Perlakuan thd aki & embel2nye....
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed May 06, 2009 2:56
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
Indikator Aki menandakan pasokan listrik dari dinamo amprer.
Secara mmudahnya , Untuk mengecheck baik tidaknya dinamo ampere , saat mesin hidup kondisi iddle , coba lepaskan kabel pada kepala aki, sehingga aki tidak terhubung.
Mobil , meliputi kelistrikan: ECU , lampu2, fan, Pengapian , semuanya memerlukan Pasokan listrik saat mobil pada kondisi hidup.
Apabila Aki kita lepas, berarti pasokan listrik murni dari Dinamo ampere.
Apabila , dinamo amperenya kurang baik, maka akan terjadi kekurangan pasokan listrik , sehingga mesin bergetar , bahkan mati.
Kalo mesin tetap berputar halus , berarti kondisi dinamo amperenya baik.
NB:
Untuk starter yg nggak bisa jalan , coba check sambungan pada kepala aki, mungkin kurang kuat.
Secara mmudahnya , Untuk mengecheck baik tidaknya dinamo ampere , saat mesin hidup kondisi iddle , coba lepaskan kabel pada kepala aki, sehingga aki tidak terhubung.
Mobil , meliputi kelistrikan: ECU , lampu2, fan, Pengapian , semuanya memerlukan Pasokan listrik saat mobil pada kondisi hidup.
Apabila Aki kita lepas, berarti pasokan listrik murni dari Dinamo ampere.
Apabila , dinamo amperenya kurang baik, maka akan terjadi kekurangan pasokan listrik , sehingga mesin bergetar , bahkan mati.
Kalo mesin tetap berputar halus , berarti kondisi dinamo amperenya baik.
NB:
Untuk starter yg nggak bisa jalan , coba check sambungan pada kepala aki, mungkin kurang kuat.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2541
- Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
masalah ny klakson juga masi serak bro suaranyDiki_Oke_Deh wrote:mungkin boster dinamo starter / sikat arang dinamonya yang udah aus.
apa dapet aki kurang bagus yah

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
hmmm........... apakah aki nt yg baru itu aki kering yah....buatandi wrote:om sjamsul motor ane anegh negh![]()
da di ganti aki masi blom tokcer juga trus di ganti regulator (kiprok) masi blom jreng juga ga bisa starter elektrik..apa ny lagi negh pakblom di bawa ke bengkel sih ane bongkar" sndiri ap musti di chass dulu itu akiny supany tokcer?? ap musti di bawa ke bengkel honda??

klo benar, ada kemungkinan stroomnya dah keburu abis (mungkin stok lama), sebaiknya disetroom dulu.......... n nt jangan main ganti kiproknya dulu, krn belon tentu kiproknya bermasalah...............
Setelah akinya distroom, nt liat dulu apakah bisa distarter ato kaga, klo bisa distarter, bearti hanya stroom akinya aja yg kurang..........., setelah itu baru diperiksa apakah kiproknya bekerja dg baik ato kaga................

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
sebelum menyalahkan dinamo starternya, ada baiknya diperiksa dulu apakah klakson atau lampu2 bekerja dg baik ato kaga...........Diki_Oke_Deh wrote:mungkin boster dinamo starter / sikat arang dinamonya yang udah aus.
klo ga bekerja dg baik, ada kemungkinan akinya kurang stroom..................., tp klo bekerja dg baik, ada kemungkinan penyakitnya spt yg nt bilang..............

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
ane ga ngarti dg kata2 ' mungkinkah aki harus diisi'.............. apakah maksudnya distroom atau apa nih.....ikbal wrote:mau tanya sesepuh..
mungkinkah aki harus diisi..padahal di indikator dashboard lambang aki tidak menyala ? saya takut..indikitaor aki didashboard tidak akurat..thanks..

klo lambang aki tidak menyala biasanya bearti pengisian dari alternator itu baik alias ga ada masalah...................... coba nt perhatikan sebelum distarter apakah lambang akinya menyala atau kaga.................... klo menyala sebelum distarter, trus lampunya mati setelah mesin idup bearti indikatornya ga napa2..............

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
biasanya klo ane mau tau ngisinya bagus ato kaga, ane pake alat yg disebut amper meter................... trus diliat seberapa besar pengisiannya..............Diki_Oke_Deh wrote:Indikator Aki menandakan pasokan listrik dari dinamo amprer.
Secara mmudahnya , Untuk mengecheck baik tidaknya dinamo ampere , saat mesin hidup kondisi iddle , coba lepaskan kabel pada kepala aki, sehingga aki tidak terhubung.
Mobil , meliputi kelistrikan: ECU , lampu2, fan, Pengapian , semuanya memerlukan Pasokan listrik saat mobil pada kondisi hidup.
Apabila Aki kita lepas, berarti pasokan listrik murni dari Dinamo ampere.
Apabila , dinamo amperenya kurang baik, maka akan terjadi kekurangan pasokan listrik , sehingga mesin bergetar , bahkan mati.
Kalo mesin tetap berputar halus , berarti kondisi dinamo amperenya baik.
NB:
Untuk starter yg nggak bisa jalan , coba check sambungan pada kepala aki, mungkin kurang kuat.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
sebaiknya diperiksa dulu deh kondisi akinye............ masih bagus apa kaga..................buatandi wrote:masalah ny klakson juga masi serak bro suaranyDiki_Oke_Deh wrote:mungkin boster dinamo starter / sikat arang dinamonya yang udah aus.
apa dapet aki kurang bagus yah

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2541
- Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
asikk dah tokcer lagi pak motor saya
yang belom tinggal minta vitamin aki sama tatakan plat nomor negh pak

yang belom tinggal minta vitamin aki sama tatakan plat nomor negh pak

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: Wed Mar 04, 2009 2:57
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
@syamsjul..
maksud saya diisi ..ya distrom bos..he..he..jadi malu nih..
pada waktu mesin dinyalakan .indikator nyala ..trus pas jalan mati cuman yang saya khawatirkan ..gara gara terlalu mempercayai indikator didashboard si aki tiba tiba mati dijalan..tengah malam..sendirian..wah bisa berabe..
thanks bos..atas jawabannya..
maksud saya diisi ..ya distrom bos..he..he..jadi malu nih..
pada waktu mesin dinyalakan .indikator nyala ..trus pas jalan mati cuman yang saya khawatirkan ..gara gara terlalu mempercayai indikator didashboard si aki tiba tiba mati dijalan..tengah malam..sendirian..wah bisa berabe..
thanks bos..atas jawabannya..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
hahaha........... ga usah malu bro, khan ada pepatah yg spt ini :'malu bertanya, sesat di jalan'...................... jadi klo ga ngerti (bukannya ane sok pinter yah), silahkan tanya lagi ampe ngarti.......... secara ane juga gitu bro, klo ga ngarti ane tanya lagi (contohnya di thread mengenai kamera)...ikbal wrote:@syamsjul..
maksud saya diisi ..ya distrom bos..he..he..jadi malu nih..
pada waktu mesin dinyalakan .indikator nyala ..trus pas jalan mati cuman yang saya khawatirkan ..gara gara terlalu mempercayai indikator didashboard si aki tiba tiba mati dijalan..tengah malam..sendirian..wah bisa berabe..
thanks bos..atas jawabannya..
biasanya klo aki mau mati, ada gejala2nya bro, misalkan saat di pagi hari mau starter, putaran mesinnya 'agak' lemah, trus klo dah jalan, putaran mesinnya jadi galak alias lebih galak saat distarter klo mesin dah panas.............. Jadi nt tinggal memperhatikan hal ini ajah, shg mengurangi kekhawatiran aki mati di jalan spt yg nt khawatirkan............
u r welcome bro....................

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
oom sjam..punya spesifikasi nya aki gs MF yang 50amp?ato 60amp?:)
thanks..hehehehe
thanks..hehehehe
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
buat mbl apa bro........ apakah buat xtrail nt ato bukan nih..............ZombiEE wrote:oom sjam..punya spesifikasi nya aki gs MF yang 50amp?ato 60amp?:)
thanks..hehehehe

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
cuman pengen tau spek nya saja sih oom..hihihihihi....soale ane nyari2 kaga dapet...mau tau CCA nya..hihihi
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
iyahhhh tau.......... tp buat mobil apaaaaa..................... hihihihihi...........ZombiEE wrote:cuman pengen tau spek nya saja sih oom..hihihihihi....soale ane nyari2 kaga dapet...mau tau CCA nya..hihihi

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
x-trail oom..hihihihihi
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
sorry jom, tadi ane dah tulis jawabannya, tp internet ngadat, baru idup lagi nihhh............ZombiEE wrote:x-trail oom..hihihihihi
Tipe aki di mbl nt itu 55D23L, dengan kapasitas 60 amper, sedangkan Cranking Ampere at - 15 derajat celcius adalah 440 Ampere.
Spesifikasi ini ane kutip dari merk lain, bukan GS, krn merk tsb ane ga punya spesifikasinya. Tapi ane rasa ga jauh beda deh atau sama dg merk yg nt tanyakan.................

mudah2an CCA itu bearti cranking ampere......... klo bukan ane ga tau bro................

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
iya pak sjam...cca-cold cranking amps..hehehehe...oo..jadi bukan spek GS yah yg diatas?hehehe..55d23l itu maintenance free oom?:)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
ohhh siiiippppppp....... tepatnya merk NGS........ZombiEE wrote:iya pak sjam...cca-cold cranking amps..hehehehe...oo..jadi bukan spek GS yah yg diatas?hehehe..55d23l itu maintenance free oom?:)
bukan tp GS premium..........

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
oo....berarti kalo gs mf lebih gedeh lagi dunk CCA nya...sip sip..heheh
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
belon tentu bro........ZombiEE wrote:oo....berarti kalo gs mf lebih gedeh lagi dunk CCA nya...sip sip..heheh
btw emangnya kenapa sih nt mau yg CCA nya besar, secara ane ga mempermasalahkan hal itu klo mau ganti aki, yg penting ampernya murni...

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
biar start nya gampang oom..bukankah begitu?:)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
nampaknya sih bukan deh........ coba ajah perhatikan spesifikasinya CCA at MINUS 15 derajat................ nah, apakah di tempat nt suhunya ampe dibawah nol derajat.............ZombiEE wrote:biar start nya gampang oom..bukankah begitu?:)


Jadi ga perlu deh liat spek yg itu, krn dg spek yg 60 amper, buat di mbl nt, itu dah sangat mencukupi buat starter. Yg penting dijaga kabel2 di kepala aki itu terpasang dg baik, ga kendor, trus klo bisa ditambahkan kabel ground, yg dipercaya bisa membantu memberikan arus yg lbh baik saat distarter...........

Selain itu nt perhatikan dari awal yg ane dah tulis disene................. guna mencapai umur aki yg maksimal..............
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1584
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
kalo buat arus lebih baik saat stater, pasang relay ke motor stater aja, jadi kontak di kabin cuman buat aktifin relaysjamsul wrote:nampaknya sih bukan deh........ coba ajah perhatikan spesifikasinya CCA at MINUS 15 derajat................ nah, apakah di tempat nt suhunya ampe dibawah nol derajat.............ZombiEE wrote:biar start nya gampang oom..bukankah begitu?:)![]()
![]()
Jadi ga perlu deh liat spek yg itu, krn dg spek yg 60 amper, buat di mbl nt, itu dah sangat mencukupi buat starter. Yg penting dijaga kabel2 di kepala aki itu terpasang dg baik, ga kendor, trus klo bisa ditambahkan kabel ground, yg dipercaya bisa membantu memberikan arus yg lbh baik saat distarter...........![]()
Selain itu nt perhatikan dari awal yg ane dah tulis disene................. guna mencapai umur aki yg maksimal..............

regards,
singachu
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
icic..thanks oom..hihihihi
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
setuju, dg catatan pemasangan kabel starternya harus memperhatikan beberapa hal, antara lain:singachu wrote: kalo buat arus lebih baik saat stater, pasang relay ke motor stater aja, jadi kontak di kabin cuman buat aktifin relay
regards,
singachu
1. Cara jepit teminalnya harus baik n benar, jangan asal2an............ klo perlu disolder (klo ga ada alat yg bagus)..
2. Perhatikan kabelnya, jangan yg abal2 n sesuaikan dg kebutuhan...
3. Relay yg dipakai usahakan dari yg kualitasnya baik...........
4. Jangan lupa tambahkan sikiring pengaman..........
5. Perhatikan juga kualitas terminal yg akan dipakai, jangan yg abal2.........
Smoga bermanfaat............
