pendoli wrote: Wed Feb 05, 2020 12:10
Hmm nda tau om, saya malah kenalnya sama yg AT mulu. Tapi memang dulu freed kan dikritisi karena ga punya versi manual, makanya toyota ga mau ngikutin kesalahan hehe
Kayanya jadi yg pengen MT ambil sienta, yg pengen AT nyari freed seken wkwkwk
yoyota kelewat kreatif dan pede, demi MT sampe rela ubah mesin dan tranny (aji mumpung si karena udah bangun pabrik mesin sejuta umat), shifter position + dashboard design juga mau ga mau diubah. yang uniknya di Malaysia malah discontinued.
JukeJoken wrote: Wed Feb 05, 2020 12:57
saya dah 2 tahun pake sienta om. Ban kalau tipe Q dapet ecopia , berisik. Suara mesin juga masih kedenger jelas , berisik banget. Dibanding Xpander saya , masih lebih kedap Xpander.
adu kenyamanan, harga 300 juta kebawah, xpander ga ada lawannya. mulai dari bantingan sampe kekedapan kabin. apalagi sienta pintu sliding, biang rattle dan suara tembus.
Giri wrote: Thu Feb 06, 2020 1:50Lokasi spakbor bagian mananya om?
Boleh difotoin? Rada penasaran saya. Kalau beneran ampuh, bisa jadi solusi murmer ini.
kalau dulu pernah ngobrol dengan spesialis audio dan bengkel body repair, pada blg ga rekomen. memang murah dan efektif banget. tapi masalahnya flinkote (ini sebenernya produk untuk atap keluaran Shell) mudah "meleleh" kalau kena panas terus menerus, makanya untuk atap ga boleh permukaan curam. juga masalah berikutnya: karena bersifat seperti karet cenderung berat (ya salah satu cara mudah untuk meredam vibrasi memang dikasi "mass"), juga lama kelamaan akan mengeras seiring umur malah akan bikin celah untuk air/kotoran masuk lama2 merusak cat dasar = karat. juga body repair itu akan kesulitan karena sekali nempel susah bersih.
dulu sempet trend pake aquaproof semacamnya (latex based), murah meriah campur pasir dan semen sedikit tambah berat dan ajib buat pintu2 biasanya, nah problemnya: body repair akan kesusahan juga karena jadi keras banget.
sedangkan kalau pake peredam tempel yang umum. dipanasin atau diketok bisa balik lagi untuk body repair. juga ga ada potensi mengeras seperti flinkote, kecuali peredam aspal tempel yg murmer = lama kelamaan getas/ambrol atau lemnya ga rekat lagi.
kalau baca2 di forum luar negeri. trik mereka kalau pake flinkote semacamnya itu di aplikasikan ke peredam roda yang sudah ada. ada beberapa mobil yg di spakbor sudah terpasang plastik peredam. nah ini dilepas, sisi sebaliknya diaplikasikan ginian, tunggu kering, pasang lagi. jadi meminimalkan kerusakan body.