Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Omnibus wrote: Wed May 18, 2022 12:24
barusan ganti oli gardan fortuner vrz sy, oci 21k km/2 tahun. kondisi oli bekas keruh (warna awal light yellow), tdk hitam n msh agak kuning2. di drain plug ada magnetnya dan ada deposit serbuk halus metal jumlahnya lumayan tp ga ada metal chunks. oli sebelumnya Ams severe gear 75w90 dan penggantinya juga oli yg sama. 4 quart pas habis, ga luber tp tepat di bibir fill hole.
yg di drain ini oli kedua setelah oli factory fill yg udah diganti di 1k km inreyen.
mudah2an next ini wear rate nya semakin bagus n bisa oci 30k km.
Mbah gardan vrz sama ANKI apakah sama?
Di buku manual tertulis berapa liter oli gardan vrz?
Kalau ANKI tertulis 3 liter tapi pernah isi juga 3.5 liter lebih dikit baru sampai bibir.
Besok rencna ganti oli gardan tapi jadi galau yg benar 3.5 liter atau 3 liter oli gardan ANKI
Omnibus wrote: Wed May 18, 2022 12:24
barusan ganti oli gardan fortuner vrz sy, oci 21k km/2 tahun. kondisi oli bekas keruh (warna awal light yellow), tdk hitam n msh agak kuning2. di drain plug ada magnetnya dan ada deposit serbuk halus metal jumlahnya lumayan tp ga ada metal chunks. oli sebelumnya Ams severe gear 75w90 dan penggantinya juga oli yg sama. 4 quart pas habis, ga luber tp tepat di bibir fill hole.
yg di drain ini oli kedua setelah oli factory fill yg udah diganti di 1k km inreyen.
mudah2an next ini wear rate nya semakin bagus n bisa oci 30k km.
Mbah gardan vrz sama ANKI apakah sama?
Di buku manual tertulis berapa liter oli gardan vrz?
Kalau ANKI tertulis 3 liter tapi pernah isi juga 3.5 liter lebih dikit baru sampai bibir.
Besok rencna ganti oli gardan tapi jadi galau yg benar 3.5 liter atau 3 liter oli gardan ANKI
Klo gear oil gtu,
Kepenuhan paling jd lbh berat ajah.
Better sesuai manual book ajah mbah.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Omnibus wrote: Wed May 18, 2022 12:24
barusan ganti oli gardan fortuner vrz sy, oci 21k km/2 tahun. kondisi oli bekas keruh (warna awal light yellow), tdk hitam n msh agak kuning2. di drain plug ada magnetnya dan ada deposit serbuk halus metal jumlahnya lumayan tp ga ada metal chunks. oli sebelumnya Ams severe gear 75w90 dan penggantinya juga oli yg sama. 4 quart pas habis, ga luber tp tepat di bibir fill hole.
yg di drain ini oli kedua setelah oli factory fill yg udah diganti di 1k km inreyen.
mudah2an next ini wear rate nya semakin bagus n bisa oci 30k km.
Mbah gardan vrz sama ANKI apakah sama?
Di buku manual tertulis berapa liter oli gardan vrz?
Kalau ANKI tertulis 3 liter tapi pernah isi juga 3.5 liter lebih dikit baru sampai bibir.
Besok rencna ganti oli gardan tapi jadi galau yg benar 3.5 liter atau 3 liter oli gardan ANKI
Klo gear oil gtu,
Kepenuhan paling jd lbh berat ajah.
Better sesuai manual book ajah mbah.
Saya gak dapat manual book mbah. Dapatnya CD tapi gak bisa dibaca. Info 3 liter dari google.
Tapi yah itu pernah ganti perhatikan detail di mobeng sambil saya tungguin dari botol pertama sampai 3.5 botol lebih
Profith83 wrote: Sat May 21, 2022 14:15
Mbah gardan vrz sama ANKI apakah sama?
Di buku manual tertulis berapa liter oli gardan vrz?
