Santa Fe 2012
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2782
- Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
- Location: surabaya rek
Re: Santa Fe 2012
TP dimananya om claude ? ntar wa mau mampir dah
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1319
- Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
- Location: Surabaya
Re: Santa Fe 2012
di TP3 depan nike dan banana republic itu..
harga OTR surabaya 460 jt.
harga OTR surabaya 460 jt.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 194
- Joined: Sun Jul 29, 2012 7:57
Re: Santa Fe 2012
@turboman, sorry, maksud saya kalo baris ke-3 santafe hanya utk anak kecil, berarti bisa dianggap 5 seater, jadi saya anggap kayak kelasnya crv n cx5... 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2782
- Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
- Location: surabaya rek
Re: Santa Fe 2012
Kl dibanding ama cx5 atau crv build quality interiornya bagusan mana om claude ?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 282
- Joined: Wed Jun 13, 2012 9:11
- Location: Persebaya sampe tuek
- Daily Vehicle: Venturer + cx9 sky + mobilio rs mt
Re: Santa Fe 2012
Mungkin build quality antara sama atau lebih baik santafe. Cuman karena santafe di item in semua warna interiornya, jadi ga nampak bagusnya. Crv lebih standout karena lebih variasi main warna interiornya, terutama yang bikin bagus jok kulit warna coklat nya. Too bad santafe, could've been much better
Cars have soul.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2782
- Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
- Location: surabaya rek
Re: Santa Fe 2012
Cx5 juga plain kok . pada item semua . Tp masih kliatan mewah .
Kl Crv mmg menang di kombinasi warna dan desain wlpun kombinasi warna bagusan gen3 sih .
Makanya penasaran apakah masih di taraf di atasnya tucson dikit levelnya ya .
Kl Crv mmg menang di kombinasi warna dan desain wlpun kombinasi warna bagusan gen3 sih .
Makanya penasaran apakah masih di taraf di atasnya tucson dikit levelnya ya .
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: Santa Fe 2012
Ada apa tuh om? Bukannya sama persis ya kayak gen 3?Turboman wrote:
Emangnya CRV gen.4 ada baris ke 3 nya yaa ?![]()
Btw kalo ada yg udah lihat2 CRV gen.4, terutama yg 2.0 Matic dan tuas transmisinya......bandingin ama tuas transmisi CRV gen.3 - 2.0 Matic dah........perhatikan baik2 deh..........ini hal yg bikin ane menjadi ngeri sama gen.4 - 2.0 matic
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1319
- Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
- Location: Surabaya
Re: Santa Fe 2012
kabin crv itu indah dan lapang, tetapi bahan materialnya tdk jauh beda dgn veloz.
cx5 kesan plain, tapi bahan materialnya bagus, finishingnya ok, kesannya tdk bakal bunyi2.
santafe sekilas bagus, sy belum puas coba2 gara2 terlalu ramai.
sebagian sudah softpadded, tapi entah kenapa kok rasanya kurang mewah ya.
terutama bagian tengah dashboard, mgkn dari tombol2nya, layar HU nya ya.
panoramic + sunroof nya identik dengan ANS Platinum dan Tucson XG punya..

cx5 kesan plain, tapi bahan materialnya bagus, finishingnya ok, kesannya tdk bakal bunyi2.

santafe sekilas bagus, sy belum puas coba2 gara2 terlalu ramai.
sebagian sudah softpadded, tapi entah kenapa kok rasanya kurang mewah ya.
terutama bagian tengah dashboard, mgkn dari tombol2nya, layar HU nya ya.
panoramic + sunroof nya identik dengan ANS Platinum dan Tucson XG punya..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 977
- Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
- Location: sby
Re: Santa Fe 2012
waktu lihat di iims ya memang masih terasa kurang bagus untuk material interior. belum bisa menunjukkan kesan mewah.
sepertinya bakalan seperti captiva, yg diunggulkan hanya mesin saja.
sepertinya bakalan seperti captiva, yg diunggulkan hanya mesin saja.

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 299
- Joined: Fri Apr 25, 2008 5:29
Re: Santa Fe 2012
Kalau mau semuanya TOP , mesin joss, fitur komplit, handling top, interior mewah....beli Range Rover Sport bro.Good_boy86 wrote:waktu lihat di iims ya memang masih terasa kurang bagus untuk material interior. belum bisa menunjukkan kesan mewah.
sepertinya bakalan seperti captiva, yg diunggulkan hanya mesin saja.

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Santa Fe 2012
@pak garfield :
Report test drive singkat Santa Fe ada diulas di APG
APG adalah media yg mereport scr objektif, karena APG adalah media independent
Report test drive singkat Santa Fe ada diulas di APG
APG adalah media yg mereport scr objektif, karena APG adalah media independent

* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Fri Oct 19, 2012 9:13
- Location: JAKARTA
Re: Santa Fe 2012
Memang sangat disayangkan Hyundai Indonesia hanya mengeluarkan 1 tipe buat Santa Fe
, sehingga konsumen di Indonesia tidak punya opsi memiliki paket full optional yg banyak dipuji di Eropa dan USA yg menjadi alasan ane meminang "Santi"
. Mungkin alasan spec down-nya dilematis
guna menekan harga jual karena Santa Fe punya handicap dimasukkan dalam kondisi CBU dari Korea sehingga dikenakan tarif bea masuk dan pajak dalam rangka impor yg lebih tinggi dibandingkan para rivalnya:
a) mobil dimasukkan CKD yg dirakit di dalam negeri seperti Fortuner, CRV, X-trail;
b) mobil dimasukkan CBU dari Negara ASEAN menikmati skema CEPT (ASEAN Free Trade Area) seperti Pajero Sport, Captiva, Trail Blazer;
c) mobil CBU dari Jepang yang menggunakan skema IJIEPA.
Klo menurut pendapat ane, ada baiknya Hyundai Indonesia memasukkan lebih dari 1 tipe seperti Australia (3 tipe) atau kayak mobil2 eropa yg memberikan pilihan menu optional bagi konsumen, sehingga konsumen mempunyai keleluasaan membeli produk yang diminati sesuai budgetnya dan menilai sendiri apakah produk tersebut overprice atau tidak
Btw ane satisfied telah memiliki Santa Fe
, driving pleasure dgn segenap plus-minus yang dimilikinya masih diatas mobil2 yg ane mention di atas karena pernah ane kendarai baik punya sendiri maupun kantor, seperti sarannya Om Turbo "test drive donk........"
Dan terakhir memang model Santa Fe yg dimasukkan di Indonesia bukan buat tiga baris (versi "short"), klo yg diperuntukkan buat tiga baris (versi "long"-nya) baru dipasarkan klo ngga salah awal 2013 di USA.



a) mobil dimasukkan CKD yg dirakit di dalam negeri seperti Fortuner, CRV, X-trail;
b) mobil dimasukkan CBU dari Negara ASEAN menikmati skema CEPT (ASEAN Free Trade Area) seperti Pajero Sport, Captiva, Trail Blazer;
c) mobil CBU dari Jepang yang menggunakan skema IJIEPA.
Klo menurut pendapat ane, ada baiknya Hyundai Indonesia memasukkan lebih dari 1 tipe seperti Australia (3 tipe) atau kayak mobil2 eropa yg memberikan pilihan menu optional bagi konsumen, sehingga konsumen mempunyai keleluasaan membeli produk yang diminati sesuai budgetnya dan menilai sendiri apakah produk tersebut overprice atau tidak

Btw ane satisfied telah memiliki Santa Fe


Dan terakhir memang model Santa Fe yg dimasukkan di Indonesia bukan buat tiga baris (versi "short"), klo yg diperuntukkan buat tiga baris (versi "long"-nya) baru dipasarkan klo ngga salah awal 2013 di USA.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: Santa Fe 2012
Mungkin kalau yg long, baris ke 3 nya sangat manusiawi ya? Saya sdh baca mengenai Review Produk Santa Fe, namun menurut saya masih terlalu dangkal apabila dibandingkan reviewnya om modjay. Ayo donk om modjay suruh org Hyundai tiba2 bawa Santapi ke rumah 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Santa Fe 2012
@campoeran: mengenai build quality masih lebih bagus CX-5 daripada santa fe, demikian juga dengan material interior yang digunakan. Kebetulan saat IIMS kemarin saya sempat kasih tanda jadi untuk inden santa fe walaupun akhirnya ambil CX-5.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1319
- Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
- Location: Surabaya
Re: Santa Fe 2012
santa fe yg SWB seperti yg beredar di indo kalau tdk salah panjangnya mendekati 4.7 m.
sedangkan santa fe yg LWB yg utk 3 baris itu panjangnya lebih dari 4.9 m, jadi minimal ada selisih 20 cm sendiri.
sedangkan santa fe yg LWB yg utk 3 baris itu panjangnya lebih dari 4.9 m, jadi minimal ada selisih 20 cm sendiri.
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Wed Aug 29, 2012 15:20
Re: Santa Fe 2012
Rekan rekan S.M.,
Aku baru bicara dengan sales Hyundai soal Santa Fe yang di indent.
Ini informasi yang aku dapat:
1) Lampu depan Santa Fe sedang di ganti dengan yang HID.
(Aku lupa tanya, apakah Santa Fe dari dealer lain juga dapat HID.)
2) Plat STNK sementara masih belum bisa dikeluarkan dulu.
Quotanya Hyundai habis, harus narik plat sementara yang telah beredar, baru bisa di keluarkan yang baru.
Minggu depan baru ada kabar yang lebih jelas lagi.
3) Proses untuk STNK resmi lebih lama dari biasanya, karena mobil CBU baru, dan belum terdaftar di komputer.
4) Tidak dapat GPS (kecuali salesnya mau korban komisi mereka)
5) Barangnya sudah ready, siap dikirim kerumah (tapi tanpa STNK).
Tolong di koreksi kalau informasi di atas ternyata tidak benar.
Aku baru bicara dengan sales Hyundai soal Santa Fe yang di indent.
Ini informasi yang aku dapat:
1) Lampu depan Santa Fe sedang di ganti dengan yang HID.
(Aku lupa tanya, apakah Santa Fe dari dealer lain juga dapat HID.)
2) Plat STNK sementara masih belum bisa dikeluarkan dulu.
Quotanya Hyundai habis, harus narik plat sementara yang telah beredar, baru bisa di keluarkan yang baru.
Minggu depan baru ada kabar yang lebih jelas lagi.
3) Proses untuk STNK resmi lebih lama dari biasanya, karena mobil CBU baru, dan belum terdaftar di komputer.
4) Tidak dapat GPS (kecuali salesnya mau korban komisi mereka)
5) Barangnya sudah ready, siap dikirim kerumah (tapi tanpa STNK).
Tolong di koreksi kalau informasi di atas ternyata tidak benar.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1023
- Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17
Re: Santa Fe 2012
^ Santa Fe baru bukannya memang udah dapat HID sebagai perlengkapan standar? cmiiw
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Santa Fe 2012
Belphegor wrote:Mungkin kalau yg long, baris ke 3 nya sangat manusiawi ya? Saya sdh baca mengenai Review Produk Santa Fe, namun menurut saya masih terlalu dangkal apabila dibandingkan reviewnya om modjay. Ayo donk om modjay suruh org Hyundai tiba2 bawa Santapi ke rumah
hush.... hehehe.. sepertinya saya ga perlu review lg nih.. sudah ada dr oom turboman dan master naldo juga sudah ada yang unitnya datang kerumah... sepertinya masukan dari master2 diatas jauh lebih berbobot dan objective..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Wed Aug 29, 2012 15:20
Re: Santa Fe 2012
Oops, betul juga bro, aku langsung baca brosurnya lagi. Hebat, teliti juga.boilers wrote:^ Santa Fe baru bukannya memang udah dapat HID sebagai perlengkapan standar? cmiiw

Maklum, karena hampir setiap fitur premium nya Santa Fe yang masuk Indonesia ditiadakan, sudah agak kecewa dulu.
Kaget waktu dengar mobilnya sedang dipasang HID.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 282
- Joined: Wed Jun 13, 2012 9:11
- Location: Persebaya sampe tuek
- Daily Vehicle: Venturer + cx9 sky + mobilio rs mt
Re: Santa Fe 2012
Setelah cuman review dari liat2 di pameran, kemaren barusan Test Drive New Santafe
1. Suara mesinnya mengagetkan! Bahkan dari luar pun terkesan seperti gasoline. Suaranya lembut sekali, dan didalam kabin sudah tidak terdengar apa-apa, kecuali kalau kita full throttle. Itu pun masih halus.
2. Performa mesinnya top of the TOP!! Mengalahkan semua SUV 2 dan 3 kabin saingannya yang ada. Antara injakan kaki terhadap throttle terhadap respon mesin sangat spontan. Six speed transmission nya benar2 membuat mobil ini tidak pernah kehilangan torsi di setiap langkah. Apalagi kalau sudah kita geser ke kiri tuas transmisi dari D ke manual, bodi nya yang compact diisi power dan torsi begitu besar langsung melompat luar biasa. NOTICE: Salesnya sendiri sudah bilang HARUS DEX atau Shell
3. Putaran setirnya cukup ringan, mengingatkan pada karakter Xtrail T30 punya saya dulu, namun versi stabilnya
4. Sempat melewati sedikit jalan tidak rata (tanjakan2 menuju parkiran mall), tidak ada indikasi bunyi2an sama sekali, kesan pemasangan2 dashboard, kursi2 yang firm bisa dirasakan. Bantingan lebih empuk dari pada CRV 2011
5. Sudah pakai HID, sekitar 5500K mungkin. Ada sedikit biru,namun dominasi putih. Tapi Foglamp kuningnya bikin kontras jadi kelihatan jelek kalau dinyalain semua. Kudu invest HID untuk foglamp. Pastikan dulu pada pihak Hyundai kelvin nya berapa jadi tidak belang HID foglamp sama headlampnya nanti
6. Bunyi "tik tik" yang biasanya muncul di dalam kabin ketika kita menyalakan lampu sein, diganti dengan bunyi lain yang kesannya agak lucu
Nanti kalo test drive coba sendiri deh, sulit jelasinnya.
7. Velg ring 19 nya berimbas pada tekanan ban yang kudu lebih tinggi. Di pintu, tulisannya kudu 33 psi rata.
8. Bentuk kap mesin yang menurun, membuat bagian tersebut menjadi blind spot paling kentara dari semua bagian. Ditambah posisi duduk yang seperti sedan, membuat pengemudi harus lebih extra membiasakan feelingnya terhadap blind spot tersebut.
9. Warna lampu2 didashboard 95% biru hmmm
10. Setelah menyetel posisi duduk driver yang nyaman dan berkesan agak rebah dan agak mundur (tidak terlalu rebah kayak orang males nyetir, tidak tegak kayak supir), saya coba berpindah ke belakang. Sisa ruang kaki masih nyaman
11. Ada program buyback 70% sampai 3 tahun. Well, masih tinggi depresiasinya dibanding saingan2nya. Inilah downside paling keliatan di merk Santafe. Selain hal tersebut, semuanya sudah diatas rata2 saingannya. Semoga saja tipe ini bisa segera diterima masyarakat yang lebih luas seperti hal nya Chevrolet Captiva yang start nya juga sebagai merk inferior di Indonesia
Thanks for reading brotherss
1. Suara mesinnya mengagetkan! Bahkan dari luar pun terkesan seperti gasoline. Suaranya lembut sekali, dan didalam kabin sudah tidak terdengar apa-apa, kecuali kalau kita full throttle. Itu pun masih halus.
2. Performa mesinnya top of the TOP!! Mengalahkan semua SUV 2 dan 3 kabin saingannya yang ada. Antara injakan kaki terhadap throttle terhadap respon mesin sangat spontan. Six speed transmission nya benar2 membuat mobil ini tidak pernah kehilangan torsi di setiap langkah. Apalagi kalau sudah kita geser ke kiri tuas transmisi dari D ke manual, bodi nya yang compact diisi power dan torsi begitu besar langsung melompat luar biasa. NOTICE: Salesnya sendiri sudah bilang HARUS DEX atau Shell
3. Putaran setirnya cukup ringan, mengingatkan pada karakter Xtrail T30 punya saya dulu, namun versi stabilnya
4. Sempat melewati sedikit jalan tidak rata (tanjakan2 menuju parkiran mall), tidak ada indikasi bunyi2an sama sekali, kesan pemasangan2 dashboard, kursi2 yang firm bisa dirasakan. Bantingan lebih empuk dari pada CRV 2011
5. Sudah pakai HID, sekitar 5500K mungkin. Ada sedikit biru,namun dominasi putih. Tapi Foglamp kuningnya bikin kontras jadi kelihatan jelek kalau dinyalain semua. Kudu invest HID untuk foglamp. Pastikan dulu pada pihak Hyundai kelvin nya berapa jadi tidak belang HID foglamp sama headlampnya nanti
6. Bunyi "tik tik" yang biasanya muncul di dalam kabin ketika kita menyalakan lampu sein, diganti dengan bunyi lain yang kesannya agak lucu

7. Velg ring 19 nya berimbas pada tekanan ban yang kudu lebih tinggi. Di pintu, tulisannya kudu 33 psi rata.
8. Bentuk kap mesin yang menurun, membuat bagian tersebut menjadi blind spot paling kentara dari semua bagian. Ditambah posisi duduk yang seperti sedan, membuat pengemudi harus lebih extra membiasakan feelingnya terhadap blind spot tersebut.
9. Warna lampu2 didashboard 95% biru hmmm

10. Setelah menyetel posisi duduk driver yang nyaman dan berkesan agak rebah dan agak mundur (tidak terlalu rebah kayak orang males nyetir, tidak tegak kayak supir), saya coba berpindah ke belakang. Sisa ruang kaki masih nyaman

11. Ada program buyback 70% sampai 3 tahun. Well, masih tinggi depresiasinya dibanding saingan2nya. Inilah downside paling keliatan di merk Santafe. Selain hal tersebut, semuanya sudah diatas rata2 saingannya. Semoga saja tipe ini bisa segera diterima masyarakat yang lebih luas seperti hal nya Chevrolet Captiva yang start nya juga sebagai merk inferior di Indonesia
Thanks for reading brotherss

Last edited by akulemu on Sat Oct 27, 2012 4:37, edited 1 time in total.
Cars have soul.
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Santa Fe 2012
Memang All new Santa Fe ini adalah mobil yg terasa keunggulannya setelah kita test drive, terutama coba jalan cepat.
Kadang ane heran juga sama bbrp calon konsumen yg menyimpulkan sebuah mobil hanya scr pengamatan statis tanpa test drive.......Lha, emangnya mobil itu Furniture / lemari apa ya ???
Buat no. 8 : maybe om akulemu terbiasa bawa mobil yg kap mesinnya agak rata, kalau terbiasa bawa Ipah maka akan lebih nyaman bawa mobil yg kap mesinnya menurun, saat parkir depan kita tinggal lihat jarak cahaya dr lampu depan thd tembok / mobil di depan aja.
Sayang aja HMI hanya masukkin 1 type dgn fitur kepalang tanggung, andai masukkin 1 variant yg basic dgn fitur std dan satunya Full option dan dengan harga perkenalan yg menarik, maka masyarakat akan lebih bisa menilai.
Juga yg penting harga fast moving parts-nya, terutama filter solarnya harus bersahabat
Just IMO
Kadang ane heran juga sama bbrp calon konsumen yg menyimpulkan sebuah mobil hanya scr pengamatan statis tanpa test drive.......Lha, emangnya mobil itu Furniture / lemari apa ya ???

Buat no. 8 : maybe om akulemu terbiasa bawa mobil yg kap mesinnya agak rata, kalau terbiasa bawa Ipah maka akan lebih nyaman bawa mobil yg kap mesinnya menurun, saat parkir depan kita tinggal lihat jarak cahaya dr lampu depan thd tembok / mobil di depan aja.
Sayang aja HMI hanya masukkin 1 type dgn fitur kepalang tanggung, andai masukkin 1 variant yg basic dgn fitur std dan satunya Full option dan dengan harga perkenalan yg menarik, maka masyarakat akan lebih bisa menilai.
Juga yg penting harga fast moving parts-nya, terutama filter solarnya harus bersahabat
Just IMO
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27
Re: Santa Fe 2012
nice review om turbo dan om Aku, sedang ada pameran di Living World Alam Sutra disertai dgn sesi test drive hari ini, bagi yg penasaran boleh langsung dtg dan TD langsung
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1401
- Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14
Re: Santa Fe 2012
Ada kabar akan keluar versi 4x4.
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Tue Jul 31, 2012 3:17
Re: Santa Fe 2012
Permisi agan2. Mau nimbrung kasih review santa fe 2013 nih. Kebetulan abis test drive. Hehehe.
1. Suspensi: Pertama tama yg ane perhatiin tu suspensi. Soalnya kepingin cari2 yg empuk, yg bisa mengatasi jalanan surabaya yg penuh lubang. Setelah saya test, ternyata bantingan suspensi lembut bgt, empuk. Ane bener2 kaget, ternyata hyundai bisa se-enak ini. Klo dibandingin crv, pajero, captiva, harrier, mah kalah empuk semua mnurut ane. Tp tdk dipungkiri, gejalan limbung masih ada sedikit, mengingat body'nya jg cukup besar. Buat data aja, depan pake mcpherson strut, blkng pake multi-link.
2. Performa. Mesin 2.2 diesel turbo vgt (195HP, 445Nm) TOP markotob, halus dan lembut, suaranya ky mesin bensin klo dr dalem. Untuk tarikan, captiva ma pajero mah dilalap. Tarikannya itu lo, lembut ga ky rivalnya yg kasar. Sampe2 spinning beberapa kali waktu bejek gas. Mungkin jg karena ga ada traction control. Bener2 ga nduga lah sama performanya. Cukup memukau. Performa itu jg dibantu sama transmisi 6-speed yg sigap nan halus.
3. Kenyamanan. Santafe ini cukup hening di dalam, suara angin, roda, dan mesin bisa diredam dgn baik. Sangat nyaman. Posisi duduk mudah didapat, jok kulit yg empuk dilengkapi power seat, dan jg lumbar support 4-way. Tp sayangnya jok kiri hanya bisa diatur secara manual (tanpa seat height). Santafe ini dilengkapi blower AC di row ke-2 dan ke-3, tp tempat duduk paling blkng sempit bgt, itu lbh cocok untuk anak kecil 2 org. Kemudian layar MID yg berada di speedo bisa mengatur beberapa settingan mobil. Dengan ada-nya panoramic sunroof bikin santafe ini makin menarik. Setirnya jg cukup mantap.
4. Design. Exterior designnya keren bgt, mantap dan gagah, pintu2nya jg terkesan tebal2. Bold. Interiornya jg cukup bagus dan solid, jg ada sentuhan karbon fiber di dashboard dgn dominasi lampu2 biru pada panel dan speedo.
5. Fitur. Cukup melimpah fitur pd santafe ini, ada MID, USB, ipod, jok elektrik, panoramic, AC dual-zone auto, lampu HID, dual airbag, dan jg waktu unlock, spion buka sendiri trus ada lampu LED yg nyala yg disemat di bagian bawah spion. Menambah kesan mewah.
Overall menurut ane santafe ini mobil yg bener2 enak, bener2 ga duga, ane jd antusias bgt ma ni mobil, fun to drive, dan lembut. Value for money'nya tinggi. Bagi bos2 yg kepingin bli SUV gede, santafe layak jd perhitungan. Oh ya, ane bukan sales'nya hyundai loh. Ane cm pingin share aja pangalaman test drive santafe. Hehehe.
-Drive Responsibly-
1. Suspensi: Pertama tama yg ane perhatiin tu suspensi. Soalnya kepingin cari2 yg empuk, yg bisa mengatasi jalanan surabaya yg penuh lubang. Setelah saya test, ternyata bantingan suspensi lembut bgt, empuk. Ane bener2 kaget, ternyata hyundai bisa se-enak ini. Klo dibandingin crv, pajero, captiva, harrier, mah kalah empuk semua mnurut ane. Tp tdk dipungkiri, gejalan limbung masih ada sedikit, mengingat body'nya jg cukup besar. Buat data aja, depan pake mcpherson strut, blkng pake multi-link.
2. Performa. Mesin 2.2 diesel turbo vgt (195HP, 445Nm) TOP markotob, halus dan lembut, suaranya ky mesin bensin klo dr dalem. Untuk tarikan, captiva ma pajero mah dilalap. Tarikannya itu lo, lembut ga ky rivalnya yg kasar. Sampe2 spinning beberapa kali waktu bejek gas. Mungkin jg karena ga ada traction control. Bener2 ga nduga lah sama performanya. Cukup memukau. Performa itu jg dibantu sama transmisi 6-speed yg sigap nan halus.
3. Kenyamanan. Santafe ini cukup hening di dalam, suara angin, roda, dan mesin bisa diredam dgn baik. Sangat nyaman. Posisi duduk mudah didapat, jok kulit yg empuk dilengkapi power seat, dan jg lumbar support 4-way. Tp sayangnya jok kiri hanya bisa diatur secara manual (tanpa seat height). Santafe ini dilengkapi blower AC di row ke-2 dan ke-3, tp tempat duduk paling blkng sempit bgt, itu lbh cocok untuk anak kecil 2 org. Kemudian layar MID yg berada di speedo bisa mengatur beberapa settingan mobil. Dengan ada-nya panoramic sunroof bikin santafe ini makin menarik. Setirnya jg cukup mantap.
4. Design. Exterior designnya keren bgt, mantap dan gagah, pintu2nya jg terkesan tebal2. Bold. Interiornya jg cukup bagus dan solid, jg ada sentuhan karbon fiber di dashboard dgn dominasi lampu2 biru pada panel dan speedo.
5. Fitur. Cukup melimpah fitur pd santafe ini, ada MID, USB, ipod, jok elektrik, panoramic, AC dual-zone auto, lampu HID, dual airbag, dan jg waktu unlock, spion buka sendiri trus ada lampu LED yg nyala yg disemat di bagian bawah spion. Menambah kesan mewah.
Overall menurut ane santafe ini mobil yg bener2 enak, bener2 ga duga, ane jd antusias bgt ma ni mobil, fun to drive, dan lembut. Value for money'nya tinggi. Bagi bos2 yg kepingin bli SUV gede, santafe layak jd perhitungan. Oh ya, ane bukan sales'nya hyundai loh. Ane cm pingin share aja pangalaman test drive santafe. Hehehe.
-Drive Responsibly-