Para Pakar Mobilio, mohon bantuannya.JFO wrote: Fri Nov 03, 2017 23:00Permisi om2 semua, salam kenal, mohon ijin utk share dan menimba ilmu di thread ini sebagai user mobilio juga. Tertarik dgn bahasan di atas dari om Richard Jumara motor dan petunjuk dr SA BeRes mengenai membersihkan TB pd honda mobilio,saya mw berbagi pengalaman terkait dari mobilio e cvt 2016 saya. Intinya sbg berikut:Yonatanw wrote: Fri Nov 03, 2017 6:28Dijelasin sama SA beres honda graha kmrn, yang saya tangkap sih, intinya ga boleh lepas throttle, kalau sudah dilepas harus reset ECU. Sama seperti temen saya user livina XR juga gt waktu saya share..josomba wrote:Ternyata tetep bisa DIY toh buat bersihin throttle body lio yang udah DBW.
Sumber : https://otomotifnet.gridoto.com/read/02 ... a-10-menit
Cuma dari SA blg, kalau mau bersihin, cukup kain lap bersih, disemprot carb cleaner, digosok melingkar dalam keadaan throttle terpasang dan di gas separuh. (Kunci kontak on)
CMIIW (ngga seberapa ngerti permesinan dan blm praktek sendiri)
1. Perhatikan MAP sensor yg terletak pada body intake, setelah TB. Bentuknya kecil dgn soket dan 1 buah sekrup plus. Sensor ini sangat anti dgn carb cleaner/engine cleaner yg biasa disemprotkan ke dlm TB melalui butterfly. Dipastikan bhw MAP sensor akan rusak, mengakibatkan lampu check engine menyala, average bahan bakar di bwh 1:5, mbl ndut2an, asap knalpot bau,dsb, apabila kita melakukan prosedur tune up spt pd mobil yg mengadopsi MAF sensor (mesin hidup, semprot carb/engine cleaner ke TB, geber2 gas, dan berulang bbrp kali)
2. MAP sensor sendiri amat jarang sekali rusak jika tidak salah prosedur dlm melakukan tune up/membersihkan TB. Utk membersihkan MAP sensor, perlu gunakan cairan khusus yg bs didapatkan di AC* hardware. Caranya sangat mudah, cukup melepas MAP sensor dan menyemprotkan cairan tsb ke lubang MAP sensor bbrp kali, sampai tetesan dr cairan tsb terlihat mulai bersih/bening. Perlu diingat, diharamkan utk membersihkan/mengeringkan cairan pembersih tsb dgn cara memasukkan tissue atau cotton bud. Cukup diamkan saja, krna sifat cairan tsb mudah menguap. Lakukan prosedur ini dlm posisi kunci kontak OFF atau utk lbh amannya, silahkan cabut kutub negatif aki. Membersihkan MAP sensor ini tidak wajib dilakukan setiap kali tune up atau setiap kali membersihkan TB.
3. Utk membersihkan TB dan butterfly, cara yg dibahas oleh om Richard Jumara motor dan SA BeRes sblmnya, adalah cara paling aman saat ini, yaitu tanpa melepas TB atau menyemprotkan carb/engine cleaner dlm kondisi mesin hidup. Cukup semprotkan secukupnya, jgn sampai masuk ke dlm lubang MAP sensor, dan dlm posisi kunci kontak ON + gas diinjak penuh (butterfly membuka full)
Dlm pengalaman saya, saat MAP sensor saya rusak, sangat amat sulit sekali mencari unit baru nya, karena part tsb termsk part VERY SLOW MOVING yg jarang sekali dicari konsumen, sehingga toko2 tidak ready stock, plus harganya yg lumayan, sekitar 2jt rupiah lebih. Akhirnya saya mendptkan unit pengganti dlm kondisi second bergaransi, ex copotan Sing*pore (katanya). Singkatnya mobilio saya sudah normal kembali tanpa perlu melakukan reset ecu. Saat mencopot MAP sensor yg rusak, cabut dulu kutub negatif aki. Bgtu pemasangan unit pengganti selesai, diamkan dl sekitar 5 mnt, baru pasang kembali kutub aki negatif, starter, dan semua kembali normal, lampu check engine mati, ECO light berfungsi kembali, average bahan bakar normal spt biasanya.
Sbg tambahan, MAP sensor original bawaan pabrik bermerk Denso dgn kode 079800-7590. Mgkn om2 dpt temukan dgn mudah dr online shop yg tersedia, dgn harga relatif jauh lbh murah di bwh 1jt rupiah, namun PASTIKAN dulu bhw unitnya ORIGINAL yg memiliki ciri2 spt di atas. Krna saat mencari part tsb, akhirnya saya lbh memutuskan membeli yg kondisi second namun original walaupun dgn harga nyaris sama dgn kondisi baru namun bukan original spt yg dipasarkan di online shop. Saya tdk tahu apa efeknya, namun stlh lebih memahami cara kerja dan fungsi MAP sensor tsb, saya jd agak ragu jika menggunakan yg non original walaupun dlm kondisi 100% baru. Semoga om2 jgn sampai mengalami spt yg saya alami. Tp jika terlanjur ada yg mengalami (stlh tune up) dgn ciri2 rpm stasioner lbh dr 1000, mbl ndut2an, bahan bakar super boros, walaupun lampu check engine tidak menyala, bs dipastikan MAP sensor tsb penyebabnya. Lampu check engine tinggal menunggu wktu saja utk menyala.
Salam hormat utk om2 semua...mohon ijin utk bergabung. Terimakasih
Kejadian baru ini saya lakukan semprot carb Jet ke body throttle my Lio alhasil naikan menjadi endut2 an seperti yang disampaikan oleh para suhu diatas, terutama di gigi 1 dan 2 endut2 an kaya naik dokar. Apa yang harus dilakukan nih para suhu agar my Lio kembali bisa enak dan halus lagi naikkannya. Apakah harus mengganti throttle body dan MAP sensornya? Yah inilah akibat kurang exis dalam dunia forum Mibilio. Mohon arahan para senior dan suhu di sini.