Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

tompy25
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Mon Jan 13, 2020 0:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova reborn G 2019 manual bensin

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by tompy25 »

Suryaputra wrote: Fri Aug 21, 2020 13:45
sesame wrote: Fri Aug 21, 2020 13:30 Dear Om-om SM semua..
Mau nanya dong..
Oli untuk Veloz 2014 3SZ-VE apa yg enak ya? Banyak dalam kota aja.. masukin PTT Eco 0W-20 SP aman ga ya? Skrg lg pake oli beres 10W-40..
Tenkyu sebelumnya :big_smile]
sikat om.
ini malah om tompy pakai ptt 0w20 sn+ di panza 2008 (km gondrong).
tompy25 wrote: Thu Aug 20, 2020 16:46
Suryaputra wrote: Thu Aug 20, 2020 16:41

0w20 lah.

om turbo aja; CRM RE nya dikasih 0w20 PTT Eco API SP (cmiiw).

biar mantep sekalian ganti MT fluid nya om (klo blm prnh ganti).
pakai aja MTF honda beli di beres.
panza 2008 odo da 180K nenggak PTT 0W20SN+ suara jd halus toel...toel langsng wuss bensin kerasa irit. Slagi mobil perawatan apik hilangkan mindset mobil jadul oli kental..... :big_grin:
Kl sy yakin sm pr suhu disni tentang perlendiran....ada harga ada rupa....biarpun km sdh gondrong sy brani tenggakin lendir PTT0w20 SN+ next coba Amsoil 0w20 di TD Motor 130K sesuai info suhu dsini dan trusted seller.....ada oli encer ngapain pake yg kentel. Nanti mindsetnya kl sdh nikmatin 0w16 ngga mau balik ke 0w20 :big_grin: :big_smoking:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Turboman »

W42d wrote:Om, kalau untuk kijang kapsul 1.8 efi, oli 10w40 enaknya pakai apa ya? Dulu pake PTT semi syn 10w40, tp skrg uda ga ada lagi. Sepertinya diganti dgn performa NGV 10w40. Mendingan PTT ini atau eneos 10w40 ya? Saya ga prefer shell ato TMO karena takut dpt barang ACDC. Apa eneos ada ACDC nya karena variasi harganya lmyn jauh berbeda di beberapa seller di toko ijo. Oiya, mobilnya jrg jalan, banyakan dipanasin aja di garasi.
yg NGV 10W40 itu spek-nya di atas Perf Semi Syn 10W40

TBN nya lebih tinggi kalo ga salah
* Bukan ajakan Beli *
stealth7
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Thu Dec 05, 2019 15:33

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by stealth7 »

Akhirnya nyoba beli oli dari salah satu ecommerce setelah jadi silent reader disini.

Sebelomnya dikasi Mobil Super 2000 10W40, 5000km uda berasa berat banget.

Semoga lebih baik dari yang sekarang buat 1TR tuir ane.

Thank you semua buat pencerahan nya. :big_okay:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

stealth7 wrote: Sat Aug 22, 2020 9:21 Akhirnya nyoba beli oli dari salah satu ecommerce setelah jadi silent reader disini.

Sebelomnya dikasi Mobil Super 2000 10W40, 5000km uda berasa berat banget.

Semoga lebih baik dari yang sekarang buat 1TR tuir ane.

Thank you semua buat pencerahan nya. :big_okay:
1TR dikasi 5-30 mahh bakal terima kasi terima kasi ama owner nya tuh

10-40 mah kasian, kelewat berat pumping power nya... ngedeennn


#salam dari pemakai 1TR tuir odo 220 rebu yg pake 5-30
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by maastricht889 »

DOHC wrote: Sat Aug 22, 2020 11:17
stealth7 wrote: Sat Aug 22, 2020 9:21 Akhirnya nyoba beli oli dari salah satu ecommerce setelah jadi silent reader disini.

Sebelomnya dikasi Mobil Super 2000 10W40, 5000km uda berasa berat banget.

Semoga lebih baik dari yang sekarang buat 1TR tuir ane.

