
Grand Livina Users..! - PART 03
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
Kalau saya pake GL 1.5 matic juga dapet di 13 km/liter luar kota, pake premium + griffon hotpills, gaya setir juga sering2 akselerasi/ main kick down untuk mendahului kendaraan lain, di jalan tol juga dipacu semaksimal mungkin. Saya akui untuk kelas 1500 cc GL tarikannya oke dan cukup irit FCnya, stabil lagi di high speed 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
Btw, saya diberitahu sama sales Nissan Sunter bahwa harga GL 1.5 XV matic akan naik sebesar 5 juta per tanggal 20 April, dari 187 juta menjadi 192 juta
Kira2 akan sampai kapan ya kenaikan harga ini?

Kira2 akan sampai kapan ya kenaikan harga ini?

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
wah saya malah abis dari beres sunter ari ini, abis servis berkala, wahh, terasa bedanya kalo abis di tune up ama ganti oli, lari enteng abis.. bahkan tadi siang di tol cawang tj priok aja sempet coba2 mepet in eterna yg lagi lari kenceng, ga nyadar kalo speedo uda di angka 130, keenakan sigh ... 

numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
Bung Esh,
Pakai Griffon Hotpills gak takut Catalitic Converternya buntu ?
Apa gak kasihan tuh mesin dikasih Premium ? memang tenaga tingkat atas masih ada tetapi suara mesin beda ..
Saya kalau pakai Pertamax plus semua tarikan mesin di RPM tinggi tidak ada bunyi seperti meraung melainkan hanya bunyi NGIIIING.
Tapi kalau Premium 50% + Pertamax Plus 50% ada suara raungan kayak mobil balap .... ROOONG
Bung Esh di Surabaya atau di JKT ?
Pernah sampai berapa KM/jam ?
Pakai Griffon Hotpills gak takut Catalitic Converternya buntu ?
Apa gak kasihan tuh mesin dikasih Premium ? memang tenaga tingkat atas masih ada tetapi suara mesin beda ..
Saya kalau pakai Pertamax plus semua tarikan mesin di RPM tinggi tidak ada bunyi seperti meraung melainkan hanya bunyi NGIIIING.
Tapi kalau Premium 50% + Pertamax Plus 50% ada suara raungan kayak mobil balap .... ROOONG
Bung Esh di Surabaya atau di JKT ?
Pernah sampai berapa KM/jam ?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
Memang pake Griffon Hotpills bisa bikin CC buntu? Bukannya 1500 cc premium masih recommended? Terus terang salah satu pertimbangan saya ambil yang 1500 bukan yang 1800 adalah lebih bisa minum premium.Profith83 wrote:Bung Esh,
Pakai Griffon Hotpills gak takut Catalitic Converternya buntu ?
Apa gak kasihan tuh mesin dikasih Premium ? memang tenaga tingkat atas masih ada tetapi suara mesin beda ..
Saya kalau pakai Pertamax plus semua tarikan mesin di RPM tinggi tidak ada bunyi seperti meraung melainkan hanya bunyi NGIIIING.
Tapi kalau Premium 50% + Pertamax Plus 50% ada suara raungan kayak mobil balap .... ROOONG
Bung Esh di Surabaya atau di JKT ?
Pernah sampai berapa KM/jam ?
Posisi saya saat ini ada di Jakarta, minggu lalu saya baru dari Surabaya pake GL. Saya dapet top speed 175 km/h di tol Bunder arah Surabaya, kalau jalan agak turun bisa 180 km/h.

-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
Bro esh, jangan lihat dari volume mesin.. tp lihat dari kompresi mesin
GL 1.5 dg mesin HR15DE kompresi mesinnya 1: 10.5 >> seharusnya pakai pertamax plus u /menghasilkan performa mesin yg max.
udah pernah dibahas kok soal hubungan kompresi mesin dg RON.
GL 1.5 dg mesin HR15DE kompresi mesinnya 1: 10.5 >> seharusnya pakai pertamax plus u /menghasilkan performa mesin yg max.
udah pernah dibahas kok soal hubungan kompresi mesin dg RON.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
Iya sih, kalau dilihat dari kompresi mesin yang segitu tinggi idealnya memakai bahan bakar ber-oktan tinggi.maxx wrote:Bro esh, jangan lihat dari volume mesin.. tp lihat dari kompresi mesin
GL 1.5 dg mesin HR15DE kompresi mesinnya 1: 10.5 >> seharusnya pakai pertamax plus u /menghasilkan performa mesin yg max.
udah pernah dibahas kok soal hubungan kompresi mesin dg RON.
Memang dengan minum premium akan ada efek sampingnya, kalau memang masa pemakaian akan lama lebih baik pake pertamax plus

-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
GL dah dilengkapi dg knocking sensor sih, NMI mengclaim tidak akan berefek samping pakai premium, hanya performa power mesin turun / tidak sesuai dg spec yg tertulis dan juga FC lebih boros kalo pakai premium.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
Iya aman2 aja pake premium ane bejek terus ampe batas merah ga pernah knocking he2
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Tue Aug 14, 2007 3:31
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Suzuki S Cross
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
Iyalah la pengapiannya dimundurin sama komputernya, pasti nggak ngelitik. Semua mobil yang dilengkapi knock sensor pasti menyesuaikan waktu pengapiannya dengan hasil pembakarannya dengan bantuan O2 sensor. Tapi kalo knock sensornya kurang peka seperti xtrail 1st gen kadang2x pake premium banyak yang ngelitik.aldy wrote:Iya aman2 aja pake premium ane bejek terus ampe batas merah ga pernah knocking he2
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
Oiya tambahan lagi ini berdasar pengalaman selama ini.(GL 1.5 M/T)
1. Ni mobil enaknya dibuat glosor (alias injek gas pelan2 terus mobil dibiarin jalan sendiri) kalo dalem kota..Cz ane udah coba maksa ngebut (injek pedal gas dalem2 di dalem kota pake Rpm 1500-3000 ngelag bgd TBW nya + tarikan bawah kurang nendang dibanding City ane, jadi mobil kayak nahan kalo dibejek dari rpm bawah, larinya kalo udah lewat 2500rpm padahal di depan udah harus ngerem karena ada mobil (FC jadi boros)..(karakter rasio gigi GL halus banged ini juga yang menyebabkan banyak bilang kurang kuat nanjak,padahal kalo pinter2 ganti gigi sama main kopling no problem sama sekali udah ane buktikan di pacitan, bahkan CRV dibelakang ane yang ngikutin di belakang ga berani nyalip ane sama sekali)
2. Kelebihan ini mobil ada di RPM tingginya yg kuat atau jalan luar kota/jalan tol gampang banged nyampe top speed nya. ane aja pernah ga kerasa tau2 170km/h (niatnya jalan 140km/h aja). waktu itu emang lagi konsen 100% ke jalan. liat speedometer udah segitu lgsg downspeed deh..he2 Terus entah kenapa gigi 5 kalo dipaksa jalan RPM rendah 2000-3000 terus digas penuh tarikan lebih kuat daripada gigi 2-4 di rpm yang sama. ada yang pernah ngalamin??
Jadi kalo pengen ngerasain peforma nih mesin sesungguhnya(HR15DE) ane saranin sering2 ajak olahraga di jalan tol he2. terus nikmatin rpm 3000-6500 dijamin lupa deh kalo akselerasi bawahnya agak ngelag sama kurang nendang.

1. Ni mobil enaknya dibuat glosor (alias injek gas pelan2 terus mobil dibiarin jalan sendiri) kalo dalem kota..Cz ane udah coba maksa ngebut (injek pedal gas dalem2 di dalem kota pake Rpm 1500-3000 ngelag bgd TBW nya + tarikan bawah kurang nendang dibanding City ane, jadi mobil kayak nahan kalo dibejek dari rpm bawah, larinya kalo udah lewat 2500rpm padahal di depan udah harus ngerem karena ada mobil (FC jadi boros)..(karakter rasio gigi GL halus banged ini juga yang menyebabkan banyak bilang kurang kuat nanjak,padahal kalo pinter2 ganti gigi sama main kopling no problem sama sekali udah ane buktikan di pacitan, bahkan CRV dibelakang ane yang ngikutin di belakang ga berani nyalip ane sama sekali)
2. Kelebihan ini mobil ada di RPM tingginya yg kuat atau jalan luar kota/jalan tol gampang banged nyampe top speed nya. ane aja pernah ga kerasa tau2 170km/h (niatnya jalan 140km/h aja). waktu itu emang lagi konsen 100% ke jalan. liat speedometer udah segitu lgsg downspeed deh..he2 Terus entah kenapa gigi 5 kalo dipaksa jalan RPM rendah 2000-3000 terus digas penuh tarikan lebih kuat daripada gigi 2-4 di rpm yang sama. ada yang pernah ngalamin??
Jadi kalo pengen ngerasain peforma nih mesin sesungguhnya(HR15DE) ane saranin sering2 ajak olahraga di jalan tol he2. terus nikmatin rpm 3000-6500 dijamin lupa deh kalo akselerasi bawahnya agak ngelag sama kurang nendang.



RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
lah kalo saya malah demen pake gigi 4 nya tuh buat di tol, apalagi kalo uda masuk 120 km/h, suara mesin nya yg menerabas masuk ke kabin terdengar mantap.... pokoknya mesin HR15DE tuh mantap deh buat putaran atas, makanya ane pindah gigi 5 kalo putaran mesin uda masuk 4000 rpm
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
Yang saya rasakan performa GL 1.5 AT cukup garang saat dikick-down. Mungkin solusi yang paling ideal untuk mendongkrak torsi di rpm rendah adalah dengan memasang piggyback seperti dastek.
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
jangan coba2 dee.... dah ada yg bermasalah pake dastek, warranty void.esh wrote:Yang saya rasakan performa GL 1.5 AT cukup garang saat dikick-down. Mungkin solusi yang paling ideal untuk mendongkrak torsi di rpm rendah adalah dengan memasang piggyback seperti dastek.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
Kalau sampe bermasalah dan harus ganti ECU sendiri ya berabe dehmaxx wrote:jangan coba2 dee.... dah ada yg bermasalah pake dastek, warranty void.esh wrote:Yang saya rasakan performa GL 1.5 AT cukup garang saat dikick-down. Mungkin solusi yang paling ideal untuk mendongkrak torsi di rpm rendah adalah dengan memasang piggyback seperti dastek.

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 49
- Joined: Mon Jan 05, 2009 2:54
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
GL, final gear nya aja ga sesuai, harusnya digedein dikit lagi biar respon rpm rendahnya ga terlalu lag.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
Lag dengan rasio gear adalah 2 hal yang berbeda.
Tepatnya sebenarnya ada beberapa kelemahan :
1. LAG pada waktu STOP ke GO
2. LAG pada waktu RPM rendah
3. FINAL gear ratio
1. LAG pada waktu STOP ang GO kenapa kok lambat karena untuk mengejar fuel consumption yang hemat sehingga penyemprotan bahan bakar ke ruang bakar dari mobil STOP ke GO diseteleh oleh ECU sangat minim sekali inejction BBM nya
2. LAG pada waktu RPM rendah ... bisa dicoba dengan cara RPM 1000-1500 langsung KICK DOWN (type manual bukan automatic) maka yang didapat bukannya mesin bekerja keras tetapi seakan akan tidak terjadi apa - apa, Mesin akan baru kerasa di RPM 2000 - 2500 keatas ... (semakin RPM tinggi semakin terasa tarikannya)
Ini juga terjadi karena untuk mengejar fuel consumption yang hemat, komputer(ECU) akan menghitung bahwa RPM di 1000-1500 belum waktunya injection BBM dalam jumlah yang banyak ke ruang bakar, sedangkan RPM 2000-2500 keatas ECU sudah mengkalkulasi bahwa bisa diinjection BBM dalam jumlah yang cukup banyak ...
3. FINAL gear ratio ... rasanya tidak perlu diubah karena karakteristik mesinnya bermain di RPM tinggi ... mungkin kalau mau RPM rendah bertenaga harusnya di RPM rendah ECU nya diborosin dikit ... tetapi hasilnya konsumsi BBM tidak bisa seirit sekarang ...
Bayangin 1500 CC 7 penumpang bisa 1 Liter luar kota = 14 KM --> bukan teori tetapi praktek kebanyakan pemakai seperti itu.
Tepatnya sebenarnya ada beberapa kelemahan :
1. LAG pada waktu STOP ke GO
2. LAG pada waktu RPM rendah
3. FINAL gear ratio
1. LAG pada waktu STOP ang GO kenapa kok lambat karena untuk mengejar fuel consumption yang hemat sehingga penyemprotan bahan bakar ke ruang bakar dari mobil STOP ke GO diseteleh oleh ECU sangat minim sekali inejction BBM nya
2. LAG pada waktu RPM rendah ... bisa dicoba dengan cara RPM 1000-1500 langsung KICK DOWN (type manual bukan automatic) maka yang didapat bukannya mesin bekerja keras tetapi seakan akan tidak terjadi apa - apa, Mesin akan baru kerasa di RPM 2000 - 2500 keatas ... (semakin RPM tinggi semakin terasa tarikannya)
Ini juga terjadi karena untuk mengejar fuel consumption yang hemat, komputer(ECU) akan menghitung bahwa RPM di 1000-1500 belum waktunya injection BBM dalam jumlah yang banyak ke ruang bakar, sedangkan RPM 2000-2500 keatas ECU sudah mengkalkulasi bahwa bisa diinjection BBM dalam jumlah yang cukup banyak ...
3. FINAL gear ratio ... rasanya tidak perlu diubah karena karakteristik mesinnya bermain di RPM tinggi ... mungkin kalau mau RPM rendah bertenaga harusnya di RPM rendah ECU nya diborosin dikit ... tetapi hasilnya konsumsi BBM tidak bisa seirit sekarang ...
Bayangin 1500 CC 7 penumpang bisa 1 Liter luar kota = 14 KM --> bukan teori tetapi praktek kebanyakan pemakai seperti itu.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
betul bro profith... feeling saya sigh problem2 pada GL yg 1,5 itu lebi mengarah pada system pengaturan suply bbm oleh ECU nya... hal ini yg saya rasakan soalnya di livina saya... dulu pas baru trima nih mobil, irit banget rute dalkot bisa dapet 1 : 13 bahkan 14 dgn bbm premium, tp mesin gampang banget mati, kalo tanjakan jg bikin stres karena seringkali kaya terasa kurang power, bgitu saya complain ke beres, blg mesin loyo dan ga ada power bla bla bla... trus saya liat mekanik nya coba stel2 mesin dgn alat, trus akhirnya saya ngerasa malah jadi powerful banget skrg, tapi FC drop jadi 1 :11 utk dalkot dgn premium....
btw saya stuju jg dgn bro maxx, penggunaan dastek atau alat2 yg "main2" atau "membohongi" ECU mendingan jangan dipake deh, resiko nya terlalu gede kalo ampe kenapa2, irit dan power increase tidak seberapa tapi resiko rusak ECU atau part mesin lain nya.... ECU livina itu saya perna tanya ke beres itu mahal logh, dan tidak ready stock alias musti inden dulu....lagian kalo emang alat2 manipulasi sperti itu kalo emang fungsinya begitu bagus, knapa kaga dipake aja di mobil2 atpm sbg std nya, atau paling tidak dibeli hak paten nya...
lagian tenaga dan FC mesin tergantung pada displacement nya lah, tidak mungkin jg kita mengharapkan suatu alat bisa mengubah mesin 1500 cc menjadi bertenaga setara 1800 cc (kcuali turbo dkk) dan seirit 1300 cc, kasian mesin nya dipaksa bekerja utk hal yg tidak wajar
btw saya stuju jg dgn bro maxx, penggunaan dastek atau alat2 yg "main2" atau "membohongi" ECU mendingan jangan dipake deh, resiko nya terlalu gede kalo ampe kenapa2, irit dan power increase tidak seberapa tapi resiko rusak ECU atau part mesin lain nya.... ECU livina itu saya perna tanya ke beres itu mahal logh, dan tidak ready stock alias musti inden dulu....lagian kalo emang alat2 manipulasi sperti itu kalo emang fungsinya begitu bagus, knapa kaga dipake aja di mobil2 atpm sbg std nya, atau paling tidak dibeli hak paten nya...
lagian tenaga dan FC mesin tergantung pada displacement nya lah, tidak mungkin jg kita mengharapkan suatu alat bisa mengubah mesin 1500 cc menjadi bertenaga setara 1800 cc (kcuali turbo dkk) dan seirit 1300 cc, kasian mesin nya dipaksa bekerja utk hal yg tidak wajar
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Tue Apr 24, 2007 0:57
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
Ada yg pernah ngalamin gak mesin 1.5 matic mati sendiri, dan susah dihidupkan kembali, sudah 3x dibawa supir mati sendiri saat jalan. Gue sendiri kalo bawa gak pernah begitu, sepertinya supply bensin ke mesinnya macet.
Btw kemaren malam sempet bikin frustrasi orang yg bawa Jazz RS di jalan tol dalkot karena gue tinggalin terus pas jalanan lagi kosong walau dia juga berusaha ngejar. Tapi kalo manuver di jalan rame Jazz masih menang ya bodynya kecil dan lebih seimbang, GL masih berat dibelakang.
Btw kemaren malam sempet bikin frustrasi orang yg bawa Jazz RS di jalan tol dalkot karena gue tinggalin terus pas jalanan lagi kosong walau dia juga berusaha ngejar. Tapi kalo manuver di jalan rame Jazz masih menang ya bodynya kecil dan lebih seimbang, GL masih berat dibelakang.
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
Cuma terjadi di GL 1.5, dulu sptnya pernah gw bilang di thread part1 ato 2 (gw lupa) .. semua yg dibilang Profith dah gw rasakan saat TD GL 1.5 (sebelum beli) ... makanya ambil yg 1.8Profith83 wrote:Lag dengan rasio gear adalah 2 hal yang berbeda.
Tepatnya sebenarnya ada beberapa kelemahan :
1. LAG pada waktu STOP ke GO
2. LAG pada waktu RPM rendah
3. FINAL gear ratio
1. LAG pada waktu STOP ang GO kenapa kok lambat karena untuk mengejar fuel consumption yang hemat sehingga penyemprotan bahan bakar ke ruang bakar dari mobil STOP ke GO diseteleh oleh ECU sangat minim sekali inejction BBM nya
2. LAG pada waktu RPM rendah ... bisa dicoba dengan cara RPM 1000-1500 langsung KICK DOWN (type manual bukan automatic) maka yang didapat bukannya mesin bekerja keras tetapi seakan akan tidak terjadi apa - apa, Mesin akan baru kerasa di RPM 2000 - 2500 keatas ... (semakin RPM tinggi semakin terasa tarikannya)
Ini juga terjadi karena untuk mengejar fuel consumption yang hemat, komputer(ECU) akan menghitung bahwa RPM di 1000-1500 belum waktunya injection BBM dalam jumlah yang banyak ke ruang bakar, sedangkan RPM 2000-2500 keatas ECU sudah mengkalkulasi bahwa bisa diinjection BBM dalam jumlah yang cukup banyak ...
3. FINAL gear ratio ... rasanya tidak perlu diubah karena karakteristik mesinnya bermain di RPM tinggi ... mungkin kalau mau RPM rendah bertenaga harusnya di RPM rendah ECU nya diborosin dikit ... tetapi hasilnya konsumsi BBM tidak bisa seirit sekarang ...
Bayangin 1500 CC 7 penumpang bisa 1 Liter luar kota = 14 KM --> bukan teori tetapi praktek kebanyakan pemakai seperti itu.

Ya intinya setingan ECU, final gear, etc etc... u/ GL 1.5 dioptimalisasi untuk efisiensi FC.
Mau GL dan suka performa mesin yg napas panjang ditiap tingkat rpm? .. ambil 1.8 aja... ga usah diapa2in udah enak

MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Sun May 06, 2007 9:00
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
Setujuh bro maxx... mesin mr18DE yg di GL 1.8 memang yahud banget 

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: Tue Sep 23, 2008 14:12
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
kalo livina 1.8 konsumsi bbm berapa?
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
FC 1.8 ga terlalu hebat dibanding 1.5 yg menggondol thropy "irit"bernard wrote:kalo livina 1.8 konsumsi bbm berapa?
GL gw u/ dalkot jakarta 1:8-9 (macet trus dan bejeg2 trus) .. hebat2nya u/ dalkot jakarta kalo bener2 dg cara econo drive (termasuk menghindari jam macet/padat) cuma bisa 1:9-10.
Kalo luar kota bervariasi tgt cara bawa dan kondisi jalan .... kalo kondisi jln lenggang, non macet + econo drive bisa dapat 1:12-14
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
Lag di GL juga karena final gear.
Ecu ga mau buka throttle gede2 kalo belum tercapai rpm ideal nya (lama naiknya) karena juga tertahan / karakteristik final gear kecil (daripada final gear lebih besar).
TBW diatur ECU membuka sesuai "kemampuan(juga kebutuhan)" mesin, karena final Gear GL = kecil, ecu "jaga"(=dibikin lag) bener2 pembukaan TBW ini dari mubazir karena rpm masih "berat", lain kalo final gear lebih besar (membantu di rpm bawah).
Ecu ga mau buka throttle gede2 kalo belum tercapai rpm ideal nya (lama naiknya) karena juga tertahan / karakteristik final gear kecil (daripada final gear lebih besar).
TBW diatur ECU membuka sesuai "kemampuan(juga kebutuhan)" mesin, karena final Gear GL = kecil, ecu "jaga"(=dibikin lag) bener2 pembukaan TBW ini dari mubazir karena rpm masih "berat", lain kalo final gear lebih besar (membantu di rpm bawah).
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
btw, denger2 katanya XGEAR meskipun mesin sama2 HR15DE punya ratio final gear lbh besar... bener kan? 

MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport