Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Kalau setelan klep mobil renggang(yg brarrti lbh irit dan lbh brasa tarikannya), apakah qta perlu pakai oli yg agak kental spya suara mesin bs lbh halus ( sbg contoh dari 5w30 ke 5w40/0w40)
Bgtu jg sbaliknya kalau setelan klep mobil rapet(yg brarrti suara mesin lbh halus) apakah bs pakai oli yg agak encer dari manual book atau yg biasa dpakai spya dapat fuel efisiensi nya (sbg cntoh dri 5w30 ke 0w30/0w20)
Soalny klo setahu ane, setel klep brarti buka mesin dan brarti ikut ganti oli jg kan ya
Mohon pencerahannya untuk nubitol ini
nubie kenek asemreges numpang komen yah
ini maksud stelan klep renggang rapet gmana yah ? yg saya tau stelan klep itu cuman satu dr fabrikan.. kelebihan atau kekurangan barang 1 mili aj dr standard fabrik ud berasa banget brizik nya, ini ud perna saya coba sendiri di enjin 4G92 mitsu, beda 1 mili aja not forgiving banget tek tek tek nya
stelan klewat rapet mmg suara mesin bisa lebi alus (dikit), tp efek nya dudukan klep cepet aus, kelewat renggang jg ga bagus, ntuh rentan carbon build up di ruang bakar, atau kl suwe yah malah tenaga jd ngempos
Iy gan
Mksd ane kan klo dri pabrik ada rentang nya tuh
Misal di njezz L15a pnya ane itu rentangnya 16-20mm (cmiiw)
Nah misal di stel di 20mm otomatis kan agak renggang, apakah butuh oli kental spya mngurangi brisik nya
Atau misal di pepetin 16mm apakah butuh oli encer buat dapat fuel eficiency nya
Btw mksh utk pencerahaannya y gan
Ane sdkit tercerahkan ini
Brarrti lbh baik di stel di pertengahan aja y antara 16mm-20mm
Kalau setelan klep mobil renggang(yg brarrti lbh irit dan lbh brasa tarikannya), apakah qta perlu pakai oli yg agak kental spya suara mesin bs lbh halus ( sbg contoh dari 5w30 ke 5w40/0w40)
Bgtu jg sbaliknya kalau setelan klep mobil rapet(yg brarrti suara mesin lbh halus) apakah bs pakai oli yg agak encer dari manual book atau yg biasa dpakai spya dapat fuel efisiensi nya (sbg cntoh dri 5w30 ke 0w30/0w20)
Soalny klo setahu ane, setel klep brarti buka mesin dan brarti ikut ganti oli jg kan ya
Mohon pencerahannya untuk nubitol ini
nubie kenek asemreges numpang komen yah
ini maksud stelan klep renggang rapet gmana yah ? yg saya tau stelan klep itu cuman satu dr fabrikan.. kelebihan atau kekurangan barang 1 mili aj dr standard fabrik ud berasa banget brizik nya, ini ud perna saya coba sendiri di enjin 4G92 mitsu, beda 1 mili aja not forgiving banget tek tek tek nya
stelan klewat rapet mmg suara mesin bisa lebi alus (dikit), tp efek nya dudukan klep cepet aus, kelewat renggang jg ga bagus, ntuh rentan carbon build up di ruang bakar, atau kl suwe yah malah tenaga jd ngempos
Iy gan
Mksd ane kan klo dri pabrik ada rentang nya tuh
Misal di njezz L15a pnya ane itu rentangnya 16-20mm (cmiiw)
Nah misal di stel di 20mm otomatis kan agak renggang, apakah butuh oli kental spya mngurangi brisik nya
Atau misal di pepetin 16mm apakah butuh oli encer buat dapat fuel eficiency nya
Btw mksh utk pencerahaannya y gan
Ane sdkit tercerahkan ini
Brarrti lbh baik di stel di pertengahan aja y antara 16mm-20mm
Saya udah riset di jazz GE matic teman saya om. Dari awal kerasa banget kl suara mesin kasar dan tarikan ngempos, sy liat di gantungan oli pakenya shell 10W40. Habis itu saya arahin ganti ke shell astra 5W30, hasilnya tetep sami mawon. Tarikan mendingan sedikit, tapi kickdown tetep ngempos sama suara mesin masih kasar.
Kesimpulannya = di honda, mau oli lomba kentel2an ikutin faham yang jadul (yg katanya biar suara mesin alus) ato oli diencerin tp stelan klep ndak bener/diperhatiin sama aja nggak menyelesaikan masalah (cuman nambal luka)
Jadi 8 bulan terakhir (pemakaian sudah 4000km) pakai PTT Fullsynth 0w20 yang super synthetic. Harapannya bisa dipake lama. Ternyata skrg jg tarikan ud berasa berat, meski oli masi belom kotor. Cuma mulai mikir mau ganti oli.
Mending tetep pake itu (harga skrg normal no diskon 140rb seliter) apa turun aja ya pake yang eco 90rb seliter 0w20 juga? Ada pengalaman dan masukan?
Kalau setelan klep mobil renggang(yg brarrti lbh irit dan lbh brasa tarikannya), apakah qta perlu pakai oli yg agak kental spya suara mesin bs lbh halus ( sbg contoh dari 5w30 ke 5w40/0w40)
Bgtu jg sbaliknya kalau setelan klep mobil rapet(yg brarrti suara mesin lbh halus) apakah bs pakai oli yg agak encer dari manual book atau yg biasa dpakai spya dapat fuel efisiensi nya (sbg cntoh dri 5w30 ke 0w30/0w20)
Soalny klo setahu ane, setel klep brarti buka mesin dan brarti ikut ganti oli jg kan ya
Mohon pencerahannya untuk nubitol ini
1. selama celah klep ikutin apa kata pabrik, ngga perlu bingung musti ganti SAE.
2. setel klep ngga ada hubungannya dengan ganti oli.
setel klep ya setel klep aja, kecuali memang sudah saatnya oli mesin diganti.
justru yang harus dipusingin itu kondisi valve cover gasket, sudah waktunya ganti apa belum?
lawyerone wrote: Tue Jan 05, 2021 2:13
Misi misi, nanya nanya dong soal oli ptt
Jadi 8 bulan terakhir (pemakaian sudah 4000km) pakai PTT Fullsynth 0w20 yang super synthetic. Harapannya bisa dipake lama. Ternyata skrg jg tarikan ud berasa berat, meski oli masi belom kotor. Cuma mulai mikir mau ganti oli.
Mending tetep pake itu (harga skrg normal no diskon 140rb seliter) apa turun aja ya pake yang eco 90rb seliter 0w20 juga? Ada pengalaman dan masukan?
Trs ptt kalo jumat masih diskon ga sih?
Kondisi
- tekanan ban
- filter udara (kondisi lingkungan pengaruh)
- bbm yg digunakan
apakah sama spt awal ganti oli?
- Kpn terakhir ganti ATF atau CVTF ?
klo sy pribadi ganti cvtf tiap 1-2 tahun sekali krn murah harga di beres, dan ini membuat "rasa" akselerasi tetap enak dan instant.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
lawyerone wrote: Tue Jan 05, 2021 2:13
Misi misi, nanya nanya dong soal oli ptt
Jadi 8 bulan terakhir (pemakaian sudah 4000km) pakai PTT Fullsynth 0w20 yang super synthetic. Harapannya bisa dipake lama. Ternyata skrg jg tarikan ud berasa berat, meski oli masi belom kotor. Cuma mulai mikir mau ganti oli.
Mending tetep pake itu (harga skrg normal no diskon 140rb seliter) apa turun aja ya pake yang eco 90rb seliter 0w20 juga? Ada pengalaman dan masukan?
Kalau setelan klep mobil renggang(yg brarrti lbh irit dan lbh brasa tarikannya), apakah qta perlu pakai oli yg agak kental spya suara mesin bs lbh halus ( sbg contoh dari 5w30 ke 5w40/0w40)
Bgtu jg sbaliknya kalau setelan klep mobil rapet(yg brarrti suara mesin lbh halus) apakah bs pakai oli yg agak encer dari manual book atau yg biasa dpakai spya dapat fuel efisiensi nya (sbg cntoh dri 5w30 ke 0w30/0w20)
Soalny klo setahu ane, setel klep brarti buka mesin dan brarti ikut ganti oli jg kan ya
Mohon pencerahannya untuk nubitol ini
nubie kenek asemreges numpang komen yah
ini maksud stelan klep renggang rapet gmana yah ? yg saya tau stelan klep itu cuman satu dr fabrikan.. kelebihan atau kekurangan barang 1 mili aj dr standard fabrik ud berasa banget brizik nya, ini ud perna saya coba sendiri di enjin 4G92 mitsu, beda 1 mili aja not forgiving banget tek tek tek nya
stelan klewat rapet mmg suara mesin bisa lebi alus (dikit), tp efek nya dudukan klep cepet aus, kelewat renggang jg ga bagus, ntuh rentan carbon build up di ruang bakar, atau kl suwe yah malah tenaga jd ngempos
Iy gan
Mksd ane kan klo dri pabrik ada rentang nya tuh
Misal di njezz L15a pnya ane itu rentangnya 16-20mm (cmiiw)
Nah misal di stel di 20mm otomatis kan agak renggang, apakah butuh oli kental spya mngurangi brisik nya
Atau misal di pepetin 16mm apakah butuh oli encer buat dapat fuel eficiency nya
Btw mksh utk pencerahaannya y gan
Ane sdkit tercerahkan ini
Brarrti lbh baik di stel di pertengahan aja y antara 16mm-20mm
nubie demen oli keraton mau share aja waktu pengalaman miara brio,
Untuk stel klep ini harus dalam range celah klepnya,
Klo celah klep terlalu rapat, mesin cenderung cepat panas dan tarikan lemot.
Klo celah klep terlalu renggang, bensin lbh boros dan nongol suara mie tek tek.
Soal SAE oli ikutin rekomendasi manual book aja. honda tuh sukanya oli encer.
contoh di brio, range celah klep (aman) sbb:
- Intake: 0,15 - 0,19 mm
- Exhaust: 0,26 - 0,30 mm
Last edited by Suryaputra on Tue Jan 05, 2021 3:04, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
rednhers wrote: Mon Jan 04, 2021 14:17
halo salam kenal, sya baru join karena ingin menanyakan perihal oli hehehe
mobil sya hyundai accent 1998 1500cc sohc
skrg pakai oli mobil super 1000 x2 15w40
jarang dipakai setahun paling 2rb km, kilometer skrg baru 210rb km
mobil dipanasin 1minggu sekali
nah karna sering baca2 di forum sm ini jadi pengen coba oli yg lebih encer yaitu 5w30 . lihat di buku panduan dibolehkan 5w30*tapi dibatasi oleh kondisi pengemudian dan daerah pemakaian
kira2 ada rekomendasi pakai oli merek apa ya ?
rencana ganti oli tiap 1th aja
oya kan mobil ini juga masih flat tapped dan pakai hla makanya kepikiran pakai oli encer biar hla nya awet hehehe
terima kasih
jarang dipake mah oli murah aja, setahun 2rb km berarti 2 tahun baru 4rb rpm.
pake DGO aja / fastron ecogreen 5w30, cuma 200rb, setiap 1 - 2 tahun ganti.
mau pake oli 1 juta juga tetep harus 2 tahun ganti karena expired.
oli 'mahal' baru kerasa murahnya klo mobil sering dipake.
rednhers wrote: Mon Jan 04, 2021 14:17
halo salam kenal, sya baru join karena ingin menanyakan perihal oli hehehe
mobil sya hyundai accent 1998 1500cc sohc
skrg pakai oli mobil super 1000 x2 15w40
jarang dipakai setahun paling 2rb km, kilometer skrg baru 210rb km
mobil dipanasin 1minggu sekali
nah karna sering baca2 di forum sm ini jadi pengen coba oli yg lebih encer yaitu 5w30 . lihat di buku panduan dibolehkan 5w30*tapi dibatasi oleh kondisi pengemudian dan daerah pemakaian
kira2 ada rekomendasi pakai oli merek apa ya ?
rencana ganti oli tiap 1th aja
oya kan mobil ini juga masih flat tapped dan pakai hla makanya kepikiran pakai oli encer biar hla nya awet hehehe
terima kasih
jarang dipake mah oli murah aja, setahun 2rb km berarti 2 tahun baru 4rb rpm.
pake DGO aja / fastron ecogreen 5w30, cuma 200rb, setiap 1 - 2 tahun ganti.
mau pake oli 1 juta juga tetep harus 2 tahun ganti karena expired.
oli 'mahal' baru kerasa murahnya klo mobil sering dipake.
oli murah ini klo dah dibuka dan masuk ke mesin, lbh mudah oksidasi.
om suhu turbo aja pk PTT eco, 7 bulan dah ganti, padahal br 2rb Km.
itu PTT eco kastanya dah di atas DGO
jadi bukan dihitung berdasarkan KM ajah, namun durasi pemakaian juga dipertimbangkan.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Tue Jan 05, 2021 3:06
oli murah ini klo dah dibuka dan masuk ke mesin, lbh mudah oksidasi.
om suhu turbo aja pk PTT eco, 7 bulan dah ganti, padahal br 2rb Km.
itu PTT eco kastanya dah di atas DGO
jadi bukan dihitung berdasarkan KM ajah, namun durasi pemakaian juga dipertimbangkan.
Hehe ... sangat sangat setuju dan pernah ngalamin sendiri..
Pake oli murmer .... oli ganti bulan ke-10, 4000km ... sludge pun nongol
Suryaputra wrote: Tue Jan 05, 2021 3:06
oli murah ini klo dah dibuka dan masuk ke mesin, lbh mudah oksidasi.
om suhu turbo aja pk PTT eco, 7 bulan dah ganti, padahal br 2rb Km.
itu PTT eco kastanya dah di atas DGO
jadi bukan dihitung berdasarkan KM ajah, namun durasi pemakaian juga dipertimbangkan.
wah saya baru ngalamin di motor aja om.
motor 1rb km setahun karena jarang pake tetep ganti oli, dan ga ada bedanya oli mahal dan murah di sludge nya.. tetep bening.
*primaxp / DGO 10w40
sludge bisa ketauan dari bongkar mesin / kuras oli / dipstik?
Suryaputra wrote: Tue Jan 05, 2021 3:06
oli murah ini klo dah dibuka dan masuk ke mesin, lbh mudah oksidasi.
om suhu turbo aja pk PTT eco, 7 bulan dah ganti, padahal br 2rb Km.
itu PTT eco kastanya dah di atas DGO
jadi bukan dihitung berdasarkan KM ajah, namun durasi pemakaian juga dipertimbangkan.
wah saya baru ngalamin di motor aja om.
motor 1rb km setahun karena jarang pake tetep ganti oli, dan ga ada bedanya oli mahal dan murah di sludge nya.. tetep bening.
*primaxp / DGO 10w40
sludge bisa ketauan dari bongkar mesin / kuras oli / dipstik?
sludge dan varnish bisa cek dr dipstick (klo gak parah banget gak muncul di sini) / buka engine head cover / intip dr lobang ngisi oli
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Permisi suhu, numpang tanya, ane pake juke 2013. Km 65rb. Kmaren pas revis rutin minta cek oli cvt, kata sa nya blm perlu ganti karna setelah di scan blm oerlu ganti. Ane juga ga tau riwayat sebelum nya apa udh pernah di ganti oli cvt nya. Kalo menurut suhu2 di sini gimana? Sebaik nya ganti aja atau engga. Kalau mau ganti di bengkel luar perlu brp liter oli cvt sama jenis nya apa ya yg cocok buat juke? Karna ane oernah denger kalo oli cvt nisan beda ama oli cvt kebanyakan. Mohon perncerahan suhu
Suryaputra wrote:
mantap buat harga segitu ok lahh.
pakai aja 5rb Km trus buang.
saya pernah pakai itu, 4rb Km dah kurang enak.
masih mantepan TQ 9000 0w20, sampai 6rb Km masih enakk.
Tq9000 harga 110rb saya berharap 2x lifetimenya pfg yang cuma 50an ribu. Wkwkw..
oli pfg cuma seharga isi pertalite fulltank.
Yaudah ga mikir buang2 oli.
btw kalau spek oli kayak gini apakah berarti bisa minum oli 0w40?
Mesin nya pake HLA ga ? Kl HLA, wajip pake oli encer, drpd bela2in oli kentel, alus sejenak tp abis itu malah lebi brizik gara2 panjul noken as jd aus
Kl non HLA yah silahken deh, tp yah itu jg buat mobil2 lama.. kl non HLA tp ud ber vitek, fifitiai, dobel single cvtc yah tetep wajip oli encer
Om. Tanya dong, tentang perolian dan HLA.
Kalau GNKI diesel AT 2012 itu gak pakai HLA yah? oli masih bisa TMO 10w40? atau bisa juga PTT 10w30? atau yang baik apa yah? selama ini SELALU pakai TMO 10W40 tiap 5 rb KM atau 6 bulan ganti. mau dipakai sampai 8 bulan max 5 rb KM kok takut...
Covid gini seringnya dirumah bahkan 8 bulan cuma 3 rb KM
kalau ANKI diesel AT 2017 saya kasih PTT 10W30 tiap 5rb km atau 8 bulan ganti, OK yah?
Mobilio/HRV kasih PTT 5w30 SN/CF acea A5B5 ATAU 0W30 SN ILSAC GF-5 ATAU 0W20 SP ILSAC GF6a tergantung promo. Semuanya saya dapat dibawah 100 rb per liter.
Yang 5W30 katanya lebih kuat terkena kontaminasi premium/pertalite karena bisa juga dipakai light diesel. ini Datasheet nya https://pttlubricants.pttor.com/assets/ ... 2-2018.pdf
Jacknight wrote: Tue Jan 05, 2021 3:53
Permisi suhu, numpang tanya, ane pake juke 2013. Km 65rb. Kmaren pas revis rutin minta cek oli cvt, kata sa nya blm perlu ganti karna setelah di scan blm oerlu ganti. Ane juga ga tau riwayat sebelum nya apa udh pernah di ganti oli cvt nya. Kalo menurut suhu2 di sini gimana? Sebaik nya ganti aja atau engga. Kalau mau ganti di bengkel luar perlu brp liter oli cvt sama jenis nya apa ya yg cocok buat juke? Karna ane oernah denger kalo oli cvt nisan beda ama oli cvt kebanyakan. Mohon perncerahan suhu
baru beli 2nd apa gimana? kalo baru ambil 2nd sih bagusnya yang berhubungan fluid/cairan kaya oli, oli matic, coolant, minyam rem diganti biar recordnya dari 0.
cvtnya juke harusnya sih sama kaya grand livina, kalo. diberes pake idemitsu NS 3 (koreksi kalo salah hu ) kalo kuras siapin 6-8L. ganti di kalo boleh tau om posisinya dimana? ganti di spesialis nissan aja om, tersebar di seluruh penjuru negeri harganya lebih reasonable daripada beres
Jacknight wrote: Tue Jan 05, 2021 3:53
Permisi suhu, numpang tanya, ane pake juke 2013. Km 65rb. Kmaren pas revis rutin minta cek oli cvt, kata sa nya blm perlu ganti karna setelah di scan blm oerlu ganti. Ane juga ga tau riwayat sebelum nya apa udh pernah di ganti oli cvt nya. Kalo menurut suhu2 di sini gimana? Sebaik nya ganti aja atau engga. Kalau mau ganti di bengkel luar perlu brp liter oli cvt sama jenis nya apa ya yg cocok buat juke? Karna ane oernah denger kalo oli cvt nisan beda ama oli cvt kebanyakan. Mohon perncerahan suhu
Better ganti aja dah... Aisin CFEx juga masuk....
Nyokap pernah pelihara juke taun2 2012 selama 3 tahun / 91 rb KM pas 84ribuan KM ntuh CVT mulai dengung ...
89-90rb CVT suka limp mode....
Bis gimana....mau ganti cvtf d BeRes waktu ntuh dibilang belum perlu mulu...
Suryaputra wrote: Tue Jan 05, 2021 3:06
oli murah ini klo dah dibuka dan masuk ke mesin, lbh mudah oksidasi.
om suhu turbo aja pk PTT eco, 7 bulan dah ganti, padahal br 2rb Km.
itu PTT eco kastanya dah di atas DGO
jadi bukan dihitung berdasarkan KM ajah, namun durasi pemakaian juga dipertimbangkan.
wah saya baru ngalamin di motor aja om.
motor 1rb km setahun karena jarang pake tetep ganti oli, dan ga ada bedanya oli mahal dan murah di sludge nya.. tetep bening.
*primaxp / DGO 10w40
sludge bisa ketauan dari bongkar mesin / kuras oli / dipstik?
kemarin sih pas mau ganti seal nya sih sekalian buka engine cover ketahuan deh sludge nya uda mayan banyak jadi sekalian deh lsg turun 1/2
lawyerone wrote: Tue Jan 05, 2021 2:13
Misi misi, nanya nanya dong soal oli ptt
Jadi 8 bulan terakhir (pemakaian sudah 4000km) pakai PTT Fullsynth 0w20 yang super synthetic. Harapannya bisa dipake lama. Ternyata skrg jg tarikan ud berasa berat, meski oli masi belom kotor. Cuma mulai mikir mau ganti oli.
Mending tetep pake itu (harga skrg normal no diskon 140rb seliter) apa turun aja ya pake yang eco 90rb seliter 0w20 juga? Ada pengalaman dan masukan?
Trs ptt kalo jumat masih diskon ga sih?
Kondisi
- tekanan ban
- filter udara (kondisi lingkungan pengaruh)
- bbm yg digunakan
apakah sama spt awal ganti oli?
- Kpn terakhir ganti ATF atau CVTF ?
klo sy pribadi ganti cvtf tiap 1-2 tahun sekali krn murah harga di beres, dan ini membuat "rasa" akselerasi tetap enak dan instant.
Sama kok, ya 8 bulan memang ud saatnya ganti oli.
ATF terakhir ganti di 44rb, saat ini mobil di 50rb km
Mazda2 GT 2015
Pertanyaannya lebih ke arah:
Kalau memang olinya sama sama minta diganti tiap 8 bulan, mendingan beli 0w20 eco nya PTT yang murah, atau tetap bertahan dengan super synthetic yang 140rb sebotol :')
Tbh saya pribadi ga merasakan benefit oli PTT yang lebih mahal. Kalo om om lain gimana?
rednhers wrote: Mon Jan 04, 2021 14:17
halo salam kenal, sya baru join karena ingin menanyakan perihal oli hehehe
mobil sya hyundai accent 1998 1500cc sohc
skrg pakai oli mobil super 1000 x2 15w40
jarang dipakai setahun paling 2rb km, kilometer skrg baru 210rb km
mobil dipanasin 1minggu sekali
nah karna sering baca2 di forum sm ini jadi pengen coba oli yg lebih encer yaitu 5w30 . lihat di buku panduan dibolehkan 5w30*tapi dibatasi oleh kondisi pengemudian dan daerah pemakaian
kira2 ada rekomendasi pakai oli merek apa ya ?
rencana ganti oli tiap 1th aja
oya kan mobil ini juga masih flat tapped dan pakai hla makanya kepikiran pakai oli encer biar hla nya awet hehehe
terima kasih
jarang dipake mah oli murah aja, setahun 2rb km berarti 2 tahun baru 4rb rpm.
pake DGO aja / fastron ecogreen 5w30, cuma 200rb, setiap 1 - 2 tahun ganti.
mau pake oli 1 juta juga tetep harus 2 tahun ganti karena expired.
oli 'mahal' baru kerasa murahnya klo mobil sering dipake.
oli murah ini klo dah dibuka dan masuk ke mesin, lbh mudah oksidasi.
om suhu turbo aja pk PTT eco, 7 bulan dah ganti, padahal br 2rb Km.
itu PTT eco kastanya dah di atas DGO
jadi bukan dihitung berdasarkan KM ajah, namun durasi pemakaian juga dipertimbangkan.
Jadi kesimpulannya mending tetep pake PTT Supersynth daripada PTT Eco nih??? Hahahahaha
Maaf om2 saya ijin tanya saya ada innova diesel 2kd 2010 km 290rb sekian biasa ganti oli pakai shell rimula 5rb sekali ganti , Jika selanjutnya saya mau pakai oli yang lebih bagus adakah saran? Lalu jika pakai oli 10w-40 atau 5w-40 apakah boleh? Karna ada yang bilang jika di beri oli syntetik bisa rembes. Mohon saran dan masukkan nya terimakasih
jarang dipake mah oli murah aja, setahun 2rb km berarti 2 tahun baru 4rb rpm.
pake DGO aja / fastron ecogreen 5w30, cuma 200rb, setiap 1 - 2 tahun ganti.
mau pake oli 1 juta juga tetep harus 2 tahun ganti karena expired.
oli 'mahal' baru kerasa murahnya klo mobil sering dipake.
oli murah ini klo dah dibuka dan masuk ke mesin, lbh mudah oksidasi.
om suhu turbo aja pk PTT eco, 7 bulan dah ganti, padahal br 2rb Km.
itu PTT eco kastanya dah di atas DGO
jadi bukan dihitung berdasarkan KM ajah, namun durasi pemakaian juga dipertimbangkan.
Jadi kesimpulannya mending tetep pake PTT Supersynth daripada PTT Eco nih??? Hahahahaha
Klo suka geber2 sikat aja PTT super syn api sp.
klo jalan santai, yg eco cukup.
cmn klo untuk penggunaan long drain sampai 1thn, sy sih prefer:
Q8 formula special D1 FE 0w20
atau
Amsoil signature 0w20
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri