share captiva - PART 04

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 04

Post by wllaw2 »

evolution21 wrote:yg original ga boleh pake air bro, ntar malah rusak soalnya kan bahannya semacam kertas
mesti di semprot , atau kalau ga ada ane kadang suka pake vacuum cleaner, ga maskimal tp lumayan
tp nyedotnya jgn terbalik ya
Oh.. Thanks gan. Disemprot pakai angin kompressor buat tambah angin gitu gak masalah kan? Kira2 harga K&N Filternya berapa?

By the way gan, mobil agan yang bensin?
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 04

Post by wllaw2 »

Di Captiva FL kan ada "Side Vent" yang lebih lancip gitu, tapi kok saya lihat gak ada lubangnya ya? Sedangkan yang non-FL benar2 ada lubangnya.
Billiton
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Tue Sep 25, 2012 14:32

Re: share captiva - PART 04

Post by Billiton »

WK1 wrote:Pagi ini ctv dcuci steam + diangkat, skalian cek ada renbesan oli atau tidak. Penutup mesin tidak dbuka tp terlihat jelas dr celah penutup mesin. Saya usap Pake tangan di penutup mesinnya, tidak ada tetesan oli. Karter sih terlihat bersih ya, nanti minggu depan mo cek lagi biar ga penasaran.

Smp saat ini blom ada keluhan bunyi2 juga dr interior. Moga2 aja lancar jaya terus
Wah hoki juga om WK1, sy baru terima unit... Diantar ke kantor... Pas bawa pulang lewat jalan agak jelek lgsng keluar bunyi citt cittt kaya tikus dari karet tuas transmisinya.. Ada yg bunyi gitu juga ga? Kalo tuasnya dipegangin ga bunyi...

Sama waktu ujan pake wiper jalannya ga smooth, tp endut2an... Karetnya kaya ketahan ama kaca...

Kalo untuk tarikan emang berasa beda bgt sama yg lama, yg lama jazz soalnya,hehehe...

Baru sempet isi biosolar, blm sempet cari2 racun.. Perlu liat di ace merk liqui moly , ada yg pernah pake?
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 04

Post by evolution21 »

um wllaw
harganya lupa kayanya di 700an deh k&n

um billiton
wiper tersendat2 saya jg alamin
dah coba ganti wiper, poles kaca hasilnya nihil semua
diakalinnya beli cairan sabun merk waxco utk campuran air wiper, lumayan bisa bertahan lama, kalo tersendat tinggal semprot lg air wipernya utk melicinkan kacanya.
terakhir pas servis pertama komplain ke dealer masalah ini, entah dikerjain apanya sekarang udah ga tersendat lg, tp ane rssa masi blom maksimal karena masi ada sedikit bunyi berdecit kalo wipernya sampe keujung
Billiton
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Tue Sep 25, 2012 14:32

Re: share captiva - PART 04

Post by Billiton »

evolution21 wrote:um wllaw
harganya lupa kayanya di 700an deh k&n

um billiton
wiper tersendat2 saya jg alamin
dah coba ganti wiper, poles kaca hasilnya nihil semua
diakalinnya beli cairan sabun merk waxco utk campuran air wiper, lumayan bisa bertahan lama, kalo tersendat tinggal semprot lg air wipernya utk melicinkan kacanya.
terakhir pas servis pertama komplain ke dealer masalah ini, entah dikerjain apanya sekarang udah ga tersendat lg, tp ane rssa masi blom maksimal karena masi ada sedikit bunyi berdecit kalo wipernya sampe keujung
Sip om evo, nanti dicoba yg paling gampang dulu pake campuran sabun di air wipernya.. Thx
User avatar
WK1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48

Re: share captiva - PART 04

Post by WK1 »

Billiton wrote:
WK1 wrote:Pagi ini ctv dcuci steam + diangkat, skalian cek ada renbesan oli atau tidak. Penutup mesin tidak dbuka tp terlihat jelas dr celah penutup mesin. Saya usap Pake tangan di penutup mesinnya, tidak ada tetesan oli. Karter sih terlihat bersih ya, nanti minggu depan mo cek lagi biar ga penasaran.

Smp saat ini blom ada keluhan bunyi2 juga dr interior. Moga2 aja lancar jaya terus
Wah hoki juga om WK1, sy baru terima unit... Diantar ke kantor... Pas bawa pulang lewat jalan agak jelek lgsng keluar bunyi citt cittt kaya tikus dari karet tuas transmisinya.. Ada yg bunyi gitu juga ga? Kalo tuasnya dipegangin ga bunyi...

