Omnibus wrote: Sun Apr 03, 2022 12:35ya yaa ... jd rumah di margacinta, kantor deket pasteur. lio warna maroon.
nanti kl ketemu sy ikutin, di parkiran diem2 ta ganti olinya pake DGO.
...![]()


Dengan senang hati mbah, very first user fill and forget
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Omnibus wrote: Sun Apr 03, 2022 12:35ya yaa ... jd rumah di margacinta, kantor deket pasteur. lio warna maroon.
nanti kl ketemu sy ikutin, di parkiran diem2 ta ganti olinya pake DGO.
...![]()
Klo sekali kali gpp.nicholasmun wrote: Sun Apr 03, 2022 13:57 ini ngisi campur2 gini boleh gak sih?
misalkan sebelumnya isi pertamax dari spbu pertamina.
baru setengah, isi lagi pake vivo, bermasalah gak bakalan?
maklum bukan aliran siksa diri sampe nunggu lampu nyala. biasa tangki udah setengah ane dah isi.
Ertiga sy dl sih aman ya 8 taon kayak gt isi nya, seketemunya dan tergantung isi dompetSuryaputra wrote: Sun Apr 03, 2022 14:14Klo sekali kali gpp.nicholasmun wrote: Sun Apr 03, 2022 13:57 ini ngisi campur2 gini boleh gak sih?
misalkan sebelumnya isi pertamax dari spbu pertamina.
baru setengah, isi lagi pake vivo, bermasalah gak bakalan?
maklum bukan aliran siksa diri sampe nunggu lampu nyala. biasa tangki udah setengah ane dah isi.
Klo tiap saat ganti, gaktau yah![]()
Ertiga dan keluarga suzuki CKD sgt tolerable sm bbm busuk.kenop wrote: Sun Apr 03, 2022 15:26Ertiga sy dl sih aman ya 8 taon kayak gt isi nya, seketemunya dan tergantung isi dompetSuryaputra wrote: Sun Apr 03, 2022 14:14Klo sekali kali gpp.nicholasmun wrote: Sun Apr 03, 2022 13:57 ini ngisi campur2 gini boleh gak sih?
misalkan sebelumnya isi pertamax dari spbu pertamina.
baru setengah, isi lagi pake vivo, bermasalah gak bakalan?
maklum bukan aliran siksa diri sampe nunggu lampu nyala. biasa tangki udah setengah ane dah isi.
Klo tiap saat ganti, gaktau yah![]()
Isi nya muter aja antara pertalite, pertamax, pertabo, super, vpower, sm total pas msh blm cabut
Dulu sy punya ini mbah, Baleno Next-G 2004Suryaputra wrote: Sun Apr 03, 2022 15:44 Ertiga dan keluarga suzuki CKD sgt tolerable sm bbm busuk.
Pernah pake dr baleno, next-g, aerio, gak rewel sm bbm sekelas premium sekalipun![]()
Kecuali yg versi import, kyk suip cbu, itu minimal kudu pertamax.
Klo gak, rpm tinggi ngelitik,
Dikasih pertaplus (jaman sblm turbo) lgs cocok
ECU jdm, begitu diminumin premium, lgs batuk2![]()
![]()
Ya bisa aja kalau mau, tapi skrg nyebrang ke Malay kan paling jg ada biaya, terus jauh dari kota yg padat penduduk jg.grimjow wrote: Sun Apr 03, 2022 13:02 Ini pertalite dan lpg 3 kg apakah akan naik juga ya?
Iseng2 liat harga negara tetangga, kok Malaysia bisa murah ya?
Kalau tinggal di Kalimantan apa bisa sebrang ke Malaysia untuk beli bensin ya?
Gimana caranya tuh Malaysia bisa murah gitu?
Malaysia ron 95 , 2,05 rmb (Rp 5,000)
Thailand ron 95, 39,95 baht (Rp 16,750)
Vietnam ron 95, 28,150 VND (Rp 17700)
Singapore ron 95 SGD 3 (Rp 30,000)
Ya jangka panjang efeknyaDrivingPotato wrote: Sun Apr 03, 2022 16:06Dulu sy punya ini mbah, Baleno Next-G 2004Suryaputra wrote: Sun Apr 03, 2022 15:44 Ertiga dan keluarga suzuki CKD sgt tolerable sm bbm busuk.
Pernah pake dr baleno, next-g, aerio, gak rewel sm bbm sekelas premium sekalipun![]()
Kecuali yg versi import, kyk suip cbu, itu minimal kudu pertamax.
Klo gak, rpm tinggi ngelitik,
Dikasih pertaplus (jaman sblm turbo) lgs cocok
ECU jdm, begitu diminumin premium, lgs batuk2![]()
![]()
Di tahun 2009 fuel pump nya menyerah diisi premium, mampetjd mogok di tengah jalan
Foreign-registered vehicles are actually not allowed to buy RON95 in Malaysia. This rule was put into place on August 1, 2010. This is because of the higher tax-funded subsidises provided for RON95 users, which are meant to go to Malaysian motorists only. So cars like this Singaporean-registered Toyota Estima can refuel in Malaysia but they are supposed to be buying RON97 or RON100 only.
*baru tahu kalo orang luar MY ga boleh beli bbm ron 95 (yang di mana ron 95 di MY itu bersubsidi) dan plat luar MY harus beli ron 97 / 100.Because of the strength of the SGD, petrol is much cheaper here, even RON 97, which has recently hovered around the RM4 per litre mark. To compare, RON 95 is currently priced around SG$3 (RM9.31) a litre in Singapore, while RON 98 retails for SG$3.47 (RM10.77) a litre.
Jaman ane sekolah di SG dulu, kalo roadtrip ke malaysia sebelom pulang isi bensin dulu fulltank. Jauh soalnya harganya. Denger² sih katanya dulu sampe ada bus-bus yang nyempetin ke malaysia cuma buat isi bensin trus balik lagi.sandal wrote: Mon Apr 04, 2022 21:21 https://paultan.org/2022/04/03/can-sing ... -malaysia/
https://paultan.org/2022/04/04/singapor ... penalties/
Meanwhile, di negeri sebelah.... ada mobil estima plat SG beli ron 95 (subsidi) di area MY
Foreign-registered vehicles are actually not allowed to buy RON95 in Malaysia. This rule was put into place on August 1, 2010. This is because of the higher tax-funded subsidises provided for RON95 users, which are meant to go to Malaysian motorists only. So cars like this Singaporean-registered Toyota Estima can refuel in Malaysia but they are supposed to be buying RON97 or RON100 only.*baru tahu kalo orang luar MY ga boleh beli bbm ron 95 (yang di mana ron 95 di MY itu bersubsidi) dan plat luar MY harus beli ron 97 / 100.Because of the strength of the SGD, petrol is much cheaper here, even RON 97, which has recently hovered around the RM4 per litre mark. To compare, RON 95 is currently priced around SG$3 (RM9.31) a litre in Singapore, while RON 98 retails for SG$3.47 (RM10.77) a litre.
kalo mau akurat isi pertamax, dex sama turbo om dijamin akurat bahkan shell pun keknya nyolong berasa soalnya pas saya pindah dari diesel ke dex padahal dex lebih mahal tapi biasa shell dengan nominal sama gak sampe penuh ini dex lebih mahal malah keburu penuhAbdulHakim wrote: Tue Apr 05, 2022 0:40 Pom bensin "Pasti Pas" itu apakah kalibrasinya valid?
jadi gini ceritanya,
T32 saya kemarin tangki bensin indikatornya 3/4 penuh
trus inisiatif ngisi fulltank pake Pertalite, kena 200rb atau setara dengan 26,14 liter
berarti kalo full kapasitasnya 26 liter x 4 = 104 liter dong, padahal kapasitas tangkinya 60 atau 65 liter gitu :bingungs
Ini pom bensinya yang ngaco apa gimana ya? :bingungs
Minta pendapatnya om-om sekalian
haha.. "you cheat, I cheat on you too" kata pom bensinnya yab0ku wrote: Tue Apr 05, 2022 1:03kalo mau akurat isi pertamax, dex sama turbo om dijamin akurat bahkan shell pun keknya nyolong berasa soalnya pas saya pindah dari diesel ke dex padahal dex lebih mahal tapi biasa shell dengan nominal sama gak sampe penuh ini dex lebih mahal malah keburu penuhAbdulHakim wrote: Tue Apr 05, 2022 0:40 Pom bensin "Pasti Pas" itu apakah kalibrasinya valid?
jadi gini ceritanya,
T32 saya kemarin tangki bensin indikatornya 3/4 penuh
trus inisiatif ngisi fulltank pake Pertalite, kena 200rb atau setara dengan 26,14 liter
berarti kalo full kapasitasnya 26 liter x 4 = 104 liter dong, padahal kapasitas tangkinya 60 atau 65 liter gitu :bingungs
Ini pom bensinya yang ngaco apa gimana ya? :bingungs
Minta pendapatnya om-om sekalian![]()
gitu pula pas isi pertalite berasa aneh liat meterannya cuma balik lagi sih ini baru berdasarkan felling gak pernah saya ukur beneran
nah gitu keknya mau akurat ke pertamina nonsubsidi aja saya liatin sih meterannya selalu bener bahkan shell pun ngaco soalnya shell saya ud berapa kali dulu juga soalnya saya biasa pake jazz saya turbo kebetulan waktu itu saya pinjem jazznya ipar punya mobilnya sama ge8 juga pas bensinnya mau abis juga saya isi shell biasa 50rb kok tapi keknya dapetnya harusnya gak segitu liat meteran , gitu lagi pas saya migrasi dari shell diesel ke dex sampe saya meleset 3x pas isi dex dikira nyebut nominal 300 di dex gak bakalan mentok tau2x belom sampe ud penuh padahal biasa isi shell gak sampe luber segitu di posisi meteran sama padahal dex kan lebih mahal duluAbdulHakim wrote: Tue Apr 05, 2022 1:16
haha.. "you cheat, I cheat on you too" kata pom bensinnya ya![]()
murah ojo njaluk apik, apik ojo njaluk murah
kayaknya indikator bbm ga linier gitu deh om, pengalaman sy ngetol kalo dari full ke 50% itu lama bgt turunnya, eh pas 50% ke bawah cepet bgt turunnyaAbdulHakim wrote: Tue Apr 05, 2022 0:40 Pom bensin "Pasti Pas" itu apakah kalibrasinya valid?
jadi gini ceritanya,
T32 saya kemarin tangki bensin indikatornya 3/4 penuh
trus inisiatif ngisi fulltank pake Pertalite, kena 200rb atau setara dengan 26,14 liter
berarti kalo full kapasitasnya 26 liter x 4 = 104 liter dong, padahal kapasitas tangkinya 60 atau 65 liter gitu :bingungs
Ini pom bensinya yang ngaco apa gimana ya? :bingungs
Minta pendapatnya om-om sekalian
Nah ini bener banget, tapi persentasenya ane ga tau..MaddMaxx wrote: Tue Apr 05, 2022 2:27
kayaknya indikator bbm ga linier gitu deh om, pengalaman sy ngetol kalo dari full ke 50% itu lama bgt turunnya, eh pas 50% ke bawah cepet bgt turunnya![]()
iya jarumnya emang lebih dari scale siy gut feeling aja, karena biasanya isi dari skala 1/2 sampe jarum kyk gitu cukup 220rb aja biasanya.MaddMaxx wrote: Tue Apr 05, 2022 2:27kayaknya indikator bbm ga linier gitu deh om, pengalaman sy ngetol kalo dari full ke 50% itu lama bgt turunnya, eh pas 50% ke bawah cepet bgt turunnyaAbdulHakim wrote: Tue Apr 05, 2022 0:40 Pom bensin "Pasti Pas" itu apakah kalibrasinya valid?
jadi gini ceritanya,
T32 saya kemarin tangki bensin indikatornya 3/4 penuh
trus inisiatif ngisi fulltank pake Pertalite, kena 200rb atau setara dengan 26,14 liter
berarti kalo full kapasitasnya 26 liter x 4 = 104 liter dong, padahal kapasitas tangkinya 60 atau 65 liter gitu :bingungs
Ini pom bensinya yang ngaco apa gimana ya? :bingungs
Minta pendapatnya om-om sekalian![]()
Valid om... Saya bisa bilang begini karena saya kerja di metrologi legal yang melakukan tera/tera ulang spbu sebagai salah satu syarat spbu itu boleh beroperasi. Valid dalam artian selama pompa bbmnya masih dalam keadaan tersegel dan tidak rusak (ada segel legalitas metrologi setelah dilakukan tera/tera ulang), disamping itu coba dilihat juga pompa/stasiun bbmnya apakah sudah usang/model lama atau masih baru.. karena memang kalau mesin lama kadang konsistensinya kurang bagus tapi rata2 masih dalam batas toleransi. Batas toleransi pompa ukur bbm spbu itu ± 100ml untuk setiap 20 liter bbm yang dituang. Pertamina lebih ketat dari standar metrologi legal yaitu ±60ml untuk setiap 20 liter bbm yang dituang, kalau diluar persyaratan pertamina harus tera ulang (kalibrasi) dan tidak boleh jualan dulu. Tandanya spbu itu sudah ditera pasti ada sticker dari metrologi legal yang ditempel di station pompa bbmnya, disitu ada masa berlakunya. Kalau ga ada tanyakan ke petugasnya, konsumen punya hak untuk mengetahui kok.AbdulHakim wrote: Tue Apr 05, 2022 0:40 Pom bensin "Pasti Pas" itu apakah kalibrasinya valid?
jadi gini ceritanya,
T32 saya kemarin tangki bensin indikatornya 3/4 penuh
trus inisiatif ngisi fulltank pake Pertalite, kena 200rb atau setara dengan 26,14 liter
berarti kalo full kapasitasnya 26 liter x 4 = 104 liter dong, padahal kapasitas tangkinya 60 atau 65 liter gitu :bingungs
Ini pom bensinya yang ngaco apa gimana ya? :bingungs
Minta pendapatnya om-om sekalian
yup... kalo saya dari full ke turun 1 level biasanya lamaaaaaa bgt sampe kirain jarumnya rusak. abis itu baru deh cepet banget turunnya.AbdulHakim wrote: Tue Apr 05, 2022 2:43iya jarumnya emang lebih dari scale siyMaddMaxx wrote: Tue Apr 05, 2022 2:27
kayaknya indikator bbm ga linier gitu deh om, pengalaman sy ngetol kalo dari full ke 50% itu lama bgt turunnya, eh pas 50% ke bawah cepet bgt turunnya![]()
3F2DC456-99FE-4E9B-9701-E63D304F8609.jpeg
gut feeling aja, karena biasanya isi dari skala 1/2 sampe jarum kyk gitu cukup 220rb aja biasanya.
makanya surprise juga dari skala 3/4 sampe full 200rb.
Makasih banyak penjelasannya omwicaksono99 wrote: Tue Apr 05, 2022 3:34Valid om... Saya bisa bilang begini karena saya kerja di metrologi legal yang melakukan tera/tera ulang spbu sebagai salah satu syarat spbu itu boleh beroperasi. Valid dalam artian selama pompa bbmnya masih dalam keadaan tersegel dan tidak rusak (ada segel legalitas metrologi setelah dilakukan tera/tera ulang), disamping itu coba dilihat juga pompa/stasiun bbmnya apakah sudah usang/model lama atau masih baru.. karena memang kalau mesin lama kadang konsistensinya kurang bagus tapi rata2 masih dalam batas toleransi. Batas toleransi pompa ukur bbm spbu itu ± 100ml untuk setiap 20 liter bbm yang dituang. Pertamina lebih ketat dari standar metrologi legal yaitu ±60ml untuk setiap 20 liter bbm yang dituang, kalau diluar persyaratan pertamina harus tera ulang (kalibrasi) dan tidak boleh jualan dulu. Tandanya spbu itu sudah ditera pasti ada sticker dari metrologi legal yang ditempel di station pompa bbmnya, disitu ada masa berlakunya. Kalau ga ada tanyakan ke petugasnya, konsumen punya hak untuk mengetahui kok.AbdulHakim wrote: Tue Apr 05, 2022 0:40 Pom bensin "Pasti Pas" itu apakah kalibrasinya valid?
jadi gini ceritanya,
T32 saya kemarin tangki bensin indikatornya 3/4 penuh
trus inisiatif ngisi fulltank pake Pertalite, kena 200rb atau setara dengan 26,14 liter
berarti kalo full kapasitasnya 26 liter x 4 = 104 liter dong, padahal kapasitas tangkinya 60 atau 65 liter gitu :bingungs
Ini pom bensinya yang ngaco apa gimana ya? :bingungs
Minta pendapatnya om-om sekalian
Yang saya liat dari kasus om adalah om menganggap indikator bensin di mobil sebagai alat ukur padahal itu bukan alat ukur. Ambil contoh ya, indikator bensin mobil saya new ertiga model bar (maksimum 10 balok). Spek tangki mobil dari sheet adalah 40 liter, tapi saya bisa isi tangki full tank sampai tutup tangki sekitar 42 liter (asumsi saya bensin sisa kritis di tangki cuma tinggal 2 liter)..loh kok bisa? karena spek on sheet itu kapasitas tangki yang dihitung sampai batas badan tangki tidak sampai leher sampai tutup tangki. Boleh coba om turunkan tangki mobilnya buat diukur kapasitasnya deh, kalau dihitung sampai leher tangki bakal diatas spek on sheet.
Untuk masalah indikator bensin. mobil saya dari full tank (10 bar) sampai turun 9 bar bisa jalan sekitar 120 kilometer, tapi begitu jalan dari 9 bar ke 8 bar hanya bisa jalan sekitar 60 kilometer (konsumsi bbm mid 15kpl) dengan jalur lalu lintas lancar. Bagaimana korelasinya padahal sama2 turun 1 bar tapi jarak tempuhnya berbeda? Belum lagi baru turun 1 bar eh ketemu tanjakan tiba2 bisa naik lagi 1 bar... bingung kan... Ya karena memang tangki mobil bukan alat ukur, bentuk tangki mobil kan ga seragam dari dasar sampai atas.
Jadi kalau om mau buktikan bisa cek pakai bejana ukur spbu (mereka punya bejana ukur 20 liter untuk kontrol performa pompa bbm mereka). Seharusnya masih tetap dalam batas toleransi ± 100ml untuk setiap 20 liter bbm yang dituang (terbaca 19900 ml atau 20100ml). Selama itu bukan spbu sewa mereka tetap patuh aturan kok om, lain cerita kalau itu spbu sistem sewa (owner spbu menyewakan ke pihak lain, ownernya terima beres dari penyewa dengan jumlah sekian..owner gak mau tau mau itu spbu untung atau rugi)...kalau sistem sewa biasanya untungnya tipis makanya biasanya pihak penyewanya nakal (kemarin terakhir pernah ketemu spbu ini jual pertamax tapi isinya pertalite, udah diciduk polisi sekarang dan akhirnya owner spbunya kerjasama dengan pertamina ritel untuk operasionalnya).
Kalau kasus mesinnya udah jelek/tahun jebot yang pernah ditemuin, itu ada stasiun solar setting isi 20 liter realnya 21 liter yang dituang... wkwkwkwk... bingung tu spbu kaga boncos apa, kalau kita ga pengawasan kesana kaga tau tuh spbu..pantes supir truk suka ngantri ngisi disono (tapi emang dari dulu ngisi solar pasti ngantri sih)![]()
coba dinget2x isinya gimana om kalo jazz saya biasa suruh isi sampe ke tutup tangki pasti turun nya lama tapi kalo disi full sampe jepret jalan dikit meterannya juga dah turun, jadi kesimpulannya kadang kalo kita isinya sampe bener2x tutup tangki sebenernya ud diluar kapasitas tangki misalnya 42LT mungkin bisa jadi 43-45lt total semua karena meterannya di tangki akhirnya jadi nunggu yang di saluran pengisian sampe ke tangki abis kebakar dulu baru meteran bensinya beneran turunMaddMaxx wrote: Tue Apr 05, 2022 2:27
kayaknya indikator bbm ga linier gitu deh om, pengalaman sy ngetol kalo dari full ke 50% itu lama bgt turunnya, eh pas 50% ke bawah cepet bgt turunnya![]()
jgn lupa kalo kita ngisi sampe tumpeh2x itu bensin gak masuk itungan kapasitas tangki karena nyangkut di saluran antara tutup tangki sama tangki bbm akhirnya meteran F ngacungnya lebih lama kadang kita isi sampe jepret pun mungkin itu bensinnya penuh sampe ada di saluran tangkinya apalagi kayak jazz saya tutup di belakang tangki di depan yang ada saluran bensin dari tutupnya panjang bisa jd penampungan bensin cadangan jatohnyaChZ wrote: Tue Apr 05, 2022 3:37
yup... kalo saya dari full ke turun 1 level biasanya lamaaaaaa bgt sampe kirain jarumnya rusak. abis itu baru deh cepet banget turunnya.
tergantung posisi fuel pump. ada bbrp mobil yang kalo di kemiringan bensinnya bisa nambah sendiri krn posisi fuel pump nya![]()
edann...kenop wrote:Naik lagi super nya