Thank you semua buat pencerahan nya. :big_okay:
1TR dikasi 5-30 mahh bakal terima kasi terima kasi ama owner nya tuh

10-40 mah kasian, kelewat berat pumping power nya... ngedeennn


#salam dari pemakai 1TR tuir odo 220 rebu yg pake 5-30
Kalo 1TR tua dikasi 0W30 gimana om? :upss:
zanira
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sat Oct 01, 2016 11:33

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by zanira »

erwinign wrote: Sat Aug 22, 2020 11:34
DOHC wrote: Sat Aug 22, 2020 11:17
stealth7 wrote: Sat Aug 22, 2020 9:21 Akhirnya nyoba beli oli dari salah satu ecommerce setelah jadi silent reader disini.

Sebelomnya dikasi Mobil Super 2000 10W40, 5000km uda berasa berat banget.

Semoga lebih baik dari yang sekarang buat 1TR tuir ane.

Thank you semua buat pencerahan nya. :big_okay:
1TR dikasi 5-30 mahh bakal terima kasi terima kasi ama owner nya tuh

10-40 mah kasian, kelewat berat pumping power nya... ngedeennn


#salam dari pemakai 1TR tuir odo 220 rebu yg pake 5-30
Kalo 1TR tua dikasi 0W30 gimana om? :upss:
Tetep bisa jalan kan :big_grin:
tompy25
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Mon Jan 13, 2020 0:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova reborn G 2019 manual bensin

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by tompy25 »

DOHC wrote: Sat Aug 22, 2020 11:17
stealth7 wrote: Sat Aug 22, 2020 9:21 Akhirnya nyoba beli oli dari salah satu ecommerce setelah jadi silent reader disini.

Sebelomnya dikasi Mobil Super 2000 10W40, 5000km uda berasa berat banget.

Semoga lebih baik dari yang sekarang buat 1TR tuir ane.

Thank you semua buat pencerahan nya. :big_okay:
1TR dikasi 5-30 mahh bakal terima kasi terima kasi ama owner nya tuh

10-40 mah kasian, kelewat berat pumping power nya... ngedeennn


#salam dari pemakai 1TR tuir odo 220 rebu yg pake 5-30
1TR bakal trima kasih skali sm ownernya kp dksh 0w30 ato 0w20....jgnkan 1TR tuir dksh 10w40. IPAH REBORN aja br kluar dealler jg dksh 10w40...... :wkkk: :wkkk:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

erwinign wrote: Sat Aug 22, 2020 11:34
DOHC wrote: Sat Aug 22, 2020 11:17
stealth7 wrote: Sat Aug 22, 2020 9:21 Akhirnya nyoba beli oli dari salah satu ecommerce setelah jadi silent reader disini.

Sebelomnya dikasi Mobil Super 2000 10W40, 5000km uda berasa berat banget.

Semoga lebih baik dari yang sekarang buat 1TR tuir ane.

Thank you semua buat pencerahan nya. :big_okay:
1TR dikasi 5-30 mahh bakal terima kasi terima kasi ama owner nya tuh

10-40 mah kasian, kelewat berat pumping power nya... ngedeennn


#salam dari pemakai 1TR tuir odo 220 rebu yg pake 5-30
Kalo 1TR tua dikasi 0W30 gimana om? :upss:
jangan itu

nanti 1TR nya jd lupa kodrat diri nya dan manja

jgn tralu d manjain kasi oli mahal2
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by kompresorz »

DOHC wrote: Sat Aug 22, 2020 1:35
kompresorz wrote: Sat Aug 22, 2020 1:12
Suryaputra wrote: Fri Aug 21, 2020 2:38


gelangnya mantul om.. salfok :big_biglaugh:

itu rivanol 0w16 abis brp liter buat alpard resing ? :upss:
standar 5 liter....

hemat kan...2500 cc...

coba mobil sheer repair plisur...mesin imut tapi haussss....

marmut wrote: Fri Aug 21, 2020 5:43


bukan perkara mitos, tapi mesin kijang dikasi oli bagus nanti tuman.
wah kijang itu harus dikasi yang bagus....itu barang masih berharga... :big_dunno:


coba aja 2 tahun lagi.....


sama F30 tar mahalan LGX...

jadi harus di rawat ya..... :big_weee:


:ngacir:
Alpard kecil yah kapasitas nya

Cc 2500 cuman 5 liter

Kijang dr dl boros oli
2000 cc 5.7 liter
1800 cc 4.8 liter


Mobil buat kerja sih, biar ga usa sering2 cek oli

Isi oli lgs dipake kerja terus2an
irit itu kijang....

mobil shir gobang gosir...

