Livina at first drive + BBM rata2/ltr

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Bung Surya, anda cocok jadi anak conan.... :D :D

Sebenernya saya tau kenapa ada orang seperti anda dan conan sangat cinta hybrid. Saya tau, kalau masa depan semua mobil bisa listrik, tanpa pakai BBM kan sip... Polusi juga sangat minim.


Mungkin anda belum baca ini, kalau bisa Inggris, silahkan baca :

http://clubs.ccsu.edu/Recorder/editoria ... NewsID=188


TAPI, here is the big TAPI, ada berapa faktor yang you guys belum sadar :


1. Hybrid yang sekarang meskipun lebih hemat, tapi kalau bilang beda jauh ama mobil kecil ringgan mesin 1000-1500 cc juga ngak. Pula ENERGY cost untuk bikin hybrid gede banget, tapi banyak orang tidak sadar, sebab tidak kelihatan. Tapi laporan dari US yang di atas sudah jelas, anda belum baca kali. Kecuali Prius di bikin pakai tangan ya saya ngak bisa ngomong apa apa. Energy kan intinya juga sumbernya dari minyak. All those extra electricity, transportation cost etc memang ngak butuh energy / minyak ?


2. More hybrids saat ini produced, MORE Sulphur Dioxide masuk udara dan besi / material langka lain kepakai... Belum lain yang belum di lapor.... Do you know what is Sulphur Dioxide ? Coba pikir, 1 juta kapsul kalau di gantikan hybrid, berapa Sulphur Dioxide yang masuk udara gara gara produksi masal battery hybrid itu ? Belum banyak minyak di sedot untuk ciptakan energy untuk bikin hybrid..



3. COST. This is the big thing juga. Contoh di Indo, meskipun nanti hybrid di kasih incentive pajak, harganya turun ke say 300 juta, atau bahkan 250 juta, orang kan tau sparepart hybrid dan servicenya mahal. BERAPA pemilik mobil tua BERANI ganti ke hybrid ? Kalau dunia semua orang kaya raya ya gampang, nyatanya.... Belum urusan sulphur dioxide dan boros energy untuk bikin hybrid itu...


TAPI, jangan salah, saya sih dukung car maker tetap research mobil baru pakai propulsion baru yang hemat atau ke arah listrik. OK OK saja. TAPI mohon JANGAN di jual dulu kalau terbukti effect sampingnya seperti polusi sulphur dioxide, boros energy cost untuk bikinnya belum ketemu solusi yang memadai.. Di jual cuman untuk image doang atau untuk menurunkan angka corporate average fuel efficiency yang di US supaya di ijinkan jual lebih banyak mobil boros yang lain kan kesannya gimana....


KECUALI nanti sudah ketemu yang benar TOTAL energy costnya lebih rendah, ngak ciptakan effect samping buruk, BOLEH TUH di lepas...


Seperti ada anjing herder, meskipun pintar tangkap maling, tapi kalau juga sering iseng gigit orang lain, jangan di lepas / jual dulu.... Mau tunggu sifat anjing itu sudah jinak, cuman gigit maling, baru tuh di jual ke pasar....


Dan yang cukup penting, WAKTU. Mau tunggu jutaan orang jual mobil tua dan pindah ke hybrid (itu pun kalau ketemu hybrid yang bebas polusi dari mengolah bahan pokoknya, dan energy needs untuk productionnya lebih kecil) KAPAN ? Bumi bisa tunggu atau tidak ? Saat ini saja sudah sangat parah pemanasan global.


Ngak usah lihat jauh jauh. Di Indonesia, buktinya mobil macam GL saja cepat kok orang pindah, sebab murah, service / sparepart murah, irit, emisi jauh lebih baik banding mobil tua, banyak orang mau. Coba, kalau Prius di lepas TAM nanti, dapat incentive pajak harga 250 juta. Bisa ke jual berapa nanti sebulan ?


Kalau Prius cuman ke jual say 100/200 sebulan, banding ama 4000 GL sebulan, plus Jazz, SX4 etc. juga ikut bantu, mobil tipe MANA yang benar eco-friendly....? Yang akan EFFECTNYA BER-ARTI....


Inggat guys, mobil tua itu populasinya bukan cuman 100 ribu, tapi jutaan, bahkan mungkin puluhan jutaan di Indonesia tok. Mending mereka cepat ganti ke mobil macam GL dari pada ke hybrid yang entah kapan dan effect samping, energy costnya juga lebih boros minyak.... dan belum tuntas sampai saat ini....


The world is NOT THAT SIMPLE. Buy hybrids and save the world quickly...
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

KIA image udah drop gara2 Carnival banyak masalah, produk2nya kurang greget! alias ga ada kekuatan produk yg bener2 bisa diandalkan/ditonjolkan kecuali lebih murah dari mobil2 jepang pd segment pasar yg sama.
Pasti Group Astra sudah siap2 senjata buat melumpuhkan booming-nya Livina, cuma senjatanya spt apa dan berhasil ato kaga balik kembali ke market yg putuskan.

Dg adanya Livina dalam satu rentang harga KIA Carens II, sudah bisa dibilang KIA boleh siap2 gali lobang kubur dan bikin BATU NISAN untuk CARENS II nya.
Kalo Chery V5 (MPV) bisa seharga/lebih murah dari Livina 1.5SV dg Build quality, Durability & feature setara Livina Ultimate + ditunjang After Sales Service yg handal, bukan saja KIA Carens II gulung tikar dan tutup buku, tapi INDOMOBIL GROUP dan ASTRA GROUP sudah harus siapkan tameng berlapis 7 dari sekarang!
hunter wrote: soal kenapa GL tetep laku. kalo menurutku, mungkin krn sebetulnya segmen 150jt-200jt itu masih cukup kosong, tdk banyak pesaing. yg terkuat ya Innova, tapi sebetulnya Innova itu nurut saya sdh beda, kegedean. terbukti, ternyata peminat small 7 seaters 140jt-200jt tuh cukup banyak. yg saya kepikiran, ada Kia Carens. tapi itu KIA. imagenya kurang. ini cuman pemikiran saya yg awam. :)
sopir keraton
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Mon Apr 30, 2007 7:59

Post by sopir keraton »

John, met gabung deh menanti si Livina datang

Livina.. hmm .... kalo dipikir pake logika (diluar pengaruh iklan/brand image, dlsb) semua PAS-PAS-an, maksudnya bila harga dibanding dg barangnya (build quality, technology, accesories, dlsb) menurut gw mahal banget kaga (overprice), murah juga kaga (underprice).
Intinya Ratio Value for Money = pas2an. Skala 1-10 Livina dpt 6,5. Bila saja harga Livina bisa lebih murah 5% ato lebih sarat technology (accesories lebih lengkap) pasti Livina masuk Skala 8-9.

Tp hebatnya meski secara logika cuma dapat 6,5/10, total yg indent konon sudah smp bln ini sdh 8000 unit!!! Mungkin keputusan para pembeli krn image Nissan yg mahal jd waktu dengar harga yg pas2an itu .. terkesan MURAH!




hmmm pas2an yg bro?..
kl gitu yg menurut anda yg. ratio value for moneynya bagus mobil apa bro baik utk yg kelas 1.5 maupun yg 1.8...
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

HUEBATTT.. MUANTAAPPP :e-clap: :e-clap: :e-clap:
thanks banget penjelasannya bung Khöedhöe.

Tapi.. ada yg lebih singkat dan mudah diikuti ga yah?? gw udah baca 2 kali tp kayaknya musti baca lagi neh spy bener2 paham gimana caranya, abis puannjangg banget seh :D :oops:
Khöedhöe wrote:kalau mau buat 'Ground Cable' sendiri bisa ikuti langkah berikut.......
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Gua bilang juga apa .. bakal rame-kan!! gara2 si Surya ngomongin Hybrid .. he he he... :D
Kuping Sith tipis banget kalo denger soal Hybrid.
Sithlord wrote:Bung Surya, anda cocok jadi anak conan.... :D :D
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Habis nadanya seolah Toyota paling jago, paling irit, Nissan ngak ada apa apanya. Malah kita di suruh " mimpi " Nissan bisa se-level Toyota kalau saya ngak salah tangkap....


Padahal lihat sendiri, kapsul, Innova, Avanza, (apakah irit dengan mesin segitu ?).... apakah mobil high tech dan irit ?


Dan inggat, Daihatsu sekarang sudah milik Toyota. Jadi problem yang ada di ADM juga sebenernya problem Toyota. Yang saya binggung, kok Daihatsu sudah di bawa Toyota kok masih aja ada problem kayak gitu. Atau mungkin tekan biayanya terlalu " maksa " kali....


Istilah bukan ngak bisa, tapi terlalu " maksa " seperti orang angkat besi di Celebrity Fitness terlalu " maksa " akhirnya ototnya jadi CRAMP....
andihp
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 120
Joined: Fri Mar 16, 2007 5:13

Post by andihp »

Soal "ground cable", gw sih ga ngerti, tapi pertanyaannya adalah kalo memang "ground cable" ini bagus efeknya, lalu kenapa dari pabriknya sendiri tidak menginstalasi nya? apa ada alasan-alasan tertentu?
sopir keraton
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Mon Apr 30, 2007 7:59

Post by sopir keraton »


Habis nadanya seolah Toyota paling jago, paling irit, Nissan ngak ada apa apanya. Malah kita di suruh " mimpi " Nissan bisa se-level Toyota kalau saya ngak salah tangkap....


Padahal lihat sendiri, kapsul, Innova, Avanza, (apakah irit dengan mesin segitu ?).... apakah mobil high tech dan irit ?


Dan inggat, Daihatsu sekarang sudah milik Toyota. Jadi problem yang ada di ADM juga sebenernya problem Toyota. Yang saya binggung, kok Daihatsu sudah di bawa Toyota kok masih aja ada problem kayak gitu. Atau mungkin tekan biayanya terlalu " maksa " kali....


Istilah bukan ngak bisa, tapi terlalu " maksa " seperti orang angkat besi di Celebrity Fitness terlalu " maksa " akhirnya ototnya jadi CRAMP....


Salam kenal bung sithlord..

Sabar om sabarrrrrrr :lol:
Kl orang gak mau ngerasain enaknya nissan ya rugi dia sendiri kan? :wink:

Btw, ada yg tau tebal pelat body avanza itu seberapa tebal ya?....
NissanLovers
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 393
Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31

Post by NissanLovers »

semua pabrikan menerapkan pengiritan boss. kalau dipasangin dari pabriknya.sdm mesti disiapkan berapa banyak lagi?. biaya produksi akann meningkat.belum masalah logistik.masalah R&D.dkk.banyak deh alias ribet.
lagian bagi-bagi rejeki sama aftermarket

andihp wrote:Soal "ground cable", gw sih ga ngerti, tapi pertanyaannya adalah kalo memang "ground cable" ini bagus efeknya, lalu kenapa dari pabriknya sendiri tidak menginstalasi nya? apa ada alasan-alasan tertentu?
NissanLovers
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 393
Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31

Post by NissanLovers »

Pir.feeling gua sih 0.5-0.6mm
spek standard harusnya 0.8mm
CMIIW
sopir keraton wrote:
Habis nadanya seolah Toyota paling jago, paling irit, Nissan ngak ada apa apanya. Malah kita di suruh " mimpi " Nissan bisa se-level Toyota kalau saya ngak salah tangkap....


Padahal lihat sendiri, kapsul, Innova, Avanza, (apakah irit dengan mesin segitu ?).... apakah mobil high tech dan irit ?


Dan inggat, Daihatsu sekarang sudah milik Toyota. Jadi problem yang ada di ADM juga sebenernya problem Toyota. Yang saya binggung, kok Daihatsu sudah di bawa Toyota kok masih aja ada problem kayak gitu. Atau mungkin tekan biayanya terlalu " maksa " kali....


Istilah bukan ngak bisa, tapi terlalu " maksa " seperti orang angkat besi di Celebrity Fitness terlalu " maksa " akhirnya ototnya jadi CRAMP....


Salam kenal bung sithlord..

Sabar om sabarrrrrrr :lol:
Kl orang gak mau ngerasain enaknya nissan ya rugi dia sendiri kan? :wink:

Btw, ada yg tau tebal pelat body avanza itu seberapa tebal ya?....
Khöedhöe
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Tue Apr 17, 2007 3:56

Post by Khöedhöe »

Buat Om Maxx
1. Baca bagian bahan & belanja sesuaikan dgn. kebutuhan (kabel NYAF 10mm kurang lebih 7m, jumlah skun / terminal lingkar 18 pcs. ukuran 10mm, jumlah baut & mur 18 pcs. ukuran 10, pengikat kabel biar gak berantakan).

2. Ukur panjang jarak masing2 dari aki (-) ke bagian yang akan dipasang ground cable. Kurang lebih ada 8 bagian.
Masing2 bagian dipotong ujungnya (plastik pembungkusnya saja) sedikit agar tembaganya bisa masuk ke skun / terminal lingkar. Trus di solder di tukang servis radiator agar kuat.

Biaya 1 + 2 kurang lebih 100rb.

3. Baca bagian apa saja yang perlu dipasang lalu pasang n kencangkan bautnya.

Klo di toko asesoris, yang paling murah kira2 250rb (Taiwan) + dipasangin.

Up to u, decision is yours. 8)
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Sebenernya yang ngak suka Nissan atau ngak mau coba memang terserah mereka sendiri.


Cuman yang ngekihin kan sudah ngak interest, eh masuk ke sini and start talking bull****.


Ya gak ?
sopir keraton
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Mon Apr 30, 2007 7:59

Post by sopir keraton »

Pir.feeling gua sih 0.5-0.6mm
spek standard harusnya 0.8mm
CMIIW

hahahaha tau juga nih bung nissan lover
plat body tebelnya segitu? :e-naughty:
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Yg masuk itungan buat gw untuk saat ini cuma LIVINA.. he he he.. yg lain masih Overprice!
Meski ada yg lebih murah spt Avanzenia dan Ruster dg feature/accesories berlimpah tp material bahan-nya kurang bro! terutama plat body yg gampang penyek (lbh parah dari penyok :D ) dan material interior terkesan murahan, jadi Avanzenia dan RusTer terkesan overprice!. .ini buat gw-loh... tau yg laen punya pendapat gimana

Mudah2an Gebrakan Livina menguntungkan kita sbg konsumen, jadi para pemain dipasar otomotif lebih menguras pikiran tenaga untuk memberikan solusi lebih baik dari pada Livina dengan harga yg pantas! alias ada boil baru dg Skala 8-9 untuk ditawarkan pada konsumen.
sopir keraton wrote: hmmm pas2an yg bro?..
kl gitu yg menurut anda yg. ratio value for moneynya bagus mobil apa bro baik utk yg kelas 1.5 maupun yg 1.8...
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Mending ke DTMF aja deh.. dari pada mabok.. udah keluar uang ditambah pusing.. eh salah lagi trus ECU rusak.. jadi jutaan!! :D

Btw, Thankssss bro!
Khöedhöe wrote:Buat Om Maxx
1. Baca bagian bahan & belanja sesuaikan dgn. kebutuhan (kabel NYAF 10mm kurang lebih 7m, jumlah skun / terminal lingkar 18 pcs. ukuran 10mm, jumlah baut & mur 18 pcs. ukuran 10, pengikat kabel biar gak berantakan).

2. Ukur panjang jarak masing2 dari aki (-) ke bagian yang akan dipasang ground cable. Kurang lebih ada 8 bagian.
Masing2 bagian dipotong ujungnya (plastik pembungkusnya saja) sedikit agar tembaganya bisa masuk ke skun / terminal lingkar. Trus di solder di tukang servis radiator agar kuat.

Biaya 1 + 2 kurang lebih 100rb.

3. Baca bagian apa saja yang perlu dipasang lalu pasang n kencangkan bautnya.

Klo di toko asesoris, yang paling murah kira2 250rb (Taiwan) + dipasangin.

Up to u, decision is yours. 8)
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Dari isu2 yg bertebaran minimum standard pabrikasi mobil Indonesia "disepakati" 0.7mm
Masih isu, katanya kalo AvanZenia dan RusTer itu pake plat body dg ketebalan 0.7mm dan parahnya lagi dari material besi tua yg di-recycle!!!

Itu masih isu-loh (alias KATA-NYA).. belum bisa dibuktikan kebenarannya.

Normal untuk mobil2 thn 2000 ke bawah masih pakai 0.8 - 0.9mm
Umumnya Mobil Jepang 0.8mm dan Mobil Eropa 0.9mm, tp diklasifikasi juga berdasarkan Harga dan segment pasar mobil itu.

Bila diasumsikan AX dan RT pake 0.7mm dari recycle besi tua pula, maka Livina mungkin pakai 0.7mm dg material lebih baik shg terasa lebih firm kalo diketok /ditekan.
Tapi bila AX & RT pake 0.7mm tanpa embel2 besi tua (artinya dg kualitas bagus), maka Livina pasti >0.7mm tapi ga mungkin sampe 0.9mm
sopir keraton wrote:Pir.feeling gua sih 0.5-0.6mm
spek standard harusnya 0.8mm
CMIIW

hahahaha tau juga nih bung nissan lover
plat body tebelnya segitu? :e-naughty:
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

maxx wrote:Kalo soal berapa KPH gw ga perhatiin banget tuh bro, yg gw ingat selepas gigi 1 dan masuk gigi 2 trus.. gw bejek dikit dan selama +/- 2000-3000rpm boil ngedennnnn/belet selepas 3000 terasa lagi responnya.. begitu juga saat masuk gigi 3 pada 2000-3000rpm kejadiannya sama.
btw, bensinnya apa?
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Mane Ketehe! mobil TD Nissan Sunter bro!
Gw ga tanya sampe mobil TD itu isi bensin-nya apaan
hunter wrote:
maxx wrote:Kalo soal berapa KPH gw ga perhatiin banget tuh bro, yg gw ingat selepas gigi 1 dan masuk gigi 2 trus.. gw bejek dikit dan selama +/- 2000-3000rpm boil ngedennnnn/belet selepas 3000 terasa lagi responnya.. begitu juga saat masuk gigi 3 pada 2000-3000rpm kejadiannya sama.
btw, bensinnya apa?
sopir keraton
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Mon Apr 30, 2007 7:59

Post by sopir keraton »

Yg masuk itungan buat gw untuk saat ini cuma LIVINA.. he he he.. yg lain masih Overprice!
[/quote]

.....Salah satu alasan kenapa gak semua orang suka dengan mobil sejuta umat

btw tebal plat body avz/xna.. bukan gosip kok, emang segitu....[/b]
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

maxx wrote:Mane Ketehe! mobil TD Nissan Sunter bro!
Gw ga tanya sampe mobil TD itu isi bensin-nya apaan
hunter wrote:
maxx wrote:Kalo soal berapa KPH gw ga perhatiin banget tuh bro, yg gw ingat selepas gigi 1 dan masuk gigi 2 trus.. gw bejek dikit dan selama +/- 2000-3000rpm boil ngedennnnn/belet selepas 3000 terasa lagi responnya.. begitu juga saat masuk gigi 3 pada 2000-3000rpm kejadiannya sama.
btw, bensinnya apa?
ooo hehehe saya lupa itu bung maxx lagi TD ya... :) kirain mobilnya dah sampe. musti tanya bung ifmarch nih...:)
Khöedhöe
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Tue Apr 17, 2007 3:56

Post by Khöedhöe »

he...he...he....
cuciaan deh ampe peuyeung...
Mending ke DTMF aja deh.. dari pada mabok.. udah keluar uang ditambah pusing.. eh salah lagi trus ECU rusak.. jadi jutaan!!

Btw, Thankssss bro!
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

A/X dan R/T plat bodynya 0.7mm itu dari issue-loh.. dan jg gw tulis belum dapat dibuktikan kebenarannya.
Eh ini Buset.. dipastiin memang segitu!... segitu maksudnya A/X pake 0.7mm u/ plat body.
Jangan nyebar gosip lo, darimana dan ape buktinya lo tulis "emang segitu"???
sopir keraton wrote:Yg masuk itungan buat gw untuk saat ini cuma LIVINA.. he he he.. yg lain masih Overprice!
.....Salah satu alasan kenapa gak semua orang suka dengan mobil sejuta umat

btw tebal plat body avz/xna.. bukan gosip kok, emang segitu....[/b][/quote]
sopir keraton
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Mon Apr 30, 2007 7:59

Post by sopir keraton »

gw pm ya...
NissanLovers
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 393
Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31

Post by NissanLovers »

ngapain pake PM mending di info saja Pir.
sopir keraton wrote:gw pm ya...
sopir keraton
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Mon Apr 30, 2007 7:59

Post by sopir keraton »

jangan aaahhh ntar ribut lage.... aaahhh loe juga dah tau beritanya juga kan?...