imsus2c wrote:omong2 bersih2 injektor, tempo hari injektor santi saya kalibrasi di salah satu bengkel di semarang...
ongkosnya 250ribu, gratis tune up
saat kalibrasi, ternyata ketauan kalo semua nozzle injektor masih normal dan joss....jadi teorinya sih ga perlu dikalibrasi, wah...melayang deh 250 ribu
habis itu sekalian test emisi dan setel AFR,
sebelumnya settingan santi "lean", akibatnya emisi/nilai O2nya kurang bagus, diatas batas ambang (maks. 2%), tapi saya curiga ini mungkin gara2 knalpot bermasalah, secara tempo hari tabung resonatornya bolong (kemakan umur) tapi sudah ditambal las
akhirnya AFR coba diidealkan, hasilnya emisi O2nya bisa turun dibawah 2% atau lulus emisi, dan parameter ambang emisi yg lain seperti HC, CO2, dll.... semuanya lulus
tapi, setelah setting ini rasanya kok performa si santi gak segalak dulu
habis ini mau analisa FC-nya, kalo sama aja dgn yg dulu...mendingan setting AFR dibalikin kayak dulu lagi biar tetep galak

berikut report diatas setelah lewat hampir sebulan, 3x full tank dan 1x dibawa luar kota (+/- 350km pp), dan sekali kejadian konyol...
jadi setelah tune up, santi ditinggal di smg...di deket rumah ada usaha cuci mobil baru...nah si santi di cuci situ antar-jemput...waktu diambil, sudah dikasih pesan, jangan cuci/otak-atik atau bahkan sekedar buka ruang/kap mesin...
ternyata...setelah saya sampai rumah lagi, dan cek si santi....yg pertama saya cek buka kap mesin...
wow...kinclong, tapi..........setelah saya amati, kayaknya ruang mesin terasa habis dispray/semprot oli, seperti oli yang dipakai buat semprot kolong mobil kalo cuci doorsmeer
waktu distart, si santi batuk-batuk....rpm meninggi naik turun saat cold crank, tapi ketika masuk temperatur kerja (idle), keliatan stabil di rpm800an tapi tetap ga bisa smooth....asap knalpot juga terasa lebih pedih
saya curiga ada sensor2nya yang terkena kontaminasi oli, jadinya agak ngaco
dan sekarang di pompa power steering, kalo lagi dingin, terdengar bunyi tek-tek-tek, tapi kalo panas hilang,
belt di situ juga kedengar selip, padahal sudah dikencangkan tensionernya
kembali ke FC, setelah kalibrasi injeksi dan uji emisi (setting AFR), yang saat itu terasa, tenaganya jadi agak kurang bengis
nah setelah lewat sebulan, 3xfull tank, menempuh jarak 1500an km, ternyata FC rata-rata malah memburuk
biasanya keluar kota bisa tembus 1:8-9, sekarang cuman 1:7-8
kayaknya habis ini, mau tune up sendiri di rumah sama balikkin setting afr seperti semula aja