Kalau ANKI tertulis 3 liter tapi pernah isi juga 3.5 liter lebih dikit baru sampai bibir.
Besok rencna ganti oli gardan tapi jadi galau yg benar 3.5 liter atau 3 liter oli gardan ANKI
nah itu dia, gimana jawabnya sy bingung. vrz manual bilang 3.5, waktu dulu ganti pertama sy paskan segitu posisi di bibir. kali kedua kemarin sy tambahin full 4 quart (3.8L) msh ga luber juga. kayanya sebelum luber dia ngisi terus sampai ujung kiri kanan bearing roda.
pertanyaannya, apakah bearing terendam oli itu preferable atau ngga. atau maunya sesuai manual tp bearing cuma dapat oil splash aja spy seal oli di ujung ga rembes trus kena ke kampas rem.
hehehe. perasaan dulu2 kl ganti oli gardan sampe luber ya.
Profith83 wrote: Sat May 21, 2022 14:15
Mbah gardan vrz sama ANKI apakah sama?
Di buku manual tertulis berapa liter oli gardan vrz?
Kalau ANKI tertulis 3 liter tapi pernah isi juga 3.5 liter lebih dikit baru sampai bibir.
Besok rencna ganti oli gardan tapi jadi galau yg benar 3.5 liter atau 3 liter oli gardan ANKI
nah itu dia, gimana jawabnya sy bingung. vrz manual bilang 3.5, waktu dulu ganti pertama sy paskan segitu posisi di bibir. kali kedua kemarin sy tambahin full 4 quart (3.8L) msh ga luber juga. kayanya sebelum luber dia ngisi terus sampai ujung kiri kanan bearing roda.
pertanyaannya, apakah bearing terendam oli itu preferable atau ngga. atau maunya sesuai manual tp bearing cuma dapat oil splash aja spy seal oli di ujung ga rembes trus kena ke kampas rem.
hehehe. perasaan dulu2 kl ganti oli gardan sampe luber ya.
Tanya di group ada 2 jawaban juga.
Ada yang bilang 3 liter saja agar seal tidak rusak.
Buku manual gak mungkin salah cetak yah om?
Atau salah kasih anjuran?
Ada juga kubu yang isi sampai penuh toh karena isi penuh masih tersisa ruang cukup gede.
Bayangan saya sampai bibir lebih baik melumasi.... ah memusingkan kepala
sintoni wrote: Sun May 22, 2022 0:29
Di buku manual OPS Dakar cuma 1.9 tapi ane isi 2.7-2.8 baru mau luber.
Nah jangan jangan yg tercantum di buku manual itu minimum yah.
Bayangan saya kalau tanjakan dengan oli sampai bibir memastikan semua terlumasi dengan baik.
Soalnya beda 700 cc sampai 1 liter itu cukup banyak.
Disarankan di ANKI 3 liter tapi sampai luber 3.7 liter.
Apa diisi 3.4 liter yah ... ambil tengahnya agar
1. Tidak terlalu nekan ke seal
2. Tapi gak kuatir kurang melumasi juga.
Saya mending gardan awet, seal kok kayanya gak menekan bagaimana juga kan ada selang hawanya
Di fortuner GNF differential belakang (gardan) di buku manual tertulis kapasitas oli 3.35 lt atau 3.54 qt.
Nah pas mau beli oli bingung beli 4 botol atau 3 botol oli mobil 1 yg satuannya pakai quartz? Krn dr yg sdh2 selama ini pakai 3 botol mobil 1 cukup. Selama ini ane kurang ngeh kl mobil 1 satuannya quartz bukan liter.
Cek2 di google & tanya seller pd bilang 3 botol cukup, yah sdh beli 3 botol. Terakhir ganti di toda jg pas 3 botol alias 3 quartz sekitar 2.8 lt. Masalahnya skrng beli olinya di online jd repot kl smp kurang 1 botol. Di toda kl kurang yah tinggal ambil lg aja 1 botol.
Ternyata benar pas ganti di tempat mbah marmut gak sampai 3 botol jg sdh penuh itu gardan (netes oli di lobang pengisian oli), sisa tinggal sedikit sekali mungkin 150-200 ml-an krn ane ada tambah FR3 150 ml. Kl tdk tambah FR3 yah pas lah 3 quartz. Berarti selisih dgn manual book sekitar 500 ml-an.
Kapasitas di buku manual itu apa mungkin kl gardan nya turun lalu olinya semua di kuras total sampai benar2 kosong kali yah, jd pas di isi ulang sampai penuh yah benar di 3.35 lt.
benzz89 wrote: Sun May 22, 2022 1:38
Di fortuner GNF differential belakang (gardan) di buku manual tertulis kapasitas oli 3.35 lt atau 3.54 qt.
Nah pas mau beli oli bingung beli 4 botol atau 3 botol oli mobil 1 yg satuannya pakai quartz? Krn dr yg sdh2 selama ini pakai 3 botol mobil 1 cukup. Selama ini ane kurang ngeh kl mobil 1 satuannya quartz bukan liter.
Cek2 di google & tanya seller pd bilang 3 botol cukup, yah sdh beli 3 botol. Terakhir ganti di toda jg pas 3 botol alias 3 quartz sekitar 2.8 lt. Masalahnya skrng beli olinya di online jd repot kl smp kurang 1 botol. Di toda kl kurang yah tinggal ambil lg aja 1 botol.
Ternyata benar pas ganti di tempat mbah marmut gak sampai 3 botol jg sdh penuh itu gardan (netes oli di lobang pengisian oli), sisa tinggal sedikit sekali mungkin 150-200 ml-an krn ane ada tambah FR3 150 ml. Kl tdk tambah FR3 yah pas lah 3 quartz. Berarti selisih dgn manual book sekitar 500 ml-an.
Kapasitas di buku manual itu apa mungkin kl gardan nya turun lalu olinya semua di kuras total sampai benar2 kosong kali yah, jd pas di isi ulang sampai penuh yah benar di 3.35 lt.
Perhatiin jg ubin nya mbah, rata ga
Kl kaya toda yg d klp gading itu kta orang liat depan ruko nya ga rata , otomatis yg masup jg ga bener
Kl gerasi 69, konon pas ngecor ubin nya aj si mbah 69 pake benang ukur yg ud d rendem aer bunga dr kawah ijen pas malem kemis pon, jd pasti akurat dan selamet
Profith83 wrote: Sat May 21, 2022 14:15
Mbah gardan vrz sama ANKI apakah sama?
Di buku manual tertulis berapa liter oli gardan vrz?
Kalau ANKI tertulis 3 liter tapi pernah isi juga 3.5 liter lebih dikit baru sampai bibir.
Besok rencna ganti oli gardan tapi jadi galau yg benar 3.5 liter atau 3 liter oli gardan ANKI
nah itu dia, gimana jawabnya sy bingung. vrz manual bilang 3.5, waktu dulu ganti pertama sy paskan segitu posisi di bibir. kali kedua kemarin sy tambahin full 4 quart (3.8L) msh ga luber juga. kayanya sebelum luber dia ngisi terus sampai ujung kiri kanan bearing roda.
pertanyaannya, apakah bearing terendam oli itu preferable atau ngga. atau maunya sesuai manual tp bearing cuma dapat oil splash aja spy seal oli di ujung ga rembes trus kena ke kampas rem.
hehehe. perasaan dulu2 kl ganti oli gardan sampe luber ya.
Tanya di group ada 2 jawaban juga.
Ada yang bilang 3 liter saja agar seal tidak rusak.
Buku manual gak mungkin salah cetak yah om?
Atau salah kasih anjuran?
Ada juga kubu yang isi sampai penuh toh karena isi penuh masih tersisa ruang cukup gede.
Bayangan saya sampai bibir lebih baik melumasi.... ah memusingkan kepala
hehe ga usah kuatir kekurangan oli selama sdh di bibir lubang meskipun ga luber om. sebab cara distribusi olinya splash kok jd pasti terlumasi semua.
coba tonton video ini menit ke 3:20, keliatan krn pakai cover transparan
benzz89 wrote: Sun May 22, 2022 1:38
....
Kapasitas di buku manual itu apa mungkin kl gardan nya turun lalu olinya semua di kuras total sampai benar2 kosong kali yah, jd pas di isi ulang sampai penuh yah benar di 3.35 lt.
paling ga sampe 100mL om, cuma yg sisa2 nempel di gear aja itu juga cuma selapis. bisa dibilang keluar semua sih, kemaren buka drain plug trus sy tinggalin makan, balik2 udah ga netes samsek trus sy senterin dalemnya ya kosong. cuma gear basah selapis.
nah itu dia, gimana jawabnya sy bingung. vrz manual bilang 3.5, waktu dulu ganti pertama sy paskan segitu posisi di bibir. kali kedua kemarin sy tambahin full 4 quart (3.8L) msh ga luber juga. kayanya sebelum luber dia ngisi terus sampai ujung kiri kanan bearing roda.
pertanyaannya, apakah bearing terendam oli itu preferable atau ngga. atau maunya sesuai manual tp bearing cuma dapat oil splash aja spy seal oli di ujung ga rembes trus kena ke kampas rem.
hehehe. perasaan dulu2 kl ganti oli gardan sampe luber ya.
Tanya di group ada 2 jawaban juga.
Ada yang bilang 3 liter saja agar seal tidak rusak.
Buku manual gak mungkin salah cetak yah om?
Atau salah kasih anjuran?
Ada juga kubu yang isi sampai penuh toh karena isi penuh masih tersisa ruang cukup gede.
Bayangan saya sampai bibir lebih baik melumasi.... ah memusingkan kepala
hehe ga usah kuatir kekurangan oli selama sdh di bibir lubang meskipun ga luber om. sebab cara distribusi olinya splash kok jd pasti terlumasi semua.
coba tonton video ini menit ke 3:20, keliatan krn pakai cover transparan
Makasih mbah.
Harusnya 3.3 liter kayanya aman yah?
Tadi sudah siapin segala macam alat.
Waktu coba buka baut pengisian lah kunci shock flag terlalu panjang, gagang ratchet nya flag 1/2 terhalang.
Jadinya balikin semua alat2x lagi hahahah.
Beli kunci ring 24 tunggu datang
benzz89 wrote: Sun May 22, 2022 1:38
....
Kapasitas di buku manual itu apa mungkin kl gardan nya turun lalu olinya semua di kuras total sampai benar2 kosong kali yah, jd pas di isi ulang sampai penuh yah benar di 3.35 lt.
paling ga sampe 100mL om, cuma yg sisa2 nempel di gear aja itu juga cuma selapis. bisa dibilang keluar semua sih, kemaren buka drain plug trus sy tinggalin makan, balik2 udah ga netes samsek trus sy senterin dalemnya ya kosong. cuma gear basah selapis.
Jadinya kemana itu 500 ml yah mbah? Ane baca2 memang pd bilang 2,8 lt aja sih kapasitas oli gardan 2KD... rasanya tidak ada yg pernah isi diatas 3 lt, mentok2 paling 3 lt aja, apa salah cetak yah manualnya hahahah...
Tanya di group ada 2 jawaban juga.
Ada yang bilang 3 liter saja agar seal tidak rusak.
Buku manual gak mungkin salah cetak yah om?
Atau salah kasih anjuran?
Ada juga kubu yang isi sampai penuh toh karena isi penuh masih tersisa ruang cukup gede.
Bayangan saya sampai bibir lebih baik melumasi.... ah memusingkan kepala
hehe ga usah kuatir kekurangan oli selama sdh di bibir lubang meskipun ga luber om. sebab cara distribusi olinya splash kok jd pasti terlumasi semua.
coba tonton video ini menit ke 3:20, keliatan krn pakai cover transparan
Makasih mbah.
Harusnya 3.3 liter kayanya aman yah?
