Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

aryonur88
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Sun Apr 07, 2019 5:04
Location: Tegal
Daily Vehicle: Honda jazz RS 2009

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by aryonur88 »

DOHC wrote: Mon Jan 04, 2021 15:56
aryonur88 wrote: Mon Jan 04, 2021 14:54 Agan2 skalian
Mohon pencerahaanya nih

Kalau setelan klep mobil renggang(yg brarrti lbh irit dan lbh brasa tarikannya), apakah qta perlu pakai oli yg agak kental spya suara mesin bs lbh halus ( sbg contoh dari 5w30 ke 5w40/0w40)

Bgtu jg sbaliknya kalau setelan klep mobil rapet(yg brarrti suara mesin lbh halus) apakah bs pakai oli yg agak encer dari manual book atau yg biasa dpakai spya dapat fuel efisiensi nya (sbg cntoh dri 5w30 ke 0w30/0w20)

Soalny klo setahu ane, setel klep brarti buka mesin dan brarti ikut ganti oli jg kan ya
Mohon pencerahannya untuk nubitol ini
nubie kenek asemreges numpang komen yah

ini maksud stelan klep renggang rapet gmana yah ? yg saya tau stelan klep itu cuman satu dr fabrikan.. kelebihan atau kekurangan barang 1 mili aj dr standard fabrik ud berasa banget brizik nya, ini ud perna saya coba sendiri di enjin 4G92 mitsu, beda 1 mili aja not forgiving banget tek tek tek nya

stelan klewat rapet mmg suara mesin bisa lebi alus (dikit), tp efek nya dudukan klep cepet aus, kelewat renggang jg ga bagus, ntuh rentan carbon build up di ruang bakar, atau kl suwe yah malah tenaga jd ngempos
Iy gan
Mksd ane kan klo dri pabrik ada rentang nya tuh
Misal di njezz L15a pnya ane itu rentangnya 16-20mm (cmiiw)
Nah misal di stel di 20mm otomatis kan agak renggang, apakah butuh oli kental spya mngurangi brisik nya

Atau misal di pepetin 16mm apakah butuh oli encer buat dapat fuel eficiency nya

Btw mksh utk pencerahaannya y gan
Ane sdkit tercerahkan ini
Brarrti lbh baik di stel di pertengahan aja y antara 16mm-20mm
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Turboman »

Serba serbi ttg zat additive pelumas (additive package yg udah di mix di pabrik olinya)

Menarik

https://www.machinerylubrication.com/Re ... -additives
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Turboman »


McLaren wrote:
Turboman wrote: Mon Jan 04, 2021 0:06
McLaren wrote:Mau konsultasi, oli yang bisa longdrain utk innova 2GD dengan biosolar + PSDK apa yaa?
budget nya yg harga brp ?
Sekarang si pake Amsoil SS 5-30 maxduty, cuman kok ada yg bilang ngga bisa 10 rb klo biosolar?
Mohon masukan
Buh

itu bisa 10 - 15 rb km / 13 bulan Max

dia TBN 10 & SAPS 1%

API CK-4 is backward compatible sampe CI-4 yg bisa utk mid sulphur fuel

yg bilang gak bisa 10 rb km siapa ?
* Bukan ajakan Beli *
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by maastricht889 »

aryonur88 wrote: Tue Jan 05, 2021 0:15
DOHC wrote: Mon Jan 04, 2021 15:56
aryonur88 wrote: Mon Jan 04, 2021 14:54 Agan2 skalian
Mohon pencerahaanya nih

Kalau setelan klep mobil renggang(yg brarrti lbh irit dan lbh brasa tarikannya), apakah qta perlu pakai oli yg agak kental spya suara mesin bs lbh halus ( sbg contoh dari 5w30 ke 5w40/0w40)

Bgtu jg sbaliknya kalau setelan klep mobil rapet(yg brarrti suara mesin lbh halus) apakah bs pakai oli yg agak encer dari manual book atau yg biasa dpakai spya dapat fuel efisiensi nya (sbg cntoh dri 5w30 ke 0w30/0w20)

