Salam Um kakak pembina@pcx

Teo msh ada, bahkan ada fotonya di halaman 4 kalau kangen silakan dilihat.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Salam Um kakak pembina@pcx
Masalahnya mayoritas menjawab jaga setir sama jangan gas dan rem kalau aquaplaningTats wrote: Sat Jan 23, 2021 5:16 Dulu pas masih pegang captiva awd ga pernah kena aquaplaning
Pake mobil rwd (saloon) dan fwd (suv) ber-vsc ga pernah aquaplaning juga
Menurut sy vsc sangat membantu utk cuaca2 seperti ini, walau behaviour dan ilmu pengemudi juga berpengaruh juga
Sy harap pemerintah indo mewajibkan esp/vsc sebagai fitur standar, ga hanya abs doang
Tp ya tau sendiri lah, kalau 4x4 aja dikasih pajak lebih berarti pemerintahnya seperti apa...
Ya om betul byk faktor lainnya jugaSalvanost wrote: Sat Jan 30, 2021 4:55 Masalahnya mayoritas menjawab jaga setir sama jangan gas dan rem kalau aquaplaning
Padahal ABS mau nyala ya tekan rem
VSC atau ESP mau nyala ya tekan gas
Jadi kembali ke masalah ban juga
Harus bagus bannya
Saya pernah jg om naik crv re fl. Lg turun kenceng tau2 dr lanjur sblh saya ada mbak2 bawa motor motong jalan saya mau belok gang di seberang saya. Saya ngerem dalem+klakson+banting stir ke lajur lawan (untung kosong) dan saya bs simpulin (mungkin) gara2 ada VSA (saya ga liat indikator VSA nyala apa ngga wkt itu) mobil masih bener2 undercontrolled buat ngehindarTats wrote: Sat Jan 30, 2021 8:40Ya om betul byk faktor lainnya jugaSalvanost wrote: Sat Jan 30, 2021 4:55 Masalahnya mayoritas menjawab jaga setir sama jangan gas dan rem kalau aquaplaning
Padahal ABS mau nyala ya tekan rem
VSC atau ESP mau nyala ya tekan gas
Jadi kembali ke masalah ban juga
Harus bagus bannya
Yg paling utama kondisi mobil dan skill/pengalaman nyetir kalau mobilnya ga ada perangkat keselamatan aktif
Tapi karena sy pernah "diselamatkan" oleh esp akhirnya esp jadi salah satu pertimbangan sy dalam pemilihan mobil hehe
Ngerem ABS omerwinign wrote: Sat Jan 30, 2021 8:54Saya pernah jg om naik crv re fl. Lg turun kenceng tau2 dr lanjur sblh saya ada mbak2 bawa motor motong jalan saya mau belok gang di seberang saya. Saya ngerem dalem+klakson+banting stir ke lajur lawan (untung kosong) dan saya bs simpulin (mungkin) gara2 ada VSA (saya ga liat indikator VSA nyala apa ngga wkt itu) mobil masih bener2 undercontrolled buat ngehindarTats wrote: Sat Jan 30, 2021 8:40Ya om betul byk faktor lainnya jugaSalvanost wrote: Sat Jan 30, 2021 4:55 Masalahnya mayoritas menjawab jaga setir sama jangan gas dan rem kalau aquaplaning
Padahal ABS mau nyala ya tekan rem
VSC atau ESP mau nyala ya tekan gas
Jadi kembali ke masalah ban juga
Harus bagus bannya
Yg paling utama kondisi mobil dan skill/pengalaman nyetir kalau mobilnya ga ada perangkat keselamatan aktif
Tapi karena sy pernah "diselamatkan" oleh esp akhirnya esp jadi salah satu pertimbangan sy dalam pemilihan mobil hehe
Gini om, oke saya wkt itu persis ngerem ABS aktif. Cuma VSA perannya stl ngerem juga sedikit banyak membantu di intervensi masing2 ban buat ngatur ngerem di masing2 ban kl saya pelajarin biar traksi ban ke aspal ttp optimal di sikon begitu. Jadi hasilnya setelah ngerem mendadak saya masih bisa manuver menghindar dr mbak2 itu dg mulusSalvanost wrote: Sat Jan 30, 2021 11:55Ngerem ABS omerwinign wrote: Sat Jan 30, 2021 8:54Saya pernah jg om naik crv re fl. Lg turun kenceng tau2 dr lanjur sblh saya ada mbak2 bawa motor motong jalan saya mau belok gang di seberang saya. Saya ngerem dalem+klakson+banting stir ke lajur lawan (untung kosong) dan saya bs simpulin (mungkin) gara2 ada VSA (saya ga liat indikator VSA nyala apa ngga wkt itu) mobil masih bener2 undercontrolled buat ngehindarTats wrote: Sat Jan 30, 2021 8:40
Ya om betul byk faktor lainnya juga
Yg paling utama kondisi mobil dan skill/pengalaman nyetir kalau mobilnya ga ada perangkat keselamatan aktif
Tapi karena sy pernah "diselamatkan" oleh esp akhirnya esp jadi salah satu pertimbangan sy dalam pemilihan mobil hehe
Kalau mobil lama pedalnya dikocok
Kalau udah ABS injak pedal rem full
Dulu saya kaya orang bego
Mobil ABS pedal rem saya kocok
Hasilnya dah 500 meter juga masih kenceng mobilnya![]()
Untung main setir aman...
Ya Tuhan saya beneran trauma ketemu orang rem dadakan di tol
Dah 2x kejadian no sen, kec 10-30km/jam potong jalurs
Sampai sekarang saya kalau lihat ada pintu keluar toll
Harus waspada
Ada orang bego rem mendadak sama potong ke jalur paling kiri ke bahu jalan (dengan maksud mau keluar tol tapi kelupaan)
wah saya pernah baca nih om, soal ban OEM. ternyata benar seperti yg oom bilang soal ban OEM yang emg dasarnya kasta paling bawahClonz wrote: Thu Dec 24, 2020 5:13Kalau saya sharing sama temen2 yg non hobi otomotif, mereka ini blind bener mengenai ban om. Karena secara kasat mata jg kan fisiknya sama semua bagi orang awam.erwinign wrote:Bener om, walaupun cukup miris juga sampe detik ini orang kalo modif mobil di sektor kaki2 lebih mentingin velg (gaya) daripada ban (fungsi), ato ga begitu sampe toko ban minta yang paling murah harganya. Nggak heran banyak accident di tol ntah ban meletus, kepleset, aquaplanning gara2 pake ban abal2. Even kadang velg walaupun untung2an pada pake replika yang buat saya safetynya tanda tanya (no offense ini, gimanapun modifikasi sy ttp apresiasi krn hobi).Clonz wrote: Wed Dec 23, 2020 12:23 Innova reborn diesel G AT pake ban michelin primacy 4, pernah jalan di tol ujan2, di geber 120-140 aman, dan grip berasa masih nggigit ke jalan (di sini kerasa banget kelebihannya primacy4).
Di genangan2 dalam kota jg dilibas dengan enaknya serasa nabi nih mau leaat.
Tapi ga berarti bebas aquaplanning, kmrn terakhir november 2020 pernah hujan sangat deras di tol banget sampe ga kelihatan objek di depan, masih berani jalan 100km/h karena feel ban masih grip bagus, tp pas ngelewatin jalan genangan yg agak dalem, lgsg aja setirnya hilang kendali.
Beneran ini ban beda lo efeknya. Investasi yg ga sia2.
Makanya ga heran banyak orang kl accident nyalahin drivernya, padahal ga attention ke kondisi ban yang kembangannya entah tipis, kena paku ga kerasa, karetnya tua, even dr hal terkecil dan tersimpel kaya cek tekanan nitrogen berkala aja kl dibilangin pada ngeyel ngomel2. Padahal di tiap SPBU ya ada
Saya jg baru lebih tau dikit2 ttg ban gara2 beli innova reborn yg pake enasave yg ga enak buanget dibanding mobil2 sebelumnya (sebelumnya saya kebanyakan beli mobil 2nd taun tua yg untungnya bannya masih proper semua: sx4, crv rd, crv re)
Begitu naik enasave, lgsg hati ini merasa ga enak, kok ban mobil baru kayak gini sih, dan setelah liat2 d forum ini baru lebih ngeh mengenai ban2.
Buat orang awam ya, org2 itu taunya beli ban beda merk pasti lebih bagus. Dunlop better than gt radial. Atau BS better than dunlop. Atau beli michelin pasti bagus drpd beli BS.
Padahal kenyataannya kan semua merk sama skrg. Produknya ada semua dari lini bawah sampe atas.
Kalau compare michelin xm2 vs bs turanza atau potenza ya ga apple to apple kan.
Dan parahnya lagi, banyak org awam yg masih berpikiran : pake ban bawaan pabrik waktu beli mobil aja, kan itu sudah bagus. Nah ini yg bahaya, apalagi di jaman skrg, semua pabrik pasti minta ngirit cost buat menambah profit, ban yg dikasihkan semakin minim specnya jg safetynya.
Udah beda ama jaman dulu yg mana pabrikan ngejar kualitas untuk compete, skrg kejar2an murah2an demi dapet omzet selling.
Ga jauh2 ya reborn ini lah.
Dan jg yg kmrn saya kaget : nissan kicks epower ampir 500jt, TD unitnya pake enasave. Mateng hahaha.
wah niatnya ga baik
ngaco ni ownernya...Duvebriliant0 wrote: Fri May 28, 2021 3:14wah niatnya ga baik"Di depan saya ada Toyota Kijang Innova, saya ikuti dari belakang berjarak 50 meter. Saya ikuti terus Kijang Innova itu dengan tujuan kalau terjadi aquaplaning pastinya dia duluan,"
Iya jangan2x Innova pakai Yokohama atau Toyo yang 1 biji harganya 2 jt lebih. bahkan ada yang 4 jt anMSU wrote: Fri May 28, 2021 3:36ngaco ni ownernya...Duvebriliant0 wrote: Fri May 28, 2021 3:14wah niatnya ga baik"Di depan saya ada Toyota Kijang Innova, saya ikuti dari belakang berjarak 50 meter. Saya ikuti terus Kijang Innova itu dengan tujuan kalau terjadi aquaplaning pastinya dia duluan,"
tau2 innova pake P-Zero...beliau cuma ban standard
Ban AT bawaan pabrik pula yaProfith83 wrote: Fri May 28, 2021 3:47Iya jangan2x Innova pakai Yokohama atau Toyo yang 1 biji harganya 2 jt lebih. bahkan ada yang 4 jt anMSU wrote: Fri May 28, 2021 3:36ngaco ni ownernya...Duvebriliant0 wrote: Fri May 28, 2021 3:14
wah niatnya ga baik"Di depan saya ada Toyota Kijang Innova, saya ikuti dari belakang berjarak 50 meter. Saya ikuti terus Kijang Innova itu dengan tujuan kalau terjadi aquaplaning pastinya dia duluan,"
tau2 innova pake P-Zero...beliau cuma ban standard
Dilawan ban yang 1 biji segede gaban cuma 1 jt an
Yang di kejar innova nya FM jangan jangan [emoji16]Duvebriliant0 wrote:wah niatnya ga baik"Di depan saya ada Toyota Kijang Innova, saya ikuti dari belakang berjarak 50 meter. Saya ikuti terus Kijang Innova itu dengan tujuan kalau terjadi aquaplaning pastinya dia duluan,"
Cara berpikirnya kok gitu banget ya....
Kl orang bener ya begitu tau ujan ato traffic di tol ndak mendukung sih nyetir dan pasang kecepatan yg sekiranya safe dg distance mobil depannya sih om. Dan safe secara fokus dan konsen drivernya, terus lihat kondisi dan tipe ban yg dipakepengendiesel wrote: Fri May 28, 2021 5:33Cara berpikirnya kok gitu banget ya....
Udah ujan, jalan 140, gandeng nyawa sama mobil depan lagi.
Asal ngebut itu gampang, anak sd juga bisa. Yang susah itu garansi selamatnya
lain cerita kalau mercedes keluaran tahun baru ngikutin Innova.iwansiagian wrote: Fri May 28, 2021 4:53Yang di kejar innova nya FM jangan jangan [emoji16]Duvebriliant0 wrote:wah niatnya ga baik"Di depan saya ada Toyota Kijang Innova, saya ikuti dari belakang berjarak 50 meter. Saya ikuti terus Kijang Innova itu dengan tujuan kalau terjadi aquaplaning pastinya dia duluan,"
Ane setuju buanget nget nget sama ini.erwinign wrote: Fri May 28, 2021 5:41Kl orang bener ya begitu tau ujan ato traffic di tol ndak mendukung sih nyetir dan pasang kecepatan yg sekiranya safe dg distance mobil depannya sih om. Dan safe secara fokus dan konsen drivernya, terus lihat kondisi dan tipe ban yg dipakepengendiesel wrote: Fri May 28, 2021 5:33Cara berpikirnya kok gitu banget ya....
Udah ujan, jalan 140, gandeng nyawa sama mobil depan lagi.
Asal ngebut itu gampang, anak sd juga bisa. Yang susah itu garansi selamatnya
Emangnya transjawabahn sirkuit kali yak.... terus mentang2 mobilnya bs lari dipentokin se mentok2nya, ngeri.
Padahal yg beneran pembalap pun saya yakin mereka sangat2 tau menempatkan diri pas nyetir kenceng dimana, dan nyetir aman di tempat spt apa dan cara menghandle mobil sesuai karakternya
Makanya om, saya jg heran begituan. Emang sih buat puas2in nafsu mo kenceng aja bener, cuma lama2 ya saya ga setuju juga. Saya seumur2 nyetir itu namanya pegang HP terus potret2 aja susahnya minta ampun, pol2an cm terima telpon sambil stir. Saya tau mobil saya dg kemampuan mesinnya bisa reach 180kmh, tapi saya rasain nyetir mobil ini poin amannya ya cruising di 120-140. 180kmh aja kl pas sikon bener2 mendukung di tol misalnya, itupun saya beraninya cm beberapa detik. Ngeri soalnya, fokus dan konsentrasi saya udah kelewat bates kl nyetir sekenceng itu buat handle kl ada situasi tak terduga.pengendiesel wrote: Fri May 28, 2021 7:26Ane setuju buanget nget nget sama ini.erwinign wrote: Fri May 28, 2021 5:41Kl orang bener ya begitu tau ujan ato traffic di tol ndak mendukung sih nyetir dan pasang kecepatan yg sekiranya safe dg distance mobil depannya sih om. Dan safe secara fokus dan konsen drivernya, terus lihat kondisi dan tipe ban yg dipakepengendiesel wrote: Fri May 28, 2021 5:33
Cara berpikirnya kok gitu banget ya....
Udah ujan, jalan 140, gandeng nyawa sama mobil depan lagi.
Asal ngebut itu gampang, anak sd juga bisa. Yang susah itu garansi selamatnya
Emangnya transjawabahn sirkuit kali yak.... terus mentang2 mobilnya bs lari dipentokin se mentok2nya, ngeri.
Padahal yg beneran pembalap pun saya yakin mereka sangat2 tau menempatkan diri pas nyetir kenceng dimana, dan nyetir aman di tempat spt apa dan cara menghandle mobil sesuai karakternya
Sering ngakak juga ngeliat kelakuan orang2 ngebut, foto/video speedo, posting, berasa dewa balap, lucunya...makin kenceng makin viral![]()
Padahal imho, pure luck
maklum om... ingin dekat pada yang kuasa...pengendiesel wrote: Fri May 28, 2021 7:26Ane setuju buanget nget nget sama ini.erwinign wrote: Fri May 28, 2021 5:41
Kl orang bener ya begitu tau ujan ato traffic di tol ndak mendukung sih nyetir dan pasang kecepatan yg sekiranya safe dg distance mobil depannya sih om. Dan safe secara fokus dan konsen drivernya, terus lihat kondisi dan tipe ban yg dipake
Emangnya transjawabahn sirkuit kali yak.... terus mentang2 mobilnya bs lari dipentokin se mentok2nya, ngeri.
Padahal yg beneran pembalap pun saya yakin mereka sangat2 tau menempatkan diri pas nyetir kenceng dimana, dan nyetir aman di tempat spt apa dan cara menghandle mobil sesuai karakternya
Sering ngakak juga ngeliat kelakuan orang2 ngebut, foto/video speedo, posting, berasa dewa balap, lucunya...makin kenceng makin viral![]()
Padahal imho, pure luck