NEW VELOZ 2022!!

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

the-mantal
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 591
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by the-mantal »

Tunasmas wrote: Thu Jan 11, 2024 4:59 Veloz nd kuat nanjak
to the point yak om :big_biglaugh:
kemarin user raize (om billy) disini jg pernah ngeluh ga kuat nanjak - di youtube terbaru dia pakai extra fan n jadi kuat nanjak skrg katanya.
jd harusnya si veloz dkk tambah extra fan udah kuat nanjak lagi nih.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1944
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by MSU »

the-mantal wrote: Fri Jan 12, 2024 4:38
Tunasmas wrote: Thu Jan 11, 2024 4:59 Veloz nd kuat nanjak
to the point yak om :big_biglaugh:
kemarin user raize (om billy) disini jg pernah ngeluh ga kuat nanjak - di youtube terbaru dia pakai extra fan n jadi kuat nanjak skrg katanya.
jd harusnya si veloz dkk tambah extra fan udah kuat nanjak lagi nih.
berarti bener mgkn problemnya ECU baca oli cvt overheat & cut power
mungkin solusinya ini mesti tambahin cvt cooler plus fan jg kali ya, cuma ya warranty pasti gugur
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1944
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by MSU »

Akhirnya avanza E cvt sy kamis kemaren dianter...sementara ini masih menikmati & adaptasi, ya ada beberapa note misal :
- angin ban berasa kekencengan...bener aja pas di cek ukuran bervariasi, paling tinggi di 40 psi....sy balikin ke 33 psi sesuai buku
- kl jalan pelan...cvt-nya endut2an kayak orang belajar, tp kl udh rada kenceng ya lumayan dia bisa jaga rpm di bawah 2000 mulu...irit bbm
- klakson kayaknya cuma ada 1pc ya...wkwk
- spionnya kurang enak untuk saya...kayak kurang gede vertikalnya...jadi kalo parkir rada susah kira2nya
- buka kap mesin...ruang mesin berasa longgar...mestinya toyota ni kasi lah dek plastik bawah modal plastik ember kan jg murah
the-mantal
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 591
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by the-mantal »

MSU wrote: Sat Jan 13, 2024 12:54 Akhirnya avanza E cvt sy kamis kemaren dianter...sementara ini masih menikmati & adaptasi, ya ada beberapa note misal :
- angin ban berasa kekencengan...bener aja pas di cek ukuran bervariasi, paling tinggi di 40 psi....sy balikin ke 33 psi sesuai buku
- kl jalan pelan...cvt-nya endut2an kayak orang belajar, tp kl udh rada kenceng ya lumayan dia bisa jaga rpm di bawah 2000 mulu...irit bbm
- klakson kayaknya cuma ada 1pc ya...wkwk
- spionnya kurang enak untuk saya...kayak kurang gede vertikalnya...jadi kalo parkir rada susah kira2nya
- buka kap mesin...ruang mesin berasa longgar...mestinya toyota ni kasi lah dek plastik bawah modal plastik ember kan jg murah
Congrats ya om.
Cvt ndut2an udah dibahas di post2 sblmnya.
Utk klakson ya gitu deh namanya tipe terendah
Spion cm perlu pembiasaan aja, kl dibanding kijang kapsul emg kecil. Solusi bs tempel tambahan cermin cembung yg bulat itu.
Ada part after market utk pelindung bawah mesin kl om berasa insecure (takut mentok) ada yg plastik n besi, tinggal pilih.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3225
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by walid_007 »

lagi musim mobil model baru ndut ndut an di kecepatan 20-40
engine roaring!
Mercer29
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Mon Nov 06, 2017 2:46

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by Mercer29 »

the-mantal wrote: Fri Jan 12, 2024 4:26
om Mercer di Veloz klo RPM 1100 geter ga bodynya? koq di xenia saya klo RPM < 1500 itu geter semua bodynya (kaya istilah om chz, lugging, alias klo di gigi manual itu pindah gigi tinggi di kecepatan rendah).
Kalo saya ngga pernah kerasa ada gejala aneh" mirip kaya yang om jelasin sih, mau dibawa rpm serendah apapun juga halus aja dari low sampe mid

Cuma saya jadi ikutan penasaran, itu yang ada di Xenia om berasanya kek gimana ya?
Beneran mirip engine lugging di transmisi manual yang ada getaran dan berasa berat untuk ngangkat akselerasi nya gitu juga kah?

Kalo semisal kaya yang om bilang spekulasi dari driveshaft, berarti seharusnya bukan mirip engine lugging sih secara sumber nya bukan dari mesin (?)

