Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Tue Mar 25, 2014 7:21
Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel
Siapa tau ada yg butuh repair manual dan owners manual (bahasa inggris)
http://www.offroad80s.com/page.php?p=fsm
http://www.offroad80s.com/page.php?p=fsm
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Tue Mar 25, 2014 7:21
Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel
Nah.. mantep nih om.. bacaan bergizi.. hahahaha.. thanks ya om roadtrain..roadtrain99 wrote:boleh buat iseng2 baca2
- http://www.lcool.org/technical/80_serie ... nical.html
- http://www.lcool.org/technical/100_seri ... hnical.htm
- http://www.landcruiserclub.net/forums/

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel
kalo ke Kalimantan butuh 4WD beneran nih Om... dan Rigid Axle... kek JK....F 272 wrote: Wuidiihhhh Seneng nya bisa lihat Kondisi jalanan Berau.... Makasih ya Om Hendrabig... Ane ada cita2 mau ke Berau suatu hari...
Kalo boleh, kirim2 lagi foto nya oom....
yg jelas ane udah bisa bayangin gimana suasana Perjalanan menuju Berau.. apalagi kalo sampe kamalaman..![]()
Ane biasa jalan sendirian pula..

kalo pake VNT 2WD alamat ditarik ama avansah....

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- SM Specialist
- Posts: 4780
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel
Hadeuhhh.. JK lagi...yah...maskopat wrote:kalo ke Kalimantan butuh 4WD beneran nih Om... dan Rigid Axle... kek JK....F 272 wrote: Wuidiihhhh Seneng nya bisa lihat Kondisi jalanan Berau.... Makasih ya Om Hendrabig... Ane ada cita2 mau ke Berau suatu hari...
Kalo boleh, kirim2 lagi foto nya oom....
yg jelas ane udah bisa bayangin gimana suasana Perjalanan menuju Berau.. apalagi kalo sampe kamalaman..![]()
Ane biasa jalan sendirian pula..![]()
kalo pake VNT 2WD alamat ditarik ama avansah....
Sbenernya ane udah berusaha menjauh dari halusinasi tentang JK...
Kan Kata Bro Kopat enakan pake FJC ..



-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel
beda ketangguhan Om... kalo lihat dari om hendra, di kalimantan kudu rigid axle depan belakang dan winch kalo mau single fighter.F 272 wrote:Hadeuhhh.. JK lagi...yah...maskopat wrote:kalo ke Kalimantan butuh 4WD beneran nih Om... dan Rigid Axle... kek JK....F 272 wrote: Wuidiihhhh Seneng nya bisa lihat Kondisi jalanan Berau.... Makasih ya Om Hendrabig... Ane ada cita2 mau ke Berau suatu hari...
Kalo boleh, kirim2 lagi foto nya oom....
yg jelas ane udah bisa bayangin gimana suasana Perjalanan menuju Berau.. apalagi kalo sampe kamalaman..![]()
Ane biasa jalan sendirian pula..![]()
kalo pake VNT 2WD alamat ditarik ama avansah....
Sbenernya ane udah berusaha menjauh dari halusinasi tentang JK...
Kan Kata Bro Kopat enakan pake FJC ..![]()
![]()
nah, yang rigid axle tinggal 4 mobil setahu ane: JK, LC70, G-Klasse, Defender.
tinggal pilih aja om...

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- SM Specialist
- Posts: 4780
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel
Kayaknya ane pilih JK Bro... hehehe...maskopat wrote: - cut -
beda ketangguhan Om... kalo lihat dari om hendra, di kalimantan kudu rigid axle depan belakang dan winch kalo mau single fighter.
nah, yang rigid axle tinggal 4 mobil setahu ane: JK, LC70, G-Klasse, Defender.
tinggal pilih aja om...

Oiya Bro ane dah punya WA

082211111464 add pease.. hehehe..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 225
- Joined: Thu Mar 19, 2009 14:19
Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel
Ada yang punya pengalaman pake filter oli sakura untuk vx-80 turbo ?
Kebetulan waktu lagi cari filter oli ditawarin merk sakura, pas lagi barang ori susah dan ternyata jauh lebih murah lagi.
Ada masalah dengan filter oli merk ini ?
Kebetulan waktu lagi cari filter oli ditawarin merk sakura, pas lagi barang ori susah dan ternyata jauh lebih murah lagi.
Ada masalah dengan filter oli merk ini ?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 225
- Joined: Thu Mar 19, 2009 14:19
Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel
waduh pertanyaan ane soal filter oli sakura belum dijawab, pade offline ya ?
Ane tanya aja lagi aja deh...........sekarang soal gardan belakang
Ane agak kuatir soal gardan belakang, apakah memang gak ada skedul servisnya ?
Ane ngerasa kalo lagi jalan di dalam kabin kayak ada suara kasar dari arah belakang, suaranya sih gak kenceng. Tapi kalo coba dibuka kaca pintu dan coba didengerin kok gak kedenger ya. Ane sih berpendapat kalo didalam ada suara kasar walaupun halus harusnya kalo didengerin dari luar dengan membuka kaca pintu harusnya pasti kedengeran.
Ane coba konsultasi sama mekanik tapi kata mekanik bagus, alasannya dengan angkat mobil dan roda belakang diputer dan gak ada getaran disasis, diroda dan per keong. Kate mekanik jangan-jangan suara kasar dari roda AT yg dipake.
Tapi ane kok agak penasaran pertama karena sekarang sdh 120.000 km, dan belum pernah diservis gardan belakangnya, kedua kalo didalam kabin ane ngerasa ada suara kasar walaupun suaranya masih belum terlalu keras dari bawah. Khan di dalam garda ada bearing, yah minimal ada jadwal penggantian bearing gitu lho.
Ane ngeri juga mengalami kejadian kayak temen ane (bukan vx-80 sih) merasa aman ganti olinya rutin tau-tau pas lagi ditol gardan macet dan roda ngunci untung tol padet jadi gak bikin celaka orang.................... Akhirnya mesti ganti gardan baru.
Gimana nih pendapat agan soal gardan belakang ?
Ane tanya aja lagi aja deh...........sekarang soal gardan belakang
Ane agak kuatir soal gardan belakang, apakah memang gak ada skedul servisnya ?
Ane ngerasa kalo lagi jalan di dalam kabin kayak ada suara kasar dari arah belakang, suaranya sih gak kenceng. Tapi kalo coba dibuka kaca pintu dan coba didengerin kok gak kedenger ya. Ane sih berpendapat kalo didalam ada suara kasar walaupun halus harusnya kalo didengerin dari luar dengan membuka kaca pintu harusnya pasti kedengeran.
Ane coba konsultasi sama mekanik tapi kata mekanik bagus, alasannya dengan angkat mobil dan roda belakang diputer dan gak ada getaran disasis, diroda dan per keong. Kate mekanik jangan-jangan suara kasar dari roda AT yg dipake.
Tapi ane kok agak penasaran pertama karena sekarang sdh 120.000 km, dan belum pernah diservis gardan belakangnya, kedua kalo didalam kabin ane ngerasa ada suara kasar walaupun suaranya masih belum terlalu keras dari bawah. Khan di dalam garda ada bearing, yah minimal ada jadwal penggantian bearing gitu lho.
Ane ngeri juga mengalami kejadian kayak temen ane (bukan vx-80 sih) merasa aman ganti olinya rutin tau-tau pas lagi ditol gardan macet dan roda ngunci untung tol padet jadi gak bikin celaka orang.................... Akhirnya mesti ganti gardan baru.
Gimana nih pendapat agan soal gardan belakang ?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel
nubie coba numpang jawab...
mengenai filter oli sakura... seharus nya sehh gapapa yahh... sakura bukan pemaen baru di dunia filtrasi... mobil2 ane (bukan LC lohh, ane ga punya) jg perna atau sedang make ini filter, dari oli, solar ampe udara jg gapapa smua... paling jadwal penggantian nya aj di cepetin ktimbang make filter oem LC...
mengenai gardan, ane ga tau jadwal perawatan gardan di LC... tp kl di mobil2 umum nya, bukannya rutin ganti oli dan make nya dgn wajar seharus nya panjang umur yah ?? perna dikasi tau ama montir kl gardan, gearbox rusak, rata2 gejala nya ad mirip2 yaitu dengung berlebih pas mobil jalan, beda nya dengung bearing roda yahh di speed nya, kl gardan atau transmisi, jalan pelan jg ud kluar tuh dengung... entah bener atau kaga ilmu ini, scara mobil ane blm perna ad yg rusak gardan...
mengenai filter oli sakura... seharus nya sehh gapapa yahh... sakura bukan pemaen baru di dunia filtrasi... mobil2 ane (bukan LC lohh, ane ga punya) jg perna atau sedang make ini filter, dari oli, solar ampe udara jg gapapa smua... paling jadwal penggantian nya aj di cepetin ktimbang make filter oem LC...
mengenai gardan, ane ga tau jadwal perawatan gardan di LC... tp kl di mobil2 umum nya, bukannya rutin ganti oli dan make nya dgn wajar seharus nya panjang umur yah ?? perna dikasi tau ama montir kl gardan, gearbox rusak, rata2 gejala nya ad mirip2 yaitu dengung berlebih pas mobil jalan, beda nya dengung bearing roda yahh di speed nya, kl gardan atau transmisi, jalan pelan jg ud kluar tuh dengung... entah bener atau kaga ilmu ini, scara mobil ane blm perna ad yg rusak gardan...
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel
bicara 80series tdk akan ada habis ...ini tyt entrance to modern suv di indo
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel
ane pake mobil bergardan bonggol om. SL. sudah 30 tahun ngegelinding dan lebih dari 200rb km, rasanya gak ada service2 khusus. paling ganti oli gardan rutin. kadang2 ganti cross joint, yg menghubung kan transmisi ke drive shaft atau drive shaft ke gardan. ganti cross joint kalo berisik aja.basah wrote:waduh pertanyaan ane soal filter oli sakura belum dijawab, pade offline ya ?
Ane tanya aja lagi aja deh...........sekarang soal gardan belakang
Ane agak kuatir soal gardan belakang, apakah memang gak ada skedul servisnya ?
Ane ngerasa kalo lagi jalan di dalam kabin kayak ada suara kasar dari arah belakang, suaranya sih gak kenceng. Tapi kalo coba dibuka kaca pintu dan coba didengerin kok gak kedenger ya. Ane sih berpendapat kalo didalam ada suara kasar walaupun halus harusnya kalo didengerin dari luar dengan membuka kaca pintu harusnya pasti kedengeran.
Ane coba konsultasi sama mekanik tapi kata mekanik bagus, alasannya dengan angkat mobil dan roda belakang diputer dan gak ada getaran disasis, diroda dan per keong. Kate mekanik jangan-jangan suara kasar dari roda AT yg dipake.
Tapi ane kok agak penasaran pertama karena sekarang sdh 120.000 km, dan belum pernah diservis gardan belakangnya, kedua kalo didalam kabin ane ngerasa ada suara kasar walaupun suaranya masih belum terlalu keras dari bawah. Khan di dalam garda ada bearing, yah minimal ada jadwal penggantian bearing gitu lho.
Ane ngeri juga mengalami kejadian kayak temen ane (bukan vx-80 sih) merasa aman ganti olinya rutin tau-tau pas lagi ditol gardan macet dan roda ngunci untung tol padet jadi gak bikin celaka orang.................... Akhirnya mesti ganti gardan baru.
Gimana nih pendapat agan soal gardan belakang ?
nah kalo gardannya sudah pake LSD atau locker, ane gak paham Om. tunggu mod billy aja...

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Tue Mar 25, 2014 7:21
Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel
Saya pun lagi nyari dan mau coba filter sakura ini, karna lebih baik pake sakura drpd KW2an.. hehehehe.. tapi setelah stok filter oli ori saya habis, msh ada 3 soalnya.. hehehe.. banyak pengguna sakura ditempat saya sini yg rekomen sih om.. harganya murah.. klo disini biasanya banyak di pake di truk2 sama di mobil2 travel.. dan dr mereka gak ada info negatif..
bisa jelaskan om suara kasar nya itu seperti apa ya om? dengung kah? atau kyk gerrrrrrkk gitu? atau bagaimana ya? munculnya konstan atau saat kondisi tertentu om?
Kalau mau cek jeroan gardan paling gampang itu kuras oli nya pake tempat bersih dan cek apakah banyak gram2 nya atau ada serpihan.. kalau masih penasaran ya buka aja cover belakang gardannya om..
Ban AT bisa jd salah satu penyebab dengung sih, cuma biasanya ban AT pas kec. diatas 40an aja mulai munculnya..
bisa jelaskan om suara kasar nya itu seperti apa ya om? dengung kah? atau kyk gerrrrrrkk gitu? atau bagaimana ya? munculnya konstan atau saat kondisi tertentu om?
Kalau mau cek jeroan gardan paling gampang itu kuras oli nya pake tempat bersih dan cek apakah banyak gram2 nya atau ada serpihan.. kalau masih penasaran ya buka aja cover belakang gardannya om..
Ban AT bisa jd salah satu penyebab dengung sih, cuma biasanya ban AT pas kec. diatas 40an aja mulai munculnya..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1165
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel
biasa ganti oli gardan tiap brp km om?maskopat wrote:ane pake mobil bergardan bonggol om. SL. sudah 30 tahun ngegelinding dan lebih dari 200rb km, rasanya gak ada service2 khusus. paling ganti oli gardan rutin. kadang2 ganti cross joint, yg menghubung kan transmisi ke drive shaft atau drive shaft ke gardan. ganti cross joint kalo berisik aja.basah wrote:waduh pertanyaan ane soal filter oli sakura belum dijawab, pade offline ya ?
Ane tanya aja lagi aja deh...........sekarang soal gardan belakang
Ane agak kuatir soal gardan belakang, apakah memang gak ada skedul servisnya ?
Ane ngerasa kalo lagi jalan di dalam kabin kayak ada suara kasar dari arah belakang, suaranya sih gak kenceng. Tapi kalo coba dibuka kaca pintu dan coba didengerin kok gak kedenger ya. Ane sih berpendapat kalo didalam ada suara kasar walaupun halus harusnya kalo didengerin dari luar dengan membuka kaca pintu harusnya pasti kedengeran.
Ane coba konsultasi sama mekanik tapi kata mekanik bagus, alasannya dengan angkat mobil dan roda belakang diputer dan gak ada getaran disasis, diroda dan per keong. Kate mekanik jangan-jangan suara kasar dari roda AT yg dipake.
Tapi ane kok agak penasaran pertama karena sekarang sdh 120.000 km, dan belum pernah diservis gardan belakangnya, kedua kalo didalam kabin ane ngerasa ada suara kasar walaupun suaranya masih belum terlalu keras dari bawah. Khan di dalam garda ada bearing, yah minimal ada jadwal penggantian bearing gitu lho.
Ane ngeri juga mengalami kejadian kayak temen ane (bukan vx-80 sih) merasa aman ganti olinya rutin tau-tau pas lagi ditol gardan macet dan roda ngunci untung tol padet jadi gak bikin celaka orang.................... Akhirnya mesti ganti gardan baru.
Gimana nih pendapat agan soal gardan belakang ?
nah kalo gardannya sudah pake LSD atau locker, ane gak paham Om. tunggu mod billy aja...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel
ane biasanya tiap 3-4x ganti oli mesin aja Om. kalo SL ane kira2 20rb km lah...iamwewe wrote:biasa ganti oli gardan tiap brp km om?maskopat wrote:ane pake mobil bergardan bonggol om. SL. sudah 30 tahun ngegelinding dan lebih dari 200rb km, rasanya gak ada service2 khusus. paling ganti oli gardan rutin. kadang2 ganti cross joint, yg menghubung kan transmisi ke drive shaft atau drive shaft ke gardan. ganti cross joint kalo berisik aja.
nah kalo gardannya sudah pake LSD atau locker, ane gak paham Om. tunggu mod billy aja...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1165
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel
waks... saya biasa tiap 100rb km 1x.....................maskopat wrote:ane biasanya tiap 3-4x ganti oli mesin aja Om. kalo SL ane kira2 20rb km lah...iamwewe wrote:biasa ganti oli gardan tiap brp km om?maskopat wrote:ane pake mobil bergardan bonggol om. SL. sudah 30 tahun ngegelinding dan lebih dari 200rb km, rasanya gak ada service2 khusus. paling ganti oli gardan rutin. kadang2 ganti cross joint, yg menghubung kan transmisi ke drive shaft atau drive shaft ke gardan. ganti cross joint kalo berisik aja.
nah kalo gardannya sudah pake LSD atau locker, ane gak paham Om. tunggu mod billy aja...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel
SL murah om oli gardannya... sekalian oli gardan dan transmisi... pake rored90 kalo gak salah.iamwewe wrote:waks... saya biasa tiap 100rb km 1x.....................maskopat wrote:ane biasanya tiap 3-4x ganti oli mesin aja Om. kalo SL ane kira2 20rb km lah...iamwewe wrote: biasa ganti oli gardan tiap brp km om?
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
nah kalo SUV yang ada LSD atau locker, ane kurang paham deh olinya gimana
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Tue Mar 25, 2014 7:21
Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel
Kalau VX-R 80 (HDJ 80) ini gardan standar nya gak ada locker atau LSD.. baik belakang maupun depan nya.. yg ada locker nya itu yg tipe HZJ 80 atau HDJ 81 / Limited.. tp lain cerita klo ada ganti gardan yah VXR nya.. hehehe..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 225
- Joined: Thu Mar 19, 2009 14:19
Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel
thx om semua atas responnya,
utk filter sakura ternyata cukup familiar ya. Ane sih pake filter sakura bukan saja utk oli tapi juga buat solar.........dan rasa-rasanya sejauh ini baik-baik saja. Kalo belanja dan gak dapet ori suka ditawarin merk gak jelas (toyota palsu) makanya milih yg sakura.
Bener kata om hendrabig kalo lagi jalan jenla tertutup pake AC dan audio dimatikan ada kedengaran suara grrkk......grrrkk walalupun pelan dibawah. Kalo jendela dibuka suara itu gak kedengaran.
Logikanya kalo ada suara yg kedengaran dari kabin tertutup (yg lebih kedap suara) maka harusnya suara jelas kedengaran kalo unsur kedap suaranya hilang.
Pertimbangan berikut adalah selama saya pegang mobil lebih kurang 5 tahun belum pernah sekalipun ganti bearing roda dan gardan dan pemahan ane bearing itu ada umurnya. Ganti oli gak pernah lewat bahkan lebih cepat dari batas waktu, pake olinya PTM rored HDA 90 (oli bagus tapi susah carinya euy).
Nah setau ane khan digardan juga ada bearing harusnya juga ada skedul ganti
Kedua sebelumnya pernah diberikan rekomendasi oleh bengkel matic ricardo untuk ngecek gardan karena ketika jalan pelan dan lepas gas ada terasa jeduk jeduk di mobil. Waktu itu pernah dicek ternyata joint kopelnya bermasalah dan diganti........nah sekarang kerasa lagi. Jadi keinget rekomendasi ricardo matic soal drive train.
Kalo bearing roda sudah dicek mekanik dg memutar roda dan tidak ada getaran diroda maupun sasis dan suspensi. Kalo kata mekanik sih mungkin krn pake ban AT jadi ada kedengaran gemuruh di kabin. Tapi menurut saya harusnya kalo jendela dibuka ya gemuruhnya juga kedengaran donk.
Gimana pendapat om sekalian ?
Sekali lagi saya agak terintimidasi dg pengalaman temen, dia pake carry sejak baru ganti oli bahkan dibengkel resmi. Dia pake mobil itu hampir 10 tahun dan beberapa waktu lalu dijalan tol padat merayap wiyoto tiba-tiba roda terkunci mati. Mobil gak jalan krn ban ngunci mati, dibawa ke bengkel ternyata gardan jebol dan ganti baru.
utk filter sakura ternyata cukup familiar ya. Ane sih pake filter sakura bukan saja utk oli tapi juga buat solar.........dan rasa-rasanya sejauh ini baik-baik saja. Kalo belanja dan gak dapet ori suka ditawarin merk gak jelas (toyota palsu) makanya milih yg sakura.
Bener kata om hendrabig kalo lagi jalan jenla tertutup pake AC dan audio dimatikan ada kedengaran suara grrkk......grrrkk walalupun pelan dibawah. Kalo jendela dibuka suara itu gak kedengaran.
Logikanya kalo ada suara yg kedengaran dari kabin tertutup (yg lebih kedap suara) maka harusnya suara jelas kedengaran kalo unsur kedap suaranya hilang.
Pertimbangan berikut adalah selama saya pegang mobil lebih kurang 5 tahun belum pernah sekalipun ganti bearing roda dan gardan dan pemahan ane bearing itu ada umurnya. Ganti oli gak pernah lewat bahkan lebih cepat dari batas waktu, pake olinya PTM rored HDA 90 (oli bagus tapi susah carinya euy).
Nah setau ane khan digardan juga ada bearing harusnya juga ada skedul ganti
Kedua sebelumnya pernah diberikan rekomendasi oleh bengkel matic ricardo untuk ngecek gardan karena ketika jalan pelan dan lepas gas ada terasa jeduk jeduk di mobil. Waktu itu pernah dicek ternyata joint kopelnya bermasalah dan diganti........nah sekarang kerasa lagi. Jadi keinget rekomendasi ricardo matic soal drive train.
Kalo bearing roda sudah dicek mekanik dg memutar roda dan tidak ada getaran diroda maupun sasis dan suspensi. Kalo kata mekanik sih mungkin krn pake ban AT jadi ada kedengaran gemuruh di kabin. Tapi menurut saya harusnya kalo jendela dibuka ya gemuruhnya juga kedengaran donk.
Gimana pendapat om sekalian ?
Sekali lagi saya agak terintimidasi dg pengalaman temen, dia pake carry sejak baru ganti oli bahkan dibengkel resmi. Dia pake mobil itu hampir 10 tahun dan beberapa waktu lalu dijalan tol padat merayap wiyoto tiba-tiba roda terkunci mati. Mobil gak jalan krn ban ngunci mati, dibawa ke bengkel ternyata gardan jebol dan ganti baru.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Tue Mar 25, 2014 7:21
Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel
Coba om basah gedor pake tangan gendangan (tabung besar) knalpot nya.. ada bunyi gerrrkrkk kyk plat besi lepas ga? karna ini juga sempat bikin saya dan mekanik pusing nyari2 bunyi getaran setelah top overhoul kmrn.. hahahaha.. cuma di saya ini bunyinya hanya di sekitar rpm 1250 an..
kalau gak ada, coba om ke bengkel trus dongkrak kedua ban belakang dan lakukan tarik dorong pada kedua ban gantian.. rasakan ada kyk jeda ga? klo normalnya ada jeda tapi sedikiiit sekali, klo banyak artinya spacer atau C- klip ada aus.. klo C-klip ini patah bisa lepas keluar itu as roda nya om..
supaya lebih tenang memang saya sarankan di buka saja gardannya.. buka tutup belakangnya saja, jgn turunkan bonggol gearnya.. inspeksi saja dr situ.. bearing roda belakang sudah ganti kan ya?
kalau gak ada, coba om ke bengkel trus dongkrak kedua ban belakang dan lakukan tarik dorong pada kedua ban gantian.. rasakan ada kyk jeda ga? klo normalnya ada jeda tapi sedikiiit sekali, klo banyak artinya spacer atau C- klip ada aus.. klo C-klip ini patah bisa lepas keluar itu as roda nya om..
supaya lebih tenang memang saya sarankan di buka saja gardannya.. buka tutup belakangnya saja, jgn turunkan bonggol gearnya.. inspeksi saja dr situ.. bearing roda belakang sudah ganti kan ya?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 225
- Joined: Thu Mar 19, 2009 14:19
Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel
siplah om hendrabig emang gak ade matinye soal overhaul..........ntar ane coba om thx a lothendrabig wrote:Coba om basah gedor pake tangan gendangan (tabung besar) knalpot nya.. ada bunyi gerrrkrkk kyk plat besi lepas ga? karna ini juga sempat bikin saya dan mekanik pusing nyari2 bunyi getaran setelah top overhoul kmrn.. hahahaha.. cuma di saya ini bunyinya hanya di sekitar rpm 1250 an..
kalau gak ada, coba om ke bengkel trus dongkrak kedua ban belakang dan lakukan tarik dorong pada kedua ban gantian.. rasakan ada kyk jeda ga? klo normalnya ada jeda tapi sedikiiit sekali, klo banyak artinya spacer atau C- klip ada aus.. klo C-klip ini patah bisa lepas keluar itu as roda nya om..
supaya lebih tenang memang saya sarankan di buka saja gardannya.. buka tutup belakangnya saja, jgn turunkan bonggol gearnya.. inspeksi saja dr situ.. bearing roda belakang sudah ganti kan ya?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 225
- Joined: Thu Mar 19, 2009 14:19
Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel
mau tanya nih soal selang air untuk ngalirin air radiator sbg pendingin ke turbo set.
Sebenarnya sih pertanyaannya universal yaitu............apa bisa selang untuk oli (untuk panas dan bertekanan) bisa dipake untuk ganti selang air turbo ?
Soalnye ane bingung nih, ada 2 pendapat yg bertolak belakang :
1. Mekanik bilang selang minyak/oli gak bisa dipake untuk selang air............bisa ngembang katanya.
2. Nah kalo di toko spare part bilang sebaliknya, buat oli yg panas dan bertekanan saja kuat apalagi cuma buat air (panas dan bertekanan). Yang gak boleh itu adalah selang air (panas & bertekanan) dipake untuk selang oli/solar ( panas dan bertekanan).
Ada yg bisa kasih info yg bener yang mana ?
Sebenarnya sih pertanyaannya universal yaitu............apa bisa selang untuk oli (untuk panas dan bertekanan) bisa dipake untuk ganti selang air turbo ?
Soalnye ane bingung nih, ada 2 pendapat yg bertolak belakang :
1. Mekanik bilang selang minyak/oli gak bisa dipake untuk selang air............bisa ngembang katanya.
2. Nah kalo di toko spare part bilang sebaliknya, buat oli yg panas dan bertekanan saja kuat apalagi cuma buat air (panas dan bertekanan). Yang gak boleh itu adalah selang air (panas & bertekanan) dipake untuk selang oli/solar ( panas dan bertekanan).
Ada yg bisa kasih info yg bener yang mana ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel
Saya percaya yg no 2 oom, alasannya :basah wrote:mau tanya nih soal selang air untuk ngalirin air radiator sbg pendingin ke turbo set.
Sebenarnya sih pertanyaannya universal yaitu............apa bisa selang untuk oli (untuk panas dan bertekanan) bisa dipake untuk ganti selang air turbo ?
Soalnye ane bingung nih, ada 2 pendapat yg bertolak belakang :
1. Mekanik bilang selang minyak/oli gak bisa dipake untuk selang air............bisa ngembang katanya.
2. Nah kalo di toko spare part bilang sebaliknya, buat oli yg panas dan bertekanan saja kuat apalagi cuma buat air (panas dan bertekanan). Yang gak boleh itu adalah selang air (panas & bertekanan) dipake untuk selang oli/solar ( panas dan bertekanan).
Ada yg bisa kasih info yg bener yang mana ?
1. Panas
Oli dan air sama-sama panas, jadi tidak skor 1 ; 1
2. Titik didih
Titik didih oli lebih tinggi dari air.
Ali 1 : Air 0
3. Pengaruh ke Karet Selang
Oli lebih merusak ke selang karet daripada air.
Coba aja karet gelang kesiram minya tanah / bensin / solar,..melar dan getas.
Tabik, kalau analisa Problem Solving and Decision Making ada yang salah dalam parameternya.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 225
- Joined: Thu Mar 19, 2009 14:19
Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel
Ane sih setuju sama ente bahwa solar, oli sama jauh lebih destruktif dari air.ginting wrote:Saya percaya yg no 2 oom, alasannya :basah wrote:mau tanya nih soal selang air untuk ngalirin air radiator sbg pendingin ke turbo set.
Sebenarnya sih pertanyaannya universal yaitu............apa bisa selang untuk oli (untuk panas dan bertekanan) bisa dipake untuk ganti selang air turbo ?
Soalnye ane bingung nih, ada 2 pendapat yg bertolak belakang :
1. Mekanik bilang selang minyak/oli gak bisa dipake untuk selang air............bisa ngembang katanya.
2. Nah kalo di toko spare part bilang sebaliknya, buat oli yg panas dan bertekanan saja kuat apalagi cuma buat air (panas dan bertekanan). Yang gak boleh itu adalah selang air (panas & bertekanan) dipake untuk selang oli/solar ( panas dan bertekanan).
Ada yg bisa kasih info yg bener yang mana ?
1. Panas
Oli dan air sama-sama panas, jadi tidak skor 1 ; 1
2. Titik didih
Titik didih oli lebih tinggi dari air.
Ali 1 : Air 0
3. Pengaruh ke Karet Selang
Oli lebih merusak ke selang karet daripada air.
Coba aja karet gelang kesiram minya tanah / bensin / solar,..melar dan getas.
Tabik, kalau analisa Problem Solving and Decision Making ada yang salah dalam parameternya.
Hanya masalahnya si mekanik (ini orang kompetensinya bagus) ngotot bener bahwa prioritas kalo mau ganti selang air turbo itu :
1. Harus selang asli
2. Kalo gak dapet asli harus selang universal tetapi khusus air, high temp dan high pressure.
3. Tidak merekomendasikan penggunaan silang antara air, solar/oli apalagi bensin. Soalnya bensin itu karakteristiknya dingin jadi kalo selang bensin haram untuk dipake di hgh temp dan high pressure mau oli/solar ataupun air.
Ane coba browsing di inet tapi kok gak ada ya pembahasan soal selang untuk kebutuhan otomotif ?
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Thu Oct 08, 2015 8:02
Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel
Selamat sore Om Om sekalian...
salam kenal dari junior...pengguna LC VX tahun 1997...
minta ijin untuk menyimak, terutama dalam hal maintenance...
mohon maaf jika ada pertanyaan yang udah diulas sebelumnya
salam
salam kenal dari junior...pengguna LC VX tahun 1997...
minta ijin untuk menyimak, terutama dalam hal maintenance...
mohon maaf jika ada pertanyaan yang udah diulas sebelumnya

salam