Tadi sudah siapin segala macam alat.
Waktu coba buka baut pengisian lah kunci shock flag terlalu panjang, gagang ratchet nya flag 1/2 terhalang.
Jadinya balikin semua alat2x lagi hahahah.
Beli kunci ring 24 tunggu datang
3.3 mah aman
lho kenapa ga didongkrak aja dulu biar longgar space kerjanya? lagian kl ga bisa kan pake kunci ring 24 bisa. punya ga?
benzz89 wrote: Sun May 22, 2022 1:38
....
Kapasitas di buku manual itu apa mungkin kl gardan nya turun lalu olinya semua di kuras total sampai benar2 kosong kali yah, jd pas di isi ulang sampai penuh yah benar di 3.35 lt.
paling ga sampe 100mL om, cuma yg sisa2 nempel di gear aja itu juga cuma selapis. bisa dibilang keluar semua sih, kemaren buka drain plug trus sy tinggalin makan, balik2 udah ga netes samsek trus sy senterin dalemnya ya kosong. cuma gear basah selapis.
Jadinya kemana itu 500 ml yah mbah? Ane baca2 memang pd bilang 2,8 lt aja sih kapasitas oli gardan 2KD... rasanya tidak ada yg pernah isi diatas 3 lt, mentok2 paling 3 lt aja, apa salah cetak yah manualnya hahahah...
kepinggir om ngisi tube housing itu yg sy tunjuk. ujungnya itu deket disc brake adalah bearing roda belakang (yg ada di dalam tube housing itu juga. jd semi oil bath si bearing. tp tube itu ga akan bisa keiisi oli gardan sampai penuh krn posisi fill plug sdh ditentukan segitu tingginya (oli bakal keluar spt yg om liat di garasi 69)
*haha bisa kebetulan gini ai lg retorque flange bolt jd tinggal difoto2
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Omnibus wrote:
paling ga sampe 100mL om, cuma yg sisa2 nempel di gear aja itu juga cuma selapis. bisa dibilang keluar semua sih, kemaren buka drain plug trus sy tinggalin makan, balik2 udah ga netes samsek trus sy senterin dalemnya ya kosong. cuma gear basah selapis.
Jadinya kemana itu 500 ml yah mbah? Ane baca2 memang pd bilang 2,8 lt aja sih kapasitas oli gardan 2KD... rasanya tidak ada yg pernah isi diatas 3 lt, mentok2 paling 3 lt aja, apa salah cetak yah manualnya hahahah...
kepinggir om ngisi tube housing itu yg sy tunjuk. ujungnya itu deket disc brake adalah bearing roda belakang (yg ada di dalam tube housing itu juga. jd semi oil bath si bearing. tp tube itu ga akan bisa keiisi oli gardan sampai penuh krn posisi fill plug sdh ditentukan segitu tingginya (oli bakal keluar spt yg om liat di garasi 69)
*haha bisa kebetulan gini ai lg retorque flange bolt jd tinggal difoto2
Noted with thanks mbah penjelasannya... naini yg ane maksud "gardan turun total" & olinya semua dikuras sampai ke tube housingnya.
Jd circa 250 ml ke tube housing kiri & 250 ml ke tube housing kanan yah larinya itu oli, jd sesuai dgn di manual booknya 3.35 lt.
Berarti jg waktu kita tap oli gardan itu msh ada oli lama yg ke trap di housing yah mbah? Jd kecampur dong yah oli baru dgn oli lama krn tiap kali oci yah pst ada circa 500 ml oli lama di tube housing?
benzz89 wrote: Sun May 22, 2022 5:38
Jadinya kemana itu 500 ml yah mbah? Ane baca2 memang pd bilang 2,8 lt aja sih kapasitas oli gardan 2KD... rasanya tidak ada yg pernah isi diatas 3 lt, mentok2 paling 3 lt aja, apa salah cetak yah manualnya hahahah...
kepinggir om ngisi tube housing itu yg sy tunjuk. ujungnya itu deket disc brake adalah bearing roda belakang (yg ada di dalam tube housing itu juga. jd semi oil bath si bearing. tp tube itu ga akan bisa keiisi oli gardan sampai penuh krn posisi fill plug sdh ditentukan segitu tingginya (oli bakal keluar spt yg om liat di garasi 69)
*haha bisa kebetulan gini ai lg retorque flange bolt jd tinggal difoto2
Noted with thanks mbah penjelasannya... naini yg ane maksud "gardan turun total" & olinya semua dikuras sampai ke tube housingnya.
Jd circa 250 ml ke tube housing kiri & 250 ml ke tube housing kanan yah larinya itu oli, jd sesuai dgn di manual booknya 3.35 lt.
Berarti jg waktu kita tap oli gardan itu msh ada oli lama yg ke trap di housing yah mbah? Jd kecampur dong yah oli baru dgn oli lama krn tiap kali oci yah pst ada circa 500 ml oli lama di tube housing?
you're most welcome om
di tube mungkin sisa sih ada ya tp kayanya ga banyak om krn bentuk tube nya rada miring ke arah tengah spt panah oren sy ini. jd kl di tap olinya ya dia ngikut kebuang.
IMG_20220522_124857~3.jpg
jangan gara2 ocd begini trus balik lagi ke garasi 69 minta dimiring2in mobilnya ya om. dongkrak roda kiri kan miring ke kanan tuh, trus dongkrak roda kanan nanti miringnya ke kiri, cuma mau ngeluarin oli bekas disitu.
buru2 kabur sebelum disambit kopler lippro sm mbah marmut ketauan ai yg ngasih ide.
...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Omnibus wrote:
kepinggir om ngisi tube housing itu yg sy tunjuk. ujungnya itu deket disc brake adalah bearing roda belakang (yg ada di dalam tube housing itu juga. jd semi oil bath si bearing. tp tube itu ga akan bisa keiisi oli gardan sampai penuh krn posisi fill plug sdh ditentukan segitu tingginya (oli bakal keluar spt yg om liat di garasi 69)
*haha bisa kebetulan gini ai lg retorque flange bolt jd tinggal difoto2
Noted with thanks mbah penjelasannya... naini yg ane maksud "gardan turun total" & olinya semua dikuras sampai ke tube housingnya.
Jd circa 250 ml ke tube housing kiri & 250 ml ke tube housing kanan yah larinya itu oli, jd sesuai dgn di manual booknya 3.35 lt.
Berarti jg waktu kita tap oli gardan itu msh ada oli lama yg ke trap di housing yah mbah? Jd kecampur dong yah oli baru dgn oli lama krn tiap kali oci yah pst ada circa 500 ml oli lama di tube housing?
you're most welcome om
di tube mungkin sisa sih ada ya tp kayanya ga banyak om krn bentuk tube nya rada miring ke arah tengah spt panah oren sy ini. jd kl di tap olinya ya dia ngikut kebuang.
IMG_20220522_124857~3.jpg
jangan gara2 ocd begini trus balik lagi ke garasi 69 minta dimiring2in mobilnya ya om. dongkrak roda kiri kan miring ke kanan tuh, trus dongkrak roda kanan nanti miringnya ke kiri, cuma mau ngeluarin oli bekas disitu.
buru2 kabur sebelum disambit kopler lippro sm mbah marmut ketauan ai yg ngasih ide.
...
Loh mbah marmut makin suka mbah. Tagihan kan sesuai hasil kerja.
jangan gara2 ocd begini trus balik lagi ke garasi 69 minta dimiring2in mobilnya ya om. dongkrak roda kiri kan miring ke kanan tuh, trus dongkrak roda kanan nanti miringnya ke kiri, cuma mau ngeluarin oli bekas disitu.
buru2 kabur sebelum disambit kopler lippro sm mbah marmut ketauan ai yg ngasih ide.
...
tadinya mau saya dongkrak sampe ban blakang ngangkat 1 meteran mbah, jadi oli gardan bisa masuk 7 liter pas.