Santa Fe 2012

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1088
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Santa Fe 2012

Post by aspsilver »

masalahnya gini kang, Rp 450juta untuk mobil dengan model, tingkat kemewahan, dsb, murah atau paling tidak good value.
tapi Rp 450 juta untuk Hyundai adalah uang yang banyak alias mahal.

jadi kalo resiko hilang duit banyak kan sayang juga.
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: Santa Fe 2012

Post by campoeran »

Udah gitu masih banyak aja yg disunat juga . Mmg gak H tegak gak H miring yg namanya H disini demennya nyunat mobil. bedanya cm satunya dr jepang satunya dari korea :).
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: Santa Fe 2012

Post by claude_wallace »

campoeran wrote:Udah gitu masih banyak aja yg disunat juga . Mmg gak H tegak gak H miring yg namanya H disini demennya nyunat mobil. bedanya cm satunya dr jepang satunya dari korea :).
:wkkk: :wkkk: :wkkk:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Santa Fe 2012

Post by Turboman »

Better coba ke toko2 parts Hyundai en survey harga serta ketersediaan parts utk All New Santa Fe ini dulu.

Salah 1 indikasi yg akan mempengaruhi resale value = index harga spare parts, kalo misal harga parts-nya selangit maka lebih baik pakai mobil tsb jgn lebih dr 3 tahun, kalo misal harga parts-nya murah maka utk long term lebih aman.

Discl = Just IMO
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1088
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Santa Fe 2012

Post by aspsilver »

disunat kan karena menekan harga. jadi lebih terjangkau.

fitur kan ongkos.

dan orang indonesia lebih baik gak ada airbag dan abs tapi pake velg racing besar, side skirt, tv.

jadi ya disunat aja diganti sama yang lebih menarik buat masyarakat Indonesia.

saya punya granmax versi expor jepang, double airbag, abs, automatic trans, rear defogger, electric mirror, tapi velg kaleng, no audio

saya juga punya versi lokal semua tadi gak ada tapi velg racing, sein spion, tanduk.

mana yang laku dijual? yang keren tampangnya.

luxio pernah punya option abs dengan tambah 3 juta. gak laku.
User avatar
garfield
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Fri Oct 19, 2012 9:13
Location: JAKARTA

Re: Santa Fe 2012

Post by garfield »

udah lama ngga update nich :mky_01:
sekitar 2-3 minggu yang lalu, my santi dibawa ke Ichi Autocare (Sunter) agar lebih cantik dan terawat :big_peace:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Santa Fe 2012

Post by AD74YA »

Mantep oom....

Besok mudah-mudahan ane bakal jajal ini mobil
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Santa Fe 2012

Post by Turboman »

Mantap um Garfield

ditunggu update-nya dan semoga ANStPi ini durabilitasnya bisa setara / lebih baik drpd mobil2 Jepun sekelas.

semoga harga fast moving parts-nya terjangkau.
* Bukan ajakan Beli *
kreme
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Sun Jul 18, 2010 7:36

Re: Santa Fe 2012

Post by kreme »

kemarin ngeliat warna putih sih keren banget....

malah awalnya dari jauh...
ane kira lexus rx270
ternyata pas deket hyundai santa fe...
ha2....

cm fiturnya katanya banyak dipangkas yah?
yg versi indo
leiv
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27

Re: Santa Fe 2012

Post by leiv »

mantap om garfield santi nya, udah jalan brp km om? mobil eksotis, krn dijalanan blm pernah ketemu kembarannya, kalo all new crv mah udah sering bgt ketemunya, udah diapain aja om mobilnya?

kmrn iseng2 nanya ke tehnisi di hyundai serpong ttg bgmn cara utk parkir kemudian dibikin jd netral shg mobil bisa di dorong2, ternyata gak ada yg tau, payah jg, jd mikir kalo ada problem mesin apa mrk bisa handle ya?

pertanyaan buat om Turboman, rekomendasi hyundai utk oli mesin adalah shell helix diesel HX7 10w-40, bagaimana perbandingannya dengan shell helix ultra AB 5w-30?

ayo para new santiers silahkan share pengalaman disini, thanks

buat momod Adjaya, ditunggu review nya ya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
fur10usx
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01

Re: Santa Fe 2012

Post by fur10usx »

leiv wrote:mantap om garfield santi nya, udah jalan brp km om? mobil eksotis, krn dijalanan blm pernah ketemu kembarannya, kalo all new crv mah udah sering bgt ketemunya, udah diapain aja om mobilnya?

kmrn iseng2 nanya ke tehnisi di hyundai serpong ttg bgmn cara utk parkir kemudian dibikin jd netral shg mobil bisa di dorong2, ternyata gak ada yg tau, payah jg, jd mikir kalo ada problem mesin apa mrk bisa handle ya?

pertanyaan buat om Turboman, rekomendasi hyundai utk oli mesin adalah shell helix diesel HX7 10w-40, bagaimana perbandingannya dengan shell helix ultra AB 5w-30?

ayo para new santiers silahkan share pengalaman disini, thanks

buat momod Adjaya, ditunggu review nya ya
bantu jawab deh.. itu hx7 semi synthetic n klo yg ultra ab full synthetic om jd ud jelas beda n bagusan yg ultra.. tapi liat rekomen dr pabrikan nya om disaranin ny pk brapa sae nya...
leiv
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27

Re: Santa Fe 2012

Post by leiv »

berdasarkan buku manual : with Disesel Particular Filter pake nya ACEA C3, without DPF pakenya ACEA B4, suhu disini ngasi info kalo santi ini Without DPF, jadi pakenya ACEA B4 (gak ngerti apa itu Diesel Particular Filter, hehe)

berdasarkan tabel di buku manual ada range temperatur SAE Viscosity number, utk range suhu -10 s/d 50 C dianjurkan yg 15W-40, nah kalo yg shell Ultra 5W-30 berada di range temperatur -20 s/d 40 C, nah saya binggung, secara logika berarti shell Ultra cocoknya utk area yg dingin temperaturnya spt di negara eropa, dan kurang cocok disini? mohon penjelasan para suhu disini, thanks
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Santa Fe 2012

Post by AD74YA »

Review nya on progress oom sabar yah..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
fur10usx
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01

Re: Santa Fe 2012

Post by fur10usx »

leiv wrote:berdasarkan buku manual : with Disesel Particular Filter pake nya ACEA C3, without DPF pakenya ACEA B4, suhu disini ngasi info kalo santi ini Without DPF, jadi pakenya ACEA B4 (gak ngerti apa itu Diesel Particular Filter, hehe)

berdasarkan tabel di buku manual ada range temperatur SAE Viscosity number, utk range suhu -10 s/d 50 C dianjurkan yg 15W-40, nah kalo yg shell Ultra 5W-30 berada di range temperatur -20 s/d 40 C, nah saya binggung, secara logika berarti shell Ultra cocoknya utk area yg dingin temperaturnya spt di negara eropa, dan kurang cocok disini? mohon penjelasan para suhu disini, thanks
ini sebenernya 0ertanyaan buat om turbo nih cos dia jg yg ngasih tau saya hehe jd ga enak.. tapi di cb di bantu deh ya om.. iya harusnya sih klo acea b series itu untuk passenger car om n yg plg bagus saat ini yah b4 klo acea c series itu biasanya untuk heavy duty om.. klo untuk sae nya itu ud kliatan oli ultra ab leboh encer dr yg hx7 otomatis saat om start mpbil pertama pun leboh gampang n tarikan nya pun psti lebih enteng.. mohon dikoreksi deh master2 klo ad yg slh yah..
naldo

Re: Santa Fe 2012

Post by naldo »

Yang penting ganti oli 5000KM sekali, karena di indo udaranya kotor plus ini diesel.

Kemudian kasih Solar berkualitas, minimum shell pke racun. Ga perlu DEX karena DEX yang di pluit bikin PS ane ngebul kaya metro mini. Kalau mau pke DEX boleh tapi yang COCO(Company owned Company operated by pertamina).

Santi kelebihannya memang bukan fitur yang super lengkap, tapi bantingan dan mesin yang belom bs di seimbangkan dengan kompetitor(bawaan pabrik bukan modif2).

Oli mending pke yang di saranin pabrik. Ke enceran bisa burning oil nanti, plus HX7 itu sudah full syn, HX5 yang semi syn.

Thanks
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: Santa Fe 2012

Post by Deasegara »

Wah kalo didaerah yg gak ada dex dan sejenis berarti gak bisa pake Santi dong.....
Izark
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: Thu May 17, 2012 16:30

Re: Santa Fe 2012

Post by Izark »

akhirnya dapet kesempatan nyoba dengan kondisi baik jalan maupun cuaca sama ekstremnya :mky_08:

komentarnya... hmm.... :e-think:
mau nulis apa ya...
naldo

Re: Santa Fe 2012

Post by naldo »

Beli racun kalau gitu. Cetane booster and such..
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Santa Fe 2012

Post by AD74YA »

Izark wrote:akhirnya dapet kesempatan nyoba dengan kondisi baik jalan maupun cuaca sama ekstremnya :mky_08:

komentarnya... hmm.... :e-think:
Review zark... Hehehe
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
Izark
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: Thu May 17, 2012 16:30

Re: Santa Fe 2012

Post by Izark »

masih sakit hati aaah :e-snooty:
mau nulis apa ya...
fur10usx
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01

Re: Santa Fe 2012

Post by fur10usx »

naldo wrote:Yang penting ganti oli 5000KM sekali, karena di indo udaranya kotor plus ini diesel.

Kemudian kasih Solar berkualitas, minimum shell pke racun. Ga perlu DEX karena DEX yang di pluit bikin PS ane ngebul kaya metro mini. Kalau mau pke DEX boleh tapi yang COCO(Company owned Company operated by pertamina).

Santi kelebihannya memang bukan fitur yang super lengkap, tapi bantingan dan mesin yang belom bs di seimbangkan dengan kompetitor(bawaan pabrik bukan modif2).

Oli mending pke yang di saranin pabrik. Ke enceran bisa burning oil nanti, plus HX7 itu sudah full syn, HX5 yang semi syn.

Thanks
wow yakin om naldo hx7 itu full syn? se tau ane sih blom yah msh semi sama kaya hx5 cman beda kualitas n std api nya beda..
User avatar
garfield
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Fri Oct 19, 2012 9:13
Location: JAKARTA

Re: Santa Fe 2012

Post by garfield »

@ Om Leiv, congratz ya akhirnya "si putih" datang juga :mky_02:
Klo punya ane masih dibawah 1000 km dan baru di paint protection plus yg basic2 seperti tambahan karpet, pembungkus setir :mky_06: Btw ditunggu ya sharing upgrade eksterior dan interiornya
@ Om Ad74ya, sangat2 dinantikan nich reviewnya :frm_salut:
@ Om Turbo, amiin :e-pray: sehingga bisa memberikan konsumen di Indonesia banyak alternatif dalam memilih
leiv
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27

Re: Santa Fe 2012

Post by leiv »

om Naldo, ganti oli tiap 5000 km? berdasarkan frekuensi di buku service, ganti oli tiap 10 ribu km, jadi mending Dex atau shell?? jadi bingung, krn ada yg bilang kualitas Dex lbh bagus dibanding dgn shell
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Santa Fe 2012

Post by Turboman »

naldo wrote:Yang penting ganti oli 5000KM sekali, karena di indo udaranya kotor plus ini diesel.

Oli mending pke yang di saranin pabrik. Ke enceran bisa burning oil nanti, plus HX7 itu sudah full syn, HX5 yang semi syn.

Thanks
wah kalo udara sekitar sgt kotor sekali sampai usia oli berkurang 50%, maka kita2 yg tinggal di Indo sejak bayi di umur 20 bisa2 paru2 kita udah pada penuh sludge donkk........hehehe.....buktinya byk yg nyampe umur 80 - 90 khan

Well, usia oli sgt ditentukan oleh kadar sulphur pada BBM, dimana Diesel fuel di indonesia rata2 kadar sulphurnya masih di atas 1000 ppm, sulphur inilah yg menggerus TBN pada oli.

Tapi percobaan ane pada bbrp jenis oli di mesin Diesel, banyak juga yg udah jalan 8000 - 9000 Km angka TBN nya masih cukup tinggi / di atas 6 mg KOH & viscosity kinematic masih normal (see my report on Q8 oils)

Btw HX7 = semi synth., HX5 = mineral, Ultra = Full Synth.
* Bukan ajakan Beli *
fur10usx
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01

Re: Santa Fe 2012

Post by fur10usx »

Turboman wrote:
naldo wrote:Yang penting ganti oli 5000KM sekali, karena di indo udaranya kotor plus ini diesel.

Oli mending pke yang di saranin pabrik. Ke enceran bisa burning oil nanti, plus HX7 itu sudah full syn, HX5 yang semi syn.

Thanks
wah kalo udara sekitar sgt kotor sekali sampai usia oli berkurang 50%, maka kita2 yg tinggal di Indo sejak bayi di umur 20 bisa2 paru2 kita udah pada penuh sludge donkk........hehehe.....buktinya byk yg nyampe umur 80 - 90 khan

Well, usia oli sgt ditentukan oleh kadar sulphur pada BBM, dimana Diesel fuel di indonesia rata2 kadar sulphurnya masih di atas 1000 ppm, sulphur inilah yg menggerus TBN pada oli.

Tapi percobaan ane pada bbrp jenis oli di mesin Diesel, banyak juga yg udah jalan 8000 - 9000 Km angka TBN nya masih cukup tinggi / di atas 6 mg KOH & viscosity kinematic masih normal (see my report on Q8 oils)

Btw HX7 = semi synth., HX5 = mineral, Ultra = Full Synth.
owh hx5 malahan cman mineral yah? kirain ud semi...