Kijang Innova D-4D - PART 01

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Kijang Innova D-4D

Post by GTR »

air intake sensor nya udah lebih baru, sistem Mass air flow..
bodhi
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Sat Oct 18, 2008 16:49

Re: Kijang Innova D-4D

Post by bodhi »

whaduh....maksudnya apa seh.....mohon dijelaskan dong....dan itu "barang" efeknya penting gak buat performa mesin dieseD-4D ? trims. :glodak:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Kijang Innova D-4D

Post by imsus2c »

minta ijin buat bantu jelasin MAF (Mass Air Flow) sensor ya...
Sensor MAF ini bertugas untuk "memeriksa" udara yang akan masuk ruang bakar...baik itu kesehatannya (kandungan O2-nya), volume/debitnya, temperatur-nya, dan kadang tekanan-nya juga...

semua informasi yg terbaca oleh MAF ini akan diteruskan ke ECU, dari situ ECU kemudian akan "mengkalkulasi" berapa debit bahan bakar yg harus dicampurkan/disetor ke ruang pembakaran pada kondisi tersebut (misalnya apakah mobil sedang iddle, ngebut, nanjak, nyantai...dsb...)

yg jelas, keakuratan pembacaan MAF akan mempengaruhi AFR pembakaran (angka lambda), yg logikanya akan menentukan kualitas, efektivitas dan efisensi pembakaran di mesin...

tolong koreksinya dari para senior jika saya salah atau kurang dalam menginformasikan....

saya nulis ini kebetulan sensor MAF di mobil saya sedang bermasalah, tapi di mesin bensin sih...
bisa lihat di:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 17#p229717
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
bodhi
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Sat Oct 18, 2008 16:49

Re: Kijang Innova D-4D

Post by bodhi »

oke deeh trims atas jawabannya,selain itu ada lagi gak ? bagaimana dgn spec mesin ? ada yg bisa bantu ? trims.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

MAF nya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
wrx
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Thu Mar 27, 2008 5:24

Re: Kijang Innova D-4D

Post by wrx »

efeknya gimana emang yea??
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4359
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Kijang Innova D-4D

Post by kunaskun »

nubie bantu jawab:

teorinya dengan MAF tentu mesin performa bisa jadi meningkat at least, ECU akan lebih sempurna bacanya, analoginya karena input lebih banyak, kalkulasi bisa lebih akurat terlebih klo diprogram dengan lebih baik lagi.
User avatar
TBAG
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Fri Sep 12, 2008 18:04
Location: Mendekati Surga

Re: Kijang Innova D-4D

Post by TBAG »

ngos2an nich saya bacanya dari hal pertama... :ngacir:

wuihhh maknyoss & detai nich penjelasan dari TURBOMAN ttg ipah... :off_good_job:

jadi gak sabaran pengen ngoprek si ipah :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
ImageImageImage
evo6mania
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Oct 06, 2008 6:38

Re: Kijang Innova D-4D

Post by evo6mania »

om turboman...oli persenling dan gardan pake apa ya untuk D4D manual?..saya lg mau ganti ni..thx om.... :thanks:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

evo6mania wrote:om turboman...oli persenling dan gardan pake apa ya untuk D4D manual?..saya lg mau ganti ni..thx om.... :thanks:
Utk trans manual pakai oli 75W-90 GL-4 (GL5 permitted)

Kalo gardan sekitar 80W-90 GL-5 atau straight 90 GL-5

gardan boleh pakai yg 75W-90 GL5 asal olinya Full Synth dan mobil jgn sering2 hard acceleration.
* Bukan ajakan Beli *
wrx
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Thu Mar 27, 2008 5:24

Re: Kijang Innova D-4D

Post by wrx »

baru beli redline +85
tapi kok botolnya kaya berkabut gt yea??
gue liat semua botolnya bgt...
trus kalo mobilnya masi baru 10000KM pake full botol utk 1 tangki ga apa kan???
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

wrx wrote:baru beli redline +85
trus kalo mobilnya masi baru 10000KM pake full botol utk 1 tangki ga apa kan???
Kalo buat pembersihan mending tuang Prestone botol kuning aja, baru sesudahnya utk maintenance pakai Redline 85+

Redline 85+ bisa dituang dikit2 s/d 8 - 9X isi solar full tank.
* Bukan ajakan Beli *
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4631
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Profith83 »

Mau sharing yah

D4D yang facelift dibawa ke luar kota Jogjakarta dari Surabaya
1 liter dapat 12 KM
Route 80% luar kota, 20% dalam kota

lumayan irit
yatra
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Thu Aug 07, 2008 15:05

Re: Kijang Innova D-4D

Post by yatra »

Numpang tanya para senior mengganti dp pada innova diesel apakah menggugurkan garansi? Trus kalo untuk memperbaiki konsumsi bbm ganti dp aja / ganti dp + middle pipe?
Thanks ya.
batang
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Wed Apr 30, 2008 10:20

Re: Kijang Innova D-4D

Post by batang »

Pertanyaan terutama buat Bung Turboman, pakar mesin D4D:

Saya baru perhatiin ternyata mesin fortuner d4d saya downpipe nya beda dari yang ori pertama (saya liat gambar di inet bawaan innova d4d). Downpipe sekarang ada bagian gembung bawahnya, kalo yang lama lurus aja. Saya ada tanya di forum lain dan dijawab oleh ahli knalpot yang kebetulan juga jual downpipe modifikasi, bahwa gembung itu adalah katalis dan di innova baru juga sudah begitu. Pertanyaannya kalau downpipe diganti dengan SAKI atau yang sejenis, catalis itu ditaruh dimana ya? Apa sebenarnya fungsi katalis, apakah pengaruh ke emisi, fuel cons. etc.? trims bro.
button
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Mon Jul 30, 2007 2:55

Re: Kijang Innova D-4D

Post by button »

Udah lama nih tenggelem... Sundul dulu ah... :multi: :multi: :multi: :multi: :multi:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4631
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Profith83 »

D4d facelift FC dal kot 1L:10 KM,
Luar kota 1L=12 KM
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

batang wrote: mesin fortuner d4d saya downpipe nya beda dari yang ori pertama (saya liat gambar di inet bawaan innova d4d). Downpipe sekarang ada bagian gembung bawahnya, kalo yang lama lurus aja. Saya ada tanya di forum lain dan dijawab oleh ahli knalpot yang kebetulan juga jual downpipe modifikasi, bahwa gembung itu adalah katalis dan di innova baru juga sudah begitu. Pertanyaannya kalau downpipe diganti dengan SAKI atau yang sejenis, catalis itu ditaruh dimana ya? Apa sebenarnya fungsi katalis, apakah pengaruh ke emisi, fuel cons. etc.? trims bro.
CC (Cat Conv.) murni utk emisi dan sebetulnya ada sedikit trade off ke performa mesin

Dgn melepas CC yg kebetulan dapat dilakukan dgn cara mengganti Down Pipe memang akan terasa perbaikan pada kinerja mesin, hanya saja emisi gas buang menjadi lebih "tidak ramah lingkungan"...he hee
* Bukan ajakan Beli *
batang
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Wed Apr 30, 2008 10:20

Re: Kijang Innova D-4D

Post by batang »

Thanks bro Turboman. Itu yang saya duga.

Kalo gitu saya mungkin tidak jadi ganti downpipe sayang katalisnya dan sayang bumi he he. (kecuali dengan ganti downpipe jadi lebih irit kan sama aja tuh hasilnya mengurangi emisi, bener ga?)

Nah jadi modif apa yang bisa dianjurkan? Ganti air filter, CAI? Dastek?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

batang wrote: Kalo gitu saya mungkin tidak jadi ganti downpipe sayang katalisnya dan sayang bumi he he. (kecuali dengan ganti downpipe jadi lebih irit kan sama aja tuh hasilnya mengurangi emisi, bener ga?)
Kinerja mesin improve maka kons. BBM akan improve, karena pedal gas ditoel dikit mobil dah ngacir.

Down Pipe asli pabrik sejak Ipah D4 D pertama kali keluar disainnya enggak proporsional, nekuk patah 90 derajat gitu.

Memang suatu hal yg dilematis mengenai CC ini, antara kinerja mesin / kons. BBM vs. emisi knalpot, dan yg perlu diingat bahwa dgn adanya CC maka idealnya mesin mengkonsumsi solar rendah sulphur macam DEX, jikalau mengkonsumsi solar / biosolar biasa maka yg sering terjadi dalam jangka panjang adalah CC mampet disebabkan oleh jelaga.

Tapi apakah mempertahanakn CC atau melepas CC itu adalah pilihan user. :mrgreen:

Kalau saya pribadi walau mobil nggak pake CC, tapi cara ane mengurangi emisi CO2 adalah dgn nyetir ala hypermile dan Unichip setel ke mode irit (supply BBM dibuat minus all the way), ketika setel ke MAP irit saat stasioner-pun bau knalpot agak berkurang.

Teknik2 tuning efisiensi utk D4 D bisa dilihat : http://mesin-diesel.dinogroups.com/ - Tuning efisiensi Innova D4 D (mendukung aplikasi Eco driving) & Tuning Ipah D4 D utk mendukung Eco Driving
* Bukan ajakan Beli *
batang
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Wed Apr 30, 2008 10:20

Re: Kijang Innova D-4D

Post by batang »

Anda luar biasa Bung Turboman! Thanks

Jadi kepikir lagi nih buat ganti downpipe! Bener juga sih kalau FC jadi lebih irit sebenarnya juga bagus buat bumi ya. Yang aku engga habis pikir kenapa Toyota mengganti downpipe dari yang tanpa CC terus jadi pake CC tapi desain keseleonya itu terus dipertahankan ya? Aneh bener ...
Kalau mobil anda sekarang FC bisa dapet berapa? tetap diisi solar biasa kan?
yatra
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Thu Aug 07, 2008 15:05

Re: Kijang Innova D-4D

Post by yatra »

Mohon pencerahan para senior ya, gw pengin pasang piggyback buat inova diesel. Bingung milihnya, ada yg HKS F Con D, Dastek Unichip type q +, dll, mungkin ada sudah berpengalaman untuk plus minus masing2 piggyback dan bagaimana dengan konsumsi BBMnya. Tempo hari perna konsul dengan bengkel langganan katanya ada yg pasang dastek abis digeber kencang mesinnya bisa mati sendiri, trus dah di ganti baru problem yg sama terjadi lagi. Jadi ragu dan bingung, pengin mobil lebih enak tapi resikonya kaya begitu. Terus apakah bisa di kembalikan ke standar pabrik dengan tidak ada masalah engine chek menyala. Mohon pencerahannya yaaaaa.
User avatar
cruizer
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Fri Oct 24, 2008 19:09

Re: Kijang Innova D-4D

Post by cruizer »

Dastek atawa uni chip cuma alat buat nipu komputer nye aja coy...
Trus ade settingannye, mau irit bise, mau kenceng bise. Mau kenceng pasti bbm borois.
Ane pernah denger juge tu klo masangnye kurang apdol, ada yg tau2 mati
Klow mau bw serpis ke dealer, copot aje dulu uni nye
Liat ke tret sebelah, ade d4d std bise kenceng tu
yatra
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Thu Aug 07, 2008 15:05

Re: Kijang Innova D-4D

Post by yatra »

Kalo d copot perlu seting lagi nggak? Bisa di copot pasang sendiri atau bawa ke bengkel? Jade susah klo bawa ke beres ya? BTW itu final gearnya innova diesel yg manual bisa di kecilin lagi ya? Abisnya speed 150 km/jam rpm dah ampir red line. Jade ngeri kalo2 mesin jebol. :e-think:
Ecrush
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Fri Jan 01, 2010 1:40

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Ecrush »

sudul lagi ahh...biar idup lagi nih tread :big_peace:

Saya juga punya pertanyaan seperti di bawah ini :
yatra wrote:Numpang tanya para senior mengganti dp pada innova diesel apakah menggugurkan garansi? ...................
Thanks ya.
saya sudah macari jawabannya sendiri tetapi masih menemukan kontradiksi sbb :

*kalau tanya di Auto2000 (di jemursari dan waru,surabaya) pasti jawabannya "garansi void pak!" tapi gw tidak yakin karena mekaniknya terdengar cupu (masak selalu gw harus jelasin dulu "DP" itu apa :big_slap: ) atau karena masih tanya lewat telp doank kali ya ?



*tadi saya tanya ke yang jual downpipe (yang di kota malang itu lho...) katanya malah di rekomendasi ama auto2000 di kota malang tersebut..dan di nasmoco solo juga katanya??? masak beda kota beda kebijakan??

ini yang betul siapa yah..atau mekanik a2000 di beri "tip" aja yah? heheheh...
(menghalalkan segala cara agar biar ganti DP tapi tetap di garansi ama TAM :e-dance: )

mohon pencerahan dari para senior :frm_salut: .

ps : nanya juga soal UU emisi,gimana? jadi di terapkan?
tadi sempat nanya2 katanya kalau gandi DP (+ exhaust/middle pipe) bisa lolos uji emisi kalau MESIN pengujinya masih euro2 kalau mesin PENGUJINYA euro3 ya sebaiknya ganti DP orinya dulu pas diuji :mrgreen: ... mungkin bro2 sini ada yang punya info lebih > CMIIW

regards

ecrush