ariswp wrote: Sun Mar 06, 2022 7:06
Chr1stm1 wrote: Sun Mar 06, 2022 5:15
Sekilas info case:
Teman kantor pengguna grand avanza 2018, matic 4AT.
Kemarin kuras oli matic pake Q8, cuma salah tipe, krn ini harusnya pakai yg Auto JK, tapi dikuras pakai Auto MV.
Impresi awal sih enteng, tapi ga tau longtermnya...
Apakah aman yah setidaknya sampai 10rb km?
Dan pernah searching2 pds castrol transmax multivehicle, itu encer banget di 5,9 cst..ini bisa 2 efek, enteng atau selip..
Baca2 di bitog harusnya tetep aman sih,
base oil yg bagus meskipun lebih encer tapi tetep mempertahankan keenceran dari baru dgn lebih baik
Pernah ada yg nulis misal dex III vs dex vi
Dex III ketika baru dituang cst kisaran 7.5 ketika mau diganti setelah 40rb ditest UOA cst drop ke 4.6
Sementara Dex VI ketika baru dituang cst 6 setelah 40rb ditest UOA cst dropnya ke 5.1
Deltanya lebih banyak yg DEX III tadi karena dari base dan aditif2 lainnya memang lebih bagus (lebih ketat) DEX VI tadi
Dan setahuku biasanya atf2 baru ini backward comptible (WS bisa dipake di matic TIV tdk swbaliknya, begitu juga DW1 bisa dipake di matic yg mensyaratkan Z1 atau Dex VI td bisa dipake di Dex III)
Buat saya eman2 sih dikeluarin lagi itu Q8 MV, dipake aja dulu, klo ada anomali2 yg gak well, baru dikuras aja
Yep ini proven.
Sy pakai lendir q8 (mesin)
Pakai 9800km
Pgn buktiin sendiri aja, Test lab oli baru dan oli lama di trakindo.
V100 baru : 8,4
V100 lama (setelah dihajar 9800km) : 8,7
Artinya: Amazingly visco nya stabil tetap di rentang w20.
Karakternya mirip spt UOA amsoil signature dan mobil 1
Yg bertebaran di bitog.
Maka dr itu, visco stabil, jd biar dah waktunya OCI
Tetap feelnya enak spt baru.
Ya intinya merk dan model mobil1, amsoil signature, q8 formula.
Ini emang base oil dan aditifnya istimewa
So.. biar lebih pasti & klo mau valid, perlu diukur to be proven.
Dan klo mau ganti merk atf/cvtf, sekalian aja pakai merk keraton.
Atau tetap pakai genuine beres ajaa.
Drpd knp2.
Karena bbrp merk mobil, girboksnya inhouse made, kyk honda dan mazda.