Review Suzuki Ertiga GX AT 2013

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16

Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013

Post by xtr40rd1n4rym4n »

c_adhi_k wrote: udah ganti spare part belum om?
trus bodinya sama tipisnya ya?
Sampe skrg blm ada yg diganti kecuali oli doank om..
Kl body ya lmyn lah, lebih mending drpd duo kaleng krn pada dasarnya body suzuki meskipun model lain mmg lumayan tebal.

Cuman konsumsi bbm di ane sih panteng di 9-11 aja dlm kota padahal MT bukan AT, tp tergantung cara bawanya jg kali ya..
:mky_01:
User avatar
an15wn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 467
Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
Location: Jakarta Timur

Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013

Post by an15wn »

VanzMatic wrote:Klo ga sengaja numbur sesuatu di depan, berapa jadinya ganti satu set airbag diluar jasa?
Denger2 14jt-an atau berapa, kurang jelas juga. Apakah itu sama ongkos jasa juga ane kurang jelas. Makanya dulu kebanyakan pilih GX gara2 selisihnya ama GL gak begitu banyak. Padahal fiturnya banyak banget bedanya.

-----

Ertiga ane odonya dah di angka 27rb lebih. Sampe saat ini boleh dibilang gak ada keluhan mekanikal yg dikuatirkan, misalnya steering rack. Masih sepi, gak ada glodakan. Yg pernah ane komplen tuh foglamp yg burem. Dah diganti gratis. Ada temen juga yg langganan komplen head lamp gara2 berembun. Dia perhatiin kode partnya berubah. Berarti ada perbaikan.

Kasus lain yg cukup banyak terjadi (gak tahu berapa prosen dari seluruh produk) adalah torsion beam yg suka bunyi2 terutama kalo nginjek jln gak rata. Alhamdulillah kasus ini juga gak ane alami. Padahal menurut ane, ane cukup nyiksa R3. Kalo di jalanan bopeng, males pelan2 banget.

Yg agak mengkhawatirkan tuh ban. Kayaknya GT Radial Eco yg dipasang nih kurang ulet. Di ban depan dah boncel2. Mungkin juga gara2 medan yg ane lewatin sebagian adalah jalanan rusak. Aspal terkelupas sampe batu splitnya dan yg lapisan di bawahnya pada nongol. Juga jalanan beton yg gak dilapis aspal. Yg belakang mah gak separah yg depan.

Build quality spertinya juga masih terbukti cukup bagus. Ada ratling sih, tapi hanya kalo lagi rpm super rendah, sekitar 500 - 600an, lah. Itu lho, pas mau lepas kopling penuh. Kalo dah di atas itu gak ada lagi ratling. Kalo lagi cruising di jalanan bopeng2 juga cenderung sepi, paling2 yg bunyi glodak2 tuh isi bagasi belakang dan yg di laci depan yg sedang dikocok2.

Oh ya, R3 ane bln Juli 2012, single blower, manual.
xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16

Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013

Post by xtr40rd1n4rym4n »

an15wn wrote:
VanzMatic wrote:Klo ga sengaja numbur sesuatu di depan, berapa jadinya ganti satu set airbag diluar jasa?
Denger2 14jt-an atau berapa, kurang jelas juga. Apakah itu sama ongkos jasa juga ane kurang jelas. Makanya dulu kebanyakan pilih GX gara2 selisihnya ama GL gak begitu banyak. Padahal fiturnya banyak banget bedanya.

-----

Ertiga ane odonya dah di angka 27rb lebih. Sampe saat ini boleh dibilang gak ada keluhan mekanikal yg dikuatirkan, misalnya steering rack. Masih sepi, gak ada glodakan. Yg pernah ane komplen tuh foglamp yg burem. Dah diganti gratis. Ada temen juga yg langganan komplen head lamp gara2 berembun. Dia perhatiin kode partnya berubah. Berarti ada perbaikan.

Kasus lain yg cukup banyak terjadi (gak tahu berapa prosen dari seluruh produk) adalah torsion beam yg suka bunyi2 terutama kalo nginjek jln gak rata. Alhamdulillah kasus ini juga gak ane alami. Padahal menurut ane, ane cukup nyiksa R3. Kalo di jalanan bopeng, males pelan2 banget.

Yg agak mengkhawatirkan tuh ban. Kayaknya GT Radial Eco yg dipasang nih kurang ulet. Di ban depan dah boncel2. Mungkin juga gara2 medan yg ane lewatin sebagian adalah jalanan rusak. Aspal terkelupas sampe batu splitnya dan yg lapisan di bawahnya pada nongol. Juga jalanan beton yg gak dilapis aspal. Yg belakang mah gak separah yg depan.

Build quality spertinya juga masih terbukti cukup bagus. Ada ratling sih, tapi hanya kalo lagi rpm super rendah, sekitar 500 - 600an, lah. Itu lho, pas mau lepas kopling penuh. Kalo dah di atas itu gak ada lagi ratling. Kalo lagi cruising di jalanan bopeng2 juga cenderung sepi, paling2 yg bunyi glodak2 tuh isi bagasi belakang dan yg di laci depan yg sedang dikocok2.

Oh ya, R3 ane bln Juli 2012, single blower, manual.
Sama unit kita om july 2012, dan cukup puas meskipun mobil ini kerjanya jalan terus dan rute jg bukan jalan mulus terus
:mky_02:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013

Post by amfibi »

Berarti, ertiga batch pertama lumayan bagus ya? :mky_02:
User avatar
an15wn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 467
Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
Location: Jakarta Timur

Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013

Post by an15wn »

Yah... Moga2 kaki2 pada tangguh. Soalnya emang itu kekuatiran utama.

Kalo ane sih sehari2 kepakenya dikit. Wong jarak rumah ke kantor cuma 10 km. Ane pilih ngantor make mobil kerena jalan ngantor gak begitu macet plus parkir kantor gratis.

Kebanyakan yg bikin odo muter cepet sih jalan luar kota. Sebulan sekali ke Serang/Anyer. Pulkam ke Jombang, ke Sumbar, ke Yogja 2 kali, ke Garut. Bandung bbrp kali. So far, pilihannya naik mobil karena hitungan akhirnya jauh ngirit dibanding make angkutan umum. Soalnya penumpang minim 4 kalo luar kota, kecuali Serang.
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013

Post by azu »

Ertiga di rumah keluaran Agustus 2012 dan saat ini sudah mencapai 22.000 Km.. saat ini yang sudah pernah diganti hanya rack steering (gratis) pada KM 20.000 kemarin, mengingat kondisi jalan ke rumah saya setahun kebelakang sangat parah dan baru tahun ini semua jalan itu diperbaiki :off_no: .. selain itu muncul rattle dari pintu bagasi akibat dari hancurnya jalan dan kasarnya saya nyetir di jalan jelek itu :mrgreen:

kami sekeluarga cukup puas dengan Ertiga, dan Build Qualitynya cukup baik diluar dua masalah tadi.. yang menurut saya terasa bedanya dengan pesaing tuanya adalah dari bempernya.. udah nabrak motor sekali, batu besar sekali, ditambah nyerempet tiang sekali, tapi kancing bumper depannya masih utuh/ga turun dan celah antara bumper dan bodynya tetep normal.. dulu pakai Ava punya om dan nyerempet tiang, kancing bumper rusak jadi ada celah antara bumper dan body :mrgreen:
VanzMatic wrote:Klo ga sengaja numbur sesuatu di depan, berapa jadinya ganti satu set airbag diluar jasa?
ini perkiraan dari website eparts suzuki aja ya om..

73920B58M00N000 - HOUSING ASSY, PASSENGER AIR BAG SDX SEE NOTE - RP1.209.400,00 (Unit Airbag Penumpang Depan)
73910-71L00-R8R - DOOR ASSY, PASSENGER AIR BAG (BROWN)DOOR ASSY, PASSENGER AIR BAG (BROWN) SDX SEE NOTE - RP1.212.800,00 (Tutup Dashboard Airbag Penumpang Depan)
48150B58M10NGMN - MODULE ASSY, AIR BAG (CHROME/BEIGE) - RP1.010.500,00 (Unit Airbag Pengemudi)
38930B57L00N000 - SENSOR ASSY, FORWARD SDX - RP93.800,00 (Sensor Airbag)
38910B77M00N000 - CONTROLLER ASSY, AIR BAG SDX - RP578.900,00 (ECM Airbag)
Total: RP4.105.400,00
Diluar jasa dan spareparts lainnya yang tidak saya tahu :mrgreen: setidaknya itu spareparts utama dari sistem airbag itu sendiri

:thanks:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
newbiemon
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sun Nov 10, 2013 6:14

Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013

Post by newbiemon »

Permisi nubie numpang lewat. Ane lagi cari MPV soalnya ane bakalan sering bawa banyak orang dan bawa barang juga. Kalo liat di jalan ertiga lumayan banyak juga di jalan dan sempet kepikiran mau ambil ertiga juga. Tapi ada satu yang ganjel hati Ane, setelah bikin trit saran MpV, banyak suhu2 di SMers yang bilang bagasi ertiga dengan kondisi full 7 orang sangat sempit, trus tenaga mesinnya juga tergolong paling kecil di kelas MpV cuma 96 ps. Bagaimana tanggapan SMers pengguna ertiga? Apakah benar bagasinya sempit banget kalo ga lipat jok baris ketiga? Ini adalah poin paling vital buat Ane. Mohon dicerahkan
User avatar
an15wn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 467
Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
Location: Jakarta Timur

Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013

Post by an15wn »

Kalo kursi terbentang semua, emang bagasi sangat sempit. Paling2 muat bbrp ransel isi baju2 aja.

Kalo ane sih akhirnya ya beli roof rack. Pas utk keperluan mudik, pasang deh. Abis mudik copot lagi. Karena emang sehari2 gak bawa orang dan barang banyak2 sekaligus.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013

Post by VanzMatic »

Good..good..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16

Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013

Post by xtr40rd1n4rym4n »

newbiemon wrote:Permisi nubie numpang lewat. Ane lagi cari MPV soalnya ane bakalan sering bawa banyak orang dan bawa barang juga. Kalo liat di jalan ertiga lumayan banyak juga di jalan dan sempet kepikiran mau ambil ertiga juga. Tapi ada satu yang ganjel hati Ane, setelah bikin trit saran MpV, banyak suhu2 di SMers yang bilang bagasi ertiga dengan kondisi full 7 orang sangat sempit, trus tenaga mesinnya juga tergolong paling kecil di kelas MpV cuma 96 ps. Bagaimana tanggapan SMers pengguna ertiga? Apakah benar bagasinya sempit banget kalo ga lipat jok baris ketiga? Ini adalah poin paling vital buat Ane. Mohon dicerahkan
mmg bagasinya tergolong "sangat" sempit..
:big_slap: :big_slap:

dan kekurangannya dia tidak bisa dilipat 50-50 di row 3 kaya rushter (duo kaleng mmg tidak bisa juga sih) tp andaikan ertiga bisa dilipat 50-50 = mendingan aja..

VanzMatic wrote:Good..good..
akhirnya nambah lagi kelemahan ertiga..
:wkkk: :wkkk:
User avatar
an15wn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 467
Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
Location: Jakarta Timur

Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013

Post by an15wn »

xtr40rd1n4rym4n wrote: dan kekurangannya dia tidak bisa dilipat 50-50 di row 3 kaya rushter (duo kaleng mmg tidak bisa juga sih) tp andaikan ertiga bisa dilipat 50-50 = mendingan aja..
ANX 'katanya' dah dibelah 50/50 tuh bangku belakangnya. :ungg:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013

Post by VanzMatic »

xtr40rd1n4rym4n wrote: -cut-
VanzMatic wrote:Good..good..
akhirnya nambah lagi kelemahan ertiga..
:wkkk: :wkkk:
ebujugg...wong ane bilang good buat ertiga nya kok.... :big_chicken:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16

Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013

Post by xtr40rd1n4rym4n »

hehehhe..
becanda om Vanz, biar tambah rame aja tritnya plus bisa kasi masukan buat suzuki utk perbaikan di versi faceliftnya..
:mky_02: :mky_02:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013

Post by VanzMatic »

pan emang kagak ane seriusin, masbrooh...
:mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013

Post by djia »

Ertiga bagus kok. Value for money, harga serupa dapatnya lebih.

Hanya saja Suzuki masih menata pasar. Saya membayangkan tentunya engga mudah juga buat Suzuki untuk restrukturisasi production untuk Ertiga ini. Mau nambah investasi besar2an buat line produksi Ertiga, iya kalo ke depannya Ertiga ini lancar terus seperti sekarang. Lha kalo tiba2 Ertiga ada kendala tak terduga, sedangkan hutang investasi sudah kadung puluhan juta dollar, kan bakal berabe. Sementara lineup yg lain juga engga seberapa laris.

Kalo brand yg lebih mapan seperti Toyota, lebih banyak line-upnya yang laris. Semisal (misal aja) dia defisit di investasi production Etios, masih bisa ditutup lubang dari tipe lain yang juga laris.

Belum lagi investasi ASS, parts.

Tpi mudah2an aja Suzuki bisa stabil & ASS bisa lebih baik setelah mendulang laba dari Ertiga. Pengen juga ambil satu unit yg GX matic kalo ada rejeki :mky_03:

#pendapat super sotoy
User avatar
an15wn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 467
Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
Location: Jakarta Timur

Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013

Post by an15wn »

djia wrote:Ertiga bagus kok. Value for money, harga serupa dapatnya lebih.

Hanya saja Suzuki masih menata pasar. Saya membayangkan tentunya engga mudah juga buat Suzuki untuk restrukturisasi production untuk Ertiga ini. Mau nambah investasi besar2an buat line produksi Ertiga, iya kalo ke depannya Ertiga ini lancar terus seperti sekarang. Lha kalo tiba2 Ertiga ada kendala tak terduga, sedangkan hutang investasi sudah kadung puluhan juta dollar, kan bakal berabe. Sementara lineup yg lain juga engga seberapa laris.

Kalo brand yg lebih mapan seperti Toyota, lebih banyak line-upnya yang laris. Semisal (misal aja) dia defisit di investasi production Etios, masih bisa ditutup lubang dari tipe lain yang juga laris.

Belum lagi investasi ASS, parts.

Tpi mudah2an aja Suzuki bisa stabil & ASS bisa lebih baik setelah mendulang laba dari Ertiga. Pengen juga ambil satu unit yg GX matic kalo ada rejeki :mky_03:

#pendapat super sotoy
Betul sekali, Oom... Investasi trilyunan (bukan bukan sekedar milyaran) rupiah, kalo dagangan gak laku, bisa nangis darah (karena sambil digebugin kreditur). Sebabnya, walaupun produknya (R3) bagus, segmen LMPV adalah segmen paling gemuk dgn isi produk hanya 1 (si kembar; eh 2 donk) yg bener2 menguasai pasar. Begitu R3 dah terlihat cukup kuat, sijuki baru berani tuh investasi 10 trilyun utk pabrik barunya.

Walaupun bagaimana, sijuki gak boleh hanya fokus ke produksi. Karena masalah terbesar sijuki sampe saat ini adalah layanan purna jual yg gak seragam. Contohnya kalo sijuki berpikiran mau masukin R3 diesel. Wong pasukannya gak pernah punya pengalaman di diesel, apa bukannya berjudi dgn nama baiknya sekarang?

Good luck, dah... Semoga layanan purna jualnya bener2 makin baik, soalnya ane berharap make mobil tuh lama. Kalo perlu sampe rusak baru nyari penggantinya.
User avatar
an15wn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 467
Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
Location: Jakarta Timur

Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013

Post by an15wn »

Barusan ada testimoni pemakai Ertiga manual yg odonya dah 100.000+ km...

Kalo2 berguna...
erti-100K.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16

Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013

Post by xtr40rd1n4rym4n »

busyet mobil yg baru berusia 1 tahun an uda 100,000 km ..
bravoo..
:mky_02: :mky_02:
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013

Post by DDR »

Mantaaaaaaappppp... Makin tenang aja deh ane sama Ertiga ane nih hehe... Umur nya baru 1 bulan, masih kebanyakan dielus wkwkwkwkw...
xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16

Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013

Post by xtr40rd1n4rym4n »

punya ane ertiga GX MT july 2012 uda 25k odonya....
belum ada problem dan semoga ga bakalan ada problem..

:mky_02:
User avatar
an15wn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 467
Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
Location: Jakarta Timur

Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013

Post by an15wn »

xtr40rd1n4rym4n wrote:punya ane ertiga GX MT july 2012 uda 25k odonya....
belum ada problem dan semoga ga bakalan ada problem..

:mky_02:
Weh, sepantaran nih. Odo juga beda dikit. Ane di 28K.

Aamiin... Moga2 awet... :e-pray:
DDR wrote:Mantaaaaaaappppp... Makin tenang aja deh ane sama Ertiga ane nih hehe... Umur nya baru 1 bulan, masih kebanyakan dielus wkwkwkwkw...
Wah, makin kinclong aja donk itu R3-nya... :big_peace:
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013

Post by nugroho bagor »

Ikut mojok dulu lah :upss:
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013

Post by DDR »

an15wn wrote:
Wah, makin kinclong aja donk itu R3-nya... :big_peace:
Dielus setir nya bro heheh yang kinclong setirnya doang, luar sih jarang mandi... 1x seminggu deh... Sebetulnya sih Ertiga ane sempet ada masalah bro, di posisi gigi tertentu kalau di gas agak dalem, body getar... Di cek di bengkel engine mounting katanya normal, divonis AS roda depan kiri kanan masalah, diganti 1 set... Sekarang lagi masa uji coba nih sama ane, kayanya sih geternya masih ada dikit... km baru 1500... Tunggu seribu km lagi deh, kalau ternyata jelas masih ada nanti ane klaim lagi... Kudu dicoba ke luar kota sih...
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013

Post by Jambangan »

DDR wrote: Dielus setir nya bro heheh yang kinclong setirnya doang, luar sih jarang mandi... 1x seminggu deh... Sebetulnya sih Ertiga ane sempet ada masalah bro, di posisi gigi tertentu kalau di gas agak dalem, body getar... Di cek di bengkel engine mounting katanya normal, divonis AS roda depan kiri kanan masalah, diganti 1 set... Sekarang lagi masa uji coba nih sama ane, kayanya sih geternya masih ada dikit... km baru 1500... Tunggu seribu km lagi deh, kalau ternyata jelas masih ada nanti ane klaim lagi... Kudu dicoba ke luar kota sih...
om, boleh tau komplain di beres suzuki mana??
ini swift ane rack steering bunyi2 kalo lewat jalan ga rata sejak odo 2rb KM. sekarang odo 15rb KM. pengen komplain tapi msh males soalnya belum nemu beres suzuki yg oke
katanya sih kalo mau komplain ke beres fatmawati tapi males kesananya. jauh & macet hahaha..
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013

Post by DDR »

Jambangan wrote:
DDR wrote: om, boleh tau komplain di beres suzuki mana??
ini swift ane rack steering bunyi2 kalo lewat jalan ga rata sejak odo 2rb KM. sekarang odo 15rb KM. pengen komplain tapi msh males soalnya belum nemu beres suzuki yg oke
katanya sih kalo mau komplain ke beres fatmawati tapi males kesananya. jauh & macet hahaha..
Saya klaim di BeRes Suzuki Pulogadung bro... Sempet juga ke BeRes Pondok Indah, cm krn kesono jauh banget dari kantor jadi saya pindah ke Pulogadung. Nama PT nya sama sama Buana Indo Trada kalau ngga salah... Kalau ngerasa pelayanan BeRes kurang sreg, kirim email via Website nya Suzuki yang bagian contact us... Biasanya langsung di response sama BeRes yang bersangkutan.