Soalny klo setahu ane, setel klep brarti buka mesin dan brarti ikut ganti oli jg kan ya
Mohon pencerahannya untuk nubitol ini
nubie kenek asemreges numpang komen yah

ini maksud stelan klep renggang rapet gmana yah ? yg saya tau stelan klep itu cuman satu dr fabrikan.. kelebihan atau kekurangan barang 1 mili aj dr standard fabrik ud berasa banget brizik nya, ini ud perna saya coba sendiri di enjin 4G92 mitsu, beda 1 mili aja not forgiving banget tek tek tek nya

stelan klewat rapet mmg suara mesin bisa lebi alus (dikit), tp efek nya dudukan klep cepet aus, kelewat renggang jg ga bagus, ntuh rentan carbon build up di ruang bakar, atau kl suwe yah malah tenaga jd ngempos
Iy gan
Mksd ane kan klo dri pabrik ada rentang nya tuh
Misal di njezz L15a pnya ane itu rentangnya 16-20mm (cmiiw)
Nah misal di stel di 20mm otomatis kan agak renggang, apakah butuh oli kental spya mngurangi brisik nya

Atau misal di pepetin 16mm apakah butuh oli encer buat dapat fuel eficiency nya

Btw mksh utk pencerahaannya y gan
Ane sdkit tercerahkan ini
Brarrti lbh baik di stel di pertengahan aja y antara 16mm-20mm
Saya udah riset di jazz GE matic teman saya om. Dari awal kerasa banget kl suara mesin kasar dan tarikan ngempos, sy liat di gantungan oli pakenya shell 10W40. Habis itu saya arahin ganti ke shell astra 5W30, hasilnya tetep sami mawon. Tarikan mendingan sedikit, tapi kickdown tetep ngempos sama suara mesin masih kasar.

Kesimpulannya = di honda, mau oli lomba kentel2an ikutin faham yang jadul (yg katanya biar suara mesin alus) ato oli diencerin tp stelan klep ndak bener/diperhatiin sama aja nggak menyelesaikan masalah (cuman nambal luka)
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 482
Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by lawyerone »

Misi misi, nanya nanya dong soal oli ptt

Jadi 8 bulan terakhir (pemakaian sudah 4000km) pakai PTT Fullsynth 0w20 yang super synthetic. Harapannya bisa dipake lama. Ternyata skrg jg tarikan ud berasa berat, meski oli masi belom kotor. Cuma mulai mikir mau ganti oli.

Mending tetep pake itu (harga skrg normal no diskon 140rb seliter) apa turun aja ya pake yang eco 90rb seliter 0w20 juga? Ada pengalaman dan masukan?

Trs ptt kalo jumat masih diskon ga sih?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11855
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by marmut »

aryonur88 wrote: Mon Jan 04, 2021 14:54 Agan2 skalian
Mohon pencerahaanya nih

Kalau setelan klep mobil renggang(yg brarrti lbh irit dan lbh brasa tarikannya), apakah qta perlu pakai oli yg agak kental spya suara mesin bs lbh halus ( sbg contoh dari 5w30 ke 5w40/0w40)

Bgtu jg sbaliknya kalau setelan klep mobil rapet(yg brarrti suara mesin lbh halus) apakah bs pakai oli yg agak encer dari manual book atau yg biasa dpakai spya dapat fuel efisiensi nya (sbg cntoh dri 5w30 ke 0w30/0w20)

Soalny klo setahu ane, setel klep brarti buka mesin dan brarti ikut ganti oli jg kan ya
Mohon pencerahannya untuk nubitol ini

1. selama celah klep ikutin apa kata pabrik, ngga perlu bingung musti ganti SAE.
2. setel klep ngga ada hubungannya dengan ganti oli.
setel klep ya setel klep aja, kecuali memang sudah saatnya oli mesin diganti.
justru yang harus dipusingin itu kondisi valve cover gasket, sudah waktunya ganti apa belum?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

lawyerone wrote: Tue Jan 05, 2021 2:13 Misi misi, nanya nanya dong soal oli ptt

Jadi 8 bulan terakhir (pemakaian sudah 4000km) pakai PTT Fullsynth 0w20 yang super synthetic. Harapannya bisa dipake lama. Ternyata skrg jg tarikan ud berasa berat, meski oli masi belom kotor. Cuma mulai mikir mau ganti oli.

Mending tetep pake itu (harga skrg normal no diskon 140rb seliter) apa turun aja ya pake yang eco 90rb seliter 0w20 juga? Ada pengalaman dan masukan?

Trs ptt kalo jumat masih diskon ga sih?
Kondisi
- tekanan ban
- filter udara (kondisi lingkungan pengaruh)
- bbm yg digunakan
apakah sama spt awal ganti oli?

- Kpn terakhir ganti ATF atau CVTF ?
klo sy pribadi ganti cvtf tiap 1-2 tahun sekali krn murah harga di beres, dan ini membuat "rasa" akselerasi tetap enak dan instant.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by maastricht889 »

lawyerone wrote: Tue Jan 05, 2021 2:13 Misi misi, nanya nanya dong soal oli ptt

Jadi 8 bulan terakhir (pemakaian sudah 4000km) pakai PTT Fullsynth 0w20 yang super synthetic. Harapannya bisa dipake lama. Ternyata skrg jg tarikan ud berasa berat, meski oli masi belom kotor. Cuma mulai mikir mau ganti oli.

Mending tetep pake itu (harga skrg normal no diskon 140rb seliter) apa turun aja ya pake yang eco 90rb seliter 0w20 juga? Ada pengalaman dan masukan?

Trs ptt kalo jumat masih diskon ga sih?
Mobilnya apa om?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

aryonur88 wrote: Tue Jan 05, 2021 0:15
DOHC wrote: Mon Jan 04, 2021 15:56
aryonur88 wrote: Mon Jan 04, 2021 14:54 Agan2 skalian
Mohon pencerahaanya nih

Kalau setelan klep mobil renggang(yg brarrti lbh irit dan lbh brasa tarikannya), apakah qta perlu pakai oli yg agak kental spya suara mesin bs lbh halus ( sbg contoh dari 5w30 ke 5w40/0w40)

Bgtu jg sbaliknya kalau setelan klep mobil rapet(yg brarrti suara mesin lbh halus) apakah bs pakai oli yg agak encer dari manual book atau yg biasa dpakai spya dapat fuel efisiensi nya (sbg cntoh dri 5w30 ke 0w30/0w20)

Soalny klo setahu ane, setel klep brarti buka mesin dan brarti ikut ganti oli jg kan ya
Mohon pencerahannya untuk nubitol ini
nubie kenek asemreges numpang komen yah

ini maksud stelan klep renggang rapet gmana yah ? yg saya tau stelan klep itu cuman satu dr fabrikan.. kelebihan atau kekurangan barang 1 mili aj dr standard fabrik ud berasa banget brizik nya, ini ud perna saya coba sendiri di enjin 4G92 mitsu, beda 1 mili aja not forgiving banget tek tek tek nya

stelan klewat rapet mmg suara mesin bisa lebi alus (dikit), tp efek nya dudukan klep cepet aus, kelewat renggang jg ga bagus, ntuh rentan carbon build up di ruang bakar, atau kl suwe yah malah tenaga jd ngempos
Iy gan
Mksd ane kan klo dri pabrik ada rentang nya tuh
Misal di njezz L15a pnya ane itu rentangnya 16-20mm (cmiiw)
Nah misal di stel di 20mm otomatis kan agak renggang, apakah butuh oli kental spya mngurangi brisik nya

Atau misal di pepetin 16mm apakah butuh oli encer buat dapat fuel eficiency nya

Btw mksh utk pencerahaannya y gan
Ane sdkit tercerahkan ini
Brarrti lbh baik di stel di pertengahan aja y antara 16mm-20mm
nubie demen oli keraton mau share aja waktu pengalaman miara brio,

Untuk stel klep ini harus dalam range celah klepnya,
Klo celah klep terlalu rapat, mesin cenderung cepat panas dan tarikan lemot.
Klo celah klep terlalu renggang, bensin lbh boros dan nongol suara mie tek tek.
Soal SAE oli ikutin rekomendasi manual book aja. honda tuh sukanya oli encer.

contoh di brio, range celah klep (aman) sbb:
- Intake: 0,15 - 0,19 mm
- Exhaust: 0,26 - 0,30 mm
Last edited by Suryaputra on Tue Jan 05, 2021 3:04, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ipo3nk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Mon Mar 23, 2020 11:47
Location: bogor
Daily Vehicle: F10A

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by ipo3nk »

rednhers wrote: Mon Jan 04, 2021 14:17 halo salam kenal, sya baru join karena ingin menanyakan perihal oli hehehe
mobil sya hyundai accent 1998 1500cc sohc
skrg pakai oli mobil super 1000 x2 15w40
jarang dipakai setahun paling 2rb km, :mky_01: kilometer skrg baru 210rb km
mobil dipanasin 1minggu sekali
nah karna sering baca2 di forum sm ini jadi pengen coba oli yg lebih encer yaitu 5w30 . lihat di buku panduan dibolehkan 5w30* tapi dibatasi oleh kondisi pengemudian dan daerah pemakaian

kira2 ada rekomendasi pakai oli merek apa ya ?
rencana ganti oli tiap 1th aja
oya kan mobil ini juga masih flat tapped dan pakai hla makanya kepikiran pakai oli encer biar hla nya awet hehehe
terima kasih :big_peace:

jarang dipake mah oli murah aja, setahun 2rb km berarti 2 tahun baru 4rb rpm.
pake DGO aja / fastron ecogreen 5w30, cuma 200rb, setiap 1 - 2 tahun ganti.
mau pake oli 1 juta juga tetep harus 2 tahun ganti karena expired.

oli 'mahal' baru kerasa murahnya klo mobil sering dipake.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

ipo3nk wrote: Tue Jan 05, 2021 3:03
rednhers wrote: Mon Jan 04, 2021 14:17 halo salam kenal, sya baru join karena ingin menanyakan perihal oli hehehe
mobil sya hyundai accent 1998 1500cc sohc
skrg pakai oli mobil super 1000 x2 15w40
jarang dipakai setahun paling 2rb km, :mky_01: kilometer skrg baru 210rb km
mobil dipanasin 1minggu sekali
nah karna sering baca2 di forum sm ini jadi pengen coba oli yg lebih encer yaitu 5w30 . lihat di buku panduan dibolehkan 5w30* tapi dibatasi oleh kondisi pengemudian dan daerah pemakaian

kira2 ada rekomendasi pakai oli merek apa ya ?
rencana ganti oli tiap 1th aja
oya kan mobil ini juga masih flat tapped dan pakai hla makanya kepikiran pakai oli encer biar hla nya awet hehehe
terima kasih :big_peace:

jarang dipake mah oli murah aja, setahun 2rb km berarti 2 tahun baru 4rb rpm.
pake DGO aja / fastron ecogreen 5w30, cuma 200rb, setiap 1 - 2 tahun ganti.
mau pake oli 1 juta juga tetep harus 2 tahun ganti karena expired.

oli 'mahal' baru kerasa murahnya klo mobil sering dipake.
oli murah ini klo dah dibuka dan masuk ke mesin, lbh mudah oksidasi.
om suhu turbo aja pk PTT eco, 7 bulan dah ganti, padahal br 2rb Km.

itu PTT eco kastanya dah di atas DGO :upss:

jadi bukan dihitung berdasarkan KM ajah, namun durasi pemakaian juga dipertimbangkan.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by josomba »

Suryaputra wrote: Tue Jan 05, 2021 3:06 oli murah ini klo dah dibuka dan masuk ke mesin, lbh mudah oksidasi.
om suhu turbo aja pk PTT eco, 7 bulan dah ganti, padahal br 2rb Km.

itu PTT eco kastanya dah di atas DGO :upss:

jadi bukan dihitung berdasarkan KM ajah, namun durasi pemakaian juga dipertimbangkan.
Hehe ... sangat sangat setuju dan pernah ngalamin sendiri..

Pake oli murmer .... oli ganti bulan ke-10, 4000km ... sludge pun nongol :big_biglaugh:
Image
ipo3nk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Mon Mar 23, 2020 11:47
Location: bogor
Daily Vehicle: F10A

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by ipo3nk »

Suryaputra wrote: Tue Jan 05, 2021 3:06
oli murah ini klo dah dibuka dan masuk ke mesin, lbh mudah oksidasi.
om suhu turbo aja pk PTT eco, 7 bulan dah ganti, padahal br 2rb Km.

itu PTT eco kastanya dah di atas DGO :upss:

jadi bukan dihitung berdasarkan KM ajah, namun durasi pemakaian juga dipertimbangkan.
wah saya baru ngalamin di motor aja om.
motor 1rb km setahun karena jarang pake tetep ganti oli, dan ga ada bedanya oli mahal dan murah di sludge nya.. tetep bening.
*primaxp / DGO 10w40

sludge bisa ketauan dari bongkar mesin / kuras oli / dipstik?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

ipo3nk wrote: Tue Jan 05, 2021 3:27
Suryaputra wrote: Tue Jan 05, 2021 3:06
oli murah ini klo dah dibuka dan masuk ke mesin, lbh mudah oksidasi.
om suhu turbo aja pk PTT eco, 7 bulan dah ganti, padahal br 2rb Km.

itu PTT eco kastanya dah di atas DGO :upss:

jadi bukan dihitung berdasarkan KM ajah, namun durasi pemakaian juga dipertimbangkan.
wah saya baru ngalamin di motor aja om.
motor 1rb km setahun karena jarang pake tetep ganti oli, dan ga ada bedanya oli mahal dan murah di sludge nya.. tetep bening.
*primaxp / DGO 10w40

sludge bisa ketauan dari bongkar mesin / kuras oli / dipstik?
sludge dan varnish bisa cek dr dipstick (klo gak parah banget gak muncul di sini) / buka engine head cover / intip dr lobang ngisi oli
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Jacknight
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Tue Jan 05, 2021 3:48

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Jacknight »

Permisi suhu, numpang tanya, ane pake juke 2013. Km 65rb. Kmaren pas revis rutin minta cek oli cvt, kata sa nya blm perlu ganti karna setelah di scan blm oerlu ganti. Ane juga ga tau riwayat sebelum nya apa udh pernah di ganti oli cvt nya. Kalo menurut suhu2 di sini gimana? Sebaik nya ganti aja atau engga. Kalau mau ganti di bengkel luar perlu brp liter oli cvt sama jenis nya apa ya yg cocok buat juke? Karna ane oernah denger kalo oli cvt nisan beda ama oli cvt kebanyakan. Mohon perncerahan suhu 🙏
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Profith83 »

DOHC wrote: Mon Jan 04, 2021 1:56
ipo3nk wrote: Sun Jan 03, 2021 12:55
Suryaputra wrote:
mantap buat harga segitu ok lahh.
pakai aja 5rb Km trus buang.

saya pernah pakai itu, 4rb Km dah kurang enak.
masih mantepan TQ 9000 0w20, sampai 6rb Km masih enakk.
Tq9000 harga 110rb saya berharap 2x lifetimenya pfg yang cuma 50an ribu. Wkwkw..
oli pfg cuma seharga isi pertalite fulltank.
Yaudah ga mikir buang2 oli.

btw kalau spek oli kayak gini apakah berarti bisa minum oli 0w40?
Mesin nya pake HLA ga ? Kl HLA, wajip pake oli encer, drpd bela2in oli kentel, alus sejenak tp abis itu malah lebi brizik gara2 panjul noken as jd aus

Kl non HLA yah silahken deh, tp yah itu jg buat mobil2 lama.. kl non HLA tp ud ber vitek, fifitiai, dobel single cvtc yah tetep wajip oli encer
Om. Tanya dong, tentang perolian dan HLA.

Kalau GNKI diesel AT 2012 itu gak pakai HLA yah? oli masih bisa TMO 10w40? atau bisa juga PTT 10w30? atau yang baik apa yah? selama ini SELALU pakai TMO 10W40 tiap 5 rb KM atau 6 bulan ganti. mau dipakai sampai 8 bulan max 5 rb KM kok takut...
Covid gini seringnya dirumah bahkan 8 bulan cuma 3 rb KM

kalau ANKI diesel AT 2017 saya kasih PTT 10W30 tiap 5rb km atau 8 bulan ganti, OK yah?

Mobilio/HRV kasih PTT 5w30 SN/CF acea A5B5 ATAU 0W30 SN ILSAC GF-5 ATAU 0W20 SP ILSAC GF6a tergantung promo. Semuanya saya dapat dibawah 100 rb per liter.
Yang 5W30 katanya lebih kuat terkena kontaminasi premium/pertalite karena bisa juga dipakai light diesel. ini Datasheet nya
https://pttlubricants.pttor.com/assets/ ... 2-2018.pdf
fajarrian
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 614
Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by fajarrian »

Jacknight wrote: Tue Jan 05, 2021 3:53 Permisi suhu, numpang tanya, ane pake juke 2013. Km 65rb. Kmaren pas revis rutin minta cek oli cvt, kata sa nya blm perlu ganti karna setelah di scan blm oerlu ganti. Ane juga ga tau riwayat sebelum nya apa udh pernah di ganti oli cvt nya. Kalo menurut suhu2 di sini gimana? Sebaik nya ganti aja atau engga. Kalau mau ganti di bengkel luar perlu brp liter oli cvt sama jenis nya apa ya yg cocok buat juke? Karna ane oernah denger kalo oli cvt nisan beda ama oli cvt kebanyakan. Mohon perncerahan suhu 🙏
baru beli 2nd apa gimana? kalo baru ambil 2nd sih bagusnya yang berhubungan fluid/cairan kaya oli, oli matic, coolant, minyam rem diganti biar recordnya dari 0.
cvtnya juke harusnya sih sama kaya grand livina, kalo. diberes pake idemitsu NS 3 (koreksi kalo salah hu :big_peace: ) kalo kuras siapin 6-8L. ganti di kalo boleh tau om posisinya dimana? ganti di spesialis nissan aja om, tersebar di seluruh penjuru negeri harganya lebih reasonable daripada beres
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by josomba »

Jacknight wrote: Tue Jan 05, 2021 3:53 Permisi suhu, numpang tanya, ane pake juke 2013. Km 65rb. Kmaren pas revis rutin minta cek oli cvt, kata sa nya blm perlu ganti karna setelah di scan blm oerlu ganti. Ane juga ga tau riwayat sebelum nya apa udh pernah di ganti oli cvt nya. Kalo menurut suhu2 di sini gimana? Sebaik nya ganti aja atau engga. Kalau mau ganti di bengkel luar perlu brp liter oli cvt sama jenis nya apa ya yg cocok buat juke? Karna ane oernah denger kalo oli cvt nisan beda ama oli cvt kebanyakan. Mohon perncerahan suhu 🙏
Better ganti aja dah... Aisin CFEx juga masuk....

Nyokap pernah pelihara juke taun2 2012 selama 3 tahun / 91 rb KM pas 84ribuan KM ntuh CVT mulai dengung :ungg: ...
89-90rb CVT suka limp mode....

Bis gimana....mau ganti cvtf d BeRes waktu ntuh dibilang belum perlu mulu... :ungg:
Image
vshiva
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Tue Oct 09, 2018 5:06

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by vshiva »

ipo3nk wrote: Tue Jan 05, 2021 3:27
Suryaputra wrote: Tue Jan 05, 2021 3:06
oli murah ini klo dah dibuka dan masuk ke mesin, lbh mudah oksidasi.
om suhu turbo aja pk PTT eco, 7 bulan dah ganti, padahal br 2rb Km.

itu PTT eco kastanya dah di atas DGO :upss:

jadi bukan dihitung berdasarkan KM ajah, namun durasi pemakaian juga dipertimbangkan.
wah saya baru ngalamin di motor aja om.
motor 1rb km setahun karena jarang pake tetep ganti oli, dan ga ada bedanya oli mahal dan murah di sludge nya.. tetep bening.
*primaxp / DGO 10w40

sludge bisa ketauan dari bongkar mesin / kuras oli / dipstik?
kemarin sih pas mau ganti seal nya sih sekalian buka engine cover ketahuan deh sludge nya uda mayan banyak jadi sekalian deh lsg turun 1/2 :big_cry:
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 482
Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by lawyerone »

Suryaputra wrote: Tue Jan 05, 2021 2:49
lawyerone wrote: Tue Jan 05, 2021 2:13 Misi misi, nanya nanya dong soal oli ptt

Jadi 8 bulan terakhir (pemakaian sudah 4000km) pakai PTT Fullsynth 0w20 yang super synthetic. Harapannya bisa dipake lama. Ternyata skrg jg tarikan ud berasa berat, meski oli masi belom kotor. Cuma mulai mikir mau ganti oli.

Mending tetep pake itu (harga skrg normal no diskon 140rb seliter) apa turun aja ya pake yang eco 90rb seliter 0w20 juga? Ada pengalaman dan masukan?

Trs ptt kalo jumat masih diskon ga sih?
Kondisi
- tekanan ban
- filter udara (kondisi lingkungan pengaruh)
- bbm yg digunakan
apakah sama spt awal ganti oli?

- Kpn terakhir ganti ATF atau CVTF ?
klo sy pribadi ganti cvtf tiap 1-2 tahun sekali krn murah harga di beres, dan ini membuat "rasa" akselerasi tetap enak dan instant.
Sama kok, ya 8 bulan memang ud saatnya ganti oli.

ATF terakhir ganti di 44rb, saat ini mobil di 50rb km

Mazda2 GT 2015

Pertanyaannya lebih ke arah:

Kalau memang olinya sama sama minta diganti tiap 8 bulan, mendingan beli 0w20 eco nya PTT yang murah, atau tetap bertahan dengan super synthetic yang 140rb sebotol :')

Tbh saya pribadi ga merasakan benefit oli PTT yang lebih mahal. Kalo om om lain gimana?
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 482
Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by lawyerone »

Suryaputra wrote: Tue Jan 05, 2021 3:06
ipo3nk wrote: Tue Jan 05, 2021 3:03
rednhers wrote: Mon Jan 04, 2021 14:17 halo salam kenal, sya baru join karena ingin menanyakan perihal oli hehehe
mobil sya hyundai accent 1998 1500cc sohc
skrg pakai oli mobil super 1000 x2 15w40
jarang dipakai setahun paling 2rb km, :mky_01: kilometer skrg baru 210rb km
mobil dipanasin 1minggu sekali
nah karna sering baca2 di forum sm ini jadi pengen coba oli yg lebih encer yaitu 5w30 . lihat di buku panduan dibolehkan 5w30* tapi dibatasi oleh kondisi pengemudian dan daerah pemakaian

kira2 ada rekomendasi pakai oli merek apa ya ?
rencana ganti oli tiap 1th aja
oya kan mobil ini juga masih flat tapped dan pakai hla makanya kepikiran pakai oli encer biar hla nya awet hehehe
terima kasih :big_peace:

jarang dipake mah oli murah aja, setahun 2rb km berarti 2 tahun baru 4rb rpm.
pake DGO aja / fastron ecogreen 5w30, cuma 200rb, setiap 1 - 2 tahun ganti.
mau pake oli 1 juta juga tetep harus 2 tahun ganti karena expired.

oli 'mahal' baru kerasa murahnya klo mobil sering dipake.
oli murah ini klo dah dibuka dan masuk ke mesin, lbh mudah oksidasi.
om suhu turbo aja pk PTT eco, 7 bulan dah ganti, padahal br 2rb Km.

itu PTT eco kastanya dah di atas DGO :upss:

jadi bukan dihitung berdasarkan KM ajah, namun durasi pemakaian juga dipertimbangkan.
Jadi kesimpulannya mending tetep pake PTT Supersynth daripada PTT Eco nih??? Hahahahaha


erwinign wrote: Tue Jan 05, 2021 2:53

Mobilnya apa om?
Mazda2 GT 2015
Alvinpw
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Fri Jan 26, 2018 3:29

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Alvinpw »

Maaf om2 saya ijin tanya saya ada innova diesel 2kd 2010 km 290rb sekian biasa ganti oli pakai shell rimula 5rb sekali ganti , Jika selanjutnya saya mau pakai oli yang lebih bagus adakah saran? Lalu jika pakai oli 10w-40 atau 5w-40 apakah boleh? Karna ada yang bilang jika di beri oli syntetik bisa rembes. Mohon saran dan masukkan nya terimakasih
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

lawyerone wrote: Tue Jan 05, 2021 6:06
Suryaputra wrote: Tue Jan 05, 2021 3:06
ipo3nk wrote: Tue Jan 05, 2021 3:03


jarang dipake mah oli murah aja, setahun 2rb km berarti 2 tahun baru 4rb rpm.
pake DGO aja / fastron ecogreen 5w30, cuma 200rb, setiap 1 - 2 tahun ganti.
mau pake oli 1 juta juga tetep harus 2 tahun ganti karena expired.

oli 'mahal' baru kerasa murahnya klo mobil sering dipake.
oli murah ini klo dah dibuka dan masuk ke mesin, lbh mudah oksidasi.
om suhu turbo aja pk PTT eco, 7 bulan dah ganti, padahal br 2rb Km.

itu PTT eco kastanya dah di atas DGO :upss:

jadi bukan dihitung berdasarkan KM ajah, namun durasi pemakaian juga dipertimbangkan.
Jadi kesimpulannya mending tetep pake PTT Supersynth daripada PTT Eco nih??? Hahahahaha



Klo suka geber2 sikat aja PTT super syn api sp.
klo jalan santai, yg eco cukup.

cmn klo untuk penggunaan long drain sampai 1thn, sy sih prefer:
Q8 formula special D1 FE 0w20
atau
Amsoil signature 0w20

:big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 482
Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by lawyerone »

Suryaputra wrote: Tue Jan 05, 2021 6:24
lawyerone wrote: Tue Jan 05, 2021 6:06
Suryaputra wrote: Tue Jan 05, 2021 3:06

oli murah ini klo dah dibuka dan masuk ke mesin, lbh mudah oksidasi.
om suhu turbo aja pk PTT eco, 7 bulan dah ganti, padahal br 2rb Km.

itu PTT eco kastanya dah di atas DGO :upss:

jadi bukan dihitung berdasarkan KM ajah, namun durasi pemakaian juga dipertimbangkan.
Jadi kesimpulannya mending tetep pake PTT Supersynth daripada PTT Eco nih??? Hahahahaha



Klo suka geber2 sikat aja PTT super syn api sp.
klo jalan santai, yg eco cukup.

cmn klo untuk penggunaan long drain sampai 1thn, sy sih prefer:
Q8 formula special D1 FE 0w20
atau
Amsoil signature 0w20

:big_peace:
Mendingan ganti tiap 6 bulan pake eco kalo pilihan setaunnya pake Q8 formula special hahahhaa.

Dulu ekspektasinya pake ptt supersynth bisa awet setaun, ternyata 8 bulan ud mulai berat juga hahhahahahaha.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by sintoni »

josomba wrote: Tue Jan 05, 2021 5:11
Better ganti aja dah... Aisin CFEx juga masuk....

Nyokap pernah pelihara juke taun2 2012 selama 3 tahun / 91 rb KM pas 84ribuan KM ntuh CVT mulai dengung :ungg: ...
89-90rb CVT suka limp mode....

Bis gimana....mau ganti cvtf d BeRes waktu ntuh dibilang belum perlu mulu... :ungg:
Soalnya harapannya si BeRes nanti gantinya sekalian sama transmisinya mbah. Hahahaha