Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

fastering
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Thu Sep 05, 2013 19:05

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by fastering »

Turboman wrote:Mesin2 Honda generasi baru kalau mau perform optimal pakai oli mesin buntut 30

Tapi kalau misalnya sering bawa beban berat / penumpang full + barang yah lebih prefer oli buntut 40 dgn kepala se kecil2-nya (5W40 aja)

Kalau pertimbangan budget, bisa consider oli 5W30 yg semi synth macam :
- Kendall GT-1 SAE 5W30 semi synth
- Sainz 5W30 (Genius yah ?)
- Motul H-Tec 5W30

pakai sampai 7500 Km atau 10 bulan yg mana duluan

Dari 10w40 ke 5w30 jamin pasti tarikan kerasa beda, konsumsi BBM juga ada sedikit lebih irit (kalo nyetirnya pulse n glide)
fastering wrote:om turbo, salam kenal sebelumnya.
mobil saya jazz rs 2010. Sekarang kilometer 80.000 lebih. selama ini saya pakai oli mesin shell hx7 10w-40. service rutin tiap 5000km. ganti filter oli setiap ganti oli. mesin masih standar.
apa oli yg saya pakai ini sudah benar om? Dengan kilometer spt sekarang, apakah om turbo punya saran oli mesin yg lebih tepat utk mobil saya om??
90% pemakaian mobil rute ciputat-bandara soetta.
Saya agak kurang paham mslh oli ini om. mohon masukannya om.
terima kasih sebelumnya om
om turbo, mobil saya tidak pernah bawa beban berlebih. Paling banyak cm 3orang om. BBM gambar kerang ron92 om.
kalo boleh tau, harga masing2 dr oli yg om turbo sebutkan di atas berapa ya om?? Dan kira2 dimana saya bs mendapatkan oli tsb om??
Saat penggantian ke 5w-30, cukup ganti filter oli atau perlu engine flush juga om?
limsandy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 116
Joined: Tue Jun 05, 2012 16:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by limsandy »

fastering wrote: om, jarak pemakaian 5000km tdk sampai 3bulan, saya ganti oli hampir setiap bulan om.. Dengan kondisi begini, apakah msh aman dipakai sampai 7000/8000km om??
Aman aja.... Dengan rute mobil anda, rasanya boleh dihajar 10 rb km (2-3 bulan) pake oli yg disebutkan om turbo. :D

Ganti filter oli setiap ganti oli dan jangan sering2 engine oil flush.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

fastering wrote: om, jarak pemakaian 5000km tdk sampai 3bulan, saya ganti oli hampir setiap bulan om.. Dengan kondisi begini, apakah msh aman dipakai sampai 7000/8000km om??
O ini bagus banget kalau odometer muternya cepet

bisa ganti oli setiap 10.000 Km (Full Synth rata2)

Bahkan kalau pakai 5W30 Full Synth yg comply ke MB 229.5 bisa tancap sampai 12 - 15 rb Km (jika jarak tsb dicapai gak lebih dr 11 bulan), asal yg penting filter oli ganti di 10 rb Km (Kalo olinya udah lewat 11 rb Km ganti antara 12 - 15 rb Km tentative sejauh oli masih enak dipakai)
* Bukan ajakan Beli *
fastering
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Thu Sep 05, 2013 19:05

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by fastering »

limsandy wrote:
fastering wrote: om, jarak pemakaian 5000km tdk sampai 3bulan, saya ganti oli hampir setiap bulan om.. Dengan kondisi begini, apakah msh aman dipakai sampai 7000/8000km om??
Aman aja.... Dengan rute mobil anda, rasanya boleh dihajar 10 rb km (2-3 bulan) pake oli yg disebutkan om turbo. :D

Ganti filter oli setiap ganti oli dan jangan sering2 engine oil flush.
okee ooom, terima kasih banyak masukannya om ;)
fastering
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Thu Sep 05, 2013 19:05

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by fastering »

Turboman wrote:
fastering wrote: om, jarak pemakaian 5000km tdk sampai 3bulan, saya ganti oli hampir setiap bulan om.. Dengan kondisi begini, apakah msh aman dipakai sampai 7000/8000km om??
O ini bagus banget kalau odometer muternya cepet

bisa ganti oli setiap 10.000 Km (Full Synth rata2)

Bahkan kalau pakai 5W30 Full Synth yg comply ke MB 229.5 bisa tancap sampai 12 - 15 rb Km (jika jarak tsb dicapai gak lebih dr 11 bulan), asal yg penting filter oli ganti di 10 rb Km (Kalo olinya udah lewat 11 rb Km ganti antara 12 - 15 rb Km tentative sejauh oli masih enak dipakai)
siaap om turboooo..
om, kira2 saya bisa dapatkan oli2 yg om sebutkan itu dmn??
yg tempatnya pasti menjual oli asli.. dan lebih baik lagi kalo harganya manusiawi om.. hehehehehehe
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

fastering wrote: om, kira2 saya bisa dapatkan oli2 yg om sebutkan itu dmn??
yg tempatnya pasti menjual oli asli.. dan lebih baik lagi kalo harganya manusiawi om.. hehehehehehe
Toda

Graha DTMF sebelah bank BCA

Bbrp toko di Atrium Senen

5W30 yg comply ke MB 229.5 :
- Shell helix Ultra 5W30 / Ultra AB 5W30
- Petronas Syntium 3000 LL 5W30
* Bukan ajakan Beli *
fastering
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Thu Sep 05, 2013 19:05

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by fastering »

Turboman wrote:
fastering wrote: om, kira2 saya bisa dapatkan oli2 yg om sebutkan itu dmn??
yg tempatnya pasti menjual oli asli.. dan lebih baik lagi kalo harganya manusiawi om.. hehehehehehe
Toda

Graha DTMF sebelah bank BCA

Bbrp toko di Atrium Senen

5W30 yg comply ke MB 229.5 :
- Shell helix Ultra 5W30 / Ultra AB 5W30
- Petronas Syntium 3000 LL 5W30
okee om turbo.. terima kasih banyak info nya om turbo.. sangat membantu sekali bagi saya om :D
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Kendall GT-1 SAE 5W30 API SN Semi Synth itu juga bisa dipakai jauh, scr teoritis 10 - 12 rb Km asal gak lebih dr 10 bulan gpp, since TBN nya di atas 8 mg KOH dan antiwear cukup tinggi

Cuman kalo mau pake oli above 10 rb Km maka filter olinya ganti di sekitar 9000 - 10.000 Km

di Toda dan Sanjaya Knalpot DTMF lt.2 ada

di toko2 oli pada umumnya kayaknya jual........
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
henz155
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1588
Joined: Thu Nov 11, 2010 15:07
Location: medhan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by henz155 »

Beda oli sintetik dgn semi sintetik apa ya oom?ane di tawarin lucas oil.da yg pernah pakai?klo 5w30 itu semi sintetik,klo 10w40 itu sintetik.bgsan semi sintetik atau sintetik ya oom?
Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

OLi sintetik yg benar2 sintetik dia pakai base oil group 4 & 5
group 4 itu Poly Alfa Olefin
group 5 itu Ester

Oli groups 3 aka Hydrocrack di bbrp negara disebut syntheticm, tapi di bbrp negara gak boleh disebut synthetic, walau kinerjanya udah spt group 4 (PAO)

Semi synthetic adalah campuran antara :
Group II dan Group III
atau
Group II dengan group IV

henz155 wrote:Beda oli sintetik dgn semi sintetik apa ya oom?ane di tawarin lucas oil.da yg pernah pakai?klo 5w30 itu semi sintetik,klo 10w40 itu sintetik.bgsan semi sintetik atau sintetik ya oom?
Lucas 5W30 sticker merah ?

See
http://www.pqiamerica.com/March2013PCMO/lucassynth.htm

Hasilnya gak istimewa om.....
TBN under 8
Antiwear cuman ZDDP gak sampe 900 ppm, lainnya gak ada

VI sih memang tinggi ya

tapi scr overall gak menarik kalo buat saya sih .......kalau benar yg ini ya type-nya

Btw agen Lucas di sini spt-nya sgt gencar pemasarannya ya ?

Btw kalo oli2 buatan US bisa cari hasil testnya di :
http://www.pqiamerica.com
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
henz155
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1588
Joined: Thu Nov 11, 2010 15:07
Location: medhan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by henz155 »

Ok oom.thanx infonya
Image
fastering
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Thu Sep 05, 2013 19:05

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by fastering »

Turboman wrote:Kendall GT-1 SAE 5W30 API SN Semi Synth itu juga bisa dipakai jauh, scr teoritis 10 - 12 rb Km asal gak lebih dr 10 bulan gpp, since TBN nya di atas 8 mg KOH dan antiwear cukup tinggi

Cuman kalo mau pake oli above 10 rb Km maka filter olinya ganti di sekitar 9000 - 10.000 Km

di Toda dan Sanjaya Knalpot DTMF lt.2 ada

di toko2 oli pada umumnya kayaknya jual........
oke om turbo.. soalnya mobil saya hampir setiap bulan selalu ganti oli om, krn hampir setiap hari dipakai. Tapi jarang bgt kena macet yg bener2 stak gak gerak. Makanya saya minta masukan dr om turbo kira2 oli jenis apa yg cocok utk digunakan :)
Jadi kalo nanti saya sudah pake yg 5w-30, jadi cuma 2bulan sekali ganti oli nya :D
Jadi, diantara ;
kendall GT-1 5w-30
Sainz 5w-30
Motul H-Tech 5w-30
Shell ultra 5w-30 / AB 5w-30
om turbo rekomen saya menggunakan yg mana baiknya??
Atau mgkn om turbo bs bantu kasih rating yg terbaik dr jenis oli2 tsb.

oiya om mohon maaf, 1 lagi, penyebab ngelitik pd mesin kira2 krn oli atau bbm ya om?? soalnya kadang kecepatan 120kmh ngelitik parah mobil saya om :? . Sudah berkali kali saya complain ke beres, tetap saja begitu :|
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Soal ngelitik :
- Carbon Clean ruang bakar (Spirit / AMB pro Clean, etc.)
- Carbon Clean intake valve sekalian purging injector (pakai obat spt 3M)
- Bersihkan PCV valve
- Bersihkan MAF sensor pakai MAF sensor spray cleaner
- Check celah busi, setel celah sesuai petunjuk di buku manual, dgn bantuan feeler gauge busi.

Soal oli :
Ganti 2 bulan sekali ?
Apa dalam sebeulan menempuh jarak 5000 Km ??

Sebetulnya penentuan OCI itu begini (Oil Change Interval)
- Jarak atau waktu, yg mana yang duluan tercapai

Jika melihat dari cerita um, maka sebetulnya kondisi kerja mesin dan oli pada mobil om itu ideal, mobil jalan terus dan jarang kena macet sampai stuck........apalagi kalau 5000 Km dicapai hanya dalam 3 bulan maka dalam 6 bulan sudah 10.000 Km maka oli Full Synth rata2 aja bisa ganti per 10.000 Km sekali.

Kalau om ganti oli selama ini tiap bulan.....maka limbah oli tsb masih layak dipakai di mesin lain utk menempuh jarak katakanlah 2000 - 3000 Km (asal saat buang benar2 tidak terkontaminasi)

Yg kondisi gak ideal itu :
Mobil dalam setahun jalan sangat sedikit, misal di bawah 5000 Km, oli pelan2 akan teroksidasi dengan sendiri-nya akibat interaksi dengan udara selama mesin "tidur", apalagi kalau mobil hanya jalan rute2 pendek yg berulang2.

Soal pemilihan oli :
Nah budgetnya mau yg brp per L nya :mrgreen:
fastering wrote: oke om turbo.. soalnya mobil saya hampir setiap bulan selalu ganti oli om, krn hampir setiap hari dipakai. Tapi jarang bgt kena macet yg bener2 stak gak gerak. Makanya saya minta masukan dr om turbo kira2 oli jenis apa yg cocok utk digunakan :)
Jadi kalo nanti saya sudah pake yg 5w-30, jadi cuma 2bulan sekali ganti oli nya :D
Jadi, diantara ;
kendall GT-1 5w-30
Sainz 5w-30
Motul H-Tech 5w-30
Shell ultra 5w-30 / AB 5w-30
om turbo rekomen saya menggunakan yg mana baiknya??
Atau mgkn om turbo bs bantu kasih rating yg terbaik dr jenis oli2 tsb.

oiya om mohon maaf, 1 lagi, penyebab ngelitik pd mesin kira2 krn oli atau bbm ya om?? soalnya kadang kecepatan 120kmh ngelitik parah mobil saya om :? . Sudah berkali kali saya complain ke beres, tetap saja begitu :|
* Bukan ajakan Beli *
fastering
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Thu Sep 05, 2013 19:05

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by fastering »

Turboman wrote:Soal ngelitik :
- Carbon Clean ruang bakar (Spirit / AMB pro Clean, etc.)
- Carbon Clean intake valve sekalian purging injector (pakai obat spt 3M)
- Bersihkan PCV valve
- Bersihkan MAF sensor pakai MAF sensor spray cleaner
- Check celah busi, setel celah sesuai petunjuk di buku manual, dgn bantuan feeler gauge busi.

Soal oli :
Ganti 2 bulan sekali ?
Apa dalam sebeulan menempuh jarak 5000 Km ??

Sebetulnya penentuan OCI itu begini (Oil Change Interval)
- Jarak atau waktu, yg mana yang duluan tercapai

Jika melihat dari cerita um, maka sebetulnya kondisi kerja mesin dan oli pada mobil om itu ideal, mobil jalan terus dan jarang kena macet sampai stuck........apalagi kalau 5000 Km dicapai hanya dalam 3 bulan maka dalam 6 bulan sudah 10.000 Km maka oli Full Synth rata2 aja bisa ganti per 10.000 Km sekali.

Kalau om ganti oli selama ini tiap bulan.....maka limbah oli tsb masih layak dipakai di mesin lain utk menempuh jarak katakanlah 2000 - 3000 Km (asal saat buang benar2 tidak terkontaminasi)

Yg kondisi gak ideal itu :
Mobil dalam setahun jalan sangat sedikit, misal di bawah 5000 Km, oli pelan2 akan teroksidasi dengan sendiri-nya akibat interaksi dengan udara selama mesin "tidur", apalagi kalau mobil hanya jalan rute2 pendek yg berulang2.

Soal pemilihan oli :
Nah budgetnya mau yg brp per L nya :mrgreen:
fastering wrote: oke om turbo.. soalnya mobil saya hampir setiap bulan selalu ganti oli om, krn hampir setiap hari dipakai. Tapi jarang bgt kena macet yg bener2 stak gak gerak. Makanya saya minta masukan dr om turbo kira2 oli jenis apa yg cocok utk digunakan :)
Jadi kalo nanti saya sudah pake yg 5w-30, jadi cuma 2bulan sekali ganti oli nya :D
Jadi, diantara ;
kendall GT-1 5w-30
Sainz 5w-30
Motul H-Tech 5w-30
Shell ultra 5w-30 / AB 5w-30
om turbo rekomen saya menggunakan yg mana baiknya??
Atau mgkn om turbo bs bantu kasih rating yg terbaik dr jenis oli2 tsb.

oiya om mohon maaf, 1 lagi, penyebab ngelitik pd mesin kira2 krn oli atau bbm ya om?? soalnya kadang kecepatan 120kmh ngelitik parah mobil saya om :? . Sudah berkali kali saya complain ke beres, tetap saja begitu :|
Masalah ngelitik ;
oke om, sudah tak catat ;)

Masalah oli ;
Biasanya 5000km tercapai paling lama 2bulan & paling cepat 1,5bulan om. Tapi saya biasanya ganti oli patokannya tiap bulan krn berpikiran mobil selalu dipakai, jd biar kondisi mesin tetap fit. Pemborosan bgt ya om turbo??
Makanya saya pgn pakai oli yg durasi pemakaian yg lebih lama. Krn supaya lebif efektif, tdk tiap bentar kebengkel utk ganti oli dan mgkn bs membantu menekan biaya pengeluaran om :)
(atau mgkn ada oli yg bs dipakai lebih dr 10.000km :D )
Kalo gaya mengemudi std lah om. sebelum RPM 3000 udah masuk gigi. Kalo pun terpaksa ya paling tinggi 5000 atau 6000 br masuk gigi(Tp jarang bgt sampai kykgn om).

Dgn kondisi skrg, kalo saya liat indikator, 1L msh dapet utk 14 / 16 kilo. Tapi kalo habis ganti oli, utk 1000 / 2000km pertama, 1L bs dapet utk 18 / 20 kilo. Menurut om kira2 mobil saya irit atau boros ya om?

Masalah budget mgkn kira2 dibawah 500ribu atau 600ribu lah om udah termasuk sm filter oli 35ribu om :) (Tp kalo ada yg lebih murah dgn kualitas tdk terpaut jauh, buat apa pakai yg mahal kan om).
Dan yg penting efeknya positif utk mesin dalam jangka panjang om.
hmmm mgkn om tau harga dr masing2 oli yg om turbo sarankan ke saya itu. Bisa jd referensi/bahan pertimbangan saya om. hehehehehehe

#maaf ya om turbo saya terlalu jelimet :big_peace:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Kondisi pemakaian mobil um itu ideal buat long drain OCI

Oli pakenya 3,5 L yah ?

Shell Helix Ultra 5W30 / Ultra AB 5W30 harga sekitar Rp. 130 rb / L - kalau belom naek (DTMF / Atrium senen)
petronas Syntium 3000 LL 5W30 Rp 125 rb / L (Atrium)

Atau kalau mau yg lebih mudah didapat dgn harga terjangkau :
Shell HX8 - 5w30 (walau kalah kelas sedikit dibanding Ultra AB 5W30), harga Rp 90 - 102 rb / L
Kendall GT-1 SAE 5W30 API SN semi synth, harga Rp. 85 - 90 rebu sekian / L

Semua bisa pakai 10.000 Km utk memudahkan pencatatan, ganti oli juga gak usah pas banget, 10.000 rb lebih dikit juga gpp kalo kondisi pemakaian spt um sih

Kalau SHU 5W30 / AB 5W30 / Syntium 3000 LL 5W30 itu dgn kondisi um malah scr teoritis bisa pakai up to 15.000 Km (atau gak lebih dr 11 bulan), cuman yah kalo mau test sih nanti di atas 11 rb Km ganti olinya tentative aja, kalau dirasa udah gak enak yah ganti aja.......juga filter oli-nya ganti antara 9000 - 10.000 Km

Posisi um di Jkt sebelah mana ?
fastering wrote: Masalah budget mgkn kira2 dibawah 500ribu atau 600ribu lah om udah termasuk sm filter oli 35ribu om :) (Tp kalo ada yg lebih murah dgn kualitas tdk terpaut jauh, buat apa pakai yg mahal kan om).
Dan yg penting efeknya positif utk mesin dalam jangka panjang om.
hmmm mgkn om tau harga dr masing2 oli yg om turbo sarankan ke saya itu. Bisa jd referensi/bahan pertimbangan saya om. hehehehehehe

#maaf ya om turbo saya terlalu jelimet :big_peace:
* Bukan ajakan Beli *
fastering
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Thu Sep 05, 2013 19:05

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by fastering »

Turboman wrote:Kondisi pemakaian mobil um itu ideal buat long drain OCI

Oli pakenya 3,5 L yah ?

Shell Helix Ultra 5W30 / Ultra AB 5W30 harga sekitar Rp. 130 rb / L - kalau belom naek (DTMF / Atrium senen)
petronas Syntium 3000 LL 5W30 Rp 125 rb / L (Atrium)

Atau kalau mau yg lebih mudah didapat dgn harga terjangkau :
Shell HX8 - 5w30 (walau kalah kelas sedikit dibanding Ultra AB 5W30), harga Rp 90 - 102 rb / L
Kendall GT-1 SAE 5W30 API SN semi synth, harga Rp. 85 - 90 rebu sekian / L

Semua bisa pakai 10.000 Km utk memudahkan pencatatan, ganti oli juga gak usah pas banget, 10.000 rb lebih dikit juga gpp kalo kondisi pemakaian spt um sih

Kalau SHU 5W30 / AB 5W30 / Syntium 3000 LL 5W30 itu dgn kondisi um malah scr teoritis bisa pakai up to 15.000 Km (atau gak lebih dr 11 bulan), cuman yah kalo mau test sih nanti di atas 11 rb Km ganti olinya tentative aja, kalau dirasa udah gak enak yah ganti aja.......juga filter oli-nya ganti antara 9000 - 10.000 Km

Posisi um di Jkt sebelah mana ?
fastering wrote: Masalah budget mgkn kira2 dibawah 500ribu atau 600ribu lah om udah termasuk sm filter oli 35ribu om :) (Tp kalo ada yg lebih murah dgn kualitas tdk terpaut jauh, buat apa pakai yg mahal kan om).
Dan yg penting efeknya positif utk mesin dalam jangka panjang om.
hmmm mgkn om tau harga dr masing2 oli yg om turbo sarankan ke saya itu. Bisa jd referensi/bahan pertimbangan saya om. hehehehehehe

#maaf ya om turbo saya terlalu jelimet :big_peace:
hmmm kalo dari kata2nya om turbo, saya udah paham apa yg mesti saya pake ;)

saya tinggal diciputat om, dekat lebak bulus(jakarta selatan om).. knp om??
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

fastering wrote: hmmm kalo dari kata2nya om turbo, saya udah paham apa yg mesti saya pake ;)

saya tinggal diciputat om, dekat lebak bulus(jakarta selatan om).. knp om??
Nah sip, dari situ ke DTMF gak jauh, atau ke Toda Radio Dalam juga gak jauh

mantep deh
* Bukan ajakan Beli *
fastering
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Thu Sep 05, 2013 19:05

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by fastering »

Turboman wrote:
fastering wrote: hmmm kalo dari kata2nya om turbo, saya udah paham apa yg mesti saya pake ;)

saya tinggal diciputat om, dekat lebak bulus(jakarta selatan om).. knp om??
Nah sip, dari situ ke DTMF gak jauh, atau ke Toda Radio Dalam juga gak jauh

mantep deh
siaaap om turbo.. terima kasih banyak sebelumnya atas info nya ya om :angel:
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by ecco »

DOHC wrote:
ecco wrote:Om2 sekalian, mau tanya dong. Kalo beli kunci mangkok buat buka filter oli di mane ye? Ane ke Ace Alsut kudu beli 1 set...bujug deh, padahal ane cuman butuh yg 64mm buat yaris ane...kalo ada yang tau daerah serpong Alsut...kabarin yah...
coba cari di LTC atau glodok om alat2 perbengkelan gtuan... mreka jual eceran koq...

tp kalo saran ane sehh drpd beli yg mangkok, mending beli yg universal... either yg pake belt atau yg model 2 way oil filter wrench...
thanks Om, akhirnya dapat nih di ACE Grand Indo - pas tinggal 1 biji lagi. Yang model ada kakinya 3 dan diputer bisa membesar mengecil 60-90mm :big_peace: siap2 ganti oli sendiri, seumur2 blom pernah ganti filter oli sendiri :big_blushing:
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by ecco »

Ada yang tau dimana bisa beli Redline ATF D6? :thanks: kalo ane baca kan udah bisa buat Toyota WS tuh...
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

ecco wrote:Ada yang tau dimana bisa beli Redline ATF D6? :thanks: kalo ane baca kan udah bisa buat Toyota WS tuh...
Coba di cek di Toda atau Graha, tapi D6 lebih jarang terlihat ada dibanding yg D4 ATF

Kalau mau beli sedus bisa hubungi Distro-nya, google : PT Millenia (distro meguiar & Clifford alarm juga)
* Bukan ajakan Beli *
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

mengenai filter oli 2 way wrench tsb... sbaiknya dipakai cuman pas buat ngebuka filter oli nya aja om... pengalaman soalnya ntuh filter malah ngerusak bodi si filter tsb... cuman karena emang mau diganti kan yah gapapa... nahh ntar kencengin filter oli baru nya yahh pake tangan aja sekuat tenaga... sejauh ini sehh ane slalu kaya gt dan ntuh filter tetep kuat koq nempel di tempat nya... drpd pake ntuh 2 way wrench buat kencengin... malah bkin bonyok body filter oli nya ntar... salah2 malah bikin bolong
ecco wrote:
DOHC wrote:
ecco wrote:Om2 sekalian, mau tanya dong. Kalo beli kunci mangkok buat buka filter oli di mane ye? Ane ke Ace Alsut kudu beli 1 set...bujug deh, padahal ane cuman butuh yg 64mm buat yaris ane...kalo ada yang tau daerah serpong Alsut...kabarin yah...
coba cari di LTC atau glodok om alat2 perbengkelan gtuan... mreka jual eceran koq...

tp kalo saran ane sehh drpd beli yg mangkok, mending beli yg universal... either yg pake belt atau yg model 2 way oil filter wrench...
thanks Om, akhirnya dapat nih di ACE Grand Indo - pas tinggal 1 biji lagi. Yang model ada kakinya 3 dan diputer bisa membesar mengecil 60-90mm :big_peace: siap2 ganti oli sendiri, seumur2 blom pernah ganti filter oli sendiri :big_blushing:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

DOHC wrote:mengenai filter oli 2 way wrench tsb... sbaiknya dipakai cuman pas buat ngebuka filter oli nya aja om... pengalaman soalnya ntuh filter malah ngerusak bodi si filter tsb... cuman karena emang mau diganti kan yah gapapa... nahh ntar kencengin filter oli baru nya yahh pake tangan aja sekuat tenaga... sejauh ini sehh ane slalu kaya gt dan ntuh filter tetep kuat koq nempel di tempat nya... drpd pake ntuh 2 way wrench buat kencengin... malah bkin bonyok body filter oli nya ntar... salah2 malah bikin bolong
Very agree....kunci filter kaki 3 cuman buat ngebuka filter

pasang filter oli sih pakai tangan aja dan kencengin secukupnya pakai kunci yg kayak sabuk dari kaleng tipis itu

Btw ecco kayaknya susah amat cari kunci filter....di toko2 kunci di sentra2 spare parts banyak yg jual gituan
* Bukan ajakan Beli *
fastering
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Thu Sep 05, 2013 19:05

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by fastering »

Om turbo, td saya ke toda. Jadinya ganti oli yg shell hx8 5w-30 om.. Soalnya, cuma itu aja jenis shell yg ada disana om.
Tapi itu API SL gpp kan ya om??
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

fastering wrote:Om turbo, td saya ke toda. Jadinya ganti oli yg shell hx8 5w-30 om.. Soalnya, cuma itu aja jenis shell yg ada disana om.
Tapi itu API SL gpp kan ya om??
bagus malah.....API SL khan kadar ZDDP nya lebih tinggi drpd API SM :mrgreen:

API SM itu bukan lebih hebat dr SL, dia lebih ramah thd Cat Conv aja......buat perlindungan valvetrain sih bagusan API SL
* Bukan ajakan Beli *