[WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by imsus2c »

maskopat wrote:
imsus2c wrote: mau nanya, kalo kendaraan tempur BUV (BUV = Battle Utility Vehicle, asal ngawur aja bikin singkatan :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: ) macam tank, panser atau APV/APC (bukan suzuki APV loh :mrgreen: ) itu sasisnya model apa ya? :ungg:
kalo menurut saya sih full-monocoque, tapi cmiiw deh...
kemampuan offroadnya dahsyat, kemampuan angkut2nya pun gila2an.... :big_slap:
huahaha.. BUV.. nice term...

hm, kayaknya kalo kendaraan seperti ini, pake monocoque deh.. karena platnya aja bisa 5mm sendiri.. gak perlu tulang lagi.. :mrgreen: :mrgreen:
kemampuan daya angkutnya gak gila2an banget lah.. masih luar biasa dump truck..
untuk offroad bukan karena kehebatan chassisnya, tapi lebih karena penggeraknya gak pake roda karet yang bundar, tapi pake rante.. :mrgreen: :mrgreen:
kendaraan seperti ini pun akhirnya gak efisien toh.. untuk menempuh 1 km perlu 5 liter bensin.. sementara kalo kita denger 1 liter untuk 5 km, kita udah cuap2 boros..

kalo ane sih dengan melihat kemajuan teknologi, mungkin gak terlalu musingin ladder frame atau monocoque atau reinforced monocoque untuk chassis mobil. tapi kualitas material yang dipake akan bisa mengatasi nature dari design yang dipilih.. tinggal analisis struktur aja. bagian yang lemah di-reinforced..
untuk APV/APC rata2 masih pake ban karet pak, macam BTR-80 yg dipake Marinir

ini beberapa sumber hasil browsingan:
http://buletinlitbang.dephan.go.id/inde ... &vnomor=17
Ranpur Pengangkut Personil RPP 4x4 Monocoque Body merupakan standar yang dibutuhkan oleh pihak user dilingkungan TNI, karena sistem Monocoque Body memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan RPP 4x4 yang menggunakan chasis, diantaranya kelincahan pergerakan, kapasitas ruang lebih besar, dapat beroperasi pada medan yang lebih berat, dapat melakukan fording sampai 1 (satu) meter, yang semuanya itu sangat diperlukan dalam operasi .
wah....malah tambah OOT... :shrug:

BTT :big_slap:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by GTR »

imsus2c wrote:
mandala1 wrote:^^oom GTR,, yg ditanyain sama om imsus itu bukan APV nya suzuki :mrgreen: tapi APV (All Purpose Vehicle) nya yg dipake sama mobil tempur..... :ngacir: :big_peace:
iya meneer... APV/APC = All Purposed Vehicle, Armoured Personel Vehicle/Armoured Personel Carrier
thanx ...
yaikss salah gw....
menghilang..... :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

FortunerMan wrote:Kita membandingkan harga satu komponen (frame) - anda menggunakan perbandingan harga seluruh mobil - dari situ saja sudah salah. Masa Audi Q7 mau dibandingkan dengan Fortuner....lucu juga.

Durable tidak sama dengan tough. Bisa saja Captiva tahan bertahun tahun (durable) kalo dipake wajar...tapi di kondisi yg lebih ekstrim (jalanan rusak, off road), Pajero Sport akan melahap dengan santainya (tough).

Mungkin anda perlu Google dulu, keunggulan masing2 jenis frame. Belajar dari sumber yg independen, jangan dari brosur. Ini tak kasi satu, banyak bacaan lainnya

http://en.wikipedia.org/wiki/Body-on-frame
Advantages

* Easier to design, build and modify (less of an issue now that Computer-Assisted Design (CAD) is commonplace, but still an advantage for coach-built vehicles).
* More suited for heavy duty usage and off-roading; can be more durable.
* Easier to repair after accidents.
* Overall better ride quality for SUVs.
* Could allow a manufacturer to easily sub-contract portions of work

Disadvantages

* Heavier than unibody - lower performance and/or higher fuel consumption.
* Less resistant to torsion (flexing of the whole car in corners) - compromising handling and road grip.
* No crumple zone - higher rate of death and serious injury.
* Higher production costs.
yg membandingin q7 vs fortie siapa? anda kan yg ngotot kl mbl ber-ladder frame itu lbh mahal drpd monokok
gw cm mau blg, mobil2 mahalpun byk yg pake monokok instead of ladder... krn topik kita ttg harga ladder yg ktnya lbh mhl dr monokok
anda yg justru tdk punya data eksak ttg brp ongkos produksi suatu pabrik kl mau bikin ladder frame atau monokok. tanpa data itu, teori anda tdk punya bukti!
dan gw ga makan mentah2 apa kata brosur dan atpm, apalg jd sedemikian fanatiknya thd suatu merk... sampe2 produk2 dr merk tsb selalu dianggap superior dibanding produk merk laen :mrgreen:

ini dr situs wiki yg anda kasih :
" In the USA the frequent changes in automobile design made it necessary to use a ladder frame rather than monocoque to make it possible to change the design without having to change the chassis, allowing frequent changes and improvements to the car's bodywork and interior (where they were most noticeable to customers) while leaving the chassis and driveline unchanged, and thus keeping cost down and design time short. It was also easy to use the same chassis and driveline for several very different cars."

keunggulan ladder adlh bs tekan cost dibanding monokok. loh... jd pabrikan pake ladder spy ongkosnya lbh murah toh? :upss:

pesen gw, hati2 bro kl dijalan. ktnya yg pake ladder frame lbh beresiko mati/cedera parah kl kecelakaan.
itu kata wiki yg anda kasih loh :mrgreen:

busway... gw curiga ama situs wiki yg anda kasih, ada yg ngedit with certain purpose... sampe2 keterangannya bertolak belakang
sblmnya blg ladder itu lbh murah, eh di bawahnya blg lbh mahal :ngacir:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by ZombiEE »

nice arguing points...and guys..please keep the conducive situation here..thanks:):)
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

Kalo orang tidak mau belajar mau bilang apa lagi, silahkah anda protes ke orang Mitsubishi, Toyota, Ford...bos, kenapa sih interior Pajero Sport/Fortuner gak selevel ama CR-V atau X-Trail....kan harganya selevel, sama2 Jepang. Dari situ mungkin anda bisa dapet penjelasan yang lebih bagus, apa arti perbedaan chassis. Itu kalau mau belajar.

Betul lebih safe monokok, masing2 ada keuntungan dan kerugiannya - seperti saya bilang dari semula. Monokok akan lebih gesit, ladder frame lebih kuat. Saya rasa pemilik Hummer, Defender, Landcruiser, G-Class, Escalade...cukup aman dengan ladder frame mereka. Pajero dan Range Rover yg dirancang untuk kerja berat yg monokok pun diperkuat dgn frame. Tanya kenapa? Jangan tanya di brosur.

Kualitas mobil Jepang rata2 memang diatas mobil Korea, baik keawetan atau kualitas design - ya silahkan anda tidak setuju - tapi itu sudah pengetahuan umum. Anda merasa Captiva pengecualian? Saya merasa tidak (terutama dr kualitas design). Keawetan ya liat tahun2 ke depan, tapi reputasi Daewoo tidak bagus,....so we'll see lah. Ada harga ada barang masih berlaku disini, menurut saya. Menurut anda tidak ya silahkan, anda yg menanggung manfaat maupun resikonya.

Bukan saya fanatik, mobil saya juga bukan Jepang doang (tapi yg jelas bukan Korea :P) Saya malah salut dgn mobil Korea yang pake nama Korea, daripada mobil Korea tapi di rebadge seolah2 mobil Amerika. Plis deh.
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by gmx »

ngebandingin apel sama jeruk :big_peace:
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

iwang wrote:temen saya udah banding2in semuanya, akhirnya kemaren (karena ga ada pilihan laen) beli portuner bengsin 4x2, 440an juta cash, ada option dikit2..udah liat pakjero katanya kurang sreg, sama aja sama triton katanya..
Naik lagi ya...ya Fortuner juga sama aja dgn Hilux :P Mungkin temennya bro iwang belon pernah liat Hilux double cab di jalanan?
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

ahahaha... yg ga mau bljr sapa? anda kasih wiki, gw balik dgn wiki yg sama
malah kyknya anda yg kurang baca2 sampe 'kena senggol' bukti anda sendiri
ternyata dr wiki tsb ladder justru lbh murah dr mono... plus konsekuensi lbh gampang mati/cedera fatal :mrgreen:

mknya sblmnya gw minta data pabrik, bukan wiki (yg bisa diedit)
sampe skrg (ternyata) ladder frame tdk lbh mahal dr monokok. ga tau anda dpt ilham dr mana bs muncul teori tsb.
mana bukti sahih yg mendukung teori itu?

ctv = mbl korea di kasih merek amrik? lalu apa fortie? mbl thai di kasih merek japs? :glodak:
pengetahuan umum yg mana? jgn pake pengetahuan 10thn lalu bro... bangun, jaman udh berubah
setidaknya mbl2 korea udh diakui didunia (kok bs menang n.a.coty?), lah mobil thai... :e-naughty:

ada harga ada brg? bmw 325i lbh bagus dr camry 3.5Q?
kan harganya lbh mahal :e-think:

loh knp fortie mahal? bukan CBU jepang kan? ada pengaruh (signifikan) dgn apresiasi yen?
no crash test result, transmisi konvensional, rem blkg drum, dll... tp dijual mahal?
ipah bikinan dlm negeri ikutan mahal... ada mslh depresiasi rupiah??? lah, bikinnya emg pake rupiah

tanya kenapa :e-whistle:
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

iwang wrote:temen saya udah banding2in semuanya, akhirnya kemaren (karena ga ada pilihan laen) beli portuner bengsin 4x2, 440an juta cash, ada option dikit2..udah liat pakjero katanya kurang sreg, sama aja sama triton katanya..
bujug.... 440 jt???
terserah yg punya duit sih, tp kl buat ane.... nehi!
msh byk yg lbh bagus
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

Captivated wrote:loh knp fortie mahal? bukan CBU jepang kan? ada pengaruh (signifikan) dgn apresiasi yen?
no crash test result, transmisi konvensional, rem blkg drum, dll... tp dijual mahal?

tanya kenapa :e-whistle:
Tidak ada crash test? Ini crash test Hilux, ayah dr Fortuner http://www.ltsa.govt.nz/vehicles/ancap/ ... -2005.html
Kenapa mahal? Karena pake mesin Landcruiser Prado, pake transmisi Landcruiser Prado, platform Hilux. Itu kenapa :)
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

FortunerMan wrote:
Captivated wrote:loh knp fortie mahal? bukan CBU jepang kan? ada pengaruh (signifikan) dgn apresiasi yen?
no crash test result, transmisi konvensional, rem blkg drum, dll... tp dijual mahal?

tanya kenapa :e-whistle:
Tidak ada crash test? Ini crash test Hilux, ayah dr Fortuner http://www.ltsa.govt.nz/vehicles/ancap/ ... -2005.html
Kenapa mahal? Karena pake mesin Landcruiser Prado, pake transmisi Landcruiser Prado, platform Hilux. Itu kenapa :)
thanks link nya om FM... lebih readable karena pake english... :frm_tumbright: :frm_tumbright:

seru juga ya, ternyata triton 4x4 dan 4x2 menghasilkan result yang berbeda?? kenapa ya? :e-think: :e-think:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

Captivated wrote:
iwang wrote:temen saya udah banding2in semuanya, akhirnya kemaren (karena ga ada pilihan laen) beli portuner bengsin 4x2, 440an juta cash, ada option dikit2..udah liat pakjero katanya kurang sreg, sama aja sama triton katanya..
bujug.... 440 jt???
terserah yg punya duit sih, tp kl buat ane.... nehi!
msh byk yg lbh bagus
kalo ane sih mending yang akan diambil oleh camod om dal... PS 4x4 AT... tinggal ganti velg 16 dan ban MT... bisa ke tempat yang gak bisa didatangi oleh captiva FWD dan fortie 4x2 :big_peace: :big_peace:
tapi ya itu, gak bisa sekenceng dan seirit captiva FWD atau mungkin tidak seirit dan senyaman fortie 4x2 D4D... tapi... dapet 4x4.. :frm_tumbright: :frm_tumbright:

kapan ya bisa kebeli mobil 4x4... :ungg: :ungg:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

Price list Fortuner bensin 2WD masih 416 deh, option apa aja tuh? Semua asesories di SIKAT kali ya hehe...
Saya sih mendingan Fortuner 4WD gak pake option2 deh...Ganas di lumpur, kinclong ke kawinan...resale manstab.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

FortunerMan wrote:Price list Fortuner bensin 2WD masih 416 deh, option apa aja tuh? Semua asesories di SIKAT kali ya hehe...
Saya sih mendingan Fortuner 4WD gak pake option2 deh...Ganas di lumpur, kinclong ke kawinan...resale manstab.
hm.. jangan2 yang 440 itu fortie 4x4?? mungkin dapet diskon dan tambahan full option karena dollar turun... :e-think: :e-think:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by iwang »

katanya sih 440 total udah sama abeberapa acesories..4x2 kok paling buat di kota aja..buat offroad udah ada LR defender..:D :D double cabin
Freehahawawa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: Fri Jul 06, 2007 5:01

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Freehahawawa »

FortunerMan wrote:
Captivated wrote:loh knp fortie mahal? bukan CBU jepang kan? ada pengaruh (signifikan) dgn apresiasi yen?
no crash test result, transmisi konvensional, rem blkg drum, dll... tp dijual mahal?

tanya kenapa :e-whistle:
Tidak ada crash test? Ini crash test Hilux, ayah dr Fortuner http://www.ltsa.govt.nz/vehicles/ancap/ ... -2005.html
Kenapa mahal? Karena pake mesin Landcruiser Prado, pake transmisi Landcruiser Prado, platform Hilux. Itu kenapa :)
lagi lagi. udah di bilang hilux ama fortuner itu beda. kalau sama ya namanya pasti sama. kayak jazz dan freed, beda, makanya harus dan di uji masing masing baru ketahuan. ampun deh. mau fanatik ya ada caranya dong.


juga mahal sebab fortuner bensin 2700 cc, pajak di atas 2500 cc selangit. coba bedain harga fort bensin ama diesel yang 2500 cc beda +-50 juta. seharusnya diesel lebih mahal seperti innova.


kalau bukan pajak atas 2500 cc naik, fort bensin paling sekitar 350 jt, mirip crv dan xtrail. itupun featurenya kalah. jadi fortuner benar ngak worth it dari segi banyak hal.
Freehahawawa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: Fri Jul 06, 2007 5:01

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Freehahawawa »

ingat, ayah dan anak ngak selalu sama baiknya. sifatnya juga sering berbeda.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by GTR »

btw, harga fortuner Diesel itu G atau G lux sih...? :e-think:
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

Freehahawawa wrote:lagi lagi. udah di bilang hilux ama fortuner itu beda. kalau sama ya namanya pasti sama.
Tau nama Fortuner di South America? HILUX SW4. Kasian deh lo...

Menurut anda tidak worth it, menurut BANYAK org lain worth it. Menurut saya, sangat worth it karena pake platform Hilux yang sangat tough, mesin yg di pake di LC Prado (sudah pasti tough), transmisi LC Prado (sekali lagi...tough). Gak kalah tangguh dr LC Prado, hanya kalah mewah. Nggak usah sirik dagangan org lain laku...
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

Freehahawawa wrote:lagi lagi. udah di bilang hilux ama fortuner itu beda. kalau sama ya namanya pasti sama.
Image

Kalo kurang jelas...
Image

Image
Tetap beda ya...yg satu ada SW4...yg satu kaga ada :mrgreen:
Last edited by FortunerMan on Wed Aug 12, 2009 6:09, edited 1 time in total.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by DOHC »

ada satu lagi bedanya bro, ga ada air scope :mrgreen: :mrgreen:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

DOHC wrote:ada satu lagi bedanya bro, ga ada air scope :mrgreen: :mrgreen:
Hati2, ntar beneran dipake lho...Hilux beda ama Fortuner...Hilux ada air scoopnya! Biar amannya...

Image Image
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

FortunerMan wrote: Tidak ada crash test? Ini crash test Hilux, ayah dr Fortuner http://www.ltsa.govt.nz/vehicles/ancap/ ... -2005.html
Kenapa mahal? Karena pake mesin Landcruiser Prado, pake transmisi Landcruiser Prado, platform Hilux. Itu kenapa :)
aduh, hilux yg ditest kan pick up... beda atuh ama yg dikasih bodi
bobot beda, ukuran beda, energi/inersia jg ikut beda... ato ilmu fisika smp ane yg salah yak? :ngacir:

maksud ane fortie 2.5d gan :mrgreen:
btw, harga prado 2.7 harganya brp-an yak skrg? TAM masukkin ke indo ga?
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

Captivated wrote:
FortunerMan wrote: Tidak ada crash test? Ini crash test Hilux, ayah dr Fortuner http://www.ltsa.govt.nz/vehicles/ancap/ ... -2005.html
Kenapa mahal? Karena pake mesin Landcruiser Prado, pake transmisi Landcruiser Prado, platform Hilux. Itu kenapa :)
maksud ane fortie 2.5d gan :mrgreen:
aduh, hilux yg ditest kan pick up... beda atuh ama yg dikasih bodi
bobot beda, ukuran beda, energi/inersia jg ikut beda... ato ilmu fisika smp ane yg salah yak? :ngacir:

btw, harga prado 2.7 harganya brp-an yak skrg? TAM masukkin ke indo ga?
Fortie 2.5 pake mesin Hilux...cuman di sunat aja intercoolernya ama TAM. Tahan bantingnya gak diragukan...standar emang loyo, tapi dicolek dikit hidup - udah biasa dilakukan...makanya Fortie diesel tetap diminati - yg matic baru keluar.

Prado 2.7...ya pastinya mahal :P Nggak masuk oleh TAM, tapi di IU banyak. Makes no sense masukin Fortuner 2.7 dan Prado 2.7, yg versi 3.0 dan 4.0 pun share segala macem. Mesin Prado 3.0 = mesin Hilux 3.0 yg masuk Indonesia = mesin Fortuner 3.0. Kemaren ada yg jual Prado 2.7 2003, 360 juta...weleh, barunya di awang2 kali.

Soal anda percaya atau tidak dgn crash test Hilux ya terserah, seperti saya post diatas, nama Fortuner juga Hilux...Hilux SW4.
Buat saya dan kebanyakan orang sih percaya. Mau percaya atau tidak, Fortuner tetap laku kok...si hawa2 udah berjuang sampe berbuih buih juga tetap laku :P

Mobil sekelas Fortuner - Everest dan Pajero Sport - juga tidak ada crash testnya. Tapi saya pake saja info crash test Ranger dan Triton...itulah best info yg ada. Kalo anda mau adu crash test dan lain2nya, adu sama CR-V/X-Trail. Yg tiga ini bukan kelasnya Captiva.
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

Hilux SW4 dikasih nama Fortuner kamsudnya supaya mobil ini sesuai namanya 'Pembawa Keberuntungan' bagi yg jual maupun pemiliknya... :mrgreen:

(wadoh....tambah nasping ajah nih si hawhaw) :weekk: :glodak: