Review Daihatsu Ayla M A/T 2013
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Tue Jun 02, 2009 5:56
Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013
sebelum 10rb, 5rb kudu ganti olie,ganti olie gak tercantum dalam jadwal service berkala. itu kata petugas pendaftaran di daihatsu. Ganti di toko olie ajah, cari yg bagus, toh juga free ongkos...
Ntar rekan2 yg lain yg akan service 1000km cb deh ditanya detilnya ke petugas, ongkos service plus yg lain2 abisnya berapa, jadi bisa dijadikan perbandingan.
Ntar rekan2 yg lain yg akan service 1000km cb deh ditanya detilnya ke petugas, ongkos service plus yg lain2 abisnya berapa, jadi bisa dijadikan perbandingan.
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013
900ribu utk mobil sekelas Ayla cukup overrated menurut ane... 
*no offense bagi Ayla owner..., ane cukup kaget dgn angka segitu... servis SX-4, termasuk ganti oli, filter oli, ganti lampu kota yg mampus, setel v-belt, dll cuman 500rebu*

*no offense bagi Ayla owner..., ane cukup kaget dgn angka segitu... servis SX-4, termasuk ganti oli, filter oli, ganti lampu kota yg mampus, setel v-belt, dll cuman 500rebu*

Obey the mahakitteh. 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013
Nah lho, apatah lagi masih perlu charge printilan2 kayak gitu, taruh kata jadi totalan 275 ribuan. Berarti untuk serpis Km 10k, jasanya jadi hanya 125 ribu blm ppn?? Yakin?marmut wrote:@ VM : jangan lupa material lain juga dihitung, seperti amplas untuk membersihkan rem, carb. cleaner untuk membersihkan TB, grease untuk melumasi engsel pintu, cairan engine flush, cairan fuel treatment. itu semua tetap ditagihkan ke pemilik mobil.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013
Timah balance dkk lg...
Klo mbl LCGC kek gini seh gw rasa koq ga worth ya ke BeRes... Lagian jg ga kompleks amat sistem di mblnya...
Mbl murah = servisnya jg harus murah...
IMHO lho ya...
Klo mbl LCGC kek gini seh gw rasa koq ga worth ya ke BeRes... Lagian jg ga kompleks amat sistem di mblnya...
Mbl murah = servisnya jg harus murah...
IMHO lho ya...
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 241
- Joined: Wed Mar 06, 2013 8:59
Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013
Setuju sama Bro VM
Mendingan beli Agya kali jika di Daihatsu biaya servisnya mahil., di Beres Toyota biaya servis gratis hingga servis 50K.
Sebagai pembanding ane servis 10K CRV RM 2.4 juga cuma habis 900 rb-an. Biaya servis gratis, cuma bayar biaya oli Honda 5-30W 5 lyr, filter oli, plus spooring dan balancing. Biaya tsb sudah termasuk diskon 5% krn ane member Honda Star.
Mendingan beli Agya kali jika di Daihatsu biaya servisnya mahil., di Beres Toyota biaya servis gratis hingga servis 50K.
Sebagai pembanding ane servis 10K CRV RM 2.4 juga cuma habis 900 rb-an. Biaya servis gratis, cuma bayar biaya oli Honda 5-30W 5 lyr, filter oli, plus spooring dan balancing. Biaya tsb sudah termasuk diskon 5% krn ane member Honda Star.
madcat015 wrote:900ribu utk mobil sekelas Ayla cukup overrated menurut ane...
*no offense bagi Ayla owner..., ane cukup kaget dgn angka segitu... servis SX-4, termasuk ganti oli, filter oli, ganti lampu kota yg mampus, setel v-belt, dll cuman 500rebu*
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 198
- Joined: Tue Oct 01, 2013 8:02
- Location: DCI Djakarta
Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013
Setuju. Sejauh ini sih sy udah ganti oli, filter, keluar biaya cuma 35rb buat beli filter oli. Sisanya khratis alias DIY.ricz wrote: Klo mbl LCGC kek gini seh gw rasa koq ga worth ya ke BeRes... Lagian jg ga kompleks amat sistem di mblnya...
Mbl murah = servisnya jg harus murah...
IMHO lho ya...

Kalo cuma buat tampilan, berarti ga ada fungsinya. Kalo ga ada fungsinya, buat apa dipasang?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013
DIY = Do It Yourself -> Duit-duitmu sendirisepatupuma wrote:Setuju. Sejauh ini sih sy udah ganti oli, filter, keluar biaya cuma 35rb buat beli filter oli. Sisanya khratis alias DIY.ricz wrote: Klo mbl LCGC kek gini seh gw rasa koq ga worth ya ke BeRes... Lagian jg ga kompleks amat sistem di mblnya...
Mbl murah = servisnya jg harus murah...
IMHO lho ya...
kaboooorr

Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sun Sep 22, 2013 6:57
Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013
stirnya lebih keren dari all new sirionsepatupuma wrote:Interior
![]()

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 198
- Joined: Tue Oct 01, 2013 8:02
- Location: DCI Djakarta
Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013
Nah, barusan ada kesempatan buat coba lagi di tol JORR. Kecepatan konstan 120kmh, di sekitar poin square lebak bulus arah ke kampung rambutan ketemu jalanan gelombang dengan kondisi jalanan sedikit menikung. Baru terasa limbungnya parah. Seperti akumulasi antara ban profil 80, ground clearance tinggi & stabilizer yang absen.amfibi wrote:suara mesin & kestabilannya aja deh, gimana om?
Sepertinya dengan kondisi jalanan di indonesia, amannya max 90-100kmh dengan suspensi & ban standar.
Kalo cuma buat tampilan, berarti ga ada fungsinya. Kalo ga ada fungsinya, buat apa dipasang?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013
hmm... mungkin itu alasannya mengapa kecepatan maksimum di tol JORR dibatasi 80km/h.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013
Oic om...gabisa dibilang irit yaksepatupuma wrote:Hampir 3000 seharusnya sih udah ya, FC cuma beda tipiss dr 1:9 ke 1:10.imingwahyudi wrote: sepertinya FC malah habis karena powerloss di A/T nya(meibi?karena setahu saya teknologinya ga lebih maju dari Kijang EFI A/T), lagian ga nambah banget 100 kilo om cuma buat triobar, mentok 30 kilo, tapi hasilnya
...berani adu stiffness sama 2 tingkat diatasnya hehehee
sekarang udh lewat break in om? masih samakah FC?
Rekomen apa om? Under control? Atau ada yg lain?

Buatan lokal yang mirip sama ur boleh tuh om...price to performance bagus, kalo prioritasin lightness ur...tapi harganya itu lho

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013
konsumsi mobil apa tuh yg sgitu? bukan ayla khan? klu ga salah hrsnya dpt 1:20 khan?
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 741
- Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
- Location: Jakarta & Bekasi
Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013
Ngikut monitor yah... Kalau biaya service nya Ayla bener semahal itu jadi khawatir juga dah, semoga ada testimony langsung dari yg udh service 10rb KM, dsb.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013
ngomong biaya servis 10ribu Km kayanya daihatsu rata-rata mahal yah....DDR wrote:Ngikut monitor yah... Kalau biaya service nya Ayla bener semahal itu jadi khawatir juga dah, semoga ada testimony langsung dari yg udh service 10rb KM, dsb.
biaya servis 10rb Km Xenia ane juga lebih mahal dari biaya servis 10rb CRV....


tapi kalo diliat secara long term lebih murah sih....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Fri Oct 25, 2013 12:01
Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013
Mau tanya dong Om, mesin agya dan ayla sama khan? Ane udah pake agya tipe E manual hampir 3 mingguan. Kalo pas di tanjakan trus berenti trus mau jalan lagi kok mesinnya cepet banget mati ya? Ane dulu pake avanza 1300 cc nggak kayak begeni dech perasaan. Apa mesinnya terlalu kecil ya 1000 cc atau cuma Ane yang belum jago mainin koplingnya? Ane udah cobain berbagai cara mulai kombinasi setengah kopling + rem, setengah kopling + gas, mainin rem tangan gak ada yang berhasil. Akhirnya Ane turunin sampe bawah trus nanjak lagi baru bisa. Itu karna jalanan tempet Ane sepi, nah kalo banyak mobil macet2a Ane bakalan galau banget tuh. Masalahnya waktu bawa avanza Ane pas di tanjakan lancar2 aja. Pengalaman Om Puma waktu bawa Ayla gmn? Ada yang bisa bantu Ane kasih solusi atau saran?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013
CC kecil emang perlu penyesuaian buat kopling ya kayaknya...
Ane wkt bawa katana & karimun juga serin mati kalo tanjakan, spt agan losthard...
Ane wkt bawa katana & karimun juga serin mati kalo tanjakan, spt agan losthard...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3220
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013
mungkin itu masalah kopling om... coba kalo mau oprek mesin... ganti filter, kasi turbo. 

[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Fri Oct 25, 2013 12:01
Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013
Trus gimana dong Om solusinya? Sampe sekarang Ane belum berani bawa jauh2 takut kejadian kayak gini pas di tanjakan dan macet.Kalau tanjakannya lancar sih ga ada masalah, tapi kalo macet horrorr banget.amfibi wrote:CC kecil emang perlu penyesuaian buat kopling ya kayaknya...
Ane wkt bawa katana & karimun juga serin mati kalo tanjakan, spt agan losthard...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3220
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013
ohh, ane tau... ente kebiasaan bawa RWD yg kalo nanjak gampang. trs beralih ke FWD....losthard wrote:Trus gimana dong Om solusinya? Sampe sekarang Ane belum berani bawa jauh2 takut kejadian kayak gini pas di tanjakan dan macet.Kalau tanjakannya lancar sih ga ada masalah, tapi kalo macet horrorr banget.amfibi wrote:CC kecil emang perlu penyesuaian buat kopling ya kayaknya...
Ane wkt bawa katana & karimun juga serin mati kalo tanjakan, spt agan losthard...

[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Fri Oct 25, 2013 12:01
Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013
Ane nggak ngerti rwd atau fwd Om. Kalo ertiga, brio satya, etios, dan Yaris itu fwd atau rwd Om? Soalnya saudara Ane yg udah nyobain semua tuh mobil, ga ada masalah pas tanjakan macet waktu pake ertiga, satya, yaris, dan avanza. Dia cuma ngalamin masalah ini di etios dan Ayla punya Ane.Felixz_Yaris wrote:ohh, ane tau... ente kebiasaan bawa RWD yg kalo nanjak gampang. trs beralih ke FWD....losthard wrote:Trus gimana dong Om solusinya? Sampe sekarang Ane belum berani bawa jauh2 takut kejadian kayak gini pas di tanjakan dan macet.Kalau tanjakannya lancar sih ga ada masalah, tapi kalo macet horrorr banget.amfibi wrote:CC kecil emang perlu penyesuaian buat kopling ya kayaknya...
Ane wkt bawa katana & karimun juga serin mati kalo tanjakan, spt agan losthard...
Kalau ganti filter atau tambah turbo mesti nambah biaya dong Om? Kalo tau gitu mending Ane sabar dikit nabung atau nyicil beli mobil yang cc-nya gedean dikit.
Mungkin ada Om2 yang bisa ngasih teknik kopling paling jitu?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013
RWD itu yang gerak roda belakang, sedangkan FWD roda depan yang gerak... 
Semua mobil yang ente sebutkan itu pake FWD...
Untuk etios, denger2 susah juga buat adaptasi sama koplingnya... Mungkin ayla seperti etios ini ya kasusnya...


Semua mobil yang ente sebutkan itu pake FWD...
Untuk etios, denger2 susah juga buat adaptasi sama koplingnya... Mungkin ayla seperti etios ini ya kasusnya...

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013
sbenernya kalo uda biasa sih gpp,. cuma butuh waktu buat adaptasi ajaaa,. kerasa sama ane dari apanja ke ertiga maupun sebaliknya dengan rute yg sama beda teknik maenin kopling nya,. awal2nya jga ane sering mati kalo start nanjak,. kalo uda kenal and hafal karakternya ya lancar2 ajaa
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 198
- Joined: Tue Oct 01, 2013 8:02
- Location: DCI Djakarta
Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013
Itu sampe mati mesin, waktu angkat kopling di rpm berapa ya? Sebelum pake ini, sy pake suzuki forsa 1000cc manual macet2 di tanjakan ga ada masalah sih. Cuma memang beda sama mobil cc besar yg bisa angkat kopling di 1000 atau 1200 rpm, kalo cc kecil ya paling nggak harus di 1500 atau 2000 rpm kalo tanjakannya curam.losthard wrote:Mau tanya dong Om, mesin agya dan ayla sama khan? Ane udah pake agya tipe E manual hampir 3 mingguan. Kalo pas di tanjakan trus berenti trus mau jalan lagi kok mesinnya cepet banget mati ya? Ane dulu pake avanza 1300 cc nggak kayak begeni dech perasaan. Apa mesinnya terlalu kecil ya 1000 cc atau cuma Ane yang belum jago mainin koplingnya? Ane udah cobain berbagai cara mulai kombinasi setengah kopling + rem, setengah kopling + gas, mainin rem tangan gak ada yang berhasil. Akhirnya Ane turunin sampe bawah trus nanjak lagi baru bisa. Itu karna jalanan tempet Ane sepi, nah kalo banyak mobil macet2a Ane bakalan galau banget tuh. Masalahnya waktu bawa avanza Ane pas di tanjakan lancar2 aja. Pengalaman Om Puma waktu bawa Ayla gmn? Ada yang bisa bantu Ane kasih solusi atau saran?
Kalo ayla sy mungkin karena tertolong torque converter, jadi kalo toh macet di tanjakan curam ya tinggal angkat rem aja mobil tetap diam ditempat. Saat pedal gas ditowel dikit mobil langsung gerak.
Kalo cuma buat tampilan, berarti ga ada fungsinya. Kalo ga ada fungsinya, buat apa dipasang?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Fri Oct 25, 2013 12:01
Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013
@ amfibi: tengkyu buat penjelasaanya Om
@ akang: iya sih ane rasa juga begitu, makanya nih Ane tiap pagi pas jalanan sepi latihan mulu pas jalanan nanjak trus berehenti dan nanjak lagi, agak susah adaptasinya dengan agya
@ sepatupuma: Ane gak perhatiin rpm sich Om, yang jelas waktu pake setengah kopling + rem pas kerasa mobilnya getar langsung ane lepas remnya harusnya mobilnya udah maju, lha ini udah lepas rem belum sempat injek gas udah mati duluan mesinnya. Udah coba pake teknik lepas rem tangan bertahap gagal juga.
Coba nanti Ane praktekin saran om Sepatupuma untuk liat rpm pas lepas koplingnya...
@ akang: iya sih ane rasa juga begitu, makanya nih Ane tiap pagi pas jalanan sepi latihan mulu pas jalanan nanjak trus berehenti dan nanjak lagi, agak susah adaptasinya dengan agya
@ sepatupuma: Ane gak perhatiin rpm sich Om, yang jelas waktu pake setengah kopling + rem pas kerasa mobilnya getar langsung ane lepas remnya harusnya mobilnya udah maju, lha ini udah lepas rem belum sempat injek gas udah mati duluan mesinnya. Udah coba pake teknik lepas rem tangan bertahap gagal juga.
Coba nanti Ane praktekin saran om Sepatupuma untuk liat rpm pas lepas koplingnya...