Kijang Innova D-4D - PART 01
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Kijang Innova D-4D
air intake sensor nya udah lebih baru, sistem Mass air flow..
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Sat Oct 18, 2008 16:49
Re: Kijang Innova D-4D
whaduh....maksudnya apa seh.....mohon dijelaskan dong....dan itu "barang" efeknya penting gak buat performa mesin dieseD-4D ? trims. 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Kijang Innova D-4D
minta ijin buat bantu jelasin MAF (Mass Air Flow) sensor ya...
Sensor MAF ini bertugas untuk "memeriksa" udara yang akan masuk ruang bakar...baik itu kesehatannya (kandungan O2-nya), volume/debitnya, temperatur-nya, dan kadang tekanan-nya juga...
semua informasi yg terbaca oleh MAF ini akan diteruskan ke ECU, dari situ ECU kemudian akan "mengkalkulasi" berapa debit bahan bakar yg harus dicampurkan/disetor ke ruang pembakaran pada kondisi tersebut (misalnya apakah mobil sedang iddle, ngebut, nanjak, nyantai...dsb...)
yg jelas, keakuratan pembacaan MAF akan mempengaruhi AFR pembakaran (angka lambda), yg logikanya akan menentukan kualitas, efektivitas dan efisensi pembakaran di mesin...
tolong koreksinya dari para senior jika saya salah atau kurang dalam menginformasikan....
saya nulis ini kebetulan sensor MAF di mobil saya sedang bermasalah, tapi di mesin bensin sih...
bisa lihat di:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 17#p229717
Sensor MAF ini bertugas untuk "memeriksa" udara yang akan masuk ruang bakar...baik itu kesehatannya (kandungan O2-nya), volume/debitnya, temperatur-nya, dan kadang tekanan-nya juga...
semua informasi yg terbaca oleh MAF ini akan diteruskan ke ECU, dari situ ECU kemudian akan "mengkalkulasi" berapa debit bahan bakar yg harus dicampurkan/disetor ke ruang pembakaran pada kondisi tersebut (misalnya apakah mobil sedang iddle, ngebut, nanjak, nyantai...dsb...)
yg jelas, keakuratan pembacaan MAF akan mempengaruhi AFR pembakaran (angka lambda), yg logikanya akan menentukan kualitas, efektivitas dan efisensi pembakaran di mesin...
tolong koreksinya dari para senior jika saya salah atau kurang dalam menginformasikan....
saya nulis ini kebetulan sensor MAF di mobil saya sedang bermasalah, tapi di mesin bensin sih...
bisa lihat di:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 17#p229717
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Sat Oct 18, 2008 16:49
Re: Kijang Innova D-4D
oke deeh trims atas jawabannya,selain itu ada lagi gak ? bagaimana dgn spec mesin ? ada yg bisa bantu ? trims.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kijang Innova D-4D
MAF nya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Thu Mar 27, 2008 5:24
Re: Kijang Innova D-4D
efeknya gimana emang yea??
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4359
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Kijang Innova D-4D
nubie bantu jawab:
teorinya dengan MAF tentu mesin performa bisa jadi meningkat at least, ECU akan lebih sempurna bacanya, analoginya karena input lebih banyak, kalkulasi bisa lebih akurat terlebih klo diprogram dengan lebih baik lagi.
teorinya dengan MAF tentu mesin performa bisa jadi meningkat at least, ECU akan lebih sempurna bacanya, analoginya karena input lebih banyak, kalkulasi bisa lebih akurat terlebih klo diprogram dengan lebih baik lagi.
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Fri Sep 12, 2008 18:04
- Location: Mendekati Surga
Re: Kijang Innova D-4D
ngos2an nich saya bacanya dari hal pertama...
wuihhh maknyoss & detai nich penjelasan dari TURBOMAN ttg ipah...
jadi gak sabaran pengen ngoprek si ipah


wuihhh maknyoss & detai nich penjelasan dari TURBOMAN ttg ipah...

jadi gak sabaran pengen ngoprek si ipah





-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Mon Oct 06, 2008 6:38
Re: Kijang Innova D-4D
om turboman...oli persenling dan gardan pake apa ya untuk D4D manual?..saya lg mau ganti ni..thx om.... 

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kijang Innova D-4D
Utk trans manual pakai oli 75W-90 GL-4 (GL5 permitted)evo6mania wrote:om turboman...oli persenling dan gardan pake apa ya untuk D4D manual?..saya lg mau ganti ni..thx om....
Kalo gardan sekitar 80W-90 GL-5 atau straight 90 GL-5
gardan boleh pakai yg 75W-90 GL5 asal olinya Full Synth dan mobil jgn sering2 hard acceleration.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Thu Mar 27, 2008 5:24
Re: Kijang Innova D-4D
baru beli redline +85
tapi kok botolnya kaya berkabut gt yea??
gue liat semua botolnya bgt...
trus kalo mobilnya masi baru 10000KM pake full botol utk 1 tangki ga apa kan???
tapi kok botolnya kaya berkabut gt yea??
gue liat semua botolnya bgt...
trus kalo mobilnya masi baru 10000KM pake full botol utk 1 tangki ga apa kan???
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kijang Innova D-4D
Kalo buat pembersihan mending tuang Prestone botol kuning aja, baru sesudahnya utk maintenance pakai Redline 85+wrx wrote:baru beli redline +85
trus kalo mobilnya masi baru 10000KM pake full botol utk 1 tangki ga apa kan???
Redline 85+ bisa dituang dikit2 s/d 8 - 9X isi solar full tank.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4631
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Kijang Innova D-4D
Mau sharing yah
D4D yang facelift dibawa ke luar kota Jogjakarta dari Surabaya
1 liter dapat 12 KM
Route 80% luar kota, 20% dalam kota
lumayan irit
D4D yang facelift dibawa ke luar kota Jogjakarta dari Surabaya
1 liter dapat 12 KM
Route 80% luar kota, 20% dalam kota
lumayan irit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Thu Aug 07, 2008 15:05
Re: Kijang Innova D-4D
Numpang tanya para senior mengganti dp pada innova diesel apakah menggugurkan garansi? Trus kalo untuk memperbaiki konsumsi bbm ganti dp aja / ganti dp + middle pipe?
Thanks ya.
Thanks ya.
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Wed Apr 30, 2008 10:20
Re: Kijang Innova D-4D
Pertanyaan terutama buat Bung Turboman, pakar mesin D4D:
Saya baru perhatiin ternyata mesin fortuner d4d saya downpipe nya beda dari yang ori pertama (saya liat gambar di inet bawaan innova d4d). Downpipe sekarang ada bagian gembung bawahnya, kalo yang lama lurus aja. Saya ada tanya di forum lain dan dijawab oleh ahli knalpot yang kebetulan juga jual downpipe modifikasi, bahwa gembung itu adalah katalis dan di innova baru juga sudah begitu. Pertanyaannya kalau downpipe diganti dengan SAKI atau yang sejenis, catalis itu ditaruh dimana ya? Apa sebenarnya fungsi katalis, apakah pengaruh ke emisi, fuel cons. etc.? trims bro.
Saya baru perhatiin ternyata mesin fortuner d4d saya downpipe nya beda dari yang ori pertama (saya liat gambar di inet bawaan innova d4d). Downpipe sekarang ada bagian gembung bawahnya, kalo yang lama lurus aja. Saya ada tanya di forum lain dan dijawab oleh ahli knalpot yang kebetulan juga jual downpipe modifikasi, bahwa gembung itu adalah katalis dan di innova baru juga sudah begitu. Pertanyaannya kalau downpipe diganti dengan SAKI atau yang sejenis, catalis itu ditaruh dimana ya? Apa sebenarnya fungsi katalis, apakah pengaruh ke emisi, fuel cons. etc.? trims bro.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Mon Jul 30, 2007 2:55
Re: Kijang Innova D-4D
Udah lama nih tenggelem... Sundul dulu ah...






-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4631
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Kijang Innova D-4D
D4d facelift FC dal kot 1L:10 KM,
Luar kota 1L=12 KM
Luar kota 1L=12 KM
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kijang Innova D-4D
CC (Cat Conv.) murni utk emisi dan sebetulnya ada sedikit trade off ke performa mesinbatang wrote: mesin fortuner d4d saya downpipe nya beda dari yang ori pertama (saya liat gambar di inet bawaan innova d4d). Downpipe sekarang ada bagian gembung bawahnya, kalo yang lama lurus aja. Saya ada tanya di forum lain dan dijawab oleh ahli knalpot yang kebetulan juga jual downpipe modifikasi, bahwa gembung itu adalah katalis dan di innova baru juga sudah begitu. Pertanyaannya kalau downpipe diganti dengan SAKI atau yang sejenis, catalis itu ditaruh dimana ya? Apa sebenarnya fungsi katalis, apakah pengaruh ke emisi, fuel cons. etc.? trims bro.
Dgn melepas CC yg kebetulan dapat dilakukan dgn cara mengganti Down Pipe memang akan terasa perbaikan pada kinerja mesin, hanya saja emisi gas buang menjadi lebih "tidak ramah lingkungan"...he hee
* Bukan ajakan Beli *
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Wed Apr 30, 2008 10:20
Re: Kijang Innova D-4D
Thanks bro Turboman. Itu yang saya duga.
Kalo gitu saya mungkin tidak jadi ganti downpipe sayang katalisnya dan sayang bumi he he. (kecuali dengan ganti downpipe jadi lebih irit kan sama aja tuh hasilnya mengurangi emisi, bener ga?)
Nah jadi modif apa yang bisa dianjurkan? Ganti air filter, CAI? Dastek?
Kalo gitu saya mungkin tidak jadi ganti downpipe sayang katalisnya dan sayang bumi he he. (kecuali dengan ganti downpipe jadi lebih irit kan sama aja tuh hasilnya mengurangi emisi, bener ga?)
Nah jadi modif apa yang bisa dianjurkan? Ganti air filter, CAI? Dastek?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kijang Innova D-4D
Kinerja mesin improve maka kons. BBM akan improve, karena pedal gas ditoel dikit mobil dah ngacir.batang wrote: Kalo gitu saya mungkin tidak jadi ganti downpipe sayang katalisnya dan sayang bumi he he. (kecuali dengan ganti downpipe jadi lebih irit kan sama aja tuh hasilnya mengurangi emisi, bener ga?)
Down Pipe asli pabrik sejak Ipah D4 D pertama kali keluar disainnya enggak proporsional, nekuk patah 90 derajat gitu.
Memang suatu hal yg dilematis mengenai CC ini, antara kinerja mesin / kons. BBM vs. emisi knalpot, dan yg perlu diingat bahwa dgn adanya CC maka idealnya mesin mengkonsumsi solar rendah sulphur macam DEX, jikalau mengkonsumsi solar / biosolar biasa maka yg sering terjadi dalam jangka panjang adalah CC mampet disebabkan oleh jelaga.
Tapi apakah mempertahanakn CC atau melepas CC itu adalah pilihan user.

Kalau saya pribadi walau mobil nggak pake CC, tapi cara ane mengurangi emisi CO2 adalah dgn nyetir ala hypermile dan Unichip setel ke mode irit (supply BBM dibuat minus all the way), ketika setel ke MAP irit saat stasioner-pun bau knalpot agak berkurang.
Teknik2 tuning efisiensi utk D4 D bisa dilihat : http://mesin-diesel.dinogroups.com/ - Tuning efisiensi Innova D4 D (mendukung aplikasi Eco driving) & Tuning Ipah D4 D utk mendukung Eco Driving
* Bukan ajakan Beli *
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Wed Apr 30, 2008 10:20
Re: Kijang Innova D-4D
Anda luar biasa Bung Turboman! Thanks
Jadi kepikir lagi nih buat ganti downpipe! Bener juga sih kalau FC jadi lebih irit sebenarnya juga bagus buat bumi ya. Yang aku engga habis pikir kenapa Toyota mengganti downpipe dari yang tanpa CC terus jadi pake CC tapi desain keseleonya itu terus dipertahankan ya? Aneh bener ...
Kalau mobil anda sekarang FC bisa dapet berapa? tetap diisi solar biasa kan?
Jadi kepikir lagi nih buat ganti downpipe! Bener juga sih kalau FC jadi lebih irit sebenarnya juga bagus buat bumi ya. Yang aku engga habis pikir kenapa Toyota mengganti downpipe dari yang tanpa CC terus jadi pake CC tapi desain keseleonya itu terus dipertahankan ya? Aneh bener ...
Kalau mobil anda sekarang FC bisa dapet berapa? tetap diisi solar biasa kan?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Thu Aug 07, 2008 15:05
Re: Kijang Innova D-4D
Mohon pencerahan para senior ya, gw pengin pasang piggyback buat inova diesel. Bingung milihnya, ada yg HKS F Con D, Dastek Unichip type q +, dll, mungkin ada sudah berpengalaman untuk plus minus masing2 piggyback dan bagaimana dengan konsumsi BBMnya. Tempo hari perna konsul dengan bengkel langganan katanya ada yg pasang dastek abis digeber kencang mesinnya bisa mati sendiri, trus dah di ganti baru problem yg sama terjadi lagi. Jadi ragu dan bingung, pengin mobil lebih enak tapi resikonya kaya begitu. Terus apakah bisa di kembalikan ke standar pabrik dengan tidak ada masalah engine chek menyala. Mohon pencerahannya yaaaaa.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 171
- Joined: Fri Oct 24, 2008 19:09
Re: Kijang Innova D-4D
Dastek atawa uni chip cuma alat buat nipu komputer nye aja coy...
Trus ade settingannye, mau irit bise, mau kenceng bise. Mau kenceng pasti bbm borois.
Ane pernah denger juge tu klo masangnye kurang apdol, ada yg tau2 mati
Klow mau bw serpis ke dealer, copot aje dulu uni nye
Liat ke tret sebelah, ade d4d std bise kenceng tu
Trus ade settingannye, mau irit bise, mau kenceng bise. Mau kenceng pasti bbm borois.
Ane pernah denger juge tu klo masangnye kurang apdol, ada yg tau2 mati
Klow mau bw serpis ke dealer, copot aje dulu uni nye
Liat ke tret sebelah, ade d4d std bise kenceng tu
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Thu Aug 07, 2008 15:05
Re: Kijang Innova D-4D
Kalo d copot perlu seting lagi nggak? Bisa di copot pasang sendiri atau bawa ke bengkel? Jade susah klo bawa ke beres ya? BTW itu final gearnya innova diesel yg manual bisa di kecilin lagi ya? Abisnya speed 150 km/jam rpm dah ampir red line. Jade ngeri kalo2 mesin jebol. 

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 264
- Joined: Fri Jan 01, 2010 1:40
Re: Kijang Innova D-4D
sudul lagi ahh...biar idup lagi nih tread
Saya juga punya pertanyaan seperti di bawah ini :
*kalau tanya di Auto2000 (di jemursari dan waru,surabaya) pasti jawabannya "garansi void pak!" tapi gw tidak yakin karena mekaniknya terdengar cupu (masak selalu gw harus jelasin dulu "DP" itu apa
) atau karena masih tanya lewat telp doank kali ya ?
*tadi saya tanya ke yang jual downpipe (yang di kota malang itu lho...) katanya malah di rekomendasi ama auto2000 di kota malang tersebut..dan di nasmoco solo juga katanya??? masak beda kota beda kebijakan??
ini yang betul siapa yah..atau mekanik a2000 di beri "tip" aja yah? heheheh...
(menghalalkan segala cara agar biar ganti DP tapi tetap di garansi ama TAM
)
mohon pencerahan dari para senior
.
ps : nanya juga soal UU emisi,gimana? jadi di terapkan?
tadi sempat nanya2 katanya kalau gandi DP (+ exhaust/middle pipe) bisa lolos uji emisi kalau MESIN pengujinya masih euro2 kalau mesin PENGUJINYA euro3 ya sebaiknya ganti DP orinya dulu pas diuji
... mungkin bro2 sini ada yang punya info lebih > CMIIW
regards
ecrush

Saya juga punya pertanyaan seperti di bawah ini :
saya sudah macari jawabannya sendiri tetapi masih menemukan kontradiksi sbb :yatra wrote:Numpang tanya para senior mengganti dp pada innova diesel apakah menggugurkan garansi? ...................
Thanks ya.
*kalau tanya di Auto2000 (di jemursari dan waru,surabaya) pasti jawabannya "garansi void pak!" tapi gw tidak yakin karena mekaniknya terdengar cupu (masak selalu gw harus jelasin dulu "DP" itu apa

*tadi saya tanya ke yang jual downpipe (yang di kota malang itu lho...) katanya malah di rekomendasi ama auto2000 di kota malang tersebut..dan di nasmoco solo juga katanya??? masak beda kota beda kebijakan??
ini yang betul siapa yah..atau mekanik a2000 di beri "tip" aja yah? heheheh...
(menghalalkan segala cara agar biar ganti DP tapi tetap di garansi ama TAM

mohon pencerahan dari para senior

ps : nanya juga soal UU emisi,gimana? jadi di terapkan?
tadi sempat nanya2 katanya kalau gandi DP (+ exhaust/middle pipe) bisa lolos uji emisi kalau MESIN pengujinya masih euro2 kalau mesin PENGUJINYA euro3 ya sebaiknya ganti DP orinya dulu pas diuji

regards
ecrush