Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Salvanost wrote: Thu Dec 11, 2025 6:39
Copy paste salah satu komunitas BYD M6
Intinya cek aki itu ga guna
mau sharing, minggu lalu sy mengalami hal yg sama,jadi tepatnya tgl 2 dec sy serv 1thn (km 14rb) hasil semua bgs, aki juga bgs ada print testnya, tgl 4 dec malam tiba2 pas mau plg dr rumah teman byd M6 sy mati total, panggil tehnisi diperiksa hasilnya aki drop sampai 4 volt di jumper hidup, d test katanya aki masih bgs, sy bawa plg sampai rumah aman.
besok nya tgl 5 dec sy bawa ke bengkel byd utk d cek ulang hasilnya katanya bgs semua, tidK d temukan yg aneh,akhirnya mbl itu sy pakai aman, saptu dan minggu aman.
seninnya tgl 8 dec lagi2 mogok lagi d rumah, tehnisi dtg diperiksa hasilnya sama aman, tp akhirnya mereka mau bawa mbl sy ke bengkel saja karena alat lebih komplit, kebesokkannya di infokan katanya aki nya ada 1 sel yg mati, karena sdh lewat masa garansi 1thn, M6 saya 1 thn lewat 1 thn lewat 5 hari, jd sy hrs beli harganya 1.174.000.
diganti kemaren ,mudah2an bener akinya yg bermasalah wait n see deh.
oh yach nau tanya apa mbl M6 kalian pas starter indokator pengisian aki timbul gak d display utk beberapa detik mati sendiri?
Nah itu mbah
Yg sy alami di mobil bensin aja gtu.
Degrade performa aki itu gak bertahap / gradual.
Tp lgs terjun bebas
Anyway klo lgs ganti aki sendiri, itu aman buat m6?
Jd tinggal pesen sopi, instant, pas sampai lgs pasang
Aman udah tanya seller aki langganan
Garansi cuma 1 tahun aki 12V
Tar gua mau ke BYD buat tanya2 doank
Sekalian cek cara dia cek aki gimana
PR lagi mbah, aki LFP kan biasanya pake BMS BMS juga bisa rusak
tar ganti aki mesti pake scantool, reset dulu, input VIN, alasannya sekuriti atau apalah kaya mobil yurop, atau kalau lewat predicted life cycle auto Engine Check padahal masih sehat = planned obsolences
PR lagi mbah, aki LFP kan biasanya pake BMS BMS juga bisa rusak
tar ganti aki mesti pake scantool, reset dulu, input VIN, alasannya sekuriti atau apalah kaya mobil yurop, atau kalau lewat predicted life cycle auto Engine Check padahal masih sehat = planned obsolences
hah seribet itu ya saya gak tau loh soalnya sempet kepikiran pake ke GE8 cuma takut meleduk mendingan yang aman2x aja
b0ku wrote: Thu Dec 11, 2025 13:45
hah seribet itu ya saya gak tau loh soalnya sempet kepikiran pake ke GE8 cuma takut meleduk mendingan yang aman2x aja
banyak yang pake di motor mbah, rakitan DIY pula entah ngejer awet, ngejer CCA, atau ya motor modif gitu2, ada juga pake rakitan yg biasa build batere buat RC Car, Drone, dsb.
BMS juga sifatnya universal buat load balancing, charge discharge controller, safety, etc.
dan bener mikirnya karena DIY kok serem ya di pasang di mobil
PR lagi mbah, aki LFP kan biasanya pake BMS BMS juga bisa rusak
tar ganti aki mesti pake scantool, reset dulu, input VIN, alasannya sekuriti atau apalah kaya mobil yurop, atau kalau lewat predicted life cycle auto Engine Check padahal masih sehat = planned obsolences
Hidup itu rumit
Jangan dibikin sederhana
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
2..Lead-acid sangat buruk untuk micro-cycling
Pada mobil listrik:
aki 12V sering dicharge sedikit demi sedikit oleh DC-DC
bisa puluhan sampai ratusan kali per hari
sering drop ke 11–12V
sering kesedot parasitic load 24/7 (telematika, gateway CAN, passive entry)
Ini dinamakan micro-cycling.
Lead-acid tidak tahan micro-cycle → cepat sulfat → umur pendek.
Lithium jauh lebih tahan → ribuan micro-cycle tidak masalah.
Suryaputra wrote: Thu Dec 11, 2025 16:32
Hidup itu rumit
Jangan dibikin sederhana
moto hidup genzet beli mobil zaman now
ilhami wrote: Fri Dec 12, 2025 2:06
sebagai informasi saja, untuk mobil listrik:
1. Aki Lithium lebih stabil voltasenya
2..Lead-acid sangat buruk untuk micro-cycling
Pada mobil listrik:
aki 12V sering dicharge sedikit demi sedikit oleh DC-DC
bisa puluhan sampai ratusan kali per hari
sering drop ke 11–12V
sering kesedot parasitic load 24/7 (telematika, gateway CAN, passive entry)
Ini dinamakan micro-cycling.
Lead-acid tidak tahan micro-cycle → cepat sulfat → umur pendek.
Lithium jauh lebih tahan → ribuan micro-cycle tidak masalah.
tapi kadang2 lebih baru lebih baik belum tentu lebih efektif mbah
paradox kehidupan yak
kok jd sering gini yang bikin susah itu kalo ud mogok ngelock ban mampus dah loe sono evakuasinya
Tebak2an :
Yg Nguyen aki 12V gak ngisi -> cek inverter, masa iya scanner tool-nya ndak bisa baca inverter. Jumper dulu sampe relay naik, baca scanner. Masa iya ATPM-nya kagak kasih scanner ?, wong modal OBD doang, tinggal data-nya kasih ke ATPM gak. Kalo dah nyala, liat itu inverter ngisi aki kecil gak, kalo gak ngisi samsek tilpun Hanoi
Yg Sahabat Peng. Agak rumit ni, antara inverter AC mati -> Batere ndak mau kasih power takut panas, ATAU batere ada soak satu dua cell ndak mau kasih power ke AC. Harusnya coret2an-nya ngarah ke dua itu. Cek bacaan voltase batere, ada cell yg aneh gak, kalo ada beresin dulu (semoga bukan jenis batere lem mati). Lagian ngapain jg. ke HVIL. Kalo HVIL itu harus cutoff 100% kecuali pingin kesetrum seisi mobil
Alat ada, mahal tapi :
Screenshot_20251214_074104_Chrome.jpg
Nah bengkel suru beli 80 jetong emang mumet, apalagi ntar yg punya mobil nanya : Sampeyan dzholim, colok alat begitu doang tagihan dua juta
Yang repot bahkan kl bengkel mau invest, belun tu merek menlen ama nguyen disupport pabrikan alat diagnosa apa gak. Kalo scanner2an di HP si kalo dicek malah si tukang buat mimpi ada semua..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Tebak2an :
Yg Nguyen aki 12V gak ngisi -> cek inverter, masa iya scanner tool-nya ndak bisa baca inverter. Jumper dulu sampe relay naik, baca scanner. Masa iya ATPM-nya kagak kasih scanner ?, wong modal OBD doang, tinggal data-nya kasih ke ATPM gak. Kalo dah nyala, liat itu inverter ngisi aki kecil gak, kalo gak ngisi samsek tilpun Hanoi
Yg Sahabat Peng. Agak rumit ni, antara inverter AC mati -> Batere ndak mau kasih power takut panas, ATAU batere ada soak satu dua cell ndak mau kasih power ke AC. Harusnya coret2an-nya ngarah ke dua itu. Cek bacaan voltase batere, ada cell yg aneh gak, kalo ada beresin dulu (semoga bukan jenis batere lem mati). Lagian ngapain jg. ke HVIL. Kalo HVIL itu harus cutoff 100% kecuali pingin kesetrum seisi mobil
Alat ada, mahal tapi :
Screenshot_20251214_074104_Chrome.jpg
Nah bengkel suru beli 80 jetong emang mumet, apalagi ntar yg punya mobil nanya : Sampeyan dzholim, colok alat begitu doang tagihan dua juta
Yang repot bahkan kl bengkel mau invest, belun tu merek menlen ama nguyen disupport pabrikan alat diagnosa apa gak. Kalo scanner2an di HP si kalo dicek malah si tukang buat mimpi ada semua..
mahal amat om scanner nya biasanya 5-30jt disini ud semua merek
b0ku wrote: Wed Dec 10, 2025 23:59
nah ini biasanya si mereka lsg buyback om kalo masalahnya berat kayak kasus kolong gubuq sama sealion batre mampus
setau saya mereka itu lebih ke yang penting jgn makin viral mendingan bakar duit
biarin aja lah mereka ngadepin kek gini next bakalan lebih kenceng suaranya kok, bom ud kesebar kemaren okt 9000 nov 8000 tinggal tunggu aja komplennya
padahal di brazil ud banyak kasus mereka anggep wear and tear gak di perbaiki juga masuk sini
justru cherry lebih ancur bukannya malah nyalain customer mobilnya mogok
ya makanya, kliatan itu jeki belon di hubungin ama bedeye, skrg malah ngelebar ke komunitasnya
tapi chery issue spt ini hampir ga kedengeran, walaupun entah mobilnya diperbaiki/ nggak, setidaknya di redam dengan baik mbah