Suryaputra wrote: Sun Aug 23, 2020 9:08
Jangan khawatir om.
selama oli nya asli, aman aja om, mau pakai 0w20 (kan di manual booknya coba dibaca2, justru direkomen 0w20)
yg bahaya bukan masalah kekentalan olinya encer, tp klo dpt oli aspal.
oli justru klo terlalu kental jg gak bagus buat mesin,
ketika masih awal start mesin, itu kan sifat fluida oli kental sekali, dikhawatirkan klo oli yg lbh kental, malah kurang optimal untuk melumasi / masuk ke celah sempit (di situlah keausan terjadi).
mesin jaman now udah presisi.
amsoil 0w30 api sm ?
fyi... api sm gak cocok untuk flat tappet cam.
krn aditif zinc yg rendah.
zinc penting untuk mesin dgn flat tappet cam.
nih gw alamin pake anok 10-40 dianugrah...setelah naik mesin biarlah skalian belanja di anugrah....
berjalan waktu nyala oilpum...
kesal gw....
gw bawain oli 0-20 eneos dibilang wahhh jangan malah tambah resiko...biar aja ...logika dimana oli encer bahaya pompa...mesin dulu itu 0-20 kilometer 220-225 ribu gak ada masalah suara mesin normal kagak pernah ganti HVA...mereka diam sambil ragu n nurut....
iyalah mobil gw suka gw....
tp sejak itu kadang nyala kadang enggak....
tapi tetap tes redline n ngesot tikungan alam sutra waktu PSBB awal sepi....emang niat nantangin meleduk mesin...
setelah itu gw pake PTT 0-20 sn plus....
sementara ini gak nyala....
mknya mo beralih ke ravenol 0-16 sementara nunggu diskon...
main mobil tuh jangan ragu mencoba sesuatu yg tbaru...krn disitulah nikmatnya klo emang hobi....modif mobil kan gak harus ekstrim....nah bisa terlihat jiwa seorg dlm main mobil apakah aliran tdk pernah mencoba alias standar....atau coba tp serba was was...biasa aja...berani...atau radikal...
bmw gw jadul pada era nya spek oli 10-40...jadi ya rekomennya itu...
kalo ada 0-20 saat itu pasti rekom yg saat itu...
kcuali tuh pabrikan geblek jd perlu dipertanyakan mesinnya klo gak pake kekinian...
nih mobil mesinnya panas...termostatnya aja 92 derajat...
Screenshot_20200823-182010_Video Player.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.