

Sebenernya saya tau kenapa ada orang seperti anda dan conan sangat cinta hybrid. Saya tau, kalau masa depan semua mobil bisa listrik, tanpa pakai BBM kan sip... Polusi juga sangat minim.
Mungkin anda belum baca ini, kalau bisa Inggris, silahkan baca :
http://clubs.ccsu.edu/Recorder/editoria ... NewsID=188
TAPI, here is the big TAPI, ada berapa faktor yang you guys belum sadar :
1. Hybrid yang sekarang meskipun lebih hemat, tapi kalau bilang beda jauh ama mobil kecil ringgan mesin 1000-1500 cc juga ngak. Pula ENERGY cost untuk bikin hybrid gede banget, tapi banyak orang tidak sadar, sebab tidak kelihatan. Tapi laporan dari US yang di atas sudah jelas, anda belum baca kali. Kecuali Prius di bikin pakai tangan ya saya ngak bisa ngomong apa apa. Energy kan intinya juga sumbernya dari minyak. All those extra electricity, transportation cost etc memang ngak butuh energy / minyak ?
2. More hybrids saat ini produced, MORE Sulphur Dioxide masuk udara dan besi / material langka lain kepakai... Belum lain yang belum di lapor.... Do you know what is Sulphur Dioxide ? Coba pikir, 1 juta kapsul kalau di gantikan hybrid, berapa Sulphur Dioxide yang masuk udara gara gara produksi masal battery hybrid itu ? Belum banyak minyak di sedot untuk ciptakan energy untuk bikin hybrid..
3. COST. This is the big thing juga. Contoh di Indo, meskipun nanti hybrid di kasih incentive pajak, harganya turun ke say 300 juta, atau bahkan 250 juta, orang kan tau sparepart hybrid dan servicenya mahal. BERAPA pemilik mobil tua BERANI ganti ke hybrid ? Kalau dunia semua orang kaya raya ya gampang, nyatanya.... Belum urusan sulphur dioxide dan boros energy untuk bikin hybrid itu...
TAPI, jangan salah, saya sih dukung car maker tetap research mobil baru pakai propulsion baru yang hemat atau ke arah listrik. OK OK saja. TAPI mohon JANGAN di jual dulu kalau terbukti effect sampingnya seperti polusi sulphur dioxide, boros energy cost untuk bikinnya belum ketemu solusi yang memadai.. Di jual cuman untuk image doang atau untuk menurunkan angka corporate average fuel efficiency yang di US supaya di ijinkan jual lebih banyak mobil boros yang lain kan kesannya gimana....
KECUALI nanti sudah ketemu yang benar TOTAL energy costnya lebih rendah, ngak ciptakan effect samping buruk, BOLEH TUH di lepas...
Seperti ada anjing herder, meskipun pintar tangkap maling, tapi kalau juga sering iseng gigit orang lain, jangan di lepas / jual dulu.... Mau tunggu sifat anjing itu sudah jinak, cuman gigit maling, baru tuh di jual ke pasar....
Dan yang cukup penting, WAKTU. Mau tunggu jutaan orang jual mobil tua dan pindah ke hybrid (itu pun kalau ketemu hybrid yang bebas polusi dari mengolah bahan pokoknya, dan energy needs untuk productionnya lebih kecil) KAPAN ? Bumi bisa tunggu atau tidak ? Saat ini saja sudah sangat parah pemanasan global.
Ngak usah lihat jauh jauh. Di Indonesia, buktinya mobil macam GL saja cepat kok orang pindah, sebab murah, service / sparepart murah, irit, emisi jauh lebih baik banding mobil tua, banyak orang mau. Coba, kalau Prius di lepas TAM nanti, dapat incentive pajak harga 250 juta. Bisa ke jual berapa nanti sebulan ?
Kalau Prius cuman ke jual say 100/200 sebulan, banding ama 4000 GL sebulan, plus Jazz, SX4 etc. juga ikut bantu, mobil tipe MANA yang benar eco-friendly....? Yang akan EFFECTNYA BER-ARTI....
Inggat guys, mobil tua itu populasinya bukan cuman 100 ribu, tapi jutaan, bahkan mungkin puluhan jutaan di Indonesia tok. Mending mereka cepat ganti ke mobil macam GL dari pada ke hybrid yang entah kapan dan effect samping, energy costnya juga lebih boros minyak.... dan belum tuntas sampai saat ini....
The world is NOT THAT SIMPLE. Buy hybrids and save the world quickly...