DOHC wrote: Fri Aug 20, 2021 9:38
Sellery itu kl waktu jaman mbah 69 masi smp atau sma, masi buatan mamarika bang
Tp entah sjak kapan d outsource ke cungkwo, yah mirip2 lah kaya genius, sata, stanley, pitssburgh...
Cuman stidaknya si sellery masi tau diri, doi nulis buatan made in mana
Ga kaya tekiro, ryu ... buatan mana ga jlas tp ngaku jis jis an, jis dari mozambique kl... harga pun ga tau malu ngikutin yg jis beneran
Duh yang merk2 bagus aku ga punya semua
punyanya yang ga jelas ga jelas, cungkuo kayanya deh....
Bluepoint ama Sherlock itu gimana lagi om?
Aku yang tertipu itu crossman, kirain craftman
marmut wrote: Fri Aug 20, 2021 10:26
iya mbah. bekas.
dan kliatannya tulisanya di gores di plastik gagangnya ya mbah ?
marmut wrote: Fri Aug 20, 2021 10:35
kalau sering bongkar pasang, torq wrench wajip punya mbah. supaya pekerjaan kita terukur nggak pake perkiraan lagi.
ibarat mau beli daging dipasar, beli sekilo, ditimbang pake timbangan kan? bukan diangkat pake tangan lalu dikira-kira beratnya...
sudah sering dibahas di part sebelumnya, kalau sering bongpas area mesin dan kaki,
minimal punya 2 torq wrench.
nggak ada yang sapujagat cukup 1 buat semua.
kecuali yang kebutuhannya hanya untuk bongkar pasang ban, tidak ada lain, itu cukup punya 1.
masalah merk, ya disesuaikan saja dengan isi kantong.
yang pasti, semakin murah harganya, semakin nggak jelas akurasinya.
Hahaha iya sih masa beli daging dikira2 ya..... betewe kalau ke BERES ngerjain kaki2 gitu apa di torsi atau maen kira2 ya ?
Kok sepertinya torsinya cuman buat lugnut ya yang terlihat dari ruang tunggu. Busi pun ga ditorsi ya di BERES ? CMIIW
Ya bener juga sih, timbangan badan dipakai buat nimbang resep kue juga ancur semua bakalan. timbangan dapur dipakai nimbang cincin emas juga rugi bandar
Baca2 yang preloaded, masih coba baca2 lagi deh thread2 yang dibelakang, ngebut bener
Profith83 wrote: Fri Aug 20, 2021 11:06
Persis kegalauan saya dulu mbah maunya yg range lebar.
Kalau perlu 10 sd 200. Tapi kayanya gak ada.
Adapun dia panjang banget sekitar 50cm.
Kalau untuk torsi 200 memang perlu stang panjang.
Sedangkan torsi 10 sd 30 kuatir daerah 2x terpencil misal throttle, intake, busi dll jadi perlu sependek mungkin.akan susah bawa gagang besi 50 cm muter sana sini.
Karena itu saya cari
1. Start yang 10 Nm dan sependek mungkin. Kalau start 10 dia biasanya sampai 50 yang pendek.
2. Cari lanjutan start 40 sampai 200 Nm. Kunci roda Innova 108. Lower arm Innova sekitar itu juga. Mungkin kalau roda fortuner 130 an. Kayanya 200 Nm sudah cukup sebagian besar kaki kaki.
Mengenai merek disesuaikan saja. Akurasi paling beda 2 sd 3% an.
Merek terkenal jepang jerman tertulis 3% tapi biasanya cuma beda 1 sd 2%. Bahkan banyak yg dibawah 1%
Merek Taiwan, belum pernah lihat disini share kalibrasinya.
Bayangan saya kalau Taiwan tertulis 4% paling beda gak sampai 2%.
Tertulis 4 itu just in case ada cacat product kecil sehingga masih dalam range 4%
Demikian juga jepang dan german tertulis 3% buat jaga2x saja.
Sepertinya sih jarang2 ngerjain yang di atas 110 Nm ya.....
Nah untuk busi, baca di denso, busi baru ama busi bekas dilepas di pasang lagi beda lagi torsinya
Cuman baca grafiknya masih bingung2, mohon pencerahannya
capture3.JPG
ada lagi ngencengin busi yang maen sudut, hand tight terus 1/2 sampai 2/3 turn, pendapat mbah gimana ?
Nah Tonichi wrench click type liat di youtube channle tokyo apa gitu malah di calibrasi pakai digital torque meter merk AC Delco, tapi di video lainnya dia pakai digital torque meter merk Tone, juga mirip dengan AC Delco.
Cuman memang masih galau2 gmn gitu soal torque wrench, setahun mungkin cuman kepake 1 atau 2 kali aja
beli ga ya beli ga ya.....
Omnibus wrote: Fri Aug 20, 2021 11:59
halo om singachu kemana aja baru nonghol?
wah caranya emang begitu lah om, masa malu. emang begitu kan hehehehe
om btw itu cv aerio di regrease setelah pemakaian brp km? krn ada keluhan atau maintenance rutin aja om?
iya nih kena target kantor puyeng ane, mana kena WFH tapi target ga direvisi

tapi gpp lah mending sibuk kerja daripada sibuk cari kerjaan
Ama kadang sempet baca2 di thread ini sih om, cuman mata sering silau juga kena kunci2 kelas sultan. Cuman memang kenceng bener ini thread
Dulu regrease gara2 temen kaskus om, ikut2an pingin maintenance rutin, pas km mungkin belum ada 50 rb mungkin, setelah itu sekarang dah 215rb km ga pernah aku regrease
Cenderungnya yang dalam itu awet om, outer cv joint yang lebih keras kerjanya. Dalam paling naik turun suspensi cuman maju mundur aja itu isi dalemnya. Kalau Outer kan naik turun belok belok sambil terus dipaksa muterin roda.
Kalau karet boot yang miss counting aku berapa kali ganti. Dan bener seperti di thread ini sih, greasenya jangan sembarangan, karetnya kalah....
Aerio kalau part SGP juga harus beli assy om, ama batang2nya, ga ada part ketengan. Ya pilihan ke merk yang supply sih. NTN atau NKN ya lupa aku wkwkwkw, tapi kalau pilihan kantong cekak ya LKS
Untuk karet aja ada merk Jepang, ya ngakunya jepang wkwkwkw tapi bagus sih kualitasnya dibanding merk ga jelas seperti spesia atau apa itu, beda bahan karetnya
regards,
singachu
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.