Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 739
- Joined: Wed May 03, 2017 9:39
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Klo saya sih ke beres. Klo komplain perlu general check, sejauh ini selalu free. Klo disuruh bayar ya saya ngomel2 lah di beres. Komplain kok disuruh bayar dulu.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Gratis kok, jd om dtg blg aja mau klaim garansi krna ada cacat part, saya pengalaman lsg masuk antrian mbl di tinggal dan pas ambil ada nota jlaim warranty.Rasuano wrote: Mon Sep 09, 2019 11:27Jadi om, tadi saya bilang ke SA nya mau klaim garansi engine mounting krn pas idling dan lg jalan geternya kerasa banget di body bahkan sampe setir. Lalu SA bilang sekalian aja sama servis berkala krn kalo ga sekalian servis, buat ngecek si engine mountingnya kena biaya jasa pengecekan.Koddy wrote: Mon Sep 09, 2019 10:29Kalau ada keluhan yang jelas dan masih dalam masa garansi, ya ajukan saja keluhannya. Bedain loh kalau langsung bilang mau claim garansi part [cencored], dengan bilang misal bagian [cencored] ada bunyi², mohon dibantu diatasi, karena masih dalam masa garansi. Dan mengatasi masalah harusnya free, selama masa warranty.Rasuano wrote:Maap naikin trit lama
Mau tanya om, terkhusus yg punya pengalaman klaim garansi di A2K, kalo mau klaim garansi itu free atau bayar ya?
SA bilang kalo mau klaim garansi, pertama harus dicek dulu komponennya beneran aus atau salah setting doang, dan ngeceknya bayar jasa pengecekan. (Jasa cek mesin dan cek kaki2 beda) (Saya mau klaim mounting sm shock)
Katanya mending sekalian servis berkala aja biar semuanya dicek.
Terima kasih
Sedangkan saya baca di https://m.detik.com/news/suara-pembaca/ ... ikan-mobil , di artikel itu jasa pengecekannya ditagih pas klaim garansi beres. Pengalaman temen saya juga pas klaim garansi beres baru ditagih kalo udah selesai klaim. Ngecek awalnya mah gratis.
Apa skrg sop nya udh beda ya? Cek awalnya juga harus bayar?
Thank u om koddy
Tp biar om yakin email aja dulu ke cust service pusat, tanya prosedur klaim dan biaya lain2, nanti balasan email tsb tunjukkin ke SA nya
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Beberapa hari yang lalu Brio 1.3 AT 2014 mbak ane servis 40k ke salah satu BeRes Honda
Dan berikut harga servis awal sebelum ada yg dicancel
Part:
- HAO 0W-20 4liter + Filter Oli : 650rb (jadi harga oli 1 ilter = 150rb + filter oli 50rb)
- Oli Transmisi ATF DW1 : 450rb (entah brp liter kok tiba2 langsung 450rb jebret)
- Filter Udara : 150rb
- Pembersih rem : 150rb
- Engine Cleaner : 250rb
TOTAL PART = 1.650.000
Jasa
- Ganti Oli Mesin + Filter oli = 110rb
- Ganti/Kuras Oli Transmisi = 55rb
- Tune Up + OH Throttle Body = 900rb
- Service Injektor = 750rb
- Rem 4 roda = 450rb
TOTAL JASA = 2.265.000
GRAND TOTAL = 3.915.000
Akhirnya beberapa ada yang dicancel seperti tuneup, service injektor, rem 4 roda, pembersih rem dan engine cleaner
Dan berikut harga servis awal sebelum ada yg dicancel
Part:
- HAO 0W-20 4liter + Filter Oli : 650rb (jadi harga oli 1 ilter = 150rb + filter oli 50rb)
- Oli Transmisi ATF DW1 : 450rb (entah brp liter kok tiba2 langsung 450rb jebret)
- Filter Udara : 150rb
- Pembersih rem : 150rb
- Engine Cleaner : 250rb
TOTAL PART = 1.650.000
Jasa
- Ganti Oli Mesin + Filter oli = 110rb
- Ganti/Kuras Oli Transmisi = 55rb
- Tune Up + OH Throttle Body = 900rb
- Service Injektor = 750rb
- Rem 4 roda = 450rb
TOTAL JASA = 2.265.000
GRAND TOTAL = 3.915.000
Akhirnya beberapa ada yang dicancel seperti tuneup, service injektor, rem 4 roda, pembersih rem dan engine cleaner

There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 316
- Joined: Thu Sep 13, 2018 14:35
- Daily Vehicle: Baleno
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
buset dah om,sandal wrote:Beberapa hari yang lalu Brio 1.3 AT 2014 mbak ane servis 40k ke salah satu BeRes Honda
Dan berikut harga servis awal sebelum ada yg dicancel
Part:
- HAO 0W-20 4liter + Filter Oli : 650rb (jadi harga oli 1 ilter = 150rb + filter oli 50rb)
- Oli Transmisi ATF DW1 : 450rb (entah brp liter kok tiba2 langsung 450rb jebret)
- Filter Udara : 150rb
- Pembersih rem : 150rb
- Engine Cleaner : 250rb
TOTAL PART = 1.650.000
Jasa
- Ganti Oli Mesin + Filter oli = 110rb
- Ganti/Kuras Oli Transmisi = 55rb
- Tune Up + OH Throttle Body = 900rb
- Service Injektor = 750rb
- Rem 4 roda = 450rb
TOTAL JASA = 2.265.000
GRAND TOTAL = 3.915.000
Akhirnya beberapa ada yang dicancel seperti tuneup, service injektor, rem 4 roda, pembersih rem dan engine cleaner
mobil skrg padahal mobil lcgc, biaya servis nya dah nyamain mobil 500jt kayak fortu/pajero dll
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Entah deh om mengapa sangat mahal ginithirdstar7 wrote: Sat Sep 21, 2019 3:14 buset dah om,
mobil skrg padahal mobil lcgc, biaya servis nya dah nyamain mobil 500jt kayak fortu/pajero dll
![Yes / No [emo-yesno]](./images/smilies/2017-yesno.gif)
https://otodriver.com/article/view/biay ... guAzpIPT_g
Ini yg diklaim biaya servicenya New Calya 40k sekitar 900rb, entah kenyataannya gimana

There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 190
- Joined: Fri Dec 10, 2010 16:43
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Setau saya wkt service rutin di beres H mobilio jasa ga semahal itu om..paling mahal jasa di 900-1jt..itu kelipatan 40k..diluar itu jasa cuma 700an..dan kalo sudah bayar jasa perawatan, sudah tidak dihitung lagi ganti brakepad, kuras radiator, kuras rem n dll..smua sudah incl jasa perawatan...sandal wrote:Beberapa hari yang lalu Brio 1.3 AT 2014 mbak ane servis 40k ke salah satu BeRes Honda
Dan berikut harga servis awal sebelum ada yg dicancel
Part:
- HAO 0W-20 4liter + Filter Oli : 650rb (jadi harga oli 1 ilter = 150rb + filter oli 50rb)
- Oli Transmisi ATF DW1 : 450rb (entah brp liter kok tiba2 langsung 450rb jebret)
- Filter Udara : 150rb
- Pembersih rem : 150rb
- Engine Cleaner : 250rb
TOTAL PART = 1.650.000
Jasa
- Ganti Oli Mesin + Filter oli = 110rb
- Ganti/Kuras Oli Transmisi = 55rb
- Tune Up + OH Throttle Body = 900rb
- Service Injektor = 750rb
- Rem 4 roda = 450rb
TOTAL JASA = 2.265.000
GRAND TOTAL = 3.915.000
Akhirnya beberapa ada yang dicancel seperti tuneup, service injektor, rem 4 roda, pembersih rem dan engine cleaner
Utk penambahan saya rutin cuma DCS, brake cleaner dan filter udara itu smua tiap 10k pasti saya OKin..jd termahal paling cuma 2.2jt..itupun kelipatan 40k aja
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Mon Jun 13, 2016 14:47
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
emang servis di beres honda itu harus pinter" milih omsandal wrote: Sat Sep 21, 2019 3:09 Beberapa hari yang lalu Brio 1.3 AT 2014 mbak ane servis 40k ke salah satu BeRes Honda
Dan berikut harga servis awal sebelum ada yg dicancel
Part:
- HAO 0W-20 4liter + Filter Oli : 650rb (jadi harga oli 1 ilter = 150rb + filter oli 50rb)
- Oli Transmisi ATF DW1 : 450rb (entah brp liter kok tiba2 langsung 450rb jebret)
- Filter Udara : 150rb
- Pembersih rem : 150rb
- Engine Cleaner : 250rb
TOTAL PART = 1.650.000
Jasa
- Ganti Oli Mesin + Filter oli = 110rb
- Ganti/Kuras Oli Transmisi = 55rb
- Tune Up + OH Throttle Body = 900rb
- Service Injektor = 750rb
- Rem 4 roda = 450rb
TOTAL JASA = 2.265.000
GRAND TOTAL = 3.915.000
Akhirnya beberapa ada yang dicancel seperti tuneup, service injektor, rem 4 roda, pembersih rem dan engine cleaner![]()
sering banget keluar angka ajaib kalo servis di beres honda
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
standardsandal wrote: Sat Sep 21, 2019 3:09 Beberapa hari yang lalu Brio 1.3 AT 2014 mbak ane servis 40k ke salah satu BeRes Honda
Dan berikut harga servis awal sebelum ada yg dicancel
Part:
- HAO 0W-20 4liter + Filter Oli : 650rb (jadi harga oli 1 ilter = 150rb + filter oli 50rb)
standard. oli ATF/CVTF macem2 merek rata2 100 ribuan per liter. cuma antik juga ya, 40 ribu km sudah ganti oli ATF/CVT, biasanya kan merek mobil untuk ATF/CVTF diatas 100 ribu km untuk penggantian dan hanya kepake tebakan saya 4 liter?- Oli Transmisi ATF DW1 : 450rb (entah brp liter kok tiba2 langsung 450rb jebret)
standard- Filter Udara : 150rb
standard dan termasuk mahal menurut saya, biasanya setahu saya brake cleaner ga sampe 100 ribu, tapi ya beda beres beda merek beda produk beda prosedur yang digunakan.- Pembersih rem : 150rb
standard. tapi harga partnya ya termasuk mahal ya. di Nissan daerah saya ga sampe 200 ribu per kaleng, dan itu aja seringnya kepake separoh doang. tapi ya beda beres beda merek beda produk beda prosedur.- Engine Cleaner : 250rb
standard, 1 jam kerja.TOTAL PART = 1.650.000
Jasa
- Ganti Oli Mesin + Filter oli = 110rb
standard, ajaib, lebih murah = lebih cepat dari ganti oli mesin. mungkin cuma buat drain plug, lalu tambahkan.- Ganti/Kuras Oli Transmisi = 55rb
standard dengan harga amazing. di Nissan daerah saya, ga ada namanya tune up, untuk bersihkan throttle body saja dihitung 1 jam kerja, barengan dengan service kelipatan 10 ribu km = barengan ganti oli + filter, bersihkan filter udara, dsb. kalau dihitung2 berarti setidaknya 3-4 jam kerja, asumsi 1 jam kerja 200 ribu.- Tune Up + OH Throttle Body = 900rb
service tambahan dengan harga amazing. ini kerjanya ngapain? injektor diturunin? lalu dibersihkan dengan injector cleaner machine? karena asumsi satu jam kerja 200 ribu, berarti hampir 3 jam kerja?- Service Injektor = 750rb
standard, dengan harga amazing. setiap roda 100 ribu? kalau dihitung2 untuk bersihkan satu roda butuh waktu 30 menit, asumsi 1 jam kerja 200 ribu.- Rem 4 roda = 450rb
kalau dihitung2 dari segitu banyak kerjaan, yg wajib jadi:TOTAL JASA = 2.265.000
GRAND TOTAL = 3.915.000
Akhirnya beberapa ada yang dicancel seperti tuneup, service injektor, rem 4 roda, pembersih rem dan engine cleaner![]()
part: 1,25 jutasandal wrote: Sat Sep 21, 2019 3:09 Part:
- HAO 0W-20 4liter + Filter Oli : 650rb (jadi harga oli 1 ilter = 150rb + filter oli 50rb)
- Oli Transmisi ATF DW1 : 450rb (entah brp liter kok tiba2 langsung 450rb jebret)
- Filter Udara : 150rb
Jasa
- Ganti Oli Mesin + Filter oli = 110rb
- Ganti/Kuras Oli Transmisi = 55rb
jasa: 165 ribu.
total: 1,4 jutaan.
kalau segitu banyak service tambahan dimasukin langsung ke penawaran maka kesimpulan saya beres Ahond masih aja doyan jualan barang diluaran kebutuhan service sebenernya.
![Yes / No [emo-yesno]](./images/smilies/2017-yesno.gif)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1327
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Masih lebih murah servis Ipah D4D ama yaris ane di Nasmoco.sandal wrote: Sat Sep 21, 2019 3:09 Beberapa hari yang lalu Brio 1.3 AT 2014 mbak ane servis 40k ke salah satu BeRes Honda
Dan berikut harga servis awal sebelum ada yg dicancel
Part:
- HAO 0W-20 4liter + Filter Oli : 650rb (jadi harga oli 1 ilter = 150rb + filter oli 50rb)
- Oli Transmisi ATF DW1 : 450rb (entah brp liter kok tiba2 langsung 450rb jebret)
- Filter Udara : 150rb
- Pembersih rem : 150rb
- Engine Cleaner : 250rb
TOTAL PART = 1.650.000
Jasa
- Ganti Oli Mesin + Filter oli = 110rb
- Ganti/Kuras Oli Transmisi = 55rb
- Tune Up + OH Throttle Body = 900rb
- Service Injektor = 750rb
- Rem 4 roda = 450rb
TOTAL JASA = 2.265.000
GRAND TOTAL = 3.915.000
Akhirnya beberapa ada yang dicancel seperti tuneup, service injektor, rem 4 roda, pembersih rem dan engine cleaner![]()


Emang tune up + OH throttle body dan Service injektor itu buat apa?

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 73
- Joined: Tue Oct 15, 2013 17:53
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Percaya ane bro klo H ini, ane ada CRV RM 2013 perawatan dr awal sampe sekarang KM 125rb di BeRes, tp selalu coba2 ganti beres karena pengalaman bnyk yg ngeselin, contoh yg di pdk. Indah udah kejadian 2x suka charge utk botol cleaner AC, carb cleaner tp ga dibersihin & even dipake, taunya dr mana? pas mobil di ambil ane ga cek lagi bawa pulang sampe rumah ada kaleng botol carb cleaner masih di plastikin blm dipake ada di mobil, dan pas ane call ke beres ditanya cuma bilang "iya pak belum sempat mohon maaf", spooring ga dilakuin dan minta ac dibersihin juga ga dilakuin tp semua di charge di bill. Sekali kesana abis minimal 3jt tp on average pasti 5juta. Sekarang selalu di beres bintaro, paling mending.sandal wrote: Sat Sep 21, 2019 3:09 Beberapa hari yang lalu Brio 1.3 AT 2014 mbak ane servis 40k ke salah satu BeRes Honda
Dan berikut harga servis awal sebelum ada yg dicancel
Part:
- HAO 0W-20 4liter + Filter Oli : 650rb (jadi harga oli 1 ilter = 150rb + filter oli 50rb)
- Oli Transmisi ATF DW1 : 450rb (entah brp liter kok tiba2 langsung 450rb jebret)
- Filter Udara : 150rb
- Pembersih rem : 150rb
- Engine Cleaner : 250rb
TOTAL PART = 1.650.000
Jasa
- Ganti Oli Mesin + Filter oli = 110rb
- Ganti/Kuras Oli Transmisi = 55rb
- Tune Up + OH Throttle Body = 900rb
- Service Injektor = 750rb
- Rem 4 roda = 450rb
TOTAL JASA = 2.265.000
GRAND TOTAL = 3.915.000
Akhirnya beberapa ada yang dicancel seperti tuneup, service injektor, rem 4 roda, pembersih rem dan engine cleaner![]()
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 186
- Joined: Sun Mar 06, 2016 8:59
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Ini beres mana ya? Harga oli dan filter lebih mahal dari yang biasa saya bayar. Brake cleaner pun lebih mahal.sandal wrote: Sat Sep 21, 2019 3:09 Beberapa hari yang lalu Brio 1.3 AT 2014 mbak ane servis 40k ke salah satu BeRes Honda
Dan berikut harga servis awal sebelum ada yg dicancel
Part:
- HAO 0W-20 4liter + Filter Oli : 650rb (jadi harga oli 1 ilter = 150rb + filter oli 50rb)
- Oli Transmisi ATF DW1 : 450rb (entah brp liter kok tiba2 langsung 450rb jebret)
- Filter Udara : 150rb
- Pembersih rem : 150rb
- Engine Cleaner : 250rb
TOTAL PART = 1.650.000
Jasa
- Ganti Oli Mesin + Filter oli = 110rb
- Ganti/Kuras Oli Transmisi = 55rb
- Tune Up + OH Throttle Body = 900rb
- Service Injektor = 750rb
- Rem 4 roda = 450rb
TOTAL JASA = 2.265.000
GRAND TOTAL = 3.915.000
Akhirnya beberapa ada yang dicancel seperti tuneup, service injektor, rem 4 roda, pembersih rem dan engine cleaner![]()
Berarti beres honda harga part bisa beda2 ya untuk masing2 beres
-
- SM Specialist
- Posts: 16673
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Saya di semarang, beres ga pernah cas biaya jasa khusus untuk ganti oli.kingpower wrote:Ini beres mana ya? Harga oli dan filter lebih mahal dari yang biasa saya bayar. Brake cleaner pun lebih mahal.sandal wrote: Sat Sep 21, 2019 3:09 Beberapa hari yang lalu Brio 1.3 AT 2014 mbak ane servis 40k ke salah satu BeRes Honda
Dan berikut harga servis awal sebelum ada yg dicancel
Part:
- HAO 0W-20 4liter + Filter Oli : 650rb (jadi harga oli 1 ilter = 150rb + filter oli 50rb)
- Oli Transmisi ATF DW1 : 450rb (entah brp liter kok tiba2 langsung 450rb jebret)
- Filter Udara : 150rb
- Pembersih rem : 150rb
- Engine Cleaner : 250rb
TOTAL PART = 1.650.000
Jasa
- Ganti Oli Mesin + Filter oli = 110rb
- Ganti/Kuras Oli Transmisi = 55rb
- Tune Up + OH Throttle Body = 900rb
- Service Injektor = 750rb
- Rem 4 roda = 450rb
TOTAL JASA = 2.265.000
GRAND TOTAL = 3.915.000
Akhirnya beberapa ada yang dicancel seperti tuneup, service injektor, rem 4 roda, pembersih rem dan engine cleaner![]()
Berarti beres honda harga part bisa beda2 ya untuk masing2 beres
Di surabaya nyervis brio punya mantan atasan, kaget juga kok jebret keluar 1.8juta. lah wong apa apa dimasukin jasanya. Padahal di semarang servis CRV pun jarang tembus 1juta kalo servis di bawah 40k...
Beres H di semarang mah baik hati banget. Saya berkala 18bulan aja dibilang "mas odonya masih rendah ga saya masukin berkala ya"... Padahal masukin berkala dia kan dapet duid lebih.
Dulu sekali di dealer lain minta ganti oil filter aja dibilang ga usah mas, blom waktunya.
Bersiin injektor di smg 100k aja. Mungkin sekarang udah naik.
Saya kaget aja ternyata emang tiap wilayah rasanya beda standar... Lucu.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Thu Mar 01, 2018 6:39
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: SR3
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Saya udah stop service ke beres kecuali pekerjaan khusus yg sy ragu kualitas di luar atau sy ga sanggup ngerjain sendiri.
Ngerasa ga wajar harga jasanya.
Mending agak boros di interval waktu penggantian dan oli yg lebih bagus utk item² yg bisa dikerjakan sendiri.
Spare part tetap beli di beres.
Pengalaman, beli di luar kualitasnya beda dgn part asli beres, walau mrk ngakunya part original
Ngerasa ga wajar harga jasanya.
Mending agak boros di interval waktu penggantian dan oli yg lebih bagus utk item² yg bisa dikerjakan sendiri.
Spare part tetap beli di beres.
Pengalaman, beli di luar kualitasnya beda dgn part asli beres, walau mrk ngakunya part original
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12541
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
klo masih free jasa servis, ayok ajah.
tp klo dah gak free, ke bengkel umum cukup ganti oli mesin & transmisi ajah dah cukup (di bli2 tuh banyak pilihan oli mesin dgn harga promo dr official shop)
selama pake mobil jepang mah, reliable.
ke beres, paling klo ada masalah mesin dan sensor tetek bengek yg gak bisa ditangani bengkel umum
tp klo dah gak free, ke bengkel umum cukup ganti oli mesin & transmisi ajah dah cukup (di bli2 tuh banyak pilihan oli mesin dgn harga promo dr official shop)
selama pake mobil jepang mah, reliable.
ke beres, paling klo ada masalah mesin dan sensor tetek bengek yg gak bisa ditangani bengkel umum

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 16673
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Kadang pertimbangan beli mobil merek "mainstream" ya ini.Suryaputra wrote:klo masih free jasa servis, ayok ajah.
tp klo dah gak free, ke bengkel umum cukup ganti oli mesin & transmisi ajah dah cukup (di bli2 tuh banyak pilihan oli mesin dgn harga promo dr official shop)
selama pake mobil jepang mah, reliable.
ke beres, paling klo ada masalah mesin dan sensor tetek bengek yg gak bisa ditangani bengkel umum
Setelah skali pake SUV cap H miring yg sudah lewat 5 taun, repot apa apa harus ke beres... Part banyak tidak ready di beres juga. Engine design dan komponen lain2nya juga nggak umum jd ga semua bengkel bisa bongkar pasangnya.
Mana biaya jasa beresnya juga ngeri banget.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12541
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Makanya pake H tegak dong ahChZ wrote: Sat Sep 21, 2019 7:28Kadang pertimbangan beli mobil merek "mainstream" ya ini.Suryaputra wrote:klo masih free jasa servis, ayok ajah.
tp klo dah gak free, ke bengkel umum cukup ganti oli mesin & transmisi ajah dah cukup (di bli2 tuh banyak pilihan oli mesin dgn harga promo dr official shop)
selama pake mobil jepang mah, reliable.
ke beres, paling klo ada masalah mesin dan sensor tetek bengek yg gak bisa ditangani bengkel umum
Setelah skali pake SUV cap H miring yg sudah lewat 5 taun, repot apa apa harus ke beres... Part banyak tidak ready di beres juga. Engine design dan komponen lain2nya juga nggak umum jd ga semua bengkel bisa bongkar pasangnya.
Mana biaya jasa beresnya juga ngeri banget.

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 16673
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
ane khan miara 3 biji


bodo ah dibilang brand minded, kaga ikut repot ngurusin mobilnya juga

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 308
- Joined: Thu Nov 22, 2018 14:39
- Location: Jakarta
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Persis kejadiannya saat servis HRV km 40rb di salah satu beres area Tangerang (kebetulan bukan beres langganan), tiba2 dibilang biayanya 5jtan. Lgs saya bilang ke SA-nya, mahal banget dan lbh mahal dari yg tertera di tembok lgs dijawab gak hrs ambil semua Pak, setelah kurangi yg gak perlu akhirnya habis sktr 3,25jt.sandal wrote: Sat Sep 21, 2019 3:09 Beberapa hari yang lalu Brio 1.3 AT 2014 mbak ane servis 40k ke salah satu BeRes Honda
Dan berikut harga servis awal sebelum ada yg dicancel
Part:
- HAO 0W-20 4liter + Filter Oli : 650rb (jadi harga oli 1 ilter = 150rb + filter oli 50rb)
- Oli Transmisi ATF DW1 : 450rb (entah brp liter kok tiba2 langsung 450rb jebret)
- Filter Udara : 150rb
- Pembersih rem : 150rb
- Engine Cleaner : 250rb
TOTAL PART = 1.650.000
Jasa
- Ganti Oli Mesin + Filter oli = 110rb
- Ganti/Kuras Oli Transmisi = 55rb
- Tune Up + OH Throttle Body = 900rb
- Service Injektor = 750rb
- Rem 4 roda = 450rb
TOTAL JASA = 2.265.000
GRAND TOTAL = 3.915.000
Akhirnya beberapa ada yang dicancel seperti tuneup, service injektor, rem 4 roda, pembersih rem dan engine cleaner![]()
Karena penasaran, bbrp hari stlh service saya call hotline HPM tanya perbedaan biaya antara yg tertera di tembok bengkel dgn estimasi SA. Call centre menyarankan “minta service sesuai buku servis aja”

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mazda2 yaris
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Iye om saya juga di a2k juga begitu pas service 6 bulan, kilometer cuma 5000an, katanya ga usah buru2 servicenya...ChZ wrote: Sat Sep 21, 2019 6:37Saya di semarang, beres ga pernah cas biaya jasa khusus untuk ganti oli.kingpower wrote:Ini beres mana ya? Harga oli dan filter lebih mahal dari yang biasa saya bayar. Brake cleaner pun lebih mahal.sandal wrote: Sat Sep 21, 2019 3:09 Beberapa hari yang lalu Brio 1.3 AT 2014 mbak ane servis 40k ke salah satu BeRes Honda
Dan berikut harga servis awal sebelum ada yg dicancel
Part:
- HAO 0W-20 4liter + Filter Oli : 650rb (jadi harga oli 1 ilter = 150rb + filter oli 50rb)
- Oli Transmisi ATF DW1 : 450rb (entah brp liter kok tiba2 langsung 450rb jebret)
- Filter Udara : 150rb
- Pembersih rem : 150rb
- Engine Cleaner : 250rb
TOTAL PART = 1.650.000
Jasa
- Ganti Oli Mesin + Filter oli = 110rb
- Ganti/Kuras Oli Transmisi = 55rb
- Tune Up + OH Throttle Body = 900rb
- Service Injektor = 750rb
- Rem 4 roda = 450rb
TOTAL JASA = 2.265.000
GRAND TOTAL = 3.915.000
Akhirnya beberapa ada yang dicancel seperti tuneup, service injektor, rem 4 roda, pembersih rem dan engine cleaner![]()
Berarti beres honda harga part bisa beda2 ya untuk masing2 beres
Di surabaya nyervis brio punya mantan atasan, kaget juga kok jebret keluar 1.8juta. lah wong apa apa dimasukin jasanya. Padahal di semarang servis CRV pun jarang tembus 1juta kalo servis di bawah 40k...
Beres H di semarang mah baik hati banget. Saya berkala 18bulan aja dibilang "mas odonya masih rendah ga saya masukin berkala ya"... Padahal masukin berkala dia kan dapet duid lebih.
Dulu sekali di dealer lain minta ganti oil filter aja dibilang ga usah mas, blom waktunya.
Bersiin injektor di smg 100k aja. Mungkin sekarang udah naik.
Saya kaget aja ternyata emang tiap wilayah rasanya beda standar... Lucu.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
sama nih ama sayaBoeds wrote: Sat Sep 21, 2019 6:57 Saya udah stop service ke beres kecuali pekerjaan khusus yg sy ragu kualitas di luar atau sy ga sanggup ngerjain sendiri.
Ngerasa ga wajar harga jasanya.
Mending agak boros di interval waktu penggantian dan oli yg lebih bagus utk item² yg bisa dikerjakan sendiri.
Spare part tetap beli di beres.
Pengalaman, beli di luar kualitasnya beda dgn part asli beres, walau mrk ngakunya part original
selain itu juga kl beli parts di beres dapet kuitansi bisa dikumpulin. difolder bareng service log book bikinan sendiri, jd bonafide utk bukti catatan maintenance kl sewaktu2 mobil mau dijual bisa tunjukin ke calon pembeli. Sy malah langganan online service manual setahun cuma 300 rb. Beli scan tool generic jg skrg banyak yg terjangkau. Di Youtube jg banyak yg tutorial benerin ini itu. Lebih dr cukup utk sekedar yg mau jadi weekend DIYer kecuali mmg ga punya waktu atau bener2 ga ada bakat wrenching.
sisa budget bisa buat beli oli 100% full synthetic kelasnya amsoil atau aksesoris. kl invest di tools beda lagi krn abisnya bisa dalem tergantung beli yg abal2 atau high end.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Honda ane udah ga pernah bawa ke beres
Agak2 trauma ama jasa servisnya
Jasa ganti oli 150rb
Jasa ganti ATF 100rb
Bersihin AC pake cairan2 kimia gitu 300rb kalo ga salah
Pokoknya cuma servis2 ringan gitu habisnya hampir 2 jt sekitar 1,9an
Sejak itu ga pernah servis di beres lagi paling beli2 part aja ke beres kyk kampas rem, filter oli dll
Agak2 trauma ama jasa servisnya
Jasa ganti oli 150rb
Jasa ganti ATF 100rb
Bersihin AC pake cairan2 kimia gitu 300rb kalo ga salah
Pokoknya cuma servis2 ringan gitu habisnya hampir 2 jt sekitar 1,9an
Sejak itu ga pernah servis di beres lagi paling beli2 part aja ke beres kyk kampas rem, filter oli dll
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Mengenai beres H tegak, ane ga mau suudzon, tp entah knapa tiap kl bokap ane ksana, slalu d tawarin servis ac, dan tiap kl doi tolak, selang beberapa ari ac hrv ane pasti ad aj yg ga beres, dr kondensor bocor, relay putus, trakir termostat bermasalah..
Mungkin montir beres H tegak punya ilmu klenik, bsa ramal ac ane bakal rusak nya kapan
Mungkin montir beres H tegak punya ilmu klenik, bsa ramal ac ane bakal rusak nya kapan
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Menurut saya wajar karena bengkel resmi ambil cuan terbesarnya dari biaya jasasandal wrote: Sat Sep 21, 2019 3:09 Beberapa hari yang lalu Brio 1.3 AT 2014 mbak ane servis 40k ke salah satu BeRes Honda
Dan berikut harga servis awal sebelum ada yg dicancel
Part:
- HAO 0W-20 4liter + Filter Oli : 650rb (jadi harga oli 1 ilter = 150rb + filter oli 50rb)
- Oli Transmisi ATF DW1 : 450rb (entah brp liter kok tiba2 langsung 450rb jebret)
- Filter Udara : 150rb
- Pembersih rem : 150rb
- Engine Cleaner : 250rb
TOTAL PART = 1.650.000
Jasa
- Ganti Oli Mesin + Filter oli = 110rb
- Ganti/Kuras Oli Transmisi = 55rb
- Tune Up + OH Throttle Body = 900rb
- Service Injektor = 750rb
- Rem 4 roda = 450rb
TOTAL JASA = 2.265.000
GRAND TOTAL = 3.915.000
Akhirnya beberapa ada yang dicancel seperti tuneup, service injektor, rem 4 roda, pembersih rem dan engine cleaner![]()

Karena itu lah saya ngga pernah servis di bengkel resmi dari baru, di bengkel swasta asal kita tau kualitas pengerjaannya malah bisa jadi jauh lebih berhati-hati & rapi dibanding di bengkel resmi. Pengalaman saya sih gitu, bisa lebih hemat setengahnya atau bahkan lebih
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- SM Moderator
- Posts: 1354
- Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Tapi kan kita ngejar garansinya om? Sedangkan kalo kita gak servis di beres garansi kita hangus.evanbngdor wrote: Mon Sep 23, 2019 1:49Menurut saya wajar karena bengkel resmi ambil cuan terbesarnya dari biaya jasasandal wrote: Sat Sep 21, 2019 3:09 Beberapa hari yang lalu Brio 1.3 AT 2014 mbak ane servis 40k ke salah satu BeRes Honda
Dan berikut harga servis awal sebelum ada yg dicancel
Part:
- HAO 0W-20 4liter + Filter Oli : 650rb (jadi harga oli 1 ilter = 150rb + filter oli 50rb)
- Oli Transmisi ATF DW1 : 450rb (entah brp liter kok tiba2 langsung 450rb jebret)
- Filter Udara : 150rb
- Pembersih rem : 150rb
- Engine Cleaner : 250rb
TOTAL PART = 1.650.000
Jasa
- Ganti Oli Mesin + Filter oli = 110rb
- Ganti/Kuras Oli Transmisi = 55rb
- Tune Up + OH Throttle Body = 900rb
- Service Injektor = 750rb
- Rem 4 roda = 450rb
TOTAL JASA = 2.265.000
GRAND TOTAL = 3.915.000
Akhirnya beberapa ada yang dicancel seperti tuneup, service injektor, rem 4 roda, pembersih rem dan engine cleaner![]()
![]()
Karena itu lah saya ngga pernah servis di bengkel resmi dari baru, di bengkel swasta asal kita tau kualitas pengerjaannya malah bisa jadi jauh lebih berhati-hati & rapi dibanding di bengkel resmi. Pengalaman saya sih gitu, bisa lebih hemat setengahnya atau bahkan lebih

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1327
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Ane pernah ngalamin ganti fan belt di bengkel binaan ast*a biaya jasanya lebih mahal daripada di nasmoco.evanbngdor wrote: Mon Sep 23, 2019 1:49
Karena itu lah saya ngga pernah servis di bengkel resmi dari baru, di bengkel swasta asal kita tau kualitas pengerjaannya malah bisa jadi jauh lebih berhati-hati & rapi dibanding di bengkel resmi. Pengalaman saya sih gitu, bisa lebih hemat setengahnya atau bahkan lebih

Ketauannya gara2 setelah ganti fanbelt check engine nyala, dia ganti macam2 scanner ga bisa ngebaca. akhirnya saya bawa ke nasmoco. Sekalian tanya2 ongkos ganti fanbelt di sana. Eh ternyata lebih murah di nasmoco jasanya.
Harga ast*a, kualitas pinggir jalan.