Sama waktu ujan pake wiper jalannya ga smooth, tp endut2an... Karetnya kaya ketahan ama kaca...

Kalo untuk tarikan emang berasa beda bgt sama yg lama, yg lama jazz soalnya,hehehe...

Baru sempet isi biosolar, blm sempet cari2 racun.. Perlu liat di ace merk liqui moly , ada yg pernah pake?
Ya jauh om kalo dibandingin ama Jazz mah...
Kalo tuas transmisi saya sih fine2 aja, ga ada bunyi2 Om

Kalo tersendat jgn2 dr motor wipernya Om, mungkin ada bagian yg kendor
Saya baru coba Norival doang Om, pengen cari CRC nih, katanya bagus juga, tapi nyarinya setengah budek......wkwkwkwkw
:mky_01:
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 04

Post by Belphegor »

Boleh coba RL juga om WK1, really not bad. Saya beli air filter K&N + recharger kit nya sekitar 900rb om.
User avatar
WK1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48

Re: share captiva - PART 04

Post by WK1 »

Belphegor wrote:Boleh coba RL juga om WK1, really not bad. Saya beli air filter K&N + recharger kit nya sekitar 900rb om.
Siap Pak Wakil.....nanti dicobain deh :big_peace:
K&N nya blanja dimana Om?

Thanks for info
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 04

Post by Belphegor »

Saya juga nyari kesama kemari ga nemu tuh air filter K&N, untungnya salah 1 member disini baik hati mau beliin, terus kirim ke rumah saya. Tapi kyknya beliau da ga mantau forum lagi, bbm juga gak masuk :frm_bang_head:
User avatar
WK1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48

Re: share captiva - PART 04

Post by WK1 »

evolution21 wrote:um wllaw
harganya lupa kayanya di 700an deh k&n

um billiton
wiper tersendat2 saya jg alamin
dah coba ganti wiper, poles kaca hasilnya nihil semua
diakalinnya beli cairan sabun merk waxco utk campuran air wiper, lumayan bisa bertahan lama, kalo tersendat tinggal semprot lg air wipernya utk melicinkan kacanya.
terakhir pas servis pertama komplain ke dealer masalah ini, entah dikerjain apanya sekarang udah ga tersendat lg, tp ane rssa masi blom maksimal karena masi ada sedikit bunyi berdecit kalo wipernya sampe keujung
Om Evo
K&N nya blanja dimana? kalo Om Belphegor katanya ada Recharger kitnya...beda dimana ya?
jco
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: Tue Sep 25, 2012 6:26

Re: share captiva - PART 04

Post by jco »

@Om belphegor & Om wk1 : kalau berminat, saya ada kok. :D
Thx
clitazzz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Fri Oct 05, 2012 7:24

Re: share captiva - PART 04

Post by clitazzz »

berhubung ms nungguin badaknya datang,
saya ikut mantau dl kiat2 memelihara badaknya disini n thread sblh.

mumpung lg anget2nya ttg racun, sy ada bbrp pertanyaan bt para pengguna racun.
klo saya rencananya isinya pake dex / shell, apa masi harus pake racun2an (norival dll) ga?
klo ga harus pake, tp sebaiknya pake, emang bedanya apa klo nekad ga pake racun? (tp isi selalu shell/dex)
baik efek secara jangka pendek maupun panjang

Trus klo campuran dex+bio+racun vs isi dex doang itu secara itung2an irit mana? (jngka pndk + pnjg)
dgn memperhitungkan hrg solar, hrg racun, dan tidak lupa hrg spare part + maintenance yg bakal lbh sering klo pake racun2an + bio.
Mksd jangka panjang itu 3-5 taon, krn saya mo pake ini mobil smpe 3-5 taon ke depan.
Tkutnya cape2 ngiirit di 3 taon pertama dgn pake racun n bio, tiba2 rusak parah di taon keempat mesinnya hrs diganti bag apanya gitu yg bisa abis smpe puluhan juta.
kan sm aja boong sklo gitu ceritanya wkwkwkwk
jco
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: Tue Sep 25, 2012 6:26

Re: share captiva - PART 04

Post by jco »

clitazzz wrote:berhubung ms nungguin badaknya datang,
saya ikut mantau dl kiat2 memelihara badaknya disini n thread sblh.

mumpung lg anget2nya ttg racun, sy ada bbrp pertanyaan bt para pengguna racun.
klo saya rencananya isinya pake dex / shell, apa masi harus pake racun2an (norival dll) ga?
klo ga harus pake, tp sebaiknya pake, emang bedanya apa klo nekad ga pake racun? (tp isi selalu shell/dex)
baik efek secara jangka pendek maupun panjang

Trus klo campuran dex+bio+racun vs isi dex doang itu secara itung2an irit mana? (jngka pndk + pnjg)
dgn memperhitungkan hrg solar, hrg racun, dan tidak lupa hrg spare part + maintenance yg bakal lbh sering klo pake racun2an + bio.
Mksd jangka panjang itu 3-5 taon, krn saya mo pake ini mobil smpe 3-5 taon ke depan.
Tkutnya cape2 ngiirit di 3 taon pertama dgn pake racun n bio, tiba2 rusak parah di taon keempat mesinnya hrs diganti bag apanya gitu yg bisa abis smpe puluhan juta.
kan sm aja boong sklo gitu ceritanya wkwkwkwk
Kl ctv yg NFL 2010, awal pakai shell, lama2 kantong ga kuat jadi skrg pakai bio + redline, ga ada mslh apa2 dengan badak.

Terakhir cuma ganti selenoid karena aki suka tekor.
Thx
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 04

Post by Belphegor »

Kalo saya sih walaupun isi full shell selalu saya tambahin racun sih biar tambah enak aja.

Om jco ganti solenoid dimana? Saya juga mau ganti, denger2 aki badak sering tekor ya?
jco
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: Tue Sep 25, 2012 6:26

Re: share captiva - PART 04

Post by jco »

Belphegor wrote:Kalo saya sih walaupun isi full shell selalu saya tambahin racun sih biar tambah enak aja.

Om jco ganti solenoid dimana? Saya juga mau ganti, denger2 aki badak sering tekor ya?
Sun motor jl panjang om.
Iya, ane merasa pakai ga 1 tahun uda ganti aki lagi
, maka nya minta di cek.
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 04

Post by evolution21 »

clitazzz wrote:berhubung ms nungguin badaknya datang,
saya ikut mantau dl kiat2 memelihara badaknya disini n thread sblh.

mumpung lg anget2nya ttg racun, sy ada bbrp pertanyaan bt para pengguna racun.
klo saya rencananya isinya pake dex / shell, apa masi harus pake racun2an (norival dll) ga?
klo ga harus pake, tp sebaiknya pake, emang bedanya apa klo nekad ga pake racun? (tp isi selalu shell/dex)
baik efek secara jangka pendek maupun panjang

Trus klo campuran dex+bio+racun vs isi dex doang itu secara itung2an irit mana? (jngka pndk + pnjg)
dgn memperhitungkan hrg solar, hrg racun, dan tidak lupa hrg spare part + maintenance yg bakal lbh sering klo pake racun2an + bio.
Mksd jangka panjang itu 3-5 taon, krn saya mo pake ini mobil smpe 3-5 taon ke depan.
Tkutnya cape2 ngiirit di 3 taon pertama dgn pake racun n bio, tiba2 rusak parah di taon keempat mesinnya hrs diganti bag apanya gitu yg bisa abis smpe puluhan juta.
kan sm aja boong sklo gitu ceritanya wkwkwkwk
kemungkinan yg cepet rusak kalo pake bio tu apa aja ya?
nozzle injectore, fuel pump gitu kan?
atau ada resiko apa lainnya lg?
User avatar
WK1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48

Re: share captiva - PART 04

Post by WK1 »

Koq bisa cepet tekor ya akinya? Biasa stau saya bisa 2 thn loh
boed2
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Mon Oct 10, 2011 9:34

Re: share captiva - PART 04

Post by boed2 »

clitazzz wrote:berhubung ms nungguin badaknya datang,
saya ikut mantau dl kiat2 memelihara badaknya disini n thread sblh.

mumpung lg anget2nya ttg racun, sy ada bbrp pertanyaan bt para pengguna racun.
klo saya rencananya isinya pake dex / shell, apa masi harus pake racun2an (norival dll) ga?
klo ga harus pake, tp sebaiknya pake, emang bedanya apa klo nekad ga pake racun? (tp isi selalu shell/dex)
baik efek secara jangka pendek maupun panjang

Trus klo campuran dex+bio+racun vs isi dex doang itu secara itung2an irit mana? (jngka pndk + pnjg)
dgn memperhitungkan hrg solar, hrg racun, dan tidak lupa hrg spare part + maintenance yg bakal lbh sering klo pake racun2an + bio.
Mksd jangka panjang itu 3-5 taon, krn saya mo pake ini mobil smpe 3-5 taon ke depan.
Tkutnya cape2 ngiirit di 3 taon pertama dgn pake racun n bio, tiba2 rusak parah di taon keempat mesinnya hrs diganti bag apanya gitu yg bisa abis smpe puluhan juta.
kan sm aja boong sklo gitu ceritanya wkwkwkwk
Kalo pake full dex / solar lux lainnya, harusnya cukup bersih jadi ga perlu racun additive yah,
Kalo pake pun dosis maintenane aja (beberapa additive dianjurkan dipake secara interval aja, ga setiap tank)... Tinggal ikutin aja jadwal service rutin dari gm (filter, kuras tangki, dan bisa purging pas service aja),
Pilihan logis kalo memang biasanya pake suv dengan pertamax/plus bensin lux lainnya, pasti merasakan kelebihan dari suv diesel ini.

Kalo pake ramuan2 racun imo tergantung dari kualitas solarnya yang tergantung spbu nya juga,
Tujuan utamanya kan biar saluran solar, pembakaran dan terutama injectornya dijaga dari kontaminasi kotoran dan air..
5000km pertama saya selalu isi dex..
Pas service 1, saya cemplungin liqui moly diesel additive ..
Belakangan sejak harga dex 11.100, coba mix dengan biosolar 20lt. + RL 85+ 2x dosis maintenance
saya sih ga ngerasain bedanya dengan full dex, getaran minim dan ga ada asap, sama seperti baru.
Tenaga rasanya memang lebih enak full dex.. Ato cuma sugesti?? Hehe
Mungkin perlu dicoba jangka panjang baru bisa review..

Bro jco, ada filter solar untuk captiva FL vcdi?
Apa lebih ekonomis sering ganti filter solar daripada pakai racun2?
Bisa diy apa musti ke beres ya (reset ecu?)??

btw tadi liat ada crc di ace cp, mau coba di mobil lain dulu.
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: share captiva - PART 04

Post by Deasegara »

evolution21 wrote:
clitazzz wrote:berhubung ms nungguin badaknya datang,
saya ikut mantau dl kiat2 memelihara badaknya disini n thread sblh.

mumpung lg anget2nya ttg racun, sy ada bbrp pertanyaan bt para pengguna racun.
klo saya rencananya isinya pake dex / shell, apa masi harus pake racun2an (norival dll) ga?
klo ga harus pake, tp sebaiknya pake, emang bedanya apa klo nekad ga pake racun? (tp isi selalu shell/dex)
baik efek secara jangka pendek maupun panjang

Trus klo campuran dex+bio+racun vs isi dex doang itu secara itung2an irit mana? (jngka pndk + pnjg)
dgn memperhitungkan hrg solar, hrg racun, dan tidak lupa hrg spare part + maintenance yg bakal lbh sering klo pake racun2an + bio.
Mksd jangka panjang itu 3-5 taon, krn saya mo pake ini mobil smpe 3-5 taon ke depan.
Tkutnya cape2 ngiirit di 3 taon pertama dgn pake racun n bio, tiba2 rusak parah di taon keempat mesinnya hrs diganti bag apanya gitu yg bisa abis smpe puluhan juta.
kan sm aja boong sklo gitu ceritanya wkwkwkwk
kemungkinan yg cepet rusak kalo pake bio tu apa aja ya?
nozzle injectore, fuel pump gitu kan?
atau ada resiko apa lainnya lg?
Coba kita analisa bro he...he...
- Dex dan yang sejenis CN sudah sesuai spec, sudah ada anti foam, deterjen, rendah sulphur dll, viscocity lebih rendah dari bio (molekul-molekul bbm lebih renggang ikatanya sehingga lebih mudah bereaksi dg O2--->pembakaran sempurna, sedikit carbon deposit) tapi daya lumas kurang, kerja pompa lebih ringan karena dg viscosity lebih rendah kemampuan mengalir lebih tinggi. Antifoam mencegah foaming : kalo terjadi foaming di pump discharge common header (common rail) maka tekanan bisa turun karena yg seharusnya fully liquid akan bercampur dg fase gas (dalam foam) sehingga ketika disemprotkan diruang bakar selain tekanan kurang jumlahnya bisa kurang, pattern spraynya juga bisa jadi tak beraturan (bisa bikin hot spot di liner) dan pembakaran kurang sempurna tenaga drop.

- Biosolar tidak ada aditif, sulphur tinggi :corossive, bisa menyumbat injector. Tanpa aditif berpotensi foaming dll yg mengakibatkan pembakaran kurang sempurna, carbon deposit dalam ruang bakar. CN rendah menunda pembakaran akibatnya fuel terakumulasi dan tidak bisa semuanya terbakar, sehingga timbul jelaga dan asap. Yang bagus dari bio adalah daya lumas lebih tinggi karena kandungan sulphur lebih banyak dari dex. Dari uraian singkat ini kita bisa simpulkan seandainya solar/biosolar tanpa aditif kita pake terus sudah bisa ditebak engine performance akan turun, lebih boros, dan pasti akan lebih cepat rusak. Makanya kalo minum solar/biosolar WAJIB dikasih racun he...he...he...
hilfan75
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Mon Jul 30, 2012 23:43

Re: share captiva - PART 04

Post by hilfan75 »

Malam om, ternyata CRC langka ya, nyesel juga waktu itu cuman beli satu. Yang saya beli CRC 1tank power renew. Waktu itu infonya juga baca di salah satu trit dimari dari om Turboman, ada gambarnya juga. Cuman saya ga tau cara ngelinknya nih...ada yang bisa bantu ga ya?

Kalo dari kemasannya bisa untuk sampai B20, dimana seharusnya cocok buat bio kita, cmiiw.
slim1tm
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Mon Jul 23, 2012 11:38
Location: Magelang
Daily Vehicle: Captiva

Re: share captiva - PART 04

Post by slim1tm »

Om ikut gabung juga nih, kebetulan kita terima captiva FL Agustus. so far performance mantap. Yg jadi pertanyaan, kebetulan di tempat saya ngga ada yg jual Redline ataupun CRC trus lihat di supermarket ada zat aditive untuk disel dengan merk "Redex" ada yang bisa kasih info yang pernah make tidak ya...Thanks
hilfan75
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Mon Jul 30, 2012 23:43

Re: share captiva - PART 04

Post by hilfan75 »

Aki ctv ini cepet tekor ya? Knapa ya...
Di rumah ada isz pntr taon tua, akinya awet bisa sampe 3 taon dengan hanya rutin ngecek airnya aja. Mungkin diesel jadul ga perlu banyak konsumsi listriknya kali ya...
User avatar
WK1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48

Re: share captiva - PART 04

Post by WK1 »

Kalo dilihat fisik aki Ctv itu besar sekali. Jauh lebih besar drpd mobil lain pada umumnya. Tp yg mengherankan, knapa bisa cepet lemah ya? Apa pengisiannya kah? Lalu apa pihak GM salah itung2an input dan outputnya? Sampai bisa cepat mati?

Hehehe buat om om yg ngerti, minta pencerahannya dong
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 04

Post by evolution21 »

Deasegara wrote:
Coba kita analisa bro he...he...
- Dex dan yang sejenis CN sudah sesuai spec, sudah ada anti foam, deterjen, rendah sulphur dll, viscocity lebih rendah dari bio (molekul-molekul bbm lebih renggang ikatanya sehingga lebih mudah bereaksi dg O2--->pembakaran sempurna, sedikit carbon deposit) tapi daya lumas kurang, kerja pompa lebih ringan karena dg viscosity lebih rendah kemampuan mengalir lebih tinggi. Antifoam mencegah foaming : kalo terjadi foaming di pump discharge common header (common rail) maka tekanan bisa turun karena yg seharusnya fully liquid akan bercampur dg fase gas (dalam foam) sehingga ketika disemprotkan diruang bakar selain tekanan kurang jumlahnya bisa kurang, pattern spraynya juga bisa jadi tak beraturan (bisa bikin hot spot di liner) dan pembakaran kurang sempurna tenaga drop.

- Biosolar tidak ada aditif, sulphur tinggi :corossive, bisa menyumbat injector. Tanpa aditif berpotensi foaming dll yg mengakibatkan pembakaran kurang sempurna, carbon deposit dalam ruang bakar. CN rendah menunda pembakaran akibatnya fuel terakumulasi dan tidak bisa semuanya terbakar, sehingga timbul jelaga dan asap. Yang bagus dari bio adalah daya lumas lebih tinggi karena kandungan sulphur lebih banyak dari dex. Dari uraian singkat ini kita bisa simpulkan seandainya solar/biosolar tanpa aditif kita pake terus sudah bisa ditebak engine performance akan turun, lebih boros, dan pasti akan lebih cepat rusak. Makanya kalo minum solar/biosolar WAJIB dikasih racun he...he...he...
nah pertanyaannya part apa aja yg akan lebih cepat rusak um?
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 04

Post by wllaw2 »

evolution21 wrote:um wllaw
harganya lupa kayanya di 700an deh k&n
Setelah dipakai ada perbedaan di konsumsi BBM?