

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
kalo paling gampang, coba apanjanya tuker dengan pajero gen 2... bisa dapet duit malah...ak4ng wrote:brother and sister SM,, sy minta saran cara meningkatkan performa apanja sy,, mengingat umurnya sudah hampir 6 tahun menemani saya,, kalo bisa yg murah2 and gampang aja ya,,, maklum masih sekolah,,
Ground cable itu buat ikat ak4ng trus ujung kabel satunya dipantek ke tanah.ak4ng wrote:ground cable tu ap??
gruond= tanah cable= kabel ??????????????
washer wiper sampe muncrat gak om?poeticmind wrote:saya coba Meningkatkan power/speed/kemampuan berlari kendaraan, yaitu dengan trondolin interior mobil... sampe bagasi kosongin, lepas karpet, dashboard sama panel2 doortrim, plafon dll...
kenceng euy...
apa itu washer wiper? sori jek... itu juga kena buang... lebih bagus kaca depan juga lepas ganti kaca akrilik...maskopat wrote:washer wiper sampe muncrat gak om?poeticmind wrote:saya coba Meningkatkan power/speed/kemampuan berlari kendaraan, yaitu dengan trondolin interior mobil... sampe bagasi kosongin, lepas karpet, dashboard sama panel2 doortrim, plafon dll...
kenceng euy...![]()
............
waduh, hati2 om kalo ganti kaca akrilik untuk kaca depan... kaca mobil seharusnya tempered glass. cmiiwpoeticmind wrote:apa itu washer wiper? sori jek... itu juga kena buang... lebih bagus kaca depan juga lepas ganti kaca akrilik...maskopat wrote:washer wiper sampe muncrat gak om?poeticmind wrote:saya coba Meningkatkan power/speed/kemampuan berlari kendaraan, yaitu dengan trondolin interior mobil... sampe bagasi kosongin, lepas karpet, dashboard sama panel2 doortrim, plafon dll...
kenceng euy...![]()
............
justru akrilik mah ga akan pecah berantakan, pat... paling retak doang.. makanya kaca mobil eropa amrik campuran nya glass-akrilik kalo ga salah... cmiiw juga ah..maskopat wrote:waduh, hati2 om kalo ganti kaca akrilik untuk kaca depan... kaca mobil seharusnya tempered glass. cmiiwpoeticmind wrote:apa itu washer wiper? sori jek... itu juga kena buang... lebih bagus kaca depan juga lepas ganti kaca akrilik...maskopat wrote: washer wiper sampe muncrat gak om?![]()
............
mobil sekarang, kaca depannya (windshield) sudah ga pakai kaca temper lagi meneer...maskopat wrote: waduh, hati2 om kalo ganti kaca akrilik untuk kaca depan... kaca mobil seharusnya tempered glass. cmiiw
tambah oot dehtempered glass:
secara sederhana, kaca biasa yg diproses secara tempered, dgn dipanaskan suhu tinggi dan didinginkan tiba-tiba, membuat molekul kaca jadi berubah, jadi lebih keras tapi brittle, alias rapuh.
saat proses ini, permukaan kaca dingin lebih cepat dibanding bagian dalam/tengahnya, menimbulkan efek yg disebut compulsive stresses, dan ini diikuti proses tensile stresses dari bagian dalam/tengah kaca karena proses pendinginan lebih lambat dan sempat memuai.
Jadi ibaratnya, proses temepering ini seolah olah menarik/meregangkan kaca sambil ditekan/dikompresi
secara "teori", kaca ini sudah pecah, tapi masih melekat, dan kekuatan/kekerasannya 5-10x kaca biasa
untuk mengetahuinya, ada kacamata khusus yg dipakai untuk ngelihat kaca tempered ini,
laminated glass:
terbuat dari 2 lembar atau lebih kaca "biasa" yang kemudian direkatkan/dilaminating menggunakan media resin atau plastik, biasanya PVB (Poly Vinyl Butyral) atau kalau awam kadang dibilang kaca film (sebenarnya kurang tepat juga disebut kaca film), dengan cara press panas
PVB ini ada yg bening ada yg tinting, biasanya dikasih tau, berapa % tingkat kepekatannya, tercetak di kaca
laminated glass ini, secara kekerasan masih sama dengan kaca biasa (alias dibawah tempered glass), tetapi secara kekuatan menahan benturan jauh lebih kuat dibanding tempered apalagi kaca biasa.
kaca laminated jika pecah, tidak akan menyerpih (shattered) seperti halnya kaca tempered atau biasa.
pemakaian di dunia otomotif, untuk sekarang ini, kedua jenis safety glass ini masih dipakai, laminated glass untuk windscreen (kaca depan), tempered glass untuk kaca samping/depan dengan berbagai pertimbangan, diantaranya:
1. kaca tempered, meskipun dilapis kaca film, secara teori masih akan bisa pecah dan menyerpih, sehingga membahayakan driver/penumpang depan
2. melihat fakta diatas, resiko lain yg diminimalkan adalah terlemparnya obyek (driver, penumpang, dll) dari kabin mobil keluar saat terjadi tabrakan (frontal collision)
3. sebaliknya, jika semua kaca (depan, samping dan belakang) menggunakan laminated glass, justru faktor safetynya berkurang, karena sifat laminated glass yg susah dijebol/ditembus, dikhawatirkan saat keadaan darurat (misalnya kecelakaan), proses evakuasi lewat jendela/memecahkan kaca bisa gagal
makanya kaca samping/belakang masih pakai tempered, yg secara teori lebih mudah dijebol/dipecahkan dibanding laminated glass
4. salah satu kerugian dgn dipakainya laminated glass sebagai windscreen, karena kekerasannya masih sama dgn kaca biasa, maka resiko baret kaca depan akibat wiper lebih besar, inilah kadang kaca depan mobil sekarang lebih rentan baret dibanding kaca depan mobil keluaran lama.
keliatannya om kopat ada salah mengerti nih mengenai jenis2 kacamaskopat wrote:setahu ane kalo pecahannya besar2, malah kalo terjadi benturan, kaca bisa jadi mesin potong tubuh kita....
apakah dengan laminating glass ini issue ini bisa diatasi?
kalo gak salah, pernah baca di milis KTI, kalo ada offroader yang meninggal karena kaca depannya bukan tempered. sehingga pecahannya besar2 dan mengakibatkan bahaya yang seperti ane bilang....
jadi kaca laminated gitu, kalo terjadi benturan tidak akan pecah? hanya retak aja?doq wrote:keliatannya om kopat ada salah mengerti nih mengenai jenis2 kacamaskopat wrote:setahu ane kalo pecahannya besar2, malah kalo terjadi benturan, kaca bisa jadi mesin potong tubuh kita....
apakah dengan laminating glass ini issue ini bisa diatasi?
kalo gak salah, pernah baca di milis KTI, kalo ada offroader yang meninggal karena kaca depannya bukan tempered. sehingga pecahannya besar2 dan mengakibatkan bahaya yang seperti ane bilang....
ane rangkumin dr oom imsus sama oom peot aja yah
ada 3 jenis kaca yg digunakan pada mobil;
1. tempered
2. lamisafe (laminated)
3. kaca biasa
dr ke3 nya, justru type lamisafe lah yg paling aman utk penggunaan kaca depan, kenapa? seperti penjelasan om imsus d atas, jenis lamisafe tidak akan pecah tiba2 dan melukai penumpang, kaca jenis ini hanya akan mengalami "retak" saat terkena tumbukan. Tentu saja klo sudah "luka" begitu harus diganti, karena retakan nya nanti akan semakin memanjang seiring waktu.
Type kaca tempered tidak cocok digunakan utk kaca depan kendaraan, karena saat terjadi tumbukan dengan cepat kaca menjadi hancur berupa serpihan kecil, biasanya kita menyebutnya "pecah jagung". Kebayang kan klo kejadian nya saat jalan di tol kecepatan lumayan tinggi?
klo mengenai kaca biasa kayak nya udah ngerti lah ya bahaya nya oom?![]()