to the point yak om

kemarin user raize (om billy) disini jg pernah ngeluh ga kuat nanjak - di youtube terbaru dia pakai extra fan n jadi kuat nanjak skrg katanya.
jd harusnya si veloz dkk tambah extra fan udah kuat nanjak lagi nih.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
to the point yak om
berarti bener mgkn problemnya ECU baca oli cvt overheat & cut powerthe-mantal wrote: Fri Jan 12, 2024 4:38to the point yak om![]()
kemarin user raize (om billy) disini jg pernah ngeluh ga kuat nanjak - di youtube terbaru dia pakai extra fan n jadi kuat nanjak skrg katanya.
jd harusnya si veloz dkk tambah extra fan udah kuat nanjak lagi nih.
Congrats ya om.MSU wrote: Sat Jan 13, 2024 12:54 Akhirnya avanza E cvt sy kamis kemaren dianter...sementara ini masih menikmati & adaptasi, ya ada beberapa note misal :
- angin ban berasa kekencengan...bener aja pas di cek ukuran bervariasi, paling tinggi di 40 psi....sy balikin ke 33 psi sesuai buku
- kl jalan pelan...cvt-nya endut2an kayak orang belajar, tp kl udh rada kenceng ya lumayan dia bisa jaga rpm di bawah 2000 mulu...irit bbm
- klakson kayaknya cuma ada 1pc ya...wkwk
- spionnya kurang enak untuk saya...kayak kurang gede vertikalnya...jadi kalo parkir rada susah kira2nya
- buka kap mesin...ruang mesin berasa longgar...mestinya toyota ni kasi lah dek plastik bawah modal plastik ember kan jg murah
Kalo saya ngga pernah kerasa ada gejala aneh" mirip kaya yang om jelasin sih, mau dibawa rpm serendah apapun juga halus aja dari low sampe midthe-mantal wrote: Fri Jan 12, 2024 4:26
om Mercer di Veloz klo RPM 1100 geter ga bodynya? koq di xenia saya klo RPM < 1500 itu geter semua bodynya (kaya istilah om chz, lugging, alias klo di gigi manual itu pindah gigi tinggi di kecepatan rendah).
Omong" mau nanya yang udah nontonin om Billy punya video, itu extra fan dipasang di mana ya? Dugaan saya kok di intercoolerMSU wrote: Fri Jan 12, 2024 5:27berarti bener mgkn problemnya ECU baca oli cvt overheat & cut powerthe-mantal wrote: Fri Jan 12, 2024 4:38
to the point yak om![]()
kemarin user raize (om billy) disini jg pernah ngeluh ga kuat nanjak - di youtube terbaru dia pakai extra fan n jadi kuat nanjak skrg katanya.
jd harusnya si veloz dkk tambah extra fan udah kuat nanjak lagi nih.
mungkin solusinya ini mesti tambahin cvt cooler plus fan jg kali ya, cuma ya warranty pasti gugur
Ini sebetulnya karena oil pan mesin itu dari aluminium (?) ada fin" gitu, setahu saya kalo ditutup sama cover bawah bakal mayan nutup airflow ke situMSU wrote: Sat Jan 13, 2024 12:54
- buka kap mesin...ruang mesin berasa longgar...mestinya toyota ni kasi lah dek plastik bawah modal plastik ember kan jg murah
Nah iya ini juga, bukannya dari sejak jaman Avxen lama yang transmisi manual gitu sering ndut" an ketika low speed ya?
om veloz 1500cc ya? pake pertamax?Mercer29 wrote: Sun Jan 14, 2024 14:53
Kalo saya ngga pernah kerasa ada gejala aneh" mirip kaya yang om jelasin sih, mau dibawa rpm serendah apapun juga halus aja dari low sampe mid
Cuma saya jadi ikutan penasaran, itu yang ada di Xenia om berasanya kek gimana ya?
Beneran mirip engine lugging di transmisi manual yang ada getaran dan berasa berat untuk ngangkat akselerasi nya gitu juga kah?
Kalo semisal kaya yang om bilang spekulasi dari driveshaft, berarti seharusnya bukan mirip engine lugging sih secara sumber nya bukan dari mesin (?)
Omong" mau nanya yang udah nontonin om Billy punya video, itu extra fan dipasang di mana ya? Dugaan saya kok di intercooler![]()
Kalo seperti itu sih udah jelas gabisa dipasang di Avxen juga sih mau dipasang dimana lagi hahaha
Soalnya kalo ga kuat nanjak gini" sih kalo menurut saya udah jelas bukan dari transmisi overheat, tapi dari mesin yang kepanasan (bukan overheat)
Belakangan ini sering iseng coba liat video" mobil yang naik ke Dieng lewat jalur Krakalan, mayan banyak Xpander 4AT bahkan Rush yang kewalahan ngeden, ternyata video sponsored Moladin yang XL7 di Krakalan juga ada behind-the-scenes (yang tidak masuk video) di channel salah satu orang post Krakalan, sempet dicoba nanjak stop-and-go dan gabisa maju sama sekali, konon dicoba didinginin dulu beberapa saat terus baru bisa ketika dicoba lagi
Ini sebetulnya karena oil pan mesin itu dari aluminium (?) ada fin" gitu, setahu saya kalo ditutup sama cover bawah bakal mayan nutup airflow ke situ
Karet lip airdam bawah (yang sering gasruk) itu konon buat lindungin bagian bawah mesin (yang tidak ada cover) dari kerikil sama batu juga
Saya pake pertalite om, pernah coba pake pertamax tapi menurut butt-o-meter saya ngga ada bedanya jadi ngapain jugathe-mantal wrote: Mon Jan 15, 2024 2:31
om veloz 1500cc ya? pake pertamax?
mgkn karena 1500cc n pertamax itu jd ga lugging, klo saya kan 1300cc n pertalite pula hehe...
pernah coba pertamax, getaran dibawah rpm 1500 nya berkurang drastis sih walau ga hilang.
problem driveshaft bukan getaran di rpm rendah, tp getaran di kecepatan 30-40 km/h saat akselerasi utamanya. getarannya cm di kecepatan itu aja, di bawah itu n diatas itu ga ada getaran sama sekali.
Tapi masi tetep ada variabel lain yang berperan juga sih, yang slope sensor itu jugathe-mantal wrote: Mon Jan 15, 2024 2:31
om billy emg blgnya di intercooler, tp klo lihat gejala n situasinya kan sama persis yang cerita2 raize/ rocky/ veloz ga kuat nanjak - mendadak power loss. makanya saya bilang 99% itu diagnosanya overheat cm ga tau apakah overheat di mesin apa di transmisi. sayang youtuber2nya belum ada yg coba nanjak sambil pasang OBD buat diukur di veloz/ avanza/ xenia nya.
klo lihat video grid oto thn 2022 yang xenia 1.5 , mereka berhasil loh nanjak di percobaan pertama n kedua, tapi percobaan ke 3 gagal power loss. sedangkan veloz dari awal aja udah ga nanjak wkwkwk.
https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... a?page=all
nah kalau pakai manual mode/ slope mode n ditarik dari RPM bawah ke atas ga ada getar om walau di RPM <1500 . klo saya bilang, simply karena setting CVT nya di mobil saya itu terlalu agresif utk lock ke gigi paling rendah di D, makanya lugging itu. cm aneh aja klo tune CVT nya beda beda tiap mobil.Mercer29 wrote: Wed Jan 17, 2024 4:34 Saya pake pertalite om, pernah coba pake pertamax tapi menurut butt-o-meter saya ngga ada bedanya jadi ngapain juga
Kalo semisal pake manual mode dan ditarik dari rpm bawah sampe diatas rpm 1500 masi berasa getaran?
Atau sebetulnya kasus om mantal ini mirip seperti mesin ngelitik gitu aja ya jangan"
Apalagi utamanya ketika akselerasi sementara kalo cruise juga jarang denger ada kejadian ngelitik secara load mesin juga minim![]()
Tapi masi tetep ada variabel lain yang berperan juga sih, yang slope sensor itu juga
Keliatan banget ketika kejadian tes Cintamobil yang Avanza TSS itu dari awalnya ketika ngga kuat jadi bisa nanjak begitu bobot sama dipindah ke kap mesin, cuma ya masa kalo ga kuat nanjak penumpang disuruh turun dulu terus duduk di kap mesin kan konyol banget ya ini
Dan balik lagi setiap kali tes seringkali hasilnya beda" kaya Veloz udah di tes sampe berapa kali itu dan hasilnya makin kesini makin parah juga, yang terakhir kali sampe dihajar momentum malah tau" nge-cut duluan begitu incline jalan naik sampe gabisa lewat sama sekali
Perkara panas sih juga serba salah radiator ukuran segitu sementara panas nya Indonesia sendiri kek gimana, belum lagi secara desain juga itu konon sebetulnya rata" CVT dari pabrikan lain juga sama mekanisme pendinginan nya, yang dimana coolant panas yang habis dari sirkulasi di blok mesin itu dialirkan dulu ke transmisi punya Fluid Warmer (iya itu namanya bukan cooler, karena tujuan utama justru sebagai warmer juga buat negara subtropis), yang dimana setelah itu baru akhirnya coolant dialirkan masuk ke radiator untuk didinginkan (CMIIW)
Otomatis dengan desain seperti ini ya mau gamau secara bawaan pasti running temp transmisi nya cukup tinggi sedikit diatas temp coolant mesin dong, meskipun secara praktek nya CVT di kondisi ideal juga ngga gitu generate panas sebanyak transmisi AT planetary gear biasa
Tapi kalo kondisi ekstrim misal udara luar panas, incline jalan menanjak dan harus bergerak pelan, kan torque converter transmisi ga akan bisa lockup dulu (low-speed mode) sementara cooling capacity juga pas" an ya jadilah recipe for disaster alias cut power abis
Ertiga XL7 kan mayan mirip sama Avanza Xenia juga mengenai ukuran radiator dan kapasitas coolant yang akhirnya juga potensi kejadian sama
Meski sebetulnya Xpander / Rush 4AT juga banyak yang kejadian serupa (jadi ya keknya sama aja mau CVT atau 4AT nya kalo mesin kewalahan)
Kalo semisal ada kemiripan dengan ngelitik mungkin coba aja ganti busi om, denger" ada yang abis ganti busi jadi beres ngelitik nyathe-mantal wrote: Wed Jan 17, 2024 4:58
nah kalau pakai manual mode/ slope mode n ditarik dari RPM bawah ke atas ga ada getar om walau di RPM <1500 . klo saya bilang, simply karena setting CVT nya di mobil saya itu terlalu agresif utk lock ke gigi paling rendah di D, makanya lugging itu. cm aneh aja klo tune CVT nya beda beda tiap mobil.