MSU wrote: Fri Jan 12, 2024 5:27
the-mantal wrote: Fri Jan 12, 2024 4:38
to the point yak om :big_biglaugh:
kemarin user raize (om billy) disini jg pernah ngeluh ga kuat nanjak - di youtube terbaru dia pakai extra fan n jadi kuat nanjak skrg katanya.
jd harusnya si veloz dkk tambah extra fan udah kuat nanjak lagi nih.
berarti bener mgkn problemnya ECU baca oli cvt overheat & cut power
mungkin solusinya ini mesti tambahin cvt cooler plus fan jg kali ya, cuma ya warranty pasti gugur
Omong" mau nanya yang udah nontonin om Billy punya video, itu extra fan dipasang di mana ya? Dugaan saya kok di intercooler :big_think:
Kalo seperti itu sih udah jelas gabisa dipasang di Avxen juga sih mau dipasang dimana lagi hahaha

Soalnya kalo ga kuat nanjak gini" sih kalo menurut saya udah jelas bukan dari transmisi overheat, tapi dari mesin yang kepanasan (bukan overheat)

Belakangan ini sering iseng coba liat video" mobil yang naik ke Dieng lewat jalur Krakalan, mayan banyak Xpander 4AT bahkan Rush yang kewalahan ngeden, ternyata video sponsored Moladin yang XL7 di Krakalan juga ada behind-the-scenes (yang tidak masuk video) di channel salah satu orang post Krakalan, sempet dicoba nanjak stop-and-go dan gabisa maju sama sekali, konon dicoba didinginin dulu beberapa saat terus baru bisa ketika dicoba lagi

MSU wrote: Sat Jan 13, 2024 12:54
- buka kap mesin...ruang mesin berasa longgar...mestinya toyota ni kasi lah dek plastik bawah modal plastik ember kan jg murah
Ini sebetulnya karena oil pan mesin itu dari aluminium (?) ada fin" gitu, setahu saya kalo ditutup sama cover bawah bakal mayan nutup airflow ke situ
Karet lip airdam bawah (yang sering gasruk) itu konon buat lindungin bagian bawah mesin (yang tidak ada cover) dari kerikil sama batu juga
2021 W101RE LBVFJ
Mercer29
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Mon Nov 06, 2017 2:46

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by Mercer29 »

walid_007 wrote: Sun Jan 14, 2024 14:01 lagi musim mobil model baru ndut ndut an di kecepatan 20-40
Nah iya ini juga, bukannya dari sejak jaman Avxen lama yang transmisi manual gitu sering ndut" an ketika low speed ya?
Kaya pada saat jalan pelan merayap di kemacetan dengan gigi 1-2 kopling lepas full terus gas-lepas-gas-lepas gitu kadang berasa ndut" an (?)

(Saya ngga pernah bawa Avxen lama dan gabisa manual juga jadi mohon dikoreksi :mky_01: )
2021 W101RE LBVFJ
the-mantal
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 591
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by the-mantal »

Mercer29 wrote: Sun Jan 14, 2024 14:53
Kalo saya ngga pernah kerasa ada gejala aneh" mirip kaya yang om jelasin sih, mau dibawa rpm serendah apapun juga halus aja dari low sampe mid

Cuma saya jadi ikutan penasaran, itu yang ada di Xenia om berasanya kek gimana ya?
Beneran mirip engine lugging di transmisi manual yang ada getaran dan berasa berat untuk ngangkat akselerasi nya gitu juga kah?

Kalo semisal kaya yang om bilang spekulasi dari driveshaft, berarti seharusnya bukan mirip engine lugging sih secara sumber nya bukan dari mesin (?)

Omong" mau nanya yang udah nontonin om Billy punya video, itu extra fan dipasang di mana ya? Dugaan saya kok di intercooler :big_think:
Kalo seperti itu sih udah jelas gabisa dipasang di Avxen juga sih mau dipasang dimana lagi hahaha

Soalnya kalo ga kuat nanjak gini" sih kalo menurut saya udah jelas bukan dari transmisi overheat, tapi dari mesin yang kepanasan (bukan overheat)

Belakangan ini sering iseng coba liat video" mobil yang naik ke Dieng lewat jalur Krakalan, mayan banyak Xpander 4AT bahkan Rush yang kewalahan ngeden, ternyata video sponsored Moladin yang XL7 di Krakalan juga ada behind-the-scenes (yang tidak masuk video) di channel salah satu orang post Krakalan, sempet dicoba nanjak stop-and-go dan gabisa maju sama sekali, konon dicoba didinginin dulu beberapa saat terus baru bisa ketika dicoba lagi


Ini sebetulnya karena oil pan mesin itu dari aluminium (?) ada fin" gitu, setahu saya kalo ditutup sama cover bawah bakal mayan nutup airflow ke situ
Karet lip airdam bawah (yang sering gasruk) itu konon buat lindungin bagian bawah mesin (yang tidak ada cover) dari kerikil sama batu juga
om veloz 1500cc ya? pake pertamax?
mgkn karena 1500cc n pertamax itu jd ga lugging, klo saya kan 1300cc n pertalite pula hehe...
pernah coba pertamax, getaran dibawah rpm 1500 nya berkurang drastis sih walau ga hilang.

problem driveshaft bukan getaran di rpm rendah, tp getaran di kecepatan 30-40 km/h saat akselerasi utamanya. getarannya cm di kecepatan itu aja, di bawah itu n diatas itu ga ada getaran sama sekali.

om billy emg blgnya di intercooler, tp klo lihat gejala n situasinya kan sama persis yang cerita2 raize/ rocky/ veloz ga kuat nanjak - mendadak power loss. makanya saya bilang 99% itu diagnosanya overheat cm ga tau apakah overheat di mesin apa di transmisi. sayang youtuber2nya belum ada yg coba nanjak sambil pasang OBD buat diukur di veloz/ avanza/ xenia nya.
klo lihat video grid oto thn 2022 yang xenia 1.5 , mereka berhasil loh nanjak di percobaan pertama n kedua, tapi percobaan ke 3 gagal power loss. sedangkan veloz dari awal aja udah ga nanjak wkwkwk.

https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... a?page=all
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Mercer29
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Mon Nov 06, 2017 2:46

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by Mercer29 »

the-mantal wrote: Mon Jan 15, 2024 2:31
om veloz 1500cc ya? pake pertamax?
mgkn karena 1500cc n pertamax itu jd ga lugging, klo saya kan 1300cc n pertalite pula hehe...
pernah coba pertamax, getaran dibawah rpm 1500 nya berkurang drastis sih walau ga hilang.

problem driveshaft bukan getaran di rpm rendah, tp getaran di kecepatan 30-40 km/h saat akselerasi utamanya. getarannya cm di kecepatan itu aja, di bawah itu n diatas itu ga ada getaran sama sekali.
Saya pake pertalite om, pernah coba pake pertamax tapi menurut butt-o-meter saya ngga ada bedanya jadi ngapain juga :mky_01:

Kalo semisal pake manual mode dan ditarik dari rpm bawah sampe diatas rpm 1500 masi berasa getaran?
Atau sebetulnya kasus om mantal ini mirip seperti mesin ngelitik gitu aja ya jangan"
Apalagi utamanya ketika akselerasi sementara kalo cruise juga jarang denger ada kejadian ngelitik secara load mesin juga minim :big_think:

the-mantal wrote: Mon Jan 15, 2024 2:31
om billy emg blgnya di intercooler, tp klo lihat gejala n situasinya kan sama persis yang cerita2 raize/ rocky/ veloz ga kuat nanjak - mendadak power loss. makanya saya bilang 99% itu diagnosanya overheat cm ga tau apakah overheat di mesin apa di transmisi. sayang youtuber2nya belum ada yg coba nanjak sambil pasang OBD buat diukur di veloz/ avanza/ xenia nya.
klo lihat video grid oto thn 2022 yang xenia 1.5 , mereka berhasil loh nanjak di percobaan pertama n kedua, tapi percobaan ke 3 gagal power loss. sedangkan veloz dari awal aja udah ga nanjak wkwkwk.

https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... a?page=all
Tapi masi tetep ada variabel lain yang berperan juga sih, yang slope sensor itu juga

Keliatan banget ketika kejadian tes Cintamobil yang Avanza TSS itu dari awalnya ketika ngga kuat jadi bisa nanjak begitu bobot sama dipindah ke kap mesin, cuma ya masa kalo ga kuat nanjak penumpang disuruh turun dulu terus duduk di kap mesin kan konyol banget ya ini

Dan balik lagi setiap kali tes seringkali hasilnya beda" kaya Veloz udah di tes sampe berapa kali itu dan hasilnya makin kesini makin parah juga, yang terakhir kali sampe dihajar momentum malah tau" nge-cut duluan begitu incline jalan naik sampe gabisa lewat sama sekali

Perkara panas sih juga serba salah radiator ukuran segitu sementara panas nya Indonesia sendiri kek gimana, belum lagi secara desain juga itu konon sebetulnya rata" CVT dari pabrikan lain juga sama mekanisme pendinginan nya, yang dimana coolant panas yang habis dari sirkulasi di blok mesin itu dialirkan dulu ke transmisi punya Fluid Warmer (iya itu namanya bukan cooler, karena tujuan utama justru sebagai warmer juga buat negara subtropis), yang dimana setelah itu baru akhirnya coolant dialirkan masuk ke radiator untuk didinginkan (CMIIW)

Otomatis dengan desain seperti ini ya mau gamau secara bawaan pasti running temp transmisi nya cukup tinggi sedikit diatas temp coolant mesin dong, meskipun secara praktek nya CVT di kondisi ideal juga ngga gitu generate panas sebanyak transmisi AT planetary gear biasa

Tapi kalo kondisi ekstrim misal udara luar panas, incline jalan menanjak dan harus bergerak pelan, kan torque converter transmisi ga akan bisa lockup dulu (low-speed mode) sementara cooling capacity juga pas" an ya jadilah recipe for disaster alias cut power abis

Ertiga XL7 kan mayan mirip sama Avanza Xenia juga mengenai ukuran radiator dan kapasitas coolant yang akhirnya juga potensi kejadian sama
Meski sebetulnya Xpander / Rush 4AT juga banyak yang kejadian serupa (jadi ya keknya sama aja mau CVT atau 4AT nya kalo mesin kewalahan)



2021 W101RE LBVFJ
the-mantal
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 591
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by the-mantal »

Mercer29 wrote: Wed Jan 17, 2024 4:34 Saya pake pertalite om, pernah coba pake pertamax tapi menurut butt-o-meter saya ngga ada bedanya jadi ngapain juga :mky_01:

Kalo semisal pake manual mode dan ditarik dari rpm bawah sampe diatas rpm 1500 masi berasa getaran?
Atau sebetulnya kasus om mantal ini mirip seperti mesin ngelitik gitu aja ya jangan"
Apalagi utamanya ketika akselerasi sementara kalo cruise juga jarang denger ada kejadian ngelitik secara load mesin juga minim :big_think:

Tapi masi tetep ada variabel lain yang berperan juga sih, yang slope sensor itu juga

Keliatan banget ketika kejadian tes Cintamobil yang Avanza TSS itu dari awalnya ketika ngga kuat jadi bisa nanjak begitu bobot sama dipindah ke kap mesin, cuma ya masa kalo ga kuat nanjak penumpang disuruh turun dulu terus duduk di kap mesin kan konyol banget ya ini

Dan balik lagi setiap kali tes seringkali hasilnya beda" kaya Veloz udah di tes sampe berapa kali itu dan hasilnya makin kesini makin parah juga, yang terakhir kali sampe dihajar momentum malah tau" nge-cut duluan begitu incline jalan naik sampe gabisa lewat sama sekali

Perkara panas sih juga serba salah radiator ukuran segitu sementara panas nya Indonesia sendiri kek gimana, belum lagi secara desain juga itu konon sebetulnya rata" CVT dari pabrikan lain juga sama mekanisme pendinginan nya, yang dimana coolant panas yang habis dari sirkulasi di blok mesin itu dialirkan dulu ke transmisi punya Fluid Warmer (iya itu namanya bukan cooler, karena tujuan utama justru sebagai warmer juga buat negara subtropis), yang dimana setelah itu baru akhirnya coolant dialirkan masuk ke radiator untuk didinginkan (CMIIW)

Otomatis dengan desain seperti ini ya mau gamau secara bawaan pasti running temp transmisi nya cukup tinggi sedikit diatas temp coolant mesin dong, meskipun secara praktek nya CVT di kondisi ideal juga ngga gitu generate panas sebanyak transmisi AT planetary gear biasa

Tapi kalo kondisi ekstrim misal udara luar panas, incline jalan menanjak dan harus bergerak pelan, kan torque converter transmisi ga akan bisa lockup dulu (low-speed mode) sementara cooling capacity juga pas" an ya jadilah recipe for disaster alias cut power abis

Ertiga XL7 kan mayan mirip sama Avanza Xenia juga mengenai ukuran radiator dan kapasitas coolant yang akhirnya juga potensi kejadian sama
Meski sebetulnya Xpander / Rush 4AT juga banyak yang kejadian serupa (jadi ya keknya sama aja mau CVT atau 4AT nya kalo mesin kewalahan)
nah kalau pakai manual mode/ slope mode n ditarik dari RPM bawah ke atas ga ada getar om walau di RPM <1500 . klo saya bilang, simply karena setting CVT nya di mobil saya itu terlalu agresif utk lock ke gigi paling rendah di D, makanya lugging itu. cm aneh aja klo tune CVT nya beda beda tiap mobil.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Mercer29
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Mon Nov 06, 2017 2:46

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by Mercer29 »

the-mantal wrote: Wed Jan 17, 2024 4:58
nah kalau pakai manual mode/ slope mode n ditarik dari RPM bawah ke atas ga ada getar om walau di RPM <1500 . klo saya bilang, simply karena setting CVT nya di mobil saya itu terlalu agresif utk lock ke gigi paling rendah di D, makanya lugging itu. cm aneh aja klo tune CVT nya beda beda tiap mobil.
Kalo semisal ada kemiripan dengan ngelitik mungkin coba aja ganti busi om, denger" ada yang abis ganti busi jadi beres ngelitik nya
2021 W101RE LBVFJ
silenzo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 195
Joined: Fri May 28, 2021 16:02

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by silenzo »

Halo semua, mau anti ban standard Veloz Q TSS 2021. Saat ini pakai spec Turanza T005A 205/50/R17. Karena ban profil tipis, sangat tidak nyaman saat melalui polisi tidur dan jalan tidak rata. Mobil sehari2 dipakai di dalam kota (kondisi jalan standard dan jelek) dan sesekali ke luar kota (kondisi jalan standard dan jelek). Rencana mau ganti keempat ban (ban cadangan tetap seperti current) dengan pilihan spec:
1.Turanza T6 205/55/R17
2. Turanza T6 205/60/R17
3. Turanza T6 215/55/R17

Pertanyaan saya:
1. Selain Turanza T6, apakah ada rekomendasi lain?
2. Untuk ketiga pilihan spec ban di atas, manakah yang cocok untuk si Veloz ini? Maunya sih yang plug and play dan nyaman di kondisi jalan jelek.

Siapa tau ada teman2 yang juga pakai Veloz Q TSS dan sudah upgrade ban nya. Terima kasih.
Jenson
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 691
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by Jenson »

silenzo wrote: Sun Aug 31, 2025 15:21 Halo semua, mau anti ban standard Veloz Q TSS 2021. Saat ini pakai spec Turanza T005A 205/50/R17. Karena ban profil tipis, sangat tidak nyaman saat melalui polisi tidur dan jalan tidak rata. Mobil sehari2 dipakai di dalam kota (kondisi jalan standard dan jelek) dan sesekali ke luar kota (kondisi jalan standard dan jelek). Rencana mau ganti keempat ban (ban cadangan tetap seperti current) dengan pilihan spec:
1.Turanza T6 205/55/R17
2. Turanza T6 205/60/R17
3. Turanza T6 215/55/R17

Pertanyaan saya:
1. Selain Turanza T6, apakah ada rekomendasi lain?
2. Untuk ketiga pilihan spec ban di atas, manakah yang cocok untuk si Veloz ini? Maunya sih yang plug and play dan nyaman di kondisi jalan jelek.

Siapa tau ada teman2 yang juga pakai Veloz Q TSS dan sudah upgrade ban nya. Terima kasih.
Cba bantu komen, kmrn ini baru ganti 4pcs d xpander cross. Ukuran bawaan ecopia 205-55-r17, saya ganti ke Turanza T6 205-60-r17. Hasil review saya,

+
Jauh lebih hening
Ban meredam getaran jelek lebih baik
Lebih empuk, mgkin krna naik 5mm

-
Mobil krna empuk, handling jd less sharp

Tp overall, utk pemakaian dalam kota puas bgt sih pakai T6 ini. Kalo muat, naik ke 60 aj om. Oh iya FYI T6 r17 gaada yg 205 55
silenzo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 195
Joined: Fri May 28, 2021 16:02

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by silenzo »

Jenson wrote: Sun Aug 31, 2025 16:46
silenzo wrote: Sun Aug 31, 2025 15:21 Halo semua, mau anti ban standard Veloz Q TSS 2021. Saat ini pakai spec Turanza T005A 205/50/R17. Karena ban profil tipis, sangat tidak nyaman saat melalui polisi tidur dan jalan tidak rata. Mobil sehari2 dipakai di dalam kota (kondisi jalan standard dan jelek) dan sesekali ke luar kota (kondisi jalan standard dan jelek). Rencana mau ganti keempat ban (ban cadangan tetap seperti current) dengan pilihan spec:
1.Turanza T6 205/55/R17
2. Turanza T6 205/60/R17
3. Turanza T6 215/55/R17

Pertanyaan saya:
1. Selain Turanza T6, apakah ada rekomendasi lain?
2. Untuk ketiga pilihan spec ban di atas, manakah yang cocok untuk si Veloz ini? Maunya sih yang plug and play dan nyaman di kondisi jalan jelek.

Siapa tau ada teman2 yang juga pakai Veloz Q TSS dan sudah upgrade ban nya. Terima kasih.
Cba bantu komen, kmrn ini baru ganti 4pcs d xpander cross. Ukuran bawaan ecopia 205-55-r17, saya ganti ke Turanza T6 205-60-r17. Hasil review saya,

+
Jauh lebih hening
Ban meredam getaran jelek lebih baik
Lebih empuk, mgkin krna naik 5mm

-
Mobil krna empuk, handling jd less sharp

Tp overall, utk pemakaian dalam kota puas bgt sih pakai T6 ini. Kalo muat, naik ke 60 aj om. Oh iya FYI T6 r17 gaada yg 205 55
Halo om, thanks for sharing. Pakai T6 205-60-R17, ngga mentok om di bagian roda depan Xpander Cross saat belok?
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2806
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by darrelund »

Mercer29 wrote: Sun Jan 14, 2024 14:53
Ini sebetulnya karena oil pan mesin itu dari aluminium (?) ada fin" gitu, setahu saya kalo ditutup sama cover bawah bakal mayan nutup airflow ke situ
Karet lip airdam bawah (yang sering gasruk) itu konon buat lindungin bagian bawah mesin (yang tidak ada cover) dari kerikil sama batu juga
sebenernya bisa aja mbah dikasih ducting di covernya, cuma mau apa enggak :big_biglaugh:

lagian klo diliat kayaknya veloz ini jeroannya udah ngepas buat body segede gitu, ama mazda 2 yg lebih mungil aja kadang jeroannya kalah gede

ini di trit lain sempat saya bahas, low speed tuh jerky sekali kyk engine brake mendadak, di gas tanggung spit 40-50 malah ndut"an kyk org oon

belum sempet neh cek level CVTF nya

sama ini baca data transmission temp nya pke OBD merk apa yah? beli yg generic em327 ga kebaca

terus owe perna ngasih testimoni di YT gridoto, malah dikira bohong saya :big_biglaugh:
silenzo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 195
Joined: Fri May 28, 2021 16:02

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by silenzo »

Mercer29 wrote: Sun Jan 14, 2024 14:53
the-mantal wrote: Fri Jan 12, 2024 4:26
om Mercer di Veloz klo RPM 1100 geter ga bodynya? koq di xenia saya klo RPM < 1500 itu geter semua bodynya (kaya istilah om chz, lugging, alias klo di gigi manual itu pindah gigi tinggi di kecepatan rendah).
Kalo saya ngga pernah kerasa ada gejala aneh" mirip kaya yang om jelasin sih, mau dibawa rpm serendah apapun juga halus aja dari low sampe mid

Cuma saya jadi ikutan penasaran, itu yang ada di Xenia om berasanya kek gimana ya?
Beneran mirip engine lugging di transmisi manual yang ada getaran dan berasa berat untuk ngangkat akselerasi nya gitu juga kah?

Kalo semisal kaya yang om bilang spekulasi dari driveshaft, berarti seharusnya bukan mirip engine lugging sih secara sumber nya bukan dari mesin (?)

MSU wrote: Fri Jan 12, 2024 5:27
the-mantal wrote: Fri Jan 12, 2024 4:38
to the point yak om :big_biglaugh:
kemarin user raize (om billy) disini jg pernah ngeluh ga kuat nanjak - di youtube terbaru dia pakai extra fan n jadi kuat nanjak skrg katanya.
jd harusnya si veloz dkk tambah extra fan udah kuat nanjak lagi nih.
berarti bener mgkn problemnya ECU baca oli cvt overheat & cut power
mungkin solusinya ini mesti tambahin cvt cooler plus fan jg kali ya, cuma ya warranty pasti gugur
Omong" mau nanya yang udah nontonin om Billy punya video, itu extra fan dipasang di mana ya? Dugaan saya kok di intercooler :big_think:
Kalo seperti itu sih udah jelas gabisa dipasang di Avxen juga sih mau dipasang dimana lagi hahaha

Soalnya kalo ga kuat nanjak gini" sih kalo menurut saya udah jelas bukan dari transmisi overheat, tapi dari mesin yang kepanasan (bukan overheat)

Belakangan ini sering iseng coba liat video" mobil yang naik ke Dieng lewat jalur Krakalan, mayan banyak Xpander 4AT bahkan Rush yang kewalahan ngeden, ternyata video sponsored Moladin yang XL7 di Krakalan juga ada behind-the-scenes (yang tidak masuk video) di channel salah satu orang post Krakalan, sempet dicoba nanjak stop-and-go dan gabisa maju sama sekali, konon dicoba didinginin dulu beberapa saat terus baru bisa ketika dicoba lagi

MSU wrote: Sat Jan 13, 2024 12:54
- buka kap mesin...ruang mesin berasa longgar...mestinya toyota ni kasi lah dek plastik bawah modal plastik ember kan jg murah
Ini sebetulnya karena oil pan mesin itu dari aluminium (?) ada fin" gitu, setahu saya kalo ditutup sama cover bawah bakal mayan nutup airflow ke situ
Karet lip airdam bawah (yang sering gasruk) itu konon buat lindungin bagian bawah mesin (yang tidak ada cover) dari kerikil sama batu juga
Karet lip airdam bawah itu fungsinya agar mobil ngga ada rasa “melayang” saat kecepatan tinggi. Jadi logikanya, udara yang masuk ke kolong mobil saat kecepatan tinggi, tidak membuat daya lifting. Bener ga om?
silenzo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 195
Joined: Fri May 28, 2021 16:02

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by silenzo »

the-mantal wrote: Mon Jan 08, 2024 5:01
Chr1stm1 wrote: Sun Jan 07, 2024 14:17

Om utk poin 3, apakah bisa kuras cvt yah? Kalo drain n refiill saya pernah tanya kena 3 liter, rencana mau ganti oli cvtnya jg
katanya sih bisa. kemarin saya di daihatsu minta ganti oli - SA nya nawarin mau flush atau kuras. Saya pilih flush aja, dan cm 2 liter di tagihan.
drpd kuras, lebih baik flush berulang2 aja, jd skrg flush 2-3 liter, nanti servis 6 bulan berikutnya flush lagi 2-3 liter, sampai 3-4 kali servis cukup hrsnya.

* note maksud flush disini drain n refill... maap kalo membingungkan.
Ini maksud om, setiap 6 bulan flush oli CVT?
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1944
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by MSU »

darrelund wrote: Mon Sep 01, 2025 7:35
Mercer29 wrote: Sun Jan 14, 2024 14:53
Ini sebetulnya karena oil pan mesin itu dari aluminium (?) ada fin" gitu, setahu saya kalo ditutup sama cover bawah bakal mayan nutup airflow ke situ
Karet lip airdam bawah (yang sering gasruk) itu konon buat lindungin bagian bawah mesin (yang tidak ada cover) dari kerikil sama batu juga
sebenernya bisa aja mbah dikasih ducting di covernya, cuma mau apa enggak :big_biglaugh:

lagian klo diliat kayaknya veloz ini jeroannya udah ngepas buat body segede gitu, ama mazda 2 yg lebih mungil aja kadang jeroannya kalah gede

ini di trit lain sempat saya bahas, low speed tuh jerky sekali kyk engine brake mendadak, di gas tanggung spit 40-50 malah ndut"an kyk org oon

belum sempet neh cek level CVTF nya

sama ini baca data transmission temp nya pke OBD merk apa yah? beli yg generic em327 ga kebaca

terus owe perna ngasih testimoni di YT gridoto, malah dikira bohong saya :big_biglaugh:
di trit ganti oli matic...sepertinya ganti dengan oli merk lain jerky-nya rada berkurang om...
om kunaskun nyobain pake castrol transmax di raize-nya (asumsi girbox-nya sama)
saya nyobain pake valvoline
Jenson
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 691
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by Jenson »

silenzo wrote: Mon Sep 01, 2025 7:21
Jenson wrote: Sun Aug 31, 2025 16:46
silenzo wrote: Sun Aug 31, 2025 15:21 Halo semua, mau anti ban standard Veloz Q TSS 2021. Saat ini pakai spec Turanza T005A 205/50/R17. Karena ban profil tipis, sangat tidak nyaman saat melalui polisi tidur dan jalan tidak rata. Mobil sehari2 dipakai di dalam kota (kondisi jalan standard dan jelek) dan sesekali ke luar kota (kondisi jalan standard dan jelek). Rencana mau ganti keempat ban (ban cadangan tetap seperti current) dengan pilihan spec:
1.Turanza T6 205/55/R17
2. Turanza T6 205/60/R17
3. Turanza T6 215/55/R17

Pertanyaan saya:
1. Selain Turanza T6, apakah ada rekomendasi lain?
2. Untuk ketiga pilihan spec ban di atas, manakah yang cocok untuk si Veloz ini? Maunya sih yang plug and play dan nyaman di kondisi jalan jelek.

Siapa tau ada teman2 yang juga pakai Veloz Q TSS dan sudah upgrade ban nya. Terima kasih.
Cba bantu komen, kmrn ini baru ganti 4pcs d xpander cross. Ukuran bawaan ecopia 205-55-r17, saya ganti ke Turanza T6 205-60-r17. Hasil review saya,

+
Jauh lebih hening
Ban meredam getaran jelek lebih baik
Lebih empuk, mgkin krna naik 5mm

-
Mobil krna empuk, handling jd less sharp

Tp overall, utk pemakaian dalam kota puas bgt sih pakai T6 ini. Kalo muat, naik ke 60 aj om. Oh iya FYI T6 r17 gaada yg 205 55
Halo om, thanks for sharing. Pakai T6 205-60-R17, ngga mentok om di bagian roda depan Xpander Cross saat belok?
aman kok, gaada issue.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13435
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: Mon Sep 01, 2025 7:35
Mercer29 wrote: Sun Jan 14, 2024 14:53
Ini sebetulnya karena oil pan mesin itu dari aluminium (?) ada fin" gitu, setahu saya kalo ditutup sama cover bawah bakal mayan nutup airflow ke situ
Karet lip airdam bawah (yang sering gasruk) itu konon buat lindungin bagian bawah mesin (yang tidak ada cover) dari kerikil sama batu juga
sebenernya bisa aja mbah dikasih ducting di covernya, cuma mau apa enggak :big_biglaugh:

lagian klo diliat kayaknya veloz ini jeroannya udah ngepas buat body segede gitu, ama mazda 2 yg lebih mungil aja kadang jeroannya kalah gede

ini di trit lain sempat saya bahas, low speed tuh jerky sekali kyk engine brake mendadak, di gas tanggung spit 40-50 malah ndut"an kyk org oon

belum sempet neh cek level CVTF nya

sama ini baca data transmission temp nya pke OBD merk apa yah? beli yg generic em327 ga kebaca

terus owe perna ngasih testimoni di YT gridoto, malah dikira bohong saya :big_biglaugh:
Cairrr duit h*r*m nya
Nutupin honesty org, kerjaan nya :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kenop
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1480
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by kenop »

darrelund wrote: Mon Sep 01, 2025 7:35
Mercer29 wrote: Sun Jan 14, 2024 14:53
Ini sebetulnya karena oil pan mesin itu dari aluminium (?) ada fin" gitu, setahu saya kalo ditutup sama cover bawah bakal mayan nutup airflow ke situ
Karet lip airdam bawah (yang sering gasruk) itu konon buat lindungin bagian bawah mesin (yang tidak ada cover) dari kerikil sama batu juga
sebenernya bisa aja mbah dikasih ducting di covernya, cuma mau apa enggak :big_biglaugh:

lagian klo diliat kayaknya veloz ini jeroannya udah ngepas buat body segede gitu, ama mazda 2 yg lebih mungil aja kadang jeroannya kalah gede

ini di trit lain sempat saya bahas, low speed tuh jerky sekali kyk engine brake mendadak, di gas tanggung spit 40-50 malah ndut"an kyk org oon

belum sempet neh cek level CVTF nya

sama ini baca data transmission temp nya pke OBD merk apa yah? beli yg generic em327 ga kebaca

terus owe perna ngasih testimoni di YT gridoto, malah dikira bohong saya :big_biglaugh:
Cek level cvt nya om, sekalian ganti mungkin kl uda 20rb

Sy pas ganti cvt br ketauan kurang sekitar 500 ml isi nya, dan mekanik nya bilang rata2 isi dr pabrik pd kurang

Setelah ganti dan level cvt nya bener, jauh berkurang jerky nya di low speed
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 516
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by gadjahalphien »

silenzo wrote: Sun Aug 31, 2025 15:21 Halo semua, mau anti ban standard Veloz Q TSS 2021. Saat ini pakai spec Turanza T005A 205/50/R17. Karena ban profil tipis, sangat tidak nyaman saat melalui polisi tidur dan jalan tidak rata.
Setuju,, kalo lihat profil ban mobil harian ini kesannya tipis dan kurang proper untuk jadi sepatu sehari-hari.
padahal weekend pake yg ban nya lebih tipis 245/40 R17 & 225/45 :wkkk:
silenzo wrote: Sun Aug 31, 2025 15:21 ...cut..
mau ganti ban standard Veloz Q TSS 2021. Saat ini pakai spec Turanza T005A 205/50/R17.
...cut...
Rencana mau ganti keempat ban (ban cadangan tetap seperti current) dengan pilihan spec:
1.Turanza T6 205/55/R17
2. Turanza T6 205/60/R17
3. Turanza T6 215/55/R17
Kalo dibandingkan antara ketiga option yg om berikan
1.Turanza T6 205/55/R17 --> diameter naik 2cm = 3%, lebar tapak sama --> Turanza T6 enggak ada size ini
2. Turanza T6 205/60/R17 --> diameter naik 4cm = 6%, lebar tapak sama --> cek space di fender
3. Turanza T6 215/55/R17 --> diameter naik 3cm = 5%, lebar tapak naik 1cm

Sekilas perubahan yg ada, tidak kena fender tapi harus cek free area front tire dg dinding wheel arc

Untuk brand, kalo dana tersedia sekalian naik kelas ke Micin primacy.
alternatif lain :
- Continental MC
- Dunlop LM
- Hankook Ventus

tinggal mana yang om pilih.

kalo untuk unit saya, rencana naik satu step saja om, dari 50 ke 55 berikut lebarnya 205 ke 215 --> 215/55.
Ukuran ini cukup banyak digunakan, salah satunya HRV RU.
karena ingin memperbaiki damping tire, visual dan grip, secara size kenaikannya masih aman terhadap fender dan wall nya.
Jenson wrote: Sun Aug 31, 2025 16:46
Cba bantu komen, kmrn ini baru ganti 4pcs d xpander cross. Ukuran bawaan ecopia 205-55-r17, saya ganti ke Turanza T6 205-60-r17. Hasil review saya,

+
Jauh lebih hening
Ban meredam getaran jelek lebih baik
Lebih empuk, mgkin krna naik 5mm

-
Mobil krna empuk, handling jd less sharp

Tp overall, utk pemakaian dalam kota puas bgt sih pakai T6 ini. Kalo muat, naik ke 60 aj om. Oh iya FYI T6 r17 gaada yg 205 55
Dari ECOPIA ke Turanza pasti perbaikan yang sangat signifikan itu om.
Daily : 78KW 2NR-VE CVT or Bus TJ+Comuterline
Weekend : 150kW M271DE 7AT
Occasional : 75kW 1.6BGU MT | 89kW 1ZZ-FE MT | 132kW K24Z 5AT
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2806
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by darrelund »

gadjahalphien wrote: Tue Sep 02, 2025 0:34
Setuju,, kalo lihat profil ban mobil harian ini kesannya tipis dan kurang proper untuk jadi sepatu sehari-hari.
padahal weekend pake yg ban nya lebih tipis 245/40 R17 & 225/45 :wkkk:

mbah, size ban ini pake velg ori/ aftermarket ?
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 516
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by gadjahalphien »

darrelund wrote: Thu Sep 04, 2025 4:00
gadjahalphien wrote: Tue Sep 02, 2025 0:34
Setuju,, kalo lihat profil ban mobil harian ini kesannya tipis dan kurang proper untuk jadi sepatu sehari-hari.
padahal weekend pake yg ban nya lebih tipis 245/40 R17 & 225/45 :wkkk:

mbah, size ban ini pake velg ori/ aftermarket ?
itu mobil berbeda om, bukan mobil daily yg bermesin NR, tapi M271
Daily : 78KW 2NR-VE CVT or Bus TJ+Comuterline
Weekend : 150kW M271DE 7AT
Occasional : 75kW 1.6BGU MT | 89kW 1ZZ-FE MT | 132kW K24Z 5AT
the-mantal
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 591
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by the-mantal »

silenzo wrote: Mon Sep 01, 2025 8:05
the-mantal wrote: Mon Jan 08, 2024 5:01
Chr1stm1 wrote: Sun Jan 07, 2024 14:17

Om utk poin 3, apakah bisa kuras cvt yah? Kalo drain n refiill saya pernah tanya kena 3 liter, rencana mau ganti oli cvtnya jg
katanya sih bisa. kemarin saya di daihatsu minta ganti oli - SA nya nawarin mau flush atau kuras. Saya pilih flush aja, dan cm 2 liter di tagihan.
drpd kuras, lebih baik flush berulang2 aja, jd skrg flush 2-3 liter, nanti servis 6 bulan berikutnya flush lagi 2-3 liter, sampai 3-4 kali servis cukup hrsnya.

* note maksud flush disini drain n refill... maap kalo membingungkan.
Ini maksud om, setiap 6 bulan flush oli CVT?
flush maksudnya = drain n refill. salah tulis om.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours