[SM Modification] Ganti velg

Modifikasi bodi mobil serta kaki-kaki mobil? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by evolution21 »

215/65-16 5.50/139mm 13.50/342mm 27.00/685mm 84.84/2154mm 746 464 4.88%

ini maksdnya gimana ya bro?

kalo misalnya tebal dikurangin tapi dilebarkan
kenyamanan bisa seperti standart ato berkurang?
misalnya di jadikan
235/50-17
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by Abu2 »

evolution21 wrote:215/65-16 5.50/139mm 13.50/342mm 27.00/685mm 84.84/2154mm 746 464 4.88%

ini maksdnya gimana ya bro?

kalo misalnya tebal dikurangin tapi dilebarkan
kenyamanan bisa seperti standart ato berkurang?
misalnya di jadikan
235/50-17
kalo prinsip gw, tebal ban berkurang, kenyamanan ikut berkurang. walau pun tapak ban di bikin lebih lebar..Tetapi utk bbrp merek, ban yg agak tipis sedikit, tetap lebih empuk, dibanding standarnya.

jadinya misal ukuran standar itu 225/70 R16
artinya adalah
lebar tapak = 225mm
tebal ban = 70% dari 225mm
ukuran lingkar ban terdalam = 16inch. (untuk pelek 16" maksudnya)

jika ingin menambah lebar dan tambah tinggi tanppa perlu merubah profile 70 nya, bisa aja di bikin 235/70 ato 245/70 dst..

kalo ingin bikin lebar tapak ban , tanpa merubah diameter total ban secara keseluruhan, tinggal di mainkan ukuran lebar dgn rasio ketebalannya aja...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by AD74YA »

mas abu2 kalo pake semi-slick di jalanan basah traksi nya bagus ga ya?
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by evolution21 »

bro abu2
maksudnya setelah 215/60/16
ada banyak angka2 tsb, itu yg dimaksud apa ya?
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by Abu2 »

@djaya : ya mesti liat dulu hasil review nya....biasanya ada hasil review untuk tiap2 jenis ban, mulai dari kondisi basah, kering, treadwear, noise, dll..
Jadinya aku gak tau juga, pake ban semislick jadi gimana...

@evo...itu angka muncul dari mana? yg dah pasti bukan yg tertera di ban deh,....
ctvmlg
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Sat Dec 20, 2008 23:03

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by ctvmlg »

evolution21 wrote:bro abu2
maksudnya setelah 215/60/16
ada banyak angka2 tsb, itu yg dimaksud apa ya?
@evo
begini bro, pada saat lakukan komparasi tuh ada ukuran awal (source ) dan
ukuran yang diharapkan
nah hasil kalkulasi akan ditampilkan dengan komparasi sbb :

Size Sidewall Radius Diameter Circumference Revs/mi Revs/km Diff
215/70-16 5.93/150mm 13.93/353mm 27.85/707mm 87.49/2222mm 724 449 ---> ukuran awal
255/55-17 5.52/140mm 14.02/356mm 28.04/712mm 88.10/2237mm 719 446 0.69% ---> ukuran baru yang dikehendaki

kolom size adalah ukuran ban TAPAK/TEBAL-VELG ( udah dijelaskan diatas sama bro abu )
kolom sidewall adalah ukuran ketebalan BAN dengan rumus ( TAPAK * TEBAL /100 % ) dalam mm
215/70 = 215 * 70 / 100 = 150mm = 5.93 Inch
kolom Radius adalah jari-jari ban = 13.93/353 mm maksudnya jari-jarinya 13.93 Inch = 353 mm
kolom Diameter adalah ketinggian ban = 2 kali jari jari ( angka diatas sebelah kiri dalam inci/mm )
kolom Circumference adalah luas ban = 2 * pi * r kwadrat ( angka diatas sebelah kiri dalam inci/mm )
kolom Revs/mi adalah jumlah putaran ban untuk setiap Miles
kolom Revs/km adalah jumlah putaran ban / km
kolom diff adalah perbedaan antara ukuran awal dan yang diharapkan

NAH nilai diff. ini yang aman berada pada kisaran -3% sampai 3 %

Range diff tersebut sebenarnya bukan sesuatu yang mutlak bagi yang sudah berpengalaman, namun yang paling aman adalah mengikutinya bagi yang awam dan pas-pasan

Untuk ketebalan ban juga relatif, namun secara umum batas maximum ada pada ketebalan 50-55

Untuk ingin jelas tentang parameter ban lainnya bro bisa browse ini site http://www.blackcircles.com/general/sidewall

Cheers...
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by Abu2 »

@ctvmlg : sangat jelas Boss....siipp
ctvmlg
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Sat Dec 20, 2008 23:03

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by ctvmlg »

AD74YA wrote:mas abu2 kalo pake semi-slick di jalanan basah traksi nya bagus ga ya?
@AD74YA
sebenarnya istilah semi-slick mungkin untuk jenis ban umum yang beredar.

untuk balap mereka biasanya pake yang slick - ban yang tidak ada kembangannya pada tapak, jadi hanya ada halus, sedang dan kasar

untuk semi-slick bisa dikelompokkan lagi berdasarkan kembangannya seperti
Uni Directional
Directional
Asymetric

Untuk basah dan traksi yang bagus biasanya dipakai yang Asymetric dan biasanya untuk ban type
ini ada tandanya tulisan INSIDE atau OUTSIDE pada ban (type yang lain ndak ada ), karena masangnya ndak boleh kebalik
karena kembangan tapak mempengaruhi cengkaraman


Cheers..
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by AD74YA »

kalau di kondisi kering lebih bagus mana sama ban harian? lets say semi slick dengan tredwear 'tengah' biar bisa buat harian..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by evolution21 »

diff +
dan
diff -
menandakan pengaruh yang bagaimana pak?
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by poeticmind »

chrisz7 wrote:bro2 sekalian minta saran yah...
gw pake lancer ck4, beli second dah terpasang velg 19inci. 215/35/r19

gw pakenya sih oke2 aja kayanya.. tp kalo diliat2 sih kan itu nambah 5" dari ukuran standar (standar 14")
tp memang kerasa sih rem jd kurang pakem. gw jd agak bingung nih, mending balikin standar ato ga yah?

gambar
Image
mohon pencerahannya
tidak masalah... sebenernya maksimal naik 2 step, dari 14 ke 16inch. tapi jika mau mempertahankan velg 19inch, diganti saja rem nya. dari disc brake dan brakepadnya. merek macem2...

so, it's up to you bro... :)
Image
ctvmlg
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Sat Dec 20, 2008 23:03

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by ctvmlg »

evolution21 wrote:diff +
dan
diff -
menandakan pengaruh yang bagaimana pak?
@bro evo

+ pengaruh pada jumlah putaran per minute lebih sedikit ( karena lebih lebar )
- pengaruh pada jumlah putaran per minute lebih banyak ( karena lebih kecil )

contoh :

ambil tali yang ujungnya diikat batu dengan panjang 5 cm ( asli )
ambil tali yang ujungnya diikat batu dengan panjang 7 cm ( ukuran baru lebih besar)
ambil tali yang ujungnya diikat batu dengan panjang 4 cm ( ukuran baru lebih kecil )

jawaban bisa diif + dan diff - bisa dijelaskan jika ketiga diputar.......

cheers....
ctvmlg
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Sat Dec 20, 2008 23:03

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by ctvmlg »

ctvmlg wrote:
evolution21 wrote:diff +
dan
diff -
menandakan pengaruh yang bagaimana pak?
@bro evo

+ pengaruh pada jumlah putaran per minute lebih sedikit ( karena lebih lebar )
- pengaruh pada jumlah putaran per minute lebih banyak ( karena lebih kecil )

contoh :

ambil tali yang ujungnya diikat batu dengan panjang 5 cm ( asli )
ambil tali yang ujungnya diikat batu dengan panjang 7 cm ( ukuran baru lebih besar)
ambil tali yang ujungnya diikat batu dengan panjang 4 cm ( ukuran baru lebih kecil )

jawaban bisa diif + dan diff - bisa dijelaskan jika ketiga diputar.......

ngaruhnya di ODOmeter, yang tadinya 80kpj kalau + sekarang kayaknya lebih slow misal jadi 70 kpj
kalau - jadi kayaknya lebih kenceng jadi 90 kpj
dimana nilainya tergantung dengan %diff yang ada, semakin besar maka semakin aneh saja nilai
yang tampil di ODOmeternya. jadi kalau udah gini bawa ke beres dan program ulang ECUnya..


cheers....
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by evolution21 »

oh ternyata begitu
saya kira diff + dan -
ada pada pengaruh tingkat handling dan kenyamanan meningkat/berkurang

thanks bro, penjelasannya bagus banget
User avatar
Hikoza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1276
Joined: Tue Mar 27, 2007 6:03
Location: Just a second ahead....

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by Hikoza »

Wah...wah...nambah ilmu lg nih. Thx buat rekan2 yg udh share ilmu di sini... :thanks:

Buat bro Chrisz7: Lancer CK4 IMHO yg msh lumayan nyaman dipake itu 215/40 R17.
Dgn 215/35 R19 sptnya udh gruduk2 ya, bro? Saya ga tau deh dgn R18 cocoknya brp di CK4 dan apakah msh nyaman atau tidak.

@All: Mau tanya, untuk Ferio ukuran brp kah yg pas untuk R17 dan R18? Saya lihat punya teman kntr, dia pake 205/50 R17 kok udh sempit bgt space-nya.
Memang sih ukurannya terlalu tebal pake 50, tapi kok lebar 205 udh ngepas gitu ya di mangkuk mobilnya? Mohon pencerahannnya....
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by Abu2 »

mungkin ukuran offset dan lebar peleknya bos...dgn ukuran ban yg sama, dgn menggunakan offset dan lebar pelek yg beda, bisa bikin tampilan beda..

cmiiw
User avatar
Hikoza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1276
Joined: Tue Mar 27, 2007 6:03
Location: Just a second ahead....

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by Hikoza »

OIC.... Klo untuk velg 16" ada rekomendasi ukuran yg pas buat Ferio?
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by Abu2 »

pak Hikoza, biar enak ngitung upsize pelek, mungkin bisa di sebutin ukuran standarnya dulu...
ntar biar sama2 kita itung ukuran upsize yg ideal
User avatar
Hikoza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1276
Joined: Tue Mar 27, 2007 6:03
Location: Just a second ahead....

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by Hikoza »

Ukuran standard-nya 175/65 R14, bro Abu2...
Berapa ukuran yg pas menurut pakar2 di sini jika up grade size? Prefer 16" atau 17" aja.... :thanks:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by Abu2 »

Hikoza wrote:Ukuran standard-nya 175/65 R14, bro Abu2...
Berapa ukuran yg pas menurut pakar2 di sini jika up grade size? Prefer 16" atau 17" aja.... :thanks:

acuan pertama : ketebalan ban berkurang/ban semakiin tipis, kenyamanan akan berkurang pula..

175/65 R14
lebar tapak = 17.5cm
tebal ban = 11.38cm
total diamater = 58.32cm

kalo total dimeter di perbesar lagi, takutnya akan mentok mangkok per, ato mentok spakbor..
kalo naik dikit...kira2 ukuran terbaik mnrtku 205/45 r16
lebar tapak = 20.5cm
tebal ban = 9.23 cm (ketebalan berkurang 2.15cm dari standarnya)
total diameter = 59.1cm (total lingkar roda jadi bertamabah hampir 1 cm)

kalo pelek 17" , bannya pasti akan lebih tipis lagi....18" inch masih bisa koq....tp jadi anti sama lubang di jalan.. :mrgreen:

mungkin teman2 yg pakar disini bisa menambahkan...
User avatar
Hikoza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1276
Joined: Tue Mar 27, 2007 6:03
Location: Just a second ahead....

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by Hikoza »

Thanks bro Abu2 buat penjelasannya.
Btw untuk 17" brp ukuran idealnya, bro?
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by Abu2 »

Hikoza wrote:Thanks bro Abu2 buat penjelasannya.
Btw untuk 17" brp ukuran idealnya, bro?
bukan ukuran ideal, tp mnrt ku ukuran ban yg maksimal yg bisa masuk, dgn kondisi per dan shock standar, serta ofset pelek jg gak jauh beda dari standar.
..
banny 205/40 ato 235/35 kali ya

tp perlu di ingat, di toko2 jg mungkin gak selalu menyediakan ukuran ban sesuai itung2an yg di inginkan..
User avatar
Hikoza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1276
Joined: Tue Mar 27, 2007 6:03
Location: Just a second ahead....

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by Hikoza »

@Abu2:
Barusan saat lunch break liat2 velg, sesuai petunjuk bro Abu2, nyari velg 16" dgn spec 205/45 R16.
Unfortunately, ga ada model yg sesuai selera. Lalu beralih ke 17" dgn spec 205/40 R17, tapi tidak sreg, krn udh prnh pake ukuran ini sblmnya di Lancer, ga nyaman.
Sabtu mo nyoba cari2 lagi, biar ada space waktu, ga buru2... :thanks:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by Abu2 »

Hikoza wrote:@Abu2:
Barusan saat lunch break liat2 velg, sesuai petunjuk bro Abu2, nyari velg 16" dgn spec 205/45 R16.
Unfortunately, ga ada model yg sesuai selera. Lalu beralih ke 17" dgn spec 205/40 R17, tapi tidak sreg, krn udh prnh pake ukuran ini sblmnya di Lancer, ga nyaman.
Sabtu mo nyoba cari2 lagi, biar ada space waktu, ga buru2... :thanks:
yg di cari pelek ato ban Bro? 205/45 R16 itu spek Ban, bukan pelek...

kalo spek pelek mah yg lain... :big_peace:
User avatar
Hikoza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1276
Joined: Tue Mar 27, 2007 6:03
Location: Just a second ahead....

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by Hikoza »

Velg dgn spec ban nya spt di atas, bro Abu2... :frm_salut: