Mobil keluaran 2000 keatas tidak boleh isi premium...??

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Mobil keluaran 2000 keatas tidak boleh isi premium...??

Post by Abu2 »

aldy wrote:Mayday2 ane dapet berita dari sumber terpercaya (PERTAMINA) katanya september udah berlaku pembatasan bensin subsidi..Khusus untuk mobil2 tahun 2005 keatas..Oiya solar juga termasuk dibatasi.. :frm_bang_head:

asal bisa dipastikan bahwa stok bbm non subsidi (p & p+) tersedia di setiap SPBU ber logo PASTI PAS..
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Mobil keluaran 2000 keatas tidak boleh isi premium...??

Post by jalu »

poeticmind wrote:
aldy wrote:Mayday2 ane dapet berita dari sumber terpercaya (PERTAMINA) katanya september udah berlaku pembatasan bensin subsidi..Khusus untuk mobil2 tahun 2005 keatas..Oiya solar juga termasuk dibatasi.. :frm_bang_head:
solar dibatasi maksudnya? diganti sama apa ini? wkwkwkwk! :upss:
kalo bbm subsidi dibatasi...nanti mudik lebaran gimana tuh.....kan diluar kota jarang banget yg jual bbm nonsub.... :frm_bang_head:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Mobil keluaran 2000 keatas tidak boleh isi premium...??

Post by Abu2 »

sepertinya penerapannya baru hanya di ibukota dan sekitarnya
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Mobil keluaran 2000 keatas tidak boleh isi premium...??

Post by jalu »

termasuk ibu kota sumatra utara gak.....?? :e-think: :upss:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Mobil keluaran 2000 keatas tidak boleh isi premium...??

Post by Abu2 »

nah ini yg perlu diluruskan, karena , katanya pembatasan BBM non subsidi ini dimulai dari ibukota.
ntah ibukota negara
ibukota propinsi
ibukota kabupaten,
atau

ibukota kecamatan...... :ngacir:
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Mobil keluaran 2000 keatas tidak boleh isi premium...??

Post by zweifellos »

DOHC wrote:mo nentuin tuh mobil kluaran taon brapa aja blom becus ... ini uda nentuin aturan baru lagi..
mungkin salah satu caranya, kalo mobil2 yang meragukan (innova misalnya) bakal disuruh nunjukin STNK? STNK kayanya ada tahun pembuatannya ya om?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Mobil keluaran 2000 keatas tidak boleh isi premium...??

Post by aldy »

Katanya bakal ditempeli stiker di bagian belakang mobil dengan stiker ukuran "besar"..Ini mobil memakai BBM bersubsidi ..he2 jadi shock terapi juga tuh.. :mrgreen:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Mobil keluaran 2000 keatas tidak boleh isi premium...??

Post by Cloud »

jalu wrote:saya lbh ndak paham lagi..... :upss:
Mmmm.... kira-kira gini,
pertama, pembakaran di mesin tidak terjadi spontan, tetapi bertahap. kecepatan dan kesempurnaan pembakaran ditentukan oleh ketepatan campuran bbm dengan udara, dan homogenitas campuran. makin tepat dan homogen, maka makin mudah dibakar dan makin cepat terbakar habis dengan sedikit residu. oleh karena itulah, sistem pengapian mengakomodasi sifat pembakaran yang bervariasi ini, sehingga tepat saat udara dan bbm terbakar hampir seluruhnya, sehingga menghasilkan panas tertinggi, dan menghasilkan tekanan terbesar (tekanan maksimum), terjadi pada sudut tertentu yang menguntungkan.

agar terjadi tenaga optimum (sesedikit mungkin bbm, namun sebesar mungkin tenaga yang dihasilkan), maka tekanan maksimum hasil pembakaran di kendaraan harus berada pada posisi tertentu.
posisi itu terjadi di TMA, tepat setelah TMA, kira2 3-8 derajat (bervariasi) setelah TMA (Titik mati atas/TDC, top dead center).
nah, kira2 disini terjadinya tekanan maksimal pembakaran, yang menonjol itu, puncaknya :

Image



nah, kalo tekanan pembakaran maksimal terjadi sebelum derajat optimum tadi, maka piston yang bergerak ke TMA akan melawan gaya tekan hasil pembakaran. kebayang kan? piston baru naik, eh bbm meleduk duluan, jadinya piston ketahan, tapi mau gak mau tetep jalan ke atas coz sudah ada gerak inertia (akibat perputaran poros engkol dan flywheel). makanya, tekanan yang ditimbulkan tidak efektif, mengurangi power mesin, harusnya cuma langkah kompresi aja, tapi langkah kompresi diperberat dengan adanya tekanan pembakaran (preignition).

jika preignition(pembakaran dini, kira2 begitu/pembakaran sebelum waktunya/timingnya) terjadi, maka akan timbul ngelitik/knock coz adanya tekanan besar di ruang bakar. jika timing preignition terlalu maju, bukan tidak mungkin piston bolong, ato silinder pecah, ato katup cupping/pecah, ato setang piston bengkok, ato kerusakan2 mengerikan yang lain. jika preignition ringan, paling cuma ngelitik n tenaga turun. tapi gejala ini jika terjadi terus2an akan mengurangi usia mesin cukup signifikan,

sebaliknya, jika pembakaran terjadi retard (mundur) sehingga melewati derajat dimana tekanan maksimal pembakaran seharusnya terjadi, maka mesin akan kehilangan tekanan maksimal, karena seharusnya piston sudah didorong kuat ke TMB, eh, malah belum didorong, dan didorong maksimal ketika ruang bakar telah meluas (langkah ekspansi), jadinya tekanan pembakaran akan berkurang drastis karena terjadi perluasan volume secara tiba2 (akibat gerak piston ke tmb).

itulah sebabnya, kalo pengapian mundur mesin kehilangan tenaga, namun lebih mudah dihidupkan karena gaya piston untuk melakukan langkah kompresi lebih ringan. biasanya pengapian retard dilakukan untuk cranking ato start.

karakter pengapian advance, mesin lebih bergetar, lebih susah start, namun tenaga cenderung galak, cenderung ngelititk, sedangkan retard karakter mesin lembut, mudah start, namun tenaga lemah.
yang paling bagus adalah titik hampir ngelitik, yang berarti tekanan maksimal pembakaran sebisa mungkin ketika piston masih dekat TMA (ruang bakar masih sesempit mungkin, belum meluas), sehingga tekanan terbesar dihasilkan, namun masih belum terjadi preignition yang berefek ngelitik.
so, dibuatlah knock sensor untuk mengakomodasi itu. hasilnya, mobil sekarang rata2 lebih irit daripada mobil jadul padahal tenaga jauh lebih besar (yah meski bukan hanya ini saja yang berpengaruh, tapi banyak faktor juga).

hubungan itu semua dengan bbm, jika tekanan kompresi tinggi, maka bbm tidak akan tahan ketika menerima kompresi tinggi, sehingga terbakar duluan, sehingga tekanan maksimal terjadi sebelum derajat optimumya. hasilnya, tenaga berkurang.
meski pengapian disetel advance (dengan harapan bbm akan terbakar sesuai timing) tetap aja gak berpangaruh, apalagi disetel retard, makin turun lagi tenaganya.

jika mesin kompresi rendah dikasih bbm oktan tinggi,
ketika bbm dipantik api busi, bbm akan terbakar, namun belum terbakar maksimal pada derajat yang ditentukan (bbm oktan tinggi lebih sulit terbakar). hasilnya tekanan pembakaran kecil, tenaga turun. namun hal ini bisa dikompensasi dengan memajukan pengapian sehingga tekanan maksimum pembakaran terjadi pada derajat optimumnya.

lebih aman mesin kompresi rendah pake oktan tinggi daripada sebaliknya. namun tetap saja terjadi kerugian, yaitu dengan majunya pengapian, langkah kompresi jadi terhambat oleh pembakaran. jadi jika dibandingkan, mesin kompresi rendah lebih bagus pake oktan yang sesuai (rendah), dibanding pake oktan tinggi. hal itu ditambah dengan nilai kalor bahan bakar oktan rendah yang lebih tinggi (premium berkalori lebih tinggi dari pertamax).

nilai kalori, makin besar makin bagus. jika dibakar, panas yang dihasilkan makin tinggi, tekanan yang dihasilkan makin kuat,

bbm racing, umumnya berkalori tinggi, namun juga beroktan tinggi, sehingga dapat dipake pada kompresi tinggi, tak heran tenaga yang dihasilkan pun jadi tinggi. misal, mesin 125 cc gp 125 bisa diatas 60 dk, bandingkan dengan mesin biasa yang memakai bensin biasa. kalo mesin gp 125 pake premium, pasti tenaganya berkurang jauh, bisa 40 dk juga sudah hebat banget.
User avatar
Andrian
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1633
Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup

Re: Mobil keluaran 2000 keatas tidak boleh isi premium...??

Post by Andrian »

konsumen : mas, isi premium full tank ya...
Petugas : maaf pak, mobil bapak tahun berapa?
konsumen : mobil saya tahun 2005.mang knp?
petugas : kalau begitu bapak harus isi pertamax
konsumen : lho! kok bisa? mobil saya rasio kompresinya 8.8 : 1. (si konsumen pake katana)
petugas : maaf pak, saya nggak ngerti masalah gituan. yang jelas mobil bapak tahun 2005. jadi harus pake pertamax.
konsumen : :frm_bang_head:

nah, kalo kejadian seperti ini gimana? apa semua petugas SPBU tahu mana mobil yg layak pake premium, pertamax atau pertamax plus? :e-think:
Image
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Mobil keluaran 2000 keatas tidak boleh isi premium...??

Post by ilhami »

emang ada katana thn 2005?
:ungg:
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Mobil keluaran 2000 keatas tidak boleh isi premium...??

Post by poeticmind »

ada bro... terakhir saya liat 2taun lalu juga masih dipajang dishowroom indomobil. ntah kalo sekarang ya... :)
Image
User avatar
Andrian
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1633
Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup

Re: Mobil keluaran 2000 keatas tidak boleh isi premium...??

Post by Andrian »

@ilhami : ada kok om. mobil perang kantor pake katana GX. :big_peace:

masalahnya, apakah petugas SPBU sudah dibekali pengetahuan tentang mobil atau belum? kalau cuma pake ilmu kira2 kayaknya kurang efektif.
kalau belum bisa2 akan timbul masalah baru. seperti yg saya ilustrasikan diatas. mobil yg seharusnya cuma pake premium malah dipaksa pake pertamax. IMO.....
Image
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Mobil keluaran 2000 keatas tidak boleh isi premium...??

Post by poeticmind »

sebenernya kata ane, kan udah bilang... hapus aja premium nya... pertamax turunin seharga premium... kan beres? soal gimana caranya, yaaaa bisa2 nya pemerintah lah. hehe!
Image
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Mobil keluaran 2000 keatas tidak boleh isi premium...??

Post by m4rio »

kalo solar gmn broo? di batasin gk tuh?
User avatar
gemelli
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: Thu Jun 28, 2007 2:26

Re: Mobil keluaran 2000 keatas tidak boleh isi premium...??

Post by gemelli »

Usul bikin BBM OKTAN 90....
Di atas Premium - Di bawah Pertamax
Subsidi berkurang 50% dan Pemakai juga gak terlalu drastis kenaikan harga nya......
...........(biasa ngisi Premium 200rb uang masih kembali, pas coba pertamax 250rb masih kurang..!) :ngacir:
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Mobil keluaran 2000 keatas tidak boleh isi premium...??

Post by zweifellos »

kalo yang dijual petronas (katanya cuman baru di medan doang), bensin deri petronas yang setara dengan premium bersubsidi di medan apakah juga disubsidi pemerintah indonesia? kalo ngobrol ama petugas petronasnya sih katanya pemerintah malaysia yang subsidi. bener ga?

kalo bener ya dimarakkan aja itu petronas jual bensin kualitas premium, jadi yg subsidi rakyat kita pemerintah malaysia. :mrgreen:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Mobil keluaran 2000 keatas tidak boleh isi premium...??

Post by poeticmind »

zweifellos wrote:kalo yang dijual petronas (katanya cuman baru di medan doang), bensin deri petronas yang setara dengan premium bersubsidi di medan apakah juga disubsidi pemerintah indonesia? kalo ngobrol ama petugas petronasnya sih katanya pemerintah malaysia yang subsidi. bener ga?

kalo bener ya dimarakkan aja itu petronas jual bensin kualitas premium, jadi yg subsidi rakyat kita pemerintah malaysia. :mrgreen:
IDE bagus! hahahaha meski konyol kedengeran nya... pasti ada advantage tertentu utk petronas lah...

@gemelli : bisa juga itu, mungkin maksudnya premium diupgrade kan? hehe...
Image
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Mobil keluaran 2000 keatas tidak boleh isi premium...??

Post by aldy »

gemelli wrote:Usul bikin BBM OKTAN 90....
Di atas Premium - Di bawah Pertamax
Subsidi berkurang 50% dan Pemakai juga gak terlalu drastis kenaikan harga nya......
...........(biasa ngisi Premium 200rb uang masih kembali, pas coba pertamax 250rb masih kurang..!) :ngacir:
Ide bagus memang ini tapi ada berita udah di konfirm ke PERTAMINA kagak ada planning bikin bensin jenis ini.. :frm_bang_head:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Mobil keluaran 2000 keatas tidak boleh isi premium...??

Post by poeticmind »

aldy wrote:
gemelli wrote:Usul bikin BBM OKTAN 90....
Di atas Premium - Di bawah Pertamax
Subsidi berkurang 50% dan Pemakai juga gak terlalu drastis kenaikan harga nya......
...........(biasa ngisi Premium 200rb uang masih kembali, pas coba pertamax 250rb masih kurang..!) :ngacir:
Ide bagus memang ini tapi ada berita udah di konfirm ke PERTAMINA kagak ada planning bikin bensin jenis ini.. :frm_bang_head:
denger2, perkiraan harganya jadi mahal soalnya...
Image
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3512
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Mobil keluaran 2000 keatas tidak boleh isi premium...??

Post by TUFF Stough »

Wacana ttg peralihan dari RON88 ke RON90 dah ada dari dulu.

Code: Select all

http://www.suarakarya-online.com/news.html?id=188599
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Mobil keluaran 2000 keatas tidak boleh isi premium...??

Post by poeticmind »

Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil keluaran 2000 keatas tidak boleh isi premium...??

Post by DOHC »

kan sudah terealisasi tuh om... premium skrg katanya uda oktan 90...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Mobil keluaran 2000 keatas tidak boleh isi premium...??

Post by poeticmind »

DOHC wrote:kan sudah terealisasi tuh om... premium skrg katanya uda oktan 90...
kan... 'katanya'? ... :upss:
Image
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3512
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Mobil keluaran 2000 keatas tidak boleh isi premium...??

Post by TUFF Stough »

Realisasi kepepet sptnya. :shrug: Karena kalo impor dari luar rata2 minimum RON 90.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil keluaran 2000 keatas tidak boleh isi premium...??

Post by DOHC »

tapi kalo skrg kayanya uda balik ke premium busuk lagi... mobil2 ane yg pake premium glitik parah smua... bahkan kijang super box kantor bokap aja ada glitik pake premium... :e-snooty: :e-snooty: :e-snooty:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: