Kijang Innova D-4D - PART 01

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

mintblue wrote: Mungkin ada pengaruh solar? Maksudnya klo diisi PertaDEX ato SDF lebih sunyi gitu?
Ada yg bisa kasih info soal pengaruh solar sama suara & getaran Innova D4D?
Benar

BBM dgn CN lebih tinggi maka proses pembakaran akan lebih instant.

CN yg rendah akan mengakibatkan "self ignition delay" krn proses pembakaran lebih lambat, inilah yg membuat suara mesin lebih kasar & getaran lebih besar.

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
macaddict
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Fri Sep 12, 2008 4:28

Re: Kijang Innova D-4D

Post by macaddict »

Bung Turboman, saya baru beli Innova D4D M/T nih, mau tanya kmrn udah ganti DP dan pipa tengah juga, kira2 perlu nambah Ground cable juga ngak atau itu cuma membantu untuk A/T aja?
makasih infonya..
cvsmb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: Mon Jun 25, 2007 15:03
Location: SURABAIA

Re: Kijang Innova D-4D

Post by cvsmb »

Turboman wrote:
cvsmb wrote: Iya.. Water Methanol Injection.. apa ini ada gunanya? ato cuma pendekin umur mesin?
Begini

WM-i berfungsi utk membantu menurunkan intake manifold temprature, yg mana akan membuat udara lebih padat.

Biasanya orang install WM-i sekalian membesarkan suplai solar, krn dgn WM-i kita bisa mencapai peningkatan BHP scr signifikan sementara EGT masih tetap terkontrol (naik tapi gak extrim2 amat).

Kalo anda mau mempertahankan EGT spt kondisi standard, let's say ga lebih dr 800 deg F saat agressive driving maka suplai solarnya dibiarkan default atau dibesarkan sedikitttt saja. (setting akan lebih mudah jika dibantu dgn EGT meter)

EGT makin tinggi = akan memperpendek usia mesin Diesel dan sebaliknya

Penyebab EGT tinggi bisa dari :

1. Kurangnya suplai udara (air filter mampet / boost turbo kerendahan, etc.)
2. Suplai solar yg rich
3. Disain exhaust yg flownya kurang baik (heat scavenging menjadi lambat)
4. Timing terlalu retard

CMIIW
Thanks bang. GW ga bisa bayangin kalo ga ada anda... :thanks: :beer: :beer:
cvsmb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: Mon Jun 25, 2007 15:03
Location: SURABAIA

Re: Kijang Innova D-4D

Post by cvsmb »

macaddict wrote:Bung Turboman, saya baru beli Innova D4D M/T nih, mau tanya kmrn udah ganti DP dan pipa tengah juga, kira2 perlu nambah Ground cable juga ngak atau itu cuma membantu untuk A/T aja?
makasih infonya..
Gini ya..kalo saran saya.. mendingan cuma ganti DP and tambahkan air filter spt KNN, king dragon ato simota.
Perawatan sehari2...
1.Sering2 cuci air filter tiap 5k
2.Usahakan pake bio Solar (jatim only?) + racun.
3. ganti filter solar tiap 10k sekali.
4. cuci mesin pake liquimoly tiap 20k.

Yang terpenting.. cara nyetir jgn ugal2an...santai2 aja..hindarin tempat yg macet2..

Hasilnya yg saya dapat selama ini... 1:9.5 utk konsumsi solar di Ipah saya innova diesel matic (padahal pake velg 17).. saya lagi cara spy bisa hit 1:11...
macaddict
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Fri Sep 12, 2008 4:28

Re: Kijang Innova D-4D

Post by macaddict »

Gini ya..kalo saran saya.. mendingan cuma ganti DP and tambahkan air filter spt KNN, king dragon ato simota.
Perawatan sehari2...
1.Sering2 cuci air filter tiap 5k
2.Usahakan pake bio Solar (jatim only?) + racun.
3. ganti filter solar tiap 10k sekali.
4. cuci mesin pake liquimoly tiap 20k.

Yang terpenting.. cara nyetir jgn ugal2an...santai2 aja..hindarin tempat yg macet2..

Hasilnya yg saya dapat selama ini... 1:9.5 utk konsumsi solar di Ipah saya innova diesel matic (padahal pake velg 17).. saya lagi cara spy bisa hit 1:11...[/quote]

Terima kasih Masukannya, beberapa sudah saya lakukan kok, filter udara sekarang udah pakai King Dragon
1. Belum sampai 5K jadi blm pernah di cuci :)
2. Ngak ada bio solar disini abis dihutan jauh dari mana2, terpaksa pakai solar biasa + racun, skrng pakai dyno-tab bagus ngak ya?
3. Siap Bang
4. Oke, pasti dilakukan
hehehe sebenarnya mblnya udah dipasangin UNICHIP juga :), sehari2 pakai yang econo aja biar irit, kalau lagi jalan jauh baru pindah ke High, peak performance dapat 160 HP tuh kata Dyno.. tau deh bener apa ngak hihihiihi...
thanks atas masukannya...
cvsmb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: Mon Jun 25, 2007 15:03
Location: SURABAIA

Re: Kijang Innova D-4D

Post by cvsmb »

Banyak sich cara2 yg bisa menghemat sekaligus membuat akselerasi tambah enteng.. cara2nya sudah pada dilakukan sama teman2 yg diforum ini.

skg sy lagi pake racun ffi-mgcap. ga kerasa sich bedanya (msh 3 tablet dari 10), cuma gas makin enteng aja. Skg juga lagi di cobain I-charge zeromax yg katanya bisa bikin stabil listrik sehingga bisa juga menghemat bbm??

cuma kadang saya bingung apa bedanya antara i-charge ama pivot ama yg sejenisnya? yg saya tahu i-charge agak mahal skt 1.75jt.
bivanos88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02

Re: Kijang Innova D-4D

Post by bivanos88 »

Turboman wrote:
knn123456 wrote:oke deh ntar saya coba telpon ke budi. thanks ya turboman. ada saran dr anda supaya d4d saya bisa lebih irit?
Supaya lebih irit :

1. Tuning TPS, adjust a bit counter clockwise (DC 100 rb.)
2. Deflector di air filter box, membuat arah aliran udara lebih fokus & mengurangi turbulensi di air filter box (DC 50 rb. - bisa bikin sendiri)
3. Selang wastegate, membuat Turbo spool up sejak RPM rendah (DC 50 rb.)
4. Poles TB / pipa Turbo (DC 150 rb.)
5. CAI Pre & Post Turbo (DC total start from Rp. 600 rb.)
6. Adjust posisi TBW (zero cost)

Biasanya jika step2 di atas udah dilaksanakan maka pumping power di RPM rendah improve signifikan, pedal gas cukup di toel2 & ganti gigi bisa di RPM yg lebih rendah.

DC di atas hanya sebagai contoh saja (refer ke bengkel Phoenix), kalau anda ada langganan bengkel yg qualified dlm menangangi Ipah D4 D maka anda bisa bawa juga ke sana, tdk harus ke Phoenix.

Sehabis itu semua, next step ke Dastek <-- saya bisa komen krn experiment penghematan kons BBM dgn Dastek sudah terbukti cukup berhasil, improve 10%

Sesudah itu kalau anda mau pasang Broquet sih terserah, kalau sy pribadi lebih pilih menggunakan racun solar & pelumas pompa injeksi (campur ke solar) scr teratur.


SElamat mencoba
bro turboman,,untuk deflector di air filter box itu cara buat nya gmn??
dan untuk adjust posisi TBW gmn caranya??

apa 2 cara ini bisa diterapkan pada innova VVTi A/T??
thx
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

bivanos88 wrote: 1. untuk deflector di air filter box itu cara buat nya gmn??
2. dan untuk adjust posisi TBW gmn caranya??
apa 2 cara ini bisa diterapkan pada innova VVTi A/T??
thx
1. Di gambar2 di bawah

2. Posisi Trotel mesin 1TR-FE sebaiknya jgn di ubah2 (standard is the best)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
knn123456
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Mon Aug 25, 2008 18:38

Re: Kijang Innova D-4D

Post by knn123456 »

turbo man, ane wes pasang broquet n kemaren coba di jalan tol konstan kec 80km/h dapet 1:15,4 sebelumnya 1:13,2 u/ dalkot 1:10 sebelumnya 1:8 ini lagi masuk minggu ke 2 n harap2 sih bisa kyk gini terus huehehe.. kelebihan lain sih mesin lebih alus.. bawaan lebih ringan.. tarikan lebih bagus.
yatra
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Thu Aug 07, 2008 15:05

Re: Kijang Innova D-4D

Post by yatra »

Broquet itu apa ya, apakah sama dengan DP?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

knn123456 wrote:turbo man, ane wes pasang broquet n kemaren coba di jalan tol konstan kec 80km/h dapet 1:15,4 sebelumnya 1:13,2 u/ dalkot 1:10 sebelumnya 1:8 ini lagi masuk minggu ke 2 n harap2 sih bisa kyk gini terus huehehe..
Congrats utk hasilnya, ya semoga dia bisa tetap perform terus :mrgreen:

kalau boleh tahu test tsb. solar ada dicampur racun atau polos aja ?
* Bukan ajakan Beli *
yatra
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Thu Aug 07, 2008 15:05

Re: Kijang Innova D-4D

Post by yatra »

Permisi, ada yang tau di mana bisa naikin torsi kijang innova diesel manual menjadi sama dengan yg matic ato Fortuner diesel? Thanks yaa... :e-think:
cvsmb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: Mon Jun 25, 2007 15:03
Location: SURABAIA

Re: Kijang Innova D-4D

Post by cvsmb »

yatra wrote:Broquet itu apa ya, apakah sama dengan DP?
Ini alat yg dimasukkan ke tangki bensin.. kayanya ini semacam heater ya? apa bedanya sama ring diesel ya?

kemaren lagi isi full solar di ipah gw.. lumayan dpt 1:10.22 utk dlm kota sby...

Skg saya lagi pake racun FFI_MG cap dan i-charge voltage stabiliser..fungsi keduanya adalah membuat kita tak perlu menginjak gas dalam2... cukup diinjak sedikit pedal gas, mobil sudah bisa lari.. kayanya ini cara yg membuat solar kita tambah irit..

sebentar lg mau tes tanpa ffi pil.. coba bisa ada hasil ga ya..

ini mau coba kedua kalinya....
yatra
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Thu Aug 07, 2008 15:05

Re: Kijang Innova D-4D

Post by yatra »

i_charge voltage stabilizer di Surabaya pasang di mana Om cvsmb?
knn123456
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Mon Aug 25, 2008 18:38

Re: Kijang Innova D-4D

Post by knn123456 »

standart minum biosolar + broquet pak turbo. katanya kalo dah pasang broquet tdk boleh tambah addictive krn bisa menganggu kinerjanya.
cvsmb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: Mon Jun 25, 2007 15:03
Location: SURABAIA

Re: Kijang Innova D-4D

Post by cvsmb »

yatra wrote:i_charge voltage stabilizer di Surabaya pasang di mana Om cvsmb?
Saya tahunya di raja knalpot ada.. tapi ownernya yg tahu kalo mau bisa saya pm no tlpnya..

o ya.. ada yg tahu pasang broquet di sby di mana ya?
yatra
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Thu Aug 07, 2008 15:05

Re: Kijang Innova D-4D

Post by yatra »

bole juga tuh om cvsmb, btw, raja knalpot di mana yak, dulu saya pernah tau ada di Jalan Sulawesi, apakah masi ada di sana? Soalnya lama nggak berurusan dg knalpot sih. Tq yak :glodak:
knn123456
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Mon Aug 25, 2008 18:38

Re: Kijang Innova D-4D

Post by knn123456 »

bang turboman.. out of topic dikit ts numpang lewat juga ya..

mo nanya ttg mobil all new crv 08 a/t 2000cc itu kalo pake premium sebaiknya di tambahin racun apa ya? dan pemasangan dastek type Q hasil akan lebih optimal? thanks sebelumnya.
cvsmb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: Mon Jun 25, 2007 15:03
Location: SURABAIA

Re: Kijang Innova D-4D

Post by cvsmb »

yatra wrote:bole juga tuh om cvsmb, btw, raja knalpot di mana yak, dulu saya pernah tau ada di Jalan Sulawesi, apakah masi ada di sana? Soalnya lama nggak berurusan dg knalpot sih. Tq yak :glodak:
Banyak ada di jalan arjuno, ngangel jaya..

kayanya mulai hari ini saya mau lepas i-chargenya mau coba apa ini ada efeknya kalo ga dipasang..
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Profith83 »

Bung TurboMan,

Barusan saya indent D4D,

Bagaimana yah agar mesin D4D dalam keadaan sehat terus ? dan performance bagus terus, tapi saya tidak suka modifikasi mesin.
misalnya,
1.racun apa yang bagus tanpa timbal
2.tiap berapa KM perawatan pembersih injector atau yg lainnya dan pakai apa ?
3.etc

Terima kasih Bung TurboMan
Sp1
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Mon Sep 22, 2008 7:08

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Sp1 »

Bro mohon infonya, mana yang layak dibeli kalo cari mobil second diesel kijang capsul atau inova diesel (misal keduanya tahun 2004) ?
Mesin mana yang bandel dan perawatan lebih mudah serta FC yang lebih irit.
Ada yang tahu pasaran harga kedua mobil tsb utk thn 2004 ?

Thanks.
svenvie
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Mon Sep 22, 2008 7:50

Re: Kijang Innova D-4D

Post by svenvie »

Salam kenal buat semua...Saya orang awam yang baru beli Innova Diesel A/T, Mau tanya soal turbo timer buat Innova Diesel yang bagus merk apa?Beli dimana?Harga berapa?
Kalo kita mau isi solar..apa boleh tidak mematikan mesin? Karena isi solar kan biasanya hanya sebentar dan mobil tidak boleh dimatikan kalo mesin masih panas.
Amsoil ADF itu beli dimana yah? Saya coba cari di Ace Hardware tidak ada rasanya.

Terimakasih atas bantuannya.
bivanos88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02

Re: Kijang Innova D-4D

Post by bivanos88 »

Turboman wrote:
bivanos88 wrote: 1. untuk deflector di air filter box itu cara buat nya gmn??
2. dan untuk adjust posisi TBW gmn caranya??
apa 2 cara ini bisa diterapkan pada innova VVTi A/T??
thx
1. Di gambar2 di bawah

2. Posisi Trotel mesin 1TR-FE sebaiknya jgn di ubah2 (standard is the best)
itu ngelemnya pake apa ya bro??
apa ga copot nanti kl mobil lagi ditarik high rpm??

o iya,,kl untuk barang seperti turbo ventilator gitu ada efeknya ga sih ke performa ama ke bahan bakar?? (seperti proxima,,simota)
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Good_boy86 »

svenvie wrote:Salam kenal buat semua...Saya orang awam yang baru beli Innova Diesel A/T, Mau tanya soal turbo timer buat Innova Diesel yang bagus merk apa?Beli dimana?Harga berapa?
Kalo kita mau isi solar..apa boleh tidak mematikan mesin? Karena isi solar kan biasanya hanya sebentar dan mobil tidak boleh dimatikan kalo mesin masih panas.
Amsoil ADF itu beli dimana yah? Saya coba cari di Ace Hardware tidak ada rasanya.

Terimakasih atas bantuannya.
amsoil ga dijual di ace emang.
pernah baca dulu kalo ga salah yang jual pak jimmy
cuma nomer telponnya ga tau. hehe
baca aja threat2 ttg innova diesel, pasti ada.
Prive
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Prive »

svenvie wrote:Salam kenal buat semua...Saya orang awam yang baru beli Innova Diesel A/T, Mau tanya soal turbo timer buat Innova Diesel yang bagus merk apa?Beli dimana?Harga berapa?
Kalo kita mau isi solar..apa boleh tidak mematikan mesin? Karena isi solar kan biasanya hanya sebentar dan mobil tidak boleh dimatikan kalo mesin masih panas.
Amsoil ADF itu beli dimana yah? Saya coba cari di Ace Hardware tidak ada rasanya.

Terimakasih atas bantuannya.
Kalo mobil anda baru dan tidak mau warranty 3thn/100rb km dari TAM rusak, sebaiknya pasang turbo timer di Auto 2000. Tiap mau matikan mesin D4D Ipah kalau belum ada turbo timer sebaiknya ditunggu idle dulu. Produk Amsoil bisa hubungi Jimmy di 08562333333. Kalau mau info lebih banyak tentang innova bisa join di milis [email protected]