All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 767
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by saturday »

Muhalafta wrote: Sun Aug 10, 2025 15:02
saturday wrote: Mon Dec 23, 2024 2:00
saturday wrote: Sun Dec 15, 2024 16:29 Lagi cobain per depan Jamex produksi terbaru bagian depan spek khusus Reborn. Barang baru masuk Indonesia bulan ini. Saya belum tahu part numbernya karena barang yang dikirim ke saya masih menggunakan kardus lama.

Seperti yang pernah saya post di thread lain, per Jamex depan untuk "Innova Diesel" itu diperuntukkan Innova 2KD; mentang-mentang bisa dipasang di Reborn, seluruh seller di marketplace klaim itu bisa untuk Reborn. Sekedar bisa terpasang, tapi tidak optimal.

IMG-20241214-WA0068.jpg

Ribooon.png

Ribooon2.png

Yang saya rasakan hentakan lebih lembut karena spring rate sedikit berkurang, tapi tetap bisa membuat body roll berkurang karena jumlah coil yang bertambah. Paling terasa ketika sedang menikung atau U-turn, lalu mau kembali ke posisi setir center; body rollnya jadi berkurang dibanding per ori.

Terlihat bagian depan lebih turun, CMIIW, saya tidak ada foto pembanding sebelum ganti per. Untungnya shock Jamex Monotube yang saya gunakan ada setelan untuk naik-turun. Masih bisa dinaikkan 1 atau 2 cm tergantung mau didudukkan di groove mana (tiap groove = 1 cm).

Kapan sempat akan tes naik 1 cm supaya tidak terlalu terlihat nungging.
Tes naik 1 posisi dudukan per shock Jamex Monotube. Posisi asli ketika shock diterima dan dipasang ada di nomor 2 dari 5 posisi. Sekarang naik ke nomor 3 (tengah).

1 posisi = 1 cm. Kenyataannya mobilnya naik 2 cm setelah naik 1 posisi.

Posisi nomor 3 (tengah): jarak ban ke fender 7 cm
1000210005-removebg-preview.png

Posisi nomor 2 (bawaan): jarak ban ke fender 5 cm
Ribooon (1).png

Setelah naik 1 klik. Yang dirasakan mobil jadi lebih stiff; balik lagi kerasnya seperti ketika masih pakai per ori tapi untuk body roll, response steer, nose dive, dan feeling ketika rem, belok, pindah lajur, dan menikung jadi lebih mantap dibandingkan per ori ataupun per jamex dengan shock jamex monotube 1 posisi dibawahnya.

Saya lebih cocok dengan setup yang sekarang. Lebih sedap dipandang juga karena tidak "ngangkang" belakangnya.
ini per depan belakang pake jamex ya om? shock bawaan semua ya? kalau g salah apakah ini r17?
mau ganti velg jg dilema ke r17 atau r18, lg nyari" refrensi jg biar nyaman (g terlalu keras) settingan dan yg perlu di ganti apakah cukup pirnya saja
Shock Jamex Monotube. Per depan dan belakang Jamex khusus Reborn bukan yang ngakunya bisa buat Reborn dan Innova lama. Velg R17 original Venturer hanya di repaint.
Muhalafta
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Fri Jan 06, 2023 5:42
Location: sukoharjo
Daily Vehicle: innova reborn diesel type G

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by Muhalafta »

saturday wrote: Sun Aug 10, 2025 15:19
Muhalafta wrote: Sun Aug 10, 2025 15:02
saturday wrote: Mon Dec 23, 2024 2:00

Tes naik 1 posisi dudukan per shock Jamex Monotube. Posisi asli ketika shock diterima dan dipasang ada di nomor 2 dari 5 posisi. Sekarang naik ke nomor 3 (tengah).

1 posisi = 1 cm. Kenyataannya mobilnya naik 2 cm setelah naik 1 posisi.

Posisi nomor 3 (tengah): jarak ban ke fender 7 cm
1000210005-removebg-preview.png

Posisi nomor 2 (bawaan): jarak ban ke fender 5 cm
Ribooon (1).png

Setelah naik 1 klik. Yang dirasakan mobil jadi lebih stiff; balik lagi kerasnya seperti ketika masih pakai per ori tapi untuk body roll, response steer, nose dive, dan feeling ketika rem, belok, pindah lajur, dan menikung jadi lebih mantap dibandingkan per ori ataupun per jamex dengan shock jamex monotube 1 posisi dibawahnya.

Saya lebih cocok dengan setup yang sekarang. Lebih sedap dipandang juga karena tidak "ngangkang" belakangnya.
ini per depan belakang pake jamex ya om? shock bawaan semua ya? kalau g salah apakah ini r17?
mau ganti velg jg dilema ke r17 atau r18, lg nyari" refrensi jg biar nyaman (g terlalu keras) settingan dan yg perlu di ganti apakah cukup pirnya saja
Shock Jamex Monotube. Per depan dan belakang Jamex khusus Reborn bukan yang ngakunya bisa buat Reborn dan Innova lama. Velg R17 original Venturer hanya di repaint.
hoo begitu
depan blakang shock jamex jg brarti ya om? mantab mantab
dari harga dan review yg ada menarik sih ini 🤤
Adiyanto86
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Thu Aug 14, 2025 2:02
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Innova reborn diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by Adiyanto86 »

Hallo om2 semua,
Saya mau nanya
Innova reborn diesel saya G matic 2018
Klo posisi muatan banyak, ada getar di body pada saat kecepatan rendah 20-40km/jam. Terasa klo jalan pelan.
Dicek kopel dan cross joint masih aman.
Kendala dimana ya? Apakah ada masukan dan pernah mengalami? Thank you
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1040
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by well »

Adiyanto86 wrote: Thu Aug 14, 2025 2:05 Hallo om2 semua,
Saya mau nanya
Innova reborn diesel saya G matic 2018
Klo posisi muatan banyak, ada getar di body pada saat kecepatan rendah 20-40km/jam. Terasa klo jalan pelan.
Dicek kopel dan cross joint masih aman.
Kendala dimana ya? Apakah ada masukan dan pernah mengalami? Thank you
ini apa pada saat akselerasi?
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1944
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by MSU »

Adiyanto86 wrote: Thu Aug 14, 2025 2:05 Hallo om2 semua,
Saya mau nanya
Innova reborn diesel saya G matic 2018
Klo posisi muatan banyak, ada getar di body pada saat kecepatan rendah 20-40km/jam. Terasa klo jalan pelan.
Dicek kopel dan cross joint masih aman.
Kendala dimana ya? Apakah ada masukan dan pernah mengalami? Thank you
ban/velg yakin ga benjol?
Vai0907
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Sun Mar 12, 2023 16:00
Location: Palembang
Daily Vehicle: Innova reborn G diesel 2022

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by Vai0907 »

saturday wrote: Sun Dec 15, 2024 16:29 Lagi cobain per depan Jamex produksi terbaru bagian depan spek khusus Reborn. Barang baru masuk Indonesia bulan ini. Saya belum tahu part numbernya karena barang yang dikirim ke saya masih menggunakan kardus lama.

Seperti yang pernah saya post di thread lain, per Jamex depan untuk "Innova Diesel" itu diperuntukkan Innova 2KD; mentang-mentang bisa dipasang di Reborn, seluruh seller di marketplace klaim itu bisa untuk Reborn. Sekedar bisa terpasang, tapi tidak optimal.

IMG-20241214-WA0068.jpg

Ribooon.png

Ribooon2.png

Yang saya rasakan hentakan lebih lembut karena spring rate sedikit berkurang, tapi tetap bisa membuat body roll berkurang karena jumlah coil yang bertambah. Paling terasa ketika sedang menikung atau U-turn, lalu mau kembali ke posisi setir center; body rollnya jadi berkurang dibanding per ori.

Terlihat bagian depan lebih turun, CMIIW, saya tidak ada foto pembanding sebelum ganti per. Untungnya shock Jamex Monotube yang saya gunakan ada setelan untuk naik-turun. Masih bisa dinaikkan 1 atau 2 cm tergantung mau didudukkan di groove mana (tiap groove = 1 cm).

Kapan sempat akan tes naik 1 cm supaya tidak terlalu terlihat nungging.
Om..gimana bedainnya yg lama sm yg baru (yg bnr2 buat 2GD)?
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 767
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by saturday »

Vai0907 wrote: Sun Aug 31, 2025 13:00
Om..gimana bedainnya yg lama sm yg baru (yg bnr2 buat 2GD)?
Yang buat 2GD Reborn angka belakang kode produk 908.
IMG-20241213-WA0058.jpg
Kalau bensin saya tidak tahu. Setahu saya per depan Reborn bensin dan diesel berbeda.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 461
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by zzzprince »

Barusan lihat Spec reborn improvement 2025

Masih blm tau bedanya lampu sama velg, padahal di highlight di brosurnya..

Yang bikin kaget, malah ada silent adjustment di final gear, jadi 4555 dari 3583

Apa ada yg punya info A1 nya?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 820
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by doge »

zzzprince wrote: Tue Dec 09, 2025 13:19 Barusan lihat Spec reborn improvement 2025

Masih blm tau bedanya lampu sama velg, padahal di highlight di brosurnya..

Yang bikin kaget, malah ada silent adjustment di final gear, jadi 4555 dari 3583

Apa ada yg punya info A1 nya?
Aseli dari sumbernya

https://www.toyota.astra.co.id/shopping ... e-brochure

Klo males klik di webnya yoyot:
https://online.flippingbook.com/view/175512697/

Gokil emang, overstok gardan 1tr ditumpahin di 2gd

Demi mengurangi populasi reborn resing jawabahn dan akomodasi ngeblong travel gelap lintas propinsi

Jd kyk mechanical limiter buat speed speed lover, tp nyabutnya mesti ganti gardan :big_weee:

3583 ke 4555... 27% rpm naik; klo pke mt 100kph jd 3000rpm di mesin yg redlinenya 4000an

Balik ke era 2kd mt mah ini, cm bs smpe 140kph
:ngacir:
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10478
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by ak4ng »

FG membesar Bukannya malah bagus ya buat angkatan + akselerasi :upss: buat kaum cumi lintas provinsi lebih kepake :big_exellent:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 978
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by tesna »

di tol jadi lebih boros, mau yg lari max 100 pun. pasti jadi borosssssss rpm menjerit
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1944
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by MSU »

harusnya sih TAM / toyota indo komunikasi soal ini...jgn sampe konsumen ga terlalu ngerti teknis, udah beli malah kecewa...
mudah2an typo aja
herp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 191
Joined: Sun Aug 09, 2015 0:58

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by herp »

saking penasaran jadi ngecek punya hilux rangga buat pembanding. ternyata hilux rangga disel mt jg dapet gardan bensin. bedanya yg disel at tetep pake gardan disel. buat pembanding yg satu brosur reborn pas muncul venturer
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 789
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by carlzeiss »

permisi om om, sy mau tanya mobil saya reborn bensin 2017, kalau muatan penuh 4 dewasa ketika jalan pelan ( baru keluar komplek ) dan menikung ke kanan terdengar seperti suara getaran derr...derr... dari bagian samping belakang sepertinya, ada yang pernah mengalami ini ? apakah ada yg musti di ganti ?
- yang kenceng kalah sama yang wet look
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4470
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by kunaskun »

doge wrote: Tue Dec 09, 2025 13:33 Aseli dari sumbernya

https://www.toyota.astra.co.id/shopping ... e-brochure

Klo males klik di webnya yoyot:
https://online.flippingbook.com/view/175512697/

Gokil emang, overstok gardan 1tr ditumpahin di 2gd

Demi mengurangi populasi reborn resing jawabahn dan akomodasi ngeblong travel gelap lintas propinsi

Jd kyk mechanical limiter buat speed speed lover, tp nyabutnya mesti ganti gardan :big_weee:

3583 ke 4555... 27% rpm naik; klo pke mt 100kph jd 3000rpm di mesin yg redlinenya 4000an

Balik ke era 2kd mt mah ini, cm bs smpe 140kph
biar ga ngebul2 lagi mbah di jawa bahn :mky_02:
tapi bukannya bagusnya tarikan awal jadi makin enteng tuh? pengusaha akap banget, ODOL to the max :mky_03:
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1040
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by well »

zzzprince wrote: Tue Dec 09, 2025 13:19 Barusan lihat Spec reborn improvement 2025

Masih blm tau bedanya lampu sama velg, padahal di highlight di brosurnya..

Yang bikin kaget, malah ada silent adjustment di final gear, jadi 4555 dari 3583

Apa ada yg punya info A1 nya?
wahhh, jd kurang menarik nih...
kalau mau balik sprt spek awal bgmn? apa ganti gardan doang bisa? apa pnp?
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 820
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by doge »

kunaskun wrote: Wed Dec 10, 2025 6:42
doge wrote: Tue Dec 09, 2025 13:33 Aseli dari sumbernya

https://www.toyota.astra.co.id/shopping ... e-brochure

Klo males klik di webnya yoyot:
https://online.flippingbook.com/view/175512697/

Gokil emang, overstok gardan 1tr ditumpahin di 2gd

Demi mengurangi populasi reborn resing jawabahn dan akomodasi ngeblong travel gelap lintas propinsi

Jd kyk mechanical limiter buat speed speed lover, tp nyabutnya mesti ganti gardan :big_weee:

3583 ke 4555... 27% rpm naik; klo pke mt 100kph jd 3000rpm di mesin yg redlinenya 4000an

Balik ke era 2kd mt mah ini, cm bs smpe 140kph
biar ga ngebul2 lagi mbah di jawa bahn :mky_02:
tapi bukannya bagusnya tarikan awal jadi makin enteng tuh? pengusaha akap banget, ODOL to the max :mky_03:
Iya pasti enteng om, dimuatin smpe bagasi atap diiket tali semua jg msh enteng

Makanya setup 4555 cocok buat rute lintas akap yg cm lari 20-80 kph
:ngacir:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4470
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by kunaskun »

doge wrote: Wed Dec 10, 2025 11:26
Iya pasti enteng om, dimuatin smpe bagasi atap diiket tali semua jg msh enteng

Makanya setup 4555 cocok buat rute lintas akap yg cm lari 20-80 kph
gpp lari segitu mbah, sekalian memajukan konten kreator tanjakan kelok sembilan :mky_06:

berarti ASII yakin ni, subsidi bisol akan diperpanjang govt dan market gerobak ngebul ke non kota besar, sisanya geser ke zenix :big_exellent:
in ASII we trust :big_smoking: :big_smoking: :big_smoking: