Shock Jamex Monotube. Per depan dan belakang Jamex khusus Reborn bukan yang ngakunya bisa buat Reborn dan Innova lama. Velg R17 original Venturer hanya di repaint.Muhalafta wrote: Sun Aug 10, 2025 15:02ini per depan belakang pake jamex ya om? shock bawaan semua ya? kalau g salah apakah ini r17?saturday wrote: Mon Dec 23, 2024 2:00Tes naik 1 posisi dudukan per shock Jamex Monotube. Posisi asli ketika shock diterima dan dipasang ada di nomor 2 dari 5 posisi. Sekarang naik ke nomor 3 (tengah).saturday wrote: Sun Dec 15, 2024 16:29 Lagi cobain per depan Jamex produksi terbaru bagian depan spek khusus Reborn. Barang baru masuk Indonesia bulan ini. Saya belum tahu part numbernya karena barang yang dikirim ke saya masih menggunakan kardus lama.
Seperti yang pernah saya post di thread lain, per Jamex depan untuk "Innova Diesel" itu diperuntukkan Innova 2KD; mentang-mentang bisa dipasang di Reborn, seluruh seller di marketplace klaim itu bisa untuk Reborn. Sekedar bisa terpasang, tapi tidak optimal.
IMG-20241214-WA0068.jpg
Ribooon.png
Ribooon2.png
Yang saya rasakan hentakan lebih lembut karena spring rate sedikit berkurang, tapi tetap bisa membuat body roll berkurang karena jumlah coil yang bertambah. Paling terasa ketika sedang menikung atau U-turn, lalu mau kembali ke posisi setir center; body rollnya jadi berkurang dibanding per ori.
Terlihat bagian depan lebih turun, CMIIW, saya tidak ada foto pembanding sebelum ganti per. Untungnya shock Jamex Monotube yang saya gunakan ada setelan untuk naik-turun. Masih bisa dinaikkan 1 atau 2 cm tergantung mau didudukkan di groove mana (tiap groove = 1 cm).
Kapan sempat akan tes naik 1 cm supaya tidak terlalu terlihat nungging.
1 posisi = 1 cm. Kenyataannya mobilnya naik 2 cm setelah naik 1 posisi.
Posisi nomor 3 (tengah): jarak ban ke fender 7 cm
1000210005-removebg-preview.png
Posisi nomor 2 (bawaan): jarak ban ke fender 5 cm
Ribooon (1).png
Setelah naik 1 klik. Yang dirasakan mobil jadi lebih stiff; balik lagi kerasnya seperti ketika masih pakai per ori tapi untuk body roll, response steer, nose dive, dan feeling ketika rem, belok, pindah lajur, dan menikung jadi lebih mantap dibandingkan per ori ataupun per jamex dengan shock jamex monotube 1 posisi dibawahnya.
Saya lebih cocok dengan setup yang sekarang. Lebih sedap dipandang juga karena tidak "ngangkang" belakangnya.
mau ganti velg jg dilema ke r17 atau r18, lg nyari" refrensi jg biar nyaman (g terlalu keras) settingan dan yg perlu di ganti apakah cukup pirnya saja
All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
saturday
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 767
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)
-
Muhalafta
- Member of Junior Mechanic

- Posts: 45
- Joined: Fri Jan 06, 2023 5:42
- Location: sukoharjo
- Daily Vehicle: innova reborn diesel type G
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)
hoo begitusaturday wrote: Sun Aug 10, 2025 15:19Shock Jamex Monotube. Per depan dan belakang Jamex khusus Reborn bukan yang ngakunya bisa buat Reborn dan Innova lama. Velg R17 original Venturer hanya di repaint.Muhalafta wrote: Sun Aug 10, 2025 15:02ini per depan belakang pake jamex ya om? shock bawaan semua ya? kalau g salah apakah ini r17?saturday wrote: Mon Dec 23, 2024 2:00
Tes naik 1 posisi dudukan per shock Jamex Monotube. Posisi asli ketika shock diterima dan dipasang ada di nomor 2 dari 5 posisi. Sekarang naik ke nomor 3 (tengah).
1 posisi = 1 cm. Kenyataannya mobilnya naik 2 cm setelah naik 1 posisi.
Posisi nomor 3 (tengah): jarak ban ke fender 7 cm
1000210005-removebg-preview.png
Posisi nomor 2 (bawaan): jarak ban ke fender 5 cm
Ribooon (1).png
Setelah naik 1 klik. Yang dirasakan mobil jadi lebih stiff; balik lagi kerasnya seperti ketika masih pakai per ori tapi untuk body roll, response steer, nose dive, dan feeling ketika rem, belok, pindah lajur, dan menikung jadi lebih mantap dibandingkan per ori ataupun per jamex dengan shock jamex monotube 1 posisi dibawahnya.
Saya lebih cocok dengan setup yang sekarang. Lebih sedap dipandang juga karena tidak "ngangkang" belakangnya.
mau ganti velg jg dilema ke r17 atau r18, lg nyari" refrensi jg biar nyaman (g terlalu keras) settingan dan yg perlu di ganti apakah cukup pirnya saja
depan blakang shock jamex jg brarti ya om? mantab mantab
dari harga dan review yg ada menarik sih ini
-
Adiyanto86
- Visitor

- Posts: 1
- Joined: Thu Aug 14, 2025 2:02
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Innova reborn diesel
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)
Hallo om2 semua,
Saya mau nanya
Innova reborn diesel saya G matic 2018
Klo posisi muatan banyak, ada getar di body pada saat kecepatan rendah 20-40km/jam. Terasa klo jalan pelan.
Dicek kopel dan cross joint masih aman.
Kendala dimana ya? Apakah ada masukan dan pernah mengalami? Thank you
Saya mau nanya
Innova reborn diesel saya G matic 2018
Klo posisi muatan banyak, ada getar di body pada saat kecepatan rendah 20-40km/jam. Terasa klo jalan pelan.
Dicek kopel dan cross joint masih aman.
Kendala dimana ya? Apakah ada masukan dan pernah mengalami? Thank you
-
well
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1040
- Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
- Location: Sub
- Daily Vehicle: Sepeda Ontel
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)
ini apa pada saat akselerasi?Adiyanto86 wrote: Thu Aug 14, 2025 2:05 Hallo om2 semua,
Saya mau nanya
Innova reborn diesel saya G matic 2018
Klo posisi muatan banyak, ada getar di body pada saat kecepatan rendah 20-40km/jam. Terasa klo jalan pelan.
Dicek kopel dan cross joint masih aman.
Kendala dimana ya? Apakah ada masukan dan pernah mengalami? Thank you
-
MSU
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1944
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)
ban/velg yakin ga benjol?Adiyanto86 wrote: Thu Aug 14, 2025 2:05 Hallo om2 semua,
Saya mau nanya
Innova reborn diesel saya G matic 2018
Klo posisi muatan banyak, ada getar di body pada saat kecepatan rendah 20-40km/jam. Terasa klo jalan pelan.
Dicek kopel dan cross joint masih aman.
Kendala dimana ya? Apakah ada masukan dan pernah mengalami? Thank you
-
Vai0907
- Member of Junior Mechanic

- Posts: 37
- Joined: Sun Mar 12, 2023 16:00
- Location: Palembang
- Daily Vehicle: Innova reborn G diesel 2022
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)
Om..gimana bedainnya yg lama sm yg baru (yg bnr2 buat 2GD)?saturday wrote: Sun Dec 15, 2024 16:29 Lagi cobain per depan Jamex produksi terbaru bagian depan spek khusus Reborn. Barang baru masuk Indonesia bulan ini. Saya belum tahu part numbernya karena barang yang dikirim ke saya masih menggunakan kardus lama.
Seperti yang pernah saya post di thread lain, per Jamex depan untuk "Innova Diesel" itu diperuntukkan Innova 2KD; mentang-mentang bisa dipasang di Reborn, seluruh seller di marketplace klaim itu bisa untuk Reborn. Sekedar bisa terpasang, tapi tidak optimal.
IMG-20241214-WA0068.jpg
Ribooon.png
Ribooon2.png
Yang saya rasakan hentakan lebih lembut karena spring rate sedikit berkurang, tapi tetap bisa membuat body roll berkurang karena jumlah coil yang bertambah. Paling terasa ketika sedang menikung atau U-turn, lalu mau kembali ke posisi setir center; body rollnya jadi berkurang dibanding per ori.
Terlihat bagian depan lebih turun, CMIIW, saya tidak ada foto pembanding sebelum ganti per. Untungnya shock Jamex Monotube yang saya gunakan ada setelan untuk naik-turun. Masih bisa dinaikkan 1 atau 2 cm tergantung mau didudukkan di groove mana (tiap groove = 1 cm).
Kapan sempat akan tes naik 1 cm supaya tidak terlalu terlihat nungging.
-
saturday
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 767
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)
Yang buat 2GD Reborn angka belakang kode produk 908.
Kalau bensin saya tidak tahu. Setahu saya per depan Reborn bensin dan diesel berbeda.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
zzzprince
- Full Member of Senior Mechanic

- Posts: 461
- Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)
Barusan lihat Spec reborn improvement 2025
Masih blm tau bedanya lampu sama velg, padahal di highlight di brosurnya..
Yang bikin kaget, malah ada silent adjustment di final gear, jadi 4555 dari 3583
Apa ada yg punya info A1 nya?
Masih blm tau bedanya lampu sama velg, padahal di highlight di brosurnya..
Yang bikin kaget, malah ada silent adjustment di final gear, jadi 4555 dari 3583
Apa ada yg punya info A1 nya?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
doge
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 820
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)
Aseli dari sumbernyazzzprince wrote: Tue Dec 09, 2025 13:19 Barusan lihat Spec reborn improvement 2025
Masih blm tau bedanya lampu sama velg, padahal di highlight di brosurnya..
Yang bikin kaget, malah ada silent adjustment di final gear, jadi 4555 dari 3583
Apa ada yg punya info A1 nya?
https://www.toyota.astra.co.id/shopping ... e-brochure
Klo males klik di webnya yoyot:
https://online.flippingbook.com/view/175512697/
Gokil emang, overstok gardan 1tr ditumpahin di 2gd
Demi mengurangi populasi reborn resing jawabahn dan akomodasi ngeblong travel gelap lintas propinsi
Jd kyk mechanical limiter buat speed speed lover, tp nyabutnya mesti ganti gardan
3583 ke 4555... 27% rpm naik; klo pke mt 100kph jd 3000rpm di mesin yg redlinenya 4000an
Balik ke era 2kd mt mah ini, cm bs smpe 140kph
-
ak4ng
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 10478
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)
FG membesar Bukannya malah bagus ya buat angkatan + akselerasi
buat kaum cumi lintas provinsi lebih kepake 
-
tesna
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 978
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)
di tol jadi lebih boros, mau yg lari max 100 pun. pasti jadi borosssssss rpm menjerit
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
MSU
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1944
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)
harusnya sih TAM / toyota indo komunikasi soal ini...jgn sampe konsumen ga terlalu ngerti teknis, udah beli malah kecewa...
mudah2an typo aja
mudah2an typo aja
-
herp
- Member of Senior Mechanic

- Posts: 191
- Joined: Sun Aug 09, 2015 0:58
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)
saking penasaran jadi ngecek punya hilux rangga buat pembanding. ternyata hilux rangga disel mt jg dapet gardan bensin. bedanya yg disel at tetep pake gardan disel. buat pembanding yg satu brosur reborn pas muncul venturer
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
carlzeiss
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 789
- Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
- Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)
permisi om om, sy mau tanya mobil saya reborn bensin 2017, kalau muatan penuh 4 dewasa ketika jalan pelan ( baru keluar komplek ) dan menikung ke kanan terdengar seperti suara getaran derr...derr... dari bagian samping belakang sepertinya, ada yang pernah mengalami ini ? apakah ada yg musti di ganti ?
- yang kenceng kalah sama yang wet look
-
kunaskun
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 4470
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)
biar ga ngebul2 lagi mbah di jawa bahndoge wrote: Tue Dec 09, 2025 13:33 Aseli dari sumbernya
https://www.toyota.astra.co.id/shopping ... e-brochure
Klo males klik di webnya yoyot:
https://online.flippingbook.com/view/175512697/
Gokil emang, overstok gardan 1tr ditumpahin di 2gd
Demi mengurangi populasi reborn resing jawabahn dan akomodasi ngeblong travel gelap lintas propinsi
Jd kyk mechanical limiter buat speed speed lover, tp nyabutnya mesti ganti gardan
3583 ke 4555... 27% rpm naik; klo pke mt 100kph jd 3000rpm di mesin yg redlinenya 4000an
Balik ke era 2kd mt mah ini, cm bs smpe 140kph
tapi bukannya bagusnya tarikan awal jadi makin enteng tuh? pengusaha akap banget, ODOL to the max
-
well
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1040
- Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
- Location: Sub
- Daily Vehicle: Sepeda Ontel
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)
wahhh, jd kurang menarik nih...zzzprince wrote: Tue Dec 09, 2025 13:19 Barusan lihat Spec reborn improvement 2025
Masih blm tau bedanya lampu sama velg, padahal di highlight di brosurnya..
Yang bikin kaget, malah ada silent adjustment di final gear, jadi 4555 dari 3583
Apa ada yg punya info A1 nya?
kalau mau balik sprt spek awal bgmn? apa ganti gardan doang bisa? apa pnp?
-
doge
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 820
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)
Iya pasti enteng om, dimuatin smpe bagasi atap diiket tali semua jg msh entengkunaskun wrote: Wed Dec 10, 2025 6:42biar ga ngebul2 lagi mbah di jawa bahndoge wrote: Tue Dec 09, 2025 13:33 Aseli dari sumbernya
https://www.toyota.astra.co.id/shopping ... e-brochure
Klo males klik di webnya yoyot:
https://online.flippingbook.com/view/175512697/
Gokil emang, overstok gardan 1tr ditumpahin di 2gd
Demi mengurangi populasi reborn resing jawabahn dan akomodasi ngeblong travel gelap lintas propinsi
Jd kyk mechanical limiter buat speed speed lover, tp nyabutnya mesti ganti gardan
3583 ke 4555... 27% rpm naik; klo pke mt 100kph jd 3000rpm di mesin yg redlinenya 4000an
Balik ke era 2kd mt mah ini, cm bs smpe 140kph![]()
tapi bukannya bagusnya tarikan awal jadi makin enteng tuh? pengusaha akap banget, ODOL to the max![]()
Makanya setup 4555 cocok buat rute lintas akap yg cm lari 20-80 kph
-
kunaskun
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 4470
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)
gpp lari segitu mbah, sekalian memajukan konten kreator tanjakan kelok sembilandoge wrote: Wed Dec 10, 2025 11:26
Iya pasti enteng om, dimuatin smpe bagasi atap diiket tali semua jg msh enteng
Makanya setup 4555 cocok buat rute lintas akap yg cm lari 20-80 kph
berarti ASII yakin ni, subsidi bisol akan diperpanjang govt dan market gerobak ngebul ke non kota besar, sisanya geser ke zenix
in ASII we trust