2000 cc aja ada yg 7 liter....


yg skrg klo gak salah 6 liter....4 silinder 2000 cc....



serba bikin pait aja isi dompet... :upss:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by kompresorz »

zanira wrote: Sat Aug 22, 2020 11:51
erwinign wrote: Sat Aug 22, 2020 11:34
DOHC wrote: Sat Aug 22, 2020 11:17

1TR dikasi 5-30 mahh bakal terima kasi terima kasi ama owner nya tuh

10-40 mah kasian, kelewat berat pumping power nya... ngedeennn


#salam dari pemakai 1TR tuir odo 220 rebu yg pake 5-30
Kalo 1TR tua dikasi 0W30 gimana om? :upss:
Tetep bisa jalan kan :big_grin:
:big_biglaugh:


makin loncer jalannya...ringan mesinnya...




oli encer jg udah bnyk murah bagus dibawah 100 ribu klo gak salah...

mahal dikit...
PTT 0-20 api SP tuh ajib...

mentang2 mobil jadul dikasi oli kental...kasian pake banget....


orang aja udah tua minum vitamin kekinian biar greng sama abege...


:ngacir:
tompy25
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Mon Jan 13, 2020 0:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova reborn G 2019 manual bensin

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by tompy25 »

kompresorz wrote: Sat Aug 22, 2020 12:42
DOHC wrote: Sat Aug 22, 2020 1:35
kompresorz wrote: Sat Aug 22, 2020 1:12

standar 5 liter....

hemat kan...2500 cc...

coba mobil sheer repair plisur...mesin imut tapi haussss....




wah kijang itu harus dikasi yang bagus....itu barang masih berharga... :big_dunno:


coba aja 2 tahun lagi.....


sama F30 tar mahalan LGX...

jadi harus di rawat ya..... :big_weee:


:ngacir:
Alpard kecil yah kapasitas nya

Cc 2500 cuman 5 liter

Kijang dr dl boros oli
2000 cc 5.7 liter
1800 cc 4.8 liter


Mobil buat kerja sih, biar ga usa sering2 cek oli

Isi oli lgs dipake kerja terus2an
irit itu kijang....

mobil shir gobang gosir...

2000 cc aja ada yg 7 liter....


yg skrg klo gak salah 6 liter....4 silinder 2000 cc....



serba bikin pait aja isi dompet... :upss:
Toyota memang tau om kalo rakyat +62 pake kijang bakalan disiksa sgala medan makanya lendirnya dibanyakin biar ngga overhead tu mesin..... :big_peace:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by kompresorz »

gw keker PTT 0-20 api SP....kagak ada promo...



kalo 110-115 ribu gw sikat nih buat bmw...


lagian nih mobil banyak amat sih minum oli ampe 7 liter....kalo 5 kan gw masukin ravenol 0-16...

gak ada mau sponsor sih....


ada oli kekinian kok dihindari....

kenalan liat gw pakein 0-20 sampe skrg takut buat cobain...masih pake 10-40...mentok f30 nya 5-30...

pdhl udah tes bareng semi drif....

wong klo gw bawa redline sampe ndut2an minta pindah gigi....

emang beda mental pekerja n pengusaha....


:ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by marmut »

tompy25 wrote: Sun Aug 23, 2020 2:31
Toyota memang tau om kalo rakyat +62 pake kijang bakalan disiksa sgala medan makanya lendirnya dibanyakin biar ngga overhead tu mesin..... :big_peace:

bashi bazouk... overhead?

:big_think:

abis ini apalagi?
fuel to fuel.
engine break.
break pad.
pad kampas.
rante keteng.


₩¥#xyz(!+£9,:*♡★~
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by severmaya »

marmut wrote: Sun Aug 23, 2020 3:05
tompy25 wrote: Sun Aug 23, 2020 2:31
Toyota memang tau om kalo rakyat +62 pake kijang bakalan disiksa sgala medan makanya lendirnya dibanyakin biar ngga overhead tu mesin..... :big_peace:

bashi bazouk... overhead?

:big_think:

abis ini apalagi?
fuel to fuel.
engine break.
break pad.
pad kampas.
rante keteng.


₩¥#xyz(!+£9,:*♡★~
Overhear om maksudnya, eh overheat... :big_peace:
Herrianto
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Sun Aug 23, 2020 2:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Herrianto »

Pagi para sifu sekalian,

Mau tanya nih, sekarang lagi banyak dijual oli mesin Amsoil SS 0w30 di Tokped. Harganya miring untuk kelasnya Amsoil SS karena stock lama katanya, masih API SM. Kira2 aman ngga ya? Apakah oli acdc jadi harganya bisa miring? Pernah lihat juga di C*k** oli tersebut waktu terakhir kuras matic disana. Harganya 125k atau 135k (lupa2 ingat) per quart di C*k**.
Rencananya mau saya isi ke Xpander. Tiap service di beres kelipatan 10ribu khan selalu diisi oli Mitsubishi 0w20 tapi setelah jalan 4-5000km biasanya saya ganti lagi olinya.
Sekarang odo sudah 40ribuan. Nanti 45ribu mau ganti oli lagi.
Nanti setelah ngga dapat oli gratis lagi dari mitsubishi, mau seterusnya pakai oli yang SAE 0w30 buat mesin. Pernah pakai 5w30 berasa berat mesinnya.

Regards,
Herrianto.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

Herrianto wrote: Sun Aug 23, 2020 4:43 Pagi para sifu sekalian,

Mau tanya nih, sekarang lagi banyak dijual oli mesin Amsoil SS 0w30 di Tokped. Harganya miring untuk kelasnya Amsoil SS karena stock lama katanya, masih API SM. Kira2 aman ngga ya? Apakah oli acdc jadi harganya bisa miring? Pernah lihat juga di C*k** oli tersebut waktu terakhir kuras matic disana. Harganya 125k atau 135k (lupa2 ingat) per quart di C*k**.
Rencananya mau saya isi ke Xpander. Tiap service di beres kelipatan 10ribu khan selalu diisi oli Mitsubishi 0w20 tapi setelah jalan 4-5000km biasanya saya ganti lagi olinya.
Sekarang odo sudah 40ribuan. Nanti 45ribu mau ganti oli lagi.
Nanti setelah ngga dapat oli gratis lagi dari mitsubishi, mau seterusnya pakai oli yang SAE 0w30 buat mesin. Pernah pakai 5w30 berasa berat mesinnya.

Regards,
Herrianto.
udah nenggak 0w20 jgn dikasih yg kentel lg atuh om.
sikat aja 0w20 amsoil OE atau PTT 0w20 Api sp
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Herrianto
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Sun Aug 23, 2020 2:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Herrianto »

Suryaputra wrote: Sun Aug 23, 2020 6:09
Herrianto wrote: Sun Aug 23, 2020 4:43 Pagi para sifu sekalian,

Mau tanya nih, sekarang lagi banyak dijual oli mesin Amsoil SS 0w30 di Tokped. Harganya miring untuk kelasnya Amsoil SS karena stock lama katanya, masih API SM. Kira2 aman ngga ya? Apakah oli acdc jadi harganya bisa miring? Pernah lihat juga di C*k** oli tersebut waktu terakhir kuras matic disana. Harganya 125k atau 135k (lupa2 ingat) per quart di C*k**.
Rencananya mau saya isi ke Xpander. Tiap service di beres kelipatan 10ribu khan selalu diisi oli Mitsubishi 0w20 tapi setelah jalan 4-5000km biasanya saya ganti lagi olinya.
Sekarang odo sudah 40ribuan. Nanti 45ribu mau ganti oli lagi.
Nanti setelah ngga dapat oli gratis lagi dari mitsubishi, mau seterusnya pakai oli yang SAE 0w30 buat mesin. Pernah pakai 5w30 berasa berat mesinnya.

Regards,
Herrianto.
udah nenggak 0w20 jgn dikasih yg kentel lg atuh om.
sikat aja 0w20 amsoil OE atau PTT 0w20 Api sp

Masih rada ngeri buat jangka panjangnya Oom, takut kenapa2 mesinnya kalau pas kebetulan lagi lewat tol😁😁😁

Regards,
Herrianto.
tompy25
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Mon Jan 13, 2020 0:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova reborn G 2019 manual bensin

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by tompy25 »

Suryaputra wrote: Sun Aug 23, 2020 6:09
Herrianto wrote: Sun Aug 23, 2020 4:43 Pagi para sifu sekalian,

Mau tanya nih, sekarang lagi banyak dijual oli mesin Amsoil SS 0w30 di Tokped. Harganya miring untuk kelasnya Amsoil SS karena stock lama katanya, masih API SM. Kira2 aman ngga ya? Apakah oli acdc jadi harganya bisa miring? Pernah lihat juga di C*k** oli tersebut waktu terakhir kuras matic disana. Harganya 125k atau 135k (lupa2 ingat) per quart di C*k**.
Rencananya mau saya isi ke Xpander. Tiap service di beres kelipatan 10ribu khan selalu diisi oli Mitsubishi 0w20 tapi setelah jalan 4-5000km biasanya saya ganti lagi olinya.
Sekarang odo sudah 40ribuan. Nanti 45ribu mau ganti oli lagi.
Nanti setelah ngga dapat oli gratis lagi dari mitsubishi, mau seterusnya pakai oli yang SAE 0w30 buat mesin. Pernah pakai 5w30 berasa berat mesinnya.

Regards,
Herrianto.
udah nenggak 0w20 jgn dikasih yg kentel lg atuh om.
sikat aja 0w20 amsoil OE atau PTT 0w20 Api sp
Nanti kl 0w16 sdh banyak mulai icip2 deh....mindsetnya jd kl dah nenggak 0w16 jgn dksh oli kentel lg atuh.....makin lm sampe seberapa encer ya SAE lendir kedepannya :big_smoking:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

tompy25 wrote: Sun Aug 23, 2020 6:58
Suryaputra wrote: Sun Aug 23, 2020 6:09
Herrianto wrote: Sun Aug 23, 2020 4:43 Pagi para sifu sekalian,

Mau tanya nih, sekarang lagi banyak dijual oli mesin Amsoil SS 0w30 di Tokped. Harganya miring untuk kelasnya Amsoil SS karena stock lama katanya, masih API SM. Kira2 aman ngga ya? Apakah oli acdc jadi harganya bisa miring? Pernah lihat juga di C*k** oli tersebut waktu terakhir kuras matic disana. Harganya 125k atau 135k (lupa2 ingat) per quart di C*k**.
Rencananya mau saya isi ke Xpander. Tiap service di beres kelipatan 10ribu khan selalu diisi oli Mitsubishi 0w20 tapi setelah jalan 4-5000km biasanya saya ganti lagi olinya.
Sekarang odo sudah 40ribuan. Nanti 45ribu mau ganti oli lagi.
Nanti setelah ngga dapat oli gratis lagi dari mitsubishi, mau seterusnya pakai oli yang SAE 0w30 buat mesin. Pernah pakai 5w30 berasa berat mesinnya.

Regards,
Herrianto.
udah nenggak 0w20 jgn dikasih yg kentel lg atuh om.
sikat aja 0w20 amsoil OE atau PTT 0w20 Api sp
Nanti kl 0w16 sdh banyak mulai icip2 deh....mindsetnya jd kl dah nenggak 0w16 jgn dksh oli kentel lg atuh.....makin lm sampe seberapa encer ya SAE lendir kedepannya :big_smoking:
ada 0w8.. motul
khusus hybrid.

tapi blm tau deh masuk sini apa nggak.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Herrianto
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Sun Aug 23, 2020 2:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Herrianto »

Oli 0w20 kata teman saya yg tinggal di Aussie juga buat hybrid. Dia rada bingung disini banyak dipake di mesin non hybrid..🤣
Bahkan saya bilang, nyari oli 0w20 disini mau merek apa juga gampang..🤣🤣🤣

Balik lagi ke pertanyaan saya sebelumnya, oli Amsoil SS 0w30 yg banyak dijual di Tokped yg katanya stock lama, aman ngga ya?🙏


Regards,
Herrianto.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

Jangan khawatir om.
selama oli nya asli, aman aja om, mau pakai 0w20 (kan di manual booknya coba dibaca2, justru direkomen 0w20)

yg bahaya bukan masalah kekentalan olinya encer, tp klo dpt oli aspal.

oli justru klo terlalu kental jg gak bagus buat mesin,
ketika masih awal start mesin, itu kan sifat fluida oli kental sekali, dikhawatirkan klo oli yg lbh kental, malah kurang optimal untuk melumasi / masuk ke celah sempit (di situlah keausan terjadi).
mesin jaman now udah presisi.

amsoil 0w30 api sm ?
fyi... api sm gak cocok untuk flat tappet cam.
krn aditif zinc yg rendah.
zinc penting untuk mesin dgn flat tappet cam.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Herrianto
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Sun Aug 23, 2020 2:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Herrianto »

Suryaputra wrote: Sun Aug 23, 2020 9:08 Jangan khawatir om.
selama oli nya asli, aman aja om, mau pakai 0w20 (kan di manual booknya coba dibaca2, justru direkomen 0w20)

yg bahaya bukan masalah kekentalan olinya encer, tp klo dpt oli aspal.

oli justru klo terlalu kental jg gak bagus buat mesin,
ketika masih awal start mesin, itu kan sifat fluida oli kental sekali, dikhawatirkan klo oli yg lbh kental, malah kurang optimal untuk melumasi / masuk ke celah sempit (di situlah keausan terjadi).
mesin jaman now udah presisi.

amsoil 0w30 api sm ?
fyi... api sm gak cocok untuk flat tappet cam.
krn aditif zinc yg rendah.
zinc penting untuk mesin dgn flat tappet cam.
Oh begitu ya Oom, API SM kurang cocok buat flat tappet cam. Saya belum tau sih apakah mesin Xpander model flat tappet.
Thanks infonya🙏

Regards,
Herrianto.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by kompresorz »

Suryaputra wrote: Sun Aug 23, 2020 9:08 Jangan khawatir om.
selama oli nya asli, aman aja om, mau pakai 0w20 (kan di manual booknya coba dibaca2, justru direkomen 0w20)

yg bahaya bukan masalah kekentalan olinya encer, tp klo dpt oli aspal.

oli justru klo terlalu kental jg gak bagus buat mesin,
ketika masih awal start mesin, itu kan sifat fluida oli kental sekali, dikhawatirkan klo oli yg lbh kental, malah kurang optimal untuk melumasi / masuk ke celah sempit (di situlah keausan terjadi).
mesin jaman now udah presisi.

amsoil 0w30 api sm ?
fyi... api sm gak cocok untuk flat tappet cam.
krn aditif zinc yg rendah.
zinc penting untuk mesin dgn flat tappet cam.
nih gw alamin pake anok 10-40 dianugrah...setelah naik mesin biarlah skalian belanja di anugrah....

berjalan waktu nyala oilpum...


kesal gw....


gw bawain oli 0-20 eneos dibilang wahhh jangan malah tambah resiko...biar aja ...logika dimana oli encer bahaya pompa...mesin dulu itu 0-20 kilometer 220-225 ribu gak ada masalah suara mesin normal kagak pernah ganti HVA...mereka diam sambil ragu n nurut....

iyalah mobil gw suka gw....




tp sejak itu kadang nyala kadang enggak....

tapi tetap tes redline n ngesot tikungan alam sutra waktu PSBB awal sepi....emang niat nantangin meleduk mesin...:big_slap:


setelah itu gw pake PTT 0-20 sn plus....


sementara ini gak nyala.... :ungg:


mknya mo beralih ke ravenol 0-16 sementara nunggu diskon...

main mobil tuh jangan ragu mencoba sesuatu yg tbaru...krn disitulah nikmatnya klo emang hobi....modif mobil kan gak harus ekstrim....nah bisa terlihat jiwa seorg dlm main mobil apakah aliran tdk pernah mencoba alias standar....atau coba tp serba was was...biasa aja...berani...atau radikal... :upss:

bmw gw jadul pada era nya spek oli 10-40...jadi ya rekomennya itu...

kalo ada 0-20 saat itu pasti rekom yg saat itu...

kcuali tuh pabrikan geblek jd perlu dipertanyakan mesinnya klo gak pake kekinian...

nih mobil mesinnya panas...termostatnya aja 92 derajat...


Screenshot_20200823-182010_Video Player.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
b3rez
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Sat Nov 05, 2016 17:24

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by b3rez »

Hi Sesepuh sekalian, konsul dong. Kebetulan ada diskon di JedeDotAidi oli valvoline synpower 5w30 cuman seharga 79rb. harga normal 85rb. Foto terlampir.

cuman saya msh ragu, karena harga murah bingit buat oli fullsyn 5w30. Udah chat ama JedeDotAidi, dijual dan di kirim langsung sama mereka. klo di search cuman 1 toko, ya punya JedeDotAidi .

Oh iya rencana buat angl 2013 butut ane, maklum prinsip ane selama ada diskon oli dari official store, ane sikat. sebelumnya pake PTT Performa 5W30 Fully Synthetic. mohon pencerahannya. Trims sebelumnya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

Herrianto wrote: Sun Aug 23, 2020 10:19
Suryaputra wrote: Sun Aug 23, 2020 9:08 Jangan khawatir om.
selama oli nya asli, aman aja om, mau pakai 0w20 (kan di manual booknya coba dibaca2, justru direkomen 0w20)

yg bahaya bukan masalah kekentalan olinya encer, tp klo dpt oli aspal.

oli justru klo terlalu kental jg gak bagus buat mesin,
ketika masih awal start mesin, itu kan sifat fluida oli kental sekali, dikhawatirkan klo oli yg lbh kental, malah kurang optimal untuk melumasi / masuk ke celah sempit (di situlah keausan terjadi).
mesin jaman now udah presisi.

amsoil 0w30 api sm ?
fyi... api sm gak cocok untuk flat tappet cam.
krn aditif zinc yg rendah.
zinc penting untuk mesin dgn flat tappet cam.
Oh begitu ya Oom, API SM kurang cocok buat flat tappet cam. Saya belum tau sih apakah mesin Xpander model flat tappet.
Thanks infonya🙏

Regards,
Herrianto.
colek mbah marmut mungkin mengetahui.
atau kontek kabeng mitsu / teknisi beres.




kompresorz wrote: Sun Aug 23, 2020 11:54
Suryaputra wrote: Sun Aug 23, 2020 9:08 Jangan khawatir om.
selama oli nya asli, aman aja om, mau pakai 0w20 (kan di manual booknya coba dibaca2, justru direkomen 0w20)

yg bahaya bukan masalah kekentalan olinya encer, tp klo dpt oli aspal.

oli justru klo terlalu kental jg gak bagus buat mesin,
ketika masih awal start mesin, itu kan sifat fluida oli kental sekali, dikhawatirkan klo oli yg lbh kental, malah kurang optimal untuk melumasi / masuk ke celah sempit (di situlah keausan terjadi).
mesin jaman now udah presisi.

amsoil 0w30 api sm ?
fyi... api sm gak cocok untuk flat tappet cam.
krn aditif zinc yg rendah.
zinc penting untuk mesin dgn flat tappet cam.
nih gw alamin pake anok 10-40 dianugrah...setelah naik mesin biarlah skalian belanja di anugrah....

berjalan waktu nyala oilpum...


kesal gw....


gw bawain oli 0-20 eneos dibilang wahhh jangan malah tambah resiko...biar aja ...logika dimana oli encer bahaya pompa...mesin dulu itu 0-20 kilometer 220-225 ribu gak ada masalah suara mesin normal kagak pernah ganti HVA...mereka diam sambil ragu n nurut....

iyalah mobil gw suka gw....




tp sejak itu kadang nyala kadang enggak....

tapi tetap tes redline n ngesot tikungan alam sutra waktu PSBB awal sepi....emang niat nantangin meleduk mesin...:big_slap:


setelah itu gw pake PTT 0-20 sn plus....


sementara ini gak nyala.... :ungg:


mknya mo beralih ke ravenol 0-16 sementara nunggu diskon...

main mobil tuh jangan ragu mencoba sesuatu yg tbaru...krn disitulah nikmatnya klo emang hobi....modif mobil kan gak harus ekstrim....nah bisa terlihat jiwa seorg dlm main mobil apakah aliran tdk pernah mencoba alias standar....atau coba tp serba was was...biasa aja...berani...atau radikal... :upss:

bmw gw jadul pada era nya spek oli 10-40...jadi ya rekomennya itu...

kalo ada 0-20 saat itu pasti rekom yg saat itu...

kcuali tuh pabrikan geblek jd perlu dipertanyakan mesinnya klo gak pake kekinian...

nih mobil mesinnya panas...termostatnya aja 92 derajat...



Screenshot_20200823-182010_Video Player.jpg
bahenol 0w16 nya harganya gak kuat :upss:
nunggu PTT 0w16 aja deh :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri