampu jauh secara cepat, tanpa harus tarik tuas berkali kali sampe bunyi klik.
fyi mobil ane baru dateng belom sampe seminggu. sorry oot, cuma karena punya persamaan problem jadi yah ane ngomong juga disini.
bro udah coba komplain ke beres nya ktb? kalo sudah, udah dikasih solusi belom? kalo bole tau, ke beres mana yah?
one small step for a man, a giant leap for mankind
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 343
- Joined: Sat Sep 21, 2013 1:31
Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012
Ane mau komen soal poin 9, tapi tipe mirage ane glx buka exceed, mestinya sih sama aja teknisnya.
Buat dim biasanya ane tarik tuas sedikit ke arah driver, klo dilepas dim nya off.klo mau dim nya lama,tarik tuas ke arah driver sampai mentok,mau off nya ga perlu didorong ke arah berlawanan koq, cukup ditarik lagi aja ke arah driver.
Hanya berbagi pengalaman ane ya selama pakai mirage glx, mungkin yg lain memang ada sesuatu yg ga beres.
Klo sein mah emg ga ada halus2 nya, tapi karna mobil ane yg itu2 aja, keseringan pake jadinya ya udah terbiasa. Lain hal dengan yg biasa gonta ganti mobil pasti ngerasa beda.
Buat dim biasanya ane tarik tuas sedikit ke arah driver, klo dilepas dim nya off.klo mau dim nya lama,tarik tuas ke arah driver sampai mentok,mau off nya ga perlu didorong ke arah berlawanan koq, cukup ditarik lagi aja ke arah driver.
Hanya berbagi pengalaman ane ya selama pakai mirage glx, mungkin yg lain memang ada sesuatu yg ga beres.
Klo sein mah emg ga ada halus2 nya, tapi karna mobil ane yg itu2 aja, keseringan pake jadinya ya udah terbiasa. Lain hal dengan yg biasa gonta ganti mobil pasti ngerasa beda.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012
Hehehe, itulah sebabnya mobil baru selalu diberi buku manual
Soal sein dan lampu jauh ini begini:
Untuk sein, kalo sekedar mau pindah jalur, cukup "sentil" saja tuasnya, jangan sampai bunyi ceklok (iya bunyinya serem
), nanti lampu sein akan nyala 3x. Naaaah, kalo mau belok, barulah tuas ditarik sampai bunyi ceklok, nanti sein akan nyala terus sampai setir diputar ke arah berlawanan.
Untuk lampu jauh prinsipnya sama, tarik dikit saja, nanti terasa memantul balik tuasnya, itu lampu jauh akan nyala dan langsung mati lagi. Untuk menyalakan lampu jauh seterusnya, tarik sampai bunyi ceklok (tapi lebih halus bunyinya daripada sein), untuk mematikan lampu jauh lakukan hal yang sama sekali lagi.
Mudah2an penjelasan ane bisa dipahami.
Sekian.
*matiin mic*


Soal sein dan lampu jauh ini begini:
Untuk sein, kalo sekedar mau pindah jalur, cukup "sentil" saja tuasnya, jangan sampai bunyi ceklok (iya bunyinya serem

Untuk lampu jauh prinsipnya sama, tarik dikit saja, nanti terasa memantul balik tuasnya, itu lampu jauh akan nyala dan langsung mati lagi. Untuk menyalakan lampu jauh seterusnya, tarik sampai bunyi ceklok (tapi lebih halus bunyinya daripada sein), untuk mematikan lampu jauh lakukan hal yang sama sekali lagi.
Mudah2an penjelasan ane bisa dipahami.
Sekian.
*matiin mic*



Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 379
- Joined: Wed May 01, 2013 4:43
- Location: Jakarta
Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012

Maaf byk tanya, soalnya awal taon depan kan mau masuk FF Ecoboost 1L, jadi bisa dibandingkan gitu..
I am a Driver... not a Racer...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012
Mirage matic ane (GLS) kalo dalam kota max cuma bisa dapat 1:12ALX7 wrote:Rekan2 miraser, bole share konsumsi fc nya? Baik dalkot atopun tol lukot nya..? trus pake bbm nya jenis apa utk raihan spt itu dgn gaya berkendaranya jg...?
Maaf byk tanya, soalnya awal taon depan kan mau masuk FF Ecoboost 1L, jadi bisa dibandingkan gitu..
Luar kota pernah tembus 1:18 tapi jalan relatif menurun dan isi ane doang, gak ada penumpang

Gaya mengemudi? Rada agresif sensitif (halah, istilah apa lagi itu)
BTW, FF Ecoboost itu apa ya?

Maaf ndeso ndak tau
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net