[WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

mandala1 wrote:
GTR wrote:avanza - xenia sama dengan rush - terios..berasal murni daihatsu, kecuali setir dan spion kasta tertentu pake toyota punya.
selain mesin - transmisi; chassis di kolong antara avanza & terios pun masih mirip..sampe lekuk2 lantai dari kabin.
komponen kaki2 avanza masih aslinya merk daihatsu semua.. dari bunyi pintu, kopling, ride, bantingan, dll-nya pun ga ada khas toyota.
Yupe.....setuju dgn om yg satu ini :frm_tumbleft:
cuma hebatnya toyota karena brand nya yg sudah mengakar di masyarakat kita....
Jadi biar Rush n Avanza dijual lebih mahal dari Terios n Xenia tetep ajah masih lebih laris......, kemakan merk? ngga juga kali yah? :) mungkin orang2 berpikiran after sales service nya toyota masih lebih mudah di jangkau dan tentu saja lagi2 karena dimata orang pada umumnya kasta tyt masih lebih tinggi dari saudara kandungnya..... :D
tapi temen ane ada yang nyesel tuh om dal.. dia beli avanza, tapi pas beli sparepartnya, merk daihatsu.. sempet ngomel juga dia.. :mrgreen: :mrgreen:

tapi setelah tahu harga bekas avanza dia, senyum lagi deh.. :mrgreen: :mrgreen:

dugaan ane nih, avanza xenia ini sekelas dengan kijang super. karena kijang, sejak kapsul apalagi inova, sudah naek kelas. harganya terlalu tinggi.
kenapa ane bilang avxe ini sekelas kijang super, karena harganya masih di bawah elsape... :big_peace:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

FortunerMan wrote: Saya bukan ngomongin cat kinclong :P itu sih tergantung disenggol motor apa kaga.

Pajero Sport adalah titisan light truck Triton - it was designed to be tough. Captiva, tidak dirancang untuk se-tough Pajero Sport. Liat aja kolongnya, rancang bangunnya. Pelajari apa keuntungan/kerugian ladder frame, apa keuntungan/kerugian monokok/unibody. Pelajari asal usul masing2 kendaraan, dari situ akan ketahuan karakter kendaraan - jangan terpukau dengan brosur :P Semua ada kekurangan ada kelebihan. Kekuatan Pajero Sport ya toughnessnya jeroannya, kelebihan Captiva ya lincahnya dan banyak fiturnya.

Kedua, image/reputasi terbentuk bertahun tahun, tidak gampang membangun sebuah image. Image mobil Jepang yg sudah terbentuk adalah bandel dan tahan banting. Mungkin someday akan terbentuk image mobil Korea yg bagus setara mobil Jepang, tapi saat ini belum sampe disitu - apalagi di Indonesia. Makanya harga harus murah. Pabrikan Amerika gak akan jual mobil Amerika dgn harga miring - karena dia jual rebadged Korean car, maka dia bisa jual dgn harga murah. Kalo setara dgn harga Jepang, ya tidak mungkin laku. Jual murah aja masih kurang laku.
terus terang, waktu test drive PS kemarin, ane lupa merhatiin kolongnya. soalnya takut dikira lagi ngintip kaki2 mulus.. :mrgreen: :mrgreen:

tapi dengan teknologi 4WD yang ada di PS, fortie dan evie, ane akan nangkep bahwa 3 mobil ini emang untuk medan yang lebih berat. kalo lihat kolongnya, harusnya ada plat besi yang melindungi mesin, transfer case, dan tangki bahan bakar. kalo emang ada, peruntukan mobil tersebut sudah untuk medan off road light to medium.. plus GC yang tinggi.

masalah chassis dan suspensi, mungkin bukan lagi penanda mobil off road atau bukan, karena SUV premium seperti keluarga landy, malah sudah pake monokok unibody, full independent suspensions depan belakang. pokoknye udah canggih banget dah.. :frm_tumbright: :frm_tumbright:

mohon koreksi kalo ane salah..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27643
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by DOHC »

GTR wrote:avanza - xenia sama dengan rush - terios..berasal murni daihatsu, kecuali setir dan spion kasta tertentu pake toyota punya.
selain mesin - transmisi; chassis di kolong antara avanza & terios pun masih mirip..sampe lekuk2 lantai dari kabin.
komponen kaki2 avanza masih aslinya merk daihatsu semua.. dari bunyi pintu, kopling, ride, bantingan, dll-nya pun ga ada khas toyota.
satu lagi bro, avanza , rush , xenia dan terios itu bunyi starter mesin nya sama... dan kalo diperhatikan lagi, dengerin bunyi starter mobil2 daihatsu lain nya, termasuk taruna... ada kemiripan... kalo ane sigh ga demen yah dengernya... terkesan kaya starter angkot gt...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by gmx »

maskopat wrote:
tapi temen ane ada yang nyesel tuh om dal.. dia beli avanza, tapi pas beli sparepartnya, merk daihatsu.. sempet ngomel juga dia.. :mrgreen: :mrgreen:

tapi setelah tahu harga bekas avanza dia, senyum lagi deh.. :mrgreen: :mrgreen:
yg ente maksud itu gw bukan om kopat hehehehe..

dulu gw beli plat kopling avanza, belinya di bengkel resmi toyota, kardusnya kardus genuine spare part toyota, segelnya toyota, bungkus plastiknya berlabel toyota, tapi di plat koplingnya kok ada grafiran logo daihatsu, sebel banget beli toyota dapetnya daihatsu :evil: :evil:

tapi bisa senyum setelah laku 110jt padahal dulu belinya harga 107,3jt :mrgreen: :mrgreen:

overall, avanza untuk pemakaian 3 tahun cukup bandel juga..
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

maskopat wrote:masalah chassis dan suspensi, mungkin bukan lagi penanda mobil off road atau bukan, karena SUV premium seperti keluarga landy, malah sudah pake monokok unibody, full independent suspensions depan belakang.
Range Rover pake reinforced monokok/unibody, bukan pure monokok/unibody. Land Rover Defender (kalo gak salah, sampe sekarang) kan ladder frame. Ini sedikit penjelasan ttg "Integrated Body Frame" di Range Rover...
While there is a ladder frame underneath the Sport, it is built with hydroforming technology. And it is mated, by means of small dampers to a monocoque body structure to give the benefits of both body-on-frame and unibody construction.
http://www.theautochannel.com/news/2007 ... 72213.html
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by imsus2c »

maskopat wrote:
FortunerMan wrote: Saya bukan ngomongin cat kinclong :P itu sih tergantung disenggol motor apa kaga.

Pajero Sport adalah titisan light truck Triton - it was designed to be tough. Captiva, tidak dirancang untuk se-tough Pajero Sport. Liat aja kolongnya, rancang bangunnya. Pelajari apa keuntungan/kerugian ladder frame, apa keuntungan/kerugian monokok/unibody. Pelajari asal usul masing2 kendaraan, dari situ akan ketahuan karakter kendaraan - jangan terpukau dengan brosur :P Semua ada kekurangan ada kelebihan. Kekuatan Pajero Sport ya toughnessnya jeroannya, kelebihan Captiva ya lincahnya dan banyak fiturnya.

Kedua, image/reputasi terbentuk bertahun tahun, tidak gampang membangun sebuah image. Image mobil Jepang yg sudah terbentuk adalah bandel dan tahan banting. Mungkin someday akan terbentuk image mobil Korea yg bagus setara mobil Jepang, tapi saat ini belum sampe disitu - apalagi di Indonesia. Makanya harga harus murah. Pabrikan Amerika gak akan jual mobil Amerika dgn harga miring - karena dia jual rebadged Korean car, maka dia bisa jual dgn harga murah. Kalo setara dgn harga Jepang, ya tidak mungkin laku. Jual murah aja masih kurang laku.
terus terang, waktu test drive PS kemarin, ane lupa merhatiin kolongnya. soalnya takut dikira lagi ngintip kaki2 mulus.. :mrgreen: :mrgreen:

tapi dengan teknologi 4WD yang ada di PS, fortie dan evie, ane akan nangkep bahwa 3 mobil ini emang untuk medan yang lebih berat. kalo lihat kolongnya, harusnya ada plat besi yang melindungi mesin, transfer case, dan tangki bahan bakar. kalo emang ada, peruntukan mobil tersebut sudah untuk medan off road light to medium.. plus GC yang tinggi.

masalah chassis dan suspensi, mungkin bukan lagi penanda mobil off road atau bukan, karena SUV premium seperti keluarga landy, malah sudah pake monokok unibody, full independent suspensions depan belakang. pokoknye udah canggih banget dah.. :frm_tumbright: :frm_tumbright:

mohon koreksi kalo ane salah..
bisa jadi pak...masalah sasis (ladder frame) mungkin karena ketangguhannya menanggung beban...istilahnya untuk angkut-angkut beban berat :e-think:
kalo ketangguhan apalagi untuk stigma offroad, teknologi monokok sekarang sudah bisa dibilang "tangguh" untuk off road asal bukan untuk angkut2 beban...tapi ya tentunya teknologi monocoque yg advance...bukan yg "almost past"

Bahkan konon, diluar kemampuan/ketangguhan angakut2 beban...justru model monocoque (teknologi sekarang) dikatakan kemampuannya lebih baik dalam menjelajah medan yang lebih berat, ini bukan saya yg ngomong loh... :mrgreen: hasil browsingan aja :e-think:

jangan lupa...versi pajero tulen (bukan pajero sport :mrgreen: ) yang diturunkan di paris-dakar (atau dakar rally) juga pake sasis monokok kok...sekarang aja namanya ganti racing-lancer evolution
dan juga untuk urusan speed rally, malah yg dipake sedan monokok (citroen, ford focus, pug206, mitsu evo), nampaknya mereka cukup tangguh juga keluar masuk kubangan dengan kecepatan tinggi.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

maskopat wrote: tapi temen ane ada yang nyesel tuh om dal.. dia beli avanza, tapi pas beli sparepartnya, merk daihatsu.. sempet ngomel juga dia.. :mrgreen: :mrgreen:

tapi setelah tahu harga bekas avanza dia, senyum lagi deh.. :mrgreen: :mrgreen:

dugaan ane nih, avanza xenia ini sekelas dengan kijang super. karena kijang, sejak kapsul apalagi inova, sudah naek kelas. harganya terlalu tinggi.
kenapa ane bilang avxe ini sekelas kijang super, karena harganya masih di bawah elsape... :big_peace:
Hmmm......jadi bener yah, yg bisa bikin orang tersenyum tuh kalo ada untung :upss:


Kalo soal harga emang sekelas om, tapi kalo soal ketahanan dan ketangguhan ane sih masih lebih yakin sama kijang super/kapsul.......jauh lah,, di kampung ane masih ada tuh yg pake kijang kotak 4k buat ngangkut bata ke pelosok2.....buset deh itu mobil kalo pas lagi over load ane kadang2 sampe geleng2 kepala ngeliatnya.....
barangkali kalo antar mobil bisa saling berkomunikasi pasti dia akan bilang seperti ini kalo ketemu sama hilux, strada atau ranger......"nak.....jgn sampe nasibmu berakhir seperti kakek ini yaaaahhh.....uhuuukkk....uhuuuukkk......uhuuuukkkk......"
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

FortunerMan wrote: Saya bukan ngomongin cat kinclong :P itu sih tergantung disenggol motor apa kaga.

Pajero Sport adalah titisan light truck Triton - it was designed to be tough. Captiva, tidak dirancang untuk se-tough Pajero Sport. Liat aja kolongnya, rancang bangunnya. Pelajari apa keuntungan/kerugian ladder frame, apa keuntungan/kerugian monokok/unibody. Pelajari asal usul masing2 kendaraan, dari situ akan ketahuan karakter kendaraan - jangan terpukau dengan brosur :P Semua ada kekurangan ada kelebihan. Kekuatan Pajero Sport ya toughnessnya jeroannya, kelebihan Captiva ya lincahnya dan banyak fiturnya.

Kedua, image/reputasi terbentuk bertahun tahun, tidak gampang membangun sebuah image. Image mobil Jepang yg sudah terbentuk adalah bandel dan tahan banting. Mungkin someday akan terbentuk image mobil Korea yg bagus setara mobil Jepang, tapi saat ini belum sampe disitu - apalagi di Indonesia. Makanya harga harus murah. Pabrikan Amerika gak akan jual mobil Amerika dgn harga miring - karena dia jual rebadged Korean car, maka dia bisa jual dgn harga murah. Kalo setara dgn harga Jepang, ya tidak mungkin laku. Jual murah aja masih kurang laku.
betul bro, krn itu gw blg sblmnya kl ctv bs murah (mgkn) krn dibikin pake won, bukan pake yen/dolar
tp bukan berarti tdk durable kan? :mrgreen:
faktor mahal/murahnya suatu kendaraan jg tdk bs jd patokan utk kualitasnya, byk faktor2 laen mempengaruhi
misal : pajak, labor cost, effiesiensi, freight, dan (terutama) MARGIN yg ditetapkan msg2 pabrikan
contoh laen: sktr sep/okt 2008, harga ctv vcdi 289jt, fortie 2.5d 285jt (ctv lbh mahal sktr 4jt)
skrg ctv 315jt, fortie 360jt (fortie lbh mahal 40-an jt).... apa yg terjadi?
sejak awal krisis global, yen terbang tinggi thd USD dan rupiah, won malahan KO
mknya mbl2 jepang naek ga kira2 :snipersmile:
fortie naek 26%, ctv 9%... berarti fortie itu jd mahal bukan krn penambahan kualitas/fitur tp krn depresiasi rupiah :glodak:
ditambah lg, gw curiga TAM tingkatin margin, krn fortie yg dibikin di thai dan ipah yg dibikin di indo, jg naek ga kira2
pdhl bikinnya ga pake yen/dolar :e-naughty:
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

mknya gw blg, teori bhwa ongkos bikin suv (ladder frame) lbh mahal dr cuv (monokok) itu keliru
knp x3-x5, q5-q7, dkk, itu mahal??? pdhl pake monokok/unibody...

sasis monokok tdk selalu inferior dibanding ladder, dan tdk selalu monokok ga bs diajak off-road
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

Kita membandingkan harga satu komponen (frame) - anda menggunakan perbandingan harga seluruh mobil - dari situ saja sudah salah. Masa Audi Q7 mau dibandingkan dengan Fortuner....lucu juga.

Durable tidak sama dengan tough. Bisa saja Captiva tahan bertahun tahun (durable) kalo dipake wajar...tapi di kondisi yg lebih ekstrim (jalanan rusak, off road), Pajero Sport akan melahap dengan santainya (tough).

Mungkin anda perlu Google dulu, keunggulan masing2 jenis frame. Belajar dari sumber yg independen, jangan dari brosur. Ini tak kasi satu, banyak bacaan lainnya

http://en.wikipedia.org/wiki/Body-on-frame
Advantages

* Easier to design, build and modify (less of an issue now that Computer-Assisted Design (CAD) is commonplace, but still an advantage for coach-built vehicles).
* More suited for heavy duty usage and off-roading; can be more durable.
* Easier to repair after accidents.
* Overall better ride quality for SUVs.
* Could allow a manufacturer to easily sub-contract portions of work

Disadvantages

* Heavier than unibody - lower performance and/or higher fuel consumption.
* Less resistant to torsion (flexing of the whole car in corners) - compromising handling and road grip.
* No crumple zone - higher rate of death and serious injury.
* Higher production costs.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by GTR »

di brosur, ga terlalu nekenin soal gini2an sih... sales2nya malah ga nyambung kalo share soal ginian..
brosur granmax/luxio lebih lucu lagi, ditulis monokok yg biasanya ga perlu dimention pd brosur mobil ginian. jadi seolah laddernya (integrated) yg keliatan jelas di versi pick-up, malah kesannya ga mau dikomunikasikan.

perbandingan sasis SUV2 tadi mesti yang sekelas harga.. misal dengan LC dll....
walaupun ga bakal connect sih, soalnya yg lain2 tadi itu CUV..
kecuali dgn sebagian misal Pajero, rangie, touareg, SUV yg reinforced/integrated dipendam-menyatu dari ujung ke ujung.

IMO,
cara cost-effective & instan untuk membuat SUV offroad rigid, adalah dgn ladder, traditional body-on-frame format... from old school...sejak generasi awal mobil.. kebanyakan produsen mampu tempuh cara ini.
daripada cara lebih sulit, yah lebih mahal dengan monocoque reinforced yg rigid yg bukan sekedar monocoque onroad biasa....
karena monocoque walaupun ringan dan bahan minimal tanpa tulang2 ladder, tapi design konstruksi agar tetep bisa mempertahankan rigiditas yang ga kalah jauh dari body-on-frame jadi bener2 sulit.. yg mungkin ga semua produsen mau/bisa.
sekalipun kemampuan rigiditas hanya untuk light off-road di hampir semua CUV. termasuk di lancer Evo / impreza / sx4..

monocoque sendiri sebenernya punya kelebihan yaitu ringan, yg sebenernya memberikan advantages untuk off-road...sekali lagi asal di-reinforce bener2 kuat sampe rigid utk offroad... yg saat ini baru bisa disediakan model2 pajero, rangie, pilot, touareg, cmiiw.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

DOHC wrote: satu lagi bro, avanza , rush , xenia dan terios itu bunyi starter mesin nya sama... dan kalo diperhatikan lagi, dengerin bunyi starter mobil2 daihatsu lain nya, termasuk taruna... ada kemiripan... kalo ane sigh ga demen yah dengernya... terkesan kaya starter angkot gt...
bukannya angkot itu kebanyakan pake kijang doyok or super? belakangan pake kijang kapsul..
apakah kijang angkot pake mesih daihatsu yah?? :e-think: :e-think:

kalo di deket rumah ane, angkotnya masih kijang.. coba aja jalan ke salemba UI. angkot M01 itu kebanyakan kijang semua...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

gmx wrote:
maskopat wrote:
tapi temen ane ada yang nyesel tuh om dal.. dia beli avanza, tapi pas beli sparepartnya, merk daihatsu.. sempet ngomel juga dia.. :mrgreen: :mrgreen:

tapi setelah tahu harga bekas avanza dia, senyum lagi deh.. :mrgreen: :mrgreen:
yg ente maksud itu gw bukan om kopat hehehehe..

dulu gw beli plat kopling avanza, belinya di bengkel resmi toyota, kardusnya kardus genuine spare part toyota, segelnya toyota, bungkus plastiknya berlabel toyota, tapi di plat koplingnya kok ada grafiran logo daihatsu, sebel banget beli toyota dapetnya daihatsu :evil: :evil:

tapi bisa senyum setelah laku 110jt padahal dulu belinya harga 107,3jt :mrgreen: :mrgreen:

overall, avanza untuk pemakaian 3 tahun cukup bandel juga..
berarti ada 2 orang temen ane yang bernasib seperti ini... :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

imsus2c wrote: bisa jadi pak...masalah sasis (ladder frame) mungkin karena ketangguhannya menanggung beban...istilahnya untuk angkut-angkut beban berat :e-think:
kalo ketangguhan apalagi untuk stigma offroad, teknologi monokok sekarang sudah bisa dibilang "tangguh" untuk off road asal bukan untuk angkut2 beban...tapi ya tentunya teknologi monocoque yg advance...bukan yg "almost past"

Bahkan konon, diluar kemampuan/ketangguhan angakut2 beban...justru model monocoque (teknologi sekarang) dikatakan kemampuannya lebih baik dalam menjelajah medan yang lebih berat, ini bukan saya yg ngomong loh... :mrgreen: hasil browsingan aja :e-think:

jangan lupa...versi pajero tulen (bukan pajero sport :mrgreen: ) yang diturunkan di paris-dakar (atau dakar rally) juga pake sasis monokok kok...sekarang aja namanya ganti racing-lancer evolution
dan juga untuk urusan speed rally, malah yg dipake sedan monokok (citroen, ford focus, pug206, mitsu evo), nampaknya mereka cukup tangguh juga keluar masuk kubangan dengan kecepatan tinggi.
bener om, untuk pajero dia pake monokok tapi tambahan struktur lagi untuk kekuatannya.. yang tadi om FM bilang reinforced monocoque.. RR, Disco pake struktur ini pula.. di link yang dikasih om FM dijelaskan plus minusnya.

koreksi dikit om.. pajero yang dipake rally paris-dakar (dakar rally), mulai tahun 90 akhir sudah beda banget dengan yang dipake production. strukturnya pake tubular space frame. pake besi tubular pendek yang dirangkai membentuk segitiga. kira2 strukturnya seperti lengan crane yang dipake untuk angkut2 barang waktu bangun gedung.. body pake fiberglass yang dipasang di struktur ini.. bisa di search di youtube dengan key "pajero evolution"..

bener, speed rally kebanyakan mobilnya sudah pake monokok..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

FortunerMan wrote:
maskopat wrote:masalah chassis dan suspensi, mungkin bukan lagi penanda mobil off road atau bukan, karena SUV premium seperti keluarga landy, malah sudah pake monokok unibody, full independent suspensions depan belakang.
Range Rover pake reinforced monokok/unibody, bukan pure monokok/unibody. Land Rover Defender (kalo gak salah, sampe sekarang) kan ladder frame. Ini sedikit penjelasan ttg "Integrated Body Frame" di Range Rover...
While there is a ladder frame underneath the Sport, it is built with hydroforming technology. And it is mated, by means of small dampers to a monocoque body structure to give the benefits of both body-on-frame and unibody construction.
http://www.theautochannel.com/news/2007 ... 72213.html
iya ya... point ane, bahwa SUV modern tidak selalu ladder frame. tapi udah lebih advanced lagi teknologinya..

malah untuk rock crawling, chassisnya lebih sangar lagi, tubular space frame.. seperti yang dipake pajero evolution atau racing lancer di rally dakar..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by iwang »

temen saya udah banding2in semuanya, akhirnya kemaren (karena ga ada pilihan laen) beli portuner bengsin 4x2, 440an juta cash, ada option dikit2..udah liat pakjero katanya kurang sreg, sama aja sama triton katanya..
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

iwang wrote:temen saya udah banding2in semuanya, akhirnya kemaren (karena ga ada pilihan laen) beli portuner bengsin 4x2, 440an juta cash, ada option dikit2..udah liat pakjero katanya kurang sreg, sama aja sama triton katanya..
wuih.. cash pulak.. kalo ane mah uang segitu mending PS 4x4 AT.. :ungg: :ungg:

bisa jalan2 ke tempat yang tinggi.. tempat berlumpur.. slurp... tinggal ganti velg 16 pake ban MT deh..
soalnya velg PS 4x4 AT pake 17, susah cari ban MT nye... :big_peace: :big_peace:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

iwang wrote:temen saya udah banding2in semuanya, akhirnya kemaren (karena ga ada pilihan laen) beli portuner bengsin 4x2, 440an juta cash, ada option dikit2..udah liat pakjero katanya kurang sreg, sama aja sama triton katanya..
Fortuner 2700 4x2 AT Rp.440jt? apa naik lagi yah? :e-think:
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

maskopat wrote:wuih.. cash pulak.. kalo ane mah uang segitu mending PS 4x4 AT.. :ungg: :ungg:

bisa jalan2 ke tempat yang tinggi.. tempat berlumpur.. slurp... tinggal ganti velg 16 pake ban MT deh..
soalnya velg PS 4x4 AT pake 17, susah cari ban MT nye... :big_peace: :big_peace:
Kalo ane malah ngebayangin Triton item di modif abiez ban velg 20" + ban tebel + cover bak hydrolik + warn depan-blk ....OMG :e-pray: :e-pray: :e-pray:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by GTR »

iwang wrote:udah liat pakjero katanya kurang sreg, sama aja sama triton katanya..
sama bu jero, mungkin lebih sreg.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by imsus2c »

maskopat wrote:
imsus2c wrote: bisa jadi pak...masalah sasis (ladder frame) mungkin karena ketangguhannya menanggung beban...istilahnya untuk angkut-angkut beban berat :e-think:
kalo ketangguhan apalagi untuk stigma offroad, teknologi monokok sekarang sudah bisa dibilang "tangguh" untuk off road asal bukan untuk angkut2 beban...tapi ya tentunya teknologi monocoque yg advance...bukan yg "almost past"

Bahkan konon, diluar kemampuan/ketangguhan angakut2 beban...justru model monocoque (teknologi sekarang) dikatakan kemampuannya lebih baik dalam menjelajah medan yang lebih berat, ini bukan saya yg ngomong loh... :mrgreen: hasil browsingan aja :e-think:

jangan lupa...versi pajero tulen (bukan pajero sport :mrgreen: ) yang diturunkan di paris-dakar (atau dakar rally) juga pake sasis monokok kok...sekarang aja namanya ganti racing-lancer evolution
dan juga untuk urusan speed rally, malah yg dipake sedan monokok (citroen, ford focus, pug206, mitsu evo), nampaknya mereka cukup tangguh juga keluar masuk kubangan dengan kecepatan tinggi.
bener om, untuk pajero dia pake monokok tapi tambahan struktur lagi untuk kekuatannya.. yang tadi om FM bilang reinforced monocoque.. RR, Disco pake struktur ini pula.. di link yang dikasih om FM dijelaskan plus minusnya.

koreksi dikit om.. pajero yang dipake rally paris-dakar (dakar rally), mulai tahun 90 akhir sudah beda banget dengan yang dipake production. strukturnya pake tubular space frame. pake besi tubular pendek yang dirangkai membentuk segitiga. kira2 strukturnya seperti lengan crane yang dipake untuk angkut2 barang waktu bangun gedung.. body pake fiberglass yang dipasang di struktur ini.. bisa di search di youtube dengan key "pajero evolution"..

bener, speed rally kebanyakan mobilnya sudah pake monokok..
iya pak...spek untuk rally dan yg komersial (kasus pajero) memang lain

btw....sorry, OOT berat nih...

mau nanya, kalo kendaraan tempur BUV (BUV = Battle Utility Vehicle, asal ngawur aja bikin singkatan :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: ) macam tank, panser atau APV/APC (bukan suzuki APV loh :mrgreen: ) itu sasisnya model apa ya? :ungg:
kalo menurut saya sih full-monocoque, tapi cmiiw deh...
kemampuan offroadnya dahsyat, kemampuan angkut2nya pun gila2an.... :big_slap:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by GTR »

emang kuat sih itu carry2 di kota2 kecil dgn muatan penuh pun masih sering lewatin dari bahu jalan.
pernah naik mobil sewaan model angkot gini penganti bus gede di daerah yogyakarta agak terpencil yg jalan2nya berbatu non-aspal muatin belasan org udah kaya pepes, dikebut trus....non-stop sampe mabok, kerjanya bolak balik dari pagi sampe sore..tiap hari. kuat bener.

itu ada sasisnya ukuran kecil, kalo di APV susah liatnya.
lebih keliatan di model pick-up seperti carry/futura, atau kalo yg model menyatu dgn body di granmax pickup.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

imsus2c wrote: mau nanya, kalo kendaraan tempur BUV (BUV = Battle Utility Vehicle, asal ngawur aja bikin singkatan :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: ) macam tank, panser atau APV/APC (bukan suzuki APV loh :mrgreen: ) itu sasisnya model apa ya? :ungg:
kalo menurut saya sih full-monocoque, tapi cmiiw deh...
kemampuan offroadnya dahsyat, kemampuan angkut2nya pun gila2an.... :big_slap:
huahaha.. BUV.. nice term...

hm, kayaknya kalo kendaraan seperti ini, pake monocoque deh.. karena platnya aja bisa 5mm sendiri.. gak perlu tulang lagi.. :mrgreen: :mrgreen:
kemampuan daya angkutnya gak gila2an banget lah.. masih luar biasa dump truck..
untuk offroad bukan karena kehebatan chassisnya, tapi lebih karena penggeraknya gak pake roda karet yang bundar, tapi pake rante.. :mrgreen: :mrgreen:
kendaraan seperti ini pun akhirnya gak efisien toh.. untuk menempuh 1 km perlu 5 liter bensin.. sementara kalo kita denger 1 liter untuk 5 km, kita udah cuap2 boros..

kalo ane sih dengan melihat kemajuan teknologi, mungkin gak terlalu musingin ladder frame atau monocoque atau reinforced monocoque untuk chassis mobil. tapi kualitas material yang dipake akan bisa mengatasi nature dari design yang dipilih.. tinggal analisis struktur aja. bagian yang lemah di-reinforced..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

^^oom GTR,, yg ditanyain sama om imsus itu bukan APV nya suzuki :mrgreen: tapi APV (All Purpose Vehicle) nya yg dipake sama mobil tempur..... :ngacir: :big_peace:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by imsus2c »

mandala1 wrote:^^oom GTR,, yg ditanyain sama om imsus itu bukan APV nya suzuki :mrgreen: tapi APV (All Purpose Vehicle) nya yg dipake sama mobil tempur..... :ngacir: :big_peace:
iya meneer... APV/APC = All Purposed Vehicle, Armoured Personel Vehicle/Armoured Personel Carrier
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking