Adu Kebut Ala Jerman; Merc vs. BMW
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 218
- Joined: Tue Feb 14, 2012 0:40
- Location: Karawang
Re: Adu Kebut Ala Jerman; Merc vs. BMW
Ya adalah taxi silverbird .tambahngaco.com
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1497
- Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18
Re: Adu Kebut Ala Jerman; Merc vs. BMW
tapi om menurut ane dia bisa tembuslah 400 km tapi itu sangat jarang ... taxi premium gitu banyak ngetemnya mungkin ... *Tjiewei wrote:Ya adalah taxi silverbird .tambahngaco.com
*nubie asal palembang mulai menerka nerka
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 218
- Joined: Tue Feb 14, 2012 0:40
- Location: Karawang
Re: Review BMW 528i (1998)
[quote="Dino_lowrider"][quote="Megalontong"]Lebih aman menghindari nikasil BMW, pilih blok alusil seri 5 tahun 2000 ke atas.
Memang dasarnya mesin BMW itu ngga reliable. Sebagai bukti mesin Mercedes Benz juga menggunakan nikasil, tapi aman tuh kena Sulfur tinggi di amerika.
Om lontong sdh pernah ke amerika belumm?

Memang dasarnya mesin BMW itu ngga reliable. Sebagai bukti mesin Mercedes Benz juga menggunakan nikasil, tapi aman tuh kena Sulfur tinggi di amerika.
Om lontong sdh pernah ke amerika belumm?


-
- SM Moderator
- Posts: 4486
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: Adu Kebut Ala Jerman; Merc vs. BMW
Ane mau share, ni. Berhubung di rumah adanya BMW, jadi share-nya hanya BMW, ya.
*Warning* Redenomination fever: ON
Kebetulan 318i E36 punya babeh ane dikasi minum Premium terus. Kalaupun dicampur sama Pertamax, mekanismenya: Rp 80 Premium (17,78 liter) Rp 20 Pertamax (2,06 liter)
Setelah 1 tahun dipake so far so good lah. Keluhan si menurut ane minor. Keluhan terutama AC gak dingin2 banget. Tapi setelah ganti fan, langsung maknyess dinginnya...
Radiator sampe sekarang sich belum bermasalah. Cover sich plastik, tapi belum explore lebih jauh.
Konsumsi BBM bisa super uirit. Jakarta-Cikampek-Jakarta isi Premium Rp 50, jarum indikator bensin katanya gerak sedikit, bahkan terlalu jauh dari posisi awal sebelum isi bensin. Sampe Jakarta langsung mampir ke bengkel utk dibikin lebih boros, biar larinya adaan. Kalau pakai asumsi pergerakan jarum indikator berbanding lurus dengan konsumsi BBM, dari posisi sebelum isi bensin dan sesudah isi bensin, jarum indikator geraknya hanya 5%.
Masuk bengkel? Setelah 365 hari masuk bengkel total sekitar 6 hari. 4 hari pas pertama kali beli untuk seting awal, 1 hari untuk ganti fan, 1 hari itu hitung jam total untuk ganti oli.
Sekali lagi ane tegaskan: ini pengalaman pribadi, bukan untuk memihak siapapun.
Btw, pedal gas Merc itu berat, ya? Nyobain E320 punya Direktur sama S350 punya punya presdir buerat tenan... Kata sopirnya si emang karakternya. Kalo BMW sich serasa ngegas mobil Jepun.
*Warning* Redenomination fever: ON
Kebetulan 318i E36 punya babeh ane dikasi minum Premium terus. Kalaupun dicampur sama Pertamax, mekanismenya: Rp 80 Premium (17,78 liter) Rp 20 Pertamax (2,06 liter)
Setelah 1 tahun dipake so far so good lah. Keluhan si menurut ane minor. Keluhan terutama AC gak dingin2 banget. Tapi setelah ganti fan, langsung maknyess dinginnya...
Radiator sampe sekarang sich belum bermasalah. Cover sich plastik, tapi belum explore lebih jauh.
Konsumsi BBM bisa super uirit. Jakarta-Cikampek-Jakarta isi Premium Rp 50, jarum indikator bensin katanya gerak sedikit, bahkan terlalu jauh dari posisi awal sebelum isi bensin. Sampe Jakarta langsung mampir ke bengkel utk dibikin lebih boros, biar larinya adaan. Kalau pakai asumsi pergerakan jarum indikator berbanding lurus dengan konsumsi BBM, dari posisi sebelum isi bensin dan sesudah isi bensin, jarum indikator geraknya hanya 5%.
Masuk bengkel? Setelah 365 hari masuk bengkel total sekitar 6 hari. 4 hari pas pertama kali beli untuk seting awal, 1 hari untuk ganti fan, 1 hari itu hitung jam total untuk ganti oli.
Sekali lagi ane tegaskan: ini pengalaman pribadi, bukan untuk memihak siapapun.
Btw, pedal gas Merc itu berat, ya? Nyobain E320 punya Direktur sama S350 punya punya presdir buerat tenan... Kata sopirnya si emang karakternya. Kalo BMW sich serasa ngegas mobil Jepun.
no signature
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Adu Kebut Ala Jerman; Merc vs. BMW
Honestjohn bilang W210 lebih tinggi tingkat kerusakannya daripada E39 ---> Megalontong bilang "Honestjohn JUJUR"Megalontong wrote:Setidaknya om FM, si honestjohn berkata jujur. Sementara RajaNgeyel Risol, sampai sekarang ngga berani mengaku penyakit bawaan BMW (yg menyebabkan BMW dicap bobrok di indonesia).FortunerMan wrote:Kata ANDA HonestJohn objektip dan jujur...katanya si John W210 lebih bobrok....gimana tuh?![]()
Itulah perbedaan mental pemakan pisang goreng dengan ...... honestjohn
Risol bilang E39 mirip2 aja tingkat kerusakannya dibanding W210 ---> Megalontong bilang "Risol Raja Ngeyel"
Gimana tuh logikanya???
Ane yg gak se'sadis' honestjohn aja dibilang raja ngeyel, tapi honestjohn yg bilang mercedes lebih jelek dibilang jujur

Penyakit bawaan apaan yg harus diakui?
Radiator plastik? kan udah dikasi bukti bahwa semua radiator sekarang bahannya dari plastik, termasuk mercy
BMW harus ganti cooling system tiap 60k miles? Kan udah dikasi bukti bahwa gak bener
Radiator meledak? kan udah dikasi bukti bahwa mobil lain pun (termasuk mercy) bisa meledak kalo engga dirawat
Desain E60 sampah? kan udah dibilang desain itu selera
BMW lebih gak safe dari Mercy? Kan situ sendiri udah bilang bahwa sama2 bintang lima
Harga jual cuma tergantung dari reliability? kan udah dibuktikan engga bener pake contoh X5 dan ML
apanya yg mao diakui ....

-
- SM Moderator
- Posts: 4486
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: Adu Kebut Ala Jerman; Merc vs. BMW
Tambahan: Isi radiator air biasa. Air tanah. No coolant.Ryan Steele wrote:Ane mau share, ni. Berhubung di rumah adanya BMW, jadi share-nya hanya BMW, ya.
*Warning* Redenomination fever: ON
Kebetulan 318i E36 punya babeh ane dikasi minum Premium terus. Kalaupun dicampur sama Pertamax, mekanismenya: Rp 80 Premium (17,78 liter) Rp 20 Pertamax (2,06 liter)
Setelah 1 tahun dipake so far so good lah. Keluhan si menurut ane minor. Keluhan terutama AC gak dingin2 banget. Tapi setelah ganti fan, langsung maknyess dinginnya...
Radiator sampe sekarang sich belum bermasalah. Cover sich plastik, tapi belum explore lebih jauh.
Konsumsi BBM bisa super uirit. Jakarta-Cikampek-Jakarta isi Premium Rp 50, jarum indikator bensin katanya gerak sedikit, bahkan terlalu jauh dari posisi awal sebelum isi bensin. Sampe Jakarta langsung mampir ke bengkel utk dibikin lebih boros, biar larinya adaan. Kalau pakai asumsi pergerakan jarum indikator berbanding lurus dengan konsumsi BBM, dari posisi sebelum isi bensin dan sesudah isi bensin, jarum indikator geraknya hanya 5%.
Masuk bengkel? Setelah 365 hari masuk bengkel total sekitar 6 hari. 4 hari pas pertama kali beli untuk seting awal, 1 hari untuk ganti fan, 1 hari itu hitung jam total untuk ganti oli.
Sekali lagi ane tegaskan: ini pengalaman pribadi, bukan untuk memihak siapapun.
Btw, pedal gas Merc itu berat, ya? Nyobain E320 punya Direktur sama S350 punya punya presdir buerat tenan... Kata sopirnya si emang karakternya. Kalo BMW sich serasa ngegas mobil Jepun.
no signature
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Mercedes W211 - Review & Reliability Issues
tareeekkkk manggggggg





-
- SM Moderator
- Posts: 4486
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: Mercedes W211 - Review & Reliability Issues
k4ng, kapan ente tarik papanja ente ketemu E36?ak4ng wrote:tareeekkkk manggggggg![]()
![]()
![]()
no signature
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Mercedes W211 - Review & Reliability Issues
kaga,. ane tarik W211 pake K3DE aja,.



-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Adu Kebut Ala Jerman; Merc vs. BMW
nah, ada pengguna E36 neh.. mungkin di SM ada juga penguna BMW lainnya... pingin nanya2 :Ryan Steele wrote:Ane mau share, ni. Berhubung di rumah adanya BMW, jadi share-nya hanya BMW, ya.
*Warning* Redenomination fever: ON
Kebetulan 318i E36 punya babeh ane dikasi minum Premium terus. Kalaupun dicampur sama Pertamax, mekanismenya: Rp 80 Premium (17,78 liter) Rp 20 Pertamax (2,06 liter)
Setelah 1 tahun dipake so far so good lah. Keluhan si menurut ane minor. Keluhan terutama AC gak dingin2 banget. Tapi setelah ganti fan, langsung maknyess dinginnya...
Radiator sampe sekarang sich belum bermasalah. Cover sich plastik, tapi belum explore lebih jauh.
Konsumsi BBM bisa super uirit. Jakarta-Cikampek-Jakarta isi Premium Rp 50, jarum indikator bensin katanya gerak sedikit, bahkan terlalu jauh dari posisi awal sebelum isi bensin. Sampe Jakarta langsung mampir ke bengkel utk dibikin lebih boros, biar larinya adaan. Kalau pakai asumsi pergerakan jarum indikator berbanding lurus dengan konsumsi BBM, dari posisi sebelum isi bensin dan sesudah isi bensin, jarum indikator geraknya hanya 5%.
Masuk bengkel? Setelah 365 hari masuk bengkel total sekitar 6 hari. 4 hari pas pertama kali beli untuk seting awal, 1 hari untuk ganti fan, 1 hari itu hitung jam total untuk ganti oli.
Sekali lagi ane tegaskan: ini pengalaman pribadi, bukan untuk memihak siapapun.
Btw, pedal gas Merc itu berat, ya? Nyobain E320 punya Direktur sama S350 punya punya presdir buerat tenan... Kata sopirnya si emang karakternya. Kalo BMW sich serasa ngegas mobil Jepun.
- utk E36 itu apakah juga pake nikasil ? atau nikasil cuma ada di E39 ? (pertanyaan yg sangat bodoh ya)
- apa aja kelebihan/kekurangan E36 th 97-98 ?
- dari antara 318i / 320i / 323i, seri mana yg direkomen ?
- brapa range harganya (utk kondisi bagus) ?
- utk unit bekas, komponen apa aja yg harus dicermati ?
- utk soal FC, apakah beda jauh antara yg manual dan matic ?
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 218
- Joined: Tue Feb 14, 2012 0:40
- Location: Karawang
Re: Mercedes W211 - Review & Reliability Issues
Mau nanya lagi ke bro megalomtong,sudah pernah ke amrik belum? 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Adu Kebut Ala Jerman; Merc vs. BMW
-----
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Adu Kebut Ala Jerman; Merc vs. BMW
imsus2c wrote: -----
si vis pacem fac bellum, meneer?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Adu Kebut Ala Jerman; Merc vs. BMW
Ik begrijp het nietandy1800 wrote:imsus2c wrote: -----
si vis pacem fac bellum, meneer?


-
- SM Moderator
- Posts: 4486
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: Adu Kebut Ala Jerman; Merc vs. BMW
Sr. Hansen, que uno que no lo entiendes?Hansen wrote:Ik begrijp het nietandy1800 wrote:imsus2c wrote: -----
si vis pacem fac bellum, meneer?
no signature
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Adu Kebut Ala Jerman; Merc vs. BMW
si vis pacem fac bellum, meneer? (kalau ingin perdamaian, buatlah perang)
Ik begrijp het niet (aku nggak ngerti)
que uno que no lo entiendes? (yang mana yg anda gak ngerti)
Ik begrijp het niet (aku nggak ngerti)
que uno que no lo entiendes? (yang mana yg anda gak ngerti)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 670
- Joined: Thu May 17, 2012 16:30
Re: Adu Kebut Ala Jerman; Merc vs. BMW
baca disini, thread W211, sampe thread 408, pertanyaan saya benernya ada 3 (saya bold juga deh biar jelas)
1. mobil pribadi kok dibandingin sama kopaja/angkot dsb
2. mobil pribadi kok dibandingin sama truk ekspedisi antar daerah
3. mobil pribadi kok dibandingin sama mobil travel
dari 3 poin diatas pertanyaan saya kalo dikerucutkan jadi gini, "anda benernya make mobil kaya apaan sih?" apa tiap hari dari jakarta-bandung PP gitu? Terlalu pendek? Dari Sabang sampe Merauke tiap hari gitu? Trus bawanya macam bawa angkot sama truk gitu? Seruduk kiri kanan lompat ke sungai jungkir balik di tol?
Kenapa saya gak kaget kalo ternyata jawabannya ya
1. mobil pribadi kok dibandingin sama kopaja/angkot dsb
2. mobil pribadi kok dibandingin sama truk ekspedisi antar daerah
3. mobil pribadi kok dibandingin sama mobil travel
dari 3 poin diatas pertanyaan saya kalo dikerucutkan jadi gini, "anda benernya make mobil kaya apaan sih?" apa tiap hari dari jakarta-bandung PP gitu? Terlalu pendek? Dari Sabang sampe Merauke tiap hari gitu? Trus bawanya macam bawa angkot sama truk gitu? Seruduk kiri kanan lompat ke sungai jungkir balik di tol?
Kenapa saya gak kaget kalo ternyata jawabannya ya

mau nulis apa ya...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Adu Kebut Ala Jerman; Merc vs. BMW
awalnya mempromosikan norival di forum2 bmw (dan lumayan bagus respons-nya), kok lama2 malah keracunan bmw .. hahaha... sapatau suatu saat bisa melepas si 306, dan ambil E36 (buatan skitar th 96-99)...
mau nanya2 kpd om2 yg paham mengenai E36 :
- mana yg direkomen, 318i atau 320i atau 323i ?
- di antara ketiga seri itu, mana yg pake nikasil ?
- E36 yg masuk Indonesia, ada pilihan transmisi apa aja ? manual/matic/steptronic ? AT nya 4 atau 5 speed ?
- gimana cara mendeteksi nikasil oke atau sudah rusak karna sulfur bbm ?
eh, salah kamar ya ? kalok salah, mohon dimaafken... nanti akan saya co-pas aja di thread yg bener...
mau nanya2 kpd om2 yg paham mengenai E36 :
- mana yg direkomen, 318i atau 320i atau 323i ?
- di antara ketiga seri itu, mana yg pake nikasil ?
- E36 yg masuk Indonesia, ada pilihan transmisi apa aja ? manual/matic/steptronic ? AT nya 4 atau 5 speed ?
- gimana cara mendeteksi nikasil oke atau sudah rusak karna sulfur bbm ?
eh, salah kamar ya ? kalok salah, mohon dimaafken... nanti akan saya co-pas aja di thread yg bener...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- SM Moderator
- Posts: 4486
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: Adu Kebut Ala Jerman; Merc vs. BMW
Sharing dikiiii.......tttt aja dari user E36.JESKONENG wrote:awalnya mempromosikan norival di forum2 bmw (dan lumayan bagus respons-nya), kok lama2 malah keracunan bmw .. hahaha... sapatau suatu saat bisa melepas si 306, dan ambil E36 (buatan skitar th 96-99)...
mau nanya2 kpd om2 yg paham mengenai E36 :
- mana yg direkomen, 318i atau 320i atau 323i ?
- di antara ketiga seri itu, mana yg pake nikasil ?
- E36 yg masuk Indonesia, ada pilihan transmisi apa aja ? manual/matic/steptronic ? AT nya 4 atau 5 speed ?
- gimana cara mendeteksi nikasil oke atau sudah rusak karna sulfur bbm ?
eh, salah kamar ya ? kalok salah, mohon dimaafken... nanti akan saya co-pas aja di thread yg bener...
1. Tujuannya apa? performance atau good fuel consumption?
2. Nikasil?





3. M/T ada, E36 ane salah satunya. tapi kalo gak salah umurnya sama dengan mesin M40. Begitu ganti mesin pakai M43 (CMIIW) semuanya A/T. Entah biasa atau steptronic ane

4. Nunggu master BMW ngasih jawaban
no signature
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 373
- Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02
Re: Adu Kebut Ala Jerman; Merc vs. BMW
1. Performance: 323i, Fuel Economy: 318i
2. yang pake mesin M52 yg pake nikasil.. 323i
3. Manual dan matic, tidak ada steptronic.. 5speed.
4.mesin getar dan dari knalpot keluar asap putih..
CMIIW
2. yang pake mesin M52 yg pake nikasil.. 323i
3. Manual dan matic, tidak ada steptronic.. 5speed.
4.mesin getar dan dari knalpot keluar asap putih..
CMIIW
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Adu Kebut Ala Jerman; Merc vs. BMW
makasih masukan dari om Ryan Steele & om Bivanos...
pertanyaan lagi :
- Apa bener metal body BMW lebih tebal dari mobil2 jepun ?
- kok ada yg bilang, katanya kalok di toll, lari kenceng, justru 323i bisa lebih irit, karna kalok yg 318i/320i harus injak gas lebih dalam utk mencapai misalnya 150 kpj ?
- boleh minta info nama/CP bengkel dan mekanik BMW yg berpengalaman dan banyak diandalkan oleh para pengguna BMW, di sekitar Jaksel dan Tangsel ?
- ada yg bilang juga, agar mewaspadai cooling system, a.l. kondisi slang2, dan tutup radiator yg bahannya plastik sebaiknya diganti dng metal kuningan, apa bener ?
- mohon masukan/saran sebanyak2nya ttg perawatan dan perlakuan terhdp E36
saya tertarik E36 karna :
- model dan tampilannya termasuk gagah di antara mobil2 produksi tahun 96-99, dng moncong yg panjang
- populasinya masih banyak berkeliaran, tentunya gak ada masalah mengenai ketersediaan sparepart
- sebenernya suka banget sama E39, tapi ukuran carport rumah lumayan sempit, dan jumlah total driver + penumpang normalnya hanya 2 orang saja, yaitu suami-istri tok
- enggak akan dijadikan sbg "daily workhorse", karna kalok sendirian aku lebih suka naik motor (Pulsar 220cc yg udah dimodif : profil cam dan valve, kubah ruang bakar, pengapian (koil) dan knalpot sehingga power output menjadi setara dng Honda CBR250R.. as a matter of fact, I feel more alive when riding my bike ! kalok nyetir mobil di kemacetan Jkt, jadinya suka ngantuk)
pertanyaan lagi :
- Apa bener metal body BMW lebih tebal dari mobil2 jepun ?
- kok ada yg bilang, katanya kalok di toll, lari kenceng, justru 323i bisa lebih irit, karna kalok yg 318i/320i harus injak gas lebih dalam utk mencapai misalnya 150 kpj ?
- boleh minta info nama/CP bengkel dan mekanik BMW yg berpengalaman dan banyak diandalkan oleh para pengguna BMW, di sekitar Jaksel dan Tangsel ?
- ada yg bilang juga, agar mewaspadai cooling system, a.l. kondisi slang2, dan tutup radiator yg bahannya plastik sebaiknya diganti dng metal kuningan, apa bener ?
- mohon masukan/saran sebanyak2nya ttg perawatan dan perlakuan terhdp E36
saya tertarik E36 karna :
- model dan tampilannya termasuk gagah di antara mobil2 produksi tahun 96-99, dng moncong yg panjang
- populasinya masih banyak berkeliaran, tentunya gak ada masalah mengenai ketersediaan sparepart
- sebenernya suka banget sama E39, tapi ukuran carport rumah lumayan sempit, dan jumlah total driver + penumpang normalnya hanya 2 orang saja, yaitu suami-istri tok
- enggak akan dijadikan sbg "daily workhorse", karna kalok sendirian aku lebih suka naik motor (Pulsar 220cc yg udah dimodif : profil cam dan valve, kubah ruang bakar, pengapian (koil) dan knalpot sehingga power output menjadi setara dng Honda CBR250R.. as a matter of fact, I feel more alive when riding my bike ! kalok nyetir mobil di kemacetan Jkt, jadinya suka ngantuk)
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- SM Moderator
- Posts: 4486
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: Adu Kebut Ala Jerman; Merc vs. BMW
Logikanya semakin tinggi tenaga mesin, maka semakin rendah daya yang digunakan untuk mencapai kecepatan yang sama.JESKONENG wrote:makasih masukan dari om Ryan Steele & om Bivanos...
-CUT-
- kok ada yg bilang, katanya kalok di toll, lari kenceng, justru 323i bisa lebih irit, karna kalok yg 318i/320i harus injak gas lebih dalam utk mencapai misalnya 150 kpj ?
Contohnya terpaksa ambil mobil lain yang sudah saya coba.
Zebra Master gear 5 RPM 6000 Kecepatan 150 kpj.
Dan Gan gear 5 RPM 4000 kecepatan 150 kpj.
Kalo soal irit2an pada kecepatan yang sama antara 323i dengan 318i/320i ane kurang paham karena gak pernah comare 318i ane dengan yg lain.
Di Jaksel ane pernah ada 2 bengkel sekitaran rumah ane, yang kebetulan aja kepantau sama ane.JESKONENG wrote:- boleh minta info nama/CP bengkel dan mekanik BMW yg berpengalaman dan banyak diandalkan oleh para pengguna BMW, di sekitar Jaksel dan Tangsel ?
1. Di daerah Kampung Kandang, Cilandak. Ni langganan. Masuk melalui Jalan Cilandak KKO (perempatan Trakindo). CP tanya babeh dulu.
2. Daerah Srengseng Sawah dekat UI. Dari Tanjung Barat ke arah Depok, setelah KFC sebelah kiri. CP gak tau karena gak pernah ke sini.
Kalau Tangsel, ane kudu tanya om ane dulu yg tinggal di Bintaro.
Kelihatannya plastik rentan, ya? Padahal nggak juga tuh. Buktinya di E36 ane fine2 ajah...JESKONENG wrote:- ada yg bilang juga, agar mewaspadai cooling system, a.l. kondisi slang2, dan tutup radiator yg bahannya plastik sebaiknya diganti dng metal kuningan, apa bener ?
Masukannya berdasarkan pertanyaan om aja, ya. Kalo gak ditanya biasanya suka gak kepikiran.JESKONENG wrote:- mohon masukan/saran sebanyak2nya ttg perawatan dan perlakuan terhdp E36
Semoga informasi kecil ini berguna, om.
no signature
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Adu Kebut Ala Jerman; Merc vs. BMW
nambahin jawaban dari ryan steele dan bivanos88:JESKONENG wrote:awalnya mempromosikan norival di forum2 bmw (dan lumayan bagus respons-nya), kok lama2 malah keracunan bmw .. hahaha... sapatau suatu saat bisa melepas si 306, dan ambil E36 (buatan skitar th 96-99)...
mau nanya2 kpd om2 yg paham mengenai E36 :
- mana yg direkomen, 318i atau 320i atau 323i ?
- di antara ketiga seri itu, mana yg pake nikasil ?
- E36 yg masuk Indonesia, ada pilihan transmisi apa aja ? manual/matic/steptronic ? AT nya 4 atau 5 speed ?
- gimana cara mendeteksi nikasil oke atau sudah rusak karna sulfur bbm ?
eh, salah kamar ya ? kalok salah, mohon dimaafken... nanti akan saya co-pas aja di thread yg bener...
1. BMW yg terkenal itu mesin inline 6 nya, 'suara'nya khas kalo lagi di geber. Kalo ane sih udah pasti ambil yg 6 cyl 323i karena tenaga paling gede. Udah beli BMW sekalian dinikmati

Kalo mao lebih irit ambil yg 4cyl.
2. yg pake nikasil itu yg mesinnya M52 (320i thn 05 keatas dan semua 323i)
3. dua2nya ada, tapi pembagiannya begini:
E36 (1991 akhir - 1999):
318i Mesin M40 (mesin dipake juga di E30): 1991-1994 awal --> Ada MT dan AT 4 speed, kenop AC masih model jewer, belom airbag
318i Mesin M43: 1996-1999 --> cuma ada MT, AC udah digital, airbag satu di setir (thn 95 gak ada 318i)
320i Mesin M50 (mesin dipake juga di seri 520i E34): 1993-1995 awal --> Ada MT dan AT 5 speed, kenop AC masih model jewer, belom airbag
320i Mesin M52 (NIKASIL): 1995 pertengahan - 1996 awal --> Ada MT dan AT 5 speed, kebanyakan kenop AC masih model jewer, belom airbag TAPI ada bbrp yg tahun 1996 atau yg limited edition udah pake AC digital dan airbag
323i Mesin M52 (NIKASIL): 1996-1999 --> Ada MT dan AT 5 speed, AC udah digital dan airbag
Yg 96 kalo AT, tuas transmisinya masih model palang horizontal kaya 320i
Yg 97 keatas kalo AT, tuas transmisinya udah model vertikal mirip2 E46
Semua E36 belum steptronic.
4. Spt Kata bivanos88
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Adu Kebut Ala Jerman; Merc vs. BMW
wow (enggak pake koprol)... banyak banget hal baru yg saya dapatkan ttg E36 ... skarang2 adalah tahapan pembelajaran E36, nanti ada tahap penjualan Pug 306, dst...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999