Perlakuan thd aki & embel2nye....

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Diki_Oke_Deh
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Wed May 06, 2009 2:56

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by Diki_Oke_Deh »

Indikator Aki menandakan pasokan listrik dari dinamo amprer.

Secara mmudahnya , Untuk mengecheck baik tidaknya dinamo ampere , saat mesin hidup kondisi iddle , coba lepaskan kabel pada kepala aki, sehingga aki tidak terhubung.

Mobil , meliputi kelistrikan: ECU , lampu2, fan, Pengapian , semuanya memerlukan Pasokan listrik saat mobil pada kondisi hidup.
Apabila Aki kita lepas, berarti pasokan listrik murni dari Dinamo ampere.

Apabila , dinamo amperenya kurang baik, maka akan terjadi kekurangan pasokan listrik , sehingga mesin bergetar , bahkan mati.

Kalo mesin tetap berputar halus , berarti kondisi dinamo amperenya baik.

NB:
Untuk starter yg nggak bisa jalan , coba check sambungan pada kepala aki, mungkin kurang kuat.
User avatar
buatandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2541
Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by buatandi »

Diki_Oke_Deh wrote:mungkin boster dinamo starter / sikat arang dinamonya yang udah aus.
masalah ny klakson juga masi serak bro suarany
apa dapet aki kurang bagus yah :ungg:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

buatandi wrote:om sjamsul motor ane anegh negh :e-doh:
da di ganti aki masi blom tokcer juga trus di ganti regulator (kiprok) masi blom jreng juga ga bisa starter elektrik..apa ny lagi negh pak :ungg: blom di bawa ke bengkel sih ane bongkar" sndiri ap musti di chass dulu itu akiny supany tokcer?? ap musti di bawa ke bengkel honda??
hmmm........... apakah aki nt yg baru itu aki kering yah.... :e-think:
klo benar, ada kemungkinan stroomnya dah keburu abis (mungkin stok lama), sebaiknya disetroom dulu.......... n nt jangan main ganti kiproknya dulu, krn belon tentu kiproknya bermasalah...............

Setelah akinya distroom, nt liat dulu apakah bisa distarter ato kaga, klo bisa distarter, bearti hanya stroom akinya aja yg kurang..........., setelah itu baru diperiksa apakah kiproknya bekerja dg baik ato kaga................ :e-whistle:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

Diki_Oke_Deh wrote:mungkin boster dinamo starter / sikat arang dinamonya yang udah aus.
sebelum menyalahkan dinamo starternya, ada baiknya diperiksa dulu apakah klakson atau lampu2 bekerja dg baik ato kaga...........
klo ga bekerja dg baik, ada kemungkinan akinya kurang stroom..................., tp klo bekerja dg baik, ada kemungkinan penyakitnya spt yg nt bilang.............. :e-whistle:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

ikbal wrote:mau tanya sesepuh..
mungkinkah aki harus diisi..padahal di indikator dashboard lambang aki tidak menyala ? saya takut..indikitaor aki didashboard tidak akurat..thanks..
ane ga ngarti dg kata2 ' mungkinkah aki harus diisi'.............. apakah maksudnya distroom atau apa nih..... :e-think:

klo lambang aki tidak menyala biasanya bearti pengisian dari alternator itu baik alias ga ada masalah...................... coba nt perhatikan sebelum distarter apakah lambang akinya menyala atau kaga.................... klo menyala sebelum distarter, trus lampunya mati setelah mesin idup bearti indikatornya ga napa2.............. :e-whistle:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

Diki_Oke_Deh wrote:Indikator Aki menandakan pasokan listrik dari dinamo amprer.

Secara mmudahnya , Untuk mengecheck baik tidaknya dinamo ampere , saat mesin hidup kondisi iddle , coba lepaskan kabel pada kepala aki, sehingga aki tidak terhubung.

Mobil , meliputi kelistrikan: ECU , lampu2, fan, Pengapian , semuanya memerlukan Pasokan listrik saat mobil pada kondisi hidup.
Apabila Aki kita lepas, berarti pasokan listrik murni dari Dinamo ampere.

Apabila , dinamo amperenya kurang baik, maka akan terjadi kekurangan pasokan listrik , sehingga mesin bergetar , bahkan mati.

Kalo mesin tetap berputar halus , berarti kondisi dinamo amperenya baik.

NB:
Untuk starter yg nggak bisa jalan , coba check sambungan pada kepala aki, mungkin kurang kuat.
biasanya klo ane mau tau ngisinya bagus ato kaga, ane pake alat yg disebut amper meter................... trus diliat seberapa besar pengisiannya.............. :e-whistle:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

buatandi wrote:
Diki_Oke_Deh wrote:mungkin boster dinamo starter / sikat arang dinamonya yang udah aus.
masalah ny klakson juga masi serak bro suarany
apa dapet aki kurang bagus yah :ungg:
sebaiknya diperiksa dulu deh kondisi akinye............ masih bagus apa kaga.................. :e-whistle:
User avatar
buatandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2541
Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by buatandi »

asikk dah tokcer lagi pak motor saya :e-whistle:
yang belom tinggal minta vitamin aki sama tatakan plat nomor negh pak :ungg:
ikbal
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: Wed Mar 04, 2009 2:57

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by ikbal »

@syamsjul..
maksud saya diisi ..ya distrom bos..he..he..jadi malu nih..
pada waktu mesin dinyalakan .indikator nyala ..trus pas jalan mati cuman yang saya khawatirkan ..gara gara terlalu mempercayai indikator didashboard si aki tiba tiba mati dijalan..tengah malam..sendirian..wah bisa berabe..
thanks bos..atas jawabannya..
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

ikbal wrote:@syamsjul..
maksud saya diisi ..ya distrom bos..he..he..jadi malu nih..
pada waktu mesin dinyalakan .indikator nyala ..trus pas jalan mati cuman yang saya khawatirkan ..gara gara terlalu mempercayai indikator didashboard si aki tiba tiba mati dijalan..tengah malam..sendirian..wah bisa berabe..
thanks bos..atas jawabannya..
hahaha........... ga usah malu bro, khan ada pepatah yg spt ini :'malu bertanya, sesat di jalan'...................... jadi klo ga ngerti (bukannya ane sok pinter yah), silahkan tanya lagi ampe ngarti.......... secara ane juga gitu bro, klo ga ngarti ane tanya lagi (contohnya di thread mengenai kamera)...

biasanya klo aki mau mati, ada gejala2nya bro, misalkan saat di pagi hari mau starter, putaran mesinnya 'agak' lemah, trus klo dah jalan, putaran mesinnya jadi galak alias lebih galak saat distarter klo mesin dah panas.............. Jadi nt tinggal memperhatikan hal ini ajah, shg mengurangi kekhawatiran aki mati di jalan spt yg nt khawatirkan............

u r welcome bro.................... :e-whistle:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by ZombiEE »

oom sjam..punya spesifikasi nya aki gs MF yang 50amp?ato 60amp?:)
thanks..hehehehe
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

ZombiEE wrote:oom sjam..punya spesifikasi nya aki gs MF yang 50amp?ato 60amp?:)
thanks..hehehehe
buat mbl apa bro........ apakah buat xtrail nt ato bukan nih.............. :e-think:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by ZombiEE »

cuman pengen tau spek nya saja sih oom..hihihihihi....soale ane nyari2 kaga dapet...mau tau CCA nya..hihihi
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

ZombiEE wrote:cuman pengen tau spek nya saja sih oom..hihihihihi....soale ane nyari2 kaga dapet...mau tau CCA nya..hihihi
iyahhhh tau.......... tp buat mobil apaaaaa..................... hihihihihi...........:e-snooty:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by ZombiEE »

x-trail oom..hihihihihi
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

ZombiEE wrote:x-trail oom..hihihihihi
sorry jom, tadi ane dah tulis jawabannya, tp internet ngadat, baru idup lagi nihhh............

Tipe aki di mbl nt itu 55D23L, dengan kapasitas 60 amper, sedangkan Cranking Ampere at - 15 derajat celcius adalah 440 Ampere.

Spesifikasi ini ane kutip dari merk lain, bukan GS, krn merk tsb ane ga punya spesifikasinya. Tapi ane rasa ga jauh beda deh atau sama dg merk yg nt tanyakan................. :e-whistle:

mudah2an CCA itu bearti cranking ampere......... klo bukan ane ga tau bro................ :big_peace:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by ZombiEE »

iya pak sjam...cca-cold cranking amps..hehehehe...oo..jadi bukan spek GS yah yg diatas?hehehe..55d23l itu maintenance free oom?:)
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

ZombiEE wrote:iya pak sjam...cca-cold cranking amps..hehehehe...oo..jadi bukan spek GS yah yg diatas?hehehe..55d23l itu maintenance free oom?:)
ohhh siiiippppppp....... tepatnya merk NGS........

bukan tp GS premium.......... :big_peace:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by ZombiEE »

oo....berarti kalo gs mf lebih gedeh lagi dunk CCA nya...sip sip..heheh
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

ZombiEE wrote:oo....berarti kalo gs mf lebih gedeh lagi dunk CCA nya...sip sip..heheh
belon tentu bro........

btw emangnya kenapa sih nt mau yg CCA nya besar, secara ane ga mempermasalahkan hal itu klo mau ganti aki, yg penting ampernya murni... :ungg:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by ZombiEE »

biar start nya gampang oom..bukankah begitu?:)
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

ZombiEE wrote:biar start nya gampang oom..bukankah begitu?:)
nampaknya sih bukan deh........ coba ajah perhatikan spesifikasinya CCA at MINUS 15 derajat................ nah, apakah di tempat nt suhunya ampe dibawah nol derajat............. :e-think: :e-think:
Jadi ga perlu deh liat spek yg itu, krn dg spek yg 60 amper, buat di mbl nt, itu dah sangat mencukupi buat starter. Yg penting dijaga kabel2 di kepala aki itu terpasang dg baik, ga kendor, trus klo bisa ditambahkan kabel ground, yg dipercaya bisa membantu memberikan arus yg lbh baik saat distarter........... :e-whistle:

Selain itu nt perhatikan dari awal yg ane dah tulis disene................. guna mencapai umur aki yg maksimal..............
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by singachu »

sjamsul wrote:
ZombiEE wrote:biar start nya gampang oom..bukankah begitu?:)
nampaknya sih bukan deh........ coba ajah perhatikan spesifikasinya CCA at MINUS 15 derajat................ nah, apakah di tempat nt suhunya ampe dibawah nol derajat............. :e-think: :e-think:
Jadi ga perlu deh liat spek yg itu, krn dg spek yg 60 amper, buat di mbl nt, itu dah sangat mencukupi buat starter. Yg penting dijaga kabel2 di kepala aki itu terpasang dg baik, ga kendor, trus klo bisa ditambahkan kabel ground, yg dipercaya bisa membantu memberikan arus yg lbh baik saat distarter........... :e-whistle:

Selain itu nt perhatikan dari awal yg ane dah tulis disene................. guna mencapai umur aki yg maksimal..............
kalo buat arus lebih baik saat stater, pasang relay ke motor stater aja, jadi kontak di kabin cuman buat aktifin relay :D

regards,
singachu
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by ZombiEE »

icic..thanks oom..hihihihi
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

singachu wrote: kalo buat arus lebih baik saat stater, pasang relay ke motor stater aja, jadi kontak di kabin cuman buat aktifin relay :D

regards,
singachu
setuju, dg catatan pemasangan kabel starternya harus memperhatikan beberapa hal, antara lain:
1. Cara jepit teminalnya harus baik n benar, jangan asal2an............ klo perlu disolder (klo ga ada alat yg bagus)..
2. Perhatikan kabelnya, jangan yg abal2 n sesuaikan dg kebutuhan...
3. Relay yg dipakai usahakan dari yg kualitasnya baik...........
4. Jangan lupa tambahkan sikiring pengaman..........
5. Perhatikan juga kualitas terminal yg akan dipakai, jangan yg abal2.........

Smoga bermanfaat............ :e-whistle: