sopir keraton wrote:jangan aaahhh ntar ribut lage.... aaahhh loe juga dah
tau beritanya juga kan?...
Livina at first drive + BBM rata2/ltr
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 393
- Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 110
- Joined: Fri Apr 14, 2006 9:53
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 238
- Joined: Sat Apr 14, 2007 4:44
Hehe..Sithlord wrote:Bung Surya, anda cocok jadi anak conan....![]()
![]()
The world is NOT THAT SIMPLE. Buy hybrids and save the world quickly...

Hybrid sangat mahal untuk biaya produksi, mengkonsumsi rata-rata energi lebih banyak saat proses produksi.... gue mah udah tau dari dulu. Tapi namanya inovasi memang mahal, tetap aja ada trade off dari biaya yg dikeluarkan. Gak ada beda sama teknologi komputer jadul saat masih merintis, yang cuma mau buat prosesor 4 bit harus keluarin uang jutaan dollar... but today you can but 64 bit processor at much cheaper price than its predecessors...
Dunia emang gak gitu simple.. ganti 1 juta kijang dengan GL and then you save Indonesia???

Gue termasuk yg indent GL 1.8 Ultimate A/T buat bini gue... but I do enjoy driving my All New Camry

So for me, GL is a nice car.... nice handling... excellent choice for value for money car

-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Wed Apr 04, 2007 23:17
Fren, mau sharing ya...GL sy dateng Sabtu kemarin yg 1.8XV AT sebenernya sy pesen yg Ultimate AT cuma krn nggak jelas kapan dapetnya dan ditawarin yg 1.8XV sy lgs ambil (warna black pearl).In my opinion yg 1.8XV malah lebih value for money dibandingin ultimate yg udah maen di kelas 200jt. Mobil dateng, langsung dipasangin jok kulit..biar sama kayak ultimate. hari Senin sore kelar. Sama sales, minta plat bantuan jadi hari Selasanya bs jalan-jalan deh. Rute pertama, ganti head unit spy bs connect ke ipod. First impression, mobil ini enak have to agree with sith lord on this, suspensi mantep, kabin hening dan larinya juga enak. AC? dingin banget. Kalo weaknessnya spt yg pernah dibahas disini jg adl remnya yg pnjg. So harus hati2 tuh jaga jaraknya. Kalo bensin irit atau enggak belum bs ditulis disini, karena nggak sempet ngukur. Entar info nggak akurat lg. Sekarang mobil lg dimasukin tune up semi sport. Spy bs pake premium, irit tp tarikan tetep ok. btw ini udah mobil ke-3 sy yg di tune up semi sport (sebelumnya Picanto dan Yaris) n selama ini yg dijanjikan mrk, terbukti. Yah itung2 setahun kurang bs balik modal, drpd beli Pertamax...kagak kuat. Dari bengel, mobil baru kelar Selasa...so stay tuned utk laporan selanjutnya.
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
You got nice life bro!
All New Camry .. kandidat kuat COTY tuh! Cuma in my dreams bisa kebeli.
Gw Indent GL 1.8XV M/T aja udah bikin gerah dan musti peres2 keringet, eh.. Si Surya baru beli All New Camry udah Indent GL Ultimate A/T lagi.. ck ck ck..
Bisnis ape bro.. bagi2 dong . .biar sejahteranya bareng2 getoooo...
All New Camry .. kandidat kuat COTY tuh! Cuma in my dreams bisa kebeli.
Gw Indent GL 1.8XV M/T aja udah bikin gerah dan musti peres2 keringet, eh.. Si Surya baru beli All New Camry udah Indent GL Ultimate A/T lagi.. ck ck ck..
Bisnis ape bro.. bagi2 dong . .biar sejahteranya bareng2 getoooo...
surya wrote:Hehe..Sithlord wrote:Bung Surya, anda cocok jadi anak conan....![]()
![]()
The world is NOT THAT SIMPLE. Buy hybrids and save the world quickly...
Hybrid sangat mahal untuk biaya produksi, mengkonsumsi rata-rata energi lebih banyak saat proses produksi.... gue mah udah tau dari dulu. Tapi namanya inovasi memang mahal, tetap aja ada trade off dari biaya yg dikeluarkan. Gak ada beda sama teknologi komputer jadul saat masih merintis, yang cuma mau buat prosesor 4 bit harus keluarin uang jutaan dollar... but today you can but 64 bit processor at much cheaper price than its predecessors...
Dunia emang gak gitu simple.. ganti 1 juta kijang dengan GL and then you save Indonesia???![]()
Gue termasuk yg indent GL 1.8 Ultimate A/T buat bini gue... but I do enjoy driving my All New Camry
So for me, GL is a nice car.... nice handling... excellent choice for value for money car
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
wah mobil baru langsung di-utak atik. maksudnya di tune apa sih? apakah utak atik ECU-nya? apakah gak menghanguskan garansi? tape dah diganti lagi.clark kent wrote:Sekarang mobil lg dimasukin tune up semi sport. Spy bs pake premium, irit tp tarikan tetep ok. btw ini udah mobil ke-3 sy yg di tune up semi sport (sebelumnya Picanto dan Yaris) n selama ini yg dijanjikan mrk, terbukti. Yah itung2 setahun kurang bs balik modal, drpd beli Pertamax...kagak kuat. Dari bengel, mobil baru kelar Selasa...so stay tuned utk laporan selanjutnya.
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Wed Apr 04, 2007 23:17
Gini bung hunter, maen aja ke website mrk http://www.provis.co.id biar lebih jelas apa sih tune up semi sport itu. Kalo HU diganti sih mau nggak mau ya, krn utk connect ke ipod yg beneran"bkn pakai fm transmitter" spy suaranya ok. N ganti HU jg di Clarionnya (udah tau kan bro kalo head unit Livina pakai Clarion?) Jd mereka udah paham betul, wong mrk jg yg masang.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 393
- Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31
itu maksudnya porting dan polishing.
setau gue itu dikerjakan oleh provis.
buat mobil baru sih sayang karena ongkosnya lumayan.kecuali banyak duit.
setau gue itu dikerjakan oleh provis.
buat mobil baru sih sayang karena ongkosnya lumayan.kecuali banyak duit.
hunter wrote:wah mobil baru langsung di-utak atik. maksudnya di tune apa sih? apakah utak atik ECU-nya? apakah gak menghanguskan garansi? tape dah diganti lagi.clark kent wrote:Sekarang mobil lg dimasukin tune up semi sport. Spy bs pake premium, irit tp tarikan tetep ok. btw ini udah mobil ke-3 sy yg di tune up semi sport (sebelumnya Picanto dan Yaris) n selama ini yg dijanjikan mrk, terbukti. Yah itung2 setahun kurang bs balik modal, drpd beli Pertamax...kagak kuat. Dari bengel, mobil baru kelar Selasa...so stay tuned utk laporan selanjutnya.
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Yg gw pernah denger mesin MR18DE (LIvina varian 1.8L) sudah CVTC (=Continous Variable Valve Timing Control) + Knocking sensor yg bisa adjust sendiri tingkat pengapiannya sesuai dengan RON bahan bakar yg dipasok jadi ga masalah loe mau pake Pertamax ato Premium ato Campur2.
Tanya2 lagi deh sama teknisi nissan, just waste your money kalo krn knocking sensor bisa otomatis sesuaikan dg RON bahan bakar yg loe isi.
Tanya2 lagi deh sama teknisi nissan, just waste your money kalo krn knocking sensor bisa otomatis sesuaikan dg RON bahan bakar yg loe isi.
clark kent wrote:Sekarang mobil lg dimasukin tune up semi sport. Spy bs pake premium, irit tp tarikan tetep ok. btw ini udah mobil ke-3 sy yg di tune up semi sport (sebelumnya Picanto dan Yaris) n selama ini yg dijanjikan mrk, terbukti. Yah itung2 setahun kurang bs balik modal, drpd beli Pertamax...kagak kuat. Dari bengel, mobil baru kelar Selasa...so stay tuned utk laporan selanjutnya.
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Wed Apr 04, 2007 23:17
sebenernya pertimbangannya simpel; baca di buku manual Livina hrs pakai bensin minim RON 90 which is pertamax. Biarpun ada knocking sensor, apakah kita yakin nggak ada pengaruhnya dgn mesin in the long run. Apakah dgn pakai bensin di bwh standar nggak akn jd lebih boros.? Karena sy udah pernah nyoba, jd sy yakin..lgpula pas Yaris dulu jg dari baru dan bengkel Toyota nggak tau tuh kalo mesin udah diutak-atik(udah servis 3x). Kalo dibilang kebanyakan duit nggak jg lah, itung2 investasi dan as I said dalam setahun udah balik modal dibandingkan kalo kt pakai pertamax.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Mon Apr 02, 2007 6:59
merusak mesin nggak nih ?? dalam jangka panjang udah ketauan belum efeknya ?clark kent wrote:sebenernya pertimbangannya simpel; baca di buku manual Livina hrs pakai bensin minim RON 90 which is pertamax. Biarpun ada knocking sensor, apakah kita yakin nggak ada pengaruhnya dgn mesin in the long run. Apakah dgn pakai bensin di bwh standar nggak akn jd lebih boros.? Karena sy udah pernah nyoba, jd sy yakin..lgpula pas Yaris dulu jg dari baru dan bengkel Toyota nggak tau tuh kalo mesin udah diutak-atik(udah servis 3x). Kalo dibilang kebanyakan duit nggak jg lah, itung2 investasi dan as I said dalam setahun udah balik modal dibandingkan kalo kt pakai pertamax.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
NISSAN sudah habiskan $60jt untuk upgrade pabrik assembling Nissan di Indo untuk support LIVINA, bahkan pabrik Nissan INDO sbg base produksi Livina stir kanan untuk Market ASIA, dalam arti mereka ga main2 soal LIVINA yg ditujukan sbg model untuk GLOBAL MARKET.
Meski dbuku manual Livina direkomendasi bahan bakar RON90 (Pertamax RON92 & Premium RON88), gw yakin NMI sudah memperhitungkan matang2 memperbolehkan Premium untuk digunakan bahan bakar LIVINA.
Mesin Nissan LIVINA digaransi 3thn (100.000km), jadi ga mungkin Nissan sebodoh itu ambil resiko memperbolehkan (tidak melarang) pakai Premium (*tidak ada kata2 permium tidak boleh digunakan, boleh tanya sama NMI langsung) kalo sudah tau untuk long run Premium dapat merusak mesin LIVINA.
Banyaknya mesin Livina yug rusak krn pake Premium bisa bikin ancur image LIVINA scr khusus dan Nissan secara umum... nanti malah bisa dicap MESIN NISSAN "TIDAK DURABLE" dimata dunia
Knocking sensor dapat menyesuaikan tingkat RON bahan bakar yg mensuport teknologi mesin CVTC Nissan yg bekerja sbg Cam Phasing System yg dapat membuat proses buka-tutup valve bervariasi sesuai dengan RPM dan kondisi mesin agar dapat mengoptimalkan pembakaran bensin yg bertujuan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar.
(boleh ditanya sama teknisi ahli NMI secara langsung, bener ga yg gw sampaikan soal teknologi CVTC di Mesin Nissan)
Soal resiko hilang garansi mesin yg 3thn itu didepan mata dengan adanya modifikasi yg dilakukan terhadap standard setting mesin.
Soal Toyota yg ga tau mesin yaris yg udah dikutak kutik mungkin krn cuma service berkala, jd ga cek cari2 kerusakan mesin , bila suatu saat ada kerusakan mesin baik krn modif ataupun krn satu dan lain hal, trus krn masih dalam masa garansi loe balik ke Bengkel Resmi... pasti ketauanlah bila ada perubahan dari mesin std-nya.
Well gw ga yakin "provis" lebih jago dari yg ciptakan mesin-nya.
Pastinya Nissan sudah mempertimbangkan segala hal termasuk durability mesin yg mereka ciptakan.
BTW, its up to you.. its your car and your money.
Meski dbuku manual Livina direkomendasi bahan bakar RON90 (Pertamax RON92 & Premium RON88), gw yakin NMI sudah memperhitungkan matang2 memperbolehkan Premium untuk digunakan bahan bakar LIVINA.
Mesin Nissan LIVINA digaransi 3thn (100.000km), jadi ga mungkin Nissan sebodoh itu ambil resiko memperbolehkan (tidak melarang) pakai Premium (*tidak ada kata2 permium tidak boleh digunakan, boleh tanya sama NMI langsung) kalo sudah tau untuk long run Premium dapat merusak mesin LIVINA.
Banyaknya mesin Livina yug rusak krn pake Premium bisa bikin ancur image LIVINA scr khusus dan Nissan secara umum... nanti malah bisa dicap MESIN NISSAN "TIDAK DURABLE" dimata dunia
Knocking sensor dapat menyesuaikan tingkat RON bahan bakar yg mensuport teknologi mesin CVTC Nissan yg bekerja sbg Cam Phasing System yg dapat membuat proses buka-tutup valve bervariasi sesuai dengan RPM dan kondisi mesin agar dapat mengoptimalkan pembakaran bensin yg bertujuan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar.
(boleh ditanya sama teknisi ahli NMI secara langsung, bener ga yg gw sampaikan soal teknologi CVTC di Mesin Nissan)
Soal resiko hilang garansi mesin yg 3thn itu didepan mata dengan adanya modifikasi yg dilakukan terhadap standard setting mesin.
Soal Toyota yg ga tau mesin yaris yg udah dikutak kutik mungkin krn cuma service berkala, jd ga cek cari2 kerusakan mesin , bila suatu saat ada kerusakan mesin baik krn modif ataupun krn satu dan lain hal, trus krn masih dalam masa garansi loe balik ke Bengkel Resmi... pasti ketauanlah bila ada perubahan dari mesin std-nya.
Well gw ga yakin "provis" lebih jago dari yg ciptakan mesin-nya.
Pastinya Nissan sudah mempertimbangkan segala hal termasuk durability mesin yg mereka ciptakan.
BTW, its up to you.. its your car and your money.
clark kent wrote:sebenernya pertimbangannya simpel; baca di buku manual Livina hrs pakai bensin minim RON 90 which is pertamax. Biarpun ada knocking sensor, apakah kita yakin nggak ada pengaruhnya dgn mesin in the long run. Apakah dgn pakai bensin di bwh standar nggak akn jd lebih boros.? Karena sy udah pernah nyoba, jd sy yakin..lgpula pas Yaris dulu jg dari baru dan bengkel Toyota nggak tau tuh kalo mesin udah diutak-atik(udah servis 3x). Kalo dibilang kebanyakan duit nggak jg lah, itung2 investasi dan as I said dalam setahun udah balik modal dibandingkan kalo kt pakai pertamax.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 362
- Joined: Tue Mar 27, 2007 10:18
Sedikit intermezzo :
Kamis, 03/05/2007 19:04 WIB
Korupsi 8 Koruptor Sama Dengan Innova Sepanjang Bandung-Yogya
Mau tahu berapa besar korupsi 8 koruptor yang dicekal? Jumlahnya sama dengan Toyota Kijang Innova baru dijejerkan antara Bandung dan Yogya. Wow!
Lengkapnya : http://www.detiknews.com/indexfr.php?ur ... idkanal/10
Kok ngga Livina aja yah yg dijejerin, hehehe..
Kamis, 03/05/2007 19:04 WIB
Korupsi 8 Koruptor Sama Dengan Innova Sepanjang Bandung-Yogya
Mau tahu berapa besar korupsi 8 koruptor yang dicekal? Jumlahnya sama dengan Toyota Kijang Innova baru dijejerkan antara Bandung dan Yogya. Wow!
Lengkapnya : http://www.detiknews.com/indexfr.php?ur ... idkanal/10
Kok ngga Livina aja yah yg dijejerin, hehehe..
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Hukum pancung aja yg korupsi! yg curi spion mobil pejabat di tembak mampus ditempat, kenapa juga ga tembak juga pejabat yg korupsi!!!??? TANYA KENAPA??
Bro alvin kalo Korupsi 8 Koruptor Sama Dengan Innova Sepanjang Bandung-Yogya... maka bila Livina yg dijejerin bisa sampe Surabaya
Bro alvin kalo Korupsi 8 Koruptor Sama Dengan Innova Sepanjang Bandung-Yogya... maka bila Livina yg dijejerin bisa sampe Surabaya

alvin_kiak wrote:Sedikit intermezzo :
Kamis, 03/05/2007 19:04 WIB
Korupsi 8 Koruptor Sama Dengan Innova Sepanjang Bandung-Yogya
Mau tahu berapa besar korupsi 8 koruptor yang dicekal? Jumlahnya sama dengan Toyota Kijang Innova baru dijejerkan antara Bandung dan Yogya. Wow!
Lengkapnya : http://www.detiknews.com/indexfr.php?ur ... idkanal/10
Kok ngga Livina aja yah yg dijejerin, hehehe..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
iya neh.. mesti nya koruptor tuh mesti di hukum yg bener.. jgn maling ayam aja yg digebukin.. sayank banget potensi indonesia yg luar biasa hilang gitu aja.. kl ilang doang masi mending.. ada tambahan utang itu loh yg bikin repot.. tar selama2nya indonesia bakal jadi negara "pembantu"..
back to topic.. livina gw kapan dateng si.. btw dd gw juga baru inden suzuki sx4.. tar tgl 20 due nya.. ada yg tau gimana mobil nya kaga? kl gw pribadi mending gw inden livina yg untuk 5seater doank gitu.. tp pas inden kaga tau tentang livina yg 5seater.. hix2.. hopefully sx4 bagus2 aja yah..
back to topic.. livina gw kapan dateng si.. btw dd gw juga baru inden suzuki sx4.. tar tgl 20 due nya.. ada yg tau gimana mobil nya kaga? kl gw pribadi mending gw inden livina yg untuk 5seater doank gitu.. tp pas inden kaga tau tentang livina yg 5seater.. hix2.. hopefully sx4 bagus2 aja yah..
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Wed Apr 04, 2007 23:17
Inden di bintaro bro, dari Februari 2007. Soal tune up iyalah bro msg2 aja, argumentasi anda jg msk akal. Awalnya sih krn baca di Top Gear mengenai serena +pertamax compare dgn serena+tune up semi sport kayaknya di website dia ada deh kalo mau baca. Another shortcoming about my GL; pintu bagasi nggak ada bukaan di bawahnya yg biasanya buat nutup, lalu spion nggak retractable. Maybe krn 1st generation kali ye, entarnya kalo udah laku n banyak duit hopefully 2nd generation GL will be better.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Apr 22, 2007 16:50
Bro Sithlord....kayaknya anda ini termasuk aliran anti Hybrid ato anti Toyota sih?
Gw binun jadinya.
Kalo soal Hybrid yang masih baru ya jelas mahal.
Semua teknologi baru mahal bos.
Inget aja hp yang baru....gede segajah...model jelek...fitur gak ada....kirim sms aja gak bisa...harga jadul bisa beli motor dapet 1.5 motor.
Well saya sih aliran yang open minded..... and yakin mobil hemat (apapun nama teknologinya) pasti akan hadir kelak.
Gw binun jadinya.
Kalo soal Hybrid yang masih baru ya jelas mahal.
Semua teknologi baru mahal bos.
Inget aja hp yang baru....gede segajah...model jelek...fitur gak ada....kirim sms aja gak bisa...harga jadul bisa beli motor dapet 1.5 motor.
Well saya sih aliran yang open minded..... and yakin mobil hemat (apapun nama teknologinya) pasti akan hadir kelak.
Sithlord wrote:Bung Surya, anda cocok jadi anak conan....![]()
![]()
Sebenernya saya tau kenapa ada orang seperti anda dan conan sangat cinta hybrid. Saya tau, kalau masa depan semua mobil bisa listrik, tanpa pakai BBM kan sip... Polusi juga sangat minim.
Mungkin anda belum baca ini, kalau bisa Inggris, silahkan baca :
http://clubs.ccsu.edu/Recorder/editoria ... NewsID=188
TAPI, here is the big TAPI, ada berapa faktor yang you guys belum sadar :
1. Hybrid yang sekarang meskipun lebih hemat, tapi kalau bilang beda jauh ama mobil kecil ringgan mesin 1000-1500 cc juga ngak. Pula ENERGY cost untuk bikin hybrid gede banget, tapi banyak orang tidak sadar, sebab tidak kelihatan. Tapi laporan dari US yang di atas sudah jelas, anda belum baca kali. Kecuali Prius di bikin pakai tangan ya saya ngak bisa ngomong apa apa. Energy kan intinya juga sumbernya dari minyak. All those extra electricity, transportation cost etc memang ngak butuh energy / minyak ?
2. More hybrids saat ini produced, MORE Sulphur Dioxide masuk udara dan besi / material langka lain kepakai... Belum lain yang belum di lapor.... Do you know what is Sulphur Dioxide ? Coba pikir, 1 juta kapsul kalau di gantikan hybrid, berapa Sulphur Dioxide yang masuk udara gara gara produksi masal battery hybrid itu ? Belum banyak minyak di sedot untuk ciptakan energy untuk bikin hybrid..
3. COST. This is the big thing juga. Contoh di Indo, meskipun nanti hybrid di kasih incentive pajak, harganya turun ke say 300 juta, atau bahkan 250 juta, orang kan tau sparepart hybrid dan servicenya mahal. BERAPA pemilik mobil tua BERANI ganti ke hybrid ? Kalau dunia semua orang kaya raya ya gampang, nyatanya.... Belum urusan sulphur dioxide dan boros energy untuk bikin hybrid itu...
TAPI, jangan salah, saya sih dukung car maker tetap research mobil baru pakai propulsion baru yang hemat atau ke arah listrik. OK OK saja. TAPI mohon JANGAN di jual dulu kalau terbukti effect sampingnya seperti polusi sulphur dioxide, boros energy cost untuk bikinnya belum ketemu solusi yang memadai.. Di jual cuman untuk image doang atau untuk menurunkan angka corporate average fuel efficiency yang di US supaya di ijinkan jual lebih banyak mobil boros yang lain kan kesannya gimana....
KECUALI nanti sudah ketemu yang benar TOTAL energy costnya lebih rendah, ngak ciptakan effect samping buruk, BOLEH TUH di lepas...
Seperti ada anjing herder, meskipun pintar tangkap maling, tapi kalau juga sering iseng gigit orang lain, jangan di lepas / jual dulu.... Mau tunggu sifat anjing itu sudah jinak, cuman gigit maling, baru tuh di jual ke pasar....
Dan yang cukup penting, WAKTU. Mau tunggu jutaan orang jual mobil tua dan pindah ke hybrid (itu pun kalau ketemu hybrid yang bebas polusi dari mengolah bahan pokoknya, dan energy needs untuk productionnya lebih kecil) KAPAN ? Bumi bisa tunggu atau tidak ? Saat ini saja sudah sangat parah pemanasan global.
Ngak usah lihat jauh jauh. Di Indonesia, buktinya mobil macam GL saja cepat kok orang pindah, sebab murah, service / sparepart murah, irit, emisi jauh lebih baik banding mobil tua, banyak orang mau. Coba, kalau Prius di lepas TAM nanti, dapat incentive pajak harga 250 juta. Bisa ke jual berapa nanti sebulan ?
Kalau Prius cuman ke jual say 100/200 sebulan, banding ama 4000 GL sebulan, plus Jazz, SX4 etc. juga ikut bantu, mobil tipe MANA yang benar eco-friendly....? Yang akan EFFECTNYA BER-ARTI....
Inggat guys, mobil tua itu populasinya bukan cuman 100 ribu, tapi jutaan, bahkan mungkin puluhan jutaan di Indonesia tok. Mending mereka cepat ganti ke mobil macam GL dari pada ke hybrid yang entah kapan dan effect samping, energy costnya juga lebih boros minyak.... dan belum tuntas sampai saat ini....
The world is NOT THAT SIMPLE. Buy hybrids and save the world quickly...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Apr 22, 2007 16:50
maxx wrote:Kalo soal berapa KPH gw ga perhatiin banget tuh bro, yg gw ingat selepas gigi 1 dan masuk gigi 2 trus.. gw bejek dikit dan selama +/- 2000-3000rpm boil ngedennnnn/belet selepas 3000 terasa lagi responnya.. begitu juga saat masuk gigi 3 pada 2000-3000rpm kejadiannya sama. Tapi gw ga sempat coba gigi 4 & 5 krn sikon track TD ramai dan tidak cukup panjang untuk mengetest sampe gigi 4 & 5.
Nah kalo untuk overtaking jalan datar rpm 2000-3000 ngeden, mana bisa diandalkan rpm 2000-3000 untuk overtaking jalan mendaki, makanya pada post sblmnya gw tulis:
-----------
So guys... buat yg sudah inden Livina varian mesin HR15DE (1.5L), jangan kaget kalo dalam perjalanan jauh untuk jln berbukit anda harus memacu mesin HR15DE pada putaran >3000rpm dan berhati2 saat overtaking/mendahului mobil didepan saat jalanan mendaki, saya sarankan untuk ambil ancang2 agak jauh dan pastikan putaran mesin sudah berada diatas 3000rpm saat mendahului kendaraan didepan anda.
----------
Gw masih penasaran nih! kenapa mesin HR15DE (1.5L) pd 2000-3000rpm ngeden/belet begitu yah? Apakah karena karakter mesinnya spt itu atau memang disetting spt itu untuk tujuan tertentu?

Menunggu pendapat GL lovers yang lain nih.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Apr 22, 2007 16:50
Kayaknya lebih tepat kalo Mass Rapid Transport yang dikembangkan....kalo cuman pindah ke mobil yang ada catalyc converternya gak ngaruh banyak.Sithlord wrote:Akhirnya ada yang setuju dan paham apa yang saya jelaskan selama ini. Bukan hanya cepat hemat BBM negara, tapi emisi juga amat bagus dengan adanya catalytic converter.... Dan paling penting VOLUMEnya yang gede, coba kalau antara yang sudah inden 8000 selama ini sejak luncur 5 April, 50% (4000) adalah pemakai mobil tua yang boros dan emisi CO2nya banyak itu, ganti ke GL, sudah lumayan kan ?
Katanya sudah ada 1 juta lebih kijang kapsul saat ini jalan jalan di Indonesia sejak berapa decade lalu. Coba kalau ANDAI kata SEMUAnya ganti ke GL, and/or Jazz CC, SX4 etc, berapa pemakaian BBM negara langsung menyusut, dan emisi kotor dan beracun / CO2 etc. langsung drop tajam. Andai kata kapsul average 1:6 dalam kota. Ganti ke GL average say 1:11 (tengahnya 1.8 dan 1.5) dalam kota.
Eh, iseng iseng coba hitung. So 1 kapsul ganti ke GL, kalau tiap bulan jalan say 2000 km, artinya pengantian mobil ini hemat (2000/6)-(2000/11) = 333-182 = 151 liter BBM sebulan.
Kali kan 1 juta = 151 JUTA Liter BBM sebulan. Nilai uangnya assumsi premium adalah 679.5 MILLIAR. Di jadikan setahun adalah hemat 1.812 MILLIAR Liter BBM, dengan nilai 8.154 TRILLIUN rupiah.... Benar dak sih hitunggan saya ? Angka gede jadi agak ragu nih... Untung saya bukan menteri Keuanggan. Salah pencet kalkulator repot deh....
Nah, kalau mau hitung beratnya CO2 yang di kuranggin per tahun ala hitunggan atas, too bad I ngak tau caranya. Tapi I think seharusnya AMAT BESAR Reduksi emisi carbonnya.... Bayangkan 1 juta mobil tua pindah ke mobil berCC...
Tapi saya tidak akan nuduh orang yang pakai mobil tua ngak ganti mobil gimana.... Sebab saya sadar kemampuan uang masing masing orang beda. Tapi kalau mampu, why not ? Dapat mobil baru kan happy....
OK lah, jangan bilang GL, nanti ada yang sewot. Ganti ke Jazz versi CC atau SX4 atau something like that juga sama effectnya. Cuman Indonesia dari dulu pengemar mobil 3 baris. Jadi GL kalau bisa laku 6000+ sebulan, effect dia akan paling besar....
Eh, jadi inggat ada 1 hari minggu, saya di atas tol tinggi daerah tol atas Latumeten. Lihat ke arah selatan. Wow ! Ternyata hari minggu emisi mobil sedikit, udara lebih jernih, bisa lihat GUNUNG ! CANTIK SEKALI ! Seperti lihat Mount Fuji di Jepang tapi tanpa es putih di atas. Coba kalau bisa tiap hari.... Cobalah hari minggu lewat situ. If you are lucky, you may see it....
Ini matematika cuman for fun and info only. Mudah mudahan ngak jadi di jadikan bahan untuk ribut lagi....
Well....mobil baru bercatalic...mobil non catalic bertambah umur, bertambah uzur, semakin produktif melahirkan CO.
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
SX4 bagus kok.. pantanya semok minta ditepok .. cuma mukanya kurang yeh (mnrt gw), selebih dari itu katanya feature-nya lengkap bgt, kalo soal performa dan handling gw blm pernah TD.
SX4 katanya CBU Jepang, S.part dan resale value-nya gimana yah?
SX4 katanya CBU Jepang, S.part dan resale value-nya gimana yah?
johnlegend wrote:iya neh.. mesti nya koruptor tuh mesti di hukum yg bener.. jgn maling ayam aja yg digebukin.. sayank banget potensi indonesia yg luar biasa hilang gitu aja.. kl ilang doang masi mending.. ada tambahan utang itu loh yg bikin repot.. tar selama2nya indonesia bakal jadi negara "pembantu"..
back to topic.. livina gw kapan dateng si.. btw dd gw juga baru inden suzuki sx4.. tar tgl 20 due nya.. ada yg tau gimana mobil nya kaga? kl gw pribadi mending gw inden livina yg untuk 5seater doank gitu.. tp pas inden kaga tau tentang livina yg 5seater.. hix2.. hopefully sx4 bagus2 aja yah..
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Memang sayang GL masih ada kurang accesories/feature ini itu, tp diluar accesories/feature yg kurang lengkap dan design kurang futuristik, GL udah OK bgt.
Kutipan Autobild: "Memang, produk ini bukannya tanpa cela, tp dari bbrp hasil test kami mobil ini menyediakan produk yg sesuai dg harganya".
Begitu deh, Lain resto lain kokinya, lain koki lain rasa masakannya.
Ngerti... dong maksudnya... alias tergantung konsumen yg tentuin pilihan, suka silakan beli ga suka yg jangan dibeli.
Tentunya konsumen yg bijak dapat mempertimbangkan segala sesuatunya dg objektif sesuai kriteria kebutuhan, keinginan dan kemampuan.
Kutipan Autobild: "Memang, produk ini bukannya tanpa cela, tp dari bbrp hasil test kami mobil ini menyediakan produk yg sesuai dg harganya".
Begitu deh, Lain resto lain kokinya, lain koki lain rasa masakannya.
Ngerti... dong maksudnya... alias tergantung konsumen yg tentuin pilihan, suka silakan beli ga suka yg jangan dibeli.
Tentunya konsumen yg bijak dapat mempertimbangkan segala sesuatunya dg objektif sesuai kriteria kebutuhan, keinginan dan kemampuan.
clark kent wrote:Another shortcoming about my GL; pintu bagasi nggak ada bukaan di bawahnya yg biasanya buat nutup, lalu spion nggak retractable. Maybe krn 1st generation kali ye, entarnya kalo udah laku n banyak duit hopefully 2nd generation GL will be better.
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Yup, itu experience gw selagi T 1.5XV M/T
Dari milis nissan, ada kabar soal ini udah disampaikan sama si Ronny - CSR Mgr NMI, katanya soal ini sedang disharing-kan dulu kpd pihak yg berkompeten.
Tar kalo udah ada jawabannya dr milis, gw share di forum ini.
Dari milis nissan, ada kabar soal ini udah disampaikan sama si Ronny - CSR Mgr NMI, katanya soal ini sedang disharing-kan dulu kpd pihak yg berkompeten.
Tar kalo udah ada jawabannya dr milis, gw share di forum ini.
sukasuka_man wrote:Bro Max....ini pendapat independent kan?
Menunggu pendapat GL lovers yang lain nih.